Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Risol1 »

MitshuToyo wrote:
mandala1 wrote: Contohnya panel body part daihatsu grandmax baik yg untuk lokal maupun import part numbernya sama, artinya ga dibedakan baik kualitas maupun tipe barangnya
Jaah si Boss.. urusan ketok mengetok / cap mengecap nomer gampang.. kalau drawing number udah di kirim dari bag engineeering design, gampang aja di dept Manufacturing di apain.. numbering yang sama juga untuk memudahkan inventory kan ? apalagi kalau ntar di bedain ya mengundang kecurigaan lah.. Tapi tetep aja ga boleh sembarangan nuduh.. :mrgreen:
Kalau tiap negara punya standar berbeda, seperti yang di bilang Pak Maskopat ya ndak tahu ya.. lain soal.
Ya kalo "penipuan"nya sampe dalem begini berarti bukan cuma bisa terjadi di sini aja om Mitshu, berarti bisa terjadi juga di negara2 yg regulasinya ketat macam eropa/amerika/japan kali ya.
Pas testing sama badan regulator, tinggal dikirim aja sample yg pake bahan "asli", tapi u/ produksi massal banyakan dikasi bahan "aspal" toh gak ada yg tau (regulator jg gak bakalan ngetesin satu persatu mobil yg keluar dari assembly line kan?), walaupun di eropa sekalipun.....

Kalo part number yg sama isinya bisa beda2 bahan repot juga pastinya buat pabrikan mobil karena mereka sendiri bakalan gak bisa bedain produk aslinya dengan produk aspalnya kalo parts2 tsb udah beredar luas di pasaran, apalagi untuk pabrikan gede yg operasinya ada di seluruh dunia.
Kalo perush kecil sih mungkin masih bisa "diingetin".....

Numbering yg sama, tapi isi barang berbeda mustinya malah menyusahkan inventori, karena mereka gak ada unique code lagi yg bedain isi parts tsb
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by poeticmind »

Risol1 wrote:
asudarsono wrote:Honda di dalam negeri juga lain dari di luar (spec down). Ford Ranger di Indonesia juga beda pol ama di Amerika sana. Biasa aja kali, tiap negara beda.

Yg jelas saya belum pernah nemuin mobil perakitan dalam negeri yg airbag maupun ABSnya jalan. Barangkali saya kurang pengalaman aja. Tapi gitulah pengalaman aku. Istriku takut waktu pertama kali denger ABSnya Subaru, disangka rusak.
masa sih airbag/abs nya produk dalam negeri pada gak jalan semua hehehe......
bukan ga jalan mungkin... tapi jarang terjadi airbag sampai 'on' , hehehe! kalo ABS sih jalan kok.. di mobil2 saya udah coba, bagus... :)

ga mungkin airbag dan abs ga jalan... kita bayar mahal lho utk itu, dan itu kan mempertaruhkan nama brand image. kalo error, nah ini beda masalah ya... no comment.
Image
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Risol1 »

mandala1 wrote:@mitsutoyo : hehehe.......iya sih emang susah kalo udah ngomongin yg namanya isi perut perusahaan, kita mah orang awam gini yaaa patokannya cuma dari primbon itu ajah.......lagian jujur selama sy order n jual bodypart panel juga ga pernah iseng ngukurin berapa tebal nya :mrgreen: yg pentingkan jual laku jadi duid.....huehehe........
jaaaah.......UUD lagi deh........ :upss: :big_slap:
Nah jadi balik lagi ke square one kan....alias "tebak2an" lagi aja tu produsen sebenernya pada jujur atau engga......Tapi dimana2, sebelum ada penyelidikan yg cukup sehingga menghasilkan bukti yg konkret, IMO ane sih bersikap "innocent until proven guilty" aja dulu alias anggep sama/bagus dulu ajah sampe terbukti belangnya hehehehe..... :big_peace:
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by mandala1 »

Risol1 wrote:Nah jadi balik lagi ke square one kan....alias "tebak2an" lagi aja tu produsen sebenernya pada jujur atau engga......Tapi dimana2, sebelum ada penyelidikan yg cukup sehingga menghasilkan bukti yg konkret, IMO ane sih bersikap "innocent until proven guilty" aja dulu alias anggep sama/bagus dulu ajah sampe terbukti belangnya hehehehe..... :big_peace:
Tapi kalo ane sih yakin produsen ATPM pasti jujur......malah sepengetahuan ane seandainya ada penurunan kualitas pun mereka pasti announce, terutama di parts vital.....caranya salah satunya adalah dgn penggantian part number atau mencantumkan kode LP (Lokal Product) atau -A, tentunya diimbangin dgn penurunan harga pula,,
Kalo soal cetakan plat body......bukannya ane mau nyombong yah.....sekali lagi maapin,, maksudnya ane bilang tadi diatas ane kaga pernah ngukurin adalah.......ane ga usah ukur ajah bisa tau koq mana asli mana nggak,, mana cetakan vendor ATPM mana bikinan pinggir jalan.... :mrgreen:
So ane yakin seyakin2nya pihak atpm ga mungkin curang dalam hal ini,, kecuali emang ada praktek2 ilegal oleh orang2 nakal di dalam,, seperti yg di digambarkan oleh om mitshu........ :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Risol1 »

^buset, masih jadi kalong aja nih bro jam segini :mrgreen: kirain cuma om putik aja :ngacir:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by poeticmind »

Risol1 wrote:^buset, masih jadi kalong aja nih bro jam segini :mrgreen: kirain cuma om putik aja :ngacir:
wekekeke... mungkin lagi ga bisa tidur, besok senen kan? stres dia... :mrgreen:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by maskopat »

kalo menurut ane sih, gak terlalu masalah ketebalan plat asal masih di atas standar yang ditentukan. wong mobil balap aja pake fiber glass koq. lebih ringkih daripada plat besi.. :big_peace:

tapi kalo kata om dal pake part number yang sama, harusnya gak ada perbedaan kualitas material dan ketebalan plat dong.

berarti sampe saat ini ane asumsikan informasi perbedaan ketebalan plat mobil ekspor dan lokal masih belum terbukti kebenarannya.

@Risol1: ane jangan ditembak dong om.. kasihan bini ane jadi janda dan anak ane jadi yatim... :angel: :angel:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by mandala1 »

poeticmind wrote:
Risol1 wrote:^buset, masih jadi kalong aja nih bro jam segini :mrgreen: kirain cuma om putik aja :ngacir:
wekekeke... mungkin lagi ga bisa tidur, besok senen kan? stres dia... :mrgreen:
Ga tau nih kemaren malem abis makan duren campur sama kopi dungdungpret jadi ga bisa tidur semaleman....... :e-doh:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

soal Granmax versi lokal dan ekspor paling tidak ada beda2 terutama toleransi dan emisi, disini:

"Namun Sudirman buru-buru menjelaskan bahwa Gran Max yang dipasarkan selama ini kualitas juga bagus hanya toleransinya tidak seketat versi ekspor. "Misalnya celah antar panel. Jika diatas jaraknya 2mm, maka sepanjang celah itu harus 2mm, tidak boleh 2.5mm. Untuk versi lokal, itu masih ditoleransi" katanya.

Perbedaan lain dalam kualitas pengecatan yang lebih berkilau, seperti diungkapkan Pradipto Sugondo, head of product development division PT ADM. "Tapi untuk orang awam sulit membedakannya," katanya sambil menunjukkan contoh Toyota Town Ace GL berwana putih pearl. Perbedaan lain dengan versi lokal adalah: mesin 1500cc dengan emisi Euro3, transmisi AT/MT, airbag, pemanas ruangan, spion tambahan di fender kiri, interior lebih rapi dan celah antar panel lebih kecil. "

yg aneh, spec bobot kosong granmax ditulis 1840-2000kg seberat fortuner/PS 4x4.... :mrgreen:
disini: http://www.daihatsu.co.id/Our%20Product ... ec_ind.asp
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by mandala1 »

^^atau istilahnya cuma sedikit spekdown di fasilitas pelengkap aja yah..... :) (yg grandmax)
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

honda freed mengacu ke JNCAP, 6 bintang.

sideimpact:
http://www.youtube.com/watch?v=NzvRIK1GksE

front impact:
http://www.youtube.com/watch?v=9mNhkGY5gUo&hl=th
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by maskopat »

mandala1 wrote:^^atau istilahnya cuma sedikit spekdown di fasilitas pelengkap aja yah..... :) (yg grandmax)
spek down ini bukannya beda feature? tapi harusnya kepresisian tetap sama sih..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

maskopat wrote:
mandala1 wrote:^^atau istilahnya cuma sedikit spekdown di fasilitas pelengkap aja yah..... :) (yg grandmax)
spek down ini bukannya beda feature? tapi harusnya kepresisian tetap sama sih..
statement pejabat daihatsu tersebut utamanya kan bukan feature..bro..
FortunerMan

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by FortunerMan »

Hilux (mbahnya Innova dan Fortuner) dapet 4 star, not bad for a pickup truck...Landcruiser Prado dan LC juga 4 star. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2005.html

Si freehawahawa tentu tidak gembor2 Navarra cuman 1 star. http://www.euroncap.com/tests/nissan_navara/317.aspx wong Nissan adalah dewa tanpa cela :e-snooty:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by zweifellos »

saya pindahin ke sini aja ya ngebahasnya, biar enak dan ga ngeganggu thread lain.
FortunerMan wrote:Di saat ada kekurangan informasi (tidak ada crash test fortuner), kita cari the next best information. Fortuner memang ditujukan ke pasar yg belum ada badan crash testnya, apa Toyota harus menunjukkan video development internalnya?
tentu sangat bagus kalo toyota bisa menunjukkan video hasil crash test yang dilakukan toyota terhadap fortuner (bukan hanya toyota aja tapi juga merk2 lainnya yang memang belum ketahuan apa ada crash test nya apa ga).
FortunerMan wrote: Kalo anda pelajari asal usul, kolong, interior...pegang, lihat antara Hilux dan Fortuner, pasti bisa lihat kalau itulah saudara terdekat Fortuner. Itu lah informasi terbaik yg kita punya. Dari the best information we have ini, kemungkinan besar Fortuner cukup aman - karena saudara terdekatnya mendapat score cukup baik. Apakah ada kemungkinan hasil crash testnya berbeda, mungkin saja. Tapi apakah ini cukup untuk loncat ke tudingan bahwa Fortuner tidak aman...dan diulang2 di berbagai thread seperti kaset rusak
saya ngerti tujuan om FortunerMan cuman buat saya pribadi tetap kita tidak bisa mengambil hasil crash test dari mobil yang berbeda untuk mencari kesimpulan/kemiripan hasil dari crash test mobil jenis yang lainnya karena menurut saya sebuah mobil yang sudah beda jenis akan menghasilkan hasil crash test yang berbeda (berbeda tentu bisa mirip).

saya ga bilang fortuner itu ga aman karena saya ngerti dengan inti yang om fortuner sampaikan.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
FortunerMan

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by FortunerMan »

Saya pengen liat crash test nya Ford Everest dan Pajero Sport. Sampe skrg belon nemu, tapi si hawa2 kok gak heboh ya ttg dua ini...tapi kalo merek tidak bermoral (Toyota), wah heboh bener. Ooo...jadi harus laris dulu ya...baru si hawa2 heboh :e-think: apa harus Toyota :e-clap:

Tapi Triton cukup bagus, 4 stars juga. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2006.html - jadi cukup yakin lah saya Pajero Sport pun bagus.

Ford Ranger (mbahnya Everest) 3 stars.. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2007.html - OK lah, apalagi dgn 4 airbagnya Everest.

Jadi yg terburuk di kelas truk Nissan Navarra dgn 3 stars di lembaga NZ, dan 1 star di EuroNCAP. Hmmm...hawa2 gimana tuh, si merek pamungkas kok bisa kalah sama merek tidak bermoral atoyot.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by aldy »

Duh yang mau beli proton pikir2 lagi deh..he2..
http://www.euroncap.com/tests/proton_im ... 2/116.aspx

Bagian kaki lawan patah.. :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27644
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by DOHC »

bro aldy, itu kan proton impian, jenis proton yg uda lama punya... taon kluaran 2002 gt....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

FortunerMan wrote:Hilux (mbahnya Innova dan Fortuner) dapet 4 star, not bad for a pickup truck...Landcruiser Prado dan LC juga 4 star. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2005.html

Si freehawahawa tentu tidak gembor2 Navarra cuman 1 star. http://www.euroncap.com/tests/nissan_navara/317.aspx wong Nissan adalah dewa tanpa cela :e-snooty:
apa ada hasil crash test navarra yang ANCAP, soalnya keliatannya ENCAP merupakan standar paling ketat dalam crash test. setelah itu baru diikuti JNCAP, NHTSA/IIHS, CNCAP, dll.
atau sebenernya gimana sih level sertifikasi yg berbeda2 dari mereka ini?

bukannya score jazz di ENCAP 5 bintang, beda dari JNCAP yg 6 bintang. cmiiw...
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Freehahawawa »

FortunerMan wrote:Saya pengen liat crash test nya Ford Everest dan Pajero Sport. Sampe skrg belon nemu, tapi si hawa2 kok gak heboh ya ttg dua ini...tapi kalo merek tidak bermoral (Toyota), wah heboh bener. Ooo...jadi harus laris dulu ya...baru si hawa2 heboh :e-think: apa harus Toyota :e-clap:

Tapi Triton cukup bagus, 4 stars juga. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2006.html - jadi cukup yakin lah saya Pajero Sport pun bagus.

Ford Ranger (mbahnya Everest) 3 stars.. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2007.html - OK lah, apalagi dgn 4 airbagnya Everest.

Jadi yg terburuk di kelas truk Nissan Navarra dgn 3 stars di lembaga NZ, dan 1 star di EuroNCAP. Hmmm...hawa2 gimana tuh, si merek pamungkas kok bisa kalah sama merek tidak bermoral atoyot.

itulah beda saya ama lu, saya tidak pernah bilang nissan itu sempurna. dan dari awal saya selalu rekomendasi xtrail, saya ngak pernah rekomendasi navara, sebab navara terlalu panjang dan tidak praktis untuk pakai dalam kota untuk keluarga indonesia.


juga saya ngak mungkin semua mobil di check. tapi saya sadar kok mana mungkin semua mobil satu merek ngetop semua ?


tapi masalahnya navara udah di uji, dan nissan akan perbaiki. tapi fortuner sampai hari ini toyota entah kenapa tetap tidak berani jual di negara yang ada lembaga crash test.


juga navara buktikan satu hal : mobil besar truck based belum tentu pasti jago hasil uji tabrakannya. seperti saya bilang, telor ketemu batu kecil pasti kalah.


makanya pentingnya sebelum beli mobil mending tau dulu uji tabrakannya seperti apa. takutnya fortuner juga seperti navara, gede, jangkung, tapi malah uji tabrakannya kalah ama grand livina atau freed.


saran saya untuk lu adalah jual aja tuh fortuner dan ganti ke crv atau xtrail. setidaknya 2 tipe ini udah jelas rangkanya. dan harga, feature lebih unggul. ngapain cuman demi gaya mobil gede doang ? juga udah banyak orang cerita ama saya fortuner itu sangat ngak enak suspensinya.


kalau ternyata fortuner seperti navara nanti tabrakan ama xtrail atau crv atau worse, mpv kecil macam gl / freed dan kalah apakah ngak malu maluin ? mending kalau selamat.
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Captivated »

GTR wrote: apa ada hasil crash test navarra yang ANCAP, soalnya keliatannya ENCAP merupakan standar paling ketat dalam crash test. setelah itu baru diikuti JNCAP, NHTSA/IIHS, CNCAP, dll.
atau sebenernya gimana sih level sertifikasi yg berbeda2 dari mereka ini?

bukannya score jazz di ENCAP 5 bintang, beda dari JNCAP yg 6 bintang. cmiiw...
sotoy : on

mgkn scoring/grading-nya beda
mis : di euro nilai 6 dikasih 3 stars , di jepang 4 stars... dst

sotoy : off
Last edited by Captivated on Wed Aug 12, 2009 4:22, edited 1 time in total.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by y_anjasrana »

Sharing pengalaman di industri yg lain nih ya... Utk produk dgn tujuan lokal dgn export bedanya hanya di QC (quality control). Produk2 utk pasar export biasanya lebih ketat QC-nya. Lalu packagingnya juga dibedain. Contoh industri yg gw alami adl spare part kulkas (dari plastik). QC utk export lebih teliti, dari warna, berat, bentuk, proses assembling, hingga packagingnya. Sedangkan QC utk lokal lebih longgar. Maksudnya warna belang2 dikit (mata awam ga bakal bisa bedain), berat kurang/lebih dari standard, pemasangan kurang rapi, sampai kemasannya pakai plastik trus langsung tumpuk di kardus (kalu export diplastik + styrofoam + kardus).

Sparepart kulkas memang beda dgn sparepart mobil. Tapi berhubung pabrik yg sama juga membuat sparepart mobil & motor (plastic part), jadi otomatis kejadiannya pasti mirip2 dgn produk jadi utk export dan utk pasar lokal.

Tapi mengingat krisis global yg sedang melanda negara2 maju, sepertinya bakal ada penurunan kualitas juga. Soalnya siapa sih yg sanggup jual produk2 berkualitas yg notabene harganya juga mahal? Hari gini persaingan makin ketat. Kalu ga bisa bikin produk dgn kualitas pas2an dgn standard, ya gimana mau hidup. Contohnya gampang... BMW misalnya. Buktinya taun depan mau mundur dari F1. Honda, mundur lebih dulu. GM udah tutup kalu ga ditolong pemerintah.

:big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Accurate V5 Accounting System Consultant
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Freehahawawa »

FortunerMan wrote:Saya pengen liat crash test nya Ford Everest dan Pajero Sport. Sampe skrg belon nemu, tapi si hawa2 kok gak heboh ya ttg dua ini...tapi kalo merek tidak bermoral (Toyota), wah heboh bener. Ooo...jadi harus laris dulu ya...baru si hawa2 heboh :e-think: apa harus Toyota :e-clap:

Tapi Triton cukup bagus, 4 stars juga. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2006.html - jadi cukup yakin lah saya Pajero Sport pun bagus.

Ford Ranger (mbahnya Everest) 3 stars.. http://www.landtransport.govt.nz/vehicl ... -2007.html - OK lah, apalagi dgn 4 airbagnya Everest.

Jadi yg terburuk di kelas truk Nissan Navarra dgn 3 stars di lembaga NZ, dan 1 star di EuroNCAP. Hmmm...hawa2 gimana tuh, si merek pamungkas kok bisa kalah sama merek tidak bermoral atoyot.

tau ngak kenapa saya ngak heboh ama mitsu dan ford ? sebab selama ini tidak ada orang atau pemilik 2 merek ini yang seperti lu heboh dan sombong bilang merek mereka paling top dalam segala hal. dan ngak cuman bilang top tapi jelek jelekin merek lain lagi.


jadi kalau 2 merek ini tidak ada pemilik atau orang dalamnya yang heboh muncul di sini, ngapain saya cari lawan ? justru saya salut ama 2 merek ini, setidaknya mereka produknya lumayan dan udah di uji. harga juga lebih masuk akal.
Freehahawawa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Fri Jul 06, 2007 5:01

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by Freehahawawa »

zweifellos wrote:saya pindahin ke sini aja ya ngebahasnya, biar enak dan ga ngeganggu thread lain.
FortunerMan wrote:Di saat ada kekurangan informasi (tidak ada crash test fortuner), kita cari the next best information. Fortuner memang ditujukan ke pasar yg belum ada badan crash testnya, apa Toyota harus menunjukkan video development internalnya?
tentu sangat bagus kalo toyota bisa menunjukkan video hasil crash test yang dilakukan toyota terhadap fortuner (bukan hanya toyota aja tapi juga merk2 lainnya yang memang belum ketahuan apa ada crash test nya apa ga).
FortunerMan wrote: Kalo anda pelajari asal usul, kolong, interior...pegang, lihat antara Hilux dan Fortuner, pasti bisa lihat kalau itulah saudara terdekat Fortuner. Itu lah informasi terbaik yg kita punya. Dari the best information we have ini, kemungkinan besar Fortuner cukup aman - karena saudara terdekatnya mendapat score cukup baik. Apakah ada kemungkinan hasil crash testnya berbeda, mungkin saja. Tapi apakah ini cukup untuk loncat ke tudingan bahwa Fortuner tidak aman...dan diulang2 di berbagai thread seperti kaset rusak
saya ngerti tujuan om FortunerMan cuman buat saya pribadi tetap kita tidak bisa mengambil hasil crash test dari mobil yang berbeda untuk mencari kesimpulan/kemiripan hasil dari crash test mobil jenis yang lainnya karena menurut saya sebuah mobil yang sudah beda jenis akan menghasilkan hasil crash test yang berbeda (berbeda tentu bisa mirip).

saya ga bilang fortuner itu ga aman karena saya ngerti dengan inti yang om fortuner sampaikan.

itu namanya BELA DIRI (atau BELA MOBILnya) mau di kasih bukti atau apa percuma kalau orang udah ngak fair.


dan juga video dari toyota ngapain ? mana ada sih pabrik yang mau nunjukan kalau hasilnya jelek ? hasilnya bagus pun tidak independen. seperti tanya tukang daging ada formalin ngak ?


harus video dan data dari lembaga independen seperti euroncap etc. baru kredibel.

kalau navara hasilnya jelek, saya terima kok. saya tidak akan bela habis habisan. ngapain ? paling penting kan ada pilihan alternatif lebih enak dan praktis, seperti xtrail misalnya.


fortunerman bisa ngak dengan besar hati akui bahwa fortuner belum ketahuan hasilnya. saya ngak bilang pasti jelek kok, cuman ngak ketahuan aja. ngak usah maksa seolah hilux bagus pasti fort juga bagus. kalau udah gitu, ngapain jncap uji freed lagi ? kan jazz bagus. kalau asal platform sama pasti antara model sama, ya ngapain buang duit hancurkan freed.


lihat nissan. banyak model platformnya sama : latio, grand livina, livina, xr, etc. 1 platform anaknya banyak. tapi semua tetap di uji satu per satu di jepang maupun eropa. ngapain kalau pasti sama ? iya ngak ? tuh di china juga, latio dan livina masing masing di uji meskipun platformnya sama.


itu baru lembaga adil, harus uji lengkap. baru bisa bantu konsumen. kalau latio bagus asumsi livina juga bagus ngak usah di test, ya gimana gitu.


ingat navara. besar tapi tidak menjamin pasti sip. sama dengan fortuner. besar tapi siapa tau ?
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Hasil uji tabrakan berapa mobil laris di Indonesia

Post by GTR »

di webnya ENCAP, hilux belum ketemu juga, tapi mobilnya dipasarkan disana...
apa karena memang dari kategori kendaraan nya yg mungkin tidak memerlukan ENCAP disitu, atau yg masuk ENCAP itu harus memenuhi quota/volume tertentu...

IMO, jadi agak sulit yg mana lebih baik antara navarra dgn hilux.