


what should i do.....i cant do anything...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
iyaChZ wrote:karena setiap mobil punya karakter berbeda-beda, dek alvin....
dan tidak bisa disama-ratakan semua harus sesuai standard axala ente itu....
ChZ wrote: reliable = less electrical = less gimmick. the answer is BMW "si boy" E30 318i![]()
jangan berharap mobil eropa reliable seperti mobil jepang, apalagi di Indonesia, lha wong di negara asalnya aja rewel kok... justru disitu seninya... seni ngerawat mobilnya... makanya anak2 klub spt BMWCCI dan klub Mercedes tua kan tau segala sesuatu dari A-Z tentang perawatan mobilnya....
kalo orang demen ngebengkel, miara mobil beginian mah ga masalah... justru enak kalo kenal sama mekanik / pemilik bengkelnya...![]()
kantong dan mental ane belum siap miaranya dokmaybe if i had my own money?
![]()
selama masih ngemis ke bokap ngga main europeans dulu kecuali kalo mmg beliau berkehendak![]()
seken janda muda.... masih terngiang itu Mazda6 Soul Red 2013 455jeteng... ai mas haffff dat car.....
mesti pake p+ ya?mojacko wrote:s
tapi sebanding lah sama kenyamanan dan driving pleasure,,
cuma kalo buat harian sih, lumayan berasa bensin-nya,, macett gitu loh
kalo di manual book sih, min RON 91,montirangin wrote:mesti pake p+ ya?mojacko wrote:s
tapi sebanding lah sama kenyamanan dan driving pleasure,,
cuma kalo buat harian sih, lumayan berasa bensin-nya,, macett gitu loh
Beginilah baru cukup lahmojacko wrote:short review 520i E39 M54
exterior : timeless
interior : full leather seat, sampe ke doortrim, softpad dimana-mana, NO Wood panel
fitur : Less electrical, AC knob putar, jok manual, ga ada electric krey, ga ad cruise control,, sedih sih, tp lumayan buat NGURANGIN kemungkinan RUSAK
engine : i6 170hp, 210nm, cukup lah buat nanjak di cipularang @140 kpj, 0-100 msh bs 10 detik, mayan buat mobil seumur anak SMP,, oh ya, kalo M54 engine udah throttle by wire, jd pedal gas enteng
comfort : cukup lah, ngga keras, ngga empuk, PAS,, kekedapan kabin, CUKUP, krn klo terlalu kedap, ga bs denger nyanyian engine
Handling : RWD, perfect balance even in high speed, lot of feedback, nginjek batu/lobang kecil aja bisa berasa di setir loh,, cuma kalo parkir xtra hati2, krn mobilnya panjang,,
transmisi : adaptive steptronic, ZF 5hp, menurut saya cukup pinter, kalo dibanding sama mobil2 skrg yg harga <300jt,, ada sport mode dan manual, shifting halus dan tepat waktu, mis: nanjak fly over, shift down sebelum kehabisan tenaga, jd ga kagetan, kick down responsive, apalagi di sport mode, shifting-nya pas jarum nyentuh RED-line
FC : 1:6 macet parah, 1:8 kombinasi, 1:14 cruising di tol @100kpj @1800rpm
maintenance : siapin 1 juta deh/bulan, blm tentu kepake
sparepart : melimpah, copotan juga banyakkk
harga part (kurang lebih) :
ball joint 1,5juta/roda, berarti x4, tapi awet
shock breaker 2,2 juta/pasang merk bilstein
oli : 6-7 liter
filter udara : 120rb
filter oli : 90rb
busi : @70rb x 6 (m52 businya lebih murah)
filter bensin : 300rb (m52 cm 130rb)
sensor abs : 850rb/roda, jrg rusak
modul abs : 7,5jt (jrg rusak)
kampas rem : 900rb u/ 4 roda merk ATE
koil : 350rb
fuel pump : 900rb, jrg rusak
sensor camshaf&crankshaft : 2jt, jrg rusak
semua perintilan electrical (power window, tombol2, spakbor, deck, plastik2, dll) biasanya lumayan mahal, mending cari copotan
yang mahal2, biasanya slow moving :
- overhaul matic 20jt
- turun mesin 7-20jt
- steering rack >15jt (kalo ga bs di-service)
- ECU/EGS 7-9 jt, copotan
- cooling system set 5jt (radiator, waterpump, thermostat, dll)
yg pasti, fast moving ga mahal,,
slow moving lumayan mahal, sampe mahal bangett
perintilan interior, mahal semua,
tapi sebanding lah sama kenyamanan dan driving pleasure,,
cuma kalo buat harian sih, lumayan berasa bensin-nya,, macett gitu loh
Tuh kan, denger di yutub aja dah asik bgt, apalagi naik langsung...
Thx om reviewnyamojacko wrote:short review 520i E39 M54
exterior : timeless
interior : full leather seat, sampe ke doortrim, softpad dimana-mana, NO Wood panel
fitur : Less electrical, AC knob putar, jok manual, ga ada electric krey, ga ad cruise control,, sedih sih, tp lumayan buat NGURANGIN kemungkinan RUSAK
engine : i6 170hp, 210nm, cukup lah buat nanjak di cipularang @140 kpj, 0-100 msh bs 10 detik, mayan buat mobil seumur anak SMP,, oh ya, kalo M54 engine udah throttle by wire, jd pedal gas enteng
comfort : cukup lah, ngga keras, ngga empuk, PAS,, kekedapan kabin, CUKUP, krn klo terlalu kedap, ga bs denger nyanyian engine
Handling : RWD, perfect balance even in high speed, lot of feedback, nginjek batu/lobang kecil aja bisa berasa di setir loh,, cuma kalo parkir xtra hati2, krn mobilnya panjang,,
transmisi : adaptive steptronic, ZF 5hp, menurut saya cukup pinter, kalo dibanding sama mobil2 skrg yg harga <300jt,, ada sport mode dan manual, shifting halus dan tepat waktu, mis: nanjak fly over, shift down sebelum kehabisan tenaga, jd ga kagetan, kick down responsive, apalagi di sport mode, shifting-nya pas jarum nyentuh RED-line
FC : 1:6 macet parah, 1:8 kombinasi, 1:14 cruising di tol @100kpj @1800rpm
maintenance : siapin 1 juta deh/bulan, blm tentu kepake
sparepart : melimpah, copotan juga banyakkk
harga part (kurang lebih) :
ball joint 1,5juta/roda, berarti x4, tapi awet
shock breaker 2,2 juta/pasang merk bilstein
oli : 6-7 liter
filter udara : 120rb
filter oli : 90rb
busi : @70rb x 6 (m52 businya lebih murah)
filter bensin : 300rb (m52 cm 130rb)
sensor abs : 850rb/roda, jrg rusak
modul abs : 7,5jt (jrg rusak)
kampas rem : 900rb u/ 4 roda merk ATE
koil : 350rb
fuel pump : 900rb, jrg rusak
sensor camshaf&crankshaft : 2jt, jrg rusak
semua perintilan electrical (power window, tombol2, spakbor, deck, plastik2, dll) biasanya lumayan mahal, mending cari copotan
yang mahal2, biasanya slow moving :
- overhaul matic 20jt
- turun mesin 7-20jt
- steering rack >15jt (kalo ga bs di-service)
- ECU/EGS 7-9 jt, copotan
- cooling system set 5jt (radiator, waterpump, thermostat, dll)
yg pasti, fast moving ga mahal,,
slow moving lumayan mahal, sampe mahal bangett
perintilan interior, mahal semua,
tapi sebanding lah sama kenyamanan dan driving pleasure,,
cuma kalo buat harian sih, lumayan berasa bensin-nya,, macett gitu loh
sejak 320i jadi 4 silinder di E90.....imingwahyudi wrote:Erangannya ituloh
dibanting mentah mentah 4 silinder BMW skg![]()
Review om mojacko bikin ane ga parno ama bimmer lagiamfibi wrote:
Thx om reviewnya
Soal perawatan ga bgt repot ya, yg agak repot si 528i pre-fl itu...
Akselerasi lemot ya 520i ini... tp suara mesin tetep woke kan om
Oh yes babeimingwahyudi wrote:Erangannya ituloh
dibanting mentah mentah 4 silinder BMW skg![]()
Double Glass untuk yang 2003-2004 om,, punya saya 2002,,axala wrote:Review om mojacko bikin ane ga parno ama bimmer lagiamfibi wrote:
Thx om reviewnya
Soal perawatan ga bgt repot ya, yg agak repot si 528i pre-fl itu...
Akselerasi lemot ya 520i ini... tp suara mesin tetep woke kan omyg penting pilih yg elecyric nanniesnya dikit
528....bikin parno..tapi udh ngga sekarang
520 bukannya udh double glass ya om
Dan 1juta/bulan cukup khan buat maintenisnya ? Fuel pertamax khan?
axala wrote:Kayanya keren buat kulayeh
budgetnya pun cukuplah ntar...drpada japanese bences suv 4at yg ada warna emas ditengah2 grillnya itu520 jauh lebih kharismatik
Jadi BK 9 KB yak....Bueuk_32 wrote:wow, nice review bro kodok, ternyata perawatannya ga terlalu ngerepotin ya?
gimana kalo plat BK 6 KB aja? tapi masangnya dibalikricz wrote:Ungg...itu angka kesukaan bokap...
Dia terobsesi bener bwt dapetin plat angka 9 tunggal ntah knp...
double glass maksudnya 2 lapir ya? berarti ga panas yaa..mojacko wrote: Double Glass untuk yang 2003-2004 om,, punya saya 2002,,
abis ngangkat mobil, siapin 20 juta deh buat jaga-jaga,
kalo bisa sih, angkat yang mesin, matic, electrical, power-steering, dan kaki2 sehat,, supaya ngga keluar duit banyak buat jajan, electrical tinggal di-scan aja, selama bukan error di general module, light check module, pasti benerin-nya ga mahal, WASPADA sama yang audio udah di modif, kalo kabel jumper sana-sini, potensi electrical error-nya bikin kesel, jadi aneh2 aja rusaknya nanti.
Bensin Ron 92 aja udah OK, kalo lg bokek skali2 campur premium gpp sih,,
kalo mesin, matic, electrical, power-steering, dan kaki2 sehat, dana 1 juta/bulan buat ngerawat aja,
mis : setelah 6 bulan, ganti oli+tune up abis 1,5jt,, sisa 4,5 juta buat disimpen, tau sendiri lah BMW tua, suka ada surprise,
paling sering sih sensor ABS dan AIRBAG, tapi nggak tiap taun rusak kok, mungkin 2 tahun sekali.
kaki-kaki mungkin mulai rusak 4 tahun sekali,
ECU, selama nggak ada kesalahan di electrical atau kerendem air, kayanya ga bakal rusak lah,
Matic, selama olinya bagus dan nggak kasar nyetirnya, konon bisa 200-300rb KM baru rusak
Engine M54, super badakkk,, M52 katanya lebih ringkih, krn. blok NIKASIL, tapi nyatanya jarang juga tuh yg rusak, extra perhatian sama cooling system aja