Untuk HR15DE First generation memang sering saya baca tentang kelemahan part kaki kakinya yg perlu diganti setelah pemakaian 5 tahunan tapi untuk HR15DE Twin VTC generasi mesin tipe L11 seperti yg saya miliki sekarang kayaknya sudah ada improvement deh karena 7 tahun lebih tuh part kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT 2014 masih bawaan orok dari dealernya sampai sekarang dan belum ada suara gludug gludug nya saat mobil Jalan di aspal jelek/berlobang.Yang saya rasakan bedanya sekarang cuma fuel consumption saja yang tidak se-eficient dulu saat baru keluar dari dealer, dimana dulu dengan BBM Premium juga sangat mudah mencapai fuel consumption 1 ltr : diatas 17 Km, tapi sekarang dengan BBM yg sama cuma 16 Km, but for me is still good number due to after 7 year used it.Profith83 wrote:HR15DE manual dulu saya thn 2007 juga minum premium.
Asal sering RPM tinggi malah tidak ada nglitik.
Tapi kaki kaki nyerah thn 2012. Terasa gludug gludug kalau kena lobang. Waktu mau bongkar dijelasin partnya apa saja selain shock. Yg pasti 4 shock plus pasang 4 jtan. Itupun murbi shock saja, belum kalau ada printilan yg lain
Penyebab transmisi CVT jebol
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Penyebab transmisi CVT jebol

HR15DE 2014
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Ane kl hitung fuel consumption gak pake patokan angka di mid, krn mid itu gak real, ada yg nilainya lebih rendah (lebih baik) dr metode full to full, tp ada jg yg lebih tinggi (lebih jelek)... deviasinya mau2nya fabriekan.Herman7103 wrote:Untuk HR15DE First generation memang sering saya baca tentang kelemahan part kaki kakinya yg perlu diganti setelah pemakaian 5 tahunan tapi untuk HR15DE Twin VTC generasi mesin tipe L11 seperti yg saya miliki sekarang kayaknya sudah ada improvement deh karena 7 tahun lebih tuh part kaki kaki mobil Nissan All New Grand Livina 1.5 SV CVT 2014 masih bawaan orok dari dealernya sampai sekarang dan belum ada suara gludug gludug nya saat mobil Jalan di aspal jelek/berlobang.Yang saya rasakan bedanya sekarang cuma fuel consumption saja yang tidak se-eficient dulu saat baru keluar dari dealer, dimana dulu dengan BBM Premium juga sangat mudah mencapai fuel consumption 1 ltr : diatas 17 Km, tapi sekarang dengan BBM yg sama cuma 16 Km, but for me is still good number due to after 7 year used it.Profith83 wrote:HR15DE manual dulu saya thn 2007 juga minum premium.
Asal sering RPM tinggi malah tidak ada nglitik.
Tapi kaki kaki nyerah thn 2012. Terasa gludug gludug kalau kena lobang. Waktu mau bongkar dijelasin partnya apa saja selain shock. Yg pasti 4 shock plus pasang 4 jtan. Itupun murbi shock saja, belum kalau ada printilan yg lain
Ane waktu mau beli lipindut L10 taon 2011 akhir itu jg kepincut ama fuel consumptionnya yg hasil tes beberapa media katanya bs sampai 1:18-21.
Tp kenyataannya metode full to full dapetnya 1:10-12 dalam kota-luar kota. Kl full tol jalan rata sih dapatlah 1:14 full loaded isi 5 orang + barang, bbm jg premium (dulu msh gampang dapetnya) krn sdh pernah pakai pertalite, pertamax & pertamax plus tetap ngilitik. Transmisi msh pakai geard A/T konvensional. Ini ane tinggal di Jakarta yah, tau sendiri gimana kejamnya [emoji5]
Kl tinggal di luar Jakarta kaya om Herman & bawanya santai di jalan arteri dgn kecepatan rata2 di 80-an KM & lipindut L11 sdh pakai CVT dapat 1:16-17 di mid sih termasuk wajar, apalagi cuman sendirian doang gak full loaded.
Mid nya lipindut L10 seingat ane deviasinya bisa sampai 10% antara mid dgn full to full, biasalah fabriekan suka "nyolong" buat seneng2in konsumennya, kaya kasus nisin maret yg di protes krn konsumsi bbm tdk sesuai klaim fabriekan.
Bagaimana pun mesin racing lipindut sih msh termasuk irit asal tau "sela" bawanya, ntah gimana ramuannya, daya glidingnya bisa jauh, jd gak perlu injak gas dia msh bisa jalan terus, gak berhenti2, sweet spot nya disana, apabila dikasih CVT sih ya wajar bisa lebih hemat lg bbm nya banding gear konvensional.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
CVT+Lowgear. Low gear buat start jalan. Begitu mobil dah gerak, low gear disengage CVT engage.DOHC wrote: Fri Jun 04, 2021 10:08Bsa cara begituOmnibus wrote: Fri Jun 04, 2021 9:27bener banget nih. itu kontaminan gram2 besi sisa inreyen sadis bgt. kl cvtf udah diganti paling ngga 1x di odo belasan ribu, niscaya selanjutnya ga gitu parah gerusan besinya (wear rate jauh berkurang). soalnya gram awal udah dibuang pas gantol pertama itu ga ikut2an jd bahan penggerus.DOHC wrote: Fri Jun 04, 2021 7:24
Kan mbah masas dah perna bersabda
Itu cvt ibarat mesin gerus besi.. ntuh belt baja ibarat diserut pelan2
Makanya wajip atf bagus, atau at least minim kontaminan
skrg ane kepikiran mbah. gara2 kemaren di tret review corolla cross bilang karakter cvt toyota ada kerasa shifting nya jd lbh natural. nah ane mikir itu kaya di ahond pake paddle shift full manual jd ngopernya ratio udah pasti. bukan kaya kita taruh di D atau S full auto ya. dengan begitu mungkin si yota itu mereduksi slip = reduksi gerusan besi. soalnya pas rubah ratio kalo ala2 full auto itu kan si pulley ngegencet belt, gede pasti tuh gerusannya.
Atauuu
Apa jangan2 sensasi shifting nya itu karena stelan d selenoid nya aj kl yah mbah
Btw, toyota punya cvt utk enjin2 ga tralu gede malah ckup canggih loh mbah, D-CVT kl ga salah, kaya bsa ad engage disengage nya, jd kl macet pake cvt, kl lancar pake metik geared biasa
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 735
- Joined: Tue Sep 27, 2016 8:34
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
OS ane kmrn lagi mau adu irit2an bisa 1:15 tp karena tolnya kurang panjang +/- 3km mau 1:16 ga kesampaian karena sisanya +/- 3km jl biasa non macet tp byk lampu merah 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
CVT apa ada manualnya? yang ada sport modeDuvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:37 om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
"virtual" manual mgkn ya om, misal di jazz (triptronic), xtrail, dll...Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:43CVT apa ada manualnya? yang ada sport modeDuvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:37 om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimanajosomba wrote: Thu Jul 15, 2021 7:57"virtual" manual mgkn ya om, misal di jazz (triptronic), xtrail, dll...Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:43CVT apa ada manualnya? yang ada sport modeDuvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 7:37 om om mau tanyak dong, kalo keseringan make manual mode di cvt itu aman gk sih?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotanOmnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?
tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Nah kalau di Mobilio gak ada tuh mbah mode manual, gak ada paddle shift, gak ada penunjuk gigi di layar, adanya cuma S doang. Jadi tidak semua CVT ada mode manualnya.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?
tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
Jadi saya tanya ke ts nya

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan syProfith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:01Nah kalau di Mobilio gak ada tuh mbah mode manual, gak ada paddle shift, gak ada penunjuk gigi di layar, adanya cuma S doang. Jadi tidak semua CVT ada mode manualnya.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03
Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.
Jadi saya tanya ke ts nya![]()

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahahaDuvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 10:56betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotanOmnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?Profith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 8:03
Iya di HRV ada, tapi di Mobilio gak ada. Makanya saya ingin tahu mobil apa dulu dan maksud dari mode manualnya bagaimana
tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.![]()
aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
hahaha ... is ok OM. Santai aja.Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy![]()
Kebetulan om tidak pernah lihat dan saya pernah lihat.
pernah baca kalau CVT tidak cocok untuk ditarik tarik (sentak sentak) karena dia pakai rantai/belt baja.
Bukan pakai gear. beltnya rentan hancur. Pernah lihat yang hancur/terlepas/protol kecil kecil.
CVT cocoknya ditarik pelan pelan, sampai kecepatan tinggi pun tak apa jangan dikagetin.
Sering dikagetin rusak juga seal drive shaft dll.
Pastikan 2 thn atau max 20rb KM ganti olinya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha
aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.
Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 11:34dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha
aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.
Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.
