2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ChZ »

Mamang555 wrote:Kalo sering2 baca review.. apapun itu (bukan cuma otomotif), pasti biasa koq sama model2 review begini. Cuma ya itu.. either love it or hate it :D

Ane sih nangkep koq maksudnya : nambah kosmetik, ride sama, harga naek :D

Btw, Mazda itu diskonnya ga kira2 juga ya untuk yang tahun sebelumnya
M2 GT ane ditawarin 25 (atau 35 yak? Lali)
Dan itu CX5 bisa kena 60 juta...Ajib..

Nb : velg nya yang baru koq rasanya lebay amat ya??
Iya oom intinya sih cuma 3 itu... Hahahaha. Benda yang sama lah.

Mazda2 GT tipe V di Surabaya harganya tinggal 209juta saja sih oom, setara dengan Honda Jazz A / Suzuki Swift GX. Potongannya sekitar 20-30.

Kalo CX-5 kayaknya memang penghabisan stock oom, ntah kenapa stocknya susah habis walaupun sudah dibanting harga :big_biglaugh: kayaknya overstock

Velg nya si kalau saya yang beli bakal langsung naik 1inch jadi 20 :big_biglaugh:
Fiz wrote: ngomong2 scbs, media utube otomagz yg lagi ngetes m2 GT nabrak juga pdhl udah bener tekniknya (cuma 15kpj, dibawah 30kpj) :big_bored:
untung lu gak jadi ngetes mod, bisa dibleklist dari test drive mazda ntar klo kasusnya sama kek m2 yg dites otomagz :mky_04:
wkwkwkwkwkw makanya itu oom, bisa digeplak ane sama salesnya, mobil belom ada sebulan udah ditabrakin. :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by madcat015 »

Ya itulah, kl mw tes SCBS harusnya cari mobil yg lebih miserable dari sebuah pick up. Misal truk tangki pertamina. :big_grin:

Bigger target means SCBS will see that frigginly oversized rig and you cant missed... :mky_03:










*ngibrit....* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by mr_mytplx »

ora mudeng aku.... :big_dunno:

but nice pic...liat potone langsung mudeng maksude...
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Salvanost »

makanya jangan review make bahasa postapocalypse ya orang pada ga ngerti
pakelah bahasa jawa, dijamin banyak yang ngerti :big_biglaugh:

ya mungkin kalau dha nonton Mad Max Fury Road jaid ngerti maksudnya apa,
gua dha nonton cuma bisa ketawa doank
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Mozawa »

valhalla...mad maxxx....huaaaaaa.....jreng jreng...gitarisnya absurd dan aneh.jreng jreng......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ahmad88 »

Saya rasa pricing yang sekarang ini lebih realita nilai tukar rupiah yang baru. Waktu launching CX5, USD-IDR masih di range 10-11ribu, skrg di range 13rb++. Jadi mungkin selisih harga tersebut banyak kemakan di nilai tukar.

Untuk fitur-nya sendiri, LDWS, SMCB, dan other electronics gak berharga segitu. Itu kan cuma kamera + millimeter radar, kayak kinect di XBOX gitu, harganya kurang lebih beberapa ratus dollar. Harusnya normalnya selisih FL/non FL +- USD 1000,- or sepuluh jutaan.. IMHO yah. :mky_01:
ChZ wrote:
pilotgaruda wrote:Saya belom nonton Mad Max, tp alhamdulillah paham dr maksud pengaplikasian film tsb ke CX5 ini..

Yang pingin saya tanyakan, apakah semua ubahan2 CX5 facelift ini worth the money kl dibandingkan dengan CX5 Pre FL 2014 yg konon diskonnya udah tembus 60jt lebih?
Pertanyaannya cukup sulit... Sebetulnya kenaikan harga dari tipe GT yang non-facelift (475juta) ke tipe GT terbaru (505juta) itu sangat worth sekali, jangankan tipe GT, tipe Touringnya saja sudah lebih lengkap dari tipe GT yang lawas. Nilai ubahannya mungkin sudah 50juta sendiri.

