sudden flick of steering wheel + wet + lack of grip? dan ketika mau dikoreksi sudah telat dengan rem, karena itu mobil penggerak belakang, cenderung oversteer kan. btw kalau sempet di counter, lepas gas, mungkin jadi drifting.Salvanost wrote: Sun Oct 28, 2018 1:22 Ada yg bisa analisa ga kenapa bisa ada kasus kecelakaan seperti di Senayan?
Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
aquaplaning kan ketika ban itu ga napak, karena kehalang air di permukaan jalan. rada beda dengan tiba2 sudden lost grip, karena lost grip itu bisa balik dapet grip lagi, kalau aqua planning itu ya bannya ga napak, ban ga napak maka mobil mau diarahkan kemana. makanya race driver pun selalu concern ke ban dan aquaplaning kalau balapan hujan.Salvanost wrote: Sun Oct 28, 2018 14:02 Udah google cara cegah aquaplaning
Ga ada penjelasan kaya ABS, TRC, ESP buat cegah aquaplaning?
Apa emang ga efektif?
Fokus utama pencegahan selalu di
1. Cek ban
2. Rotasi dan pake ban yg gripnya bagus
3. Jangan ngebut diatas 50, apalagi diatas 80
4. Kalau kena aquaplaning lepas gas, jangan banting setir atau injek rem terlalu dalam
5. Arahin setir searah jalur gelincjr sampai dapat kontrol aetir lagi
Kalau begitu kasus senayan ini banyak faktor kesalahannya?
sebab aquaplaning kan banyak, biasa ya ban ga bisa buang air jadi ga bisa napak lagi, atau tiba2 ketemu air yang dalem/standing water.
ABS, traction control, VSC, VSA, ESP kalau sudah kejadian aquaplaning si emang modal doa saja, semoga saja itu komputer sempat deteksi dan intrusi untuk gain traction.
btw, kalau mau liat controlled aquaplaning, nonton WRC di asphalt track + hujan2an, itu asik lihatnya... karena macem drifting but its not.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Itu... Karena...
Kepleset kulit pisang....
*Kaboorrr.....
Kepleset kulit pisang....
*Kaboorrr.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Mariokart.... ???

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Pengalaman pernah juga aquaplaning naek picanto kondisi ban pakai bs ecopia. Kejadian pas di tol cruising santai sih sekitar 90kpj keadaan habis hujan masih gerimis jalan pas lurus, tiba tiba berasa ngambang trus tiba tiba pantat mobil goyang ke kanan, reflek lepas gas sambi di rem dikit dikit, alhamdulilah bisa kembali ke jalan yang benar.....
Pengalaman juga, tapi ini naik motor. Kalo jalan basah sebisa mungkin hindari menginjak marka jalan, karena marka jalan kalo kena air jadi licin banget, sering ban belakang goyang kanan kiri gara gara nginjek marka jalan.

Pengalaman juga, tapi ini naik motor. Kalo jalan basah sebisa mungkin hindari menginjak marka jalan, karena marka jalan kalo kena air jadi licin banget, sering ban belakang goyang kanan kiri gara gara nginjek marka jalan.

Pemuda sarapan bangsa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11855
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
itu yang nyetir donal bebek lagi ngejar 3 ponakannya yang bandel.....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Rame juga bahasannya, untuk sama2 LMPV avxen benere paling parah untuk pengendaliannya banding yg FWD (livina, mobilio, xpander, Spin) menurut saya lho ya. Saya Coba semua, minimal TD.
Apalagi yg avxen awal, itu yg gen awal ya yg kecelakaan?
Apalagi yg avxen awal, itu yg gen awal ya yg kecelakaan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1370
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Secara Center of Gravity aja paling tinggi dia, ud gitu rasanya body stiffness rigidity nya jg paling lemah dibanding lawan nya jd yah gk heran dah...piko25 wrote: Wed Oct 31, 2018 9:18 Rame juga bahasannya, untuk sama2 LMPV avxen benere paling parah untuk pengendaliannya banding yg FWD (livina, mobilio, xpander, Spin) menurut saya lho ya. Saya Coba semua, minimal TD.
Apalagi yg avxen awal, itu yg gen awal ya yg kecelakaan?
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Itulah kenapa dianjurkan utk menggunakan ban eco. Ban tsb berguna utk meningkatkan adrenalin anda sebagai pengemudi dan penumpang 
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Ciu jek mending. Rebusan jamur tai sapi kae luwih marem.paidjho wrote: Wed Oct 31, 2018 14:39Trus donald bebek e salah minum, harusnya ngopi, eh salah ambil gelas ciu...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Omelet magic mashroom....
[emoji39] [emoji39] [emoji39]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3032
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Indonesia harusnya masuk kategori negara dengan realisasi Halloween se-real-realnya. Jika America rayain halloween every year, we do the real halloween everyday.
Keknya baru kemaren marak lempar batu jln tol, kasus datsun nabrak guard rail, ini malah papanjah ngebut solo act. Belom lg yg di laut tj priok banyak potongan daging kebelah-belah.
Nyetirnya kalem kalem aja. Sudah mulai musim hujan kawan-kawan. Lari 40 - 60 km/h cukupan lah di jln protokol.
Mau high speed nyaman ya, ban diganti aja pake yg bagusan tractionnya. Eco ecoan mah ngeri.
Trick or treat? Trick or die. Wkwkwkwkwk

Keknya baru kemaren marak lempar batu jln tol, kasus datsun nabrak guard rail, ini malah papanjah ngebut solo act. Belom lg yg di laut tj priok banyak potongan daging kebelah-belah.
Nyetirnya kalem kalem aja. Sudah mulai musim hujan kawan-kawan. Lari 40 - 60 km/h cukupan lah di jln protokol.
Mau high speed nyaman ya, ban diganti aja pake yg bagusan tractionnya. Eco ecoan mah ngeri.
Trick or treat? Trick or die. Wkwkwkwkwk
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Rata2 ban bawaan eco2an om, sebagai orang indonesia ogah rugi lah ban baru di ganti, klo perlu sampe gundul baru ganti bukan TWI acuannya.KielConstantine wrote: Fri Nov 02, 2018 20:39
Sorry cut...
Mau high speed nyaman ya, ban diganti aja pake yg bagusan tractionnya. Eco ecoan mah ngeri.
Trick or treat? Trick or die. Wkwkwkwkwk

Tapi memang kok, skill kita itu baik driver/rider di indonesia ini dewa. Motor motong, nyeberang ngasal, angkot ngerem dadakan, mobil ngehindari angkot, lampu lalin kuning malah gas pol, tol ada orang nyeberang, salip kiri gara2 kanan pelan. Coba... bertahun2 nyetir kondisi gitu, otomatis terasah skill nya.
Jadi OOT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sat Jul 23, 2016 8:58
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Yup sudah di asah utk predict the future Kalo Lagi berkendara... Hhhhhpiko25 wrote:Rata2 ban bawaan eco2an om, sebagai orang indonesia ogah rugi lah ban baru di ganti, klo perlu sampe gundul baru ganti bukan TWI acuannya.KielConstantine wrote: Fri Nov 02, 2018 20:39
Sorry cut...
Mau high speed nyaman ya, ban diganti aja pake yg bagusan tractionnya. Eco ecoan mah ngeri.
Trick or treat? Trick or die. Wkwkwkwkwk
![]()
Tapi memang kok, skill kita itu baik driver/rider di indonesia ini dewa. Motor motong, nyeberang ngasal, angkot ngerem dadakan, mobil ngehindari angkot, lampu lalin kuning malah gas pol, tol ada orang nyeberang, salip kiri gara2 kanan pelan. Coba... bertahun2 nyetir kondisi gitu, otomatis terasah skill nya.
Jadi OOT
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 497
- Joined: Thu Aug 11, 2016 14:27
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Honda CR-V
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
F1 itu predictnya 0.sekian detik
Driver indo kalo ktmu emak emak bawa motor ato angkot predictnya bisa 10 detik kedepan
Driver indo kalo ktmu emak emak bawa motor ato angkot predictnya bisa 10 detik kedepan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Dalam hal ini skill orang Indones jauh diatas rata2 driver US-Eropah.piko25 wrote: Fri Nov 02, 2018 23:48Rata2 ban bawaan eco2an om, sebagai orang indonesia ogah rugi lah ban baru di ganti, klo perlu sampe gundul baru ganti bukan TWI acuannya.KielConstantine wrote: Fri Nov 02, 2018 20:39
Sorry cut...
Mau high speed nyaman ya, ban diganti aja pake yg bagusan tractionnya. Eco ecoan mah ngeri.
Trick or treat? Trick or die. Wkwkwkwkwk
![]()
Tapi memang kok, skill kita itu baik driver/rider di indonesia ini dewa. Motor motong, nyeberang ngasal, angkot ngerem dadakan, mobil ngehindari angkot, lampu lalin kuning malah gas pol, tol ada orang nyeberang, salip kiri gara2 kanan pelan. Coba... bertahun2 nyetir kondisi gitu, otomatis terasah skill nya.
Jadi OOT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
Saya kan kerja di perusahaan asing ...itu orang asing pada geleng geleng kepala lihat kondisi jalan raya Indo, survival ability-nya sudah terasah secara alami tiap hari wjkwkwkwHanggar wrote: Thu Feb 14, 2019 7:03Dalam hal ini skill orang Indones jauh diatas rata2 driver US-Eropah.piko25 wrote: Fri Nov 02, 2018 23:48Rata2 ban bawaan eco2an om, sebagai orang indonesia ogah rugi lah ban baru di ganti, klo perlu sampe gundul baru ganti bukan TWI acuannya.KielConstantine wrote: Fri Nov 02, 2018 20:39
Sorry cut...
Mau high speed nyaman ya, ban diganti aja pake yg bagusan tractionnya. Eco ecoan mah ngeri.
Trick or treat? Trick or die. Wkwkwkwkwk
![]()
Tapi memang kok, skill kita itu baik driver/rider di indonesia ini dewa. Motor motong, nyeberang ngasal, angkot ngerem dadakan, mobil ngehindari angkot, lampu lalin kuning malah gas pol, tol ada orang nyeberang, salip kiri gara2 kanan pelan. Coba... bertahun2 nyetir kondisi gitu, otomatis terasah skill nya.
Jadi OOT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Tue Jan 28, 2014 5:59
Re: Kecelakaan di Senayan, kok bisa?
disamping itu semua.. yg lebih dewa kondisi kendaraan bisa dibilang kurang baik ban udah tua hampir botak, rem jarang di maintenance dll dari kondisi mobil tetap aja gas poll ga peduli yg penting puas... hehehehehepiko25 wrote: Fri Nov 02, 2018 23:48Rata2 ban bawaan eco2an om, sebagai orang indonesia ogah rugi lah ban baru di ganti, klo perlu sampe gundul baru ganti bukan TWI acuannya.KielConstantine wrote: Fri Nov 02, 2018 20:39
Sorry cut...
Mau high speed nyaman ya, ban diganti aja pake yg bagusan tractionnya. Eco ecoan mah ngeri.
Trick or treat? Trick or die. Wkwkwkwkwk
![]()
Tapi memang kok, skill kita itu baik driver/rider di indonesia ini dewa. Motor motong, nyeberang ngasal, angkot ngerem dadakan, mobil ngehindari angkot, lampu lalin kuning malah gas pol, tol ada orang nyeberang, salip kiri gara2 kanan pelan. Coba... bertahun2 nyetir kondisi gitu, otomatis terasah skill nya.
Jadi OOT

