Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
kenapa pro plat tebal masih di asosiasikan sebagai orang yang nggak ngerti crumple zone? nggak gitu juga kali.
mobil dengan plat setebal 1mm juga bisa dikasih crumple zone, memangnya seluruh body isinya plaat semua?
plat tebal lebih ke kelayakan aja, masa disandarin, kepentok pas buka pintu, ditekan kap mesin/bagasi dikit aja udah penyok
mobil dengan plat setebal 1mm juga bisa dikasih crumple zone, memangnya seluruh body isinya plaat semua?
plat tebal lebih ke kelayakan aja, masa disandarin, kepentok pas buka pintu, ditekan kap mesin/bagasi dikit aja udah penyok

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Gmn cara mengetahui kekuatan rangka dan crumple zone? Murni percaya dgn hasil crash test saja?
Pernah dikasih info kalo mobil dgn chassis monokok saat tabrakan lebih aman drpd chassis ladderframe, ada yg tau alasannya apa?
Pernah dikasih info kalo mobil dgn chassis monokok saat tabrakan lebih aman drpd chassis ladderframe, ada yg tau alasannya apa?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 47
- Joined: Thu Sep 01, 2016 3:49
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Lha kalo nggak ditabrakin gimana bisa tau tingkat safetynya?pengendiesel wrote: Thu Aug 03, 2017 13:44 Gmn cara mengetahui kekuatan rangka dan crumple zone? Murni percaya dgn hasil crash test saja?
Pernah dikasih info kalo mobil dgn chassis monokok saat tabrakan lebih aman drpd chassis ladderframe, ada yg tau alasannya apa?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Wah susah sih om, ATPM mana mau ngasih data kekuatan rangka.. paling mentok dikasih data kualitas besi / baja dalam angka MPA.. itupun ga mewakili & datanya ga tau bener apa ngga..pengendiesel wrote:Gmn cara mengetahui kekuatan rangka dan crumple zone? Murni percaya dgn hasil crash test saja?
Pernah dikasih info kalo mobil dgn chassis monokok saat tabrakan lebih aman drpd chassis ladderframe, ada yg tau alasannya apa?
Monokok cetakan, ladderframe sambungan, dalam kondisi sama harusnya lebih kuat monokok.. liat crash test CRV di yutub pilar A utuh, liat PJS pilar A agak bengkok.. meskipun PJS ga bisa dibilang lemah cz dapet bintang 5 juga kan.. tapi lemah kuatnya kembali ke masing2 produsen sih.. ladderframe bisa jadi lebih kuat kalo kualitas material & pengerjaannya tinggi, monokok bisa lemah kalo yg dipake besi tua karatan semua.. ertiga vs innova belum tentu ertiga lebih kuat.. pada akhirnya susah sih menentukan mana chasis yg lebih aman.. lebih baik liat foto2 asli kecelakaan mobil ybs di gugel gambar ..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Ane numpang nyemak aja di sini ya om 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
you get what u pay for
bahan baku mehong gaiz
bahan baku mehong gaiz
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Fri May 19, 2017 14:39
- Location: jakarta utara
- Daily Vehicle: Avanza
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
mbl apa yg paling safety? beli aja itu.
jgn pikirin harganya.
kalau saya kalau mampu beli mbl pas2an, ati2 aja di jln ama pertajam instingnya.
Sent from my SM-G610F
jgn pikirin harganya.
kalau saya kalau mampu beli mbl pas2an, ati2 aja di jln ama pertajam instingnya.
Sent from my SM-G610F
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Iya..kualitas material sangat berpengaruh dan itu tergantung level kendaraan tsb, ada harga ada kualitas ini ada sedikit bukti kualitas yg middle lahBulgogi wrote:Monokok cetakan, ladderframe sambungan, dalam kondisi sama harusnya lebih kuat monokok.. liat crash test CRV di yutub pilar A utuh, liat PJS pilar A agak bengkok.. meskipun PJS ga bisa dibilang lemah cz dapet bintang 5 juga kan.. tapi lemah kuatnya kembali ke masing2 produsen sih.. ladderframe bisa jadi lebih kuat kalo kualitas material & pengerjaannya tinggi, monokok bisa lemah kalo yg dipake besi tua karatan semua.. ertiga vs innova belum tentu ertiga lebih kuat.. pada akhirnya susah sih menentukan mana chasis yg lebih aman.. lebih baik liat foto2 asli kecelakaan mobil ybs di gugel gambar ..