Dengan MZD Connect Mazda semakin maju selangkah demi selangkah mendekati BMW (tanpa harus mendekati harga BMW). Mazda ini unik, benchmark nya selalu mobil Eropa. Interior refinement sekelas VW/Audi dan software & mechanical refinement sekelas BMW.

Tapi kalo ngomong angka diskon, ini pertanyaan yang sulit. Segala gimmick dan elektronik di CX-5 facelift ini sebetulnya sangat baik adanya, ane menghargai semua penambahan elektroniknya. Cuma kalo dihadapkan dengan VIN 2014 dengan diskon 60juta (blom termasuk pengajuan), CX-5 jadi berasa overpriced, sekalipun yang lama jadi keliatan sekosong Avanza kalo dibandingin sama yang baru.

IMO ya oom.
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ahmad88 »

akhirnya my first mazda, CX5 FL GT. :mky_01:

Nissan Xtrail cancelled again karena sales-nya/policy-nya indomobil bete-in. padahal sdh mau di lunasin, tough luck nissan.
ahmad88 wrote:Kmrin saya jg sempat td facelift cx5 gt, spt yg sdh dibilang banyak orang, driver oriented car. Dengan harga 490jt, not sure if it worths that much, imho. Setelah tertunda hampir 1 thn, kayaknya lebih baik nebus xtrail untuk keperluan saya.

Walau byk gimmick mazda, ldws, etc.. Tpi klo bykan disupiri kyaknya mending yg lain. Mungkin nanti cx3 or mx5, i finally get my first mazda. Until then.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ChZ »

ahmad88 wrote:akhirnya my first mazda, CX5 FL GT. :mky_01:

Nissan Xtrail cancelled again karena sales-nya/policy-nya indomobil bete-in. padahal sdh mau di lunasin, tough luck nissan.
Congrats om :mky_02: enjoy the car

Setuju... BM emang kacrut pelayanannya, sampe seorang rekan bos mapia dimari kapok kapok beli batu makam...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by sandal »

ahmad88 wrote:akhirnya my first mazda, CX5 FL GT. :mky_01:

Nissan Xtrail cancelled again karena sales-nya/policy-nya indomobil bete-in. padahal sdh mau di lunasin, tough luck nissan.
ahmad88 wrote:Kmrin saya jg sempat td facelift cx5 gt, spt yg sdh dibilang banyak orang, driver oriented car. Dengan harga 490jt, not sure if it worths that much, imho. Setelah tertunda hampir 1 thn, kayaknya lebih baik nebus xtrail untuk keperluan saya.

Walau byk gimmick mazda, ldws, etc.. Tpi klo bykan disupiri kyaknya mending yg lain. Mungkin nanti cx3 or mx5, i finally get my first mazda. Until then.
Wkwkwkwkwk
Memang indomobil bikin betein tuh :snipersmile:
Tapi ga tahu kalo Nissan di sales/policynya punya MPM :big_think:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
ahmad88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 301
Joined: Sat Aug 01, 2009 19:38

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ahmad88 »

Jadi ceritanya gini bro,

Dulu sept 2014, ane indent xtrail di janjiin okt/nov dgn kesepakatan kalo lama/bli mobil lain tidak jadi. Tapi bulan berlalu, tidak ada kabar, jadi PHP doank, saya putuskan untuk beli mobil lain Dec 2014. Saya info sales-nya, dia mau balikin DP, tapi saya blm sempat kasih rekening sampai sekarang.

