Bingung mau taruh mana... ane review di sini aja yak bro toni
2 days trip with 2015 Toyota Yaris G A/T
Kebetulan hari Jumat kemaren ane ada rapat di luar kota... Sebetulnya ane disuruh bawa mobil tapi karena mobil sudah ane titipkan (krn minggu nya mau pulkam sementara Jumat harus ke luar kota dan pulangnya Sabtu) jadi ane ditugasin bawa mobil temen... Kebetulan teman ane juga gak hapal jalan dan gak brani nyetir luar kota jadi ane yang ditugasin bawa.... Mobilnya Toyota Yaris G A/T warna merah.
Nah... karena pengalaman ane dengan Yaris 2 hari berturut turut naik turun gunung terus jadi ane sudah cukup khatam dengan mobil ini... Ane tulis sedikit kesan-kesan disini gimana nyetir luar kota dengan Yaris. Sebelumnya saya juga pernah nyoba Yaris G A/T punya dealer tapi itu di dalam kota aja dan jujur.... sangat mengecewakan. Yaris TRD M/T pernah... mengecewakan juga.
Rute nya adalah Surabaya, start dari kampus ane di daerah Sby selatan di gang senggol masuk kampung... Lalu masuk tol Surabaya-Gempol, via arteri Porong, Mojosari, Pacet - Claket, tepatnya di salah satu tempat retret di daerah claket. Medannya cukup berat, penuh tanjakan curam dan turunan... jalanan sempit berliku dan gelap...
Berangkat awal, kondisi penumpang 5 orang dengan komposisi : ane sebagai driver, 1 orang cewek berbadan imut, 1 orang pria berbadan lumayan besar, dan 2 orang berbadan medium, plus barang - barang yang nggak terlalu berat (dan barang - barang si empunya mobil yang berserakan di dasbor

) mobil kondisi standar 100%, odometer masih 4000an.
Jadi langsung ane simpulkan aja beberapa point nya, mulai dari point plus nya dulu :
- Walau orang bilang naikannya lebih keras dan lebih gak nyaman dari Yaris lama, menurut saya malah lebih nyaman dari Yaris lama, why? Yaris lama itu spring rate nya terlalu soft, dampernya gak terlalu bagus, akibatnya ngayunnya jadi nggak enak, kalo orang bilang empuk, saya malah bilang gak enak. Di New Yaris ini, beberapa kali saya hajar gundukan, dampernya enak, spring rate nya juga lebih keras di bagian belakang terutama. Saya bisa bilang begini, karena saya habis naik Yaris lama itu rasanya goyangannya lebih dahsyat dari SX4... Yaris baru malah lebih ngeredam dibanding SX4.
- Akomodasinya baik, buat handle full penumpang saya nggak harus desel-deselin temen-temen saya.
- OK i must admit it... this car is very economical. Di MID tulisannya 11.6 km/l... Dan saya rasa rasio gir dan tuning transmisinya memang dibuat untuk eco. Kalo lagi coasting di 80 km/h RPMnya selalu nggak lebih dari 2000. Pembuktian keiritan mobil ini ketika tadi siang saya bawa pulang... turun dari claket dengan kondisi bensin di E dan warning light sudah menyala. Seisi mobil uda panik karena destinasi kita masih jauh dan pom bensin terdekat juga masih jauh... Dengan segala kepanikan ane berusaha menuju ke SPBU terdekat dengan nginjek gas seperlunya dan biarin mobil gelinding biar kita nggak harus dorong mobil di tengah hujan lebat di Pacet. Kami ketemu penjual bensin eceran... isi 5 liter... lalu menuju ke SPBU yang masih 5 KM lagi. Di SPBU tersebut karena ane mengingat sang pemilik mobil bersabda biasa isi pertamax... ane sudah cerah begitu liat dari jauh ada pertamax. Sampai SPBU.... selang pertamax nya rusak. Cari pertalite gak ada. Ya udah... maapkan ane... isi premium 200ribu

langsung jarum bensin dari lemes jadi ngaceng lagi.
- Saya juga harus akui... flexing chassis di bagian belakangnya nggak separah Yaris generasi sebelumnya atau SX4... Bagian belakang kerasa nggak melayang waktu saya hajar tikungan dengan speed 60-80.
Ya udah itu aja poin plusnya... Lalu menuju ke poin minus
- Power delivery yang kelewat "smooth" dan transmisi yang ngejar "eco" sehingga selalu milih gigi tinggi, berdampak besar ke performanya di jalan luar kota yang mewajibkan kita nyalip-nyalip. Transmisi selalu lelet waktu kickdown tiba-tiba... Nginjek gasnya harus penuh baru mobil ini mau turun gigi. Jadi di rute tanjakan saya selalu pakai posisi 2 atau L... Beda dengan SX4 yang malah males pindah gigi dan selalu di atas 3000 baru mau pindah, justru kelebihannya di rute luar kota dia lebih enak buat nyalip-nyalip.
- Blind spot mobil ini puaaaaaaaaarah. Waktu saya diharuskan malem - malem balik ke kampus lagi buat jemput beberapa temen yang nyusul, kebetulan kampus saya banyak "jebakan betmen"... Pilar A segaban di SX4 memang mengganggu waktu belok, tapi nggak mengganggu waktu parkir. Beda dengan Yaris... Pilar A nya kelewat landai jadi waktu parkir malah gak keliatan semua, belom lagi moncong yang gak keliatan.
- Cup holdernya lebih dikit dari yang lama... dan cuma diletakin di pintu...
- Suspensi depan menurut saya masih terlalu soft walau udah lebih keras dari yang lama... jadi kalau hajar polisi tidur dengan kecepatan lumayan tinggi bisa gasruk... saya 2x gasruk pake mobil ini. Diperparah ground clearance nya yang pendek sekali.
- Posisi nyetirnya ntah saya ngerasa aneh... Setir cuma bisa tilt, kalau posisi duduknya direndahin gak keliatan apa-apa, kalo ditinggiin setirnya yang kerendahan walau udah paling atas.
- Steering feelnya juga kelewat aneh.... Ciri khas EPS. Ringan sekali tanpa kontak dengan permukaan jalan...
- Yang paling parah adalah : LAMPUNYA. Rute saya adalah tempat dengan minim penerangan jalan di tengah hutan, bisa bayangin betapa seremnya kalau mobil gak dibekali penerangan mumpuni? Ya, saya ngalamin sendiri pakai mobil ini. Lampu mobil ini, sudah dibantu foglamp, masih kalah terang dengan SX4 yang cuma nyalain headlamp. Lampunya gelap gulita... Plus settingan dim bawaan dari Toyota nya malah ngarah ke atas sekali...

Tadi siang waktu saya nyetir di tengah hujan badai, nonik di sebelah saya sampai nanya "koko ngga nyalain lampu?" "lah... daritadi ane nyalain lampu koq"
Intinya... saya masih sulit untuk menyukai mobil ini... Memang ada beberapa poin plus seperti BBM yang irit... tapi kekurangannya jauh lebih annoying dan jauh lebih banyak...
Satu satunya poin plusnya yang saya apresiasi cuma... kemampuannya diisi bensin eceran dan premium tanpa masalah

itupun kalau disuruh milih sama Jazz ya saya masih milih Jazz...
