seputar ac n tips

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

Debiyarto wrote:
klo memang d sarankan utk menyalakan ac pd saat rpm rendah, gmana pendapat rekan2 SMer klo menyalakan ac pada saat kendaraan bergerak (kecepatan d atas 45kph)............tapi pedal kopling d tekan terlebih dulu, biar rpm mesin turun.........setelah nyala kemudian d lepas lagi??
Kalo injek kopling dengan maksud RPM engine jadi turun...hemmmm kayaknya salah analisa deh..

Adapun injek pedal kopling lalu terlihat di display RPM turun itu terjadi karena sensor RPM terpasang utk membaca putaran fly wheel. CMIIW.
Akibat kopling diinjak putaran fly wheel emang menurun karena terlepas oleh kopling yang direlease akibat pedalnya kita injak.
Sedangkan pulley compressor AC terhubung erat dengan belt ke poros engine dan itu tetap berputar seiring dengan laju kecepatan putaran roda kendaraan. Tentunya ada rasio gear yang terlibat. duh..maaf, gak pinter gua ngejelasinnya....

Intinya walau pedal kopling diinjek dan display RPM terlihat menurun drastis, namun sungguhnya putaran mesin tetap tinggi jika kendaraan sedang melaju diatas 45 kpj. yang berarti putaran kompresor ikut pula tinggi.
Jadi tindakan injek pedal kopling untuk meminimalisasi sentakan pada kompresor AC pada saat kendaraan melaju tidak akan menolong.

Demikian pendapat saya...dan mohon di koreksi oleh para pakar SM.

ooo ic ic......thx pencerahan nya pak.....sekarang ngerti klo dg cara spt itu, sama saja dengan menyalakan ac tanpa injek kupling ya :ungg: :ungg:

yg tinggal jd pertanyaan berarti:
amankah menyalakan ac pd saat mobil melaju d atas 45 kph ato kecepatan tinggi?

ada yg bilang aman, ada jg yg bilang hal tsb haram d lakukan krn dpt memperpendek usia kompressor :e-think: yg valid yg mana nih..... :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: seputar ac n tips

Post by Debiyarto »

yg tinggal jd pertanyaan berarti:
amankah menyalakan ac pd saat mobil melaju d atas 45 kph ato kecepatan tinggi?

ada yg bilang aman, ada jg yg bilang hal tsb haram d lakukan krn dpt memperpendek usia kompressor :e-think: yg valid yg mana nih..... :ungg:
Jawabnya: Aman dong.

Karena system AC mobil memang di design utk bekerja seperti itu, yaitu utk mengatur tingkat suhu seperti keinginan kita. Jika terlalu dingin maka magnetic clutch akan terlepas dari pulley yang ada dikepala kompressor dan selanjutnya poros kompressor akan berhenti berputar atau dalam bahasa sederhana kompresornya mati. Maka yang nyala tinggal blower dalam kabin saja.
Terus kalo ruang kabin mulai hangat maka termostat akan memberitahu kontrol unit utk menyalurkan arus via relay ke magnetic clutch di kepala kompressor dan maka pulley akan menempel dan terhubung kembali dengan poros kompresor atau dalam bahasa sederhana kompresor hidup lagi.

Terus kalo didesak dgn pertanyaan: apakah menghidupkan AC di atas kecepatan 45 kpj bisa memperpendek usia kompresor?
Sebenarnya tidak juga karena system kerja ompressor tsb. emang dirancang utk menerima beban kerja seperti itu.
Namun secara mekanis dapat diterangkan sbb:
Pada saat putaran mesin tinggi akibat kendaraan melaju dikecepatan tinggi dan magnetic clutch di charge dengan arus atas perintah kontrol unit maka pulley kompressor akan sontak bekerja dan langsung menerima rpm seperti rpm mesin saat itu. Dan disini terjadi shock load yang diterima kompressor. Dan setiap shock load dalam ilmu mekanika dianggap tidak bagus efeknya....penjelasannya bisa 1 semester neh...hehehehehe....

Namun sekali lagi hal ini tidak bisa dihindari apalagi ketika kita berkendara di dini hari dimana udara luar sudah sejuk dan kebetulan berjalan di dalam jalan tol atau di jalur pantura dalam keadaan lengang, dimana AC ON dan posisi termostat tidak full, dan tentunya kecepatan rata2 kita biasanya dikisaran 80 - 90 kpj. atau mungkin 90 - 100 kpj. Shock load seperti ini akan terus terjadi namun hal ini sudah diperhitungkan oleh si pembuatnya.

Dengan kata lain kalo mau kompressor awet, dalam hal ini, jagalah kecepatan dibawah 40 kpj dan usahakan termostat full...gerrrhhhh.... :frm_bang_head:
apa tahan jalan dengan kondisi kayak gini terus menerus?? bayangkan kalo mau jalan ke SBY dari JKT dgn kondisi ini??? kapan sampenya bang???? Tapi kalo mikirnya demi awetnya kompressor yaa...silahkan aja..... :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

woo......top penjelasannya oom :frm_tumbright: :frm_tumbleft: :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

sip2....nah bahasan teknis scr sederhana gini ini yg d perlukan....thx bgt oom :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: seputar ac n tips

Post by ZombiEE »

kae nya kompressor a/c itu yg paling jarang berulah denso yaaahh..cmiiw:0
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: seputar ac n tips

Post by sjamsul »

doq wrote:
Debiyarto wrote:
klo memang d sarankan utk menyalakan ac pd saat rpm rendah, gmana pendapat rekan2 SMer klo menyalakan ac pada saat kendaraan bergerak (kecepatan d atas 45kph)............tapi pedal kopling d tekan terlebih dulu, biar rpm mesin turun.........setelah nyala kemudian d lepas lagi??
Kalo injek kopling dengan maksud RPM engine jadi turun...hemmmm kayaknya salah analisa deh..

Adapun injek pedal kopling lalu terlihat di display RPM turun itu terjadi karena sensor RPM terpasang utk membaca putaran fly wheel. CMIIW.
Akibat kopling diinjak putaran fly wheel emang menurun karena terlepas oleh kopling yang direlease akibat pedalnya kita injak.
Sedangkan pulley compressor AC terhubung erat dengan belt ke poros engine dan itu tetap berputar seiring dengan laju kecepatan putaran roda kendaraan. Tentunya ada rasio gear yang terlibat. duh..maaf, gak pinter gua ngejelasinnya....

Intinya walau pedal kopling diinjek dan display RPM terlihat menurun drastis, namun sungguhnya putaran mesin tetap tinggi jika kendaraan sedang melaju diatas 45 kpj. yang berarti putaran kompresor ikut pula tinggi.
Jadi tindakan injek pedal kopling untuk meminimalisasi sentakan pada kompresor AC pada saat kendaraan melaju tidak akan menolong.

Demikian pendapat saya...dan mohon di koreksi oleh para pakar SM.

ooo ic ic......thx pencerahan nya pak.....sekarang ngerti klo dg cara spt itu, sama saja dengan menyalakan ac tanpa injek kupling ya :ungg: :ungg:

yg tinggal jd pertanyaan berarti:
amankah menyalakan ac pd saat mobil melaju d atas 45 kph ato kecepatan tinggi?

ada yg bilang aman, ada jg yg bilang hal tsb haram d lakukan krn dpt memperpendek usia kompressor :e-think: yg valid yg mana nih..... :ungg:
ane coba jawab yg di bold ya doq...

klo dibilang aman ya aman dong......tp buat penumpangnya yg aman, sedangkan buat kompressornya kurang aman doq, krn akan memperpendek usia pake itu kompressornya alias kompressor akan cepat rusak, klo sering2 diperlakukan spt itu..... :mrgreen:

Nah, klo nt msh ragu2, silahkan dicoba deh...... saat kecepatan tinggi trus idupin ac........ nanti kite review hasilnya setelah beberapa bulan.......... :evil: .......

:ngacir: :ngacir: :ngacir: ......
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

nah khan......emank ada yg pro dan kontra mengenai hal ini :ungg: :ungg: wah........serba susah jg neh, klo d lakukan ngeri kompressor berumur pendek (yg mana klo rusak, gantinya bikin "nelongso") tp klo g d lakukan, g bakal ketauan kebenaran mitos2 ky gini :e-think:

ada yg mo nyoba?? :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

@sjamsul: klo bsa d terangkan alasan2 teknis nya donk oom :ungg: tp pk bahasa yg ane ngerti ya :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: seputar ac n tips

Post by sjamsul »

doq wrote:@sjamsul: klo bsa d terangkan alasan2 teknis nya donk oom :ungg: tp pk bahasa yg ane ngerti ya :mrgreen: :mrgreen:
siap bozzzz........

klo dalam kecepatan tinggi, nt tiba2 idupin kompressor, mk kompressor akan 'kaget'.....krn dari diam, tiba2 disuruh kerja keras......klo keseringan bisa cepat rusak kompressornya.........
lain halnya klo mau matiin kompressor....... dlm kecepatan tinggi, nt matiin kompressor ga masalah, misalkan mbl nt mau nguber mbl ane.....trus spy tarikannya jadi ringan, nt matikan kompressor, biar bisa nguber mbl ane....... nah itu ga masalah.......

smoga nt tambah binun......... :upss: ...... :ngacir: :ngacir: .....
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

tp klo dr penjelasan sebelumnya oleh pak derbiyanto.......klo g salah tangkep, kompresor pun tdk kerja scr full time khan? :ungg: ada saatnya si kompressor istirahat pd saat keadaan kabin cukup dingin.........dan waktu suhu kabin mulai perlu d dinginkan kembali, baru deh nyala lagi......yg tentunya pd saat nyala kembali itu, kondisi mobil tdk selalu sedang berjalan pelan khan oom? :ungg: :ungg:

mohon pencerahan lbh lanjut oom :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

doq wrote:tp klo dr penjelasan sebelumnya oleh pak derbiyanto.......klo g salah tangkep, kompresor pun tdk kerja scr full time khan? :ungg: ada saatnya si kompressor istirahat pd saat keadaan kabin cukup dingin.........dan waktu suhu kabin mulai perlu d dinginkan kembali, baru deh nyala lagi......yg tentunya pd saat nyala kembali itu, kondisi mobil tdk selalu sedang berjalan pelan khan oom? :ungg: :ungg:

mohon pencerahan lbh lanjut oom :thanks:
kebetulan saya jg penasaran dengan jawaban dr pertanyaan diatas ini....nubie ikut menyimak.... :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26986
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: seputar ac n tips

Post by DOHC »

pertnyaan ane jg sama neh ama om dog...

btw, kalo misalnya ane pake cara yg berbeda dehh nyalain ac nya... yaitu pas lagi jalan lalu gigi di netralin nahh pas lagi ngeglosor baru deh ane nyalain ac nya.... cara gt aman ga bro ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: seputar ac n tips

Post by Debiyarto »

klo dalam kecepatan tinggi, nt tiba2 idupin kompressor, mk kompressor akan 'kaget'.....krn dari diam, tiba2 disuruh kerja keras......klo keseringan bisa cepat rusak kompressornya.........
Well...bro doq..bro DOHC dll,
jangan bingung dong om...

Yang disampaikan Bang sjam itu secara ilmu mekanika bener banget... :frm_tumbright:
Namun seperti kesimpulan bro doq atas tulisan saya sebelumnya, bener juga.... :frm_tumbleft:

Kondisi kerja kompressor ON/OFF akan terjadi akibat termostat yang diset pada level tertentu untuk membuat suhu kabin asoy geboy. Kalo over dingin dia OFF kalau mulai anget dia ON.
Kendaraan melaju dijalan tentunya tergantung kondisi dan suasana. Kalo lagi mood jalan bareng pacar atau mantan pacar tentunya pantang digeber2 dan tidak juga berkecepatan tinggi. Tapi kalo lagi dikejar setoran...rpm tinggi, besut kiri/kanan pastinya akan dilakukan.

Namun lagi2 jangan khawatir, itu barang udah didesign untuk bekerja seperti itu bang. Kalau pemakaian normal dan selalu dirawat secara rutin, 6-7 tahun aja mah mestinya dijamin tembuslah.

Namun lagi kalo emang sayang sama kompressor, hindari berkendaraan dengan kecepatan tinggi dan set termostat pada level yang relatif tinggi ( kearah yang paling dingin, kalau perlu full) sehingga kompressor lebih cenderung selalu ON dengan konsekwensi suhu kabin rata2 akan rendah (baca: keadaan dingin selalu) itu juga kalo kuat...hehehehehe...

Yang penting lainnya adalah menjaga kebersihan kabin dari debu. Kalau punya AC yaa...setiap saat kudu dinyalain. Hindari buka kaca pada saat berjalan untuk meminimalisasi debu masuk kekabin yang ujung2nya akan membuat fan blower kotor dan juga evaporator yang ada dalam kabin mampet kisi2nya akibat debu.
Kalau keduanya kotor, proses pertukaran suhu jadi terganggu dan AC terasa kurang dingin. Service rutin utk membersihkan bagian ini perlu juga dilakukan.
Frekwensinya tergantung keadaan kabin sehari2. Kalau sering kontak debu, sering angkut2 orang/barang yg banyak dan kabin jarang dibersihkan mestinya kudu lebih sering, 1 tahun 1 kali misalnya. Tapi kalau kabin selalu bersih, sering masuk salon, sering divacuum, mobil jarang dipakai, jarang angkut orang/barang yg banyak yaa...2 tahun sekali gak masalah.

Semoga penjelasan tambahan dari saya ini membuat bingungnya berkurang.... :frm_salut:
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: seputar ac n tips

Post by Debiyarto »

pertnyaan ane jg sama neh ama om dog...

btw, kalo misalnya ane pake cara yg berbeda dehh nyalain ac nya... yaitu pas lagi jalan lalu gigi di netralin nahh pas lagi ngeglosor baru deh ane nyalain ac nya.... cara gt aman ga bro ??
Tindakan yang dilakukan seperti pertanyaan bro DOHC kasusnya sama dengan kasus pedal kopling yang diinjak.
Gak ada pengaruhnya sama putaran kompressor.

Malah tindakan seperti ini....menetralkan gear pada saat mobil melaju adalah tindakan yang berbahaya.
Dari kajian safety driving pasti ditolak... :off_no: Bisa2 mobil ente ngegelosor dan nancep dipantat truk pas didepan ada truk yang ngerem mendadak....hehehehehe...amit..amit....yee.... :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: seputar ac n tips

Post by sjamsul »

^^
setuju ama bro debiyarto...... :mrgreen: ..

btw tadi ane tanya ama ahli ac..... dia bilang ga napa2 klo idupin ac dlm kecepatan tinggi sesuai ama pertanyaan doq....tp ane pernah mendapatkan penjelasan dari temen ane yg ahli, tp ga jualan ac..... menurut dia, emang sebaiknya jangan idupin ac saat kecepatan tinggi, tp masalahnya ane lupa alasannya.......

so buat amannya sebaiknya hindarkan aja idupin ac saat kecepatan tinggi.... klo mau idupin turunkan kecepatan dulu ampe kira2 30-40 km /jam.... setelah itu baru deh ngebut lagi.......

satu lagi neh, klo service ac, sebaiknya perhatikan oli yg dipake buat kompressornya...... jangan sembarangan oli...... pake oli khusus yg didesign untuk kompressor, misalkan oli yg dikeluarkan ama pabrikan ac nd...... dah pasti bagus punya......

smoga bermanfaat.................
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

diatas bertanya "jika kopling diinjak lbh dulu", selanjutnya ada jg yg bertanya "jika dinetralkan lbh dulu".....lhaa yang pake mobil matic piye....??? :mrgreen: :mrgreen:

bagi saya yg awam, keyakinan saya adalah kompresor ac memang sudah dirancang untuk situasi kerja seperti itu (on/off dlm berbagai rentang putaran).
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: seputar ac n tips

Post by Debiyarto »

diatas bertanya "jika kopling diinjak lbh dulu", selanjutnya ada jg yg bertanya "jika dinetralkan lbh dulu".....lhaa yang pake mobil matic piye....??? :mrgreen: :mrgreen:
Buat bro jalu yang mengaku awam...hehehehehe....

Yaa...sama aja penjelasannya.
Pan kopling dan persneling udah dijelasin gak pengaruh sama putaran kompressor. Analoginya akan sama pada mobil matic.
Bahkan lebih mudah dijelasinya...hehehehe....
Pokoknya system transmisi secara langsung gak ada pengaruhnya sama putaran as kompressor..... :e-naughty:

Peace Bro...:big_peace:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: seputar ac n tips

Post by maskopat »

mau tanya nih, katanya kompresor AC yang baru2 kerjanya lebih stabil? puli kompresor itu ada gearnya. jadi walau putaran mesin berapa pun, tetap aja kompresor kerja di putaran tertentu. bener gak sih?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

setuju om derby......putaran kompressor AC hubungan eratnya adalah rasio antara puli crankshaft dng puli kompresor AC itu sendiri.

skrg nubie mau bertanya lg nih.......

1. jika di AC rumah ada istilah kapasitas 3/4 PK, 1 PK dst......lantas untuk AC mobil gimana satuannya oom...?? adakah istilah satuan seperti itu untuk di mobil ??

2. Manakah yang menyerap energi lbh besar antara kompresor AC jenis dbl action atau single action..?? mana pula yg terbaik efisiensinya.

ditunggu pencerahan dr pakar2 di SM.... :frm_salut: :frm_salut:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

hmmm...oke deh
berarti kesimpulan sederhananya biar kompressor awet

-sebisa mungkin set thermostat d level terdingin
-rutin service ac (ganti oli, cek freon, service blower)
-sebisa mungkin menghindari menyalakan ac pd kecepatan tinggi (walo belum ada kejelasan pasti efek terhadap umur kompressor) :ungg: :ungg:

sep2..........thx oom sjam n pak derbi atas penjelasannya :thanks:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

jalu wrote:setuju om derby......putaran kompressor AC hubungan eratnya adalah rasio antara puli crankshaft dng puli kompresor AC itu sendiri.

skrg nubie mau bertanya lg nih.......

1. jika di AC rumah ada istilah kapasitas 3/4 PK, 1 PK dst......lantas untuk AC mobil gimana satuannya oom...?? adakah istilah satuan seperti itu untuk di mobil ??

2. Manakah yang menyerap energi lbh besar antara kompresor AC jenis dbl action atau single action..?? mana pula yg terbaik efisiensinya.

ditunggu pencerahan dr pakar2 di SM.... :frm_salut: :frm_salut:
ckk...........pertanyaan ky gini kok ngaku2 nubie?? :big_smoking: :big_smoking:
mo d turunin lg ya pangkatnya jd pramuka penggalang :big_weee: :big_weee:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

lho....saya nanya emang karena blm tau om dog2..... :big_peace:

nah..barangkali om doq bisa kasi pencerahan..... ?? :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: seputar ac n tips

Post by doq »

mulai ngikut2 yg laen dah............... :big_slap:
pake Q ya oom jaluuuuuu Image
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: seputar ac n tips

Post by jalu »

iya nanti dipakein Q....itu jg kalo saya inget yaa....kadang2 suka kelupaan...... :ngacir: :ngacir:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: seputar ac n tips

Post by sjamsul »

jalu wrote:iya nanti dipakein Q....itu jg kalo saya inget yaa....kadang2 suka kelupaan...... :ngacir: :ngacir:
harus diinget tuh jal.... nulis nama doq harus pake q bukan pake g........krn artinye berbeda..... :e-snooty: ...


tul ga dog......... :e-think: ......

(sebelon digigit, mendingan ane ngacir duluan).......... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: .................
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: seputar ac n tips

Post by Hansen »

sjamsul wrote:
jalu wrote:iya nanti dipakein Q....itu jg kalo saya inget yaa....kadang2 suka kelupaan...... :ngacir: :ngacir:
harus diinget tuh jal.... nulis nama doq harus pake q bukan pake g........krn artinye berbeda..... :e-snooty: ...


tul ga dog......... :e-think: ......

(sebelon digigit, mendingan ane ngacir duluan).......... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: .................
ciakakakakakakakka......... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image