Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
- Daily Vehicle: Accord_cp2
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Kemarin habis test drive s-cross di indomobil pik.. cuma muter sebentar doang sih karena macet..
Kesan pertama, hmm biasa aja sih (btw ane user sx4 2008).. mobil memang lebih lebar dan lebih lega dari yg lama.. tp entah kenapa ga seenak sx4 lama.. mesinnya tarikan kalo buat ane sih ga lemot ya, bantingan ttep keras, cuma yang bikin kecewa setir nya jadi ringan.. andai seberat sx4 baru sih ciamik..
Utk headunit kemaren pake alpine yang lumayan keren sih.. touch nya udah yang kyk hape hape jaman skrg.. speaker lupa ane cobain..
Setir udah kulit, ada paddleshift, tuas transmisi jadi aneh bentukannya.. bukan L lagi jadi kyk honda gitu . --" ada cruise control, trus kaca tengah ga tau ada apanya bisa auto gitu, headlamp bisa di atur tingginya juga..
Posisi kemudi ane rasa lebih tinggi dari yg lama.. dan terasa sekali lebar nya pas nyetir..
Row 2 surprisingly sangat lega, kursi bisa di senderin 1 step.. bagasi juga luas, kalo ga salah lantai bagasinya rata juga sama pintu..
Selesai test drive, ane ke sebelah melihat vw polo dan vw polo jauh lebih menarik walopun simpel tapi terlihat lebih mewah.. hmm.. test drive polonya katanya mau hari ini..hehe
Kesan pertama, hmm biasa aja sih (btw ane user sx4 2008).. mobil memang lebih lebar dan lebih lega dari yg lama.. tp entah kenapa ga seenak sx4 lama.. mesinnya tarikan kalo buat ane sih ga lemot ya, bantingan ttep keras, cuma yang bikin kecewa setir nya jadi ringan.. andai seberat sx4 baru sih ciamik..
Utk headunit kemaren pake alpine yang lumayan keren sih.. touch nya udah yang kyk hape hape jaman skrg.. speaker lupa ane cobain..
Setir udah kulit, ada paddleshift, tuas transmisi jadi aneh bentukannya.. bukan L lagi jadi kyk honda gitu . --" ada cruise control, trus kaca tengah ga tau ada apanya bisa auto gitu, headlamp bisa di atur tingginya juga..
Posisi kemudi ane rasa lebih tinggi dari yg lama.. dan terasa sekali lebar nya pas nyetir..
Row 2 surprisingly sangat lega, kursi bisa di senderin 1 step.. bagasi juga luas, kalo ga salah lantai bagasinya rata juga sama pintu..
Selesai test drive, ane ke sebelah melihat vw polo dan vw polo jauh lebih menarik walopun simpel tapi terlihat lebih mewah.. hmm.. test drive polonya katanya mau hari ini..hehe
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Kebalik menurut saya oom... kalo liat aslinya malah keliatan gak seburuk di foto. Tapi ya tetep.... elek.Mozawa wrote:Kok menurut ane modelnya cakep juga lho...apa karena hanya versi foto..,gak lihat aslinya ya????
Wkwkwkwkwk makanya suka cafe yang outdoor, biar bisa mandangin mobil sambil nyeruput minuman anget.... buat saya itu kesenangan tersendiri wkwkwkwkwkjivos wrote:
Wkwkwk ..itu habitnya mirip" dg sy, akan sll cb cari spot di mana mata bs liat" mbl.
Setuju om. Bagi sy, Step t'akhir sth kriteria2 terpenuhi, adlh:
Pilih yg modelnya plg menarik (in term of styling).
Alasannya....bbrp tahun k depan kita akan driving pk itu, klo modelnya sj kita tdk tertarik, bawa itu mbl (bbrp thn kdpn) ato pun liat itu mbl di garasi...bawaanya jd rada" nggak semangat gitu.
Yups walaupun mobilnya punya decent features, good engine, nice handling.... kalo gak sreg sama styling nya tetep akan menghalangi saya buat beli

Contohnya adalah Nissan Juke.... Mobil itu gak jelek, tarikan dan handling lumayan. Tapi modelnya gak jelas.... Ah batal suka deh

Yup yang lama itu kental aura Eropa sekali.... Yang ini? Mungkin didesain sama anak magang di design studio Maruti Suzuki India... atau lowly paid designers yang udah desperate dan pengen segera resignsportplus wrote:Ikut gabung diskusi.. seingat sy sx4 lama hasil desain dr Giorgetto Giugiaro's Italdesign studio, klo s cross ini entah desain mana kok jelek begini..
Sent from my SM-T705 using Tapatalk

