ESEMKA

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: ESEMKA

Post by zweifellos »

Nightster Guy wrote:
FortunerMan wrote:Kenapa si mpvlover jadi sewot sendiri? santai aja doelll...minum obat dulu, biar gak meletup letup gitu :mrgreen:

Kaya om NG tuh...santai...
Ane uda jelang 38, kalo masih demen tarik urat leher ngamuk sana-sini kek si ortu Habanja user itu, bisa2 umur 40 gameover om.... :mrgreen:
zweifellos wrote:sebenarnya asal bisa merakit saja, anak2 smk itu udah hebat sekali. konon lagi bisa produksi sebagian sparepart sendiri, wah luar biasa itu. makanya mesti cocok tuh dikupas tuntas, sebenarnya apa yang dilakukan para anak smk ini. bukan tujuannya mengkebiri kreafitas mereka tapi dalam rangka memberikan informasi yang benar dengan tidak ditambah-tambahi atau dikurang2i. tentu mengupasnya juga mesti dengan etika, jangan sampai menghakimi atau memupuskan semangat para anak smk tersebut.
Yang bold red, setuju sangat, itu juga penekanan ane dari tadi2 di sebelah. Kalo bodi cuman assembling Foday, bilanglah, gakpapa kok. Jangan diakuin 'inspirasi sendiri', sampah kau Sukiat. Tar malah jadi bumerang.

Dan media jangan over-exposure. Baca: LEBAY. Tar harapan orang pada SMK dan Esemka nya jadi terlalu melambung. :)
sependapat om. mo katanya mencontek, jiplak asal jiplakan sendiri, contekan sendiri nggak masalah. asal jangan terus2an seperti itu aja. setuju om, itu yang paling penting, jangan sampe mengakui karya sendiri padahal hasil orang lain (terlepas benar gaknya omongan Mr. Sukiat).

memang awalnya mikir designnya kreasi anak2 smk, kaget juga bisa bikin design kek gitu. luar biasa kalo emang bisa design sendiri seperti itu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: ESEMKA

Post by Nightster Guy »

Mo yang asli bener2 karya anak SMK sejak R and D nya sampe pembuatannya? Tawon. :)

IMO, Tawon masih lebih pas disebut 'pure' mobnas ketimbang Kiat Esemka. terlepas dari buruk-rupanya si Tawon ini tampangnya. :(
Das Beste oder nichts.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: ESEMKA

Post by mpvlover »

Nightster Guy wrote:Mo yang asli bener2 karya anak SMK sejak R and D nya sampe pembuatannya? Tawon. :)

IMO, Tawon masih lebih pas disebut 'pure' mobnas ketimbang Kiat Esemka. terlepas dari buruk-rupanya si Tawon ini tampangnya. :(
baru gw mau ngomong persis sama bro. bangsa ini emang aneh. karya murni malah dicemooh cuman krn ga bagus estetik aja. yg jelas jelas cuman ngerakit , asal udah pake lampu honda langsung dipuja puja.

definisi mobil nasional ? trinity SASIS MESIN BODI hrs bikinan sendiri. paling penting jelas sasis krn hubungannya dgn handling ! gw jamin mrk asal pasang itu sasis dr cina. ngerti soal bikin sasis ga ? ngitung wheelbase hrs brp panjang ? torsional rigid ?

JUSTRU ANAK ANAK YG BIKIN TAWON YG SAKIT HATI. JUSTRU MEREKA LAH YG PATUT KITA HARGAI ! PRINSIP TIDAK MENCONTEK TDK PLAGIAT APALAGI MEMBOHONGI PUBLIK. KERJA KERAS DAN KEJUJURAN TDK DIHARGAI SMTR YG TINGGAL MERAKIT DOANG DAN BOONG DIKIT DIKIT MALAH DIANGGAP PAHLAWAN NASIONAL ??

buka mata !
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: ESEMKA

Post by zweifellos »

mpvlover wrote:
Nightster Guy wrote:Mo yang asli bener2 karya anak SMK sejak R and D nya sampe pembuatannya? Tawon. :)