Karena lcgc dr awalnya di gadang2 sbg mobil murah ( ga murah2 juga sih ) tdk heran pabrikan memberi yg benar2 basic dlm kualitas demi menekan cost produksi & profit.
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Bukan diasosiasikan, karna memang kebanyakan suka cocoklogi plat tebal dengan keamanan mobil... Padahal gak ada hubungannya...daftar wrote:kenapa pro plat tebal masih di asosiasikan sebagai orang yang nggak ngerti crumple zone? nggak gitu juga kali.
mobil dengan plat setebal 1mm juga bisa dikasih crumple zone, memangnya seluruh body isinya plaat semua?
plat tebal lebih ke kelayakan aja, masa disandarin, kepentok pas buka pintu, ditekan kap mesin/bagasi dikit aja udah penyok
Banyak yang masih berpendapat plat tebal aman, plat tipis tidak... kita gak ada bilang orang yang pemuja plat tebel gak ngerti crumple zone, tp kadang lebay aja. Dari agya sampe mersi juga skrg bodinya kaleng, yang membedakan grade materialnya dan peredam...
Bkn soal kelayakan, mobil lcgc begini nambah 50-80kg aja dah banyak loh... Kalo kita ambil rata-rata bobot lcgc di angka 700kg, berarti nambah 1 pria dewasa itu sudah 10%.
Sementara kita ribut pengen mobil yang irit dan lari... Gak kebayang mobil kayak agya/ayla pake plat tebel... Wong nambah soundproofing / peredam full semobil aja nambah bobotnya ckp signifikan...
Jadi ya... Ono rego ono rupo... Gak suka mobil plat tipis jangan dibeli. Nabung duidnya, kemana mana pake onlen atau bus...
Kalo mau platnya berasa "tebel" ya pasang soundproofing aja... menghibur diri biar berasa mobil mevvah...
Sent from my Redmi 4X
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
kalo saya sih kurang percaya harga bahan baku mahal sebagai alasan. saya lebih percaya kalo ambil untung nya dimaksimalkan kwkwkwkwk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
mayoritas orang sini kalo dikasih "mobil aman" saya jamin nyetirnya jadi ngawur.17Herdy wrote: Thu Aug 03, 2017 23:27 mbl apa yg paling safety? beli aja itu.
jgn pikirin harganya.
kalau saya kalau mampu beli mbl pas2an, ati2 aja di jln ama pertajam instingnya.
Sent from my SM-G610F
ada ABS, ngerem seenaknya padahal ban gundul. kan ada ABS.... giliran nabrak nyalahin ABS ga bener.
ada airbag, seatbelt ga dipergunakan. giliran nabrak kehantem airbag sampe mati, pasti bilang airbag membahayakan nyawa.
ada ESC, EKG, EGG, USG, apalagi tu namanya..?
dikasih body plaat tebel, makin hobi mepet-mepetin mobil ke truk gandeng adu kuat.
intinya, makin komplit fitur, makin tinggi sugesti untuk selamat di jalan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Engg anu om... ntu onlen banyakan pake calya dan alya jugaChZ wrote: Fri Aug 04, 2017 1:04
Jadi ya... Ono rego ono rupo... Gak suka mobil plat tipis jangan dibeli. Nabung duidnya, kemana mana pake onlen atau bus...
Kalo mau platnya berasa "tebel" ya pasang soundproofing aja... menghibur diri biar berasa mobil mevvah...
Kalo alya rohali sih gpp


-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
nah tu die onlen juga pake mobil kaleng...Mamang555 wrote: Fri Aug 04, 2017 3:30Engg anu om... ntu onlen banyakan pake calya dan alya jugaChZ wrote: Fri Aug 04, 2017 1:04
Jadi ya... Ono rego ono rupo... Gak suka mobil plat tipis jangan dibeli. Nabung duidnya, kemana mana pake onlen atau bus...
Kalo mau platnya berasa "tebel" ya pasang soundproofing aja... menghibur diri biar berasa mobil mevvah...
Kalo alya rohali sih gpp![]()
![]()

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1646
- Joined: Sun May 22, 2016 4:20
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Mmmm...mercedes maybach? Cicilan 600 kali jatuhnya berapa yah per bulannya?17Herdy wrote: Thu Aug 03, 2017 23:27 mbl apa yg paling safety? beli aja itu.
jgn pikirin harganya.
kalau saya kalau mampu beli mbl pas2an, ati2 aja di jln ama pertajam instingnya.
Sent from my SM-G610F

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 168
- Joined: Mon Feb 15, 2016 15:48
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Tapi bagus juga sih kalo kerusakan kayak gitu kalo untuk buat film. Karena damage/kerusakannya memberikan efek dramatis pada film. Coba kalo di film kalo kejar2an atau tabrak2an mobilnya tetap utuh, ya gak seru filmnya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Kenapa ga sekalian pake bahan bumper plastik kyk xtrail ya? kalau gini ceritanya kan lebih worth...
ringan dapet, murah dapet, toh kalo kesenggol jg sama2 robek.
Tp feeling ini senggolan nya lumayan ya.. Semoga yang naik motor ga gt parah
ringan dapet, murah dapet, toh kalo kesenggol jg sama2 robek.
Tp feeling ini senggolan nya lumayan ya.. Semoga yang naik motor ga gt parah
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Kalau mau mobil safety tinggi atau pelat body tebal.. ya jngan beli lcgc..
Pelat body tebal -> bobot lebih berat.. bobot lebih berat -> butuh kapasitas mesin yg lebih besar. (Kalau misal kapasitas mesin biasa aja aja, ntar kedodoran tenaganya)
Pelat body tebal + power yg lebih besar = harga mobil lebih mahal. Jadi ga mungkin ditaruh di kelas lcgc. Pelat tipis as long struktur oke no problem. terutama manner dalam nyetirny juga harus dipikirkan.
Sekelas roti tawar mid class aja pelatnya tipis (gampang dekok)
Pelat body tebal -> bobot lebih berat.. bobot lebih berat -> butuh kapasitas mesin yg lebih besar. (Kalau misal kapasitas mesin biasa aja aja, ntar kedodoran tenaganya)
Pelat body tebal + power yg lebih besar = harga mobil lebih mahal. Jadi ga mungkin ditaruh di kelas lcgc. Pelat tipis as long struktur oke no problem. terutama manner dalam nyetirny juga harus dipikirkan.
Sekelas roti tawar mid class aja pelatnya tipis (gampang dekok)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Kemarin Calya vs Viar, sekarang Agya vs Mio
Who knows Om, saya rasa Sigra karena ada crumple zone.