Ya kalo "penipuan"nya sampe dalem begini berarti bukan cuma bisa terjadi di sini aja om Mitshu, berarti bisa terjadi juga di negara2 yg regulasinya ketat macam eropa/amerika/japan kali ya.MitshuToyo wrote:Jaah si Boss.. urusan ketok mengetok / cap mengecap nomer gampang.. kalau drawing number udah di kirim dari bag engineeering design, gampang aja di dept Manufacturing di apain.. numbering yang sama juga untuk memudahkan inventory kan ? apalagi kalau ntar di bedain ya mengundang kecurigaan lah.. Tapi tetep aja ga boleh sembarangan nuduh..mandala1 wrote: Contohnya panel body part daihatsu grandmax baik yg untuk lokal maupun import part numbernya sama, artinya ga dibedakan baik kualitas maupun tipe barangnya![]()
Kalau tiap negara punya standar berbeda, seperti yang di bilang Pak Maskopat ya ndak tahu ya.. lain soal.
Pas testing sama badan regulator, tinggal dikirim aja sample yg pake bahan "asli", tapi u/ produksi massal banyakan dikasi bahan "aspal" toh gak ada yg tau (regulator jg gak bakalan ngetesin satu persatu mobil yg keluar dari assembly line kan?), walaupun di eropa sekalipun.....
Kalo part number yg sama isinya bisa beda2 bahan repot juga pastinya buat pabrikan mobil karena mereka sendiri bakalan gak bisa bedain produk aslinya dengan produk aspalnya kalo parts2 tsb udah beredar luas di pasaran, apalagi untuk pabrikan gede yg operasinya ada di seluruh dunia.
Kalo perush kecil sih mungkin masih bisa "diingetin".....
Numbering yg sama, tapi isi barang berbeda mustinya malah menyusahkan inventori, karena mereka gak ada unique code lagi yg bedain isi parts tsb