[mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Sudah om Rubble, jadi mobil family darling at weekend, nikmat driving experience nya.. [emoji4]
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Mar 17, 2016 13:13
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Sama2 om, kalo mau ngobrol2 bisa japri om atau join sama subaru forester indonesia.
Di Indonesia ada R1 R2 tp populasinya dikit, mungkin dulu hanya yg hobby subaru yg beli. Pernah cobain R1 enak juga buat keliling kota, apalagi desain sampingnya tarikan garis kacanya ala2 sedan coupe walaupun face nya yaaa hate or love it. Skrng yg jual harganya mahal2.
Di Indonesia ada R1 R2 tp populasinya dikit, mungkin dulu hanya yg hobby subaru yg beli. Pernah cobain R1 enak juga buat keliling kota, apalagi desain sampingnya tarikan garis kacanya ala2 sedan coupe walaupun face nya yaaa hate or love it. Skrng yg jual harganya mahal2.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Siapp Om Bgs, terima kasih Om.. [emoji120][emoji120]
Sent from my iPhone using Tapatalk
Sent from my iPhone using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
sy ada tante tinggal di denver umur 82 n thn 1992 dia beli bekas 1988 subaru leone sedan 4wd
sampai skrg dia masih piara meski odoread skitar 140,000 miles on original engine
sy tanya dia ..... apa mau di ganti dgn apapun yg baru n dia jwp jelas:
nej, ik blijf rijden tot ik niet meer in staat om te rijden (tdk mau, sy tetap steer itu sampai satu wkt sy tdk lg bisa steer)
pdhl dgn wang pensiun yg ada dia bisa ambil prius baru atau apapun ..... meski leone dia ttp trliat spt mobil baru
jelas brand ini punya loyalists dimanapun .... muda maupun tua n tua skali .... tiap model year tiap lineup ada enthusiasts tanpa kuatir terliat kuno / ketinggalan jaman
sampai skrg dia masih piara meski odoread skitar 140,000 miles on original engine
sy tanya dia ..... apa mau di ganti dgn apapun yg baru n dia jwp jelas:
nej, ik blijf rijden tot ik niet meer in staat om te rijden (tdk mau, sy tetap steer itu sampai satu wkt sy tdk lg bisa steer)
pdhl dgn wang pensiun yg ada dia bisa ambil prius baru atau apapun ..... meski leone dia ttp trliat spt mobil baru
jelas brand ini punya loyalists dimanapun .... muda maupun tua n tua skali .... tiap model year tiap lineup ada enthusiasts tanpa kuatir terliat kuno / ketinggalan jaman
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Mar 17, 2016 13:13
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Sayangnya di Indonesia brand Subaru hanya segelintir orang yg tau, ntah itu memang enthusiast atau beli Subaru karena harga 2nd nya murah. Buat beli brand new orang masih mikir resale value.
Saya pernah bilang "kalo beli mobil masih mikir resale value yg mending duitnya dibeliin emas atau tanah, baru beli mobil udah mikir buat dijual, ya nikmatin aja sampe bener2 jd rongsokan".
Saya pernah bilang "kalo beli mobil masih mikir resale value yg mending duitnya dibeliin emas atau tanah, baru beli mobil udah mikir buat dijual, ya nikmatin aja sampe bener2 jd rongsokan".
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Thanks Om Om suhu SM atas saran dan pandangannya.
Setelah hampir 3 tahun sy pakai Forester 2003 tsb, puas sekali drivingnya.. diajak kemanapun OK, dari tol smp offroad ayo saja.. tenaga dan tarikan tdk kalah dgn yg muda2.
minusnya cuma FC yg lumayan kalau dalkot dan sparepart yg lumayan jarang atau harus cari persamaannya dgn brand lain..
beberapa sparepart spti fuel pump dan kaki2 juga sudah diganti mungkin karena faktor usia. Tapi overall realibility sangat bagus. Sepertinya akan berat pindah ke mobil lain, nikamti sampai bener2 jadi craps.
