Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
yozhuaa wrote: Fri May 19, 2017 18:09
dlu mobil saya selalu pke coolant honda, skitar 2thn sekali ganti air radiator.
pernah k bengkel coolant honda abis yauda ganti merk prestone kuning eh ga lama kalo ngebut 120km/h ke atas indikator hot nyala lalu ac lgsung keluar angin ga ad hawa dingin.
bawalah k tmpt servis radiator pas d buka berlumut byk yg mampet.
menurut feeling saya kykny ada pengaruh gonta ganti merk coolant.
atau jgn2 malah emg ud waktu ny mampet hrus d serpis.
note : mobil jazz gd3 2004
itu mobil beli dari baru bro? Jadi hafal history coolantnya? Endapan itu ada 2 . Yaitu endapan karena karat...dan endapan karena rust inhibitor ( phospate dan silicate) . Dan membedakannya mudah..kalau karat warna coklat kuningan , kalo inhibitor warnanya puyeh seperti lendir atau lumut....
bisa jadi telat ganti coolant sehingga endapan inhibitornya banyak.. asumsi selalu pakai coolant.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
vinchazz wrote: Fri May 19, 2017 15:52
Om RE3 crv ane pake prestone ijo pernah campur yg merah prestone juga
Gpp kan ya cuma beda warna gitu ?
ada 2 pendapat yg berbeda... pertama gak papa , tapi membuat daya tahan coolant menurun...misal dari 4 tahun menjadi 2 tahun.. dan tidak menimbulkan kerusakan.
kedua , membuat endapan , yang menyumbat celah2 kecil di cooling system .menurunkan perform coolant secara menyeluruh..dari boiling point , dan kemampuan menahan karat ,serta lubrikasi.
menurut ane ini bisa terjadi karena kandungan coolant itu berbeda beda tergantung merk meraciknya. Bisa jadi inhibitor 1 dicampur 2 gak papa, tapi lain reaksinya kalau campur coolant 3 , misalnya.
jadi utk kehati2an, lbh baik jangan dicampur.
atau di flush dgnair mengalir 4 x sebelum ganti merk atau tipe.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
DOHC wrote: Sun May 21, 2017 12:26
radiator coolant usahain tiap beberapa taon di kuras... buang dari baut bawah, isi air distilasi.. jalanin beberapa saat trus buang dan ulangi.. baru kasi coolant...
sebagus2 LLC nya jg tetep pasti ngendap stelah beberapa lama... coba aj buka tuh radiator stelah beberapa taon, senter ke dalem, pasti ad ngendap.. atau coba di tap, pasti tetep ad residu2 kotoran..
untuk yg konvensional misal prestone hijau, diganti 2 tahun...sedangkan yg extended life (oat atau hybrid oat) 4 tahun...
yup .emang ada life timenya.
karena etilen glikol atau propilen glikol (yg konven) itu saat berada dlm system , lambat laun akan membuat oksidasi menjadi asam...dan asam ini hisa membuat korosif....makanya diberi rust inhibitor yaitu pospat dan silikat untuk menjaga alkalinitas coolant dan melindungi dari korosi.
sementara inhibitor juga ada lifetimenya , akan membuat endapan sehingga konsentrasinya lama2 berkurang.
makanya perlu diganti baru untuk menjaga kandungan rust inhibitor.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
yozhuaa wrote: Fri May 19, 2017 18:09
dlu mobil saya selalu pke coolant honda, skitar 2thn sekali ganti air radiator.
pernah k bengkel coolant honda abis yauda ganti merk prestone kuning eh ga lama kalo ngebut 120km/h ke atas indikator hot nyala lalu ac lgsung keluar angin ga ad hawa dingin.
bawalah k tmpt servis radiator pas d buka berlumut byk yg mampet.
menurut feeling saya kykny ada pengaruh gonta ganti merk coolant.
atau jgn2 malah emg ud waktu ny mampet hrus d serpis.
note : mobil jazz gd3 2004
itu mobil beli dari baru bro? Jadi hafal history coolantnya? Endapan itu ada 2 . Yaitu endapan karena karat...dan endapan karena rust inhibitor ( phospate dan silicate) . Dan membedakannya mudah..kalau karat warna coklat kuningan , kalo inhibitor warnanya puyeh seperti lendir atau lumut....
bisa jadi telat ganti coolant sehingga endapan inhibitornya banyak.. asumsi selalu pakai coolant.
saya beli 2nd d tahun 2005/2006, sblmny mobil ini punya sepupu saya.
