Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
Ini sebetulnya bahaya & dulu kadang sy lakukan ketika bln tau. Bbrp kali malah setelah kunci diputar off mesin msh muter pelan, bunyi grekkk grekk grekk (dieseling)
-lampu burem kasih odol
Ini bener berfungsi, utk lampu yg pk mika kaca. Bs jg pk obat jamur kaca
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
Bener oktan naik, tp asap knalpot jd lebih beracun & bikin rusak catalytic converter (cmiiw)
-kalau abis luar kota biasa ac saya matikan lalu mesin ta biarkan cooldown sekitar 1-2 menit
Entah ada efeknya atau nggak, tp sy jg lakukan hal ini, biasanya sambil kap mesin dibuka skalian beres2 barang bawaan & bersih2 bodi mobil kalo kehujanan. Setelah semua beres baru kap mesin ditutup
Ini sebetulnya bahaya & dulu kadang sy lakukan ketika bln tau. Bbrp kali malah setelah kunci diputar off mesin msh muter pelan, bunyi grekkk grekk grekk (dieseling)
-lampu burem kasih odol
Ini bener berfungsi, utk lampu yg pk mika kaca. Bs jg pk obat jamur kaca
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
Bener oktan naik, tp asap knalpot jd lebih beracun & bikin rusak catalytic converter (cmiiw)
-kalau abis luar kota biasa ac saya matikan lalu mesin ta biarkan cooldown sekitar 1-2 menit
Entah ada efeknya atau nggak, tp sy jg lakukan hal ini, biasanya sambil kap mesin dibuka skalian beres2 barang bawaan & bersih2 bodi mobil kalo kehujanan. Setelah semua beres baru kap mesin ditutup
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murahipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murahipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.

Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Nah ini juga banyak dilakukan oleh orang dimasa lalu, tekan gas dan menaikkan RPM sebelum dimatikan dan kalau di motor bebek adalagi kebiasaan kurang bagus yaitu matikan mesin saat posisi gear tidak netral atau kalau di motor matic, turunkan standar buat matikan mesin.coklatMetalik wrote: Wed Mar 07, 2018 16:25 -gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
Ini sebetulnya bahaya & dulu kadang sy lakukan ketika bln tau. Bbrp kali malah setelah kunci diputar off mesin msh muter pelan, bunyi grekkk grekk grekk (dieseling)
Efek dari perlakuan seperti ini adalah posisi piston tidak selalu berhenti di posisi Top/TMA dan Biasanya akan menimbulkan hentakan yang lebih besar dari prosedur off normal. Hentakan inilah yang dalam jangka panjang dapat berakibat pada dinding silinder tergores, ring piston aus atau bearing cranck shaft menjadi oblak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
waduh vario gw sering tuh gw matiin mesinnya dengan sekalian turunin standar samping

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
waduh vario gw sering tuh gw matiin mesinnya dengan sekalian turunin standar samping

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Nov 22, 2017 5:49
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus 
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.

Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus

Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Nov 22, 2017 5:49
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus 
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.

Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus

Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Wed Nov 22, 2017 5:49
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus 
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.

Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus

Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
okkk makasih nice info omPugman wrote: Wed Mar 07, 2018 12:49Sebaiknya tunggu sampai semua indikator mati, kalau langsung dinyalakan bukan akibat langsung ke sensor tapi ke ECU atau modul elektroniknya, karena saat pertama On, ECU sedang self scanning anggota komponen atau sensor yang terhubung dengan kendaraan. Kalau langsung di On takutnya ECU/modulnya Hang, meskipun kemungkinan sangat kecil.kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?
terimakasih![]()

F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Tue Nov 07, 2017 2:44
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: NCP93
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
okkk makasih nice info omkunaskun wrote: Wed Mar 07, 2018 9:51yang tepat si biar ECU dikasih waktu untuk "mikir" dulu berdasarkan input dari sensor, bukan sensornya awet. kalau sampe tunggu lampu airbag OFF si lama ya bisa belasan detik. saya si palingan itungan detik saja.kramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?
terimakasih![]()

