kampas rem
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: seputar brake pad dan brake shoe
mengenai ban, kita tau ada umur teknisnya. walaupun jarang dipake dan kembangan masih tebel tapi kalo udah lewat 5 tahun pasti karetnya mengeras dan ada retak rambut di sekeliling ban.
pun dengan oli mesin, walaupun KM belum mencapai penggantian oli berikutnya, tapi maksimal 1 tahun oli musti ganti.
pertanyaan saya, bagaimana dengan brake pad atau brake shoe, apakah ada umur teknisnya juga?
pun dengan oli mesin, walaupun KM belum mencapai penggantian oli berikutnya, tapi maksimal 1 tahun oli musti ganti.
pertanyaan saya, bagaimana dengan brake pad atau brake shoe, apakah ada umur teknisnya juga?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: seputar brake pad dan brake shoe
Kalau sudah lama sekali mmg yg sy perhatikan brake pad juga ada menjadi agak lebih keras, tapi perioda waktu amat sgt panjang sekalimarmut wrote:mengenai ban, kita tau ada umur teknisnya. walaupun jarang dipake dan kembangan masih tebel tapi kalo udah lewat 5 tahun pasti karetnya mengeras dan ada retak rambut di sekeliling ban.
pun dengan oli mesin, walaupun KM belum mencapai penggantian oli berikutnya, tapi maksimal 1 tahun oli musti ganti.
pertanyaan saya, bagaimana dengan brake pad atau brake shoe, apakah ada umur teknisnya juga?
Yg saya perhatikan di ToKiDies 2001 saya........xixixixixixixi
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Fri Oct 17, 2014 7:02
Re: kampas rem
kalo susah2 nyari ori pake bendix juga ok kok om
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: kampas rem
amat sangat panjang-nya tu berapa lama? semenjak 2001 itu belum ganti kanvas rem?
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: kampas rem
relatif om marmut. kalo biasa 1 thn ganti ini bisa 21/2 thn berarti udah lama panjang bgtmarmut wrote:amat sangat panjang-nya tu berapa lama? semenjak 2001 itu belum ganti kanvas rem?


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: kampas rem
Radak oot ni,
Tapi ane punya mobil, rem kalo diinjek agak getar, terutama pas kecepatan tinggi.
Kampas dicek masi bagus, jadi apa mungkin karena piringan sudah ga rata? Bukannya kalau piringan jadi ga rata, kampas rem pasti habis duluan?
Tolong bantuan master2 disini. Thanks guys.
Tapi ane punya mobil, rem kalo diinjek agak getar, terutama pas kecepatan tinggi.
Kampas dicek masi bagus, jadi apa mungkin karena piringan sudah ga rata? Bukannya kalau piringan jadi ga rata, kampas rem pasti habis duluan?
Tolong bantuan master2 disini. Thanks guys.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: kampas rem
mungkin ga dari shock bisa nyebabin ini?sintoni wrote:Radak oot ni,
Tapi ane punya mobil, rem kalo diinjek agak getar, terutama pas kecepatan tinggi.
Kampas dicek masi bagus, jadi apa mungkin karena piringan sudah ga rata? Bukannya kalau piringan jadi ga rata, kampas rem pasti habis duluan?
Tolong bantuan master2 disini. Thanks guys.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: kampas rem
1. boleh dijelaskan kecepatan tinggi itu berapa km/h?sintoni wrote:Radak oot ni,
Tapi ane punya mobil, rem kalo diinjek agak getar, terutama pas kecepatan tinggi.
Kampas dicek masi bagus, jadi apa mungkin karena piringan sudah ga rata? Bukannya kalau piringan jadi ga rata, kampas rem pasti habis duluan?
Tolong bantuan master2 disini. Thanks guys.
2. kejadiannya baru-baru ini atau sudah lama?
3. getar saat panic braking atau injek rem biasa?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05
Re: kampas rem
biasanya pedal rem getar, kecepatan tinggi diatas 100km/h dan injak pedal rem lumayan dalam itu kemungkinan besar ABS berkerja..
kalau setir getar lebih ke piringan disc tidak rata bergelombang.
kalau setir getar lebih ke piringan disc tidak rata bergelombang.
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: kampas rem
Baru akhir2 ini aja sih pak. Ya semakin dalam diinjak dia semakin getar pedal remnya.
Misal di tol, dari 80-100km/j sudah lumayan rasanya, padahal cuma nuruni kecepatan kalau di depan ada belokan.
Misal di tol, dari 80-100km/j sudah lumayan rasanya, padahal cuma nuruni kecepatan kalau di depan ada belokan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: kampas rem
bisa jadi piringan rem tidak rata. tapi ini hanya salah satu kemungkinan.
cara periksanya bisa liat di link ini ;
http://www.youtube.com/watch?v=H_1ySs7liS4
kalo nggak punya dial indicator bisa digantikan dengan kawat yang panjangnya disesuaikan dan ujungnya diikat ke baut terdekat dengan piringan rem (bisa baut dudukan kaliper), dan ujung satunya ditempelkan ke piringan rem menggantikan dial indicator.
cara periksanya bisa liat di link ini ;
http://www.youtube.com/watch?v=H_1ySs7liS4
kalo nggak punya dial indicator bisa digantikan dengan kawat yang panjangnya disesuaikan dan ujungnya diikat ke baut terdekat dengan piringan rem (bisa baut dudukan kaliper), dan ujung satunya ditempelkan ke piringan rem menggantikan dial indicator.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: kampas rem
Ya sih pak, bingung jg saya. Padahal kampas masi tebel, kok bisa piringan dulu yg kalah. Kira2 biaya bubut per piringan berapaan ya?marmut wrote:bisa jadi piringan rem tidak rata. tapi ini hanya salah satu kemungkinan.
cara periksanya bisa liat di link ini ;
http://www.youtube.com/watch?v=H_1ySs7liS4
kalo nggak punya dial indicator bisa digantikan dengan kawat yang panjangnya disesuaikan dan ujungnya diikat ke baut terdekat dengan piringan rem (bisa baut dudukan kaliper), dan ujung satunya ditempelkan ke piringan rem menggantikan dial indicator.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: kampas rem
bisa saja pak, piringan rem tidak rata / meleot karena perubahan suhu yang ekstrem berulang-ulang saat pengereman (timbul panas yang sangat tinggi). bisa juga permukaan piringan bergelombang garis-garis karena gesekan dengan kanvas rem.
untuk biaya bubut saat ini saya nggak ngerti, harga 4 tahun lalu 100-125ribu untuk 1 piringan. coba tanya ke bengkel spooring, biasanya mereka punya alat bubutnya.
tapi kalau mau bubut piringan jangan dilepas piringannya dan dibawa ke bengkel bubut, pengerjaan seperti itu kemungkinan besar hasilnya nggak rata.
mobil saya dulu pernah dibubut piringan remnya, hanya lepas ban lalu alat bubutnya diikat ke baut roda, lebih kurang 2 jam selesai.
satu hal lagi yang harus diperhatikan saat mau membubut piringan rem, ada ketebalan minimum yang diperbolehkan tertera di piringan rem, jangan sampai tebal piringan setelah dibubut kurang dari ketebalan yang diijinkan.
untuk biaya bubut saat ini saya nggak ngerti, harga 4 tahun lalu 100-125ribu untuk 1 piringan. coba tanya ke bengkel spooring, biasanya mereka punya alat bubutnya.
tapi kalau mau bubut piringan jangan dilepas piringannya dan dibawa ke bengkel bubut, pengerjaan seperti itu kemungkinan besar hasilnya nggak rata.
mobil saya dulu pernah dibubut piringan remnya, hanya lepas ban lalu alat bubutnya diikat ke baut roda, lebih kurang 2 jam selesai.
satu hal lagi yang harus diperhatikan saat mau membubut piringan rem, ada ketebalan minimum yang diperbolehkan tertera di piringan rem, jangan sampai tebal piringan setelah dibubut kurang dari ketebalan yang diijinkan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: kampas rem
Mantep infonya pak marmut.marmut wrote:bisa saja pak, piringan rem tidak rata / meleot karena perubahan suhu yang ekstrem berulang-ulang saat pengereman (timbul panas yang sangat tinggi). bisa juga permukaan piringan bergelombang garis-garis karena gesekan dengan kanvas rem.
untuk biaya bubut saat ini saya nggak ngerti, harga 4 tahun lalu 100-125ribu untuk 1 piringan. coba tanya ke bengkel spooring, biasanya mereka punya alat bubutnya.
tapi kalau mau bubut piringan jangan dilepas piringannya dan dibawa ke bengkel bubut, pengerjaan seperti itu kemungkinan besar hasilnya nggak rata.
mobil saya dulu pernah dibubut piringan remnya, hanya lepas ban lalu alat bubutnya diikat ke baut roda, lebih kurang 2 jam selesai.
satu hal lagi yang harus diperhatikan saat mau membubut piringan rem, ada ketebalan minimum yang diperbolehkan tertera di piringan rem, jangan sampai tebal piringan setelah dibubut kurang dari ketebalan yang diijinkan.
Nah 1 lg ya pak,
Minimal ketebalan piringan itu bisa diliat dimana pak? Apa ada di buku manual? Atau ada tertulis di piringan?
Trims infonya pak.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: kampas rem
di piringan rem ada grafir tulisan "MIN. THICK xx,xxMM", atau bisa jadi hanya angkanya saja "xx,xxMM", mungkin tipis sekali sampai hampir nggak terlihat. coba dibersihkan dulu dengan sikat kuningan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: kampas rem
Oh oke pak. Terima kasih super banyak untuk infonya.marmut wrote:di piringan rem ada grafir tulisan "MIN. THICK xx,xxMM", atau bisa jadi hanya angkanya saja "xx,xxMM", mungkin tipis sekali sampai hampir nggak terlihat. coba dibersihkan dulu dengan sikat kuningan.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: kampas rem
oom sintoni, ada 2 cara lagi sebelum memutuskan dibubut ;
1. piringan rem di tukar kiri-kanan. dengan catatan diberi tanda dulu antara piringan dengan hub/tempat duduk piringan.
2. piringan diputar posisinya atas-bawah. inipun harus diberi tanda piringan dan hub-nya supaya ketauan posisi awal piringan sebelah mana.
terserah mau yang nomer 1 atau 2 dulu yang dikerjakan, mengingat pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri tanpa keluar biaya, ataupun kalo keluar biaya nggak sebesar bubut piringan.
kalau ternyata masih bergetar juga, boleh menyambangi bengkel spooring untuk membubut piringan.
1. piringan rem di tukar kiri-kanan. dengan catatan diberi tanda dulu antara piringan dengan hub/tempat duduk piringan.
2. piringan diputar posisinya atas-bawah. inipun harus diberi tanda piringan dan hub-nya supaya ketauan posisi awal piringan sebelah mana.
terserah mau yang nomer 1 atau 2 dulu yang dikerjakan, mengingat pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri tanpa keluar biaya, ataupun kalo keluar biaya nggak sebesar bubut piringan.
kalau ternyata masih bergetar juga, boleh menyambangi bengkel spooring untuk membubut piringan.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kampas rem
pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: kampas rem
gw baru pernah nyoba kampas rem bendix general ct dan kampas rem merek mobilnya, idem dengan oom noken as, untuk bendix yang general ct, yang gw rasakan lebih empuk dan kalah duluan dibanding sama disc brakenyaDOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5951
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: kampas rem
Oh masuk akal jg ya. Ditukar dulu. Oke pak marmut.marmut wrote:oom sintoni, ada 2 cara lagi sebelum memutuskan dibubut ;
1. piringan rem di tukar kiri-kanan. dengan catatan diberi tanda dulu antara piringan dengan hub/tempat duduk piringan.
2. piringan diputar posisinya atas-bawah. inipun harus diberi tanda piringan dan hub-nya supaya ketauan posisi awal piringan sebelah mana.
terserah mau yang nomer 1 atau 2 dulu yang dikerjakan, mengingat pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri tanpa keluar biaya, ataupun kalo keluar biaya nggak sebesar bubut piringan.
kalau ternyata masih bergetar juga, boleh menyambangi bengkel spooring untuk membubut piringan.
Terima kasih banyak bantuannya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: kampas rem
sintoni wrote:
Oh masuk akal jg ya. Ditukar dulu. Oke pak marmut.
Terima kasih banyak bantuannya.

sampe muncrat lagi makan..sakin berasanya lucu

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: kampas rem
tau umur teknisnya nggak? brake pad di mobil ane udah 5 taun tapi baru kemakan (kira-kira) seperempat bagian.DOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: kampas rem
ternyata kita idem om koba... yg bendix cepet bener abisnya... baik di kaleng ane, atau di lipina ane dl jg gt... 20-30 rebu uda abis stengah ketebalan pad... 40 rebu uda pasti harus ganti... tp enak nya ini merek ga perlu running in... pas ganti baru lgs hajar gapapa...nescafe wrote:gw baru pernah nyoba kampas rem bendix general ct dan kampas rem merek mobilnya, idem dengan oom noken as, untuk bendix yang general ct, yang gw rasakan lebih empuk dan kalah duluan dibanding sama disc brakenyaDOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
beda lagi kalo TRW, akebono.... lama bener running in nya... di ipah ane aj utk rem blakang make trw, jalan 120 rebu masi tebel, tp ane ganti krn uda kemakan sebelah yg sisi kanan... yg kampas rem depan merek TRW, tewas stelah dipake jalan kurleb 70 rb km...
umur teknis ?? maksud nya om ??marmut wrote:tau umur teknisnya nggak? brake pad di mobil ane udah 5 taun tapi baru kemakan (kira-kira) seperempat bagian.DOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: kampas rem
memang kalo 40rb km ga wajar ya om buat ganti?