Once again, thanks Oms..
Setelah hampir 3 tahun sy pakai Forester 2003 tsb, puas sekali drivingnya.. diajak kemanapun OK, dari tol smp offroad ayo saja.. tenaga dan tarikan tdk kalah dgn yg muda2.
minusnya cuma FC yg lumayan kalau dalkot dan sparepart yg lumayan jarang atau harus cari persamaannya dgn brand lain..

beberapa sparepart spti fuel pump dan kaki2 juga sudah diganti mungkin karena faktor usia. Tapi overall realibility sangat bagus. Sepertinya akan berat pindah ke mobil lain, nikamti sampai bener2 jadi craps.

Once again, thanks Oms..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
halo oom, bisa dielaborasi lebih detail suka dukanya, part apa yg biasanya minta jajan, dan beli dimana oom ?mickstein wrote:Thanks Om Om suhu SM atas saran dan pandangannya.
Setelah hampir 3 tahun sy pakai Forester 2003 tsb, puas sekali drivingnya.. diajak kemanapun OK, dari tol smp offroad ayo saja.. tenaga dan tarikan tdk kalah dgn yg muda2.
minusnya cuma FC yg lumayan kalau dalkot dan sparepart yg lumayan jarang atau harus cari persamaannya dgn brand lain..![]()
beberapa sparepart spti fuel pump dan kaki2 juga sudah diganti mungkin karena faktor usia. Tapi overall realibility sangat bagus. Sepertinya akan berat pindah ke mobil lain, nikamti sampai bener2 jadi craps.
Once again, thanks Oms..
#bukan-sensus
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
As far yg banyak ganti adalah sektor kaki2 khususnya bagian depan Om.
Yg sudah diganti antara lain:
- shock depan kanan kiri, sy pakai shock kayaba gas utk Starlet. Sdgkan shock belakang pakai kayaba gas utk Greco. Kalau pakai ori Subaru harus indent soalnya, harganya pun bisa 4x lipat.
. Done modified by Istana Per Pdk Bambu.
- Power steering hidrolic, pakai ori Subaru ex Batam. Done by bengkel spesialis PS di daerah Duren Sawit.
- Tie rod & long tie rod, cocok pakai punya Ford Laser kalau tdk salah.
- Bearing as depan, ori Subaru.
- Link stabilizer depan belakang, cocok pakai punya CRV gen 2.
- Bushing2 arm depan & stabilizer, ori Subaru.
- Brake pad belakang, after market.
- Ball joint, after market.
- Busi NGK iridium & fuel pump cocok pakai Innova.
- Karet head cover, ori Subaru.
- Air filter after market by Ferrox.
- Selebihnya ganti oli mesin, transmisi & gardan seperti biasa. Service AC juga rutin 6 bulan sekali.
Utk daleman engine sampai saat ini tdk ada masalah, kecuali hanya ganti karet gasket head cover.
Semuanya bisa dilakukan di bengkel atau mekanik biasa, tdk perlu ke beres.
Utk part2 ori Subaru atau after market biasanya sy order ke MII Pdk Indah atau ke Sphinx Motor Jakbar, rekomendasi dr Om Bagus dan grup F3.
Demikian Om sedikit share pengalaman piara Forester gen 2 selama 3 tahun ini, total sudah jalan 65K km di tangan sy.
Yg sudah diganti antara lain:
- shock depan kanan kiri, sy pakai shock kayaba gas utk Starlet. Sdgkan shock belakang pakai kayaba gas utk Greco. Kalau pakai ori Subaru harus indent soalnya, harganya pun bisa 4x lipat.
- Power steering hidrolic, pakai ori Subaru ex Batam. Done by bengkel spesialis PS di daerah Duren Sawit.
- Tie rod & long tie rod, cocok pakai punya Ford Laser kalau tdk salah.
- Bearing as depan, ori Subaru.
