Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

di jalanan banyak orang yang gak ngerti hukum fisika, hitungan matematika, geometri dan terus terang mungkin karena populasinya banyak mereka adalah pengendara motor. Mau motong jalan seenaknya gak liat itu truk dan bus kan gak bisa langsung ngerem atau menghindar kayak motor. Gak tau semakin berat kendaraan semakin jauh titik pengeremannya. :big_slap:
Kok jadi curcol OOT kayak gini...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by jalu »

VanzMatic wrote:
jalu wrote:
VanzMatic wrote:Mau pake yang mobil sedan atau SUV mahal pun, kalo ane, jalan tol nya bilang 80, yaa tetep aja 80. Di Jagorawi atau tol Cikampek bilang max 100, yaa cuman ane mentokin 100.
sangat setuju....
VanzMatic wrote:Dan combo berikutnya, om Toyotaman, adalah bukan angkot atau truk2 bodol, tapi justru mobil2 mahal yang merasa sudah bersafety tinggi, berasuransi, hajar aja menerabas bahu tol, dan lampu merah.

Dan itu tidak hanya 1 atau 5 kendaraan dalam semenit yah! :mrgreen:
lantas bagaimana dengan mobil yg notabene bukan mbl mahal, dengan fitur safety yg tidak begitu tinggi...atau tanpa asuransi sekalipun jika berprilaku sama dengan yg dibold..apakah itu jadi combo juga....??

IMO, bahkan mungkin menjadi combo yg cukup dominan karena populasi mblnya jauh lebih banyak dibanding mbl kelas mahal...dengan populasinya yg sangat banyak, potensi kejadian yg berprilaku seperti itu justru bisa lebih dr 5 kendaraan dalam semenit... :D
Kakak pembina, statement sy itu untuk menjawab tudingan sepihak dari om Toyotaman, bahwa pengancam nyawa kita di jalan, adalah dari golongan angkot, truk2 dan bus2 bodol... Hanya sekali menyebut kendaraan pribadi:
toyotaman wrote:-cut-

* Banyak bis, truk, angkot gituan, bahkan kadang mobil pribadi pun juga, yang sering MUAT terlalu banyak. Melebihi max payload yang di anjurkan.

* Rem mereka kondisinya sering jelek, jarang di rawat dengan baik. Udah berapa kali dengar kasus tabrakan karena rem mereka blong.


-cut-

* Belakangan koran baru lapor, buset, ternyata di Indonesia banyak supir angkot, truk gituan yang pakai SIM palsu atau ngak punya SIM sama sekali. Ada juga yang usianya baru ABG.

* Dan jika beban mereka sering melebihi max payload, kalau tabrak kita, kan tenaganya makin berbahaya ?



So kita hadapi TRIPLE COMBO DANGER ini !! Orang asing kalau tau pasti geleng geleng kepala.


-cut

Mengenai yang saya bold, saya memang cukup kesulitan untuk mengabadikan dgn kamera hp saya saat di jalan tol, betapa banyaknya (selain habanja xenia dan Futura), mobil pribadi dari macam Mazda, Mercy, BMW, Corolla, dan masih banyak lagi yang sangat suka sekali memakai bahu jalan, dan dengan entengnya, tau2 nyerobot jalur kita yang udah mengantri dengan tertib!! Saya tidak mau kejadian konyol, hanya karena ingin memotret betapa jahanamnya para para penyerobot2 bahu jalan dan jalur2 orang lain, tapi tindakan saya sendiri itu sudah merupakan pelanggaran lalulintas, apalagi kalo sampai nyundul mobil depan saya gara2 aktivitas merekam dengan kamera tu..

Saya yang baru 1 tahun punya mobil di Jakarta aja udh cukup muak dengan aksi orang kaya sombong itu!! Engga sekali dua kali saya berusaha tetap antri, eeh dia maksa masuk antrian di depan saya dengan sebelumnya memotong dua jalur di sebelah kiri saya dgn sangat angkuhnya. Ya jelas saya kalah aja!! Mobil no insurance at all, saya juga tidak diasuransikan (takut kalo pas dia bawa tukang pukul juga di mobilnya), mobil murah, sedangkan dia, mobil vuull asuransi trus bisa seenaknya aja main serodok gitu..!! (Paling hanya ngedoain aja dia tewas disambar KA! :evil: :evil: :evil:)