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
kemaren test drive juga ini mobil.. aslinya emang bikin rada mikir, keberatan moncong dengan bentuk rada ga proporsional akibat design gayanya masih mirip SX-4 tapi di suntik steroid. and well that hood is super long mungkin lebih panjang dari pintu belakang kali.
buka tutup pintu ga ada impresi kalau ini mobil kelas 200 jutaan, malah kaya ada feel flimsy mungkin bahan metal kurang rigid. pas masuk desain dashboard biasa banget, nothing special, kecuali headunit layar 7" dengan tampilan kaya china dan screen mantul tapi aslinya its an alpine at least dari remotenya.
steering wheel komplit, sesuai khasnya india ada bluetoth + call button disitu, asiknya ada cruise control. Paddle shift nempel ke steer jadi ikutan muter. speedometer bland, hitam putih gitu2 aja dengan monokrom display yang isinya ga banyak ga beda jauh dari toyota, tapi dapet indikator tiap pintu yang kebuka, overall nothing really special.
interior di beberapa tempat agak ga konsisten kualitas material dan buatan, seperti di dashboard sisi mendekati windshield itu tipis banget, ketoel aja goyang, ga beda dari LCGC tipisnya, panel gap relatif ga konsisten. bahan jok nyaman, hanya busanya keras sekali, sedikit lagi mirip european, mungkin DNA India gini kali ya.
kelegaan kabin okelah, ga separah HRV, rata2 hatchback umumnya, yang aneh itu posisi duduk tinggi banget, ane biasanya setel bangku itu naik 1/3 paling sedikit ini ga perlu naikin sudah tinggi. steer telescoping & tilt tapi setel sana sini tetep bingung mau disetel kemana, karena kalau ketinggian ga enak, diturunin itu speedometer ga kelihatan blas, entah akibat ukuran steer yang kecil atau posisi bangku.
Driving.
Engine start, pencet tombol, halus ga terasa kalau ini mesin jadul, transmisi 6AT dengan paddle shift. masuk gigi, lepas rem, jalan, tiada electric parking brake begitu juga auto fold spion. gas dikit memang bener ini halus banget karakternya bener2 cruising, jejek separoh responnya juga halus, curiganya si emang setting ECU gitu ditambah bobot seberat dan sebesar ini, kesannya emang males, tapi transmisi suprisingly halus sekali, modern banget, paddle shift pun sama, masuk M, toel2 responsif.
ban asli berisik banget, seriously ini ban OEM paling berisik yang pernah ane cobain. padahal peredaman kabin ketika diam cukup hening. grip pun terasa ngelayang, puter2 steer bobot relatif pas. pengereman pun cukup buat city driving.
Overall
nothing special, dibilang crossover si bener juga, karena tingginya antara small hatchback dan microSUV/crossover pada umumnya. tapi ya itu liat boot space gede tapi kurang dalem, moncong boros, mesin pas2an. alternatif menarik buat jazz tapi untuk lawan HRV atau BRV menurut saya sulit karena lawan HRV kalah di fitur gimmick, lawan BRV kalah di sektor boot space dan bonus baris ketiga.
buka tutup pintu ga ada impresi kalau ini mobil kelas 200 jutaan, malah kaya ada feel flimsy mungkin bahan metal kurang rigid. pas masuk desain dashboard biasa banget, nothing special, kecuali headunit layar 7" dengan tampilan kaya china dan screen mantul tapi aslinya its an alpine at least dari remotenya.
steering wheel komplit, sesuai khasnya india ada bluetoth + call button disitu, asiknya ada cruise control. Paddle shift nempel ke steer jadi ikutan muter. speedometer bland, hitam putih gitu2 aja dengan monokrom display yang isinya ga banyak ga beda jauh dari toyota, tapi dapet indikator tiap pintu yang kebuka, overall nothing really special.
interior di beberapa tempat agak ga konsisten kualitas material dan buatan, seperti di dashboard sisi mendekati windshield itu tipis banget, ketoel aja goyang, ga beda dari LCGC tipisnya, panel gap relatif ga konsisten. bahan jok nyaman, hanya busanya keras sekali, sedikit lagi mirip european, mungkin DNA India gini kali ya.
kelegaan kabin okelah, ga separah HRV, rata2 hatchback umumnya, yang aneh itu posisi duduk tinggi banget, ane biasanya setel bangku itu naik 1/3 paling sedikit ini ga perlu naikin sudah tinggi. steer telescoping & tilt tapi setel sana sini tetep bingung mau disetel kemana, karena kalau ketinggian ga enak, diturunin itu speedometer ga kelihatan blas, entah akibat ukuran steer yang kecil atau posisi bangku.
Driving.
Engine start, pencet tombol, halus ga terasa kalau ini mesin jadul, transmisi 6AT dengan paddle shift. masuk gigi, lepas rem, jalan, tiada electric parking brake begitu juga auto fold spion. gas dikit memang bener ini halus banget karakternya bener2 cruising, jejek separoh responnya juga halus, curiganya si emang setting ECU gitu ditambah bobot seberat dan sebesar ini, kesannya emang males, tapi transmisi suprisingly halus sekali, modern banget, paddle shift pun sama, masuk M, toel2 responsif.
ban asli berisik banget, seriously ini ban OEM paling berisik yang pernah ane cobain. padahal peredaman kabin ketika diam cukup hening. grip pun terasa ngelayang, puter2 steer bobot relatif pas. pengereman pun cukup buat city driving.
Overall
nothing special, dibilang crossover si bener juga, karena tingginya antara small hatchback dan microSUV/crossover pada umumnya. tapi ya itu liat boot space gede tapi kurang dalem, moncong boros, mesin pas2an. alternatif menarik buat jazz tapi untuk lawan HRV atau BRV menurut saya sulit karena lawan HRV kalah di fitur gimmick, lawan BRV kalah di sektor boot space dan bonus baris ketiga.
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Sep 10, 2016 12:06
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
barusan liat pameran ini mobil di TP..
pertama2 yg saya tanyain ke sales nya "Mas, iki mobil apik kok bentuke kaku" hehehe.. namanya jg sales pasti dipatahkan tanggapan2 yg negatif, kata salesnya ini bagus mba', dr belakang seperti outlander.. wkwk
masuk ke dalam mobil nya memang lega, .. mirip HRV.. fitur ini itu..
tp sy lebih tertarik pajangan di sebelah nya alias swift,
pertama2 yg saya tanyain ke sales nya "Mas, iki mobil apik kok bentuke kaku" hehehe.. namanya jg sales pasti dipatahkan tanggapan2 yg negatif, kata salesnya ini bagus mba', dr belakang seperti outlander.. wkwk
masuk ke dalam mobil nya memang lega, .. mirip HRV.. fitur ini itu..
tp sy lebih tertarik pajangan di sebelah nya alias swift,