- Link stabilizer depan belakang, cocok pakai punya CRV gen 2.
- Bushing2 arm depan & stabilizer, ori Subaru.
- Brake pad belakang, after market.
- Ball joint, after market.
- Busi NGK iridium & fuel pump cocok pakai Innova.
- Karet head cover, ori Subaru.
- Air filter after market by Ferrox.
- Selebihnya ganti oli mesin, transmisi & gardan seperti biasa. Service AC juga rutin 6 bulan sekali.
Utk daleman engine sampai saat ini tdk ada masalah, kecuali hanya ganti karet gasket head cover.
Semuanya bisa dilakukan di bengkel atau mekanik biasa, tdk perlu ke beres.
Utk part2 ori Subaru atau after market biasanya sy order ke MII Pdk Indah atau ke Sphinx Motor Jakbar, rekomendasi dr Om Bagus dan grup F3.
Demikian Om sedikit share pengalaman piara Forester gen 2 selama 3 tahun ini, total sudah jalan 65K km di tangan sy.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
wah, mantap infonya..mickstein wrote:As far yg banyak ganti adalah sektor kaki2 khususnya bagian depan Om.
Yg sudah diganti antara lain:
- shock depan kanan kiri, sy pakai shock kayaba gas utk Starlet. Sdgkan shock belakang pakai kayaba gas utk Greco. Kalau pakai ori Subaru harus indent soalnya, harganya pun bisa 4x lipat. [emoji51]. Done modified by Istana Per Pdk Bambu.
- Power steering hidrolic, pakai ori Subaru ex Batam. Done by bengkel spesialis PS di daerah Duren Sawit.
- Tie rod & long tie rod, cocok pakai punya Ford Laser kalau tdk salah.
- Bearing as depan, ori Subaru.
- Link stabilizer depan belakang, cocok pakai punya CRV gen 2.
- Bushing2 arm depan & stabilizer, ori Subaru.
- Brake pad belakang, after market.
- Ball joint, after market.
- Busi NGK iridium & fuel pump cocok pakai Innova.
- Karet head cover, ori Subaru.
- Air filter after market by Ferrox.
- Selebihnya ganti oli mesin, transmisi & gardan seperti biasa. Service AC juga rutin 6 bulan sekali.
Utk daleman engine sampai saat ini tdk ada masalah, kecuali hanya ganti karet gasket head cover.
Semuanya bisa dilakukan di bengkel atau mekanik biasa, tdk perlu ke beres.
Utk part2 ori Subaru atau after market biasanya sy order ke MII Pdk Indah atau ke Sphinx Motor Jakbar, rekomendasi dr Om Bagus dan grup F3. [emoji16]
Demikian Om sedikit share pengalaman piara Forester gen 2 selama 3 tahun ini, total sudah jalan 65K km di tangan sy. [emoji16]
tks banyak oom..
really appreciate that.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Wed Mar 14, 2018 4:43
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Honda Beat
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Maaf om mickstein,klo perawatan mesin yg rutin spt servis dan ganti oli bengkel non beres bs tangani ga ya soalny konstruksi mesinnya kan boxer horizontally-opposed kek porsche yg ga semua bengkel bs kan.ane lg menimang2 subaru xv 2013 sti km 50rban yg dijual di salah sate dealer mobkas di mangdu square dg hrga 180jt..tp galau tar perawatan gmn ya.sdh nyoba test drive sekitaran mall situ,handling lumayan enak sih
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Mustinya semua bengkel Om bisa Om kalau cuma ganti oli dan service rutin. Bahkan semua ganti part yg sy sebutkan di atas semuanya dilakukan di bengkel umum, atau panggil mekanik umum saja, bahkan beberapa part replacement dikerjakan di bengkel di kampung halaman (plat G). Tidak masalah kok dgn boxer engine, selama tdk sampai turun mesin or ECU ya Om.. kalau sudah smp turun mesin, atau ganti timing belt lebih baik ke bengkel resmi atau spesialis Subaru.1203L wrote: Sun Jan 06, 2019 6:45 Maaf om mickstein,klo perawatan mesin yg rutin spt servis dan ganti oli bengkel non beres bs tangani ga ya soalny konstruksi mesinnya kan boxer horizontally-opposed kek porsche yg ga semua bengkel bs kan.ane lg menimang2 subaru xv 2013 sti km 50rban yg dijual di salah sate dealer mobkas di mangdu square dg hrga 180jt..tp galau tar perawatan gmn ya.sdh nyoba test drive sekitaran mall situ,handling lumayan enak sih
Kalau sudah pegang Subaru, jadi malas pegang mobil alin Om.. handlingnya superb karena boxer & AWD nya itu loh..