F653RM , F710 , NHP170 , NCP93
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
mobil saya sx4. itu kalo mesin gak dinyalain, indikator2 seperti EC gak mati kalo mesin gak dinyalain wkwkkwkwkwkramatbatu wrote: Wed Mar 07, 2018 9:38 mau tny suhu2 sm disini. utk kita stater mobil apa baiknya nunggu indikator2 spti abs , airbag , engine check , dll sampe ilang? kt orang bengkel ada baiknya nunggu sampe ilang dulu agar sensor2 nya awet. itu mitos apa fakta?
terimakasih![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
saya kadang menyalakan hazard jika situasi seperti perempatan lampu merah yang rambu lampu merahnya mati/tidak berfungsi pada malam/subuh dan mengerem mendadak. saya sendiri kalo ada mobil di depan yang menyalakan hazard misal ngerem mendadak, saya lebih 'aware' dibanding gak menyalakan hazardAntonov wrote: Thu Mar 08, 2018 1:18 Kalo berikut ini gak tau bisa digolongkan mitos atau bukan, tetapi byk yg melakukan : menghidupkan lampu hazard pas mau melewati perempatan jalan dan hendak jalan lurus
Faktanya : itu tindakan salah, harusnya tanpa hidupkan hazard atau sign kiri maupun kanan, pengendara lain sdh tau itu artinya mau jalan lurus
Setau sy hazard itu digunakan ketika kita minta "prioritas" di jalan, misal mobil macet brenti pinggir jalan atau minta didahulukan jalan krn sesuatu hal yg sdh sesuai uu lalin.
CMIIW.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Dulu waktu mau ambil dakar,banyak yg bilang kalo matic ini itu dll, yg intinya memberi kesan buruk sama mobil matik,trus saya tny "udh pernah punya/pake matic?",jawabnya belum,cuman "katanya"...iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murahipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
-mitos pasang tapal(sepatu) kuda biar aman,soalnya pas bongkar lantai lgx dulu ada tapal kuda nya..
-hand rem ketika rem mendadak, beberapa temen ada yg melintir,ada yg mobilnya terbalik,ada yg masuk jurang,ada yg meninggal...
-yg orang ga tau ttg kendaraan besar bahwa mereka ga bisa rem mendadak, manuver cepat(kecuali kosong), dan blid spot sangat banyak, bahkan kita didepan persis ga keliatan, jarak pandang spion hanya 3/4body (semakin panjang makin ga keliatan). CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 16669
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ini sudah pernah dipatahkan di beberapa media um... sebenernya secara biaya sih mirip bahkan bisa dibilang lebih murah AT karena AT ngga ada ritual ganti kopling per sekian kilometer. Perawatan AT justru lebih simpel karena cuma ganti ATF (klo dilakukan secara reguler gak perlu kuras malahan).Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:15iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murahipat wrote: Wed Mar 07, 2018 15:42 Mitos yg saya tau
-gas rpm tinggi sebelum kontak mesin off
-kasih knalpot(motor) oli biar awet
-lampu burem kasih odol
-manual lebih murah perawatan dll. ketimbang matic(kata yg ga punya mobil matic)
-kasih kapur barus di tanki biar oktan naik
Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.
![]()
Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
Kalo urusan rusak hmmm rasanya jarang juga denger girbok metik rusak ya... metik konvensional bukan CVT atau DCT. Kerusakan AT biasanya karena usernya yang teledor sih... ya males ganti ATF lah, pakenya kasar lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
biasanya per berapa km ganti kopling untuk mobil matic om..?? mobil manual sih biasanya di atas 50-60 ribu km ganti kopling (tergantung cara penggunaan juga sih)ChZ wrote: Thu Mar 08, 2018 2:35Ini sudah pernah dipatahkan di beberapa media um... sebenernya secara biaya sih mirip bahkan bisa dibilang lebih murah AT karena AT ngga ada ritual ganti kopling per sekian kilometer. Perawatan AT justru lebih simpel karena cuma ganti ATF (klo dilakukan secara reguler gak perlu kuras malahan).Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:15iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27
eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah
Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.
![]()
Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
Kalo urusan rusak hmmm rasanya jarang juga denger girbok metik rusak ya... metik konvensional bukan CVT atau DCT. Kerusakan AT biasanya karena usernya yang teledor sih... ya males ganti ATF lah, pakenya kasar lah.
ganti atf gak perlu kuras..?? bukan nya cuma dikit ya om atf yang diganti kalo gak pake kuras, maksud nya sebagian besar oli sisanya gak ikut keganti..?? maklum kudet soal matik
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
ChZ wrote: Thu Mar 08, 2018 2:35Ini sudah pernah dipatahkan di beberapa media um... sebenernya secara biaya sih mirip bahkan bisa dibilang lebih murah AT karena AT ngga ada ritual ganti kopling per sekian kilometer. Perawatan AT justru lebih simpel karena cuma ganti ATF (klo dilakukan secara reguler gak perlu kuras malahan).Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:15iwing wrote: Wed Mar 07, 2018 23:27
eh bukan nya emang beneran gitu ya om kalo perawatan manual lebih murah dibanding matic. oli matic kan sebaiknya dikuras antara 15-20 ribu biar transmisi sehat dan harga oli nya kan lebih mahal + banyak liter sedangkan manual paling cuma 2,5 liter aja dan oli transmisi nya juga murah
Secara logika perawatan manual gearbox memang harusnya lebih murah, selain oli lebih sedikit, jangka waktu pakainya juga lebih panjang. Mobil saya rekomendasi ganti setiap 80rb km, kemarin saya ganti malah lebih dari 100rb dan cukup 2 liter.
![]()
Saya juga sangat jarang dengar ada manual tranny rusak. Kalau rusak kebanyakan rusak secara mekanis dibagian seperti tuas pemindah atau hub/link bar yang terhubung ke mesin.
Kalo urusan rusak hmmm rasanya jarang juga denger girbok metik rusak ya... metik konvensional bukan CVT atau DCT. Kerusakan AT biasanya karena usernya yang teledor sih... ya males ganti ATF lah, pakenya kasar lah.
Hmm begitu ya? Mungkin karena manual saya ganti kopling dan oli Gb sampai 150rb km. Sedang matic ini yang pernah saya alami bukan rusak total seh hanya sekedar jedug dan gigi lompat.. Hehehe..

