tanya kijang kapsul diesel

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Herry
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: Tue May 11, 2004 4:00
Location: Asia

Post by Herry »

conan wrote:Dan bukan Mitsubishi Taiwan yang memutuskan model apa yang diekspor ke negara2 lain, tapi pusat. Sejak dulu di Taiwan memang terdapat banyak varian yang khusus di-design untuk pasar Taiwan sendiri oleh ATPM di sana, seperti contohnya selain Galant, juga ada Lancer dan Serena, dsb (Mr. Herry, you might be able to confirm this?)
Yup, emang di Taiwan banyak beredar varian2/model2 khusus terutama Mitsubishi. Setao gue, model2 (yg baru) itu adalah Mitsubishi Grunder (Galant), Mitsubishi Savrin (MPV) dan Nissan Serena QRV.
Live as if you were to die tomorrow.
Learn as if you were to live forever.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

BMW telah meluncurkan 4 model new 3-series (E90) di Indo.
320i, 325i, 330i dan 320d.

Berikut perbandingan specs engine 320i vs 320d (dari Kompas):
320i (1,995cc 4-cylinder petrol)

Max HP : 150 PK at 6,200 rpm
Max Torque : 200Nm at 3,600 rpm
Sprint 0-100 Kmh : 9.0 seconds

320d (1,995cc 4-cylinder diesel)

Max HP : 163 HP at 6,500 rpm
Max Torque : 340 Nm at 2,000 rpm
Sprint 0-100 Kmh : 8.3 seconds.
Jelas terlihat, bahwa dengan mesin sama besar, 320d menghasilkan torsi 170% lebih besar, dan pada rpm yang jauh lebih rendah (2,000 rpm) dibandingkan versi bensinnya (3,600 rpm). Bahkan Horsepower-nya lebih besar (163 PK vs 150 PK), dan akselerasinya lebih cepat (8.3 detik vs 9 detik). :e-clap:

Bahkan, dibandingkan dengan torsi 325i dan 330i yang bermesin jauh lebih besar (2500cc dan 3000cc), 320d masih memiliki torsi lebih besar pada rpm lebih rendah :
325i

Max HP : 218 PK at 6,500 rpm
Max Torque : 250 Nm at 2,750-4,250 rpm

330i

Max HP : 258 PK at 6,500 rpm
Max Torque : 300 Nm at 2,500-4,000 rpm
Dan torsi untuk mesin diesel BMW yang lebih besar, bahkan jauh lebih besar lagi. Sebuah 545d memiliki torsi 640 Nm!! :shock:

Tidak mengherankan, bukan, bahwa model seri-3 E46 yang paling laris terjual di German/Europe adalah 320d. Bahkan konsumsi bahan bakarnya pun lebih irit dan emisi gas buangnya lebih rendah. Kompartemen mesin diesel pun lebih rapi dan lebih tahan banjir.
Dan di sini, tidak lama lagi Solar Plus akan mulai dijual.

Buktikanlah sendiri. Check your local dealers. Jika unitnya sudah tersedia, ask for a test-drive. Dan jika Anda suka, turunkan saja salesperson BMW-nya di jalan dan bawa langsung pulang 320d itu ke garasi Anda! :mrgreen:
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

ha.ha..ha..a. benerkan bung conan, gak perlu tunggu lama2 sampai solar plus diluncurkan. kalo memang ATPM mau masukin ,mereka tinggal menyesuaikan ECU dgn kondisi solar di indo.


saya yakin BMW "untuk saat ini" pasti bilang solar di indo bisa dipake.
Tapi giliran ntar solar plus udah dijual, pasti pihak bmw akan mengganti pernyataan mereka, bahwa solar yang sekarang tidak boleh dipake lagi, dan harus pake solar plus.
Itulah trik dagang utk melindungi barang mereka. supaya kalo terjadi kerusakan, mereka tinggal ngomong "Loh siapa suruh pake solar murah, kan ATPM suruh pake Solar plus.....ha.h.a.ha.h.a.."

Mengenai torsi yang didapat pada rpm lebih rendah dibanding kan dgn mesin bensin. ini bukan hal yang baru . Ini memang karakter mesin solar.

ha..ha.h.a..ah.gua udah gak sabaran nih tunggu Djarum One night Race ada kelas khusus diesel.

