Bayangkan seandainya tanpa sengaja botol tersebut dalam posisi fokus, justru jok kulit akan lebih mudah terbakar, apalagi bawahnya spon. Ketika terkena panas permukaan jok kulit akan mudah sekali berubah jadi vapor yg mudah terbakar. Jadi anggaplah ini suatu POTENSI BAHAYA yg mungkin saja bisa menyebabkan terjadinya sebuah kejadian yg merugikan kita baik jiwa maupun material. Pencegahan akan selalu lebih baik.y_anjasrana wrote:kmungkinan terjadi dlm mobil sangat2 kecil. bisa dikatakan hampir tidak mungkin terjadi. utk membakar sesuatu butuh pengaturan fokus. ini bisa terjadi bila botolnya mengambang atau dipegang dlm waktu lama. lalu targetnya jg material yg sangat kering. selain itu jg butuh pasokan udara yg cukup.Deasegara wrote:Ini dia maksud saya, bukan mitos bukan sulap tapi logic ! harap selalu diingat : Fire can be started by water or ICE.artoodetoo wrote:Air minum dalam botol kemasan itu kalau terpapar sinar matahari bisa menyebabkan timbulnya api, seperti kaca pembesar itu.
Ini buktinya
http://www.youtube.com/watch?v=zMOyydXUrYc
Atau search youtube dengan kata kunci: start fire with water bottle
dlm mobil sinar matahari sudah saring oleh kaca dan kaca film. kmudian posiai botol air minum jg biasanya tergeletak, tidak mungkin auto focus dgn matahari. lalu material jok mobil jg tidak mudah terbakar dibanding yg dipakai di video.
Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
saya sering naruh botol aqua di mobil, aman-aman saja. Lebih sering mobil kebakar karena overheat dan kabel jelek atau beban berlebih.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Coba lihat video ini
http://www.youtube.com/watch?v=NWuU8K5yaT0
Di situ terlihat air dalam botol kemasan tergeletak begitu saja di lantai yg ada karpetnya dan pas mendapatkan sinar matahari.
Jadi potensi bahaya tetap ada meski sangat kecil
http://www.youtube.com/watch?v=NWuU8K5yaT0
Di situ terlihat air dalam botol kemasan tergeletak begitu saja di lantai yg ada karpetnya dan pas mendapatkan sinar matahari.
Jadi potensi bahaya tetap ada meski sangat kecil
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
hal2 "sumir" spt itu mmg akan selalu jd pro kontra.ilhami wrote:saya sering naruh botol aqua di mobil, aman-aman saja. Lebih sering mobil kebakar karena overheat dan kabel jelek atau beban berlebih.
hal2 "sumir" adlh hal2 yg berada tipis diantara batas urban-legend dg fakta....tdk hitam putih.
klo terpaksanya, hrs 'mengerahkan' ilmu statistik dan peluang (sderhananya spt yg disebut diatas), utk memilah mana yg dirasa perlu diadopsi dan mana yg dirasa tdk perlu.
ada yg pola hidup nya ingin perfeksionis memperhitungkan sampai detail... ada pula yg ngasal tanpa pola.
ada yg pola hidupnya perfeksionis dan bisa mencapai usia panjang yg sehat dan sukses.
ada yg mikir gak suka pola hidup perfeksionis lalu ngasal....dan mgkin akibatnya menemui byk musibah dlm hidupnya.
tp tentu saja ada jg yg vice versa: pola hidupnya serba memperhitungkan sampai detail tp tetep kena musibah...ada yg dlm hidupnya ngasal abis, tp hidupnya enak2 aja.
mengenai pola hidup ini, mmg pd akhirnya merupakan pilihan msg2 ya...
tp tetep, semua hal detail, baik dirasa mitos atau fakta, tetep perlu kita share dan bahas dimari....at least biar kita well informed.
