thanks dohc


digetok harga brp?
sebenernya kalau gak hari minggu, sabar nungguin besok, jauh lbh murah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
doq wrote:sebetul nya ya ga secara tiba2 dan serta-merta habis sih
jadi kronologis nya begini, mobil diparkir dengan posisi menurun dan seperti demikian ada nya dalam jangka 3 hari.............adapun cuaca setempat kalau malam cukup dingin sehingga membuat bagian atas mobil berembun, sedangkan siang nya cukup panas.
nahhhh, hari keempat saat mau dipake, pedal rem terasa loss sekali (harus injak sampai mentok barulah rem bekerja). untung nya ini ketahuan saat masih belum jalan.
waktu saya cek tabung reservoir minyak rem, ternyata berada dibawah level minimum
kok bisa "tiba2" begitu ya?
saya sangat yakin kondisi kampas rem masih cukup tebal karena baru berjarak kurang dari 3 bulan yang lalu saya kuras minyak rem, sementara saya perhatikan tidak ada tanda2 kebocoran minyak rem dibagian roda maupun tetesan2 dibawah mobil.
raib kemanakah minyak rem tersebut dalam jangka waktu hanya 3 hari....???
anyway.......karena ane ada stok minyak rem, ya ditambahin deh ke tabung reservoir dan setelah beberapa waktu ngocok pedal rem..........simsalabim..........normal kembali!![]()
![]()
ga habis pikir nih..........apa ada rekan2 yg bisa kasi pencerahan?
btw.......pasti nya udah pada apal khan pake pake mobil apaan?
doq wrote:tambahan:
saat nambahin minyak rem s/d batas kurang dr maksimal, lalu pedal dikocok kembali.........minyak di tabung berkurang sampai dibawah batas minimum, tapi setelah ditambahkan kembali utk kedua kali nya, minyak d tabung tidak berkurang seperti kejadian pertama
doq wrote:cek sepintas (kaki2 deket ban serta kolong mobil) tidak ada tetesan minyak rem, maka nya binun...........but ada bener nya jg sih mesti cek ke bengkel rem sekalian.
btw, klo gejala booster rem mulai afkir itu spt apa ya?
doq wrote:kejadian nya ya baru kali ini aja oom, gini kronologis nya; tabung reservoir kosong-top up-kocok2-berkurang kembali-top up lagi-kocok2-normal
selama proses tsb dilakukan tidak sendiri, satu orang bertugas di pedal rem, satu lagi ngecek apakah ada kebocoran saat proses.
beres itu semua, mobil dijalankan (macet-lancar-cepat-lambat) dan rem bekerja normal.
so verdict nya di master rem ya?
doq wrote:wah masuk akal banget inijalu wrote:tebak2an ala dukun :(rokok lisong attached
)
tepat pada saat pedal rem diinjak dan mengalami "losss" itu berarti ada karet/seal yg merembes. Disaat itulah kemungkinan besar sebagian minyak rem keluar dr sistem, mengenai entah kemana keluarnya yg kudu dicek seksama.
kenapa terjadi loss...?? pada karet/seal yg sudah hampir habis life timenya, tingkat elastisitas menurun tp belum sampe tahap kaku total atau bocor, jadi pada waktu mbl diam berhari2 karet yg ada di sistem tsb berdiam diri pada posisi kaku krn gak ada aktifitas fluida. Pada saat pertama kali rem dioperasikan setelah berdiam berhari2, barulah karet tsb seperti "terbangun" dr tidurnya dan berangsur2 elastis lg setelah beberapa kali rem dipijak.
PS: sesuai info dr TKP, cuaca sekitar memang dingin, rasanya wajar kalo karet bs jadi kaku krn statis selama 3 hari di kondisi dingin. Saya pernah mengalami kejadian serupa waktu dulu mbl ngendon 1 minggu di villa daerah puncak bogor...![]()
mohon di CMIIW secara saksama dan dalam tempo sesingkat2nya
........................![]()
berarti nambah lagi jajanan baenol ntar wew.....mobil yg waktu dulu kejadian di puncak apaan bang? trus waktu itu yg diganti apa aja?
@asudarsono
takut nya klo didiemin malah ada yg fatal khan repot oom
jalu wrote:mblnya kijang LGX, sehabis kejadian itu sih gak ada ganti part apa2, lha wong jadi kembali normal lg....br kira2 6 bln setelahnya ganti karet seal rem belakang
sebenernya ada juga kejadian rem losss waktu pedal diinjak tapi gak menyebabkan hilangnya fluida dr sistem, biasanya ini karena karet seal di piston pendorong yg ada di master rem atas (deket pedal) udah ngempos, tapi bedanya kalo yg ini justru rem loss terus kalo diinjak lembut/gradual....tapi kalo diinjak agak dihentak masih bs berfungsi normal...kecuali kalo emang udah ngempos parah mau diinjak gradual atau dihendak tetap aja nge losss...
doq wrote:posisi saat itu bukan tanjakan bos darso, tapi kondisi jalan agak menurun..........ataukah ini sama saja? oh ya......utk belakang masih menggunakan tromol, hanya depan saja yang caram
yang saya tau, aplikasi rem tangan khan hanya menahan ban belakang saja bukan? lalu apakah ini turut membebani master rem? (eh...ini maksud nya master rem atas atau bukan pak?)
mohon pencerahan lebih lanjut
doq wrote:ok...ok thx penjelasan nya oom
oiya, seal nya dimana aja nih yg sekira nya perlu diganti? kalau master rem atas apakah bisa hanya ganti seal saja ya? tanpa ganti unit master kamsud saya
hmmm...............setelah dipikir2 kembali, memang keliatan nya kunci dr kasus ini terletak pada usia komponen serta suhu udara yg memiliki perbedaan cukup jauh antara siang dan malam
kenapa? karena saya baru sadar kalau posisi parkir menurun seperti demikian ini bukan hanya baru kali ini saja, sudah cukup lama (hampir 2 tahun) karena garasi memang berdesign seperti itu.
hanya saja saat itu kondisi suhu udara tidak seperti sekarang (kandang baru).
yahhh sudahlah.......emang mesti jajan ini sih
ga ada kelanjutan nya pa'eandy1800 wrote:jd ini kasus, dulu akhirnya ketahuan gak penyebabnya? penyelesaiannya gimana?
soalnya masalah rem gini mmg susah2 gampang...pdhl komponen yg terpenting banget buat mobil...shgga pgn punya bekal pengetahuannya klo swaktu2 ngalamin jg. makanya pls feedback/sharingnya dong.
=============================== ===================== =========doq wrote:sebetul nya ya ga secara tiba2 dan serta-merta habis sih
jadi kronologis nya begini, mobil diparkir dengan posisi menurun dan seperti demikian ada nya dalam jangka 3 hari.............adapun cuaca setempat kalau malam cukup dingin sehingga membuat bagian atas mobil berembun, sedangkan siang nya cukup panas.
nahhhh, hari keempat saat mau dipake, pedal rem terasa loss sekali (harus injak sampai mentok barulah rem bekerja). untung nya ini ketahuan saat masih belum jalan.
waktu saya cek tabung reservoir minyak rem, ternyata berada dibawah level minimum
kok bisa "tiba2" begitu ya?
saya sangat yakin kondisi kampas rem masih cukup tebal karena baru berjarak kurang dari 3 bulan yang lalu saya kuras minyak rem, sementara saya perhatikan tidak ada tanda2 kebocoran minyak rem dibagian roda maupun tetesan2 dibawah mobil.
raib kemanakah minyak rem tersebut dalam jangka waktu hanya 3 hari....???
anyway.......karena ane ada stok minyak rem, ya ditambahin deh ke tabung reservoir dan setelah beberapa waktu ngocok pedal rem..........simsalabim..........normal kembali!![]()
![]()
ga habis pikir nih..........apa ada rekan2 yg bisa kasi pencerahan?
btw.......pasti nya udah pada apal khan pake pake mobil apaan?doq wrote:tambahan:
saat nambahin minyak rem s/d batas kurang dr maksimal, lalu pedal dikocok kembali.........minyak di tabung berkurang sampai dibawah batas minimum, tapi setelah ditambahkan kembali utk kedua kali nya, minyak d tabung tidak berkurang seperti kejadian pertamadoq wrote:cek sepintas (kaki2 deket ban serta kolong mobil) tidak ada tetesan minyak rem, maka nya binun...........but ada bener nya jg sih mesti cek ke bengkel rem sekalian.