-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sun Aug 21, 2016 12:58
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
klo di dandanin versi europe jadi manis loh

gril depan sama bentuk kapnya emg bencana yg ngerusak muka s cross jd mirip hippo


gril depan sama bentuk kapnya emg bencana yg ngerusak muka s cross jd mirip hippo

-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Sun Aug 21, 2016 12:58
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
tadi testdrive s-cross AT di tanjakan gombel semarang sayang traffic agak padat, kesannya tenaga s-cross responsif runut gada lag atau jeda beda sama AT ertiga atau CVTnya HRV klo dibejeg 1-2 detik baru keluar tenaga
IMO. blum coba paddle shift & cruisenya karena terbatasnya waktu. pengereman pakem dan halus gada suara 'gregg' rem cakram di roda belakang emang ga bohong, better than drum. kabin senyap sebelahan sama motor juga masi nyaman beda jauh sama HRV. unit testdrive tadi ko belum ada navigasinya ya, head unitnya responsif suara mantap byk preset setelan . colokan usb ada 3, 2 di glovebox 1 di konsol tengah.port hdmi aux ada di glovebox. bakal rapi klo mau pasang dvb-t2. rem tangannya agak berat tapi ga masalah. suara ban dan mesin ok lewat jalan beton masih halus. cornering kecepatan tinggi mantap ga limbung. joknya empuk dan tebel sayang belum kulit. kondisi stop n Go mantap transmisi D di rem Ga getar sedikitpun. antep. posisi duduk tinggi tapi nyaman keluar masuk mobil jadi gampang. indent warna silver akhirnya.
ane harian pake ertiga elegant dibandingkan kenyamanan, kekedapan, posisi duduk. suara mesin, tenaga, pengereman S-cross jauh lebih baik diliat dari harga selisih dikit tapi dapatnya banyak. kenapa ertiga ga dibuat seperti s-cross
coba klo HRV build qualitynya bagus. kekedapan bagus, Head unit in dash trus ga luemott, lubang ac di dashboardnya normal, dari looks dan brand HRV emg better than S-cross. tapi menikmati mobil itu 90% didalam kabin so pilihan tetap ke S-cross dibanding juke, trax, hrv, alih alih nunggu vitara launching di indonesia. maaf klo ada kata kata yg salah dan belepotan dan loncat loncat. ga pandai mengarang

ane harian pake ertiga elegant dibandingkan kenyamanan, kekedapan, posisi duduk. suara mesin, tenaga, pengereman S-cross jauh lebih baik diliat dari harga selisih dikit tapi dapatnya banyak. kenapa ertiga ga dibuat seperti s-cross

coba klo HRV build qualitynya bagus. kekedapan bagus, Head unit in dash trus ga luemott, lubang ac di dashboardnya normal, dari looks dan brand HRV emg better than S-cross. tapi menikmati mobil itu 90% didalam kabin so pilihan tetap ke S-cross dibanding juke, trax, hrv, alih alih nunggu vitara launching di indonesia. maaf klo ada kata kata yg salah dan belepotan dan loncat loncat. ga pandai mengarang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Selamat om,nanti kalau sdh di garasi review dan foto2nya ya 

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Great consideration & great choice om. Very2 open mind.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Selamat om atas pilihannya nanti direview yaa, ane juga mantan pemakai sx4 dan skrng sehari-hari pake r3, sebenarnya ane jg tertarik pd awalnya dengan s-cross ini tapi begitu baca mereview2 para suhu dimari ketertarikan ane jd berkurang.
Tapi begitu baca review om cahculun jd tertarik lagi dan pingin test drive juga, kalo ane puas dengan hasil TDnya mungkin ane mau ambil jg nih mobil tapi mungkin ntar aja yg faceliftnya ( kalo masuk sini).
Tapi begitu baca review om cahculun jd tertarik lagi dan pingin test drive juga, kalo ane puas dengan hasil TDnya mungkin ane mau ambil jg nih mobil tapi mungkin ntar aja yg faceliftnya ( kalo masuk sini).
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 295
- Joined: Wed Sep 24, 2014 15:13
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
adiguna wrote:Selamat om atas pilihannya nanti direview yaa, ane juga mantan pemakai sx4 dan skrng sehari-hari pake r3, sebenarnya ane jg tertarik pd awalnya dengan s-cross ini tapi begitu baca mereview2 para suhu dimari ketertarikan ane jd berkurang.
Tapi begitu baca review om cahculun jd tertarik lagi dan pingin test drive juga, kalo ane puas dengan hasil TDnya mungkin ane mau ambil jg nih mobil tapi mungkin ntar aja yg faceliftnya ( kalo masuk sini).
Seperti signature salah satu suhu dimari "anda sudah test drive?"

Btw on helm kemana ya jarang review
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Iya om test drive itu wajib buat ane mah...masalah tarikan lemot ga masalah sih bagi ane mah udah tua soalnya...hehee,
masalah mesin jadul M15A juga ga masalah bagi ane mah yang penting mesinnya ga banyak masalah kyk sx4 lama,
trus mslah boros yah seboros-borosnya mesin 1500 ya segitu-gitu aja lah fc ga akan jauh2 amat apalagi kalo kaki kanannya udah insyaf pasti bisa lebih irit lagi...
Bagi ane sih mobil itu yg penting aman,nyaman,bentuknya ga jelek2 amat,bengkelnya deket rumah,fiturnya kekinian,maintenace cost per tahunnya wajar,gak banyak problem dan awet ampe 5 tahun( ane ga pernah pake mobil lebih dari 5 tahun ) dan yang paling penting harganya cocok dengan dompet kita....hehee
masalah mesin jadul M15A juga ga masalah bagi ane mah yang penting mesinnya ga banyak masalah kyk sx4 lama,
trus mslah boros yah seboros-borosnya mesin 1500 ya segitu-gitu aja lah fc ga akan jauh2 amat apalagi kalo kaki kanannya udah insyaf pasti bisa lebih irit lagi...
Bagi ane sih mobil itu yg penting aman,nyaman,bentuknya ga jelek2 amat,bengkelnya deket rumah,fiturnya kekinian,maintenace cost per tahunnya wajar,gak banyak problem dan awet ampe 5 tahun( ane ga pernah pake mobil lebih dari 5 tahun ) dan yang paling penting harganya cocok dengan dompet kita....hehee
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: Fri Jul 19, 2013 0:24
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Sy jg msh antri pengen TD tp krn unit terbatas di surabaya, nunggu di kontak salesnya. SX-4 sdh sy pake 8 thn (beli baru dr thn 2008 s/d sekarang) sbg horsework. Semoga improvement di S-Cross sesuai ekspektasi sy. Dan review dr banyak teman di SM bs jd referensi utk TD nantinya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Numpang review ya hehehe. Baru kemarin ini bisa TD s cross, dalam 1 hari sempet test 2 mobil, i20 matic dan S-cross matic jg, di kota gudeg. Memang dlm beberapa waktu terakhir ini ane suka cobain mobil 250-300jtan,(hrv, trax, polo, m2, scross, sienta). siapa tau kecantol salah 1 nya hehehe. TD S-cross sendiri ga terlalu optimal, karena jam setengah 5 sore lalin di jalan adisucipto sendiri sudah macet dan sebagian padat merayap. jadi rute TD cuma kurang lebih 6 kilometer aja.
Berikut opini pribadi ane yang bersifat subjektif
kesan positif dari S-cross adalah :
+ HID headlamp, udah bixenon, auto levelling headlamp
+ DRL cukup terang, bisa dimatiin juga, wiper kata sales nya ada sensor nya juga !
+ Ada auto dimming mirror (mirip mobil eropah)
+ Ada speaker tengahnya, tapi ane ga coba audionya, ga bawa fdisk jadi gabisa ngetes kualitas suaranya seperti apa.
+ Ada kabel aux, kabel HDMI, kabel usb di laci penumpang depan, kayaknya jarang2 ya ada mobil ber HDMI di HU nya.
+ Kabin termasuk lega, busa jok cukup tebal jarang ada di kelas 250 jutaan jok seperti ini, ada armrest+cupholder di bangku belakang. Jok i20 kalah, Sienta cuma depannya aja yang jok nya bagus. S-cross depan belakang ok.
+ bbm keliatannya irit, unit TD udah jalan 1075 km dengan average consumption 10.4 km/L. Unit TD kan biasa jalan dalam kota.
+ keyless entry+bagasi, keyless start/stop engine bagus.
Yang ga suka dari S-cross :
- kualitas trim dasbor keliatannya kurang bagus (unit display di showroom udah renggang plastik deket center speakernya, tidak enak dilihat, tapi unit TD baik2 saja trim nya). Trim pilar A nya juga menurut ane juga serupa, kurang bagus.
- akselerasi menurut ane kurang galak di mode D.
- pakai paddleshift di mode D ga asyik, karena sekitar 3 detik udah balik ke auto lagi. Menurut ane mungkin kalo 10-15 sec baru balik ke auto lebih enak kali ya. Walaupun ada yg ane suka, kalo shift up-up-up sampe mentok ada suara remindernya, jadi kita tau itu udah gear tertinggi utk kecepatan tertentu. Kalo mode M menurut ane fine2 aja, ga ada keluhan hehehe.
- kurang hening di bawah, seperti road noise. Entah dari ban nya atau peredaman nya yang kurang bagus. Kalau secara teori sih semakin jauh posisi duduk kita dari ban, harusnya suara berisik semakin berkurang. Sienta masih lebih hening, i20 jauh lebih hening (ane TD i20 1 jam sebelumnya, rute jalan sama). Tapi tetep jauh lebih hening dari getz ane yg udah berusia 11 thn.
- Desain bonet kurang suka and warna velg plus nya kurang gagah, jauh gagah sx4 lama. S-cross ini terlalu tertutup kesannya seperti pake wheeldop. Udah gitu desain velgnya kurang tegas, kurang maskulin untuk crossover. Ganti pake velg GVitara yang facelift terakhir cakep nih kayaknya.
- Kenapa tidak ada warna hitam? Padahal ane berangan2 kalo ada warna hitam + ganti velg bakal ganteng to the max.
Jadi kesimpulan menurut pandangan pribadi ane : Overall S-cross ini cocok untuk yang orang yang menghargai value for money, 250jtan udah dapet macem2 fitur, kabin yang lumayan luas. Walaupun fitur tersebut mungkin masih belum sesuai dengan ekspektasi kita contohnya menurut pribadi ane di paddleshiftnya. Terlebih dari itu, matic 6 speed nya halus, walau akselerasinya tidak terlalu menggembirakan menurut ane, terutama di torsi nya. Tidak ada poin yang terlalu menonjol, dan tidak ada kekurangan yang terlalu mengganggu. Cukupan istilahnya. Kalo sama be er vi tutup mata pilih S-cross.
Sekian Review singkat dari ane