lanjut...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Potensi bahaya memang tidak selalu langsung menyebabkan terjadinya suatu insiden/accident/kecelakaan, dan seharusnya jangan sampai terjadi. Maka kita harus bisa mengelola potensi-potensi bahaya yg ada disekitar kita. Ada beberapa cara mengelola potensi bahaya :
1. Eliminasi (menghilangkan potensi bahaya)
2. Substitusi (mengganti dg yg tidak berbahaya/yg tingkat bahayanya lebih kecil)
3. Engineering Control (diakali supaya tidak berbahaya misal ditutup,diberi ventilasi dll)
4. Administrasi control (misal mengikuti manual/procedure dll)
5. Memakai alat pelindung diri (misal helm dll)
Diantara kelima cara tersebut yg paling efektif dimulai dari no.1 yaitu menghilangkan potensi bahaya. Yg no 5 adalah yg terakhir dan mau-tidak mau harus pake.
Barangkali hanya orang-orang yg punya Behaviour Based Safety yg aware dg potensi-potensi bahaya yg ada disekitar kita apapun itu bentuknya. Namun kita juga bisa belajar dari hal-hal kecil yg bisa menjadikan diri kita / perilaku kita menjadi Behaviour Based Safety.
1. Eliminasi (menghilangkan potensi bahaya)
2. Substitusi (mengganti dg yg tidak berbahaya/yg tingkat bahayanya lebih kecil)
3. Engineering Control (diakali supaya tidak berbahaya misal ditutup,diberi ventilasi dll)
4. Administrasi control (misal mengikuti manual/procedure dll)
5. Memakai alat pelindung diri (misal helm dll)
Diantara kelima cara tersebut yg paling efektif dimulai dari no.1 yaitu menghilangkan potensi bahaya. Yg no 5 adalah yg terakhir dan mau-tidak mau harus pake.
Barangkali hanya orang-orang yg punya Behaviour Based Safety yg aware dg potensi-potensi bahaya yg ada disekitar kita apapun itu bentuknya. Namun kita juga bisa belajar dari hal-hal kecil yg bisa menjadikan diri kita / perilaku kita menjadi Behaviour Based Safety.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Kalau di cucian mobil, hampir semua ngangkat mobilnya dengan tumpuan kaki2. padahal di setiap kendaraan sudah disediakan jacking point tertentu di bawah body.
Nah kalau spt ini bisa merusak kaki2 kan ? (melengkung,deformasi, merusak karet2, dsb)
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
MITOS ATAU FAKTA ?
(Imo, ini Fakta.. )
Nah kalau spt ini bisa merusak kaki2 kan ? (melengkung,deformasi, merusak karet2, dsb)
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
MITOS ATAU FAKTA ?
(Imo, ini Fakta.. )
Lagi nginjek rem..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
biasanya di body, karena terlihat ban mobil gontai ke bawah. lagipula kalau di gardan yang disangga, mobil nya akan goyang karena bertumpu di pegas / sistem suspensi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
mengetahui titik2 yg disediakan pabrik utk pendongkrakan mobil tu gimana sih?ilhami wrote:biasanya di body, karena terlihat ban mobil gontai ke bawah. lagipula kalau di gardan yang disangga, mobil nya akan goyang karena bertumpu di pegas / sistem suspensi.
soalnya yg ane inget klo di peugeot 505 tu ada tulisan LIFT HERE, disertai mmg ada catokan yg pas/nyantol dg desain kepala dongkraknya.
atau spt di gerbong KA itu, di dekat tulisan Periuk Gandar Golong Jika Berhenti Abar Harus Terikat itu, jg ada tulisan ANGKAT DISINI.
di mobil2 skrg, tulisan2 itu dimana?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Di buku manual Om Andy
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... aat_Ngebut
Ini beneran nggak sih. Karena AC itu ada magnetic clutch yang otomatis kalau suhu kabin sudah tercapai. Magnetic clutch ini on off nya tidak tergantung putaran mesin, dia bisa saja on ketika rpm tinggi.
mohon ahli AC menyampaikan ilmunya
Ini beneran nggak sih. Karena AC itu ada magnetic clutch yang otomatis kalau suhu kabin sudah tercapai. Magnetic clutch ini on off nya tidak tergantung putaran mesin, dia bisa saja on ketika rpm tinggi.
mohon ahli AC menyampaikan ilmunya

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Sambil nunggu ahli ac dtg, ane pernah denger bbrp mitos ttg ac mobil :
1. ac ga boleh dinyala/matikan pd saat mobil berjalan, terutama pd rpm tinggi. ktnya bisa merusak kompresor.
2. pengatur suhu ac sebaiknya tidak sering diputar2, bisa cepat rusak.
hal2 diatas cuma mitos atau knyataan ya?
1. ac ga boleh dinyala/matikan pd saat mobil berjalan, terutama pd rpm tinggi. ktnya bisa merusak kompresor.
2. pengatur suhu ac sebaiknya tidak sering diputar2, bisa cepat rusak.
hal2 diatas cuma mitos atau knyataan ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
kalo menurut ane :
1. secara logika sih ada benernya tapi bener tidaknya jujur ane gk tau.
2. kalo ane sih ya selama ni selalu mentok diposisi coll aja, gk pernah kutak katik.
1. secara logika sih ada benernya tapi bener tidaknya jujur ane gk tau.
2. kalo ane sih ya selama ni selalu mentok diposisi coll aja, gk pernah kutak katik.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
ow disitu ya? ...uwkwkwk mohon maklum, buku manual saya msh terlihat brand new in box sampai skrgilhami wrote:Di buku manual Om Andyandy1800 wrote:mengetahui titik2 yg disediakan pabrik utk pendongkrakan mobil tu gimana sih?ilhami wrote:biasanya di body, karena terlihat ban mobil gontai ke bawah. lagipula kalau di gardan yang disangga, mobil nya akan goyang karena bertumpu di pegas / sistem suspensi.
soalnya yg ane inget klo di peugeot 505 tu ada tulisan LIFT HERE, disertai mmg ada catokan yg pas/nyantol dg desain kepala dongkraknya.
atau spt di gerbong KA itu, di dekat tulisan Periuk Gandar Golong Jika Berhenti Abar Harus Terikat itu, jg ada tulisan ANGKAT DISINI.
di mobil2 skrg, tulisan2 itu dimana?
ok, nanti saya meluncur ke TKP.
tp klo sampai saya tdk nemuin itu di buku manual, Om Ilhami harus tanggung jawab loh ya ...wkwkw

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Saat drain oli mesin/Ganti oli, di bantu semprot dlm mesin dg udara kompresor...
Lebih afdol di bantu sedot jika ada oli yg tdk bs turun,biasanya di silinder head ber camshaft, ada oli yg msh menggenang/tdk turun di sepanjang camshaft.
Lebih afdol di bantu sedot jika ada oli yg tdk bs turun,biasanya di silinder head ber camshaft, ada oli yg msh menggenang/tdk turun di sepanjang camshaft.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
.
========================
ada masalah...
ada bbrp kawan yg menyebutkan bhw pintu sliding door (so far yg non-powered) tu lbh mudah copot ketika terjadi benturan/crash
fakta atau mitos?
bagaimana penjelasan logisnya itu ya?
========================
ada masalah...
ada bbrp kawan yg menyebutkan bhw pintu sliding door (so far yg non-powered) tu lbh mudah copot ketika terjadi benturan/crash
fakta atau mitos?
bagaimana penjelasan logisnya itu ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
1. Katanya sih begitu... Toh nggada salahnya juga kan kalo diikutin?y_anjasrana wrote:Sambil nunggu ahli ac dtg, ane pernah denger bbrp mitos ttg ac mobil :
1. ac ga boleh dinyala/matikan pd saat mobil berjalan, terutama pd rpm tinggi. ktnya bisa merusak kompresor.
2. pengatur suhu ac sebaiknya tidak sering diputar2, bisa cepat rusak.
hal2 diatas cuma mitos atau knyataan ya?