IMO, Tawon masih lebih pas disebut 'pure' mobnas ketimbang Kiat Esemka. terlepas dari buruk-rupanya si Tawon ini tampangnya. :(
baru gw mau ngomong persis sama bro. bangsa ini emang aneh. karya murni malah dicemooh cuman krn ga bagus estetik aja. yg jelas jelas cuman ngerakit , asal udah pake lampu honda langsung dipuja puja.

definisi mobil nasional ? trinity SASIS MESIN BODI hrs bikinan sendiri. paling penting jelas sasis krn hubungannya dgn handling ! gw jamin mrk asal pasang itu sasis dr cina. ngerti soal bikin sasis ga ? ngitung wheelbase hrs brp panjang ? torsional rigid ?

JUSTRU ANAK ANAK YG BIKIN TAWON YG SAKIT HATI. JUSTRU MEREKA LAH YG PATUT KITA HARGAI ! PRINSIP TIDAK MENCONTEK TDK PLAGIAT APALAGI MEMBOHONGI PUBLIK. KERJA KERAS DAN KEJUJURAN TDK DIHARGAI SMTR YG TINGGAL MERAKIT DOANG DAN BOONG DIKIT DIKIT MALAH DIANGGAP PAHLAWAN NASIONAL ??

buka mata !
yang dibold mengena sekali. mobil2 buatan indonesia (meski ga 100%) kena bantai kemaren2 di forum ini. ya mestinya bisa dijadikan kritik tapi kalo dari cara ngomongnya sih dah parah amat. :D
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: ESEMKA

Post by Nightster Guy »

mpvlover wrote:- CUT -

definisi mobil nasional ? trinity SASIS MESIN BODI hrs bikinan sendiri. paling penting jelas sasis krn hubungannya dgn handling ! gw jamin mrk asal pasang itu sasis dr cina. ngerti soal bikin sasis ga ? ngitung wheelbase hrs brp panjang ? torsional rigid ?

- CUT -
Keknya sih bodi si Kiat Esemka ini entah:

1) Merakit bodi Foday, beli kit nya, lalu dengan sedikit pembeda di (salah satunya) tail lamp Ispan.

2) 'Terinspirasi/mengkloneng', tanpa membeli bodi aslinya. Cetak/ngetok sendiri. Ane ragu ini. Terlalu mirip hehehehe......... TAPI, poin 2 ini diperkuat dengan testi dari si Juki Alie bahwa bodinya banyak dempul.

Auk ah. :big_weee:
Das Beste oder nichts.
FortunerMan

Re: ESEMKA

Post by FortunerMan »

Yahhh Tawon emang gak bagus - masa mau dibilang bagus. Justru itu membohongi diri - sok menghargai ntar giliran dijual gak ada yg mau keluar duitnya.

Kalo mau laku ya harus memenuhi standar minimum estetika. Buat riset mahasiswa atau developmental study sih bagus2 aja si Tawon. Buat produk siap jual...masih jauh.

Anda mau beli Tawon? Silahkan :p

Proton juga dulu awalnya contek2 aja...lama2 belajar design sendiri. Hyundai juga kerjasama2 dulu...lama2 design sendiri.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: ESEMKA

Post by zweifellos »

Nightster Guy wrote:
mpvlover wrote:- CUT -

definisi mobil nasional ? trinity SASIS MESIN BODI hrs bikinan sendiri. paling penting jelas sasis krn hubungannya dgn handling ! gw jamin mrk asal pasang itu sasis dr cina. ngerti soal bikin sasis ga ? ngitung wheelbase hrs brp panjang ? torsional rigid ?

- CUT -
Keknya sih bodi si Kiat Esemka ini entah:

1) Merakit bodi Foday, beli kit nya, lalu dengan sedikit pembeda di (salah satunya) tail lamp Ispan.

2) 'Terinspirasi/mengkloneng', tanpa membeli bodi aslinya. Cetak/ngetok sendiri. Ane ragu ini. Terlalu mirip hehehehe......... TAPI, poin 2 ini diperkuat dengan testi dari si Juki Alie bahwa bodinya banyak dempul.