Berikut opini pribadi ane yang bersifat subjektif
kesan positif dari S-cross adalah :
+ HID headlamp, udah bixenon, auto levelling headlamp
+ DRL cukup terang, bisa dimatiin juga, wiper kata sales nya ada sensor nya juga !
+ Ada auto dimming mirror (mirip mobil eropah)
+ Ada speaker tengahnya, tapi ane ga coba audionya, ga bawa fdisk jadi gabisa ngetes kualitas suaranya seperti apa.
+ Ada kabel aux, kabel HDMI, kabel usb di laci penumpang depan, kayaknya jarang2 ya ada mobil ber HDMI di HU nya.
+ Kabin termasuk lega, busa jok cukup tebal jarang ada di kelas 250 jutaan jok seperti ini, ada armrest+cupholder di bangku belakang. Jok i20 kalah, Sienta cuma depannya aja yang jok nya bagus. S-cross depan belakang ok.
+ bbm keliatannya irit, unit TD udah jalan 1075 km dengan average consumption 10.4 km/L. Unit TD kan biasa jalan dalam kota.
+ keyless entry+bagasi, keyless start/stop engine bagus.
Yang ga suka dari S-cross :
- kualitas trim dasbor keliatannya kurang bagus (unit display di showroom udah renggang plastik deket center speakernya, tidak enak dilihat, tapi unit TD baik2 saja trim nya). Trim pilar A nya juga menurut ane juga serupa, kurang bagus.
- akselerasi menurut ane kurang galak di mode D.
- pakai paddleshift di mode D ga asyik, karena sekitar 3 detik udah balik ke auto lagi. Menurut ane mungkin kalo 10-15 sec baru balik ke auto lebih enak kali ya. Walaupun ada yg ane suka, kalo shift up-up-up sampe mentok ada suara remindernya, jadi kita tau itu udah gear tertinggi utk kecepatan tertentu. Kalo mode M menurut ane fine2 aja, ga ada keluhan hehehe.
- kurang hening di bawah, seperti road noise. Entah dari ban nya atau peredaman nya yang kurang bagus. Kalau secara teori sih semakin jauh posisi duduk kita dari ban, harusnya suara berisik semakin berkurang. Sienta masih lebih hening, i20 jauh lebih hening (ane TD i20 1 jam sebelumnya, rute jalan sama). Tapi tetep jauh lebih hening dari getz ane yg udah berusia 11 thn.
- Desain bonet kurang suka and warna velg plus nya kurang gagah, jauh gagah sx4 lama. S-cross ini terlalu tertutup kesannya seperti pake wheeldop. Udah gitu desain velgnya kurang tegas, kurang maskulin untuk crossover. Ganti pake velg GVitara yang facelift terakhir cakep nih kayaknya.
- Kenapa tidak ada warna hitam? Padahal ane berangan2 kalo ada warna hitam + ganti velg bakal ganteng to the max.
Jadi kesimpulan menurut pandangan pribadi ane : Overall S-cross ini cocok untuk yang orang yang menghargai value for money, 250jtan udah dapet macem2 fitur, kabin yang lumayan luas. Walaupun fitur tersebut mungkin masih belum sesuai dengan ekspektasi kita contohnya menurut pribadi ane di paddleshiftnya. Terlebih dari itu, matic 6 speed nya halus, walau akselerasinya tidak terlalu menggembirakan menurut ane, terutama di torsi nya. Tidak ada poin yang terlalu menonjol, dan tidak ada kekurangan yang terlalu mengganggu. Cukupan istilahnya. Kalo sama be er vi tutup mata pilih S-cross.
Sekian Review singkat dari ane

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Tue Sep 20, 2016 6:14
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
salken oom2, saya udah pake scross 1 minggu ini. Kenapa pilih scross ? Karena spt yang dikatakan diatas: value for money bagus banget, mobil pun nyaman.Memang untuk soal penampilan kalah level dari HRV, kl ane bilang HRV numero uno untuk penampilan TAPI, IMHO, soal kenyamanan scross diatas HRV jauh.idlamahilang wrote: Yang ga suka dari S-cross :
- kualitas trim dasbor keliatannya kurang bagus (unit display di showroom udah renggang plastik deket center speakernya, tidak enak dilihat, tapi unit TD baik2 saja trim nya). Trim pilar A nya juga menurut ane juga serupa, kurang bagus.
- Desain bonet kurang suka and warna velg plus nya kurang gagah, jauh gagah sx4 lama. S-cross ini terlalu tertutup kesannya seperti pake wheeldop. Udah gitu desain velgnya kurang tegas, kurang maskulin untuk crossover. Ganti pake velg GVitara yang facelift terakhir cakep nih kayaknya.
- Kenapa tidak ada warna hitam? Padahal ane berangan2 kalo ada warna hitam + ganti velg bakal ganteng to the max.
Jadi kesimpulan menurut pandangan pribadi ane : Overall S-cross ini cocok untuk yang orang yang menghargai value for money, 250jtan udah dapet macem2 fitur, kabin yang lumayan luas. Walaupun fitur tersebut mungkin masih belum sesuai dengan ekspektasi kita contohnya menurut pribadi ane di paddleshiftnya. Terlebih dari itu, matic 6 speed nya halus, walau akselerasinya tidak terlalu menggembirakan menurut ane, terutama di torsi nya. Tidak ada poin yang terlalu menonjol, dan tidak ada kekurangan yang terlalu mengganggu. Cukupan istilahnya. Kalo sama be er vi tutup mata pilih S-cross.
Sekian Review singkat dari ane
Kalau ada yang bilang liat model nya aja ga stylish jadi malas, kalau saya pikirnya percuma liatnya stylish banget tetapi kenyamanan tidak ada, jadinya malas apalagi bahan material interior jg ga bagus dengan harga yang selangit.
Dulu awal2 thn 2014 ada HRV bikin ane kesengsem habis, kumpulin duit tapi begitu mau beli tahun lalu, eh kedengaran komplen yang sampe masuk bengkel 10x dan diikuti lain2 nya. Karena penasaran ane buktikan sendir dengan TD dan ya spt yg saya dengar infonya menurut saya banyak bunyi aneh2, bantingan keras dan saya cek di olx dan koran cukup banyak yg jual hrv seken.
Yang kurang dari scross: model VELG nya jelek emang sperti wheeldop biasa, rencana ane ganti velg AMG 17" saja cukup bikin ganteng.
Kenapa tidak ada warna hitam ? karena kalau warna hitam jadinya mono tone color bukan 2 tone color.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 40
- Joined: Wed Apr 23, 2014 22:16
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Salken jg om mikimos, congrats atas s-cross barunya, mdh2an awet & memuaskan terus dipakenya..mikimos wrote:
salken oom2, saya udah pake scross 1 minggu ini. Kenapa pilih scross ? Karena spt yang dikatakan diatas: value for money bagus banget, mobil pun nyaman.Memang untuk soal penampilan kalah level dari HRV, kl ane bilang HRV numero uno untuk penampilan TAPI, IMHO, soal kenyamanan scross diatas HRV jauh.
Kalau ada yang bilang liat model nya aja ga stylish jadi malas, kalau saya pikirnya percuma liatnya stylish banget tetapi kenyamanan tidak ada, jadinya malas apalagi bahan material interior jg ga bagus dengan harga yang selangit.
Dulu awal2 thn 2014 ada HRV bikin ane kesengsem habis, kumpulin duit tapi begitu mau beli tahun lalu, eh kedengaran komplen yang sampe masuk bengkel 10x dan diikuti lain2 nya. Karena penasaran ane buktikan sendir dengan TD dan ya spt yg saya dengar infonya menurut saya banyak bunyi aneh2, bantingan keras dan saya cek di olx dan koran cukup banyak yg jual hrv seken.
Yang kurang dari scross: model VELG nya jelek emang sperti wheeldop biasa, rencana ane ganti velg AMG 17" saja cukup bikin ganteng.
Kenapa tidak ada warna hitam ? karena kalau warna hitam jadinya mono tone color bukan 2 tone color.
Btw, boleh tau rata2 konsumsi bbm-nya brp ya??
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Tue Sep 20, 2016 6:14
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
[quote="indrari]
Salken jg om mikimos, congrats atas s-cross barunya, mdh2an awet & memuaskan terus dipakenya..
Btw, boleh tau rata2 konsumsi bbm-nya brp ya??[/quote]
Sejak beli isi full sampe skrg belum isi lagi. Tapi kl lihat petunjuk nya, 100km pertama menggunakan matic 9.0km/l setelah itu saya reset saja gunakan manual nya menurut petunjuk 11.0 km/l
Saya sebetulnya lebih suka manual tp karena scross yang ini karena triptronic dan fitur triptonic lebih banyak spt cruise (meskipun bakal jarang dipake) saya beli yang triptonic dan skrg saya gunakan manual nya, kalau nyonya pakai matic katanya biar ga bingung
Salken jg om mikimos, congrats atas s-cross barunya, mdh2an awet & memuaskan terus dipakenya..
Btw, boleh tau rata2 konsumsi bbm-nya brp ya??[/quote]
Sejak beli isi full sampe skrg belum isi lagi. Tapi kl lihat petunjuk nya, 100km pertama menggunakan matic 9.0km/l setelah itu saya reset saja gunakan manual nya menurut petunjuk 11.0 km/l
Saya sebetulnya lebih suka manual tp karena scross yang ini karena triptronic dan fitur triptonic lebih banyak spt cruise (meskipun bakal jarang dipake) saya beli yang triptonic dan skrg saya gunakan manual nya, kalau nyonya pakai matic katanya biar ga bingung

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Aug 06, 2016 5:02
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
ini reveiw-nya nyebelin bgt si om.. kan ane jadinya ikutan indent juga.. warna silver lagi..cahculun wrote:tadi testdrive s-cross AT di tanjakan gombel semarang sayang traffic agak padat, kesannya tenaga s-cross responsif runut gada lag atau jeda beda sama AT ertiga atau CVTnya HRV klo dibejeg 1-2 detik baru keluar tenagaIMO. blum coba paddle shift & cruisenya karena terbatasnya waktu. pengereman pakem dan halus gada suara 'gregg' rem cakram di roda belakang emang ga bohong, better than drum. kabin senyap sebelahan sama motor juga masi nyaman beda jauh sama HRV. unit testdrive tadi ko belum ada navigasinya ya, head unitnya responsif suara mantap byk preset setelan . colokan usb ada 3, 2 di glovebox 1 di konsol tengah.port hdmi aux ada di glovebox. bakal rapi klo mau pasang dvb-t2. rem tangannya agak berat tapi ga masalah. suara ban dan mesin ok lewat jalan beton masih halus. cornering kecepatan tinggi mantap ga limbung. joknya empuk dan tebel sayang belum kulit. kondisi stop n Go mantap transmisi D di rem Ga getar sedikitpun. antep. posisi duduk tinggi tapi nyaman keluar masuk mobil jadi gampang. indent warna silver akhirnya.
ane harian pake ertiga elegant dibandingkan kenyamanan, kekedapan, posisi duduk. suara mesin, tenaga, pengereman S-cross jauh lebih baik diliat dari harga selisih dikit tapi dapatnya banyak. kenapa ertiga ga dibuat seperti s-cross![]()
coba klo HRV build qualitynya bagus. kekedapan bagus, Head unit in dash trus ga luemott, lubang ac di dashboardnya normal, dari looks dan brand HRV emg better than S-cross. tapi menikmati mobil itu 90% didalam kabin so pilihan tetap ke S-cross dibanding juke, trax, hrv, alih alih nunggu vitara launching di indonesia. maaf klo ada kata kata yg salah dan belepotan dan loncat loncat. ga pandai mengarang
ya mudah2an untuk pemakaian sehari2 sesuai dengan harapan gan.. hehe..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Selamet om mikimos atas s-cross barunya.
.... saya juga ada rencana mau ambil ni mobil tapi bingung istri pinginnya sienta dia pingin
mobil sliding door kyk freed punya sodaranya....
oh iya jadi dapat diskon brp om..??

mobil sliding door kyk freed punya sodaranya....

oh iya jadi dapat diskon brp om..??
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Tue Sep 20, 2016 6:14
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
diskon 10jt aja sama semua dimana2, sampai 30 sept ini + vkool 5jt.adiguna wrote:Selamet om mikimos atas s-cross barunya..... saya juga ada rencana mau ambil ni mobil tapi bingung istri pinginnya sienta dia pingin
mobil sliding door kyk freed punya sodaranya....![]()
oh iya jadi dapat diskon brp om..??
kalau saya perlu mobil yg 7 seaters, mendingan ambil kijang sekalian aja biar tipe terendah disbandingkan sienta. sienta modelnya aneh ada variasi hitam samping kiri kanan sambung dibawah spt wajah pria berjambang

kalau mau menikmati mobil dengan fitur canggih dan terkini (yg selama ini kita cuma bias melihat dan mendengar) dgn harga sangat2 terjangkau, ada di SCross

yg ga nyangka banget kirain cuma automatic biasa ternyata triptonic... yuhuuuuu
welcome to the club oom, satu lagi terkena racun scrossyisnawan wrote: ini reveiw-nya nyebelin bgt si om.. kan ane jadinya ikutan indent juga.. warna silver lagi..
ya mudah2an untuk pemakaian sehari2 sesuai dengan harapan gan.. hehe..

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Sip om....
sebenernya gak keracunan juga sih secara ane udah nunggu2 penerus sx4 in thn lalu tapi gak jadi2 pdhl isunya cukup santer thn 2015 yh lalu mau masuk sini..... gak tau knp ya ane ini beli mobil kok suzuki mulu ya udah 4 kali ane beli suzuki dari baleno pd thn 97,trus ganti aerio thn 2005 trus ganti lagi sx4 thn 2011,nah thn kmrn ane pingin ganti tuh sx4 dng s-cross tapi gak masuk2 kesini ya terpaksa deh beli r3 dulu, eh skrng baru nongol dimari sementara r3 baru setahun digarasi, ya udah deh tunggu thn depan aja atau 2 thn lagi mudah2an yg FL masuk sini.....keren euy grill nya...
eh....sekali deng pernah pake vios tapi abis itu balik lagi ke suzuki.....
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
sebenernya gak keracunan juga sih secara ane udah nunggu2 penerus sx4 in thn lalu tapi gak jadi2 pdhl isunya cukup santer thn 2015 yh lalu mau masuk sini..... gak tau knp ya ane ini beli mobil kok suzuki mulu ya udah 4 kali ane beli suzuki dari baleno pd thn 97,trus ganti aerio thn 2005 trus ganti lagi sx4 thn 2011,nah thn kmrn ane pingin ganti tuh sx4 dng s-cross tapi gak masuk2 kesini ya terpaksa deh beli r3 dulu, eh skrng baru nongol dimari sementara r3 baru setahun digarasi, ya udah deh tunggu thn depan aja atau 2 thn lagi mudah2an yg FL masuk sini.....keren euy grill nya...

eh....sekali deng pernah pake vios tapi abis itu balik lagi ke suzuki.....

Last edited by adiguna on Sat Sep 24, 2016 10:31, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
- Location: Gresik
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Wah udah ada faceliftnya... Bisa pada nunda beli semua tuh... Lebih gahar yg fl... Kenapa gk lsg yg fl aja ya yg dimasukkan sini
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Sat Aug 06, 2016 5:02
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Gan, dapet nomer nya brapa lama dari semenjak mobil dianter?mikimos wrote:
salken oom2, saya udah pake scross 1 minggu ini. Kenapa pilih scross ? Karena spt yang dikatakan diatas: value for money bagus banget, mobil pun nyaman.Memang untuk soal penampilan kalah level dari HRV, kl ane bilang HRV numero uno untuk penampilan TAPI, IMHO, soal kenyamanan scross diatas HRV jauh.
Kalau ada yang bilang liat model nya aja ga stylish jadi malas, kalau saya pikirnya percuma liatnya stylish banget tetapi kenyamanan tidak ada, jadinya malas apalagi bahan material interior jg ga bagus dengan harga yang selangit.
Dulu awal2 thn 2014 ada HRV bikin ane kesengsem habis, kumpulin duit tapi begitu mau beli tahun lalu, eh kedengaran komplen yang sampe masuk bengkel 10x dan diikuti lain2 nya. Karena penasaran ane buktikan sendir dengan TD dan ya spt yg saya dengar infonya menurut saya banyak bunyi aneh2, bantingan keras dan saya cek di olx dan koran cukup banyak yg jual hrv seken.
Yang kurang dari scross: model VELG nya jelek emang sperti wheeldop biasa, rencana ane ganti velg AMG 17" saja cukup bikin ganteng.
Kenapa tidak ada warna hitam ? karena kalau warna hitam jadinya mono tone color bukan 2 tone color.
Kok udah bisa keluyuran aja tuh si [cencored]-nya..
Kata salesnya sekitaran sebulanan karena mobilnya msh built up.
Ane keracunannya semenjak ditampilin 2 tahun lalu di GIIAS apa di IIMS gitu..mikimos wrote:welcome to the club oom, satu lagi terkena racun scrossyisnawan wrote: ini reveiw-nya nyebelin bgt si om.. kan ane jadinya ikutan indent juga.. warna silver lagi..
ya mudah2an untuk pemakaian sehari2 sesuai dengan harapan gan.. hehe..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1316
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
karena di india pun versi facelift baru masuk tengah atau akhir 2017wekweks wrote:Wah udah ada faceliftnya... Bisa pada nunda beli semua tuh... Lebih gahar yg fl... Kenapa gk lsg yg fl aja ya yg dimasukkan sini

Smileage lebih penting dari mileage 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Tue Jul 30, 2013 8:15
- Daily Vehicle: Accord_cp2
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Wah sx4 2011 yang udah HID ya lampunya? Wah kalau saya sih ga akan ganti bos.. that is the real perfect car.. badak, lampu terang, kaki kuat. Setir mantap, maintenance ga mahal, ga rewel, posisi nyetir ga tinggi dan ga pendek jg. Pas ...adiguna wrote:Sip om....![]()
sebenernya gak keracunan juga sih secara ane udah nunggu2 penerus sx4 in thn lalu tapi gak jadi2 pdhl isunya cukup santer thn 2015 yh lalu mau masuk sini..... gak tau knp ya ane ini beli mobil kok suzuki mulu ya udah 4 kali ane beli suzuki dari baleno pd thn 97,trus ganti aerio thn 2005 trus ganti lagi sx4 thn 2011,nah thn kmrn ane pingin ganti tuh sx4 dng s-cross tapi gak masuk2 kesini ya terpaksa deh beli r3 dulu, eh skrng baru nongol dimari sementara r3 baru setahun digarasi, ya udah deh tunggu thn depan aja atau 2 thn lagi mudah2an yg FL masuk sini.....keren euy grill nya...
eh....sekali deng pernah pake vios tapi abis itu balik lagi ke suzuki.....

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28
Re: Suzuki S-Cross Automatic, from the Perspective of Previous Suzuki SX4 User.
Iya yg udah fl yg lampunya udah projie, tp ya tetep aja umur gak bisa boong sih....dashboard udah bunyi2 kaki2 dpn udah gluduk2 jg kalo lewat jln rusak kyknya racksteer udah kena jg maklum udah ampir 5 thn pemakaian.....dan jalannya jarak jauh terus.
tapi yg paling utama sih ane udah bosen....hehee
tapi yg paling utama sih ane udah bosen....hehee