Trus kmrin mau cari SUV, kepikir xtrail, eh masih punya DP ternyata. Saya di info tidak bisa dpt harga lama, pas launching, nanya diskon brp, dikasih 27jt, dari OTR 443.jt. Saya tanya ke MPM, mereka kasih 27jt, + 5jt untuk retention SUV. Saya minta samain diskon ke Indomobil, dia blg gak bisa. Terus saya minta 5jt, dia juga bilang gak bisa karena beli di MPM. Dia blg dealer mobil gak suka kalo customer jajan/shopping around. What a crap. Ya sudah, saya putuskan, gak beli Nissan aja kalo begitu cara-nya. Daripada gondok, lebih baik beli Mazda hahaha..

sandal wrote:
ahmad88 wrote:akhirnya my first mazda, CX5 FL GT. :mky_01:

Nissan Xtrail cancelled again karena sales-nya/policy-nya indomobil bete-in. padahal sdh mau di lunasin, tough luck nissan.
ahmad88 wrote:Kmrin saya jg sempat td facelift cx5 gt, spt yg sdh dibilang banyak orang, driver oriented car. Dengan harga 490jt, not sure if it worths that much, imho. Setelah tertunda hampir 1 thn, kayaknya lebih baik nebus xtrail untuk keperluan saya.

Walau byk gimmick mazda, ldws, etc.. Tpi klo bykan disupiri kyaknya mending yg lain. Mungkin nanti cx3 or mx5, i finally get my first mazda. Until then.
Wkwkwkwkwk
Memang indomobil bikin betein tuh :snipersmile:
Tapi ga tahu kalo Nissan di sales/policynya punya MPM :big_think:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ChZ »

ahmad88 wrote:Jadi ceritanya gini bro,

Dulu sept 2014, ane indent xtrail di janjiin okt/nov dgn kesepakatan kalo lama/bli mobil lain tidak jadi. Tapi bulan berlalu, tidak ada kabar, jadi PHP doank, saya putuskan untuk beli mobil lain Dec 2014. Saya info sales-nya, dia mau balikin DP, tapi saya blm sempat kasih rekening sampai sekarang.

Trus kmrin mau cari SUV, kepikir xtrail, eh masih punya DP ternyata. Saya di info tidak bisa dpt harga lama, pas launching, nanya diskon brp, dikasih 27jt, dari OTR 443.jt. Saya tanya ke MPM, mereka kasih 27jt, + 5jt untuk retention SUV. Saya minta samain diskon ke Indomobil, dia blg gak bisa. Terus saya minta 5jt, dia juga bilang gak bisa karena beli di MPM. Dia blg dealer mobil gak suka kalo customer jajan/shopping around. What a crap. Ya sudah, saya putuskan, gak beli Nissan aja kalo begitu cara-nya. Daripada gondok, lebih baik beli Mazda hahaha..
Untung gak jadi beli om...

Jadi inget kasusnya bos mapia...

Beli ANGL VIN 2014 di awal taon kmrn, katanya unit ready tapi datengnya sebulan kemudian :big_bored:

Begitu liat barangnya bemper nya mangap.... bos mapia minta dibenerin. Pas uda dibenerin yo wis... begitu bos mapia mau masang klakson di tempat temennya malah ditanyain

"Lah ini ente beli baru apa bekas?"
"Mobil baru lah, kenapa emang?"
"Koq baru udah ada cable ties nya di bemper?" :big_slap:

Ternyata di repair cuma pakai cable ties :e-wall:

Sejak itu langsung bos mapia kapok beli batu makam.... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by madcat015 »

Batumakam... ready at ye disposal...

Image

:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

Mau tanya, apakah sudah ada kemajuan dalam ketersediaan spare parts utk CX-5 ?

Konon utk parts kaki2 spt Ball joints / rack end, si Sankei 555 juga ada bikin utk CX-5, tapi toko2 pada gak berani nyetok

IMO :
Sayang sejauh ini utk Cross Over 2000 - 2500 cc masih didominasi Honda CR-V utk soal kemudahan parts dan BeRes.......batumakam X-Tril aja hingga hari ini masih belum bisa, spare parts orig si batumakam X-Tril mencekik leher walau ada parts imitasi-nya

Ane berharap moga2 CX-5 bisa mengikuti jejak Honda dalam soal kemudahan parts / index harga parts yg cukup bersahabat......jadi konsumen ada pilihan

*lagi liat2 alternative pengganti CR-V tuwir di garasi*
* Bukan ajakan Beli *
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by lava85 »

Saya pengguna CX-5 2012 KM sekitar 25K. Untuk part kaki-kaki yang sudah diganti ball joint dan bushing rubber dikarenakan untuk batch awal ada cacat bunyi dan di claimkan under warranty atas informasi dari kawan-kawan di CX5-IC.

