Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
neo300400 wrote:Om TS ikutan nanya juga ya disini, kali aja memang masalahnya sama.
Mobil saya Latio 2007, saat masuk jalan berlubang ga ada gejala kaki2 rusak, tetapi jika jalan di tol kecepatan diatas 100kpj jika di rem steering terasa bergetar, tetapi kl ga di rem ga apa2, kira2 penyakitnya ada dimana?, mohon bantuan master2.
tq
ini masalahnya karena permukaan disc yg sudah tidak rata, biasanya karena penggantian brakepad baru menyebabkan getaran. karena permukaan brakepad baru yg rata menempel dengan permukaan disc yg tidak rata, pasti bergetar.
solusinya seperti si dog bilang, dibubut discnya. tapi sebenernya dibiarin juga gapapa... lama2 juga akan terbentuk alur baru antara brakepad dan disc. selama pengereman masih maksimal, ga masalah... cuma ga enak aja bawanya. so, terserah oom neo saja... kalo mau nyaman, dibubut.
latio kalo gak salah sudah ABS kan? kalo iya, bisa jadi karena ABS nya om... ciri ABS kalo panic breaking gitu getar2.. tapi kalo rem yang biasa, harusnya gak getar... cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ilhami wrote:kalau gitu "bubut sambil jalan" saja, sambil jalan injak rem sedikit sejauh kira-kira 10 km. Bisa rata nggak?
hahahaha ya ga begitu lah, lama2 juga rata... hanya biasanya bengkel menyarankan utk dibubut, ga mahal kok...
maskopat wrote:latio kalo gak salah sudah ABS kan? kalo iya, bisa jadi karena ABS nya om... ciri ABS kalo panic breaking gitu getar2.. tapi kalo rem yang biasa, harusnya gak getar... cmiiw...
mungkin juga, tapi kan jalan 100km/jam masa panic breaking terus? harusnya sih gak lah pat... beda sama SL ente kan pake brembo, ya ga ada masalah begini...
maskopat wrote:latio kalo gak salah sudah ABS kan? kalo iya, bisa jadi karena ABS nya om... ciri ABS kalo panic breaking gitu getar2.. tapi kalo rem yang biasa, harusnya gak getar... cmiiw...
kalo entu yang ngegeter kaki kangmas Kopat.... yang dirasain om neo di setir ya?
Kalo tanda bearing roda yang oblak gimana ya? geyol-geyol di setir juga ya?
mo nanya Jupe dulu ah, nyang pakar teknik Geyollogi..
iya memang, tapi tidak setiap kondisi... hanya sewaktu pengereman agak 'panic' saja... saya coba jalan di 120kmj menginjak rem normal tidak bergetar... mungkin bergetar tapi sangat halus.
maskopat wrote:latio kalo gak salah sudah ABS kan? kalo iya, bisa jadi karena ABS nya om... ciri ABS kalo panic breaking gitu getar2.. tapi kalo rem yang biasa, harusnya gak getar... cmiiw...
kalo entu yang ngegeter kaki kangmas Kopat.... yang dirasain om neo di setir ya?
Kalo tanda bearing roda yang oblak gimana ya? geyol-geyol di setir juga ya?
mo nanya Jupe dulu ah, nyang pakar teknik Geyollogi..
betul sekali bro pasti geyol2,jg kalo baut2nya kendor geyol2 jg
poeticmind wrote:bearing sih pas jalan juga kerasa, pat... itu alamat kudu ganti.. hehe
ane pernah pengalaman bearing gak berasa kalo rusak om... pas ane service rem, ketahuan deh bearing roda belakang sudah parah...
udah digerak2in juga gak seperti bearing rusak...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
poeticmind wrote:wah emang ga bunyi, pat? biasanya berdengung...
kayaknya dengungnya mendadak keras dan laher sudah parah rusaknya....
waktu ban digerakin juga gak seperti laher rusak. jadi laher dikeluarin dari list masalah. trus ane minta montir periksa rem karena ada rembesan di belakang.. waktu dibongkar, ketahuan kalo lahernya rusak..
biasanya kalo laher rusak, ban digerakin seperti oblak kan?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
poeticmind wrote:wah emang ga bunyi, pat? biasanya berdengung...
kayaknya dengungnya mendadak keras dan laher sudah parah rusaknya....
waktu ban digerakin juga gak seperti laher rusak. jadi laher dikeluarin dari list masalah. trus ane minta montir periksa rem karena ada rembesan di belakang.. waktu dibongkar, ketahuan kalo lahernya rusak..
biasanya kalo laher rusak, ban digerakin seperti oblak kan?
sebelum jebol pun, kalo jalan berdengung... ane curiga ga kedengeran soalnya ente jalan ga pernah lebih dari 60km/jam. artinya kecepatan sepedah bmx... makanya pas jebol, mendadak keras...
jarang banget kejadian laher diganti dengan kondisi rusak parah, pat... biasanya sih waktu dipake jalan berdengung yaaaa itu tanda2 laher udah ga beres.
suara laher yg sudah 'kena' memang hampir mirip sama suara ban kena aspal... kalo laher dengungan nya lebih ngebass...
nah itu dia om... gak lama sebelum itu ane ganti ban. ane pikir dengung itu dari ban..
soalnya gak mirip laher bunyinya. lagian, SL ane kan udah boyo. bawa 80km/jam aja sudah berat...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
gambar yg ane kasih red arrow itu apa seh namanya ? baut as roda ato apa ya om bhs mekaniknya ternyata sumber masalah ban ane oblak dari baut itu kendor,trus ma bengkel dikencengin ditambah lagi baut kontra ===> case solved deh,tapi besoknya ane bawa keluar kota tiba2 ada bunyi srek srek diroda depan kiri lagi !!! waduh dapa lagi nih rodanya ane trusin aja bawa mobilnya keluar kota (nanggung dah sampe pertengahan jalan) sampe pulang kerumah dgn selamat,dgn kondisi diperjalanan kadang bunyi kadang gak,biasanya bunyi semakin keras kalo lepas gas ato pas nginjek kopling emang napa ya om....hadewww binun ane,oh ya timbul bunyi itu disertai dgn kurang pakemnya rem musti dikocok 3 X baru bisa ngerem dng sempurna,jd selama perjalanan ane bawa mobil paling banter 60 kpj + dag dig dug jantung per detik
baut yg kendor itu sebaiknya bukan ditambah baut kontra... tapi di as nya harusnya ada kuncinya, semacam pin... dan bautnya juga bukan sembarang baut.
bunyi srek2 itu bisa dari sistem rem... mungkin ga balik lagi. ane baca rem harus dikocok 3kali baru ngerem...itu masuk angin... cek master atas dan bawah... sama oli rem berkurang tidak..
masalah kayak begini susah di diagnosa kalo tidak cek langsung, lebih baik ente ke bengkel lagi atau pindah bengkel agar ada 2nd opinion. jelaskan masalah nya, dan tanya dulu biaya nya sebelum dikerjakan.
bengkel banyak kok yg rekomended.
poeticmind wrote:baut yg kendor itu sebaiknya bukan ditambah baut kontra... tapi di as nya harusnya ada kuncinya, semacam pin... dan bautnya juga bukan sembarang baut.
bunyi srek2 itu bisa dari sistem rem... mungkin ga balik lagi. ane baca rem harus dikocok 3kali baru ngerem...itu masuk angin... cek master atas dan bawah... sama oli rem berkurang tidak..
masalah kayak begini susah di diagnosa kalo tidak cek langsung, lebih baik ente ke bengkel lagi atau pindah bengkel agar ada 2nd opinion. jelaskan masalah nya, dan tanya dulu biaya nya sebelum dikerjakan.
bengkel banyak kok yg rekomended.
kalo masuk angin rasanya seh gak lah karna udah dibleeding semua om,mgkin bener om dari sistem remnya pasalnya waktu itu orang bengkelnya mencopot rumah cakramnya karna harus ngelepas piringan cakramnya bisa jadi waktu ngebalikin rumah cakramnya kurang kenceng ato gimana2 ya om,ok deh brarti kudu balikin lagi ke bengkelnya buat dibenerin lagi
erpurpone wrote:
gambar yg ane kasih red arrow itu apa seh namanya ? baut as roda ato apa ya om bhs mekaniknya ternyata sumber masalah ban ane oblak dari baut itu kendor,trus ma bengkel dikencengin ditambah lagi baut kontra ===> case solved deh,tapi besoknya ane bawa keluar kota tiba2 ada bunyi srek srek diroda depan kiri lagi !!! waduh dapa lagi nih rodanya ane trusin aja bawa mobilnya keluar kota (nanggung dah sampe pertengahan jalan) sampe pulang kerumah dgn selamat,dgn kondisi diperjalanan kadang bunyi kadang gak,biasanya bunyi semakin keras kalo lepas gas ato pas nginjek kopling emang napa ya om....hadewww binun ane,oh ya timbul bunyi itu disertai dgn kurang pakemnya rem musti dikocok 3 X baru bisa ngerem dng sempurna,jd selama perjalanan ane bawa mobil paling banter 60 kpj + dag dig dug jantung per detik
baut tsb adalah center bolt untuk bearing roda, atau ada yg bilang itu baut as roda karena memang posisinya terpasang di as roda. Saat baut tsb kendor itu sebagai indikasi bahwa bearing sudah mulai aus, tapi kalopun kendor bukan berarti harus selalu ganti bearing. Justru harus dicek seberapa oblaknya, apakah cukup dikencangkan saja atau memang harus ganti bearing.
btw....bengkel yg anda kunjungi itu lepas kaliper & cakram segala apakah untuk mengecek kondisi bearing atau cuma sistem rem aja..?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
Casciscus wrote:Ngedengungnya laher rusak dibandingin ama ngedengungnya gardan yang dah aus dan ngedengungnya ban offroad buat aspalan kira-kira mana lebih mirip om ?
meski sama2 dengung tapi beda...hmm..agak susah menjelaskan dng kata2 tp saya kasi perumpamaannya ya :
bearing
jika modenya ball bearing (umum terdapat di live axle) dengungnya cenderung ke suara gemuruh, sementara yg model tappered bearing (umumnya di roda depan mbl FWD) itu suara gemuruhnya jadi rada2 mirip helikopter ....semakin kencang laju kendaraan makan suaranya makin kentara, di posisi gigi berapapun, baik akselerasi atau deselerasi. Perbedaan kontur jalan yg dilewati gak merubah suara dengungnya
gardan aus
dengungnya seperti "whining" (suara lenguhan ikan paus), bunyi muncul saat pedal gas dipijak diposisi gigi yang less torque (gigi 4 atau gigi 5), saat lepas gas justru bunyinya hilang. Ada kalanya semakin cepat laju kendaraan maka bunyinya makin hilang. Perbedaan kontur jalan gak merubah suara dengungnya
ban offroad on the road
dengungnya seperti gerombolan suara tawon, semakin kencang laju kendaraan suaranya makin kentara, dan suaranya bisa berubah jika kontur jalan yang dilaluinya berbeda.
sorry kalo deskripsinya kurang sempurna
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
kalo suara paus melenguh tu bisa dicek diyutub....yang susah itu nyari suara paus mengeluh....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
gardan aus
dengungnya seperti "whining" (suara lenguhan ikan paus), bunyi muncul saat pedal gas dipijak diposisi gigi yang less torque (gigi 4 atau gigi 5), saat lepas gas justru bunyinya hilang. Ada kalanya semakin cepat laju kendaraan maka bunyinya makin hilang. Perbedaan kontur jalan gak merubah suara dengungnya
- CUT -
Nambahin, bro..
Pada sikon gardan udah aus parah (istilah orang bengkel 'gigi nanas' nya), pada saat pedal gas dilepas bunyi gak hilang tapi berganti dari 'whining' ke suara 'kerrrrrrrrrrrrrr'..
Kalo pedege jual beli mobil yang klewatan kurang ajar, ngadepin sikon gini, si gardan dimasukin buah pisang, viskositas jadi kentel gak karuan, bunyi2an ilang smentara (singkat banget), skedar buat calon buyer (malang) test drive.. Ckckckckck....