Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ChZ wrote: Thu Sep 19, 2019 11:32
Sempet terpikir begini juga waktu melintas di tol mojokerto... Apakah kalo limit 100 terus nyalip mobil dari kanan kecepatan 120 ditilang juga. Kan namanya nyalip ga mungkin kecepatan sama. Pasti lebih kenceng.
Klo batas kecepatannya 100 trus mobil depan jg udah 100 speed nya, emang masih perlu disalip?
Wkwkwkwk nama nya jg cari pembenaran diri sendiri
Pembalap dadakan,kan uda isi bbm paling mahal se-indo
Jd musti gaspol ampe redline
Cari pembenaran atau tidak, sebaiknya jawab dulu pertanyaan ini :
Apakah nanti rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI masih tetap berlaku?
Kalo di negara2 maju seringkali polisi menilai dari Flow rata2
misal di zona 65 Mph tapi Flow nya bergerak di 75 Mph ya lari 75 Mph ga masalah.......malah jika ada yg jalan di bawah 65 Mph akan disuru menyamakan dgn sekitar
Kalo liat2 Yutub di berbagai negara banyak juga yg Speeding di Highway, cuman high speed nya gak lama2 trus balik lagi ke speed aman.......atau biasa driver2 tahu area mana yg ada speed Cam
Tats wrote: Thu Sep 19, 2019 21:09
Iya sy setuju dengan adanya speed limit
Tapi kalau speed limitnya 80 km/h kan sy juga jadi emosi
Kan era sekarang kualitas mobil udah ga seperti kijang doyok yang di 80 km/h udh geter2
Speed limit 110 km/h masih aman kok, mobil mau jenis avanzaan ato lcgc an pasti masih nyaman dan terkontrol Malah sy bingung ada org yg tahan nyetir konstan di bawah 100 km/h, ga ngantuk apa ya hahaha
Ya sekali lagi ini cuma unek2 sy, yg memutuskan ya org2 pemerintah yg mungkin gatau ada forum seperti SM ini hehe
Dulu waktu masih pake Escudo 1.6, ketika cruising di tol saya selalu panteng rpm di 3500an gigi 5. Dapet speed 95an kpj.
Kalo badan masih bugar sih gak (terlalu) ngantuk, terutama di cipali speed segitu pas di batas bawah speed psikologis.
Sekarang pake C24 saya panteng di 2500an rpm, dapet 105an kpj.
Lebih cepat? Ternyata tidak, krn saya cek di gps cuma 100 kurang dikit.
Last edited by adityabp on Fri Sep 20, 2019 2:21, edited 1 time in total.
Turboman wrote: Fri Sep 20, 2019 2:11
Kalo di negara2 maju seringkali polisi menilai dari Flow rata2
misal di zona 65 Mph tapi Flow nya bergerak di 75 Mph ya lari 75 Mph ga masalah.......malah jika ada yg jalan di bawah 65 Mph akan disuru menyamakan dgn sekitar
Kalo liat2 Yutub di berbagai negara banyak juga yg Speeding di Highway, cuman high speed nya gak lama2 trus balik lagi ke speed aman.......atau biasa driver2 tahu area mana yg ada speed Cam
Rasionalnya emang harus begitu, meminimalkan peluang terjadinya macet.
Gak kayak di marih, tiba2x kok macet panjang, eh gak lama tiba2x lancar.
g36 wrote:Hmm.... Kalo misal di lajur kiri sudah di limit max (misal 80 kpj) trus kita mau nyelip gimana dong? Apa peraturannya bakal saklek 80 ya 80 atau ada toleransi 10-20%? Kalau di AS sih speed limit gini masih direview tilangnya....beda kalo auto dari ETLE
Sempet terpikir begini juga waktu melintas di tol mojokerto... Apakah kalo limit 100 terus nyalip mobil dari kanan kecepatan 120 ditilang juga. Kan namanya nyalip ga mungkin kecepatan sama. Pasti lebih kenceng.
Klo batas kecepatannya 100 trus mobil depan jg udah 100 speed nya, emang masih perlu disalip?
teorinya memang seperti itu, tapi kondisi di lapangan kan bisa sangat dinamis oom. barangkali yang disalip adalah truck trailer muatan panjang atau kondisi emergency seperti mobil melambat tiba-tiba...
makanya premis utama yang sedang dibahas disini apakah aturan ini "saklek" atau masih bisa di-review lagi aturannya sesuai skenario di jalanan (misal ada CCTV untuk memantau).