untuk mobil saya punya catatan buku kecil di laci mobil kalo abis dari bengkel suka saya catetin tanggal berapa apa aj yg di ganti dan simpenin bon serpis mobil,
jadi historicalnya ketahuan.
pas d serpis radiatornya keliatan endapan yg muncul itu putih lendir kyk ingus. itu endapan ny karena penggantian coolant radiator berbeda merk atau emg kanndungan coolant ny ud rusak om?
kalau kandungan coolant ny ud rusak berarti ganti radiator ny harus leebih cepat dr 2tahun ya, pdhl saya ganti liat d buku panduan mobilnya rekomendasi ganti coolant setiap 2tahun/40.000km.
adityabp wrote: Mon May 22, 2017 2:36
Btw, ada yg jual aditif anti karatnya aja gak?
Saya mo coba pake aquadest aja.
Apakah pakai additif semacam redline waterwetter sdh cukup?
Thx.
mungkin ada..tapi kenapa gak pake yg ready use dari pabrikan.kan udah diuji di lab..
kalo aquadest plus inhibitor saja, dalam artian gak pakai glikol atau oat, titik boiling rendah, sehingga saat panas gelembung udara yg terjadi lebih banyak , dan ini nggak bagus untuk perlindungan thd karat...atau gak efektif... itu logikanya...
redline waterwetter itu kandungannya apa ya??
yang ane tau kandungan coolant itu ada 2. yaitu antifreezing /boiling , rust inhibitor juga berfungsi sbg buffer coolant menjaga dari ph asam , dan lubrikasi untuk waterpump..biasanya ada additive silikon... prestone menyebut silikon silikan formula...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
coklatMetalik wrote: Mon May 22, 2017 2:50
Kalo kuras radiator yg tadinya pake air biasa mau ganti ke coolant apa ada prosedur khusus?
sebenarnya gak ada...tapi lbh amannya di flush dg air mengalir, sampai bening...dahulu...
kalau karat di radiator sudah parah, biasanya pemakaian coolant justru mempercepat kebocoran terjadi....ane gak tau kenapa...secara sifat silikat itu melindungi aluminium , pospat melindungi besi...keduanya bersifat melindungi korosi terhadap logam yg telah korosi sekalipun....korosinya akan berkurang. Mungkin sifat mixture coolant tersebut berbeda dgn air biasa... heat transfer air tetap paling juara... jadi coolant itu lebih lambat panas , tapi lebihlambat mendingin..mungkin ini yg mengakibatkan radiatornya kaget hahaha..
pengalaman saya menggunakan coolant pada radiator yg tidak terlalu parah karatnya, justru membuat radiator bersih , juga dgn waterpump , dan pipa aluminiumnya tidak berlanjut korosinya...biasanya pipa aluminium patah dan menjadi tepung krn korosi..
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
new_shogun wrote: Mon May 22, 2017 16:20
ikut nanya dong suhu2 sekalian...
mobil saya Vios 2009 MT, air radiatornya warna merah. apakah itu coolant bawaan dari toyota?
kalau iya merknya apa? kapasitas radiator berapa liter? soalnya saya ada rencana flush dan beli coolant di bengkel luaran biar lebih murah. trims.
udah sejak 2009 berarti udah pernah di flush ya om ? coba tanya aja ke tempat terakhir flush pake air radiator toyota ato merk laen macem prestone yng ada warna merahnya
saran saya tetap pake merk toyota.wong udah terbukti cocok...dan itu OAT yg tahan lama...lifetimenya..
jangan pernah pakai prestone oat warna merah atau orange..
karena compatible dgn dexcool , yaitu kandungan sebacate plus 2EHA . 2EHA TErbukti bersifat melembekkan seal karet shg bisa bocor...
saya korbannya...
coolant toyota kalau ane lihat dari google , itu oat plus sebacate tanpa 2EHA. jadi aman. corossion Inhibitornya pakai pospat...tanpa silikat..
silikat memiliki kelemahan gampang mengendap , dan heat transfernya rendah..
kalo ane lihat , coolant toyota dan honda sama..yaitu oat plus inhibitor sebacate plus inhibitor tradisional pospat...jadi masuk kategori hybrid oat...
cmiiw.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
umm kayanya coolant toyota ama ahond rada beda om...
