Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
klo menurut gw sih inreyen perlu coz di buku manual dari pabrik sudah dicantumkan. cara2 udah ada seperti klo 500 km pertama buka gas boleh lebih dari setengah trus klo dibawah 2500 km jangan buka gas penuh dalam jangka waktu lama n sering2 over gigi katanya sih biar komponen2 mesinnya saling bersesuaian dulu. memang sih dalam pengetesan motor terutama sport kadang digeber2 , tujuan sebenernya untuk melihat kalo ada kelainan dalam mesin maklum motor sport kan buat ngebut, kerusakan mesin dikit bisa buat pengendaranya celaka. bayangkan ja, kecepatan 100 km/j tiba2 mesin mati....alamat pindah alam he..he.. tapi khusus yang beli mocin harap perhatiin inreyennya coz temen gw pernah beli mocin baru langsung digeber2, ga lama mesinya ngebul.... untung ada garansinya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
ga boleh lebih dari setengah...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Harusnya sih dgn teknologi produksi mesin sekarang, ga perlu namanya inreyen segala...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
^berani jamin? Pabrikan aja gak berani.y_anjasrana wrote:Harusnya sih dgn teknologi produksi mesin sekarang, ga perlu namanya inreyen segala...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
setuju..... ane pake mtr bebek ga pake inreyen segala..... dari baru digeber aja.......alhasil ampe sekarang ga masalah tuh.......asal jangan berlebihan aja.......y_anjasrana wrote:Harusnya sih dgn teknologi produksi mesin sekarang, ga perlu namanya inreyen segala...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Udah nyoba koq... Mobil baru digeber di atas 150km/jam (kalu ga salah pernah ada review avanza S). Ga ada masalah sampe beberapa tahun kemudian. Tp itu mobil ya..
Kalu motor blum pernah coba. Soalnya waktu punya motor baru, blom bisa naek motor...
Istilah inreyen itu udah melekat turun temurun. Bisa dibilang mitos yg udah nempel di masyarakat. Akibatnya biar teknologi produksi udah canggih, mitos inreyen susah hilang.
Ibaratnya perawan, sekali coblos, mau digeber berkali2 ga bakal masalah.. Soalnya didisain dan dibuat dgn sistem pelumasan yg canggih.
Kalu motor blum pernah coba. Soalnya waktu punya motor baru, blom bisa naek motor...

Istilah inreyen itu udah melekat turun temurun. Bisa dibilang mitos yg udah nempel di masyarakat. Akibatnya biar teknologi produksi udah canggih, mitos inreyen susah hilang.
Ibaratnya perawan, sekali coblos, mau digeber berkali2 ga bakal masalah.. Soalnya didisain dan dibuat dgn sistem pelumasan yg canggih.

yg namanya berlebihan jelas ga boleh lah. mau motor/mobil lama atau motor/mobil baru ya ga boleh lewat redline misalnya. cuma umumnya motor/mobil baru udah dilengkapi banyak limiter. jadi mau dipaksa ga bisa juga. asal masih standard loh.. kyk dulu karisma cuma mentok di 120km/jam, ga bisa lebih lagi.setuju..... ane pake mtr bebek ga pake inreyen segala..... dari baru digeber aja.......alhasil ampe sekarang ga masalah tuh.......asal jangan berlebihan aja.......
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Tue Nov 29, 2005 9:14
- Location: Pasar Rebo, Jak-Tim
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
istilah kata..... sewajarnya aje!
kalo mau awet pakainya juga yg normal2 alias ngga berlebihan...
kalo mau awet pakainya juga yg normal2 alias ngga berlebihan...
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Tue Aug 28, 2012 6:39
- Location: Parijs van Java
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Yang umumnya terjadi apabila Masa Inreyen diabaikan, di beberapa bulan ke depan dan tahun-tahun mendatang akan terjadi:
Konsumsi BBM akan semakin boros
Konsumsi Oli akan meningkat (lebih cepat tambah oli / topping-up)
Kerusakan mesin lebih cepat terjadi.
.
Jadi manfaat dari mematuhi Masa Inreyen ini adalah:
“Untuk mendapatkan penghematan dan keawetan kendaraan kita di masa mendatang”
CMIIW
Konsumsi BBM akan semakin boros
Konsumsi Oli akan meningkat (lebih cepat tambah oli / topping-up)
Kerusakan mesin lebih cepat terjadi.
.
Jadi manfaat dari mematuhi Masa Inreyen ini adalah:
“Untuk mendapatkan penghematan dan keawetan kendaraan kita di masa mendatang”
CMIIW
“hargailah barang milik anda dan barang
milik orang lain, karena tidak semua orang ekonominya sama”
milik orang lain, karena tidak semua orang ekonominya sama”
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Sat Jun 13, 2015 10:40
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
Saya masih percaya mitos zaman dahulu "bawa dengan kecepatan yang bertahap"
Tujuannya?
1. Buat mesin tentunya menyesuaikan komponen baru
2. Buat komponen rem penyesuaian bidang gesek rotor dan kanvas rem
3. Buat rider tentunya penyesuaian karakter handling motor baru
4. Tentunya sayang kalau motor baru tapi bodi lecet-lecet karena ngebut
Sori kalo gak nyambung
Tujuannya?
1. Buat mesin tentunya menyesuaikan komponen baru
2. Buat komponen rem penyesuaian bidang gesek rotor dan kanvas rem
3. Buat rider tentunya penyesuaian karakter handling motor baru

4. Tentunya sayang kalau motor baru tapi bodi lecet-lecet karena ngebut

Sori kalo gak nyambung

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Tanya Cara Inreyen yg Bener tuk Motor Baru
banyak yang menyangka mitos, namun bener lho motor jaman sekarang pun masih perlu inreyen. Punya supra 125 sama dengan tetangga, yg punya saya dulu partama langsung digeber, punya tetangga tidak. dan sekarang dipake lebih enak punya saya, punya tetangga napas cepet habis (dikit2 udah minta naik gigi), tapi punya tetangga jadinya malah irit, wkwk. dengan perawatan sama2 ala kadarnya
. Mau dibilang gmn kondisinya begitu.
Memang orang sekarang banyak yang bilang hal2 yang dulu diyakini banyak orang gitu cuman mitos dengan membangga2kan teknologi sekarang, katanya presisi dll. Tapi kan itu di proses produksinya saja, sampai motor keluar dealer. Selama bahan mesinnya tetap logam yang bisa memuai dan melar ya perlu perlakuan yang sama. mungkin lain cerita kalo mesinnya terbuat dari intan

Memang orang sekarang banyak yang bilang hal2 yang dulu diyakini banyak orang gitu cuman mitos dengan membangga2kan teknologi sekarang, katanya presisi dll. Tapi kan itu di proses produksinya saja, sampai motor keluar dealer. Selama bahan mesinnya tetap logam yang bisa memuai dan melar ya perlu perlakuan yang sama. mungkin lain cerita kalo mesinnya terbuat dari intan

