@mas madara, terkait kebodohan saya menafsirkan 15mm kurang dari 1cm, sudah saya ralat di postingan sebelumnya. rada2 siwer postinga sambil ngantuk tengah2 malam soalnya. kalau harga sparepart dan perawatan tentu duo astra pemenanganya. gak bisa dikomparasikan. pengalaman make mobil astra, membuat kantong bisa bernafas lebih lama.
tapi ya itu dia, tiap pilihan pasti ada resikonya, tiap kenyaman pasti ada biaya yg harus dibayar. ketika awal saya mau ambil hando mobilio juga saya berpikir cukup lama dalam hal biaya perawatan ini. tapi akhirnya saya putuskan ambil mobilio, toh saya kerja keras cari uang juga buat kenyamana keluarga. dengan beli mobilio berarti saya sudah mendistribusikan uang saya sesuai dengan tujuan saya cari uang. jadi itu uang gak mubazir.
tapi selama mobil gak dipake macam2, ya gak bakal rewel dan gak bakal mahal perawatannya. pake sewajarnya aja. apalagi di tahun2 awal 1-3 tahun, perawatan mobil ga terlalu ribet. kebetulan mas madara mau pake nih mobil cuman selama 5 tahun saja kan? bisa cingcai lah masalah perawatan.
nah yg perlu mas madara pertimbangkan juga adalah kenyamanan mas madara saat menyetir mobil, silahkan di TD. jangan sampe itu mobil nyiksa kita sebagai drivernya. terus saat TD, coba ajak anak istri, suruh mereka duduk di 2nd row, coba tanyakan kenyamanan mereka. jangan sampe mereka menderita. apalagi mas madara bakalan pake nih mobil buat mudik. ingat, mobil itu udah kayak rumah ke2 kita, maka usahakan cari mobil yg kita nyaman dengannya. tentu saja deisesuaikan dengan range budget kita.
nah kalau mau ekstrim lagi, tiap TD, bawa 2 koper kosong, buat simulasi mudik. muat ga tuh koper dengan akomodasi yg disediakan ke2 mobil tersebut.
nah masalah pilih yg mana, itu tergantung mas madaranya. ini saya sajikan perbedaan tiap tipe
Tipe A : 1200cc V-Tec , steel wheel 14″ , tailgate spoiler w/LED high, 1 tone color interior , single din , black door handle , 2 speaker , dual srs airbags , mid ,mount stop lamp , eco indicator ,immobilizer .
Tipe S : 1200cc V-Tec , Trim wheel 14″ , color door handle & Mirror , 4 speaker , grade emblem S , keyless entry , as vanity mirror , single din , dual srs airbags , mid ,mount stop lamp , eco indicator ,immobilizer . Aksen silver AC,kemudi,dan gear shift knob , 3 grab rail .
Tipe E : 1200cc V-Tec , alloy wheel 14″ , color door handle & Mirror , 4 speaker , double din + usb + ipod , keyless entry , vanity mirror , Rear wiper , black rear bumper garnish , dual SRS airbags, mid ,mount stop lamp , eco indicator ,immobilizer. Aksen chrome AC,dan shift knob ring , 3 grab rail . Silver inner door handle, 2 tone interior color , tilt steering, Grade emblem E , foglamp.
menurut mas madara fitur2 yg ada di E kira krusial untuk mas Madara miliki ga? kalau enggak, ya mending ambil seri dibawahnya. tapi kalau menurut mas Madara fitur2 yg ada di E krusial dan urgent untuk dimiliki, ya ambil yg E, apalagi kalau masih masuk dalam range budgetnya.
lagi2 nubitol ini berlagak sotoy. sorry suhu2