Waktu itu saya ganti di Mazda BSD, untuk Bushing karet indent 1 minggu dan Ball joint agak lama, sekitar 2-3 minggu dikarenakan barangnya no stock. Untuk harganya sendiri saya kurang tau apakah mencekik leher atau tidak jika dibandingkan dengan merk sebelah :big_slap: Mungkin om Turbo bisa bantu compare :mky_02:
Invoice Ball Joint
IMG_20150619_043439.jpg
Untuk invoice Bushing saya hilang jadi comot punya kawan di grup :mky_01:
Image

Sabtu besok saya ada penggantian part lagi under warranty untuk wheel HUbnya, konon informasi yang saya dengar hub yang batch awal bisa masuk air jadi karat n lama2 takut macet. Indent untuk part ini agak lama, sekitar 1 - 2 bulan. Klaim saya sendiri dari awal June 2015 namun sudah dikabarkan ready minggu ini. Estimasi harga hub ini sekitar 6 juta sepasang, nanti kalau sudah ada invoicenya saya uplot lagi apabila perlu.
Capture.JPG
Untuk spare part lainnya saya pribadi untungnya belum mengalami indent lebih dari 1 bulan. Pernah claim asuransi untuk bumper depan dan Headlamp kiri 1 bulan mobil sudah balik ke tangan saya. Cuma harga partnya cukup mengagetkan dari pengalaman yang pernah tabrakan hingga airbag kluar. estimasi part untuk perbaikan ratusan juta. So insurance is a must :big_chicken:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by KodokPushUp »

lava85 wrote:Saya pengguna CX-5 2012 KM sekitar 25K. Untuk part kaki-kaki yang sudah diganti ball joint dan bushing rubber dikarenakan untuk batch awal ada cacat bunyi dan di claimkan under warranty atas informasi dari kawan-kawan di CX5-IC.

Waktu itu saya ganti di Mazda BSD, untuk Bushing karet indent 1 minggu dan Ball joint agak lama, sekitar 2-3 minggu dikarenakan barangnya no stock. Untuk harganya sendiri saya kurang tau apakah mencekik leher atau tidak jika dibandingkan dengan merk sebelah :big_slap: Mungkin om Turbo bisa bantu compare :mky_02:

Sabtu besok saya ada penggantian part lagi under warranty untuk wheel HUbnya, konon informasi yang saya dengar hub yang batch awal bisa masuk air jadi karat n lama2 takut macet. Indent untuk part ini agak lama, sekitar 1 - 2 bulan. Klaim saya sendiri dari awal June 2015 namun sudah dikabarkan ready minggu ini. Estimasi harga hub ini sekitar 6 juta sepasang, nanti kalau sudah ada invoicenya saya uplot lagi apabila perlu.
-cut-
Om, klaim garansi apa aja ya?
Kebetulan ane juga pengguna batch awal, rencana akhir bulan ini mau klaim garansi.
Itu klaim garansi, ada uraian part dan jasa, tapi gratis kan?
Wheel hub itu bagian mana ya om?
Trus ngeluh apa buat dapetin claim wheel hub?

Ane si rencana claim steering gear, trus bunyi jduak2 di kaki2 itu entah apanya.
Kalo shockbreaker lemah ga bisa di claim ya om?
Punya ane udah agak lemah, tapi pas cek yg depan ga bocor, entah yg belakang.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Profith83 »

Om diatas saya, thanks infonya berguna sekali untuk mengukur berapa harga parts and maintenance.

Kalau dilihat dari harga mobil sekitar 400 sepertinya normal agak mahal harga part nya
Kalau Airbag muncul memang seharsunya mahal karena asumsi banyak yang rusak :
1. Bemper depan
2. Lampu/head lamp missal bagian kiri
3. Lampu anti kabut
4. Gril
5. Roda roda apakah juga kena
6. Dudukan/chasis/lantai mobil bagian depan juga harus diperbaiki
7. Radiator
8. AC?
9. Airbag sendiri mungkin perkiraan saya untuk mobil harga 400 CBU jepang bisa 20 jt an

Ngeri juga yah kalau di list :big_think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

lava85 wrote:Saya pengguna CX-5 2012 KM sekitar 25K. Untuk part kaki-kaki yang sudah diganti ball joint dan bushing rubber dikarenakan untuk batch awal ada cacat bunyi dan di claimkan under warranty atas informasi dari kawan-kawan di CX5-IC.

Waktu itu saya ganti di Mazda BSD, untuk Bushing karet indent 1 minggu dan Ball joint agak lama, sekitar 2-3 minggu dikarenakan barangnya no stock. Untuk harganya sendiri saya kurang tau apakah mencekik leher atau tidak jika dibandingkan dengan merk sebelah :big_slap: Mungkin om Turbo bisa bantu compare :mky_02:
Invoice Ball Joint
IMG_20150619_043439.jpg
Untuk invoice Bushing saya hilang jadi comot punya kawan di grup :mky_01:
Image

Sabtu besok saya ada penggantian part lagi under warranty untuk wheel HUbnya, konon informasi yang saya dengar hub yang batch awal bisa masuk air jadi karat n lama2 takut macet. Indent untuk part ini agak lama, sekitar 1 - 2 bulan. Klaim saya sendiri dari awal June 2015 namun sudah dikabarkan ready minggu ini. Estimasi harga hub ini sekitar 6 juta sepasang, nanti kalau sudah ada invoicenya saya uplot lagi apabila perlu.
Capture.JPG
Untuk spare part lainnya saya pribadi untungnya belum mengalami indent lebih dari 1 bulan. Pernah claim asuransi untuk bumper depan dan Headlamp kiri 1 bulan mobil sudah balik ke tangan saya. Cuma harga partnya cukup mengagetkan dari pengalaman yang pernah tabrakan hingga airbag kluar. estimasi part untuk perbaikan ratusan juta. So insurance is a must :big_chicken:
Ball Joint aja harus indent 2 mingguan ???

Wah ini APM nya begok bin tolol banget namanya.........benar2 gak Professional........bener2 gak modal nih APM......Ball joint termasuk medium moving, APM harus stok ginian

Ball joints / shock arbsorber / Link stabilizer / Tie rod end / rack end steer / stabilizer bushing adalah medium moving, parts2 tsb HARUS selalu tersedia.........

Kalo arm suspensi (upper & lower arm) / batang link2 suspensi misal indent 2 - 3 hari ya masih oke laa, krn komponen2 ini very slow moving

Ball Joint sampe gak ada stok sih indikasi lampu kuning buat kinerja APM.......
* Bukan ajakan Beli *
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by lava85 »

KodokPushUp wrote: Om, klaim garansi apa aja ya?
Kebetulan ane juga pengguna batch awal, rencana akhir bulan ini mau klaim garansi.
Itu klaim garansi, ada uraian part dan jasa, tapi gratis kan?
Wheel hub itu bagian mana ya om?
Trus ngeluh apa buat dapetin claim wheel hub?

Ane si rencana claim steering gear, trus bunyi jduak2 di kaki2 itu entah apanya.
Kalo shockbreaker lemah ga bisa di claim ya om?
Punya ane udah agak lemah, tapi pas cek yg depan ga bocor, entah yg belakang.

Saat ini yang sudah saya claim warranty baru ball joint dan bushing yang sudah terpasang dan wheel Hub sudah book untuk besok.

