Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
di jalanan banyak orang yang gak ngerti hukum fisika, hitungan matematika, geometri dan terus terang mungkin karena populasinya banyak mereka adalah pengendara motor. Mau motong jalan seenaknya gak liat itu truk dan bus kan gak bisa langsung ngerem atau menghindar kayak motor. Gak tau semakin berat kendaraan semakin jauh titik pengeremannya.
Kok jadi curcol OOT kayak gini...
Kok jadi curcol OOT kayak gini...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kalo memang bertujuan mengcounter TM, lantas kenapa yg diambil sebagai combo itu malah mobil mahal yg jumlahnya justru minoritas...?VanzMatic wrote:Kakak pembina, statement sy itu untuk menjawab tudingan sepihak dari om Toyotaman, bahwa pengancam nyawa kita di jalan, adalah dari golongan angkot, truk2 dan bus2 bodol... Hanya sekali menyebut kendaraan pribadi:jalu wrote:sangat setuju....VanzMatic wrote:Mau pake yang mobil sedan atau SUV mahal pun, kalo ane, jalan tol nya bilang 80, yaa tetep aja 80. Di Jagorawi atau tol Cikampek bilang max 100, yaa cuman ane mentokin 100.
lantas bagaimana dengan mobil yg notabene bukan mbl mahal, dengan fitur safety yg tidak begitu tinggi...atau tanpa asuransi sekalipun jika berprilaku sama dengan yg dibold..apakah itu jadi combo juga....??VanzMatic wrote:Dan combo berikutnya, om Toyotaman, adalah bukan angkot atau truk2 bodol, tapi justru mobil2 mahal yang merasa sudah bersafety tinggi, berasuransi, hajar aja menerabas bahu tol, dan lampu merah.
Dan itu tidak hanya 1 atau 5 kendaraan dalam semenit yah!
IMO, bahkan mungkin menjadi combo yg cukup dominan karena populasi mblnya jauh lebih banyak dibanding mbl kelas mahal...dengan populasinya yg sangat banyak, potensi kejadian yg berprilaku seperti itu justru bisa lebih dr 5 kendaraan dalam semenit...
toyotaman wrote:-cut-
* Banyak bis, truk, angkot gituan, bahkan kadang mobil pribadi pun juga, yang sering MUAT terlalu banyak. Melebihi max payload yang di anjurkan.
* Rem mereka kondisinya sering jelek, jarang di rawat dengan baik. Udah berapa kali dengar kasus tabrakan karena rem mereka blong.
-cut-
* Belakangan koran baru lapor, buset, ternyata di Indonesia banyak supir angkot, truk gituan yang pakai SIM palsu atau ngak punya SIM sama sekali. Ada juga yang usianya baru ABG.
* Dan jika beban mereka sering melebihi max payload, kalau tabrak kita, kan tenaganya makin berbahaya ?
So kita hadapi TRIPLE COMBO DANGER ini !! Orang asing kalau tau pasti geleng geleng kepala.
-cut
Mengenai yang saya bold, saya memang cukup kesulitan untuk mengabadikan dgn kamera hp saya saat di jalan tol, betapa banyaknya (selain habanja xenia dan Futura), mobil pribadi dari macam Mazda, Mercy, BMW, Corolla, dan masih banyak lagi yang sangat suka sekali memakai bahu jalan, dan dengan entengnya, tau2 nyerobot jalur kita yang udah mengantri dengan tertib!! Saya tidak mau kejadian konyol, hanya karena ingin memotret betapa jahanamnya para para penyerobot2 bahu jalan dan jalur2 orang lain, tapi tindakan saya sendiri itu sudah merupakan pelanggaran lalulintas, apalagi kalo sampai nyundul mobil depan saya gara2 aktivitas merekam dengan kamera tu..
Saya yang baru 1 tahun punya mobil di Jakarta aja udh cukup muak dengan aksi orang kaya sombong itu!! Engga sekali dua kali saya berusaha tetap antri, eeh dia maksa masuk antrian di depan saya dengan sebelumnya memotong dua jalur di sebelah kiri saya dgn sangat angkuhnya. Ya jelas saya kalah aja!! Mobil no insurance at all, saya juga tidak diasuransikan (takut kalo pas dia bawa tukang pukul juga di mobilnya), mobil murah, sedangkan dia, mobil vuull asuransi trus bisa seenaknya aja main serodok gitu..!! (Paling hanya ngedoain aja dia tewas disambar KA! )
Ini juga salah satu alasan terkuat saya untuk tidak akan sampai kapanpun mengasuransikan mobil saya! Biar yang makek jadi hati2 engga main injak2 dan menzholimi pengendara lain! Perkara jadi ada apa2, asalkan kita bukan yang melanggar, ya mau bilang apa. Tapi at least, dengan kondisi bener2 kosongan gitu, saya memaksa pada diri saya untuk berlaku sopan dan menghargai pada pengendara lain!!