Klo batas kecepatannya 100 trus mobil depan jg udah 100 speed nya, emang masih perlu disalip?
Wkwkwkwk nama nya jg cari pembenaran diri sendiri
Pembalap dadakan,kan uda isi bbm paling mahal se-indo
Jd musti gaspol ampe redline
Cari pembenaran atau tidak, sebaiknya jawab dulu pertanyaan ini :
Apakah nanti rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI masih tetap berlaku?
bgitulah netizen yg cuma bisa nyinyir, diskusi sehat aja jadi ajang nyinyir, kan males.
lagi diskusi aturan dan kemungkinan skenario yang terjadi, apa hubungannya sama pembenaran diri, isi bbm mahal harus gaspol sampe redline.
gak relevan.
Turboman wrote: Fri Sep 20, 2019 2:11
Kalo di negara2 maju seringkali polisi menilai dari Flow rata2
misal di zona 65 Mph tapi Flow nya bergerak di 75 Mph ya lari 75 Mph ga masalah.......malah jika ada yg jalan di bawah 65 Mph akan disuru menyamakan dgn sekitar
Kalo liat2 Yutub di berbagai negara banyak juga yg Speeding di Highway, cuman high speed nya gak lama2 trus balik lagi ke speed aman.......atau biasa driver2 tahu area mana yg ada speed Cam
betul, logikanya memang seperti itu. ane pun kalo di tol transJ masuk ke zona tol mojokerto pada melambat ya ane melambat... walau sebelumnya lari 130-140 karena di zona ini pada lari 100-120 ya ngikutin. lebih gak capek, lebih bisa jaga jarak aman juga.
Last edited by ChZ on Fri Sep 20, 2019 3:02, edited 1 time in total.
sprint07 wrote:Jerman dengan banyak no speed limit masih lebih rendah rate toll accident nya drpd italy dan prancis
Dapetin SIM susah
Kir mobil pribadi tiap tahun
di Indo kalo 2 hal di atas gak bisa dilaksanakan memang jalan tol sebaiknya terapkan SPEED LIMIT.......antisipasi thd user2 yg gak peduli dgn kondisi mobil & gak paham Defensive driving
saya sering nemu postingan nanya ganti shock boleh gak sebelah aja ?
sprint07 wrote:Jerman dengan banyak no speed limit masih lebih rendah rate toll accident nya drpd italy dan prancis
Dapetin SIM susah
Kir mobil pribadi tiap tahun
di Indo kalo 2 hal di atas gak bisa dilaksanakan memang jalan tol sebaiknya terapkan SPEED LIMIT.......antisipasi thd user2 yg gak peduli dgn kondisi mobil & gak paham Defensive driving
saya sering nemu postingan nanya ganti shock boleh gak sebelah aja ?
Ban udah robek samping "Bisa gak diperbaiki" ?
Kalo di Jerman ?
saya pernah ikut course nya IDDC padahal bagus sekali kalo diterapkan... semua aturan di jalanan dijelasin latar belakang dan dari sisi manusia nya termasuk kenapa ada 3-second rule kalo membuntuti orang dari blakang.
KIR mobil commercial gampang bgt ditembusin kalo disini mah, truk besar lampu mati sebelah aja pada jalan di tol mana tol ini banyakan tidak ada lampunya, sering bgt nyetir di tol malem gelap gulita di spion cuma keliatan item dan item.... wkwkwkwkw
selain speedlimit dari jasamarga jg soal penerangan jalan masih perlu di review sih...
Kalau nanti pakai adaptive cruise control, set jarak sm mobil depan, eh yg depan melaju kentjang diatas batas kecepatan, mobil kita mengikuti, ketilang berdua deh... hahaha
ChZ wrote: Fri Sep 20, 2019 3:08
saya pernah ikut course nya IDDC padahal bagus sekali kalo diterapkan... semua aturan di jalanan dijelasin latar belakang dan dari sisi manusia nya termasuk kenapa ada 3-second rule kalo membuntuti orang dari blakang.
KIR mobil commercial gampang bgt ditembusin kalo disini mah, truk besar lampu mati sebelah aja pada jalan di tol mana tol ini banyakan tidak ada lampunya, sering bgt nyetir di tol malem gelap gulita di spion cuma keliatan item dan item.... wkwkwkwkw
selain speedlimit dari jasamarga jg soal penerangan jalan masih perlu di review sih...
Bener nih, malah lumayan banyak yg headlamp nya mati terus pasang lampu kabut yg bulet2 itu banyak banget dan sorotannya ngga jelas kemana2.
Lampu belakang juga ada yg rem nya diganti lampu sorot putih karena aslinya udah tewas
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
bfront wrote: Thu Sep 19, 2019 13:56
ya asal jangan maksimal 80 kpj banget lah... wong saya sering ga niat ngebut tapi tau2 ga kerasa udah kecepatan 80 aja.
120 kpj paling nggak maksimalnya gitu.
Batas maksimal 80Kpj itu ditentukan oleh kontur jalan itu sendiri, penjelasannya bisa cek di video ini mulai dari menit 8:20
evanbngdor wrote: Fri Sep 20, 2019 3:18
Bener nih, malah lumayan banyak yg headlamp nya mati terus pasang lampu kabut yg bulet2 itu banyak banget dan sorotannya ngga jelas kemana2.
Lampu belakang juga ada yg rem nya diganti lampu sorot putih karena aslinya udah tewas
dan kalo nyetir malem-malem di tol baru itu yg bikin serem beginian, agak ngecoh juga karena keliatannya dari jauh kendaraan kecil, begitu udah deket truk gede. ngerem mendadak sukur-sukur blakang gak ada yang mepet
yang bagus itu bbrp mobil kantor pos di box nya dikasih scotchlite besar, jd lumayan lah kalo di dim keliatan itu barang gede.
pradit_d wrote: Thu Sep 19, 2019 23:17
Klo batas kecepatannya 100 trus mobil depan jg udah 100 speed nya, emang masih perlu disalip?
Wkwkwkwk nama nya jg cari pembenaran diri sendiri
Pembalap dadakan,kan uda isi bbm paling mahal se-indo
Jd musti gaspol ampe redline
Cari pembenaran atau tidak, sebaiknya jawab dulu pertanyaan ini :
Apakah nanti rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI masih tetap berlaku?
Kalau menurut saya sih aturan “lajur kanan hanya mendahului” masih berlaku.. buat orang yg cruising di midlane cuma 80kmh, ya kita salip 100kmh di fastlane (habis nyalip ya balik lg crusing di midlane)
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
IMHO, saya setuju2 aja dengan peraturan ini.. asal speed maxnya dinaikin dong jadi 120kmh, dan BUAT LANEHOGGER ditilang juga! Yg bikin kemacetan itu rata2 banyak lanehogger yg speednya cuma 60-80kmh di fastlane, lah kita kan jadi nyetir zig-zag.. kalau kegep polisi lagi zig-zag, ketilang lagi ntar hahahaha serba salah.
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 3:28
Kalau menurut saya sih aturan “lajur kanan hanya mendahului” masih berlaku.. buat orang yg cruising di midlane cuma 80kmh, ya kita salip 100kmh di fastlane (habis nyalip ya balik lg crusing di midlane)
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
IMHO, saya setuju2 aja dengan peraturan ini.. asal speed maxnya dinaikin dong jadi 120kmh, dan BUAT LANEHOGGER ditilang juga! Yg bikin kemacetan itu rata2 banyak lanehogger yg speednya cuma 60-80kmh di fastlane, lah kita kan jadi nyetir zig-zag.. kalau kegep polisi lagi zig-zag, ketilang lagi ntar hahahaha serba salah.
klo bisa si speedlimitnya dynamic menyesuaikan kondisi tolnya krn jujur aja kondisi tol juga nggak bisa disamaratain. tol luar kota apalagi tol transjawa lari 100 aja rasanya pelan banget, sedangkan di tol dalem kota 80 km/h aja udah cukup kenceng karena padat... tol dalem kota menurut saya 80 saja itu masuk akal apalagi klo tol logistik ke arah pelabuhan atau wilayah industri.
ane sih jarang nyetir mantengin speedo lari berapa, pokoknya begitu mobil berasa "enteng" dan bisa jaga jarak aman yah steady aja panteng gas, makanya sering tau-tau udah 120 130 140 di jalan yang agak lebar dan kosong...