btw, klo gejala booster rem mulai afkir itu spt apa ya?doq wrote:kejadian nya ya baru kali ini aja oom, gini kronologis nya; tabung reservoir kosong-top up-kocok2-berkurang kembali-top up lagi-kocok2-normal
selama proses tsb dilakukan tidak sendiri, satu orang bertugas di pedal rem, satu lagi ngecek apakah ada kebocoran saat proses.
beres itu semua, mobil dijalankan (macet-lancar-cepat-lambat) dan rem bekerja normal.
so verdict nya di master rem ya?doq wrote:wah masuk akal banget inijalu wrote:tebak2an ala dukun :(rokok lisong attached
)
tepat pada saat pedal rem diinjak dan mengalami "losss" itu berarti ada karet/seal yg merembes. Disaat itulah kemungkinan besar sebagian minyak rem keluar dr sistem, mengenai entah kemana keluarnya yg kudu dicek seksama.
kenapa terjadi loss...?? pada karet/seal yg sudah hampir habis life timenya, tingkat elastisitas menurun tp belum sampe tahap kaku total atau bocor, jadi pada waktu mbl diam berhari2 karet yg ada di sistem tsb berdiam diri pada posisi kaku krn gak ada aktifitas fluida. Pada saat pertama kali rem dioperasikan setelah berdiam berhari2, barulah karet tsb seperti "terbangun" dr tidurnya dan berangsur2 elastis lg setelah beberapa kali rem dipijak.
PS: sesuai info dr TKP, cuaca sekitar memang dingin, rasanya wajar kalo karet bs jadi kaku krn statis selama 3 hari di kondisi dingin. Saya pernah mengalami kejadian serupa waktu dulu mbl ngendon 1 minggu di villa daerah puncak bogor...![]()
mohon di CMIIW secara saksama dan dalam tempo sesingkat2nya
........................![]()
berarti nambah lagi jajanan baenol ntar wew.....mobil yg waktu dulu kejadian di puncak apaan bang? trus waktu itu yg diganti apa aja?
@asudarsono
takut nya klo didiemin malah ada yg fatal khan repot oomjalu wrote:mblnya kijang LGX, sehabis kejadian itu sih gak ada ganti part apa2, lha wong jadi kembali normal lg....br kira2 6 bln setelahnya ganti karet seal rem belakang
sebenernya ada juga kejadian rem losss waktu pedal diinjak tapi gak menyebabkan hilangnya fluida dr sistem, biasanya ini karena karet seal di piston pendorong yg ada di master rem atas (deket pedal) udah ngempos, tapi bedanya kalo yg ini justru rem loss terus kalo diinjak lembut/gradual....tapi kalo diinjak agak dihentak masih bs berfungsi normal...kecuali kalo emang udah ngempos parah mau diinjak gradual atau dihendak tetap aja nge losss...doq wrote:posisi saat itu bukan tanjakan bos darso, tapi kondisi jalan agak menurun..........ataukah ini sama saja? oh ya......utk belakang masih menggunakan tromol, hanya depan saja yang caram
yang saya tau, aplikasi rem tangan khan hanya menahan ban belakang saja bukan? lalu apakah ini turut membebani master rem? (eh...ini maksud nya master rem atas atau bukan pak?)
mohon pencerahan lebih lanjutdoq wrote:ok...ok thx penjelasan nya oom
oiya, seal nya dimana aja nih yg sekira nya perlu diganti? kalau master rem atas apakah bisa hanya ganti seal saja ya? tanpa ganti unit master kamsud saya
hmmm...............setelah dipikir2 kembali, memang keliatan nya kunci dr kasus ini terletak pada usia komponen serta suhu udara yg memiliki perbedaan cukup jauh antara siang dan malam
kenapa? karena saya baru sadar kalau posisi parkir menurun seperti demikian ini bukan hanya baru kali ini saja, sudah cukup lama (hampir 2 tahun) karena garasi memang berdesign seperti itu.
hanya saja saat itu kondisi suhu udara tidak seperti sekarang (kandang baru).
yahhh sudahlah.......emang mesti jajan ini sih