toyota punya yg LLC itu mungkin bener yg long life punya... tp ahond punya ad 2 macem (mreka sourcing dr seiken)... yg dr pabrikan (warna biru) konon katanya long life, tp yg dijual di kemasan botol (smuanya warna ijo doank) itu mirip ama coolant biasa yg ijo... makanya tiap 2 taon dsuru ganti ... beda ama yg bawaan, bsa tahan ampe 4 taon katanya..
btw dulu pengalaman make batu makam GL... coolant bawaan pas odo 40 rebu dan 2 taon pemakaian, ud banyak endapan putih di reservoir... lgs ane ganti pake prestone yg oren... pake jalan ampe 120 rebu km baru dikuras... masi bening bebas endapan.. untung ga ad seal rembes atau rusak..
ada yang punya pendapat tentang pertamina coolant gak..?? yang 30 persen konsentrat. mobil dan motor saya pada pakai ini. selama ini sih gak ada masalah. warna cairan nya hijau muda. pertimbangan saya pakai ini hanya karena boiling point nya tinggi
daftar wrote: Mon May 22, 2017 16:21
Kalo nambah dikit lebih baik air aki (bukan zuur) ketimbang air mineral, namanya air mineral ada kandungan mineral yg kemungkinan bisa bikin karat
gak ada bedanya antara air murni , air ac , air sumur dan air kran dan air mineral...ketiganya sama sama merupakaan salah satu pembentuk karat.
karena karat adalah hasil reaksi kimia h2o (air) , fe (besi) , dan o2(oksigen).
yang ane heran , banyak yg nyaranin air ac saja , dgn asumsi air ac itu murni , jadi merupakan pelindung karat yang baik...hahahaha......
memang kandungan mineral di air ada yg bisa berfungsi sebagai katalis , misal garam, ataupun asam.
tapi garam tidak ada kandungannya di air sumur, kecuali sumur dekat pantai berair payau.
untuk air mineral , memang air ini ditambahkan kandungan mineral didalamnya..tapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak berfungsi sbg katalis karat..
mineral yg terlalu hanyak mengakibatkan pembentukan kerak..(misal air pdam , dgn kandungan kaporit).
untuk air aki , memang sebenarnya adalah air murni..tapi yg perlu diperhatikan adalah , banyak produsen yang menambahkan sedikit h2so4 (asam sulfat - salah satu zat yang paling korosif thd besi) didalamnya..mungkin untuk pengawet dari kandungan organik yang hidup didalam air, misal lumut.
untuk pengencer coolant , memang idealnya air murni.
ini kan maksudnya buat nambahin dikit aja ke reservoir om, lha coolant itu kan juga bahan utamanya air, jadi kalo nambah air dikit2 aja nggak masalah saya kira. cuman kalo bisa kan air yang paling murni
adityabp wrote: Mon May 22, 2017 2:36
Btw, ada yg jual aditif anti karatnya aja gak?
Saya mo coba pake aquadest aja.
Apakah pakai additif semacam redline waterwetter sdh cukup?
Thx.
mungkin ada..tapi kenapa gak pake yg ready use dari pabrikan.kan udah diuji di lab..
kalo aquadest plus inhibitor saja, dalam artian gak pakai glikol atau oat, titik boiling rendah, sehingga saat panas gelembung udara yg terjadi lebih banyak , dan ini nggak bagus untuk perlindungan thd karat...atau gak efektif... itu logikanya...
redline waterwetter itu kandungannya apa ya??
yang ane tau kandungan coolant itu ada 2. yaitu antifreezing /boiling , rust inhibitor juga berfungsi sbg buffer coolant menjaga dari ph asam , dan lubrikasi untuk waterpump..biasanya ada additive silikon... prestone menyebut silikon silikan formula...
Krn coolant terbaik tetaplah air, krn heat capacity-nya paling tinggi.
Cuma memang perlu ditambah additif yg gunanya :
1. Mengurangi/menghilangkan gelembung ketika air menjadi panas. Ingat kan kalo ngerebus air pasti muncul gelembung.
2. Mengurangi tegangan permukaaan air (surfactant), supaya air benar2x 'nempel' dgn metal agar heat transfer berlangsung sempurna.
3. Mencegah karat.
Penambahan etilen/propilen glikol memang menaikan titik didih air, namun heat capacity jadi berkurang jauh.
Makanya sekarang saya pake coolant seiken 30%. Gak lagi pake yg 50%, krn walaupun titik didih naik cukup besar, tapi heat capacity-nya juga berkurang cukup besar. Heat capacity berkurang artinya coolant jadi cepat panas.
Wah brarti cara mudahnya ganti radiatornya aja sekalian ya...
Ya.
Apesnya kalo ternyata ada sisa deposit karat yg bandel yg baru rontok setelah mobil jalan sekian lama, radiator bisa mampet
Ciri radiator mampet : Coolant di botol cadangan naik tinggi banget kalo mesin panas banget, terutama kalo kena macet.
Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?
daftar wrote: Mon May 22, 2017 16:21
Kalo nambah dikit lebih baik air aki (bukan zuur) ketimbang air mineral, namanya air mineral ada kandungan mineral yg kemungkinan bisa bikin karat
gak ada bedanya antara air murni , air ac , air sumur dan air kran dan air mineral...ketiganya sama sama merupakaan salah satu pembentuk karat.
karena karat adalah hasil reaksi kimia h2o (air) , fe (besi) , dan o2(oksigen).
yang ane heran , banyak yg nyaranin air ac saja , dgn asumsi air ac itu murni , jadi merupakan pelindung karat yang baik...hahahaha......
memang kandungan mineral di air ada yg bisa berfungsi sebagai katalis , misal garam, ataupun asam.
tapi garam tidak ada kandungannya di air sumur, kecuali sumur dekat pantai berair payau.
untuk air mineral , memang air ini ditambahkan kandungan mineral didalamnya..tapi jumlahnya sangat sedikit dan tidak berfungsi sbg katalis karat..
mineral yg terlalu hanyak mengakibatkan pembentukan kerak..(misal air pdam , dgn kandungan kaporit).
untuk air aki , memang sebenarnya adalah air murni..tapi yg perlu diperhatikan adalah , banyak produsen yang menambahkan sedikit h2so4 (asam sulfat - salah satu zat yang paling korosif thd besi) didalamnya..mungkin untuk pengawet dari kandungan organik yang hidup didalam air, misal lumut.
untuk pengencer coolant , memang idealnya air murni.
ini kan maksudnya buat nambahin dikit aja ke reservoir om, lha coolant itu kan juga bahan utamanya air, jadi kalo nambah air dikit2 aja nggak masalah saya kira. cuman kalo bisa kan air yang paling murni
Beli aquadest aja om di toko kimia. Kalo perlu yg medical grade, itu bener2x steril.
adityabp wrote: Mon May 22, 2017 6:52
Ya.
Apesnya kalo ternyata ada sisa deposit karat yg bandel yg baru rontok setelah mobil jalan sekian lama, radiator bisa mampet
Ciri radiator mampet : Coolant di botol cadangan naik tinggi banget kalo mesin panas banget, terutama kalo kena macet.
Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?
Wah ternyata pas lg panas coolant di reservoir naik. Pas udh dingin coolantnya turun lagi.....
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?
Wah ternyata pas lg panas coolant di reservoir naik. Pas udh dingin coolantnya turun lagi.....
Setau sy emang normal wkt mesin panas volume air coolant d reservoir pasti naik, dingin turun lg...
Wah kalo kemaren waktu saya kuras coolant sendiri malah pas panas di reservoir coolantnya turun. Begitu di pas in sampai batas maximum eh pas udh dingin naik diatas batas maximum.....
Sekarang kalo mobil abis dipake jalan (mesin panas), coolant yg direservoir turun atau naik?
Wah ternyata pas lg panas coolant di reservoir naik. Pas udh dingin coolantnya turun lagi.....
Karena coolant memuai ketika panas, makanya luber ke reservoir.
Ketika dingin, coolant menyusut mengakibatkan terbentuknya ruang vakum di radiator yg menyedot coolant dari reservoir balik ke radiator.
Yg penting diingat-ingat aja om posisi coolant di reservoir ketika mesin sdh panas. Kalo suatu hari coolant naik lebih tinggi lagi apalagi kalo abis kena macet parah, itu indikasi radiator mulai mampet.
Mozawa wrote:sebenarnya gak masalah..asal kandungannya sama..
masalahnya kita tidak tau kandungan dan gak dijelaskan di kemasan..
untuk mobil lama , disarankan memakai coolant tradisional ,( bukan long life) , yg memakai pospat dan atau silikat untuk rust inhibibitornya...(biasanya usianya 2 tahunan wajib dikuras).
untuk mobil baru biasanya pakai long life , oat (organic acid technology) , sebagai rust inhibitor , yg ramah lingkungan....biasanya coolant diganti lebih dari 4 sd 5 tahunan..
oat itu ada yg mengandung Potassium 2-ethylhexanoate dan ethylhexanoic acid yang incompatible dgn nylon 6,6 dan silicone rubber, yg istilahnya plasticizer. (merk dexcool yg ramai di eropa karena kerusakan seal pada truk gm ), dan ada kasus kebocoran pada honda crv.
kalau kita memakai oat yg mengandung 2 eha tersebut , biasanya seal2 karet akan bocor (sering terjadi di eropa yg memakai dexcool oat) . Mulai dari niple selang2 , bahkan seal2 water pump bisa bocor.
oat toyota dan honda memakai sebacate dan tidak mengandung 2 eha. Jadi kemungkinan relatif aman thd karet..
kalo prestone , yg tradisional warna hijau , yg oat warna orange...cuma kandungan yg orange ane gak tau...tapi ane pernah pakai dan sukses membuat bocor seal2 pada niple selang radiator dan water pump pada mobil jadul ane civic.
kalo pengen aman ,pakai yg tradisional agar seal terlindungi..atau oat tanpa 2 EHA.
Bro persis bner kjadianya kya saya. Jd mbil saya ford fiesta, krna ngerasa udh 3 tahunan sya gnti air radiatornya sesuai dgn spek ford yaitu prestone dexcool botol silver. Gk lama kmudian waterpump mnta dgnti krna bnyi ngorok gde bgt.
Akhirnya ane ke spesialis ford, dger" dia crita mslhnya fiesta yg gk kuat itu seal waterpumpnya sehingga sring bcor dn akhirnya air msuk ke bearing. Bearing lma" karat kna air trs dia pertma brisik lma" klo dibiarin bsa stuck akhirnya bsa bkin ptus vbelt.
Kmren bru gnti waterpump dn diisi pke preatone dexcool.Klo sran bro gmana yah? Air radiator mding dgnti lg atau gmana? Klo gnti mke merk apanyah? Ktnya prestone yg hijau gk ccok buat fiesta?
Hanggar wrote:Saya dulu piara Nissan March matic selama 4,5 tahun ngak pernah kuras radiator . . . .soale pas servis di Beres belum masa nya. Paling air di reservoir turun sedikit.
Sama om, saya juga skrg pelihara ANGL CVT 2014 sampe skrg blm pernah kuras cuma beberapa bln lalu beli radiator coolant di beres rupanya merk Prestone dgn cairan warna hijau ready use yg saya pake utk top up supaya ke batas atas.
I am sorry, Saya mau melakukan koreksi postingan lalu saya, coolant ANGL yg saya tulis Prestone dgn isi cairan warna biru, bukan merk Prestone tapi merk Nissan Long Life Coolant Advance formulation for Aluminum and Cast Iron Engine Parts, barusan saya lihat lagi di Botolnya dlm BOX dekat garasi saya. Sorry atas kesalahan tsb dan saya koreksi skrg.
radiator udah pernah servis om ? ya aqua aja terus daripada ganti coolant
tar kalo pake coolant, kerak" yang nutup lobang jadi lepas malah bkin bocor makin banyak
Kalo pakai air minum dgn kadar mineral yg tinggi :
saat panas dan air nguap, yg nguap itu H2O murni dan mineral2 tertinggal, akhirnya konsentrasi mineral di air makin lama makin tinggi.......dan selanjutnya silakan tebak sendiri
Pilih air low TDS spt aquadest atau Amidis jika mau pakai coolant konsentrat
atau lebih praktis pake coolant ready to use yg gak perlu campur air lagi
Izin nimbrung om
Kebetulan sekarang lagi Miara lcgc calya, di forum lagi rame bahas overheat, dan ogut cek sendiri via obd, temperatur mesin bisa sampe 98 derajat celcius, sampe akhirnya fan nyala dan temperatur turun ke 92 an. Posisi fluida mobil sekarang standar ting ting, kira kira kalo ogut ganti coolant ke engine ice yg konon adalah coolant paling baik, kira kira ritual apa aja ya, yang harus di praktek kan, supaya sisa coolant lama bs bersih? Thank you
zzzprince wrote:Izin nimbrung om
Kebetulan sekarang lagi Miara lcgc calya, di forum lagi rame bahas overheat, dan ogut cek sendiri via obd, temperatur mesin bisa sampe 98 derajat celcius, sampe akhirnya fan nyala dan temperatur turun ke 92 an. Posisi fluida mobil sekarang standar ting ting, kira kira kalo ogut ganti coolant ke engine ice yg konon adalah coolant paling baik, kira kira ritual apa aja ya, yang harus di praktek kan, supaya sisa coolant lama bs bersih? Thank you