-
- SM Specialist
- Posts: 16669
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
AT gak ada istilah ganti kopling um... yang ada overhaul semua total. Pernah nih di Odyssey 2001 temen saya... abis 13 juta di specialist.iwing wrote: Thu Mar 08, 2018 2:49
biasanya per berapa km ganti kopling untuk mobil matic om..?? mobil manual sih biasanya di atas 50-60 ribu km ganti kopling (tergantung cara penggunaan juga sih)
ganti atf gak perlu kuras..?? bukan nya cuma dikit ya om atf yang diganti kalo gak pake kuras, maksud nya sebagian besar oli sisanya gak ikut keganti..?? maklum kudet soal matik
Ya kalo cuma ganti biasa paling ya 3 literan... kalo kuras bisa 8 liter. Kuras ATF itu secara literal bener-bener menguras sampe tetes terakhir (seluruh sistem)...

Ya tapi terserah masing-masing aja, intinya ATF flushing gak dilakukan ya gakpapa penting rajin ganti aja, dilakukan juga nggak salah asal caranya bener

Beberapa mobil malah gak menganjurkan dikuras... terutama mobil Eropa. Oh iya, klo nguras ATF baiknya cek filter ATFnya juga.
Kuraspun sebenernya gak terlalu costly um... jasa paling 600-700ribu (anggep aja "ongkos sewa" ATF changer), kuras per 40-50ribu KM... masih aman. ATF sekitar 70ribu dikali tergantung pake nya gimana, kalo gak terlalu parah ya 6-8 liter udah cukup. Kalo parah bisa sampe 11-12 liter

Pernah ngalamin matic "jedug" juga di S500 W220Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 2:55
Hmm begitu ya? Mungkin karena manual saya ganti kopling dan oli Gb sampai 150rb km. Sedang matic ini yang pernah saya alami bukan rusak total seh hanya sekedar jedug dan gigi lompat.. Hehehe..
![]()