Kalau cocok langsung ambil aja Om, apalagi Forester gen 3 atau 4 sudah ada X-Mode bisa buat offroad yg lumayan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
oom, kalo subaru gen terakhir itu kan udah CVT.mickstein wrote:Mustinya semua bengkel Om bisa Om kalau cuma ganti oli dan service rutin. Bahkan semua ganti part yg sy sebutkan di atas semuanya dilakukan di bengkel umum, atau panggil mekanik umum saja, bahkan beberapa part replacement dikerjakan di bengkel di kampung halaman (plat G). Tidak masalah kok dgn boxer engine, selama tdk sampai turun mesin or ECU ya Om.. kalau sudah smp turun mesin, atau ganti timing belt lebih baik ke bengkel resmi atau spesialis Subaru.1203L wrote: Sun Jan 06, 2019 6:45 Maaf om mickstein,klo perawatan mesin yg rutin spt servis dan ganti oli bengkel non beres bs tangani ga ya soalny konstruksi mesinnya kan boxer horizontally-opposed kek porsche yg ga semua bengkel bs kan.ane lg menimang2 subaru xv 2013 sti km 50rban yg dijual di salah sate dealer mobkas di mangdu square dg hrga 180jt..tp galau tar perawatan gmn ya.sdh nyoba test drive sekitaran mall situ,handling lumayan enak sih
Kalau sudah pegang Subaru, jadi malas pegang mobil alin Om.. handlingnya superb karena boxer & AWD nya itu loh.. [emoji16][emoji1474] Selap selip di tol Cipali pede banget, Jkt-Tegal bisa cuma 3,5jam. [emoji28] gimana yg versi turbo yak..
Kalau cocok langsung ambil aja Om, apalagi Forester gen 3 atau 4 sudah ada X-Mode bisa buat offroad yg lumayan.
mohon info brp kilometer CVT itu kuat ?
atau kalo dibalik, udah odo berapa tertinggi utk CVT ?
kalo ganti CVT brp duit dan beli kemana ya ?
ada kawan saya bilang bahwa parts subaru bisa beli di toko di Pointsquare, ada yg beli ke Batam atau Malay..
maaf banyak tanya..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Iya Om, Forester gen 4 dan XV sudah pakai CVT.. cuma infonya tidak menggunakan belt, melainkan pakai chain yg notabene lebih kuat. Utk Impreza WRX STI yg baru juga infonya pakai CVT yg versi maticnya. Impresi dari rekan2 pengguna Gen 4, katanya CVT Forester termasuk yg sangat sigap, tidak lemot seperti mobil merk lain.
cmiiw Om Bagus/ Om Haritsk.
As long as well maintenance, ganti oli CTF rutin (per 40-60K km), CVT kuat kok Om.. kalau tidak salah sudah ada XV yg tembus 100K, tdk ada masalah dgn CVT-nya. sepertinya belum pernah ada kasus CVT problem pada Subaru selama ini. Setahu saya, Subaru adalah yg pertama2 implement CVT utk SUV dgn displacement >2000cc (engine dgn HP dan torque besar), di samping Nissan utk XTrailnya. cmiiw.
cmiiw Om Bagus/ Om Haritsk.
