0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by martinnn »

mantau di trit penjual capasitor sugesti scam useless :mky_03:



what kind of douchebag running a car with 1500 rpm :big_dunno:
:big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by DOHC »

0 - 100 yah iyalah ga bisa d jalan umum...

sana sini macet, jalanan bolong, blm lagi bocah2 ayla, eh alay nyetir motor, bajaj dan ibu2 bawa motor yg cuman tuhan ama ybs tau kapan mau belok, mendadak ad razia polkis, angkot metromini mendadak ngesot turunin penumpang....

gilee, parameter nya terlalu banyak, bahaya kl ngejar 0-100 d jalan umum... lykan hypersport jg ane yakin sulit 0-100 d jalan umum indo...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by hariy »

Numpang nyimak ya gan.... :mrgreen:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by newrubble »

buat sy apapun opinion di dengar sj ... tdk bikin rusak siapapun ... n apapun
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by KodokPushUp »

DOHC wrote:ad yg sebut lipina matic kenceng ???

bagi ane, selain yg manual... ntuh matic nya dikasi otak jaman pytechantropus erectus pertama kl menghuni bumi ini... lemot nya minta ampun... mau yg geared atau yg cvt sama aj.... cuman beda nya yg cvt lebi less jerky aj ... that's it....

kl ngincer speed dan acceleration, definitely sehh lipina manual aj... kuasain karakter kopling nya yg aneh dan anda bsa nyetir sruntulan....

#walaupun tetep, kl ngadu aksel, masi kalah lawan majority hatchback2 1500cc..
kcuali, lipina nya suhu kodok tuh, ud special tuning punya... hehehe...
Woi master kelep, jangan bikin gosip donk, kok almarhumah neng vina ane dibawa2
Standar ting ting kok, velg aja bawaan pabrik.
Lemot banget malah kalo stop and go, ga ada torsi, mesin kek mau mati.

Buat ane sebelum upgrade performa mesin, mesti improve handling dulu, lalu rem, baru terakhir engine.
Yg dibelakang setir juga jangan lupa diupgrade.. :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by DOHC »

lipina mahh gmana mau upgrade handling... bushing karet full di mana2... mending karet keras atau teflon skalian... lah ini malah karet leyeh leyeh.... gmana bsa buat ngejar handling... tp emg ini mobil dari lahir ngejar comfort sehh... blm lagi tarikan awal nya jg rada lemot... racikan gear ratio jg bukan buat ngejar tarikan... tp konon masalah gear ratio ini cuman terjadi di OGL gen awal banget sehh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
kiddy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:14

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by kiddy »

saya pake gv 2.4 fl kayanya harus pake pertaplus ato shellsuper biar enak... nyoba itu enteng banget saya kebetulan pake mt terkadang juga gas nya rada berat narik hahah rada boyo apa karna rwd n berat d body haha kalo atas rpm rada tinggi agak lumyan.. kalo narik 1-100 ya bisa di 12an sekian lah
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by vipere »

sucahyo wrote:Sering ada yang nanya soal data performa 0-100km/h. Mungkin data ini relevan kalau mobil akan dipakai di sirkuit balap. Namun saya berpendapat bahwa data ini tidak relevan, tidak mencerminkan kemampuan mobil di jalan umum.
.
Saya tau sih maksud ts. Cuman penyampaiannya yg salah menyebut hal yg sensitif.
Sebenarnya data 0 100 itu bukan tidak mencerminkan kemampuan mobil di jalan umum, tapi pengemudinya yang tidak bisa bisa memanfaatkan secara maksimal kemampuan mobil tsb di 0 100 waktu menyalip. bisa karena ketidak tahuannya atau karena nyali.
Saya setuju sih kalo nyalip ya dimanfaatkan maksimal aja kemampuan mobilnya. Karena bisa jadi bahaya juga nyalipnya lelet2.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by daftar »

btw, pengukuran akselerasi kecepatan menengah itu (misal 60-100km/h) hasilnya bisa beda jika
dari kondisi jalan konstan 60kmh lalu dibajek ke 100kmh, vs dari akselerasi 0 ke 100kmh lalu diambil titik waktu antara 60kmh dengan 100kph.
:ngacir:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mamang555 »

Kasian sucahyo.. di "bully" padahal yang dia bilang itu bener
Yang jadi ukuran performa mobil di jalan umum adalah = nyali
aldilee18
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Sun Dec 22, 2013 1:10
Location: Jakarta utara
Daily Vehicle: Fortuner d4d 2012

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by aldilee18 »

htannis wrote:s emua mitos itu terpatahnya dengan adanya toyota innova d4d a/t 300hp ++ :mky_08:
udeee,kesimpulannye ts ini mblnya kenceng dan ts nya sembalap :wkkk: *blm prnh diasepin d4d monster sih kaya om htannis pny dan byk dijalan jakarta :big_biglaugh:
atau cobain balap sama mirage dlu deh om ts,sy yakin byk pemilik mirage disini yg bersedia jabanin :big_weee:
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by setsuka09 »

@TS
Sudah pernah td 0-100km/h dgn jenis apa saja?

Trit seru sayang kl ilang nih


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by maskopat »

0-100 kph dan 0-100 mph... ada yang tahu berapa detik di mobil F1 dan WRC?
dicantumin gak oleh Ferrari F1, McLaren, RBR? :big_smile]
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by octafiantos »

F1 setahu saya under 2sec.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by maskopat »

octafiantos wrote:F1 setahu saya under 2sec.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
angka pastinya? 1.8 sec, 1.75 sec?
trus kalo WRC berapa?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by liep »

newrubble wrote:buat sy apapun opinion di dengar sj ... tdk bikin rusak siapapun ... n apapun
Mamang555 wrote:Kasian sucahyo.. di "bully" padahal yang dia bilang itu bener
Yang jadi ukuran performa mobil di jalan umum adalah = nyali
betul, begitu merendahkan...ktemu orgnya lgs ane yakin ga akan sebrani itu komentnya, ksian
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by madcat015 »

POS VETT wrote:
newrubble wrote:
madcat015 wrote:...mid MPV dengan 0-100kpj dalam 13.1s, ane merasa dikadali pabrikan...MPV dengan DNA sport car...
...after hiv/aids infection?
Kalau jaman sekarang, HIV doang kurang mantap, Oom. Istilahnya sekarang "EbolAIDS" :)
Wah, ane kena STD dong :big_chicken: :big_slap:

Image


jivos wrote:
madcat015 wrote:Sebagai pemilik sebuah mid MPV dengan 0-100kpj dalam 13.1s, ane merasa dikadali pabrikan... Embel2 marketing nya terlalu ajib: MPV dengan DNA sport car...

:big_slap:
Sebenarnya tdk dikadalin mod

Cm perlu 13.1sec fm point a ke b utk mindahin 8 pasengger sampai di kec 100kpj. :e-dance:

* Sementara mbl kita2 dg 5seatsnya ngga bakalan bs pecahin record m8 di 13.1sec, krn hrs pp buat angkut 8 org :wkkk:



* Yg 2 seat coupe ???
Dihitung aja brp kali kudu PP :ngacir: :ngacir: :ngacir:

*itu sebabnya m8 di blg mpv w.dna sport
Hmmm... kalo 2 seat coupe butuh 7x trip... 0-100kph dalam 3 detik... berarti 1 trip 6 detik... total 7 x 6 = 42detik... in style :mky_03:


artoodetoo wrote:
Turboman wrote:
htannis wrote:
yuk lagi ada event drag race sentul nih
Heh htannis !

Mobil elu mah test akselerasi cuman 12 - 13 an detikkan kan

Tapi 0 - 160 kpj nya

:ngacir:
Jadi ingat seseorang yg punya MPV bongsor mirip R3, akselerasinya juga 13 detik ... Tapi cuma nyampe 100 km/jam

:ngacir:

:big_slap: :big_slap: :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6212
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by b0ku »

maskopat wrote:
octafiantos wrote:F1 setahu saya under 2sec.

Sent from my 2014817 using Tapatalk
angka pastinya? 1.8 sec, 1.75 sec?
trus kalo WRC berapa?
yang pasti diatas 3 dibawah itu bunuh diri kayaknya bisa sering slip di gravel jg :ngacir:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

Tujuan membuat trit ini karena sering ditanya data 0-100, sementara dari pengalaman saya pakai mobil yang 0-100 nya lambat sekalipun menunjukkan bahwa data itu nggak ada gunanya. Ini bukan yang berkenaan dengan uji nyali tapi saat menyalip agar yang lain bisa juga selamat.


Contoh dimana walau data 0-100 hampir sama, hpnya hampir sama, tapi akselerasi di jalan sangat beda itu terjadi pada motor C150R antara versi baru dengan versi lama. HP maksimal sama, namun di versi baru tenaga di rpm menengah hampir 25% lebih tinggi dari versi lama. Walau di satu uji drag race kedua motor hasilnya setara (maaf lupa linknya), komentar dari reviewer untuk pengendaraan di jalan umum menyebutkan versi baru jauh lebih bertenaga.
Image

Saya rasa apa yang diungkapkan blogger seperti iwanbanaran ataupun tmcblog tidak ngawur. Walau diatas kertas spek terlihat sama, di jalan rasanya bisa beda.

Untuk mobil, sayangnya saya tidak nemu contoh yang dari mesin dyno yang sama untuk mobil stock. Nemunya di website berikut untuk mobil modifan:
http://www.superstreetonline.com/how-to ... honda-fit/
http://www.superstreetonline.com/how-to ... ota-yaris/

Untuk tenaga maksimal yang toyota yaris ketemu 119hp, dan yang honda fit 104hp, selisih 14%. Sementara itu di 3000rpm yaris sekitar 65hp dan fit 50hp, selisihnya 30%. Jadi walau tenaga maksimal disamakan, tenaga di rpm 3000an tidak sama. Ini bisa menyebabkan perbedaan performa yang signifikan kalau pas sama sama bawa keluarga.

Kalau tanpa dyno, karakteristik di jalan umum bisa diketahui dengan misalnya mengetes akselerasi di satu gigi saja.

Rasanya karakteristik di rpm menengah itu tidak pernah jadi kunci pemasaran sehingga jarang disebut. Padahal untuk konsumen sangat penting. Yang pemakaiannya tentu bukan untuk dipakai balapan di sirkuit tapi untuk bisa santai menyalip tanpa harus banyak shifting dan ngegas ekstrem.


Untuk soal pemakaian rpm tinggi, kalau dijalan rasanya yang begitu cuma mobil bok atau pick up saja, sementara mobil keluarga nggak pernah ketemu yang pakai rpm tinggi. Ini jelas sekali terlihat habis lampu merah, dari belasan kali barengan di depan sepi sepeda motor, nggak ada yang ganti giginya diatas 30kpj, sehingga hasilnya bisa beda satu atau dua mobil waktu ganti gigi ke 2. Sehingga kalau dijalan seringnya lihat mobil cepat tapi seperti disunat tenaganya karena membatasi pemakaian rpm.

Mengendarai dengan keluarga tentu performa jadi beda dari bila mengendarai sendiri. Kalau sudah sama sama dengan keluarga, performa bisa beda dari data 0-100. Bila jalan luar kota kecepatan konstan, pakai 1500 rpm tentu bisa lebih irit dan sentakan mesin saat tekan / lepas gas lebih tidak mengganggu. Kecepatan konstan pakai 4000 rpm lebih tidak nyaman bagi penumpang, kecuali untuk mobil yang lemah di 4000rpm (misalnya gara gara thehulleffect negatif).

Kalau mobilnya tidak ada tenaga untuk menyalip pakai rpm rendah, tentu harus shift down.

Setuju bila kickdown efeknya bisa beda bila transmisinya butuh mikir dulu.

Setahu saya, kalau ingin turbo tekanan tinggi, kompresi harus diturunkan, sehingga efeknya tenaga rpm rendah jadi makin lemah walau rpm tinggi makin kuat.

saya baru tahu bahwa pakai CVT juga bisa malah mengurangi performa, makasih infonya.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by artoodetoo »

Duh pusing bro lihat grafik2 itu.
Sebenarnya khan sudah jelas, kalo 0-100 itu untuk uji coba dengan medan dan segala kondisi yang ideal.
Sementara jalanan itu kondisi yang sangat tidak ideal. Ya sebenarnya sudah betul memang tidak bisa jadi tolok ukur. Lalu masalahnya di mana? :upss:
sucahyo wrote:
-cut-
saya baru tahu bahwa pakai CVT juga bisa malah mengurangi performa, makasih infonya.
Image
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by madcat015 »

Oi... dat meme... :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by maskopat »

artoodetoo wrote:Duh pusing bro lihat grafik2 itu.
Sebenarnya khan sudah jelas, kalo 0-100 itu untuk uji coba dengan medan dan segala kondisi yang ideal.
Sementara jalanan itu kondisi yang sangat tidak ideal. Ya sebenarnya sudah betul memang tidak bisa jadi tolok ukur. Lalu masalahnya di mana? :upss:
masalahnya masih ada yang ngotot 0-100 jangan dibuang dari brosur.... :big_biglaugh:

makanya ane tanya, mobil F1 nyebutin 0-100 kph dalam berapa detik gak? :big_grin:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by aerotourersora »

bro.... pernyataan ente mungkin ada benernya, tapi kalo sekedar asumsi subyektif kaya gini sih lebih baik disimpan dalam hati aja gausah dilempar ke forum :mky_01: masak data 0-100 gapenting :big_slap: pasti berguna lah walau kalo buat penggunaan sehari2 ga berasa
continuously-variable
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by ilhami »

om sucahyo mungkin hanya membandingkan sesama mpv, atau mpv vs hatchback 1500 cc, itu memang beda sedikit.
Tapi coba bandingkan mpv dengan sedan 2500 cc pasti lebih pede ketika menyalip. Atau coba yang beda teknologi, kijang kapsul vs yaris aja, itu beda 0-100 nya beda berapa detik ya?
Grafik torsi dan rpm dengan torsi maksimum itu menunjukkan di rpm berapa sebaiknya kita menyalip, karena kita akan dapat akselerasi maksimum. Kalau di jalan umum gigi 2 dan 3 itu ideal untuk nyalip. Coba anda nyalip dari rpm 1500 dengan gigi 4, itu pasti berat banget.
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by egibaio »

sucahyo wrote:
Untuk mobil, sayangnya saya tidak nemu contoh yang dari mesin dyno yang sama untuk mobil stock. Nemunya di website berikut untuk mobil modifan:
http://www.superstreetonline.com/how-to ... honda-fit/
http://www.superstreetonline.com/how-to ... ota-yaris/

Untuk tenaga maksimal yang toyota yaris ketemu 119hp, dan yang honda fit 104hp, selisih 14%. Sementara itu di 3000rpm yaris sekitar 65hp dan fit 50hp, selisihnya 30%. Jadi walau tenaga maksimal disamakan, tenaga di rpm 3000an tidak sama. Ini bisa menyebabkan perbedaan performa yang signifikan kalau pas sama sama bawa keluarga.

Kalau tanpa dyno, karakteristik di jalan umum bisa diketahui dengan misalnya mengetes akselerasi di satu gigi saja.

Rasanya karakteristik di rpm menengah itu tidak pernah jadi kunci pemasaran sehingga jarang disebut. Padahal untuk konsumen sangat penting. Yang pemakaiannya tentu bukan untuk dipakai balapan di sirkuit tapi untuk bisa santai menyalip tanpa harus banyak shifting dan ngegas ekstrem.


Untuk soal pemakaian rpm tinggi, kalau dijalan rasanya yang begitu cuma mobil bok atau pick up saja, sementara mobil keluarga nggak pernah ketemu yang pakai rpm tinggi. Ini jelas sekali terlihat habis lampu merah, dari belasan kali barengan di depan sepi sepeda motor, nggak ada yang ganti giginya diatas 30kpj, sehingga hasilnya bisa beda satu atau dua mobil waktu ganti gigi ke 2. Sehingga kalau dijalan seringnya lihat mobil cepat tapi seperti disunat tenaganya karena membatasi pemakaian rpm.

Mengendarai dengan keluarga tentu performa jadi beda dari bila mengendarai sendiri. Kalau sudah sama sama dengan keluarga, performa bisa beda dari data 0-100. Bila jalan luar kota kecepatan konstan, pakai 1500 rpm tentu bisa lebih irit dan sentakan mesin saat tekan / lepas gas lebih tidak mengganggu. Kecepatan konstan pakai 4000 rpm lebih tidak nyaman bagi penumpang, kecuali untuk mobil yang lemah di 4000rpm (misalnya gara gara thehulleffect negatif).

Kalau mobilnya tidak ada tenaga untuk menyalip pakai rpm rendah, tentu harus shift down.
om, kalau saya sih gampangnya nih kalau memang mau nyalip orang super cepat di range speed menengah gt ya bejek aja dr rpm dimana torsi maksimal berada. itulah alasan utama gear mobil makin sini makin banyak aja, biar makin gampang itu mengail rpm dimana torsi max berada.

dirumah saya ada mobil 1500 cc dan 1800 cc nih om, kalau pake yg 1800 cc rpm emang ga usah tinggi tinggi toh start dr lampu merah udah enak. beda sama mobil 1500cc saya. mana yang lebih nyaman? yang cc nya lebih besar of course (the quicker car). perlu diingat ga semua org beli mobil cepat buat balapan di jalan. power dan speed besar itu ada biar perjalanan nyaman biar akselerasi terasa effortless, gausah meraung2 udah cukup.

coba om sekali2 bawa european turbocharged engine, jarang deh butuh rpm di atas 2800