dalam logika saya, yg berpopulasi lbh banyak-lah yg bisa menjadi combo tandingan bus/angkot/truk...
saya jg penasaran kenapa ente sangat kesal dng mobil kelas mahal yg ugal2an...??
sebab namanya dijalanan itu sama saja kok, mau mobil murah atau mahal....kalo prilakunya sama2 ugal2an tetap saja itu arogan/sombong... setuju..??
di indonesia gak ada regulasi yg mengharuskan semua kendaraan ber-asuransi, maka tidak ada kepastian bahwa mobil2 mahal tsb juga ber-asuransi...dan gak bisa jg kalo kita mau pukul rata bahwa pengemudi mbl2 mahal yg berani berprilaku ugal2 tsb krn mblnya berasuransi...paling sebatas menebak2 saja. prilaku dijalan lebih ke mental pengemudi, mau apapun jenis mblnya, dan seberapa lengkap cover asuransi-nya
masalah mau ikut asuransi atau tidak, krn disini asuransi kendaraan gak diwajibkan jadi tergantung pilihan masing2...apapun alasan ente untuk tidak ikut asuransi, selama itu bertujuan positif tetap harus dihargai
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
mobil mahal gak jamin perilaku sopan di jalan di youtube banyak tuh mobil harga 200 ribu dolar hancur
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Turboman wrote:Ane posting gambar gambar ini utk analisa bersama dan semoga tidak menjadi ajang flamming antar fans merek mobil.
Mari kita lihat daleman pintu Pansah.............
Utk sementara no comment dulu
kalo liat foto yang kedua itu bisa dibilang Side Impact Beam-nya gk ya? yang batang melintang itu.
secara kalo di kijang kapsul SIBnya besi bulet, lumayan tebel.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Om Turbooooooooo....
Kira2 JK Wrangler, eh Cudo bulet ane taun '02 uda pakek SIB blom nih? Kalo blom, keknya perlu ane potong2 besi pipa dan install sendiri yak? Ngelasnya di bengkel om Peot bisa gak y....
Kira2 JK Wrangler, eh Cudo bulet ane taun '02 uda pakek SIB blom nih? Kalo blom, keknya perlu ane potong2 besi pipa dan install sendiri yak? Ngelasnya di bengkel om Peot bisa gak y....
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
DOHC wrote:ternyata daleman nya sama ama pintu panther ane.. ... tapi pintu apansa lebi enak nutup nya... kalo pintu panther mahh naujibileh... mau yg kapsul atau kotak, sama aja... jebrak.. garing gt bunyi nya.. murahan banget bunyi nya..
daleman panther sama kyk apa klep?? saya kyk avanza??
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Panther gak ada SIB??? Innova aja ada....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kalo ane napa ya dari pada mobil ada crumple zone ( kalo gk salah yang buat nyerap benturan kan, jadi rusak di daerah crumple zone kabin aman ) ane lebih suka yang sekalian aja dibuat rigid, contoh di depan dikasih tanduk dengan besi FULL alias isi diameter sekitar 5 cm, jadi kalo nabrak ya gk sampe kena kemana2 alias ketahan di pelindung. dari pada hancur kemana2.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
semua ada kekurangan-kelebihan nya.......m4rio wrote:kalo ane napa ya dari pada mobil ada crumple zone ( kalo gk salah yang buat nyerap benturan kan, jadi rusak di daerah crumple zone kabin aman ) ane lebih suka yang sekalian aja dibuat rigid, contoh di depan dikasih tanduk dengan besi FULL alias isi diameter sekitar 5 cm, jadi kalo nabrak ya gk sampe kena kemana2 alias ketahan di pelindung. dari pada hancur kemana2.
kendaraan dg design crumple zone (jangan dicampuradukan dg design pedestrian safety ya) akan lebih aman bagi penumpang nya pada saat terjadi benturan, karena energi benturan itu akan diserap oleh bagian kendaraan tertentu sehingga daya rusak nya akan berkurang sebelum sampai ke kabin penumpang.................kerugian nya, mobil bakal terlihat rusak parah walau misal nya hanya terjadi benturan yg tidak terlalu berat.
dan sebalik nya dg kendaraan tanpa crumple zone. cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
doq wrote:semua ada kekurangan-kelebihan nya.......m4rio wrote:kalo ane napa ya dari pada mobil ada crumple zone ( kalo gk salah yang buat nyerap benturan kan, jadi rusak di daerah crumple zone kabin aman ) ane lebih suka yang sekalian aja dibuat rigid, contoh di depan dikasih tanduk dengan besi FULL alias isi diameter sekitar 5 cm, jadi kalo nabrak ya gk sampe kena kemana2 alias ketahan di pelindung. dari pada hancur kemana2.