As long as well maintenance, ganti oli CTF rutin (per 40-60K km), CVT kuat kok Om.. kalau tidak salah sudah ada XV yg tembus 100K, tdk ada masalah dgn CVT-nya. sepertinya belum pernah ada kasus CVT problem pada Subaru selama ini. Setahu saya, Subaru adalah yg pertama2 implement CVT utk SUV dgn displacement >2000cc (engine dgn HP dan torque besar), di samping Nissan utk XTrailnya. cmiiw.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
mickstein wrote: Mon Jan 07, 2019 4:16 Iya Om, Forester gen 4 dan XV sudah pakai CVT.. cuma infonya tidak menggunakan belt, melainkan pakai chain yg notabene lebih kuat. Utk Impreza WRX STI yg baru juga infonya pakai CVT yg versi maticnya. Impresi dari rekan2 pengguna Gen 4, katanya CVT Forester termasuk yg sangat sigap, tidak lemot seperti mobil merk lain.
cmiiw Om Bagus/ Om Haritsk.
As long as well maintenance, ganti oli CTF rutin (per 40-60K km), CVT kuat kok Om.. kalau tidak salah sudah ada XV yg tembus 100K, tdk ada masalah dgn CVT-nya. sepertinya belum pernah ada kasus CVT problem pada Subaru selama ini. Setahu saya, Subaru adalah yg pertama2 implement CVT utk SUV dgn displacement >2000cc (engine dgn HP dan torque besar), di samping Nissan utk XTrailnya. cmiiw.
Kenapa saya concern dengan itu karena di forum luar itu ada yang complaint karena biayanya USD 8,000 yg mana rasanya agak-agak mahal dibanding harga mobilnya. diluar isu CVT saya pikir Subaru itu salah satu mobil yang kuwat dan survive tanpa ATPM pun.
ini ada beberapa link yg bisa kasih gambaran.
https://www.cargurus.com/Cars/Discussio ... 6_ds801685
https://www.subaruxvforum.com/forum/eng ... -cost.html
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Setahu saya sih belum pernah ada case problem CVT ini di Indonesia, Om..ginting wrote: Mon Jan 07, 2019 4:51mickstein wrote: Mon Jan 07, 2019 4:16 Iya Om, Forester gen 4 dan XV sudah pakai CVT.. cuma infonya tidak menggunakan belt, melainkan pakai chain yg notabene lebih kuat. Utk Impreza WRX STI yg baru juga infonya pakai CVT yg versi maticnya. Impresi dari rekan2 pengguna Gen 4, katanya CVT Forester termasuk yg sangat sigap, tidak lemot seperti mobil merk lain.
cmiiw Om Bagus/ Om Haritsk.
As long as well maintenance, ganti oli CTF rutin (per 40-60K km), CVT kuat kok Om.. kalau tidak salah sudah ada XV yg tembus 100K, tdk ada masalah dgn CVT-nya. sepertinya belum pernah ada kasus CVT problem pada Subaru selama ini. Setahu saya, Subaru adalah yg pertama2 implement CVT utk SUV dgn displacement >2000cc (engine dgn HP dan torque besar), di samping Nissan utk XTrailnya. cmiiw.
Kenapa saya concern dengan itu karena di forum luar itu ada yang complaint karena biayanya USD 8,000 yg mana rasanya agak-agak mahal dibanding harga mobilnya. diluar isu CVT saya pikir Subaru itu salah satu mobil yang kuwat dan survive tanpa ATPM pun.
ini ada beberapa link yg bisa kasih gambaran.
https://www.cargurus.com/Cars/Discussio ... 6_ds801685
https://www.subaruxvforum.com/forum/eng ... -cost.html
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
kalo di trit sebelah saya segan oom...mickstein wrote:Setahu saya sih belum pernah ada case problem CVT ini di Indonesia, Om.. [emoji1488] Atau mungkin Om Ginting bisa lempar pertanyaan CVT ini di thread sebelah punya XV owner.ginting wrote: Mon Jan 07, 2019 4:51mickstein wrote: Mon Jan 07, 2019 4:16 Iya Om, Forester gen 4 dan XV sudah pakai CVT.. cuma infonya tidak menggunakan belt, melainkan pakai chain yg notabene lebih kuat. Utk Impreza WRX STI yg baru juga infonya pakai CVT yg versi maticnya. Impresi dari rekan2 pengguna Gen 4, katanya CVT Forester termasuk yg sangat sigap, tidak lemot seperti mobil merk lain.
cmiiw Om Bagus/ Om Haritsk.
As long as well maintenance, ganti oli CTF rutin (per 40-60K km), CVT kuat kok Om.. kalau tidak salah sudah ada XV yg tembus 100K, tdk ada masalah dgn CVT-nya. sepertinya belum pernah ada kasus CVT problem pada Subaru selama ini. Setahu saya, Subaru adalah yg pertama2 implement CVT utk SUV dgn displacement >2000cc (engine dgn HP dan torque besar), di samping Nissan utk XTrailnya. cmiiw.
Kenapa saya concern dengan itu karena di forum luar itu ada yang complaint karena biayanya USD 8,000 yg mana rasanya agak-agak mahal dibanding harga mobilnya. diluar isu CVT saya pikir Subaru itu salah satu mobil yang kuwat dan survive tanpa ATPM pun.
ini ada beberapa link yg bisa kasih gambaran.
https://www.cargurus.com/Cars/Discussio ... 6_ds801685
https://www.subaruxvforum.com/forum/eng ... -cost.html
tapi saya sudah enquiry sih ke Motor Image Sdn. Bhd.
katanya dalam 3 hari entar dibalas.
moga moga ada jawabnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Wokeh Om.. btw Om domisili di Malay yah? Wah kalau di sana sih harusnya no issue ttg service dan sparepart Subby, secara XV lahirnya di sana dan dealer juga banyak. Enak tuh Om buat long driving menjelajah antar negara bagian..
aspalnya standar jagorawi semua.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Thu Mar 17, 2016 4:09
Re: [mohon saran] Subaru Forester 2.5X Gen 2 2003
Mungkin ini bisa buat tambah referensi Om:ginting wrote: Mon Jan 07, 2019 4:51mickstein wrote: Mon Jan 07, 2019 4:16 Iya Om, Forester gen 4 dan XV sudah pakai CVT.. cuma infonya tidak menggunakan belt, melainkan pakai chain yg notabene lebih kuat. Utk Impreza WRX STI yg baru juga infonya pakai CVT yg versi maticnya. Impresi dari rekan2 pengguna Gen 4, katanya CVT Forester termasuk yg sangat sigap, tidak lemot seperti mobil merk lain.
cmiiw Om Bagus/ Om Haritsk.
As long as well maintenance, ganti oli CTF rutin (per 40-60K km), CVT kuat kok Om.. kalau tidak salah sudah ada XV yg tembus 100K, tdk ada masalah dgn CVT-nya. sepertinya belum pernah ada kasus CVT problem pada Subaru selama ini. Setahu saya, Subaru adalah yg pertama2 implement CVT utk SUV dgn displacement >2000cc (engine dgn HP dan torque besar), di samping Nissan utk XTrailnya. cmiiw.
Kenapa saya concern dengan itu karena di forum luar itu ada yang complaint karena biayanya USD 8,000 yg mana rasanya agak-agak mahal dibanding harga mobilnya. diluar isu CVT saya pikir Subaru itu salah satu mobil yang kuwat dan survive tanpa ATPM pun.
ini ada beberapa link yg bisa kasih gambaran.
https://www.cargurus.com/Cars/Discussio ... 6_ds801685
https://www.subaruxvforum.com/forum/eng ... -cost.html
viewtopic.php?f=43&t=26949