Kalau Bushing Rubber itu gejalanya setelah lewat genangan air lewatin polisi tidur dia bunyi ngek ngek ga enak. Kalau Ball Joint ini gejalanya lagi belok patah sampe mentok dia bunyi tek/ dug.

Nah untuk penggantian Ball joint sebisa mungkin setelah pasang langsung test drive. waktu itu kawan-kawan kita rata2 pemasangannya ada yang kendor jadi bunyinya malah makin parah. Setelah complain ke kabengnya punya saya sih udah selesai, cuma hal ini bikin beberapa kawan jadi antipati sama kinerja beres.

Itu ada uraian biaya dkk untuk administrasi mereka mungkin, yang pasti saya ga kluar sepeser pun sih. Cuma kasih uang rokok aja ke kabengnya setelah bunyi dug2 di mobil saya hilang.

Nah untuk claim warranty ini agak tricky yak, saya sendiri awalnya ga mau claim. Cuma karena kita bawa quantity dengan complain barengan2 atas nama club jadinya agak dimudahkan terutama karena beberapa pengurus sudah PDKT dengan pihak Beres. Awalnya mau claim ball joint saja mau dikenakan biaya cek kaki2 200.000. :big_slap: Saran saya coba test claim ke Mazda Jaktim, saat ini sih di sana ga neko2. Ada kenapa2 claim lgsng ganti baru.


Untuk wheel hub sendiri saya dibantu claim oleh kawan. Seperti foto yang saya kasih lihat punya teman, hub karatan yg udah ganti di post sebelumnya. Daripada macet di kemudian hari, ada yang mau bantu claim ya saya ngikut :mky_01:

Untuk Shock, steering column dan kawan2 belum ada yang ketemu kendala sih. Ada baiknya dicek sekalian saat di beres :upss:
lava85
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Aug 31, 2012 4:24

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by lava85 »

Turboman wrote: Ball Joint aja harus indent 2 mingguan ???

Wah ini APM nya begok bin tolol banget namanya.........benar2 gak Professional........bener2 gak modal nih APM......Ball joint termasuk medium moving, APM harus stok ginian

Ball joints / shock arbsorber / Link stabilizer / Tie rod end / rack end steer / stabilizer bushing adalah medium moving, parts2 tsb HARUS selalu tersedia.........

Kalo arm suspensi (upper & lower arm) / batang link2 suspensi misal indent 2 - 3 hari ya masih oke laa, krn komponen2 ini very slow moving

Ball Joint sampe gak ada stok sih indikasi lampu kuning buat kinerja APM.......
Iya om, ball joint harusnya ready selalu yak? maaf saya awam :mky_01: Saya kurang tau normalnya bagaimana sih, soalnya saat claim langsung 5-10 mobil. Entah memang partnya ga ada atau beresnya ga cukup waktu masangnya karena kita semua kerja dan sempetnya cuma hari Sabtu akhirnya digilir deh 3 mobil per minggu. :big_dunno:

Untuk waktu indent yang kurang dari sebulan saya pribadi masih bisa maklum sih secara memang mobil masih full CBU japan. Awal2 mazda keknya nyeremin sekali, pernah ada yg claim kaca belakang aja bisa 3 bulan. Saya berharap ke depannya bisa lebih baik lagi servis n after salesnya. Selama claim warrantynya ga susah ya sudah mendingan IMO :big_peace:
carbonavi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Fri Sep 06, 2013 6:01

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by carbonavi »

Ada yang mau janjian klaim barengan biar sekalian gruduk bengkel? PM yahh.. :mky_08:

Tolong infoin ya kalo ada yang kenal anak club yang punya kenalan petinggi MMI / KaBeng :big_exellent:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by Turboman »

lava85 wrote:
Iya om, ball joint harusnya ready selalu yak? maaf saya awam :mky_01: Saya kurang tau normalnya bagaimana sih, soalnya saat claim langsung 5-10 mobil. Entah memang partnya ga ada atau beresnya ga cukup waktu masangnya karena kita semua kerja dan sempetnya cuma hari Sabtu akhirnya digilir deh 3 mobil per minggu. :big_dunno:

Untuk waktu indent yang kurang dari sebulan saya pribadi masih bisa maklum sih secara memang mobil masih full CBU japan. Awal2 mazda keknya nyeremin sekali, pernah ada yg claim kaca belakang aja bisa 3 bulan. Saya berharap ke depannya bisa lebih baik lagi servis n after salesnya. Selama claim warrantynya ga susah ya sudah mendingan IMO :big_peace:
Ya om

Ball joints / shock arbsorber / Link stabilizer / Tie rod end / rack end steer / stabilizer bushing adalah medium moving, parts2 tsb HARUS selalu tersedia.........

Kalo arm suspensi (upper & lower arm) / batang link2 suspensi misal indent 2 - 3 hari ya masih oke laa, krn komponen2 ini very slow moving

Soal pengerjaan harus janjian dulu ya gpp, tapi yg penting BARANGNYA HARUS ADA

5 - 10 mobil mah itu jumlah upil om.......kalo toko parts Toyota di sentra onderdil setok Ball Joint Ipah / 42ner / Apansah aja mungkin bisa utk belasan / puluhan mobil.....udah itu mau yang Ori ada / 555 Sankei juga ada

Kalo sebuah BeRes harus indent Ball Joint 2 - 3 minggu berarti di warehouse pusat si APM nggak ada stok, dia harus import dulu......APM macam apa ini ?? Ball joint aja setok pas2-an.......gak modal banget nih APM........very smart & genius nih APM

Kita nggak peduli mobilnya mau CBU / CKD, once si APM pasang target tinggi utk penjualan dan terbukti banyak yang beli maka si APM sudah harus siapa dgn ketersediaan parts fast & medium moving

Kalo per suspensi gak setok en harus indent 1 minggu ya ga pa pa, krn per awet seumur hidup mobilnya

Perlu di cek juga bagaimana ketersediaan parts :

REM :
- Brake pad (kalo ini sih harus ready)
- Brake shoe (drum brake belakang) - ini juga harus ready (utk type2 yg pake drum brake)
- Disc rotor (harus ready or kalo indent toleransi 2 hari)
- Booster rem (andai harus indent, toleransi hanya 2 hari)

MESIN (selain filter2 / Busi) :
- Paking2 spt valve cover seal / paking Cyl head / Oil sump seal - o ring
- Spark plug hole O ring pada valve cover
- Seal crankshaft & camshaft
- V belt
- Selang2 radiator / ATF cooler
- Bantalan metal2 utk crankshaft

STEERING drive :
- Pompa power steering
- Seal pompa power steering
- EPS component (Main electro motor assy)

Electronics :
- ECU
- CU SRS
- CU EPS

Andai harus indent, toleransi Max 1 minggu

Jika APM ingin user2 merasa nyaman maka semua parts fast & medium moving harus selalu tersedia ready stock

Salam sharing




IMO
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16668
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by ChZ »

Panggil medket.... tuh ket... dapat SP dari oom turbo.

Makanya anak buah jangan ditinggal bikin anak melulu... supply spare parts gimana itu bisa boljoin indent 2 minggu.

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by b8099ok »

Msh mending drpd inden bumper ecocrot,... Lbh menyakitkan hati,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
HouseOfDetailing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sat May 11, 2013 12:01

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by HouseOfDetailing »

Ketika APM merasa mereka hanya jual 500 unit per tahun...inilah yang terjadi.Fail,and belum siap naik liga Astra n HPM.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: 2015 Mazda CX-5 Facelift : Is It Worthy Enough to Enter the Valhalla?

Post by sandal »

Nah

Mantep postingannya om turboman :mky_02:
Ini tamparan super keras buat MMI nih, apalagi kalo masuk surat pembaca :mrgreen:

Dan ini HARUS dipelajari buat seluruh ATPM di Indo
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT