[ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Permisi.....nubie izin menyimak:)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
- Location: tangerang <-> jakarta
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
kenceng ga, badan nge geter semua iyaVanzMatic wrote: Pantesan, Kijang super sampe Grand Extra, kuatnya main RPM bawah....![]()
![]()
Keunggulan OHV sih...
Coba bawa Grand Extra di tol di RPM 4500-5000.....

vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
setau saya mau yg banci atau yg maho....eh yg asli itu sama2 DOHCVanzMatic wrote:Sepengetahuan ane, DOHC itu pasti Twincam, tapi twincam belum tentu DOHC.gmx wrote:Wah terima kasih om gambarnya.. Kalo twincam gimana om?
Jadi, istilah DOHC 'banci' itulah nama teknisnya adalah Twincam, dimana dua noken as nya yang untuk in dan ex diatur oleh 1 cam gear
Sedangkan DOHC murni, diatur oleh 2 camgear...
Mohon perhatikan kembali gambar yang saya post...
Demikian, mohon masukan dari agan2 semua.. Maaf agak lama bales, masih ngerjain kerjaan kantor juga... *waks!*
istilah banci lbh banyak ditemui dikalangan komunitas otomotif...mungkin krn outputnya tidak sebesar versi yg dohc "asli" dng mesin yg berbasis sama (contoh otoy 4A-FE vs 4A-GE)
DOHC banci adalah jenis konstruksi cyl head dng valve narrow angle, bentuk cyl headnya ramping bahkan hampir seperti head SOHC (contoh 4A-FE)
sedangkan yg umum disebut DOHC asli itu konstruksi cyl head dng valve wide angle, bentuk cyl headnya lebar, dan biasanya masing2 cam memiliki puli/cam gear sendiri2 dan digerakan lgsg dr crankshaft tanpa melalui cam gear tambahan (contoh 4A-GE)
isitlah twincam kalo diterjemah dr kamus itu artinya 2 cam..DOHC masuk dlm kategori twincam,
tapi yg lbh umum pake istilah itu adalah mesin toyota, baik yang DOHC narrow angle dan DOHC wide angle diberi trade mark "twincam"
ini ada foto mesin toyota DOHC 'asli" (wide angle) dng trademark "twincam" (4A-GE)

CMIIW aajhaa...

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
momod kita DOHC banci apa enggak ya?? .......... 

Permisii
............................. 


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
IMHO:
Kalo skg di era VVT ini, mekanisme 1 Cam menggerakkan cam lain dgn gigi spt di 4A-FE mulai ditinggalkan, en rata2 ke Dual Cam yang masing2 puli-nya terpisah, krn puli merangkap Cam Phaser / Cam actuator yg dimensi-nya cukup gede.
mekanisme "Twin Cam" masih dipakai di mesin-mesin Diesel Toyota yg D4 D spt 2KD / 1KD-FTV.
CMIIW
Kalo skg di era VVT ini, mekanisme 1 Cam menggerakkan cam lain dgn gigi spt di 4A-FE mulai ditinggalkan, en rata2 ke Dual Cam yang masing2 puli-nya terpisah, krn puli merangkap Cam Phaser / Cam actuator yg dimensi-nya cukup gede.
mekanisme "Twin Cam" masih dipakai di mesin-mesin Diesel Toyota yg D4 D spt 2KD / 1KD-FTV.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
menyimak,,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Iya bener om, bisa dibedakan banget dari gambar om itu, sebelah kirinya kepala silinder kan ada plastik hitam penutup dual camgearnya. Itu visualisasi kasat mata yang membuktikan bahwa mesin itu DOHC asli (with dual camgear yang masing2 camgear menggerakkan satu camshaft).jalu wrote:[
setau saya mau yg banci atau yg maho....eh yg asli itu sama2 DOHC
istilah banci lbh banyak ditemui dikalangan komunitas otomotif...mungkin krn outputnya tidak sebesar versi yg dohc "asli" dng mesin yg berbasis sama (contoh otoy 4A-FE vs 4A-GE)
DOHC banci adalah jenis konstruksi cyl head dng valve narrow angle, bentuk cyl headnya ramping bahkan hampir seperti head SOHC (contoh 4A-FE)
sedangkan yg umum disebut DOHC asli itu konstruksi cyl head dng valve wide angle, bentuk cyl headnya lebar, dan biasanya masing2 cam memiliki puli/cam gear sendiri2 dan digerakan lgsg dr crankshaft tanpa melalui cam gear tambahan (contoh 4A-GE)
isitlah twincam kalo diterjemah dr kamus itu artinya 2 cam..DOHC masuk dlm kategori twincam,
tapi yg lbh umum pake istilah itu adalah mesin toyota, baik yang DOHC narrow angle dan DOHC wide angle diberi trade mark "twincam"
ini ada foto mesin toyota DOHC 'asli" (wide angle) dng trademark "twincam" (4A-GE)
CMIIW aajhaa...
Setau ane, kalo DOHC ala twincam (narrow angle), girnya tertutup jadi satu dengan kepala silinder...

(berarti Habanja gue DOHC banci doonk?)


Twincam itu sejak taon 80-an akhir, menjadi 'bahasa marketing' yang menyebut mesin Toyota 4A-FE dengan DOHC. Padahal sejak generasi Peugeot jadul atau Lotus tahun 70-an udh dipake teknologi Twincam, CMIIW yaa...
Nah, yang menjadi rancu dari sisi bahasa teknik maupun bahasa Marketing, adalah saat Corrolla generasi 4A-GE yang memakai teknologi DOHC aseli yang lebih perkasa, tetep disebut Twincam. Padahal jeroannya udh ngga 4A-FE lagi....
Di kalangan driver truk, juga dikenal Colt Diesel banci: Colt Diesel 100ps, tapi 6 roda! Boyo, bos! Saya nyoba juga, ngos2an tuh truk ane bawain muatan 2 ton, berasa kayak naek Isuzu Elf yang boyo itu..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
untung SOHC jantan semua



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
DOHC narrow angle (yg sering disebut DOHC banci) umum diaplikasi di mbl harian (daily use), merupakan pengembangan sistem yang bertujuan untuk mendapatkan benefit narrow angle ala SOHC dimana output nya bs didapat di rpm lebih rendah sehingga berpotensi lbh efisien bahan bakar...tetapi di rpm tinggi masih tetap bs smooth ala DOHC itu sendiri...selain itu seperti contoh di mesin bensin itu posisi businya bs ditempatkan ditengah2 (tepat di tengah2 kepala piston) sehingga bs didapat desain ruang bakar yg idealVanzMatic wrote:Iya bener om, bisa dibedakan banget dari gambar om itu, sebelah kirinya kepala silinder kan ada plastik hitam penutup dual camgearnya. Itu visualisasi kasat mata yang membuktikan bahwa mesin itu DOHC asli (with dual camgear yang masing2 camgear menggerakkan satu camshaft).
Setau ane, kalo DOHC ala twincam (narrow angle), girnya tertutup jadi satu dengan kepala silinder...
(berarti Habanja gue DOHC banci doonk?)![]()
salah satu mesin jadul DOHC wide angle yg pernah saya temui adalah mesin fiat 132, kebetulan dapet fotonya dr gugel :VanzMatic wrote:Twincam itu sejak taon 80-an akhir, menjadi 'bahasa marketing' yang menyebut mesin Toyota 4A-FE dengan DOHC. Padahal sejak generasi Peugeot jadul atau Lotus tahun 70-an udh dipake teknologi Twincam, CMIIW yaa...

btw...mesin fiat tsb juga pake trade mark "twin cam" : http://en.wikipedia.org/wiki/Fiat_Twin_Cam_engine
dalam literatur otomotif yg saya pernah baca...gak ada satupun yg menyatakan "twin cam" itu merupakan salah satu jenis sistem mekanisme valve di mesin... adanya ya L Head, OHC (SOHC & DOHC) dan OHV. Jadi sampai saat ini yang saya tau twin cam itu bukan menyatakan itu DOHC narrow angle (banci) atau wide angle (asli), tapi menyatakan ada 2 camshaft didalam mesin tsb.VanzMatic wrote:Nah, yang menjadi rancu dari sisi bahasa teknik maupun bahasa Marketing, adalah saat Corrolla generasi 4A-GE yang memakai teknologi DOHC aseli yang lebih perkasa, tetep disebut Twincam. Padahal jeroannya udh ngga 4A-FE lagi....
CMIIW sebelum dan sesudahnya

yg blm pernah saya buktikan adalah benarkah mesin yg punya trademark "twincam" tsb itu camshaftnya bener2 kembar identik (twin) antara IN dan EX sehingga bs dituker2 posisinya...??


"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Sebenarnya perbedaan OHC/OHV bukan pertanda karakter mesin (kuat di atas, loyo di bawah atau sebaliknya). OHV/OHC itu cuma cara utk membuka/tutup klep.
Karakter mesin kebanyakan ditentukan oleh desain camshaft, desain intake manifold, dan desain exhaust manifold (atau header). Lucunya, tiga desain ini ditentukan oleh langkah crankshaft (crankshaft stroke).
Hitungan utk desain2 ini ditentukan juga oleh kecepatan angin yg masuk (intake) dan gas yg keluar (exhaust). Karakternya berbeda karena bbrp faktor2 dan yg paling besar, tempratur. Semua ini ada hubungan erat dgn kecepatan suara dan resonansi.
Bingung gak sampe sini ? Hehehe.
Makanya kenapa jaman sekarang banyak dipakai variable valve timing karena bukaan dan timing klep itu menentukan di mana letaknya torsi maksimum. Karena variable length intake manifold dan variable exhaust manifold susah bikinnya, yg jadi fokus ya klep.
Perbedaan antara 1 cam (OHV dan SOHC) atau 2 cam (DOHC) cuma masalah timing. Kalau 1 cam, perbedaan timing antara intake dan exhaust susah disetelnya (contohnya - mesti ganti cam). Dgn 2 cam, masing2 cam bisa disetel maju mundurnya.
Satu lagi keuntungan 2 cam adalah pemakaian klep yg lebih banyak. Kenapa pake klep lebih banyak ? Karena nafasnya lebih gampang. Dibandingkan dgn 2 klep, mesin dgn 1 klep bukaannya mesti jauh lebih gede (bisa 4x), padahal yg pake 2 klep, ukuran klepnya jauh lebih kecil.
Itu 2 keuntungannya yg paling besar. Sisanya masalah maksimum rpm yg bisa dicapai, masalah packaging (mesin DOHC butuh silinder head lebar), dan masalah bagian yg bergerak lebih sedikit/lebih banyak. Konsekuensi2 ini kecil efeknya. Ada betulnya mesin OHV gak bisa terlalu tinggi RPM-nya karena pushrod-nya mesti lebih kuat dan karena bukaan klepnya besar sekali untuk putaran tinggi (gara2 cuma ada 1 klep), per klepnya jadi lebih pendek umurnya.
Tapi siapa sih yg pake putaran tinggi utk nyetir di jalanan ? Mesin di atas 3000 rpm (di gigi paling atas) sudah terlalu tinggi utk di jalanan; bising. Nyetirnya juga bikin cepat lelah. Kalau utk balapan itu beda ceritanya.
Krn di Indonesia susah utk cari mobil yg mesinnya punya torsi gede di rpm rendah, jadi dibayangkan saja ya
Corvette C6 Z06 itu waktu lari 100 kph di gigi 6, rpmnya cuma 1.400. Utk truk Chevy Silverado dgn mesin 285-hp 5.3l, rpm waktu lari 120 kph di gigi 4 (4-speed matik) cuma 2.000. Nyetirnya jadi santai, mesin tidak bising
Kesimpulannya - OHV/OHC menentukan faktor2 kecil dalam hal karakter mesin. Dgn konfigurasi camshaft yg sama, saya berani jamin OHV/SOHC/DOHC (dgn jumlah klep yg sama) tidak terasa bedanya. Kalau jumlah klepnya lebih banyak, baru terasa ada bedanya di putaran tinggi.
Daripada pusing soal valvetrain, saya mending fokus ke ukuran mesin. Prinsipnya, daripada jumlah klepnya (per silinder) dobel, mending silindernya yg dobel
Karakter mesin kebanyakan ditentukan oleh desain camshaft, desain intake manifold, dan desain exhaust manifold (atau header). Lucunya, tiga desain ini ditentukan oleh langkah crankshaft (crankshaft stroke).
Hitungan utk desain2 ini ditentukan juga oleh kecepatan angin yg masuk (intake) dan gas yg keluar (exhaust). Karakternya berbeda karena bbrp faktor2 dan yg paling besar, tempratur. Semua ini ada hubungan erat dgn kecepatan suara dan resonansi.
Bingung gak sampe sini ? Hehehe.
Makanya kenapa jaman sekarang banyak dipakai variable valve timing karena bukaan dan timing klep itu menentukan di mana letaknya torsi maksimum. Karena variable length intake manifold dan variable exhaust manifold susah bikinnya, yg jadi fokus ya klep.
Perbedaan antara 1 cam (OHV dan SOHC) atau 2 cam (DOHC) cuma masalah timing. Kalau 1 cam, perbedaan timing antara intake dan exhaust susah disetelnya (contohnya - mesti ganti cam). Dgn 2 cam, masing2 cam bisa disetel maju mundurnya.
Satu lagi keuntungan 2 cam adalah pemakaian klep yg lebih banyak. Kenapa pake klep lebih banyak ? Karena nafasnya lebih gampang. Dibandingkan dgn 2 klep, mesin dgn 1 klep bukaannya mesti jauh lebih gede (bisa 4x), padahal yg pake 2 klep, ukuran klepnya jauh lebih kecil.
Itu 2 keuntungannya yg paling besar. Sisanya masalah maksimum rpm yg bisa dicapai, masalah packaging (mesin DOHC butuh silinder head lebar), dan masalah bagian yg bergerak lebih sedikit/lebih banyak. Konsekuensi2 ini kecil efeknya. Ada betulnya mesin OHV gak bisa terlalu tinggi RPM-nya karena pushrod-nya mesti lebih kuat dan karena bukaan klepnya besar sekali untuk putaran tinggi (gara2 cuma ada 1 klep), per klepnya jadi lebih pendek umurnya.
Tapi siapa sih yg pake putaran tinggi utk nyetir di jalanan ? Mesin di atas 3000 rpm (di gigi paling atas) sudah terlalu tinggi utk di jalanan; bising. Nyetirnya juga bikin cepat lelah. Kalau utk balapan itu beda ceritanya.
Krn di Indonesia susah utk cari mobil yg mesinnya punya torsi gede di rpm rendah, jadi dibayangkan saja ya

Kesimpulannya - OHV/OHC menentukan faktor2 kecil dalam hal karakter mesin. Dgn konfigurasi camshaft yg sama, saya berani jamin OHV/SOHC/DOHC (dgn jumlah klep yg sama) tidak terasa bedanya. Kalau jumlah klepnya lebih banyak, baru terasa ada bedanya di putaran tinggi.
Daripada pusing soal valvetrain, saya mending fokus ke ukuran mesin. Prinsipnya, daripada jumlah klepnya (per silinder) dobel, mending silindernya yg dobel

Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Ada juga sih ooom pos vett...cmiiw..jazz i-dsi karakternya torsi puncak didpt di rpm rendah...cmiiw dan itu SOHC(design SOHC dipilih krn ingin hemat tempat, ini yg ane baca dr reviewer luar) tah betul atau salah.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
WUAH!! Hebat om, bisa nemuin mesin FIAT ini..!jalu wrote: salah satu mesin jadul DOHC wide angle yg pernah saya temui adalah mesin fiat 132, kebetulan dapet fotonya dr gugel :
btw...mesin fiat tsb juga pake trade mark "twin cam" : http://en.wikipedia.org/wiki/Fiat_Twin_Cam_engine

dalam literatur otomotif yg saya pernah baca...gak ada satupun yg menyatakan "twin cam" itu merupakan salah satu jenis sistem mekanisme valve di mesin... adanya ya L Head, OHC (SOHC & DOHC) dan OHV. Jadi sampai saat ini yang saya tau twin cam itu bukan menyatakan itu DOHC narrow angle (banci) atau wide angle (asli), tapi menyatakan ada 2 camshaft didalam mesin tsb.VanzMatic wrote:Nah, yang menjadi rancu dari sisi bahasa teknik maupun bahasa Marketing, adalah saat Corrolla generasi 4A-GE yang memakai teknologi DOHC aseli yang lebih perkasa, tetep disebut Twincam. Padahal jeroannya udh ngga 4A-FE lagi....
CMIIW sebelum dan sesudahnya

yg blm pernah saya buktikan adalah benarkah mesin yg punya trademark "twincam" tsb itu camshaftnya bener2 kembar identik (twin) antara IN dan EX sehingga bs dituker2 posisinya...??


Tepat, om Jalu..!! Yang saya maksud di atas adlh karena Toyota gencar mempromosiin Toyota Corolla tahun 1990-an sebagai Corolla Twincam (4A-FE), shg konotasi orang awam adalah, Twincam ditemukan oleh Toyota di tahun2 80-90an. Udah gitu, pas keluar versi GTi yang 4A-GE, tetep juga disematkan julukan Twincam. Padhal 4A-GE udah DOHC tulen (2 camgear). Yang saya maksud rancu adlh seperti itu om... Di kalangan pedege, jadinya kalo nyebut nyari Twincam, pasti konotasinya ke Corolla yang notchback ituu... Padahal Corolla liftback, merk Fiat, Lotus, Peugeot juga pakai..
Eh iya, saya pernah baca di majalah Tempo jaman SMP klas 3, katanya Peugeot itulah penemu Twincam (1cam gear DOHC). Apa bener yaa...?


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
ehemm..nescafe wrote:momod kita DOHC banci apa enggak ya?? ..........



paling nga sehh ga perna ngajak mandi bareng...





numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Permisi sepuh skalian....nubie numpang nanya, karena pernah baca artikel, katanya mesin dgn kelep DOHC kerugian mekanisme paling kecil dan efisien ya?
kalo begitu apa pertimbangan desainer mesin memakai sistim OHV(kebykan) di peruntukan heavy duty?cmiiw
kalo begitu apa pertimbangan desainer mesin memakai sistim OHV(kebykan) di peruntukan heavy duty?cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
nescafe wrote:momod kita DOHC banci apa enggak ya?? ..........


soal yg satu ini jg msh belon ketauan nehh

................................................

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
coba ente suruh si akang ngecek "push rod" nya si momod............




"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1588
- Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
- Location: medhan
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Ikut ketawa z dee.hahahhah.kagak ngerti apa yg di bicarain org2 di atas anee.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
tukang cek kolor,,,Hansen wrote:bukannya si badak yg tukang ngecek jeroan?![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
nah ini dia salah satu korbannya badak...ak4ng wrote:tukang cek kolor,,,Hansen wrote:bukannya si badak yg tukang ngecek jeroan?![]()



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Suhu Cloud sudah menjawab, om:ZombiEE wrote:Permisi sepuh skalian....nubie numpang nanya, karena pernah baca artikel, katanya mesin dgn kelep DOHC kerugian mekanisme paling kecil dan efisien ya?
kalo begitu apa pertimbangan desainer mesin memakai sistim OHV(kebykan) di peruntukan heavy duty?cmiiw
Cloud wrote:Banyak juga mesin2 modern pake pushrod ato ohv, umumnya buat mesin2 cc besar yang memiliki rpm lebih rendah, karena pake pushrod justru lebih menguntungkan dibanding pake ohc/dohc. konstruksi mesin dapat lebih kompak, kerugian mekanis lebih kecil.
buat mesin cc kecil dengan putaran tinggi malah merugikan, rpm yang tinggi akan mengakibatkan kerugian inersia yang cukup besar pada valvetrain, mengakibatkan rpm lambat naik, getaran yang tinggi, dan kurang efisien.

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
iya ya, bentuknya aja belum ketauan..doq wrote:nescafe wrote:momod kita DOHC banci apa enggak ya?? ..........![]()
soal yg satu ini jg msh belon ketauan nehh
................................................

........

Permisii
............................. 


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Dibukak aja oom......(cylinder head-nya, maksud ane.....)nescafe wrote:iya ya, bentuknya aja belum ketauan..doq wrote:nescafe wrote:momod kita DOHC banci apa enggak ya?? ..........![]()
soal yg satu ini jg msh belon ketauan nehh
................................................![]()

........


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV



"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: [ask] perbedaan DOHC-SOHC-OHV
Uda dicek blm yaaa?????