kendaraan dg design crumple zone (jangan dicampuradukan dg design pedestrian safety ya) akan lebih aman bagi penumpang nya pada saat terjadi benturan, karena energi benturan itu akan diserap oleh bagian kendaraan tertentu sehingga daya rusak nya akan berkurang sebelum sampai ke kabin penumpang.................kerugian nya, mobil bakal terlihat rusak parah walau misal nya hanya terjadi benturan yg tidak terlalu berat.
dan sebalik nya dg kendaraan tanpa crumple zone. cmiiw
emang sih broo, kalo yg ente bilang penumpang dikabin bisa aman karena benturan ud di serap duluan dan penumpang pun gk shock. beda dengan dibuat rigid sesuai dengan kesukaan ane, penumpang pasti bakal ngerasa shock karena seolah2 ditahan langsung sesuatu, ibaratnya ente loncat dari ketinggian yg lumayan dengan kaki pasti kaki berasa gimana gitu karena terkena pukulan yg kaget, berbeda dengan mendarat dimatras yang benturanya diserap oleh matras.
tapi kok yg malas liat tuh rusaknya itu kalo pake crumple zone.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Panti TBR 541 adaabrof wrote:Panther gak ada SIB??? Innova aja ada....
Kalo TBR 52 gak ada..........ane juga dulu pernah pake TBR 52 cukup lama.......heheheheheh
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
bro NG...escudo 03 ada kok SIB....biasanya klo mobil dijual di negara2 yg regulasi safetynya ketat pasti ada...Kapsul aja ada....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
begini oom... ikut ngelindur dikit...Turboman wrote:Ane hanya menyampaikan gambarVanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda
Salam
avanza sebenernya menurut ane, ditujukan utk kendaraan city car yg lebih kecil dibanding innova... jadi soal safety juga bukan utk hantaman diatas 85km/jam. wong ditabrak motor aja bagian depan avanza bisa berantakan...
nah, yg menjadi masalah adalah konsumen yg membeli avanza lebih banyak digunakan utk keluar kota... sudah jauh dari target awal peruntukan nya... semua travel dan mobil2 kantoran/pabrik mengganti jajaran kendaraan nya dengan avanza tanpa melihat apakah mobil ini cukup aman atau tidak.
irit iya, kenceng iya... safety? permisi, tolong suruh supir jangan ngebut2...
(lha... mobil avanza nya sih pelan2... tapi yg nabrak kan ga pelan2...)
satu lagi, konstruksi pintu avanza kalah jauh sama suzuki carry/mitsu t120ss (yg ane liat...). menyedihkan...
so, ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).
avanza bukan mobil jelek kok, hanya perlu upgrade 'sedikit' ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
wahh.......... hayu tuh pemakai avania yg mau melengkapi pintu nya pake SIB segera dateng ke garasi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
poeticmind wrote:begini oom... ikut ngelindur dikit...Turboman wrote:Ane hanya menyampaikan gambarVanzMatic wrote: Iya, saya paham kalau side impact beam itu begitu.. lantas inti yang mau dibahas om Turboman yang ngga jelas itu lah yang jadi pemikiran kita2, apalagi om Turboman malah stated bahwa no comment.. Lho, lantas maksutnya gimana nih bikin trit baru ya om...?
Monggo utk diartikan sendiri...........tentu tiap orang punya sudut pandang yg berbeda
Salam
avanza sebenernya menurut ane, ditujukan utk kendaraan city car yg lebih kecil dibanding innova... jadi soal safety juga bukan utk hantaman diatas 85km/jam. wong ditabrak motor aja bagian depan avanza bisa berantakan...
nah, yg menjadi masalah adalah konsumen yg membeli avanza lebih banyak digunakan utk keluar kota... sudah jauh dari target awal peruntukan nya... semua travel dan mobil2 kantoran/pabrik mengganti jajaran kendaraan nya dengan avanza tanpa melihat apakah mobil ini cukup aman atau tidak.
irit iya, kenceng iya... safety? permisi, tolong suruh supir jangan ngebut2...
(lha... mobil avanza nya sih pelan2... tapi yg nabrak kan ga pelan2...)
satu lagi, konstruksi pintu avanza kalah jauh sama suzuki carry/mitsu t120ss (yg ane liat...). menyedihkan...
so, ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).
avanza bukan mobil jelek kok, hanya perlu upgrade 'sedikit' ...
sudah ada yg menawarkan jasa pemasangan ,tinggal di sambangi saja bicara harga nanti ngaku aja member SM siapa tahu free
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
hahaha asem...
ga mahal kok, oom... yang jelas keuntungan nya, pemasangan rollbar didalam pintu mencegah si pintu itu melipat jauh jika ditabrak atau terguling(amit2 ya...) , jadi pintu tetep pada kedudukan nya. pada bbrapa kasus, pintu melipat sehingga lepas dari kuncinya, nah bukan ga mungkin pintu akan terlepas dari engsel.
di semua bengkel body repair juga bisa ngerjain...
ga mahal kok, oom... yang jelas keuntungan nya, pemasangan rollbar didalam pintu mencegah si pintu itu melipat jauh jika ditabrak atau terguling(amit2 ya...) , jadi pintu tetep pada kedudukan nya. pada bbrapa kasus, pintu melipat sehingga lepas dari kuncinya, nah bukan ga mungkin pintu akan terlepas dari engsel.
di semua bengkel body repair juga bisa ngerjain...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Ah, masa segitunya. Kalau gitu, mending pintunya dijual aja, buat ongkos pasang roll bar ama cat cammo desert storm, cakep kali ya.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
http://www.nissan.co.id/id/web/models/G ... /84914.htm
Ijin posting livina udh ada SIB..
Ijin posting livina udh ada SIB..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- SM Specialist
- Posts: 22041
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Very nice share...........hebat ada user yang sangat teliti........salutpoeticmind wrote:ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2288
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
bisa di share lebih detil roll bar nya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Dipasangin rollbar, emang mau buat rally? Pasang rollbar, kalo penumpang tengah / belakang engga pakai sabuk pengaman juga, ya...kakehan karep iku jenenge.. (kebanyakan maunya)Turboman wrote:Very nice share...........hebat ada user yang sangat teliti........salutpoeticmind wrote:ga salah kalo ada bapak2 yg ke ane, minta dikasih roll bar didalam pintu...itu pernah ane kerjain taun lalu. salut juga sama si bapak ini... plus peredam aspal agar si body kaleng agak tebelan dikit. Ntah engselnya moga2 masih kuat... (belum ada complain).
Yah, kecuali kalok duit dah tinggal petik depan rumah aja mah monggo aja.
Maaf OOT dikit, ini pic mobil naas yg disupirin ipul tempo hari.
Di pintu tengah kanan yang sobek itu, ada besi melintangnya warna silver mencolok.
Itu SIB pa bukan ya?
Oia, untuk kecepatan, bukannya kecepatan saat crash test itu rata2 60 - 80 kpj? Kalo tabrakan frontal offset, biasanya ditest speed 60-70 kpj.
Contoh pada Terios:
Even BMW dan Volvo saja, ditubrukkan frontal offset (frontal pada sisi pengemudi saja) pada kecepatan 90kpj aja hancur begitu!
Click here
Soo... kenapa harus melaju cepat2 kalo di jalan??
Nggada yang bakal ngasih piala kan kalo bawa BMW sampai 200kpj?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
kenapa harus melaju cepat?
tak ada yang mengharuskan melaju cepat. cuma kalo mobilnya mampu baik dari segi performance maupun safety serta kondisi jalan memungkinkan (bila melihat faktor keamanan) untuk melaju kencang, kenapa tidak.
tak ada yang mengharuskan melaju cepat. cuma kalo mobilnya mampu baik dari segi performance maupun safety serta kondisi jalan memungkinkan (bila melihat faktor keamanan) untuk melaju kencang, kenapa tidak.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
sudah klik film nya?zweifellos wrote:kenapa harus melaju cepat?
tak ada yang mengharuskan melaju cepat. cuma kalo mobilnya mampu baik dari segi performance maupun safety serta kondisi jalan memungkinkan (bila melihat faktor keamanan) untuk melaju kencang, kenapa tidak.
Pake BMW ama Volvo aja hasilnya kayak gitu kok...buat apa cepat? Spt kata om NG: Vocer nyawa cuman atu-atunya...
Remember aja, crash test dilakukan pada speed 60-70 kpj, bukan diatas 100kpj..
Last edited by VanzMatic on Fri Sep 23, 2011 4:53, edited 1 time in total.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Mmmmmm, dari bentuknya sih keknya bukan SIB, om VM, 'coz setau OB SIB selalu berpenampang bulat karena batang berpenampang bulat secara fisika paling kuat menerima benturan dari semua sisi, CMIIW.
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisa pintu Apansah (Safety-nya)
Kalo dari bbrp brosur yg pernah baca, engga musti bulet, om... Penampang pipih juga bisa jadi SIB.. cmiiw juga yaa..!Nightster Guy wrote:Mmmmmm, dari bentuknya sih keknya bukan SIB, om VM, 'coz setau OB SIB selalu berpenampang bulat karena batang berpenampang bulat secara fisika paling kuat menerima benturan dari semua sisi, CMIIW.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "