Ada apa dengan Ford Escape ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
tau ya aneh itu orang2 pada pake Avanza APV koq bisa jalan ngebut & zig-zag gitu. Saya pake APV aja kalo jalan kenceng kayanya mau oleng melulu apalagi Avanza pada getar2 bodynya ckckckck.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sat Jan 10, 2009 13:32
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
vim wrote:he..he.. tapi SCape 2.3 kan ya? ya mendingan d agak berkurang godaan ngebutnyaNuel wrote:Hahaha thanks bro vim & bro piterr atas wejangannya![]()
![]()
Mudah2an nanti di jalan ngga tergoda ngebut tapi tergoda narik....narik apa hayoo![]()
Rencana sih lewat selatan karena bini mau jalan santai ngga pake panas2an ama truk & bis malam, mungkin medannya lebih berat ya (naik turun) dan relatif lebih sepi. Sekalian ngetes performance si Escape.
udah biasa ya jalan jauh gitu?
Iya yg 2.3 bro...udah empat kali jalan jauh ke Bali, tapi baru kali ini pake matic..mudah2an lebih nyaman he he he
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
@vim:
hehehehehe mental nya beda om..... hehehehehe buat sebagian orang ngebut sambil oling kiri kanan malah mengasyikkan kali hehehehehe makanya pilih nikmatin aja kendaraan yang kita naikin.... kalo ada kesempatan baru kita genjot mesin nya.... ngebut pun gak usah peduli disalip orang, yg penting hati senang dan tenang hehehehehe
hehehehehe mental nya beda om..... hehehehehe buat sebagian orang ngebut sambil oling kiri kanan malah mengasyikkan kali hehehehehe makanya pilih nikmatin aja kendaraan yang kita naikin.... kalo ada kesempatan baru kita genjot mesin nya.... ngebut pun gak usah peduli disalip orang, yg penting hati senang dan tenang hehehehehe
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sat Jan 10, 2009 13:32
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Akhirnya berhasil juga sampai Bali dengan selamat nyetir sendirian (bini ngga bisa nyetir) bersama2 Escape. Sekedar catatan perjalanan:
Perjalanan dari Jakarta pukul 10:00pm, dengan mengikuti jalur Pantura. Jalan agak2 lenggang dan hanya macet sedikit di daerah Brebes karena perbaikan jalan. Sampai di daerah Alas Roban sekitar pukul 5:00 pagi....Tiba2 suspensi depan kanan bunyi "klontang klonteng", was2 juga ada apa nih????....
gw berhenti dan cek per ngga ada apa2..... curiga di stabilizer depan... ternyata benar, bushing stabilizer depan pecah mungkin karena sudah aus (maklum udah 5 tahun) dan baut stabiizer sebelah kanan copot!!!....
jalan sekitar 1 km cari2 bengkel akhirnya ketemu juga bengkel kecil baru buka......gw kasih tau masalahnya ama mekaniknya, ternyata dia paham masalah suspensi....untunglah!!!...masalahnya dia ngga punya bushing Ford, akhirnya diakalin sementara pake karet per yg dipotong menyerupai bushing.....begitu selesai langsung dipasang berikut baut tambahan utk menggantikan yg copot.......begitu dites, bunyi hilang dan mobil stabil lagi.....begitu mau bayar, si mekanik bilang bayar karetnya aja Rp. 10.000 sedangkan ongkos pasang terserah.....wah kaget juga!! akhirnya gw kasih 50.000 aja....
Sampai di Semarang dengan sukses jam 9:00 pagi karena jalan santai ngga mau ngambil resiko...langsung makan di Soto Bangkong dan setelah itu ke BeRes Ford di jl. Gajah Mada...diperiksa kemudian diganti bushing baru dua2nya....aman deh. Sekedar mengingatkan utk temen2 yg pengen jalan jauh, selain mesin..cek kaki2 mobil adalah sangat2 penting utk menghindari kejadian yg tak diinginkan!!
Jam 12:00 siang, melanjutkan perjalanan ke Surabaya... melalui jalan yg relatif bopeng2 apalagi di daerah Rembang ada yg udah mirip kubangan di jalan...tapi ngga ada masalah, truk2 dan bis malam dilalui Escape dengan cukup lancar...tarikan Escape ini memang mantap...suspensi juga cukup maknyus...
Sampai di Surabaya jam 7:00 malam..badan udah pegel2 semua, langsung nyari Rawon di Taman Bungkul terus check in di hotel mempersiapkan perjalanan esok hari ke Banyuwangi...
Jam 9:00 pagi langsung berangkat dari Surabaya ke Banyuwangi...kecepatan rata2 100 km/jam...sampai di Ketapang jam 3 sore..nyebrang feri ke Gilimanuk dan melanjutkan perjalanan ke Denpasar...tiba di Denpasar jam 7 malam dan langsung makan ke Ampera Teuku Umar..
Kalau dihitung2, konsumsi bahan bakar si Escape 2.3 XLT:
Jakarta-Denpasar: Pertamax Plus kurang lebih 180 liter...

Perjalanan dari Jakarta pukul 10:00pm, dengan mengikuti jalur Pantura. Jalan agak2 lenggang dan hanya macet sedikit di daerah Brebes karena perbaikan jalan. Sampai di daerah Alas Roban sekitar pukul 5:00 pagi....Tiba2 suspensi depan kanan bunyi "klontang klonteng", was2 juga ada apa nih????....




Sampai di Semarang dengan sukses jam 9:00 pagi karena jalan santai ngga mau ngambil resiko...langsung makan di Soto Bangkong dan setelah itu ke BeRes Ford di jl. Gajah Mada...diperiksa kemudian diganti bushing baru dua2nya....aman deh. Sekedar mengingatkan utk temen2 yg pengen jalan jauh, selain mesin..cek kaki2 mobil adalah sangat2 penting utk menghindari kejadian yg tak diinginkan!!
Jam 12:00 siang, melanjutkan perjalanan ke Surabaya... melalui jalan yg relatif bopeng2 apalagi di daerah Rembang ada yg udah mirip kubangan di jalan...tapi ngga ada masalah, truk2 dan bis malam dilalui Escape dengan cukup lancar...tarikan Escape ini memang mantap...suspensi juga cukup maknyus...


Sampai di Surabaya jam 7:00 malam..badan udah pegel2 semua, langsung nyari Rawon di Taman Bungkul terus check in di hotel mempersiapkan perjalanan esok hari ke Banyuwangi...
Jam 9:00 pagi langsung berangkat dari Surabaya ke Banyuwangi...kecepatan rata2 100 km/jam...sampai di Ketapang jam 3 sore..nyebrang feri ke Gilimanuk dan melanjutkan perjalanan ke Denpasar...tiba di Denpasar jam 7 malam dan langsung makan ke Ampera Teuku Umar..
Kalau dihitung2, konsumsi bahan bakar si Escape 2.3 XLT:
Jakarta-Denpasar: Pertamax Plus kurang lebih 180 liter...


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
@Nuel:
Bener kan bro kaki2 harus diperiksa apalagi kalo jalan jauh gitu
Tapi thanx God masalah sudah dapat terselesaikan dengan baik. Kena berapa di beres Ford bro?
Bener kan bro kaki2 harus diperiksa apalagi kalo jalan jauh gitu

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sat Jan 10, 2009 13:32
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Yoi bro vim, kaki2 sebenarnya udah dicek tapi miss di bushing & karet stabilizer..jadi pelajaran juga sih...waktu ganti karet & bushing kiri kanan di beres Ford semarang kena 265 ribu bro..vim wrote:@Nuel:
Bener kan bro kaki2 harus diperiksa apalagi kalo jalan jauh gituTapi thanx God masalah sudah dapat terselesaikan dengan baik. Kena berapa di beres Ford bro?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
wah, mahal juga ya bushing nya..... ford semarang ketemu ama pak Suwardi kebeng nya, saya selalu servis di sana......
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jan 20, 2009 8:28
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Hai semua, akhirnya saya berhasil juga nebus ford escape 2005 2.3 AT.
Sejauh ini enak banget nih mobil, sampe tadi siang tiba2 mesin mati di tengah jalan, sampai2 harus diderek ke bengkel resmi ford di bandung. Menurut orang beres, ini fuel pump nya rusak sehingga bensin ngga naek ke mesin. Ngga taunya bukan karena itu tapi indikator bensin nya ngaco, jadi di indikator masih ada bensin 1/4 lebih, tapi di tangki udah kosong.
Kira-kira benerin indikator ini abis berapa yah?
Saya baru ganti oli tadi sejak beli, menurut beres harus pake oli 5/30 tapi menurut orang yang jual dia biasa pakai shell yang 10/40. Ini yang mana yang bener yah? Please advice dari temen2.
Satu lagi keluhan, dari pintu belakang suara angin masuk. Dilihat-lihat angin masuk dari kaca yang bisa dibuka itu? ada yang mengalami masalah yang sama? kira2 gimana penanggulangannya.
Thanks ya guys, please advice...
Sejauh ini enak banget nih mobil, sampe tadi siang tiba2 mesin mati di tengah jalan, sampai2 harus diderek ke bengkel resmi ford di bandung. Menurut orang beres, ini fuel pump nya rusak sehingga bensin ngga naek ke mesin. Ngga taunya bukan karena itu tapi indikator bensin nya ngaco, jadi di indikator masih ada bensin 1/4 lebih, tapi di tangki udah kosong.
Kira-kira benerin indikator ini abis berapa yah?
Saya baru ganti oli tadi sejak beli, menurut beres harus pake oli 5/30 tapi menurut orang yang jual dia biasa pakai shell yang 10/40. Ini yang mana yang bener yah? Please advice dari temen2.
Satu lagi keluhan, dari pintu belakang suara angin masuk. Dilihat-lihat angin masuk dari kaca yang bisa dibuka itu? ada yang mengalami masalah yang sama? kira2 gimana penanggulangannya.
Thanks ya guys, please advice...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
@arief:
Bro Arief, Scapenya waktu beli kilometernya brp? Pemilik sebelumnya mungkin sering isi Premium kali ya? Catalytic Converternya masih ada kan blm dilepas? Setahu saya sih, blm pernah saya dan teman2 mengalami masalah indikator bensin ngaco, apakah indikator merahnya menyala saat itu? Kalo benerin ini tanya saja di bengkel resmi, usahakan service yg sensitif2 spt ini di bengkel resmi saran saya
Kalo masalah oli, saya biasanya serahkan ke bengkel resmi aja cuma minta Shell Plus. Mungkin ada teman2 lain yg bisa memberikan saran lebih jauh soal oli.
Suara angin yg masuk dari kaca belakang jg saya blm pernah mengalaminya selama ini, apakah pernah di repair bro panel belakang sehingga ada yang tidak presisi (mudah2an pemilik sebelumnya jujur)?
Teman2 yang lain mungkin ada saran lainnya....
Bro Arief, Scapenya waktu beli kilometernya brp? Pemilik sebelumnya mungkin sering isi Premium kali ya? Catalytic Converternya masih ada kan blm dilepas? Setahu saya sih, blm pernah saya dan teman2 mengalami masalah indikator bensin ngaco, apakah indikator merahnya menyala saat itu? Kalo benerin ini tanya saja di bengkel resmi, usahakan service yg sensitif2 spt ini di bengkel resmi saran saya

Suara angin yg masuk dari kaca belakang jg saya blm pernah mengalaminya selama ini, apakah pernah di repair bro panel belakang sehingga ada yang tidak presisi (mudah2an pemilik sebelumnya jujur)?
Teman2 yang lain mungkin ada saran lainnya....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
rekomen dari ford memang 10w30 atau 5w30.... terkadang ada yang kasih 10w40, cuman memang beda di tarikan ama efisiensi bensin nya. rekomendasi beres ford setahu saya Motul yang 5w30.....
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Jan 20, 2009 8:28
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
KM sih masih rendah baru 40992. Tapi kayanya pemilik aslinya dulu ngga ngerawat nih mobil deh. Kalau catalytic converter itu di tabung knalpot paling belakang yah....wah, kayanya udah diganti sama pemilik asli nya. Soalnya udah ngga standar lagi dan bahan knalpotnya jelek banget. Ngaruhnya apa nih kalo catalytic ini dicabut? Konsumsi BBM dan tenaga berkurang ngga?vim wrote:@arief:
Bro Arief, Scapenya waktu beli kilometernya brp? Pemilik sebelumnya mungkin sering isi Premium kali ya? Catalytic Converternya masih ada kan blm dilepas? Setahu saya sih, blm pernah saya dan teman2 mengalami masalah indikator bensin ngaco, apakah indikator merahnya menyala saat itu? Kalo benerin ini tanya saja di bengkel resmi, usahakan service yg sensitif2 spt ini di bengkel resmi saran sayaKalo masalah oli, saya biasanya serahkan ke bengkel resmi aja cuma minta Shell Plus. Mungkin ada teman2 lain yg bisa memberikan saran lebih jauh soal oli.
Suara angin yg masuk dari kaca belakang jg saya blm pernah mengalaminya selama ini, apakah pernah di repair bro panel belakang sehingga ada yang tidak presisi (mudah2an pemilik sebelumnya jujur)?
Teman2 yang lain mungkin ada saran lainnya....
Kelihatannya pintu belakang juga udah pernah diganti satu panel, karena kelihatannya engsel2 nya pernah dibuka. Coba saya benerin dulu deh ke tukang pintu. Thanks ya guys atas info-info nya...
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sat Jan 10, 2009 13:32
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Kemaren di Kuta gw terjebak melewati daerah banjir tergenang air sepaha...ada Avanza dan new CRV yg mogok pas ditengah2. Deg2an juga gw...tapi apa mau dikata udah terlanjur ga bisa mundur...tranmisi matic gw pindahin ke posisi 1 terus gw terobos itu banjir....terasa banget kalo air nyaris udah menggenangi seluruh ban...Apa yg terjadi?????
Escape gw lancar2 aja tanpa hambatan menerobos banjir yg udah bikin mogok beberapa mobil...sampai di Bypass Sanur di jalan yg agak lenggang, gw tarik gas utk memastikan apakah ada gangguan di mesin.....ternyata ngga ada apa2!!pheewww...
Escape memang kendaraan off-road yg tangguh he he he...
Escape gw lancar2 aja tanpa hambatan menerobos banjir yg udah bikin mogok beberapa mobil...sampai di Bypass Sanur di jalan yg agak lenggang, gw tarik gas utk memastikan apakah ada gangguan di mesin.....ternyata ngga ada apa2!!pheewww...
Escape memang kendaraan off-road yg tangguh he he he...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
@Arief:
Bro Arief, untuk km 41rb dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun termasuk tinggi ya, rata2 penggunaan per hari sekitar 37 Km. Lumayan jauh he..he.. Catalytic Converter iya di knalpot, kalo dibuka tarikan akan lebih ganas dan BBM lebih boros. Tapi pembuangan jadi lebih kotor. Kalo beli mobil yg tidak standard sebaiknya lebih berhati-hati bro.
Kalo soal jendela belakang sepertinya memang bekas kena. Beli brp btw bro?
Bro Arief, untuk km 41rb dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun termasuk tinggi ya, rata2 penggunaan per hari sekitar 37 Km. Lumayan jauh he..he.. Catalytic Converter iya di knalpot, kalo dibuka tarikan akan lebih ganas dan BBM lebih boros. Tapi pembuangan jadi lebih kotor. Kalo beli mobil yg tidak standard sebaiknya lebih berhati-hati bro.
Kalo soal jendela belakang sepertinya memang bekas kena. Beli brp btw bro?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
iya memang mini SUV yang tangguh he..he.. tapi sebaiknya jg berhati-hati bro, karena kalo tidak salah air filternya SCape terletak di bagian agak ke bawah. Untungnya ada penutup mesin bawah yang cukup protektifNuel wrote:Kemaren di Kuta gw terjebak melewati daerah banjir tergenang air sepaha...ada Avanza dan new CRV yg mogok pas ditengah2. Deg2an juga gw...tapi apa mau dikata udah terlanjur ga bisa mundur...tranmisi matic gw pindahin ke posisi 1 terus gw terobos itu banjir....terasa banget kalo air nyaris udah menggenangi seluruh ban...Apa yg terjadi?????
Escape gw lancar2 aja tanpa hambatan menerobos banjir yg udah bikin mogok beberapa mobil...sampai di Bypass Sanur di jalan yg agak lenggang, gw tarik gas utk memastikan apakah ada gangguan di mesin.....ternyata ngga ada apa2!!pheewww...
Escape memang kendaraan off-road yg tangguh he he he...

Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Banjir bukan off road bro...lain cerita kalo off road. Escape itu crossover, based on the Mazda 6.
Kalo abangnya si Everest baru off roader tulen.
Kalo abangnya si Everest baru off roader tulen.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Catalityc converter ada di pangkal knalpot setelah header..kadang ada 2 tabung kecil, kadang ada 1 tabung kecil..arief_bowski wrote:Kalau catalytic converter itu di tabung knalpot paling belakang yah....wah, kayanya udah diganti sama pemilik asli nya. Soalnya udah ngga standar lagi dan bahan knalpotnya jelek banget. Ngaruhnya apa nih kalo catalytic ini dicabut? Konsumsi BBM dan tenaga berkurang ngga?
kalo tabung yg di ujung paling belakang dekat tailpipe , itu muffler bos..
kalo CC ini di cabut, kebiasaannya emisi jadi tidak standar lagi, tarikan lebih enak (jika replacemen CC- nya dipasang dgn itung2an yg bener), dan ujung2nya akan lebih boros,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
betuulll escape kan rangka nya pake monocoque, gak kayak everest atau fortuner atau LC yang pakai ladder frame
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
bukan boss, yg letak nya agak dibawah itu alternator, kalo air filter escape ada diatas banget di sebelah kiri koqvim wrote:iya memang mini SUV yang tangguh he..he.. tapi sebaiknya jg berhati-hati bro, karena kalo tidak salah air filternya SCape terletak di bagian agak ke bawah. Untungnya ada penutup mesin bawah yang cukup protektifNuel wrote:Kemaren di Kuta gw terjebak melewati daerah banjir tergenang air sepaha...ada Avanza dan new CRV yg mogok pas ditengah2. Deg2an juga gw...tapi apa mau dikata udah terlanjur ga bisa mundur...tranmisi matic gw pindahin ke posisi 1 terus gw terobos itu banjir....terasa banget kalo air nyaris udah menggenangi seluruh ban...Apa yg terjadi?????
Escape gw lancar2 aja tanpa hambatan menerobos banjir yg udah bikin mogok beberapa mobil...sampai di Bypass Sanur di jalan yg agak lenggang, gw tarik gas utk memastikan apakah ada gangguan di mesin.....ternyata ngga ada apa2!!pheewww...
Escape memang kendaraan off-road yg tangguh he he he...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
hati2 copot CC di matic, nanti back pressure nya akan berkurang, dan akan ngempos.... apalagi matic nya escape masih konvensionalvim wrote:@Arief:
Bro Arief, untuk km 41rb dalam jangka waktu kurang lebih 3 tahun termasuk tinggi ya, rata2 penggunaan per hari sekitar 37 Km. Lumayan jauh he..he.. Catalytic Converter iya di knalpot, kalo dibuka tarikan akan lebih ganas dan BBM lebih boros. Tapi pembuangan jadi lebih kotor. Kalo beli mobil yg tidak standard sebaiknya lebih berhati-hati bro.
Kalo soal jendela belakang sepertinya memang bekas kena. Beli brp btw bro?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
oh iya ya bro piterr, sorry ngga tau. Iya altenator yg ada gerigi2 nya itu kan ya. itu dibawah letaknya kalo kena air bisa bahaya yapiterr wrote:bukan boss, yg letak nya agak dibawah itu alternator, kalo air filter escape ada diatas banget di sebelah kiri koqvim wrote:iya memang mini SUV yang tangguh he..he.. tapi sebaiknya jg berhati-hati bro, karena kalo tidak salah air filternya SCape terletak di bagian agak ke bawah. Untungnya ada penutup mesin bawah yang cukup protektifNuel wrote:Kemaren di Kuta gw terjebak melewati daerah banjir tergenang air sepaha...ada Avanza dan new CRV yg mogok pas ditengah2. Deg2an juga gw...tapi apa mau dikata udah terlanjur ga bisa mundur...tranmisi matic gw pindahin ke posisi 1 terus gw terobos itu banjir....terasa banget kalo air nyaris udah menggenangi seluruh ban...Apa yg terjadi?????
Escape gw lancar2 aja tanpa hambatan menerobos banjir yg udah bikin mogok beberapa mobil...sampai di Bypass Sanur di jalan yg agak lenggang, gw tarik gas utk memastikan apakah ada gangguan di mesin.....ternyata ngga ada apa2!!pheewww...
Escape memang kendaraan off-road yg tangguh he he he...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
kalo banjir mah engga perlu mobil off road, perlunya mobil tinggi hehehehe..... 

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sat Jan 10, 2009 13:32
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Banjir emang bukan off-road ......That is a joke, brother ...notice the "he he he"?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sat Jan 10, 2009 13:32
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Wah perlu cek alternator nih...tadi sih starter masih aman2 aja...Thanks atas info nya, brader..vim wrote:oh iya ya bro piterr, sorry ngga tau. Iya altenator yg ada gerigi2 nya itu kan ya. itu dibawah letaknya kalo kena air bisa bahaya yapiterr wrote:bukan boss, yg letak nya agak dibawah itu alternator, kalo air filter escape ada diatas banget di sebelah kiri koqvim wrote: iya memang mini SUV yang tangguh he..he.. tapi sebaiknya jg berhati-hati bro, karena kalo tidak salah air filternya SCape terletak di bagian agak ke bawah. Untungnya ada penutup mesin bawah yang cukup protektif
BTW gw tadi liat Escape pake ban 245 kok agak nungging ya...apa per depannya udah "loyo" kali ya?


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2079
- Joined: Fri Jul 25, 2008 8:04
- Location: Jakarta Barat
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
@Nuel:
wah kalo soal nungging kurang tahu deh bro. Btw Bro Nuel, pajang dong foto2 SCapenya di sini ok
wah kalo soal nungging kurang tahu deh bro. Btw Bro Nuel, pajang dong foto2 SCapenya di sini ok

-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: Wed Feb 18, 2009 14:46
Re: Ada apa dengan Ford Escape ?
Guys.. salam kenal semua.. perkenalkan nama gw aji.. Ford Escape 2.300 tahun 2005
mau minta advise kalo ada yang pernah mengalami kejadian seperti gw.. gw dah mulai frustasi nih hiks2.. tolong bantuannya ya..
gw ada masalah dengan mobil escape gw yang tak kunjung beres dan belum tahu sampai sekarang penyebabnya kenapa dari MUNCULNYA AIR DI SEBELAH KIRI DEPAN.
pertama2 : gw menyadari ada Bau lembab di mobil escape gw yang setalah gw bongkar ternyata karpet dasar gw basah banget. karena sudah cukup lama gw sadarnya jadi sudah menjadi sarang semut yang sangat banyak.. karena yang basah hanya bagian kiri depan saja maka gw menyimpulkan kalo itu mungkin datangnya dari BOCORNYA AC, berangkatlah gw ke bengkel AC
(ga mau ke ford resmi karena ternyata mereka outsource juga untuk service ACnya)
Di bengkel AC gw service dan ganti freon..
TERNYATA!!! masih bocor juga,
seminggu kemudian gw balik lagi dan ada yang harus diganti yaitu, PRESSURE SWTICH, dan EXPANSION yang menghabiskan biaya 300.000 + Freon 150.000
di tambah sama service yang pertama total yang sudah gw keluarkan 750.000 (service AC yang pertama 300.000). setelah pulang dari bengkel AC gw kira masalah sudah kelar
TERNYATA!!! Air tetap keluar dan makin memperburuk interior gw.. sehingga gw memutuskan untuk mengangkat peredam dasar bagian depan kiri mobil gw dan juga untuk melihat darimana awal kebocoran itu... Total gw bolak balik ke bengkel untuk masalah ini kira2 memakan waktu 4 minggu (tapi weekend doang sih karena hari biasa gw kerja).
Akhirnya gw memutuskan untuk balik ke FORD JAKSEL untuk menyerahkan keluhan ini ke mereka.. ternyata apa yang terjadi mereka meminta bayaran 700rb untuk service AC (yang notabene telah gw lakukan di bengkel sebelumnya) dan setiap saya bilang bapak harus jamin tidak ada AIR yang keluar lagi dari bawah dashboard kiri saya ya... mereka tidak berani dan memutuskan untuk tidak mengerjakan mobil gw karena ancaman seperti itu (SUNGGUH MENGECEWAKAN SEKALI!!!). walhasil saya balik ke bengkel lama saya dan meminta pertanggung jawabannya atas kebocoran yang masih terjadi.
Mereka pun melakukan pengecekkan sekali lagi dan menemukan KEMUNGKINAN penyebab lainnya adalah kerena Selang Water Heater yang bocor dan menyarankan saya untuk melakukan bypass kabel water heater tersebut.. biaya nya cukup murah hanya dengan 90.000. setalah dilakukan bypass tersebut saya pulang dengan hati lega berharap tidak ada yang bocor atau keluar air dari bawah dashboard saya..
TERNYATA!!!! masih keluar AIR dari bawah dashboard saya... HIKS2.. gw dah mau menyerah nih dengan masalah ini... ada ga sih ahli untuk masalah ini? mungkin teman2 di forum ini yang mempunyai jenis mobil yang sama pernah memiliki keluhan yang sama dengan saya
Tolong bantuannya ya mengenai permasalahan ini...
Thx Before
Aji.
mau minta advise kalo ada yang pernah mengalami kejadian seperti gw.. gw dah mulai frustasi nih hiks2.. tolong bantuannya ya..
gw ada masalah dengan mobil escape gw yang tak kunjung beres dan belum tahu sampai sekarang penyebabnya kenapa dari MUNCULNYA AIR DI SEBELAH KIRI DEPAN.
pertama2 : gw menyadari ada Bau lembab di mobil escape gw yang setalah gw bongkar ternyata karpet dasar gw basah banget. karena sudah cukup lama gw sadarnya jadi sudah menjadi sarang semut yang sangat banyak.. karena yang basah hanya bagian kiri depan saja maka gw menyimpulkan kalo itu mungkin datangnya dari BOCORNYA AC, berangkatlah gw ke bengkel AC
(ga mau ke ford resmi karena ternyata mereka outsource juga untuk service ACnya)
Di bengkel AC gw service dan ganti freon..
TERNYATA!!! masih bocor juga,
seminggu kemudian gw balik lagi dan ada yang harus diganti yaitu, PRESSURE SWTICH, dan EXPANSION yang menghabiskan biaya 300.000 + Freon 150.000
di tambah sama service yang pertama total yang sudah gw keluarkan 750.000 (service AC yang pertama 300.000). setelah pulang dari bengkel AC gw kira masalah sudah kelar
TERNYATA!!! Air tetap keluar dan makin memperburuk interior gw.. sehingga gw memutuskan untuk mengangkat peredam dasar bagian depan kiri mobil gw dan juga untuk melihat darimana awal kebocoran itu... Total gw bolak balik ke bengkel untuk masalah ini kira2 memakan waktu 4 minggu (tapi weekend doang sih karena hari biasa gw kerja).
Akhirnya gw memutuskan untuk balik ke FORD JAKSEL untuk menyerahkan keluhan ini ke mereka.. ternyata apa yang terjadi mereka meminta bayaran 700rb untuk service AC (yang notabene telah gw lakukan di bengkel sebelumnya) dan setiap saya bilang bapak harus jamin tidak ada AIR yang keluar lagi dari bawah dashboard kiri saya ya... mereka tidak berani dan memutuskan untuk tidak mengerjakan mobil gw karena ancaman seperti itu (SUNGGUH MENGECEWAKAN SEKALI!!!). walhasil saya balik ke bengkel lama saya dan meminta pertanggung jawabannya atas kebocoran yang masih terjadi.
Mereka pun melakukan pengecekkan sekali lagi dan menemukan KEMUNGKINAN penyebab lainnya adalah kerena Selang Water Heater yang bocor dan menyarankan saya untuk melakukan bypass kabel water heater tersebut.. biaya nya cukup murah hanya dengan 90.000. setalah dilakukan bypass tersebut saya pulang dengan hati lega berharap tidak ada yang bocor atau keluar air dari bawah dashboard saya..
TERNYATA!!!! masih keluar AIR dari bawah dashboard saya... HIKS2.. gw dah mau menyerah nih dengan masalah ini... ada ga sih ahli untuk masalah ini? mungkin teman2 di forum ini yang mempunyai jenis mobil yang sama pernah memiliki keluhan yang sama dengan saya
Tolong bantuannya ya mengenai permasalahan ini...
Thx Before
Aji.