Auk ah. :big_weee:
ntar kalo dah masuk media baru dah bisa keliatan lebih banyak lagi kontribusi asli dari siswa smk seperti apa. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ESEMKA

Post by jalu »

http://berita.liputan6.com/read/370792/ ... uatan-cina

...Tapi pengajar SMK Negeri 2 Solo menegaskan 80 persen mobil Esemka menggunakan produk dalam negeri. Sedangkan 20 persen komponen kendaraan seharga Rp 95 juta itu didatangkan dari Jepang dan Cina. "Saat ini kita beli antara lain dashboard, komponen engine, ada cincin torak, katup dan sistem injeksi kita beli. Kemudian beberapa komponen tranmisi dan gardan," jelas guru Otomotif SMK 2 Solo Budi Martono, Kamis (5/1)...
jadi ngapain ribut2 mempermasalahkan dr mana mereka dapet beberapa komponen lainnya, toh dr pihak mereka sendiri udah mengaku itu masih didatangkan dr luar negeri.

kalo memang concern-nya adalah "purity" dr produk itu, lbh baik info yg dicari itu adalah benarkah komposisi mbl esemka itu 80% produk lokal + 20% produk impor, kalo memang ternyata terbukti msh lbh banyak kandungan produk impornya dibanding produk lokalnya baru deh bs koar2 kalo esemka itu cuma produk negara luar yg dirakit disekolah kejuruan.

so..skrg udah ada yg bisa membuktikan kah belum..?? :D
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: ESEMKA

Post by Nightster Guy »

Ane pribadi sih masih curiga ama 'nasionalisme' (bikinan lokal apa gak) dari bodi dan chassisnya hehehehe.......... Pintu depan sih Foday banget.... :mky_03:

Niru, bilanglah niru. It's okay, jangan dibilang 'murni karya sendiri', oke Mr. Sukiat? Give urself SOME RESPECT.
Das Beste oder nichts.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ESEMKA

Post by jalu »

Nightster Guy wrote:Mo yang asli bener2 karya anak SMK sejak R and D nya sampe pembuatannya? Tawon. :)

IMO, Tawon masih lebih pas disebut 'pure' mobnas ketimbang Kiat Esemka. terlepas dari buruk-rupanya si Tawon ini tampangnya. :(
nahh....ente sendiri apakah udah ngebedah tawon itu secara detail belum..?? bener kah dominan komponen yg dipake tawon itu produk lokal ? :D

jangan sampe krn cuma bentuknya Tawon yg sederhana trus dipandang lebih pantas merefleksikan kemampuan design engineering bangsa ini sehingga dianggap lebih "sah" itu adalah mobil nasional....kalo gitu sih sama saja mengakui esksistensi sekaligus melecehkan,hehehehe....

tapi wajar sih kalo publik lbh menilai "pure" atau nggaknya lbh cederung dr desain body yg ada terlebih dulu, miripkah dng produk lain, bagus atau nggak bentuknya...ya krn itulah kesan pertama yg ditangkap oleh mata dan yg bisa terekam di fotografi.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ESEMKA

Post by solar_kerosen »

jalu wrote:
Nightster Guy wrote:Mo yang asli bener2 karya anak SMK sejak R and D nya sampe pembuatannya? Tawon. :)

IMO, Tawon masih lebih pas disebut 'pure' mobnas ketimbang Kiat Esemka. terlepas dari buruk-rupanya si Tawon ini tampangnya. :(
nahh....ente sendiri apakah udah ngebedah tawon itu secara detail belum..?? bener kah dominan komponen yg dipake tawon itu produk lokal ? :D

jangan sampe krn cuma bentuknya Tawon yg sederhana trus dipandang lebih pantas merefleksikan kemampuan design engineering bangsa ini sehingga dianggap lebih "sah" itu adalah mobil nasional....kalo gitu sih sama saja mengakui esksistensi sekaligus melecehkan,hehehehe....

tapi wajar sih kalo publik lbh menilai "pure" atau nggaknya lbh cederung dr desain body yg ada terlebih dulu, miripkah dng produk lain, bagus atau nggak bentuknya...ya krn itulah kesan pertama yg ditangkap oleh mata dan yg bisa terekam di fotografi.

waduh thread udah mulai memanas nih , gue jualan es krim wall's aja dulu siapa tahu laku :mky_07:



Image
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ESEMKA

Post by VanzMatic »

ane sih simple aja melihat dan mendengar pendapat orang.
Tapi ane juga ngga mau hanya ngedenger macan ompong.

Untuk yang merasa meragukan komponen2 macam setir2 dsb2, kenapa tanya saya? Saya hanya sekecil jentikan kuku dalam bagian masyarakat Indonesia ini, yang merasa sedikit lega dan bangga, melihat anak2 sekarang MINIMAL tendensinya sudah ke arah penelitian dan serius sekolah. Saya sih tutup mata aja bagaimana proses mereka, yang dari sebagian orang mencibir dan sinis. Orang yang banyak mencibir, sinis, dan terlalu banyak meragukan pada hal2 yang bersifat detil dan teknis TANPA melihat landasan berfikir yang lebih matang,.... yahh... saya anggap...daya berpikirnya memang baru pada taraf begitu2 aja. Mau bagaimana? Tiap kepala kan berbeda2? Terserah.

Oh iya, hampir lupa, sekira bbrp bulan lalu, waktu Tawon dan kawan2 ngambek ngga ikut IIMS hanya karena 'diplonco' si Jondut, justru saya yg langsung skeptis dengan mental2 orang kayak gini. Okelah mereka punya ide murni. Tapi mental kayak gini mau dibawa ke industri skala Otomotif?? Don't make me laugh, dude! Nah waktu itu, saya malah jadi intens guling2 karya anak SMK. Ternyata karya2 anak SMK ini engga secetek yang di forum ini perdebatkan. Kebanyakan sih tidak menjiplak desain Foday. Ada dari SMK SOlo, Malang, dan bbrp sekola lain yg saya agak lupa. Ada yang D-Cab ber lampu Terios. Coba, sudah cek belum? Ada yang memodif pikup T120ss dan versi minibusnya.
Silakan colek2 om gugel. Buanyaaaaaakkk banget, dan seinget saya sih buanyaaaak yang TIDAK mirip dengan Foday.

Mengenai ada member disini yang justru malah membela Cina, oh, silakan, sana, saya ngga keberatan. Saya lebih keberatan kalau karya anak sekolah malah dibeli negara asing, dipatenkan disana, dan mereka bikin disana untuk dijual disini.. Saya lebih ngga rela.

Yang sangat penting bagi saya, yang anak2 saya juga mulai beranjak gede, mereka PUNYA KARYA yang bisa DITUNJUKKAN pada kita. NYATA adanya, dan mereka punya mental BERANI TAMPIL, walaupun menghadapi cibiran dan sinisan, tapi mereka tetep istikomah.

Beda jauuhh lah ama yang mengaku murni desain, tapi udh bikin sepet mata yang liat, ditambah lagi ngambegkan!! Wah, maaf ya, simpatik saya sudah nggada. Masih mending kalo masih tegar, PEDE engga peduli cibiran yang nyindir bannya copot. Sekarang kalo mereka memang yakin teknologinya murni indonesia dan desainnya juga murni Indonesia, kenapa harus ngambek seolah2 engga pede bahawa itu karya MEREKA SENDIRI??

Maaf, saya memihak anak2 bangsa. Umur juga udh deket dengan tanah, ke siapa lagi bangsa ini diwariskan kalo ngga ke anak2? Saya engga mau, bangsa saya terus menerus jadi tukang cebok bangsa asing, yang kita hanya kebagian kotorannya aja..

NO, without thanks!
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: ESEMKA

Post by BADAK »

Wah mulai rame neh, gw minggir dulu ah nyari tempat duduk ditribun penonton............... :ngacir:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
fbhakim
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Mon Apr 02, 2007 2:57

Re: ESEMKA

Post by fbhakim »

Program mobnas akan selalu mendapat berjuta tantangan dari berbagai pihak, terutama pabrikan2 besar yang sudah menikmati gurihnya pasar otomotif Indonesia.

Hati2 aja. Orang2 Toyota, Nissan, Honda dll gak akan tinggal diam dengan rencana program mobnas dan akan selalu berusaha dengan segala cara, isu, dan propaganda utk mengagalkannya.

Butuh dukungan 1000% dari pemerintah dan rakyat spy mobnas bisa jalan...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: ESEMKA

Post by doq »

nah raja cungkuo kita sudah hadir :mrgreen: :mrgreen:
mungkin bang jalu bisa kasi pandangan lain mengenai si kiat esemka dan tawon itu?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
FortunerMan

Re: ESEMKA

Post by FortunerMan »

jalu wrote:nahh....ente sendiri apakah udah ngebedah tawon itu secara detail belum..?? bener kah dominan komponen yg dipake tawon itu produk lokal ? :D

jangan sampe krn cuma bentuknya Tawon yg sederhana trus dipandang lebih pantas merefleksikan kemampuan design engineering bangsa ini sehingga dianggap lebih "sah" itu adalah mobil nasional....kalo gitu sih sama saja mengakui esksistensi sekaligus melecehkan,hehehehe....

tapi wajar sih kalo publik lbh menilai "pure" atau nggaknya lbh cederung dr desain body yg ada terlebih dulu, miripkah dng produk lain, bagus atau nggak bentuknya...ya krn itulah kesan pertama yg ditangkap oleh mata dan yg bisa terekam di fotografi.
Mantap om raja cungkuo. Kalo saya sih gak terlalu mikir pure atau tidak. Kalo mau mulai mobnas sah2 saja kerjasama dengan pihak lain dulu (jangan plagiat) - ngapain ngotot sasis body mesin bikinan sendiri. Perlu waktu untuk menguasai semuanya.

Tapi kalo mau LAKU dan bukan cuman proyek mercusuar gak jelas, menurut saya harus memenuhi standar minimum estetika dan engineering. Kalo bentuk kaya Tawon...saya gak mau beli. Kalo levelnya kaya Kijang LGX/Panther/Kuda dengan harga bagus, saya mau beli.
User avatar
nasywa azalia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Fri Feb 19, 2010 8:58

Re: ESEMKA

Post by nasywa azalia »

mpvlover wrote:jgn mau dibodoin, esemka tuh mobil cina taktik masuk indo ngaku bikinan indo

smk cuman jual badan doang

heran pejabar negara ini bisa aja diboongin

kaya presiden diboongin mobil pake aer wkwkwkw

http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... a-benarkah
Btw sudah baca artikel ini blm Om "Foday Motor Inc Lirik Mobil SMKN 1 Singosari" http://kampus.okezone.com/read/2010/08/ ... -singosari mungkin bisa menjelaskan semuanya
buka mata buka hati buka telinga..
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ESEMKA

Post by jalu »

fbhakim wrote:Program mobnas akan selalu mendapat berjuta tantangan dari berbagai pihak, terutama pabrikan2 besar yang sudah menikmati gurihnya pasar otomotif Indonesia.

Hati2 aja. Orang2 Toyota, Nissan, Honda dll gak akan tinggal diam dengan rencana program mobnas dan akan selalu berusaha dengan segala cara, isu, dan propaganda utk mengagalkannya.

Butuh dukungan 1000% dari pemerintah dan rakyat spy mobnas bisa jalan...
ya tentu ada reaksi dr atpm sudah eksis disini, ini ada beritanya : http://www.solusimobil.com/direktori-au ... -tersaingi
doq wrote:nah raja cungkuo kita sudah hadir :mrgreen: :mrgreen:
mungkin bang jalu bisa kasi pandangan lain mengenai si kiat esemka dan tawon itu?
br keluar nih dr pedalaman, jd cuma baca2 berita selintas. :mky_06:
entah apa sih standar baku untuk menyatakan suatu produk otomotif itu menjadi sebuah mobil nasional, saya sendiri gak tau kok :mrgreen:

Saya pribadi berprinsip yg penting adalah merek sendiri (bukan dimiliki prinsipal asing) dan yang lbh penting lg adalah local content, kalo bisa sih 100% komponen yg dipake itu produk dan dr produsen dalam negeri. Masalah model/bentuk, kenapa harus miskin ide..di indonesia banyak tuh industri karoseri mobil, tentu ada potensi besar yg bisa digali dr mereka

IMHO ajaah :mky_08:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ESEMKA

Post by VanzMatic »

jalu wrote:
fbhakim wrote:Program mobnas akan selalu mendapat berjuta tantangan dari berbagai pihak, terutama pabrikan2 besar yang sudah menikmati gurihnya pasar otomotif Indonesia.

Hati2 aja. Orang2 Toyota, Nissan, Honda dll gak akan tinggal diam dengan rencana program mobnas dan akan selalu berusaha dengan segala cara, isu, dan propaganda utk mengagalkannya.

Butuh dukungan 1000% dari pemerintah dan rakyat spy mobnas bisa jalan...
ya tentu ada reaksi dr atpm sudah eksis disini, ini ada beritanya : http://www.solusimobil.com/direktori-au ... -tersaingi
doq wrote:nah raja cungkuo kita sudah hadir :mrgreen: :mrgreen:
mungkin bang jalu bisa kasi pandangan lain mengenai si kiat esemka dan tawon itu?
br keluar nih dr pedalaman, jd cuma baca2 berita selintas. :mky_06:
entah apa sih standar baku untuk menyatakan suatu produk otomotif itu menjadi sebuah mobil nasional, saya sendiri gak tau kok :mrgreen:

Saya pribadi berprinsip yg penting adalah merek sendiri (bukan dimiliki prinsipal asing) dan yang lbh penting lg adalah local content, kalo bisa sih 100% komponen yg dipake itu produk dan dr produsen dalam negeri. Untuk tahap awal masalah desain meniru, menyadur atau membeli lisensi dr produsen lain yg sudah ada saya mah gak peduli, meniru juga bagian dr belajar kok. Bisa membuat suatu produk meski itu tiruan bagi saya udah merupakan prestasi ketimbang gak sama sekali, untuk kedepannya tentu dong harus meningkat dengan membuat desain sendiri.

IMHO ajaah :mky_08:
Mbaca postingan kakak pembina, jadi keinget satu kalimat motivasi dari salah satu motivator terkenal,"Bagaimana kita mau lebih pandai dari bos kita kalau kita tidak menyalipnya? Menyalip itu kan proses dari mengikuti / meniru tiap langkah bos kita, lantas kita mempercepat langkah untuk menyamai, barulah kita menyalipnya!"

So, bagaimana mau besar kalau kita engga MENIRU dulu langkah yang sudah lebih dahulu sukses?

just my 2 cents..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: ESEMKA

Post by doq »

sebagai pemerhati cungkuo, menurut bang jalu apakah kiat esemka ini bener merupakan mobcin yg "hanya" dijahit oleh anak2 SMK? dan kebeneran nyinggung tawon, apakah tawon itu memang 100% berasal dr dalam negri? :e-think:

semakin menarik nih tret ini, kita jd makin tau klo sebener nya kiat esemka yg digembor2kan pure ide dalam negri ternyata hanyalah merakit ulang saja.

no problem soal itu, yg jadi sorotan sebener nya masalah "numpang tenar" nya itu.......... :upss:
ada orang yg ngaku2 design esemka tapi ternyata cerita nya lain lagi
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: ESEMKA

Post by salah obat »

VanzMatic wrote:Mbaca postingan kakak pembina, jadi keinget satu kalimat motivasi dari salah satu motivator terkenal,"Bagaimana kita mau lebih pandai dari bos kita kalau kita tidak menyalipnya? Menyalip itu kan proses dari mengikuti / meniru tiap langkah bos kita, lantas kita mempercepat langkah untuk menyamai, barulah kita menyalipnya!"

So, bagaimana mau besar kalau kita engga MENIRU dulu langkah yang sudah lebih dahulu sukses?

just my 2 cents..
Setuja..

ATM
Amati, Tiru, Modifikasi

suatu proses yang wajar dan alamiah.. :big_peace:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: ESEMKA

Post by jalu »

doq wrote:sebagai pemerhati cungkuo, menurut bang jalu apakah kiat esemka ini bener merupakan mobcin yg "hanya" dijahit oleh anak2 SMK? dan kebeneran nyinggung tawon, apakah tawon itu memang 100% berasal dr dalam negri? :e-think:

semakin menarik nih tret ini, kita jd makin tau klo sebener nya kiat esemka yg digembor2kan pure ide dalam negri ternyata hanyalah merakit ulang saja.

no problem soal itu, yg jadi sorotan sebener nya masalah "numpang tenar" nya itu.......... :upss:
ada orang yg ngaku2 design esemka tapi ternyata cerita nya lain lagi
saya blm pernah liat langsung esemka dan tawon apalg sampe meliat proses produksinya, jd gak bs komentar apa2...apakah komponen yg mereka pake itu sebagian besar langsung didatangkan dr cina, ataukah cuma sebagian kecil saja dan sebagian lain dicetak/dibubut di pabrik mereka sendiri. Dan itupun juga mesti ditelaah, apakah part itu yg mereka produksi sendiri itu merupakan rancangan sendiri, ataukah copycat dr part mobil yg sudah ada.

kalo secara bentuk, esemka suv memang mirip sekali Guangdong FUDI (Foday) Explorer, yg pickup mirip Foday Lion. sedangkan tawon memang bentuknya saya gak temukan di produk lain, kemungkinan besar memang desain tawon sendiri. tapi khusus tawon pikap..itu selain kabinnya, bagian belakangnya (seperti bak belakang, frame, gardan) kok mirip bgt motor 3 roda :e-think:

bisa saja esemka memang mengunakan body part Foday sebagai pola dasar untuk desain bodynya, toh Foday sendiri aslinya memang supplier body part untuk produsen mobil cina lainnya seperti Foton, Great Wall, Dongfeng dan Jinbei : http://www.fdqc.com.
Mungkin bukan molding press body kelas wahid yg dimiliki esemka, kalo baca2 di artikel lain siswa smk itu membentuk plat body dng cara konvensional yaitu diketok sambil dipanaskan, dan ini related dng keterangan dr Marjuki Ali yg bilang kalo mbl esemka banyak dempulannya : http://www.vivanews.net/45661-kata-marz ... mp160.html

logikanya, kalo memang nyata2 bodypart dr Foday yg mereka pake, tentu esemka akan minim dempulan krn panel bodynya kan hasil produksi industri besar dng kualitas buatan baik, tapi dr kondisi banyak dempulan ini ada indikasi panel bodynya memang handmade seperti halnya tangan2 kreatif para mekanik di bengkel body repair waktu restorasi.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: ESEMKA

Post by solar_kerosen »

sukses dah buat ESEMKA lumayan buat naikin gengsi sekolahnya :wkkk: :wkkk: :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: ESEMKA

Post by VanzMatic »

solar_kerosen wrote:sukses dah buat ESEMKA lumayan buat naikin gengsi sekolahnya :wkkk: :wkkk: :wkkk:

Lumayan lah, daripada sekolahnya tenar karena narkoba, [cencored], tawuran kan?

Jadi keinget dengan sebuah lembaga pendidikan, yang menamai salah satu gedungnya dengan nama Gedung Pemuda dan Persahabatan. Cakep! :frm_tumbright:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: ESEMKA

Post by Nightster Guy »

Opsi lain, si Foday didatangkan cangkang bodinya aja kali y? Body shell. Jadi si anak2 SMK tinggal bikin kulitnya, y dengan diketok2 manual itu. Kalo cangkang, IMHO cukup sulit bikinnya. Kalo toh bisa, toolsnya SMK mesti sekelas karoseri. Kecuali mo sedikit ngasal kek karoseri di bawah taun 90an yang full dempul dengan rigiditas struktur bodi tanda tanya.

Pengalaman pribadi punya Zebra 86 karoserian milik bokap hehehehe bujubuneng pintu2nya berat banget. Blom setaun, pintu belakangnya (buka ke atas) shocknya udah kalah gak kuat ngangkat lagi....

:wkkk:

Selaras dengan testi Jokowi, bahwa kap mesinnya 'berat', saat TD bareng wartawati Metro TV.
Das Beste oder nichts.