2. Kalau yang ini, biasanya kalau di dalam kabin sudah kedinginan, ane puter pengatur suhunya ke paling low. Bahkan kalau lagi hujan lebat yang bikin dingiin, biasanya ane off kan pengatur suhu, tapi blowernya masih nyala. nanti kalao sudah rada anget, ya nyalain lagi pengatur suhunya.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
krn perbedaan kekuatan rel dan engsel. kekuatan kaitan antara rel dan rodanya tidak sekuat engsel.
analoginya pintu lemari baju yg sliding dan engsel, atau pintu gerbang yg sliding dan engsel.
analoginya pintu lemari baju yg sliding dan engsel, atau pintu gerbang yg sliding dan engsel.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Mon Dec 31, 2012 18:50
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
no reserve parking di carport rumah yg punya balita (untuk rumah yg carportnya langsung hadapan dengan akses keluar/masuk rumah)...? mitos juga kah?Deasegara wrote:Potensi bahaya memang tidak selalu langsung menyebabkan terjadinya suatu insiden/accident/kecelakaan, dan seharusnya jangan sampai terjadi. Maka kita harus bisa mengelola potensi-potensi bahaya yg ada disekitar kita. Ada beberapa cara mengelola potensi bahaya :
1. Eliminasi (menghilangkan potensi bahaya)
2. Substitusi (mengganti dg yg tidak berbahaya/yg tingkat bahayanya lebih kecil)
3. Engineering Control (diakali supaya tidak berbahaya misal ditutup,diberi ventilasi dll)
4. Administrasi control (misal mengikuti manual/procedure dll)
5. Memakai alat pelindung diri (misal helm dll)
Diantara kelima cara tersebut yg paling efektif dimulai dari no.1 yaitu menghilangkan potensi bahaya. Yg no 5 adalah yg terakhir dan mau-tidak mau harus pake.
Barangkali hanya orang-orang yg punya Behaviour Based Safety yg aware dg potensi-potensi bahaya yg ada disekitar kita apapun itu bentuknya. Namun kita juga bisa belajar dari hal-hal kecil yg bisa menjadikan diri kita / perilaku kita menjadi Behaviour Based Safety.
btw sedikit OOt

hmmm,,jadi serasa di lokasi kerja,,
...
...
...
nampaknya Om diatas personel departemen safety neh

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
//
spasi
//
klo jalan yg surface nya beton tu lbh menggerus ban secara signifikan, dibanding surface aspal...
surface beton jg lbh licin drpd aspal, katanya...
benarkah?....kenapa bisa begitu?
spasi
//
klo jalan yg surface nya beton tu lbh menggerus ban secara signifikan, dibanding surface aspal...
surface beton jg lbh licin drpd aspal, katanya...
benarkah?....kenapa bisa begitu?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Untuk permukaan beton yang kasar.andy1800 wrote: klo jalan yg surface nya beton tu lbh menggerus ban secara signifikan, dibanding surface aspal...
Untuk permukaan beton yang dihaluskan.andy1800 wrote: surface beton jg lbh licin drpd aspal, katanya...
benarkah?....kenapa bisa begitu?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 93
- Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
Newbie mau tanya, katanya kalo nyetir dibiasakan jangan sering muter setir sampai njedog (misal kalau mau puter balik). Karena bisa merusak sistem power steering. Bener ga tuh suhu-suhu sekalian? 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
^
Kalo utk yg pwr steering sistem hidrolik ada benarnya, tapi kalo utk yg sistem EPS (elektrik) itu masih berlaku tidak ya?
Kalo utk yg pwr steering sistem hidrolik ada benarnya, tapi kalo utk yg sistem EPS (elektrik) itu masih berlaku tidak ya?


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mitos vs Fakta: perlakuan2 thdp mobil kita
benarnya dimana ya meneer...Hansen wrote:^
Kalo utk yg pwr steering sistem hidrolik ada benarnya, tapi kalo utk yg sistem EPS (elektrik) itu masih berlaku tidak ya?
*ciyus neh...,secara kadang sering mentok juga
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking