Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by daftar »

kenapa pro plat tebal masih di asosiasikan sebagai orang yang nggak ngerti crumple zone? nggak gitu juga kali.

mobil dengan plat setebal 1mm juga bisa dikasih crumple zone, memangnya seluruh body isinya plaat semua?
plat tebal lebih ke kelayakan aja, masa disandarin, kepentok pas buka pintu, ditekan kap mesin/bagasi dikit aja udah penyok
:ngacir:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by pengendiesel »

Gmn cara mengetahui kekuatan rangka dan crumple zone? Murni percaya dgn hasil crash test saja?

Pernah dikasih info kalo mobil dgn chassis monokok saat tabrakan lebih aman drpd chassis ladderframe, ada yg tau alasannya apa?
pau
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Thu Sep 01, 2016 3:49

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by pau »

pengendiesel wrote: Thu Aug 03, 2017 13:44 Gmn cara mengetahui kekuatan rangka dan crumple zone? Murni percaya dgn hasil crash test saja?

Pernah dikasih info kalo mobil dgn chassis monokok saat tabrakan lebih aman drpd chassis ladderframe, ada yg tau alasannya apa?
Lha kalo nggak ditabrakin gimana bisa tau tingkat safetynya?
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by Bulgogi »

pengendiesel wrote:Gmn cara mengetahui kekuatan rangka dan crumple zone? Murni percaya dgn hasil crash test saja?

Pernah dikasih info kalo mobil dgn chassis monokok saat tabrakan lebih aman drpd chassis ladderframe, ada yg tau alasannya apa?
Wah susah sih om, ATPM mana mau ngasih data kekuatan rangka.. paling mentok dikasih data kualitas besi / baja dalam angka MPA.. itupun ga mewakili & datanya ga tau bener apa ngga..

Monokok cetakan, ladderframe sambungan, dalam kondisi sama harusnya lebih kuat monokok.. liat crash test CRV di yutub pilar A utuh, liat PJS pilar A agak bengkok.. meskipun PJS ga bisa dibilang lemah cz dapet bintang 5 juga kan.. tapi lemah kuatnya kembali ke masing2 produsen sih.. ladderframe bisa jadi lebih kuat kalo kualitas material & pengerjaannya tinggi, monokok bisa lemah kalo yg dipake besi tua karatan semua.. ertiga vs innova belum tentu ertiga lebih kuat.. pada akhirnya susah sih menentukan mana chasis yg lebih aman.. lebih baik liat foto2 asli kecelakaan mobil ybs di gugel gambar ..
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by grandis_GT »

Ane numpang nyemak aja di sini ya om :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by Omnibus »

you get what u pay for

bahan baku mehong gaiz
Herdy999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Fri May 19, 2017 14:39
Location: jakarta utara
Daily Vehicle: Avanza

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by Herdy999 »

mbl apa yg paling safety? beli aja itu.
jgn pikirin harganya.
kalau saya kalau mampu beli mbl pas2an, ati2 aja di jln ama pertajam instingnya.

Sent from my SM-G610F

User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by setsuka09 »

Bulgogi wrote:Monokok cetakan, ladderframe sambungan, dalam kondisi sama harusnya lebih kuat monokok.. liat crash test CRV di yutub pilar A utuh, liat PJS pilar A agak bengkok.. meskipun PJS ga bisa dibilang lemah cz dapet bintang 5 juga kan.. tapi lemah kuatnya kembali ke masing2 produsen sih.. ladderframe bisa jadi lebih kuat kalo kualitas material & pengerjaannya tinggi, monokok bisa lemah kalo yg dipake besi tua karatan semua.. ertiga vs innova belum tentu ertiga lebih kuat.. pada akhirnya susah sih menentukan mana chasis yg lebih aman.. lebih baik liat foto2 asli kecelakaan mobil ybs di gugel gambar ..
Iya..kualitas material sangat berpengaruh dan itu tergantung level kendaraan tsb, ada harga ada kualitas ini ada sedikit bukti kualitas yg middle lah

Image

Image

Karena lcgc dr awalnya di gadang2 sbg mobil murah ( ga murah2 juga sih ) tdk heran pabrikan memberi yg benar2 basic dlm kualitas demi menekan cost produksi & profit.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by ChZ »

daftar wrote:kenapa pro plat tebal masih di asosiasikan sebagai orang yang nggak ngerti crumple zone? nggak gitu juga kali.

mobil dengan plat setebal 1mm juga bisa dikasih crumple zone, memangnya seluruh body isinya plaat semua?
plat tebal lebih ke kelayakan aja, masa disandarin, kepentok pas buka pintu, ditekan kap mesin/bagasi dikit aja udah penyok
Bukan diasosiasikan, karna memang kebanyakan suka cocoklogi plat tebal dengan keamanan mobil... Padahal gak ada hubungannya...

Banyak yang masih berpendapat plat tebal aman, plat tipis tidak... kita gak ada bilang orang yang pemuja plat tebel gak ngerti crumple zone, tp kadang lebay aja. Dari agya sampe mersi juga skrg bodinya kaleng, yang membedakan grade materialnya dan peredam...

Bkn soal kelayakan, mobil lcgc begini nambah 50-80kg aja dah banyak loh... Kalo kita ambil rata-rata bobot lcgc di angka 700kg, berarti nambah 1 pria dewasa itu sudah 10%.

Sementara kita ribut pengen mobil yang irit dan lari... Gak kebayang mobil kayak agya/ayla pake plat tebel... Wong nambah soundproofing / peredam full semobil aja nambah bobotnya ckp signifikan...

Jadi ya... Ono rego ono rupo... Gak suka mobil plat tipis jangan dibeli. Nabung duidnya, kemana mana pake onlen atau bus...

Kalo mau platnya berasa "tebel" ya pasang soundproofing aja... menghibur diri biar berasa mobil mevvah...





Sent from my Redmi 4X


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1422
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by iwing »

Omnibus wrote: Thu Aug 03, 2017 21:14 you get what u pay for

bahan baku mehong gaiz
kalo saya sih kurang percaya harga bahan baku mahal sebagai alasan. saya lebih percaya kalo ambil untung nya dimaksimalkan kwkwkwkwk
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by marmut »

17Herdy wrote: Thu Aug 03, 2017 23:27 mbl apa yg paling safety? beli aja itu.
jgn pikirin harganya.
kalau saya kalau mampu beli mbl pas2an, ati2 aja di jln ama pertajam instingnya.

Sent from my SM-G610F
mayoritas orang sini kalo dikasih "mobil aman" saya jamin nyetirnya jadi ngawur.
ada ABS, ngerem seenaknya padahal ban gundul. kan ada ABS.... giliran nabrak nyalahin ABS ga bener.
ada airbag, seatbelt ga dipergunakan. giliran nabrak kehantem airbag sampe mati, pasti bilang airbag membahayakan nyawa.
ada ESC, EKG, EGG, USG, apalagi tu namanya..?
dikasih body plaat tebel, makin hobi mepet-mepetin mobil ke truk gandeng adu kuat.
intinya, makin komplit fitur, makin tinggi sugesti untuk selamat di jalan.
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by Mamang555 »

ChZ wrote: Fri Aug 04, 2017 1:04

Jadi ya... Ono rego ono rupo... Gak suka mobil plat tipis jangan dibeli. Nabung duidnya, kemana mana pake onlen atau bus...

Kalo mau platnya berasa "tebel" ya pasang soundproofing aja... menghibur diri biar berasa mobil mevvah...
Engg anu om... ntu onlen banyakan pake calya dan alya juga
Kalo alya rohali sih gpp :emo-big_love:

:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16673
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by ChZ »

Mamang555 wrote: Fri Aug 04, 2017 3:30
ChZ wrote: Fri Aug 04, 2017 1:04

Jadi ya... Ono rego ono rupo... Gak suka mobil plat tipis jangan dibeli. Nabung duidnya, kemana mana pake onlen atau bus...

Kalo mau platnya berasa "tebel" ya pasang soundproofing aja... menghibur diri biar berasa mobil mevvah...
Engg anu om... ntu onlen banyakan pake calya dan alya juga
Kalo alya rohali sih gpp :emo-big_love:

:ngacir:
nah tu die onlen juga pake mobil kaleng... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1646
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by pengendiesel »

17Herdy wrote: Thu Aug 03, 2017 23:27 mbl apa yg paling safety? beli aja itu.
jgn pikirin harganya.
kalau saya kalau mampu beli mbl pas2an, ati2 aja di jln ama pertajam instingnya.

Sent from my SM-G610F
Mmmm...mercedes maybach? Cicilan 600 kali jatuhnya berapa yah per bulannya? :ngacir:
adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by adhika »

Tapi bagus juga sih kalo kerusakan kayak gitu kalo untuk buat film. Karena damage/kerusakannya memberikan efek dramatis pada film. Coba kalo di film kalo kejar2an atau tabrak2an mobilnya tetap utuh, ya gak seru filmnya.
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by epinjose »

Kenapa ga sekalian pake bahan bumper plastik kyk xtrail ya? kalau gini ceritanya kan lebih worth...
ringan dapet, murah dapet, toh kalo kesenggol jg sama2 robek.

Tp feeling ini senggolan nya lumayan ya.. Semoga yang naik motor ga gt parah
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by PRBS »

Kalau mau mobil safety tinggi atau pelat body tebal.. ya jngan beli lcgc..

Pelat body tebal -> bobot lebih berat.. bobot lebih berat -> butuh kapasitas mesin yg lebih besar. (Kalau misal kapasitas mesin biasa aja aja, ntar kedodoran tenaganya)

Pelat body tebal + power yg lebih besar = harga mobil lebih mahal. Jadi ga mungkin ditaruh di kelas lcgc. Pelat tipis as long struktur oke no problem. terutama manner dalam nyetirny juga harus dipikirkan.

Sekelas roti tawar mid class aja pelatnya tipis (gampang dekok)
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 735
Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34

Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio

Post by bensinsolar »

Who knows Om, saya rasa Sigra karena ada crumple zone.