Mobil metik lain yang di atas 10 tahun hmmm... pernah setir BMW E46 N42 dan M43 metik semua masih oke kok.
Bbrp transmisi AT justru lebih robust daripada versi MT nya loh um... misalnya Aisin A340 4AT di Innova lama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 130
- Joined: Fri Feb 28, 2014 6:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo ini penjelasan detilnya seperti apa yah?Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:27 Nah ini juga banyak dilakukan oleh orang dimasa lalu, tekan gas dan menaikkan RPM sebelum dimatikan dan kalau di motor bebek adalagi kebiasaan kurang bagus yaitu matikan mesin saat posisi gear tidak netral atau kalau di motor matic, turunkan standar buat matikan mesin.
Efek dari perlakuan seperti ini adalah posisi piston tidak selalu berhenti di posisi Top/TMA dan Biasanya akan menimbulkan hentakan yang lebih besar dari prosedur off normal. Hentakan inilah yang dalam jangka panjang dapat berakibat pada dinding silinder tergores, ring piston aus atau bearing cranck shaft menjadi oblak.
Apa bedanya matiin pake standar dan yang pake kunci?
trus gimana yang pake ISS?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo saya abis jalan biasanya motor saya biasakan idle bentar baru dimatiin nanti bener ga ada bunyi aneh, kalo langsung dimatiin ada bunyi ngek/klek/semacam stater
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Untuk motor matic, antara standar samping dan kunci kontak fungsi logicnya adalah AND, sebenarnya ini lebih kepada masalah kebiasaan. Reaksi atau respon orang menurunkan standar itu bagi yang sudah terbiasa akan lebih cepat dari memutar kunci kontak dan ini membuat mesin motor tidak sempat idle, beberapa tipe motor ada yang memiliki bug pada modul ECM yaitu ketika standar diturunkan, mesin mati namun lampu utama tidak mati. Intinya adalah biarkan mesin idle sesaat 3-5detik.motormatic wrote: Thu Mar 08, 2018 3:17Kalo ini penjelasan detilnya seperti apa yah?Pugman wrote: Thu Mar 08, 2018 0:27 Nah ini juga banyak dilakukan oleh orang dimasa lalu, tekan gas dan menaikkan RPM sebelum dimatikan dan kalau di motor bebek adalagi kebiasaan kurang bagus yaitu matikan mesin saat posisi gear tidak netral atau kalau di motor matic, turunkan standar buat matikan mesin.
Efek dari perlakuan seperti ini adalah posisi piston tidak selalu berhenti di posisi Top/TMA dan Biasanya akan menimbulkan hentakan yang lebih besar dari prosedur off normal. Hentakan inilah yang dalam jangka panjang dapat berakibat pada dinding silinder tergores, ring piston aus atau bearing cranck shaft menjadi oblak.
Apa bedanya matiin pake standar dan yang pake kunci?
trus gimana yang pake ISS?
Untuk auto start stop ini flowchartnya. Ini contoh dari motor Yamaha, dan untuk Honda juga tidak akan berbeda jauh. Ada beberapa syarat hingga sistem tersebut bisa aktif
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Pengalaman pribadi utk matic CVT motor Nouvo bisa dikategorikan tangguh krn selama pake motor ini 14 tahunan lebih sampai dgn sekarang masih bertahan matic CVT nya. Untuk matic CVT Mobil yg dua bulan lagi memasuki umur pake 4 tahun jadi masih perlu 10 tahun lagi operasional/dipakai tanpa kendala untuk dikategorikan tangguh. Hopefully matic mobil jg setangguh matic motor saya. Untuk biaya ganti oli matic motor nouvo murah di masa awal awal ikuti skedul ganti oli matic nya beres lewat masa garansi ganti oli maticnya sering telat sampe skrg, luckily ngak rusak Maticnya. Untuk matic Mobil blm pernah ganti oli CVT sampe skrg jadi no comments dulu deh.

HR15DE 2014
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Tue Jul 19, 2016 15:22
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
#info menarik: Coba perhatikan posisi setir beberapa model dari Mercedes-Benz, pasti akan kelihatan kalau setirnya tidak “senter/lurus” dengan posisi tengah jok, melainkan sedikit mepet ke tengah dashboard
. Ada om2 di sini yg mengerti penjelasan dari “keanehan” ini kah?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Di sini nggak ada yg membahas tentang fakta dan mitos plat bodi yang berhubungan dengan kecelakaan? Ane kok masih belum2 paham ttg ginian ya? 

There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 359
- Joined: Sat Nov 14, 2015 14:13
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: nmax
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos : pakai oli mobil di motor matik bikin mesin rusak
Nyatanya malah enak, asal sae sesuai anjuran mesin
Mitos : melipat spion di motor sport fairing menambah tenaga 10hp & top speed 200 km/jam
Nyatanya malah enak, asal sae sesuai anjuran mesin
Mitos : melipat spion di motor sport fairing menambah tenaga 10hp & top speed 200 km/jam