Kita liat saja 320d bakalan laku bak kacang goreng di indo apa tidak.....,kalo memang laku....nanti seri 7 diesel bisa jadi ada.
TApi kalo seri 320d panas2 tahi ayam, saya rasa seri7 diesel gak bakalan ada. Maklumlah seri 320d ini sebagai studi pasar diesel untuk menentukan langkah berikutnya.
Maklumlah masyrakat indo gengsinya sudah termasuk kategori parah..ha.h.a.h.a.h.a.jadi ATPM mesti kudu hatii2 upaya gak buang2 duit.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah jangan2 sebelum disel eh diesel nge IN (jadi terkenal) jangan2 kharisma nya disikat hybird duluan hehehehehhe.
Wewe_wanG
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Apr 26, 2005 23:18

Post by Wewe_wanG »

Met kenal smua.. saya baru disini...
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

met kenal juga pak,saya juga baru kok disini
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

mpoezz wrote:met kenal juga pak,saya juga baru kok disini
Lalu bagaimana Anda bisa sudah posting lebih dari seribu kali, bung Mpoezz? Kekekeke :mrgreen:
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 565
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

hi all,
new member nih, salam kenal.
tapi gue tertarik juga buat ikutan kasih koment ke bung mpoezz, entah udah dibeli atau belum itu kijang dieselnya (sori kl salah nulis).

kijang diesel is nice, saya pernah bawa mobil itu di batam. tahun 97 punya. batam jalanannya seperti puncak, jadi naik turun lumayan curam, n pake kijang diesel, cukup gigi 3 aja bisa kembangin kecepatan dari 20-60 km/jam. tanpa ragu n tanpa getar ngelitik (diesel bisa ngelitik ga yh?)

saya juga pernah pake panther. pertama pakai panther 94 karoseri sparta. mobil ini juga dibawa ke batam, jadi saya bisa bandingkan dengan kijang diesel, n the point is, kijang win. tarikan jauh lebih enak n getaran lebih halus drpd panther karoseri.

tapi tunggu dulu, saya juga pernah bawa panther 2.5 royale tahun 97 di batam, n hasilnya, masih menang kijang diesel :)

tapi buat irit, saya akui, panther 2.5 memang bisa mencapai 1:13-14. nice huh. kijang diesel paling hanya 1:10-11.

buat kenyamanan suspensi, panther lebih empuk dibanding kijang yg karakternya keras. tapi kijang lebih stabil.

tapi yg lebih penting bung mpoezz, bodynya itu loh yg bisa mengganggu kenyamanan. hehe. biasanya body panther and kijang ada bunyi2 getar kl udah berumur, seperti ada bagian yg bautnya lepas. n ini bisa mengganggu kenyamanan berkendara.

overall, you decide.

FYI bicara soal teknologi diesel, setahu saya, teknologi injeksi terbaik diesel bukan commonrail. tapi teknologi milik entah VW atau audi (saya lupa) yg memiliki tekanan injeksi lebih tinggi (>3000psi kl ga salah juga, bandingkan dengan commonrail yang tekanannya hanya 2000an psi dan direct injection yg lebih rendah dari itu). asumsinya, semakin tinggi tekanan, semakin sempurna pembakaran solar. jadi teknologi innova diesel sudah tertinggal 1 generasi. tapi ini artikel saya baca sudah 1 taon yg lalu, maybe sekarang sudah ada yg lebih baru teknologinya?anyone knows?
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 565
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

hi all,
new member nih, salam kenal.
tapi gue tertarik juga buat ikutan kasih koment ke bung mpoezz, entah udah dibeli atau belum itu kijang dieselnya (sori kl salah nulis).

kijang diesel is nice, saya pernah bawa mobil itu di batam. tahun 97 punya. batam jalanannya seperti puncak, jadi naik turun lumayan curam, n pake kijang diesel, cukup gigi 3 aja bisa kembangin kecepatan dari 20-60 km/jam. tanpa ragu n tanpa getar ngelitik (diesel bisa ngelitik ga yh?)

saya juga pernah pake panther. pertama pakai panther 94 karoseri sparta. mobil ini juga dibawa ke batam, jadi saya bisa bandingkan dengan kijang diesel, n the point is, kijang win. tarikan jauh lebih enak n getaran lebih halus drpd panther karoseri.

tapi tunggu dulu, saya juga pernah bawa panther 2.5 royale tahun 97 di batam, n hasilnya, masih menang kijang diesel :)

tapi buat irit, saya akui, panther 2.5 memang bisa mencapai 1:13-14. nice huh. kijang diesel paling hanya 1:10-11.

buat kenyamanan suspensi, panther lebih empuk dibanding kijang yg karakternya keras. tapi kijang lebih stabil.

tapi yg lebih penting bung mpoezz, bodynya itu loh yg bisa mengganggu kenyamanan. hehe. biasanya body panther and kijang ada bunyi2 getar kl udah berumur, seperti ada bagian yg bautnya lepas. n ini bisa mengganggu kenyamanan berkendara.

overall, you decide.

FYI bicara soal teknologi diesel, setahu saya, teknologi injeksi terbaik diesel bukan commonrail. tapi teknologi milik entah VW atau audi (saya lupa) yg memiliki tekanan injeksi lebih tinggi (>3000psi kl ga salah juga, bandingkan dengan commonrail yang tekanannya hanya 2000an psi dan direct injection yg lebih rendah dari itu). asumsinya, semakin tinggi tekanan, semakin sempurna pembakaran solar. jadi teknologi innova diesel sudah tertinggal 1 generasi. tapi ini artikel saya baca sudah 1 taon yg lalu, maybe sekarang sudah ada yg lebih baru teknologinya?anyone knows?
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

conan wrote:
mpoezz wrote:met kenal juga pak,saya juga baru kok disini
Lalu bagaimana Anda bisa sudah posting lebih dari seribu kali, bung Mpoezz? Kekekeke :mrgreen:
wah maksud saya baru mulai dari 22 Jul 2004 kekekekkeke 8)
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

lama2 jadi ganti topik jadi "salam kenal" hiks..hiks..hiks...
Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Prends :


Buat mesin diesel generasi tuwe ini ada tips utk membuatnya lebih "manusiawi" bila mesin udah berisik, bergetar & berasap :

1. Purging nozzle & Injector pakai Liqui Moly Diesel Purge. Nanti lihat & dengar deh lewat 1 hari sesudahnya.

2. Kalau mobil sudah di atas 3 tahun ganti karet engine mounting. Karet engine mounting Panther / Kijang diesel itu murah.

3. Install karet balon, pasang peredam di kabin, firewall dalam, pintu depan.

4. Dan yang paling advance : Install Rizor Maximizer 1 / 2A / RFP, nanti jangan kaget kalau suara mesin diesel anda turun 3 - 5 dB, getaran berkurang, asap berkurang jauh.


Panther LS 25 AT saya sewaktu stasioner asapnya sgt tipis, bahkan kalau stasioner dengan AC dimatikan, nggak ada asapnya, padahal mesin Panther 2500 cc dlm kondisi standard asapnya agak banyak.

Udah itu enaknya kalau dipakai lari kencang, lari 90 - 110 km/jam suara mesin halus, kita tetap bisa enjoy alunan vokal si Eriko Ishihara / Susan Wong / Olivia / Emi Fujita yang direpro oleh mid Vifa PL & tweeter Scan Speak di dalam kabin mobil :D


salam kenikmatan berkendara
* Bukan ajakan Beli *
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

bung mpoezzz, akhirnya jadi ambil apa?
saran saya, dengan dana segitu, kenapa ga coba kuda diesel grandia?
mesin lebih halus.....tenaga jauh lebih gede.....harganya juga lebih murah......soal spareparts, jgn khawatir, sama sperti l300 koq.....

harga baru diesel lebih mahal dari bensin karena perbandingan kompresi diesel sangat besar, jadi material yang dibutuhkan lebih banyak....c/o dinding silinder, piston, klep dll harus lebih kuat menahan tekanan......itulah kenapa diesel berat bobotnya lebih besar dari mesin bensin.....

kalau harga bekasnya yang jatuh, itu lebih karena peminat yang kurang........orang indo masih percaya mitos2 diesel yang udah dicap jelek....
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

akhirnya saya ambil honda city idsi,mobil nya irit juga di isi pertamax karena beda dikit ama premium tapi tidak seirit yang di promosikan 1:40 kalo ngak salah hahahahahaha jk jk,lebih lumayan dari innova saya yang haus dahaga terus.

kurang nya sih sempit aja heheheh ngak kayak kijang lega.
mesin nya ok aja suaranya halus.

pikir2 ambil kijang bekas tanggung,kalo dapat yang bagus ngak papa,kalo dapat yang jelek waduh habis deh hehehehe.
Last edited by mpoezz on Wed Dec 14, 2005 15:49, edited 1 time in total.
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

mpoezz wrote:akhirnya saya ambil honda city idsi,gila mobil nya irit juga di isi pertamax plus,lebih lumayan dari innova saya yang haus dahaga terus
iritnya seberapa? bisa 1:15 dgn pertamax plus dalam kota?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

wah 1:10 sampe 1:11.mesin nya kecil sih tenaganya juga ngak ada hehehehehe.

kalo 1:15 pasti ngak bisa tuh kecuali ngak pake ac lalu bawa nya gas konstan dan ngak ngerem heheheheeh
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ween wrote:bung mpoezzz, akhirnya jadi ambil apa?
saran saya, dengan dana segitu, kenapa ga coba kuda diesel grandia?
mesin lebih halus.....tenaga jauh lebih gede.....harganya juga lebih murah......soal spareparts, jgn khawatir, sama sperti l300 koq.....

harga baru diesel lebih mahal dari bensin karena perbandingan kompresi diesel sangat besar, jadi material yang dibutuhkan lebih banyak....c/o dinding silinder, piston, klep dll harus lebih kuat menahan tekanan......itulah kenapa diesel berat bobotnya lebih besar dari mesin bensin.....

kalau harga bekasnya yang jatuh, itu lebih karena peminat yang kurang........orang indo masih percaya mitos2 diesel yang udah dicap jelek....
kalo kuda saya kurang suka dari edisi pertama ampe sekarang rasanya model nya paling aneh hehehehe.apalagi model pintu belakang nya itu.

saya malah taun depan kalo jadi mau ambil innova diesel cuman harganya gila juga tuh yang G manual aja di surabaya 190++.jangan2 taun depan tembus 200 tuh
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

iya, sebaiknya ambil baru walaupun harganya mahal....
d4-d bekas sangat beresiko......khan solar yang dipake harusnya sudah pake dex.....tapi saya yakin hanya sebagian kecil saja yang pake dex untuk innova dieselnya.....
akibat jangka panjangnya, injektor selenoidnya akan berantakan.....dan anda sebagai pembeli bekas yang akan kebagian sialnya doang......

jangan tanya berapa harga injektor selenoid mesin common rail......kalo saya sebutkan, anda akan bengong selama jam2an...hehehe
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

mpoezz wrote:wah 1:10 sampe 1:11.mesin nya kecil sih tenaganya juga ngak ada hehehehehe.

kalo 1:15 pasti ngak bisa tuh kecuali ngak pake ac lalu bawa nya gas konstan dan ngak ngerem heheheheeh
wah, apa istimewanya i-dsi yang terkenal irit? baleno 1.5 a/t saya juga sekitar 1:10koq.....apa jazz i-dsi juga sama borosnya?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

oh ngak yang saya mau beli bekas itu kapsul diesel.
kalo yang innova mau ambil baru juga.

tapi dimana sih yang ada Dex cuman di jakarta itu juga tempat2 tertentu aja.jangan kan solar dex yang baru keluar itu.premium TT aja di surabaya ngak ada.
memang pertamina ini pengen ngebunuh rakyat indonesia dengan menyuruh menghisap timbal tiap hari hahahahaha.

btw berapa injector selenoid nya pak ween.

kalo injector bensin ngak seberapa kan rata2 1jt ++ untuk 1 biji injector
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Post by ween »

injektor selenoid jauh lebih mahal dari injektor biasa, karena dilengkapi oleh katup magnet yang ukurannya sangat kecil&dikendalikan oleh ecu.......saya juga udah lupa berapa harganya......kalo ga salah, sekitar 4x lebih mahal dari injektor biasa....

itulah mengapa peugeot berhenti menjual versi diesel dari 307, 307sw dan 806 diesel commonrailnya, juga mercedes dengan c270cdinya, dan renault dengan scenicnya.....karena banyak sekali keluhan injector yang rusak yang disebabkan mempet dan rusaknya injektor selenoid....sedangkan untuk d4-d belom jelas nasibnya, karena munculnya belum lama....

untuk landcruiser vx relatif ga ada masalah karena belum pakai commonrail.....hanya menggunakan mesin turbodiesel konvensional.......
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

IMHO :

Sebetulnya injctor mampet cukup di purging pakai Liqui Moly Diesel Purge :

http://store.4wheelauto.com/view_produc ... uct=LM2061


Di Jkt harganya Rp. 80 ribuan / kaleng uk. 500 cc

Utk mesin diesel konvensional dng pompa Injeksi PE / VE / VRZ / VP caranya dengan disconnect selang in & out dr Inj pump, masukkan kedua selang ke dalam kaleng, hidupkan mesin, mesin berjalan dengan cairan LMDP sampai cairan tinggal sedikit, matikan mesin, pasang kembali selang2 ke posisi semula, pompa separator.

Utk mesin CRD yang menggunakan electric fuel pump bisa dengan :
Pada saat solar di tangki hampir E / lampu hampir menyala, tuang 2 kaleng LMDP ke tangki, hidupkan mesin secara stasioner selama 30 - 45 menit. Sesudah itu tuang 1 jerigen solar ke tangki, & bawa mobil ke pom BBM utk isi solar.

tapi ada 1 teman saya yg berhasil nge purging Innova D4-D dengan cara yg hampir sama spt mesin diesel konvensional.


Mengenai prospek D4-D ke depan, tahun 2006 akan banyak tersedia solar2 baru berkualitas dari Shell, Petronas, solar middle class dr Pertamina serta konon tahun 2008 akan mulai tersedia Ft Syn diesel fuel dr Accelon Energy - Pertamina.

Utk yg jauh di pedalaman :
Campurkan additive minimal macam Powerfuel atau Redline 85+ secara teratur setiap mengiri solar.

Redline 85+ :

http://www.redlineoil.com/products_fuel ... oductID=66


Semoga membantu
* Bukan ajakan Beli *