Ini juga salah satu alasan terkuat saya untuk tidak akan sampai kapanpun mengasuransikan mobil saya! Biar yang makek jadi hati2 engga main injak2 dan menzholimi pengendara lain! Perkara jadi ada apa2, asalkan kita bukan yang melanggar, ya mau bilang apa. Tapi at least, dengan kondisi bener2 kosongan gitu, saya memaksa pada diri saya untuk berlaku sopan dan menghargai pada pengendara lain!!
kalo memang bertujuan mengcounter TM, lantas kenapa yg diambil sebagai combo itu malah mobil mahal yg jumlahnya justru minoritas...? :D
dalam logika saya, yg berpopulasi lbh banyak-lah yg bisa menjadi combo tandingan bus/angkot/truk...

saya jg penasaran kenapa ente sangat kesal dng mobil kelas mahal yg ugal2an...??
sebab namanya dijalanan itu sama saja kok, mau mobil murah atau mahal....kalo prilakunya sama2 ugal2an tetap saja itu arogan/sombong... setuju..?? :D

di indonesia gak ada regulasi yg mengharuskan semua kendaraan ber-asuransi, maka tidak ada kepastian bahwa mobil2 mahal tsb juga ber-asuransi...dan gak bisa jg kalo kita mau pukul rata bahwa pengemudi mbl2 mahal yg berani berprilaku ugal2 tsb krn mblnya berasuransi...paling sebatas menebak2 saja. prilaku dijalan lebih ke mental pengemudi, mau apapun jenis mblnya, dan seberapa lengkap cover asuransi-nya

masalah mau ikut asuransi atau tidak, krn disini asuransi kendaraan gak diwajibkan jadi tergantung pilihan masing2...apapun alasan ente untuk tidak ikut asuransi, selama itu bertujuan positif tetap harus dihargai :frm_tumbright:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

mobil mahal gak jamin perilaku sopan di jalan di youtube banyak tuh mobil harga 200 ribu dolar hancur :big_smoking:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by m4rio »

Turboman wrote:Ane posting gambar gambar ini utk analisa bersama dan semoga tidak menjadi ajang flamming antar fans merek mobil.

Mari kita lihat daleman pintu Pansah.............

Utk sementara no comment dulu

kalo liat foto yang kedua itu bisa dibilang Side Impact Beam-nya gk ya? yang batang melintang itu.

secara kalo di kijang kapsul SIBnya besi bulet, lumayan tebel.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Nightster Guy »

Om Turbooooooooo....

Kira2 JK Wrangler, eh Cudo bulet ane taun '02 uda pakek SIB blom nih? Kalo blom, keknya perlu ane potong2 besi pipa dan install sendiri yak? Ngelasnya di bengkel om Peot bisa gak y.... Image
Das Beste oder nichts.
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by m4rio »

DOHC wrote:ternyata daleman nya sama ama pintu panther ane.. :mky_03: :mky_03: :mky_03: ... tapi pintu apansa lebi enak nutup nya... kalo pintu panther mahh naujibileh... mau yg kapsul atau kotak, sama aja... jebrak.. garing gt bunyi nya.. murahan banget bunyi nya..

daleman panther sama kyk apa klep?? saya kyk avanza??
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

Panther gak ada SIB??? Innova aja ada....
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by m4rio »

kalo ane napa ya dari pada mobil ada crumple zone ( kalo gk salah yang buat nyerap benturan kan, jadi rusak di daerah crumple zone kabin aman ) ane lebih suka yang sekalian aja dibuat rigid, contoh di depan dikasih tanduk dengan besi FULL alias isi diameter sekitar 5 cm, jadi kalo nabrak ya gk sampe kena kemana2 alias ketahan di pelindung. dari pada hancur kemana2.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by doq »

m4rio wrote:kalo ane napa ya dari pada mobil ada crumple zone ( kalo gk salah yang buat nyerap benturan kan, jadi rusak di daerah crumple zone kabin aman ) ane lebih suka yang sekalian aja dibuat rigid, contoh di depan dikasih tanduk dengan besi FULL alias isi diameter sekitar 5 cm, jadi kalo nabrak ya gk sampe kena kemana2 alias ketahan di pelindung. dari pada hancur kemana2.
semua ada kekurangan-kelebihan nya.......
kendaraan dg design crumple zone (jangan dicampuradukan dg design pedestrian safety ya) akan lebih aman bagi penumpang nya pada saat terjadi benturan, karena energi benturan itu akan diserap oleh bagian kendaraan tertentu sehingga daya rusak nya akan berkurang sebelum sampai ke kabin penumpang.................kerugian nya, mobil bakal terlihat rusak parah walau misal nya hanya terjadi benturan yg tidak terlalu berat.
dan sebalik nya dg kendaraan tanpa crumple zone. cmiiw
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by m4rio »

doq wrote:
m4rio wrote:kalo ane napa ya dari pada mobil ada crumple zone ( kalo gk salah yang buat nyerap benturan kan, jadi rusak di daerah crumple zone kabin aman ) ane lebih suka yang sekalian aja dibuat rigid, contoh di depan dikasih tanduk dengan besi FULL alias isi diameter sekitar 5 cm, jadi kalo nabrak ya gk sampe kena kemana2 alias ketahan di pelindung. dari pada hancur kemana2.
semua ada kekurangan-kelebihan nya.......
kendaraan dg design crumple zone (jangan dicampuradukan dg design pedestrian safety ya) akan lebih aman bagi penumpang nya pada saat terjadi benturan, karena energi benturan itu akan diserap oleh bagian kendaraan tertentu sehingga daya rusak nya akan berkurang sebelum sampai ke kabin penumpang.................kerugian nya, mobil bakal terlihat rusak parah walau misal nya hanya terjadi benturan yg tidak terlalu berat.
dan sebalik nya dg kendaraan tanpa crumple zone. cmiiw

emang sih broo, kalo yg ente bilang penumpang dikabin bisa aman karena benturan ud di serap duluan dan penumpang pun gk shock. beda dengan dibuat rigid sesuai dengan kesukaan ane, penumpang pasti bakal ngerasa shock karena seolah2 ditahan langsung sesuatu, ibaratnya ente loncat dari ketinggian yg lumayan dengan kaki pasti kaki berasa gimana gitu karena terkena pukulan yg kaget, berbeda dengan mendarat dimatras yang benturanya diserap oleh matras.

tapi kok yg malas liat tuh rusaknya itu kalo pake crumple zone.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Turboman »

abrof wrote:Panther gak ada SIB??? Innova aja ada....
Panti TBR 541 ada

Kalo TBR 52 gak ada..........ane juga dulu pernah pake TBR 52 cukup lama.......heheheheheh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by abrof »

bro NG...escudo 03 ada kok SIB....biasanya klo mobil dijual di negara2 yg regulasi safetynya ketat pasti ada...Kapsul aja ada....
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by poeticmind »

Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Ane hanya menyampaikan gambar

Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda :mrgreen:

Salam
begini oom... ikut ngelindur dikit...
avanza sebenernya menurut ane, ditujukan utk kendaraan city car yg lebih kecil dibanding innova... jadi soal safety juga bukan utk hantaman diatas 85km/jam. wong ditabrak motor aja bagian depan avanza bisa berantakan...
nah, yg menjadi masalah adalah konsumen yg membeli avanza lebih banyak digunakan utk keluar kota... sudah jauh dari target awal peruntukan nya... semua travel dan mobil2 kantoran/pabrik mengganti jajaran kendaraan nya dengan avanza tanpa melihat apakah mobil ini cukup aman atau tidak.
irit iya, kenceng iya... safety? permisi, tolong suruh supir jangan ngebut2...
(lha... mobil avanza nya sih pelan2... tapi yg nabrak kan ga pelan2...)

satu lagi, konstruksi pintu avanza kalah jauh sama suzuki carry/mitsu t120ss (yg ane liat...). menyedihkan...
so, ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).

avanza bukan mobil jelek kok, hanya perlu upgrade 'sedikit' ...
Image
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by doq »

wahh.......... hayu tuh pemakai avania yg mau melengkapi pintu nya pake SIB segera dateng ke garasi
:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by solar_kerosen »

poeticmind wrote:
Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Ane hanya menyampaikan gambar

Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda :mrgreen:

Salam
begini oom... ikut ngelindur dikit...
avanza sebenernya menurut ane, ditujukan utk kendaraan city car yg lebih kecil dibanding innova... jadi soal safety juga bukan utk hantaman diatas 85km/jam. wong ditabrak motor aja bagian depan avanza bisa berantakan...
nah, yg menjadi masalah adalah konsumen yg membeli avanza lebih banyak digunakan utk keluar kota... sudah jauh dari target awal peruntukan nya... semua travel dan mobil2 kantoran/pabrik mengganti jajaran kendaraan nya dengan avanza tanpa melihat apakah mobil ini cukup aman atau tidak.
irit iya, kenceng iya... safety? permisi, tolong suruh supir jangan ngebut2...
(lha... mobil avanza nya sih pelan2... tapi yg nabrak kan ga pelan2...)

satu lagi, konstruksi pintu avanza kalah jauh sama suzuki carry/mitsu t120ss (yg ane liat...). menyedihkan...
so, ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).

avanza bukan mobil jelek kok, hanya perlu upgrade 'sedikit' ...

sudah ada yg menawarkan jasa pemasangan ,tinggal di sambangi saja bicara harga nanti ngaku aja member SM siapa tahu free :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by poeticmind »

hahaha asem...

ga mahal kok, oom... yang jelas keuntungan nya, pemasangan rollbar didalam pintu mencegah si pintu itu melipat jauh jika ditabrak atau terguling(amit2 ya...) , jadi pintu tetep pada kedudukan nya. pada bbrapa kasus, pintu melipat sehingga lepas dari kuncinya, nah bukan ga mungkin pintu akan terlepas dari engsel.

di semua bengkel body repair juga bisa ngerjain...
Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by asudarsono »

Ah, masa segitunya. Kalau gitu, mending pintunya dijual aja, buat ongkos pasang roll bar ama cat cammo desert storm, cakep kali ya.
Ready to Race
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by aldy »

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22041
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Turboman »

poeticmind wrote:ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).
Very nice share...........hebat ada user yang sangat teliti........salut :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
* Bukan ajakan Beli *
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2288
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by ilhami »

bisa di share lebih detil roll bar nya?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
poeticmind wrote:ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).
Very nice share...........hebat ada user yang sangat teliti........salut :frm_tumbright: :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Dipasangin rollbar, emang mau buat rally? Pasang rollbar, kalo penumpang tengah / belakang engga pakai sabuk pengaman juga, ya...kakehan karep iku jenenge.. (kebanyakan maunya)

Yah, kecuali kalok duit dah tinggal petik depan rumah aja mah monggo aja.

Maaf OOT dikit, ini pic mobil naas yg disupirin ipul tempo hari.
Di pintu tengah kanan yang sobek itu, ada besi melintangnya warna silver mencolok.
Itu SIB pa bukan ya? :e-think:

Image

Oia, untuk kecepatan, bukannya kecepatan saat crash test itu rata2 60 - 80 kpj? Kalo tabrakan frontal offset, biasanya ditest speed 60-70 kpj.
Contoh pada Terios:
Image

Even BMW dan Volvo saja, ditubrukkan frontal offset (frontal pada sisi pengemudi saja) pada kecepatan 90kpj aja hancur begitu!
Click here

Soo... kenapa harus melaju cepat2 kalo di jalan??
Nggada yang bakal ngasih piala kan kalo bawa BMW sampai 200kpj?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by zweifellos »

kenapa harus melaju cepat?

tak ada yang mengharuskan melaju cepat. cuma kalo mobilnya mampu baik dari segi performance maupun safety serta kondisi jalan memungkinkan (bila melihat faktor keamanan) untuk melaju kencang, kenapa tidak.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

zweifellos wrote:kenapa harus melaju cepat?

tak ada yang mengharuskan melaju cepat. cuma kalo mobilnya mampu baik dari segi performance maupun safety serta kondisi jalan memungkinkan (bila melihat faktor keamanan) untuk melaju kencang, kenapa tidak.
sudah klik film nya?
Pake BMW ama Volvo aja hasilnya kayak gitu kok...buat apa cepat? Spt kata om NG: Vocer nyawa cuman atu-atunya...

Remember aja, crash test dilakukan pada speed 60-70 kpj, bukan diatas 100kpj..
Last edited by VanzMatic on Fri Sep 23, 2011 4:53, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by Nightster Guy »

Mmmmmm, dari bentuknya sih keknya bukan SIB, om VM, 'coz setau OB SIB selalu berpenampang bulat karena batang berpenampang bulat secara fisika paling kuat menerima benturan dari semua sisi, CMIIW.
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:Mmmmmm, dari bentuknya sih keknya bukan SIB, om VM, 'coz setau OB SIB selalu berpenampang bulat karena batang berpenampang bulat secara fisika paling kuat menerima benturan dari semua sisi, CMIIW.
Kalo dari bbrp brosur yg pernah baca, engga musti bulet, om... Penampang pipih juga bisa jadi SIB.. cmiiw juga yaa..! :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "