Cielo matic94 AT Over heat..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 120
- Joined: Thu May 10, 2007 3:23
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
mumpung lagi bahas cielo 94 at, minta pencerahan sekalian deh. Saya ada masalah sedikit, kadang2 kalo saya gas, mobil tidak berakselerasi (seperti 1/2 kopling pada mobil manual), ada yg punya pengalaman sama gak?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:41
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
kejadian seperti itu waktu setelah pindah gigi atau tetap pada gigi yg sama?christiantosetiawan wrote:mumpung lagi bahas cielo 94 at, minta pencerahan sekalian deh. Saya ada masalah sedikit, kadang2 kalo saya gas, mobil tidak berakselerasi (seperti 1/2 kopling pada mobil manual), ada yg punya pengalaman sama gak?
kalo kejadian itu setelah pindah gigi (misal dari n ke d) bisa jadi masalahnya pada oli..coba ganti oli transmisinya.. bisa pake honda genuine atau engine oil 20w-50..
kalo kejadian seperti itu tetap pada gigi yg sama... kurang tau bro.. hehehe...
maklum newbie cuma pingin bagi2 pengalaman...
dulu pernah punya odessey thn 2001 thn '01 lebih parah lagi.. kalo dari N ke D, begitu di gas ga ada akselerasi sama skali.. tapi brapa lama kemudian (pada saat rpm tinggi karena di gas) gigi masuk ke D, jadinya mobil spin ditempat



obatnya waktu itu sirkulasi oli ATF 3x dengan jarak tempuh masing2 300-500km.. masalahnya jadi hilang..
mengenai ongkos kerja total..... jangan ditanya.....




-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Jun 11, 2009 9:56
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
Bro semua....
mo laporan baru lagi neh....
malem sabtu kemaren gw rencana pergi dari bdg ke serang....
masuk tol buah batu bandung... sampe purwakarta temp naik sampe 3/4...
akhirnya berenti... konsul ma bengkel langganan disuruh coba tanpa ac...
jalan lg tanpa ac mulanya sih normal... pas sampe cikarang temp naik lagi...
berenti buat cek ulang... ga da yg aneh... nelp bengkel lg... mereka bingung...karena tidak ada hal2 yg bisa mereka diagnose...
sempet sms Om Sjam buat nanya bengkel yg buka 24 jam.. (Om Sjam bales.. thx for responnya om
)..
akhirnya coba jalan lg... sampe bekasi barat temp naik lagi.... berenti buat cooling...
jalan lagi dipaksain sampe ke rest area setelah karang tengah (padahal temp dah sampe red line) karena menurut perkiraan by phone dari montir langganan karena ga da hal yg bisa bikin temp naik dihawatirin cm switch atau indikatornya yg bermasalah... akhirnya berhenti sekalian makan...
jalan lagi menuju serang.... sekitar baru 10 KM temp dah mulai naik... tapi trus dipaksa... saat indikator sampe red line, niatnya mau berhenti.. tapi liat penunjuk jalan informasikan bahwa gerbang tol serang tinggal 1km akhirnya di gas lagi... walhasil ada suara ledakan dan air yg muncrat dari kap mesin...
cepet2 minggir... buka kap mesin...
thanks god... cuma slang atas yg pecah jadi 3potong... tapi karena ga bawa serep slang akhirnya nunggu patroli buat minta derek...
akhirnya si silvi digendong ke bengkel terdekat (biarpun tengah malem). mobil dititip dan paginya baru di bongkar...
akhirnya yg dilakuin adalah...
1. Service ulang radiator (175rb)
2. ganti fuel pump (karena gw curiga sirkulasi dah lemah) (350rb)
3. cek fan ac ternyata ga muter... setelah di cek katanya kurang masanya.. akhirnya dibetulin..
4. ganti slang atas (65 rb)
yang gw kaget untuk jasa totalnya cuma kena 150rb...
semalem dipake lagi ke bdg temp stabil (ac on)...
fiuh... padahal baru sebulan kemaren turun stengah gara2 penyakit yg sama....

mo laporan baru lagi neh....
malem sabtu kemaren gw rencana pergi dari bdg ke serang....

masuk tol buah batu bandung... sampe purwakarta temp naik sampe 3/4...
akhirnya berenti... konsul ma bengkel langganan disuruh coba tanpa ac...
jalan lg tanpa ac mulanya sih normal... pas sampe cikarang temp naik lagi...
berenti buat cek ulang... ga da yg aneh... nelp bengkel lg... mereka bingung...karena tidak ada hal2 yg bisa mereka diagnose...
sempet sms Om Sjam buat nanya bengkel yg buka 24 jam.. (Om Sjam bales.. thx for responnya om

akhirnya coba jalan lg... sampe bekasi barat temp naik lagi.... berenti buat cooling...
jalan lagi dipaksain sampe ke rest area setelah karang tengah (padahal temp dah sampe red line) karena menurut perkiraan by phone dari montir langganan karena ga da hal yg bisa bikin temp naik dihawatirin cm switch atau indikatornya yg bermasalah... akhirnya berhenti sekalian makan...
jalan lagi menuju serang.... sekitar baru 10 KM temp dah mulai naik... tapi trus dipaksa... saat indikator sampe red line, niatnya mau berhenti.. tapi liat penunjuk jalan informasikan bahwa gerbang tol serang tinggal 1km akhirnya di gas lagi... walhasil ada suara ledakan dan air yg muncrat dari kap mesin...




cepet2 minggir... buka kap mesin...




akhirnya si silvi digendong ke bengkel terdekat (biarpun tengah malem). mobil dititip dan paginya baru di bongkar...
akhirnya yg dilakuin adalah...
1. Service ulang radiator (175rb)
2. ganti fuel pump (karena gw curiga sirkulasi dah lemah) (350rb)
3. cek fan ac ternyata ga muter... setelah di cek katanya kurang masanya.. akhirnya dibetulin..
4. ganti slang atas (65 rb)
yang gw kaget untuk jasa totalnya cuma kena 150rb...
semalem dipake lagi ke bdg temp stabil (ac on)...
fiuh... padahal baru sebulan kemaren turun stengah gara2 penyakit yg sama....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
^^
bro silvermatic, mohon maap nih, krn ga banyak yg bisa ane bantu saat itu......
btw klo selang atasnya diganti, ada baiknya selang bagian bawah juga diganti bro.... biar ga ada resiko bocor gitu, krn saat selang atas pecah krn kepanasan, mk selang bagian bawahnya juga kena panas.... ane khawatir umurnya ga akan lama lagi nih......mengingat nt sering bepergian ke luar kota.....
smoga bermanfaat........
bro silvermatic, mohon maap nih, krn ga banyak yg bisa ane bantu saat itu......
btw klo selang atasnya diganti, ada baiknya selang bagian bawah juga diganti bro.... biar ga ada resiko bocor gitu, krn saat selang atas pecah krn kepanasan, mk selang bagian bawahnya juga kena panas.... ane khawatir umurnya ga akan lama lagi nih......mengingat nt sering bepergian ke luar kota.....
smoga bermanfaat........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
poin no.2 itu salah ketik ato ngga ya oom?

water pump mungkin maksudnya?


water pump mungkin maksudnya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
btw....
klo gtu masalahnya ini gara2 fan ac/radiatornya g nyala ya oom?
apa waktu istirahat luput dr perhatian saat d cek ya?
lg pula kok bsa g nyala itu kipas?padahal blum lama servis gara2 hal yg sama (overheat)
klo gtu masalahnya ini gara2 fan ac/radiatornya g nyala ya oom?
apa waktu istirahat luput dr perhatian saat d cek ya?

lg pula kok bsa g nyala itu kipas?padahal blum lama servis gara2 hal yg sama (overheat)
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
wah baru ane pegen nanya, ehh uda ditanya ama om dog..... btw kalo ampe panas gt, gmana dgn kondisi termostat nya bro... koq dari critanya yg ane nangkep tuh air kaya kaga bersirkulasi sempurna gt...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
Q !!!!.........
pake Q

pake Q


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
ck.....dg sangat menyesal pangkat anda akan sy turunin jd ohc karbu..........
.....................................




.....................................


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
wakakakakakaka......................doq wrote:ck.....dg sangat menyesal pangkat anda akan sy turunin jd ohc karbu..........![]()
![]()
![]()
.....................................![]()

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Jun 11, 2009 9:56
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
bro. Doq...... iya uy salah tulis... maksud ane WATER PUMP....
heheheheh...
trus soal fan AC mang dah ketauan pas berenti pertama kali, klo fan Radiator normal...makanya saat perjalanan dilanjutkan ga pake AC lg....
Om sjam... makasih banyak dah respon jg oom... kemaren sih sempet di copot dan di cek untuk selang bawah masih bagus katanya (lagian disana ga nemu selang kek gitu)... nti mau ke bengkel langganan buat nanya harga selang bawah... soalnya liat barangnya aja keknya ada harganya nih....
bro DOCH termostatnya dah ga da....
iya menurut bengkel yg bongkar overheat muncul karena sirkulasi air tidak lancar....
heheheheh...

trus soal fan AC mang dah ketauan pas berenti pertama kali, klo fan Radiator normal...makanya saat perjalanan dilanjutkan ga pake AC lg....
Om sjam... makasih banyak dah respon jg oom... kemaren sih sempet di copot dan di cek untuk selang bawah masih bagus katanya (lagian disana ga nemu selang kek gitu)... nti mau ke bengkel langganan buat nanya harga selang bawah... soalnya liat barangnya aja keknya ada harganya nih....

bro DOCH termostatnya dah ga da....

iya menurut bengkel yg bongkar overheat muncul karena sirkulasi air tidak lancar....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
woo.....minus thermostat ya skarang oom, mohon pencerahan donk........efek samping dr absennya barang tsb d kondisi mesin nantinya.........
apa bakal terjadi kasus overheat gara2 ga ada thermostat??ato malah suhu mesin yg berada d bawah suhu ideal??


apa bakal terjadi kasus overheat gara2 ga ada thermostat??ato malah suhu mesin yg berada d bawah suhu ideal??



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
sama2 bro silvermatic......silvermatic94 wrote: Om sjam... makasih banyak dah respon jg oom... kemaren sih sempet di copot dan di cek untuk selang bawah masih bagus katanya (lagian disana ga nemu selang kek gitu)... nti mau ke bengkel langganan buat nanya harga selang bawah... soalnya liat barangnya aja keknya ada harganya nih....![]()
mudah2an di bengkel langganan nt tersedia selang tsb.... jadi bisa langsung diganti......klo masalah harga sih relatip murah lohh.....

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
hmmm.... pertanyaannya sedikit, tp membutuhkan jawaban yg panjang.........so intinya aja ya doq..... sebaiknya thermorstart tetap terpasang di mobil, spy mesin bisa bekerja maksimal n bahan bakar jadi ga boros.......doq wrote:woo.....minus thermostat ya skarang oom, mohon pencerahan donk........efek samping dr absennya barang tsb d kondisi mesin nantinya.........
apa bakal terjadi kasus overheat gara2 ga ada thermostat??ato malah suhu mesin yg berada d bawah suhu ideal??![]()

klo mo jawaban detailnya, nanti saat ada ketemuan ingetin ane ya...... krn saat ini ane mo bobo dulu....... hehehehehe........
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Mon Sep 21, 2009 2:35
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
maksudnya tu dari awal boilnya udah pake coolant atow dulu awalnya pake aer ledeng biasa.. terus abis dipake ma om doq, air ledengnya diganti ma coolant gitu... beneran ga mbikin bocor ya klo awalnya pake aer biasa ? abis bongkar mesin, liner, piston, ring piston ganti baru. tapi.. blok mesin nya tempat nya liner.. udah agak keropos.. dan ga mungkin diperbaiki..di selep ato di bubut ato diapaken juga ga bisa.. tapi masi ga bocor.. jadi masi aman... dulu sempet nanya2 ma sesepuh di forum nie.. jawabnya sie juga gpp.. tapi.... he he he.. belom daku lakuken.. karena... abis tu kan ke beres lagi.. nanya ma montir nya.. enaknya pake coolant ga ya mas.. soalnya bla bla bla en bla seperti yang daku ceritaken tadi.. dan hasilnya adalah.. si mas montir juga ragu.. ga berani menjamin klo pake coolant tidak menyebabkan tidak bocor aer nya.. so.. dia nyaranin.. ga usah pake coolant.. pake aer ledeng biasa.. terus nti pas ganti oli.. aer radiator nya juga diganti lagi.. pake aer ledeng lagi..doq wrote:waah....tutup radiator klo d buka saat temperatur mesin msh panas ya muncrat laaah hehehe![]()
ati2 oom, kna kulit melepuh dah......
kasus overheat gini biasanya harus d urut satu2 dulu neh oom, lbh baik coba service radiator dulu mengingat sdh lama tdk d service........mungkin masalahnya hanya simple2 aja, saluran airnya ada yg mampet misalnya.....apalagi pake air ledeng.
sekalian bagian2 yg suspect bocor d tambal.
klo dah beres service, skalian ganti pk coolant aja oom.........kabar mengenai radiator yg bocor gara2 coolant imho hanya hoax aja berdasarkan pengalaman sy, soale mbl tua sy jg pk coolant n no problemo tuh
oia.....yg paling penting cek kipas radiator dulu oom, berfungsi benar apa ngga ya?soale sy baca d atas.....waktu liat temperatur naik, pada saat lampu merah langsung nyalain ac khan?dan temperatur sdkt terbantu turun(walo kurang signifikan)
sy cm bsa share pengalaman sendiri seh............moga2 bsa bantu neh oom
saran donk... tengkiu sederengipun.. matur nuwun...



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
@silverlining:
betul oom, tadinya radiator pk aer ledeng........gara2 mampet krn partikel2 gram karat yg nge-blok jalur radiator, akhirnya setelah d servis n d tambal d putuskanlah utk beralih menggunakan radiator coolant.........alhamdulillah sampe skarang g ada masalah radiator bocor krn coolant itu
tp itu berdasarkan pengalaman sy lho
sehingga sy yakin klo cairan coolat tdk akan menyebabkan kebocoran radiator........
nah......klo kasusnya oom silver yg ada keropos di liner mesinnya, terus terang sy g berani kasi saran apa2.......soalnya masalahnya d mesin, bukan d radiator
logika asal2an sy seh, coolant mempunyai beberapa keunggulan dr aer ledeng........d samping kekuatan melepas panas lbh baik, sy yakin sifat korosifnya jg lbh rendah dr aer ledeng...................

g ngebantu ya
betul oom, tadinya radiator pk aer ledeng........gara2 mampet krn partikel2 gram karat yg nge-blok jalur radiator, akhirnya setelah d servis n d tambal d putuskanlah utk beralih menggunakan radiator coolant.........alhamdulillah sampe skarang g ada masalah radiator bocor krn coolant itu

tp itu berdasarkan pengalaman sy lho

nah......klo kasusnya oom silver yg ada keropos di liner mesinnya, terus terang sy g berani kasi saran apa2.......soalnya masalahnya d mesin, bukan d radiator

logika asal2an sy seh, coolant mempunyai beberapa keunggulan dr aer ledeng........d samping kekuatan melepas panas lbh baik, sy yakin sifat korosifnya jg lbh rendah dr aer ledeng...................


g ngebantu ya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
Air ledeng tuh pHnya lama2 nggak bener, shg bikin karat di radiator maupun mesin. Apakah pengenalan air coolant akan berbahaya setelah lama cuma diberi air ledeng? Tentu tidak, asal air ledengnya dikuras dulu dgn baik shg semua kerak dlm air hanyut keluar.
Penggantian air ledeng ke air coolant bagai stop minum coca-cola (asam) terus diganti minum air teh (pH netral).
Penggantian air ledeng ke air coolant bagai stop minum coca-cola (asam) terus diganti minum air teh (pH netral).
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
wah makasih deh om dog....doq wrote:ck.....dg sangat bahagia pangkat anda akan sy naikan jd dohc turbo..........![]()
![]()
![]()
.....................................![]()



numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
kalo ga ada termostat bearti otomatis air di dalam radiator akan bersirkulasi terus walaupun mesin masi dingin... emang biasanya cara gini bakal bikin mesin kaga perna overheat lagi... tapi mesin jg jadi susah panas... apalagi pas pagi hari.... kalo di mobil bensin ane blom perna ketemu yah ada yg bermasalah dgn hal ini... tp kalo di mobil diesel biasanya mesin jadi lama panas nya, scara mesin diesel kan perlu mesin dgn suhu kerja optimal baru mantap tarikan nya...doq wrote:woo.....minus thermostat ya skarang oom, mohon pencerahan donk........efek samping dr absennya barang tsb d kondisi mesin nantinya.........
apa bakal terjadi kasus overheat gara2 ga ada thermostat??ato malah suhu mesin yg berada d bawah suhu ideal??![]()
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
kalo mengenai soal PH itu ane sigh kaga yakin yah om, toh coolant pun kalo kaga diganti lama2 jg bisa brubah ph nya... cuman yg pasti sigh air ledeng itu menggandung mineral2 yg kadang bisa menyumbat jalur2 radiator kalo uda lama.... dan lagi mineral2 itu jg membantu proses terjadi nya karat di radiator dan blok mesin...asudarsono wrote:Air ledeng tuh pHnya lama2 nggak bener, shg bikin karat di radiator maupun mesin. Apakah pengenalan air coolant akan berbahaya setelah lama cuma diberi air ledeng? Tentu tidak, asal air ledengnya dikuras dulu dgn baik shg semua kerak dlm air hanyut keluar.
Penggantian air ledeng ke air coolant bagai stop minum coca-cola (asam) terus diganti minum air teh (pH netral).
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
Iya DOHC, maksudku air ledeng ya dengan segala isinya. Air aqua juga banyak mineralnya.
Kalau buka termostat mah kalau di kota kecil lebih bahaya krn jarak perjalanan deket. Daripada copot termostat, lebih baik pasang ekstrafan.
Kalau buka termostat mah kalau di kota kecil lebih bahaya krn jarak perjalanan deket. Daripada copot termostat, lebih baik pasang ekstrafan.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
sebenernya termostat itu kaga perlu dicopot koq... asalkan tuh termostat dalam kondisi sehat... biasanya yg jadi pernyakit kan termostat yg uda rusak gara2 karatan, jadi nya dia stuck kaga bisa buka atau tutup...
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Jun 11, 2009 9:56
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
wah... berarti PR baru nih... Beli termostat...
soalnya kerasa boros bgt ni mbl....
sapa tau itu gara2 termostatnya di copot... jadi pas nti pake lg tu mobil bisa diet...
Om Sjam aku belum nemu nih selang bawahnya... mau pake yg biasa beda dgn yg aslinya.. jadi aga ragu buat ganti...

soalnya kerasa boros bgt ni mbl....
sapa tau itu gara2 termostatnya di copot... jadi pas nti pake lg tu mobil bisa diet...

Om Sjam aku belum nemu nih selang bawahnya... mau pake yg biasa beda dgn yg aslinya.. jadi aga ragu buat ganti...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27644
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Cielo matic94 AT Over heat..
kalo boros mah emang ga heran bro.... cc nya gede gt.... tapi dikompensasi ama tenaga yg gede jg kan.... ferio ane aja yg 1600cc cuman dapet 1 :7 atau 8an buat dalkot.... cityZ saudara ane jg cuman dapet 1:8an utk dalkot... tapi toh tuh 2 mobil ane cobain tenaga nya dahsyat walaupun cuman premium... masi pureee vtec gt logh.... blom dikebiri kaya vtec2 skrg....




numpang lewat aja....

