pilotgaruda wrote:Grade logic control yah nama teknologi matic di honda kl ga salah...jujur kurang suka ama karakter metic honda..
kalo transimisnya ketemu torsi yang pas, enak tarikannya..even di gear 4 seklipun...tp kl transmisinya lg bego..ampun..gear 2 ga narik...
apa nih transmisi ngebaca karakter mengemudi ya?
oh ya, dan satu lagi..pernah ngetes di tol, untuk ngebut..kayaknya sih torsi menjajikan, tp entah kenapa tenaga ga keluar...tp yg saya yakin tenaganya ada...cm ga tersalur dgn baik ke transmisi...
ibaratnnya tuh mesin udah teriak "nih gue kasih tenaga gue maksimal", tapi si transmisi responnya "ntar dlu...kalem aja..sabar..sabar..."
mesin+transmisi emang kaya 1 kesatuan yg harus saling mendukung... macem suami istri
hando terutama yg matik, tipikal mesin bagus tp transmisi jelek....
untuk dalem kota dia suka kecepetan mindahin gigi, kita kecepetan ngelepas gas dikit aja walaupun speed masih 20 km/h dia udah pindahin ke gigi 2

penyakit matiknya honda dia gigi 1 ke 2 nya kadang terlalu cepet pindah, menurut nubie sih dia bacanya dari bukaan throttle seberapa, dia sesuaikan....
yg jd masalah waktu kita belok, ga mungkin kita buka throttle gede, kadang kalo ga ngerem ya dibiarin gelinding aja. setelah keluar belokan juga ga mungkin langsung gaspol, bisa melintir mobilnya

dia baca throttle dikit makanya cepet dipindah gigi
kalo buat driver yang jarang injek gas diatas 1/2 sih ga masalah... justru enakan gini krn mesinnya ga meraung
A/T konvensional itu kaya orang belajar nyetir, ga bakal bisa pindah gigi cepet... makanya kalo misal kita kickdown responnya telat, itu kaya dia abis 1-2 terus kita minta dia pindah ke 1 lagi....
makanya matik, ga cuma hando, semua matik wajib dikasih tiptronic tanpa terkecuali

tiptronic itu cukup membantu bikin enak tarikan matik
honda+manual itu udah paling perfect
