lava85 wrote:
Iya om, ball joint harusnya ready selalu yak? maaf saya awam

Saya kurang tau normalnya bagaimana sih, soalnya saat claim langsung 5-10 mobil. Entah memang partnya ga ada atau beresnya ga cukup waktu masangnya karena kita semua kerja dan sempetnya cuma hari Sabtu akhirnya digilir deh 3 mobil per minggu.
Untuk waktu indent yang kurang dari sebulan saya pribadi masih bisa maklum sih secara memang mobil masih full CBU japan. Awal2 mazda keknya nyeremin sekali, pernah ada yg claim kaca belakang aja bisa 3 bulan. Saya berharap ke depannya bisa lebih baik lagi servis n after salesnya. Selama claim warrantynya ga susah ya sudah mendingan IMO

Ya om
Ball joints / shock arbsorber / Link stabilizer / Tie rod end / rack end steer / stabilizer bushing adalah medium moving, parts2 tsb HARUS selalu tersedia.........
Kalo arm suspensi (upper & lower arm) / batang link2 suspensi misal indent 2 - 3 hari ya masih oke laa, krn komponen2 ini very slow moving
Soal pengerjaan harus janjian dulu ya gpp, tapi yg penting BARANGNYA HARUS ADA
5 - 10 mobil mah itu jumlah upil om.......kalo toko parts Toyota di sentra onderdil setok Ball Joint Ipah / 42ner / Apansah aja mungkin bisa utk belasan / puluhan mobil.....udah itu mau yang Ori ada / 555 Sankei juga ada
Kalo sebuah BeRes harus indent Ball Joint 2 - 3 minggu berarti di warehouse pusat si APM nggak ada stok, dia harus import dulu......APM macam apa ini ?? Ball joint aja setok pas2-an.......gak modal banget nih APM........very smart & genius nih APM
Kita nggak peduli mobilnya mau CBU / CKD, once si APM pasang target tinggi utk penjualan dan terbukti banyak yang beli maka si APM sudah harus siapa dgn ketersediaan parts fast & medium moving
Kalo per suspensi gak setok en harus indent 1 minggu ya ga pa pa, krn per awet seumur hidup mobilnya
Perlu di cek juga bagaimana ketersediaan parts :
REM :
- Brake pad (kalo ini sih harus ready)
- Brake shoe (drum brake belakang) - ini juga harus ready (utk type2 yg pake drum brake)
- Disc rotor (harus ready or kalo indent toleransi 2 hari)
- Booster rem (andai harus indent, toleransi hanya 2 hari)
MESIN (selain filter2 / Busi) :
- Paking2 spt valve cover seal / paking Cyl head / Oil sump seal - o ring
- Spark plug hole O ring pada valve cover
- Seal crankshaft & camshaft
- V belt
- Selang2 radiator / ATF cooler
- Bantalan metal2 utk crankshaft
STEERING drive :
- Pompa power steering
- Seal pompa power steering
- EPS component (Main electro motor assy)
Electronics :
- ECU
- CU SRS
- CU EPS
Andai harus indent, toleransi Max 1 minggu
Jika APM ingin user2 merasa nyaman maka semua parts fast & medium moving harus selalu tersedia ready stock
Salam sharing
IMO