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 3:28
Kalau menurut saya sih aturan “lajur kanan hanya mendahului” masih berlaku.. buat orang yg cruising di midlane cuma 80kmh, ya kita salip 100kmh di fastlane (habis nyalip ya balik lg crusing di midlane)
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
IMHO, saya setuju2 aja dengan peraturan ini.. asal speed maxnya dinaikin dong jadi 120kmh, dan BUAT LANEHOGGER ditilang juga! Yg bikin kemacetan itu rata2 banyak lanehogger yg speednya cuma 60-80kmh di fastlane, lah kita kan jadi nyetir zig-zag.. kalau kegep polisi lagi zig-zag, ketilang lagi ntar hahahaha serba salah.
klo bisa si speedlimitnya dynamic menyesuaikan kondisi tolnya krn jujur aja kondisi tol juga nggak bisa disamaratain. tol luar kota apalagi tol transjawa lari 100 aja rasanya pelan banget, sedangkan di tol dalem kota 80 km/h aja udah cukup kenceng karena padat... tol dalem kota menurut saya 80 saja itu masuk akal apalagi klo tol logistik ke arah pelabuhan atau wilayah industri.
ane sih jarang nyetir mantengin speedo lari berapa, pokoknya begitu mobil berasa "enteng" dan bisa jaga jarak aman yah steady aja panteng gas, makanya sering tau-tau udah 120 130 140 di jalan yang agak lebar dan kosong...
Betul.. ga kebayang sih kalau toll transjawa speed limitnya cuma di 100kmh, dan e-tilangnya bener2 ganas.. ga kebayang ngantuknya bakal kayak gimana itu driving ratusan km flat 90-100kmh (mana treknya lempeng2 aja, kecuali masuk toll semarang ya).. haduhh..
Setuju, kalau buat dalkot sih fine2 aja max speed 80 atau 100kmh.. tapi kalau toll menuju bandara / JORR jangan di speed limit dong hahaha
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 3:28
...
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
...
Hehehe, sepertinya om belum mengerti jalan pikiran kaum lanehogger di lajur kanan.
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 3:51
Betul.. ga kebayang sih kalau toll transjawa speed limitnya cuma di 100kmh, dan e-tilangnya bener2 ganas.. ga kebayang ngantuknya bakal kayak gimana itu driving ratusan km flat 90-100kmh (mana treknya lempeng2 aja, kecuali masuk toll semarang ya).. haduhh..
Setuju, kalau buat dalkot sih fine2 aja max speed 80 atau 100kmh.. tapi kalau toll menuju bandara / JORR jangan di speed limit dong hahaha
tol transjawa yang zona semarang-solo emang yang paling padet dan medannya paling menantang jalannya naik turun terus dan padet.
yg berasa lagi itu di tol surabaya-pandaan, surabaya-malang juga, di bawah 100 malah bawaannya ngantuk.
dulu tol surabaya-mojokerto awal buka aja bawa Serena C24 tau-tau udah jalan 140 ga berasa... saking lempeng dan sepi kondisi tolnya. untung aja dl belom ada tilangan.
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 3:28
...
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
...
Hehehe, sepertinya om belum mengerti jalan pikiran kaum lanehogger di lajur kanan.
wkwkwkwk makanya kalo protes lanehogger dibilang cari pembenaran diri buat ngebut ya susah...
krn beberapa x saya amati di forum ini, kita diskusi soal aturan speed di tol begitu protes lanehogger pasti dianggep driver ugal gak bertanggung jawab...
Last edited by ChZ on Fri Sep 20, 2019 4:03, edited 1 time in total.
sprint07 wrote:Jerman dengan banyak no speed limit masih lebih rendah rate toll accident nya drpd italy dan prancis
Dapetin SIM susah
Kir mobil pribadi tiap tahun
di Indo kalo 2 hal di atas gak bisa dilaksanakan memang jalan tol sebaiknya terapkan SPEED LIMIT.......antisipasi thd user2 yg gak peduli dgn kondisi mobil & gak paham Defensive driving
saya sering nemu postingan nanya ganti shock boleh gak sebelah aja ?
Ban udah robek samping "Bisa gak diperbaiki" ?
Kalo di Jerman ?
Di indo mau KIR tiap tahun?, Yang jelas2 buat taksi online aja pada protes kalau disuruh KIR..
PRBS wrote: Fri Sep 20, 2019 3:28
...
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
...
Hehehe, sepertinya om belum mengerti jalan pikiran kaum lanehogger di lajur kanan.
Bener, saya sampe sekarang ga habis pikir dengan kaum lanehogger blocking fastlane under 100kmh.. apa susahnya kasih jalan mobil dibelakang.. hahaha
Dan udah kebayang sih.. Nanti pas peraturan diberlakukan, bakal banyak driver yg midlane 80kmh dan fastlane juga stay 80kmh (anteng).. dah mantap itu blocking jalurnya.. kita klakson malah di brakechecking..
Disini yg kontra dengan lanehogger aja malah dicap pembalap. Lah gimana..
evanbngdor wrote: Fri Sep 20, 2019 3:18
Bener nih, malah lumayan banyak yg headlamp nya mati terus pasang lampu kabut yg bulet2 itu banyak banget dan sorotannya ngga jelas kemana2.
Lampu belakang juga ada yg rem nya diganti lampu sorot putih karena aslinya udah tewas
dan kalo nyetir malem-malem di tol baru itu yg bikin serem beginian, agak ngecoh juga karena keliatannya dari jauh kendaraan kecil, begitu udah deket truk gede. ngerem mendadak sukur-sukur blakang gak ada yang mepet
yang bagus itu bbrp mobil kantor pos di box nya dikasih scotchlite besar, jd lumayan lah kalo di dim keliatan itu barang gede.
Pertama kali lewat tol trans jawa ruas pejagan-semarang dlm kondisi setengah ngantuk, kaget liat lampu2x kecil posisi agak tinggi tiba2x nongol. Saya pikir truk besar, langsung rem mendadak. Karena kaget, ngantuk tiba2x hilang, dan langsung sadar kalo ternyata bukan lampu2x truk, tapi lampu2x nun jauh di bukit di depan sana. Depan mobil sih kosong melompong.
Zaxis wrote: Fri Sep 20, 2019 1:37
Wkwkwkwk nama nya jg cari pembenaran diri sendiri
Pembalap dadakan,kan uda isi bbm paling mahal se-indo
Jd musti gaspol ampe redline
Cari pembenaran atau tidak, sebaiknya jawab dulu pertanyaan ini :
Apakah nanti rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI masih tetap berlaku?
Kalau menurut saya sih aturan “lajur kanan hanya mendahului” masih berlaku.. buat orang yg cruising di midlane cuma 80kmh, ya kita salip 100kmh di fastlane (habis nyalip ya balik lg crusing di midlane)
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
IMHO, saya setuju2 aja dengan peraturan ini.. asal speed maxnya dinaikin dong jadi 120kmh, dan BUAT LANEHOGGER ditilang juga! Yg bikin kemacetan itu rata2 banyak lanehogger yg speednya cuma 60-80kmh di fastlane, lah kita kan jadi nyetir zig-zag.. kalau kegep polisi lagi zig-zag, ketilang lagi ntar hahahaha serba salah.
Kalau gak sekalian aja om dibikin peraturan 60-100 kph hanya untuk jalur kiri dan tengah, jalur paling kanan diatas 100 kph
adityabp wrote: Fri Sep 20, 2019 2:07
Cari pembenaran atau tidak, sebaiknya jawab dulu pertanyaan ini :
Apakah nanti rambu LAJUR KANAN HANYA UNTUK MENDAHULUI masih tetap berlaku?
Kalau menurut saya sih aturan “lajur kanan hanya mendahului” masih berlaku.. buat orang yg cruising di midlane cuma 80kmh, ya kita salip 100kmh di fastlane (habis nyalip ya balik lg crusing di midlane)
Cuma kalau didepan kita (midlane) sudah 100kmh, ya gausah kita salip lagi hahaha.. yg saya tangkap, kalau peraturan max speed diberlakukan (plus driver2nya pada disiplin), fastlane bakal sepi pemakainya loh.. kan fastlane cuma buat mendahului..
IMHO, saya setuju2 aja dengan peraturan ini.. asal speed maxnya dinaikin dong jadi 120kmh, dan BUAT LANEHOGGER ditilang juga! Yg bikin kemacetan itu rata2 banyak lanehogger yg speednya cuma 60-80kmh di fastlane, lah kita kan jadi nyetir zig-zag.. kalau kegep polisi lagi zig-zag, ketilang lagi ntar hahahaha serba salah.
Kalau gak sekalian aja om dibikin peraturan 60-100 kph hanya untuk jalur kiri dan tengah, jalur paling kanan diatas 100 kph
Setuju aja sih saya.. cuma yaa praktiknya di lapangan pasti akan beda. Kadang mereka ga ngeh akan peraturan sih.. jadi peraturan mau diganti2 kayak gimana juga kalau drivernya ga baca / mematuhi ya sama2 percuma.
Ini buat para lanehoggers dan speedgoers ya, mereka berdua sama2 salah (kalau mengacu ke rambu).. tapi sejauh saya perhatikan, untuk rute toll dalkot (JORR dkk) rata2 yg kelihatan melanggar itu lanehoggers.. under 90kmh cruising di fastlane.. efeknya ya blocking jalur dan bikin jalan toll padat merayap (ga ada lajur buat mendahului).. CMIIW