![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 254
- Joined: Fri Dec 27, 2013 11:59
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Eh iya ya om? ok2 next biarin D aja deh biar dia atur sendiri..Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39
betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.
Saya kadang kalo lagi nanjak panjang, saya pantengin di 7 or 6 trus 1/2 throttle, biar gak berisik.
Pernah coba nanjak tahan di 7 (rpm 1800 an), full throttle 5 detikan, dia gak downshift sih. tp spedometer jg gak gerak.. haha
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
hahaha nah itu yg sy bold, sebaiknya jangan omepinjose wrote: Thu Jul 15, 2021 14:02Eh iya ya om? ok2 next biarin D aja deh biar dia atur sendiri..Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39
betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.
Saya kadang kalo lagi nanjak panjang, saya pantengin di 7 or 6 trus 1/2 throttle, biar gak berisik.
Pernah coba nanjak tahan di 7 (rpm 1800 an), full throttle 5 detikan, dia gak downshift sih. tp spedometer jg gak gerak.. haha
sy jg baru tau dr yutup, ada yg pake 4x4 menderek caravan di belakangnya, nah pas cruising di tol mrk pakai overdrive gear dan itu lbh sering bikin transmisi jebol. mrk sarankan kl narik beban ratio terendah adalah direct drive (ratio 1:1). misalnya direct drive mobil kita di gigi 4, maka kl bawa beban berat apalagi tanjakan pakailah gigi 4, 3, 2, atau 1. jangan pakai gigi 5, 6, 7 (yg overdrive)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Kalau di MuX maka kalau misal kita jalan speed 40 kmpj, di gigi 3 , lalu kita over ke gigi 4, dan torsi dihitung oleh computer gak bakal cukup, maka bunyi bip bip bip 3 kali..... dan gigi gak mau naek.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 11:34dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26
sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahaha
aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.
Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.
![]()
btw, kalau saya karena mux cuma 5 speed maka kalau ke lukot jalan biasa seringnya pakai gigi 4..itu gigi enak in term of speed dan akselerasi saat digas terasa narek...kalau gigi 5 maka kalau cruising aja sih bisa tp saat digas terasa kurang narek...
saya jarang kick down..lebih suka pakai tuas saja diover ke (+)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.ginting wrote: Thu Jul 15, 2021 16:38Kalau di MuX maka kalau misal kita jalan speed 40 kmpj, di gigi 3 , lalu kita over ke gigi 4, dan torsi dihitung oleh computer gak bakal cukup, maka bunyi bip bip bip 3 kali..... dan gigi gak mau naek.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:39betul banyak protection by system. yg paling riskan buat cvt itu ketika lugging (narik beban berat full load tp pakai gigi tinggi di rpm rendah). itu aja pas kita gas sekiranya dia ga kuat pasti akan downshift sih even di mode full manual.josomba wrote: Thu Jul 15, 2021 11:34
dan biasanya ada preventive system (biar ga salah gigi) juga kan ya mbah di beberapa mobil CVT/Conventional matic yg bisa "manual" mode.
kalau sipiti di nissin yg bisa xtronic, saya gabisa turunin gigi kalau RPM "bakalan ketinggian" maupun naikin gigi kalau RPM "bakalan kerendahan". Indikator gigi di MID kedip2.
Sama juga terjadi di 6AT mobil kutu saya sekarang ini.
![]()
btw, kalau saya karena mux cuma 5 speed maka kalau ke lukot jalan biasa seringnya pakai gigi 4..itu gigi enak in term of speed dan akselerasi saat digas terasa narek...kalau gigi 5 maka kalau cruising aja sih bisa tp saat digas terasa kurang narek...
saya jarang kick down..lebih suka pakai tuas saja diover ke (+)
beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
okeh om aman yah kalo sering dipake begitu, thx oomOmnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahahaDuvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 10:56betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotanOmnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 10:36
ya mode manual mbah. emang ga pernah dipake mode manual di hrv nya mbah?
tuas persneling masukkan ke S lalu tarik paddle shift yg + sblh kanan. masuk mode full manual, ada lambang gigi nomor brp di dashboard. tinggal pindah2in gigi secara manual mode, paddle shift kiri utk menurunkan gigi n paddle shift kanan utk menaikan gigi.![]()
aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
thx oom, mulai tobat nih abis kuras di 100k bakal rutin per 20k kalo gtProfith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:32hahaha ... is ok OM. Santai aja.Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy![]()
Kebetulan om tidak pernah lihat dan saya pernah lihat.
pernah baca kalau CVT tidak cocok untuk ditarik tarik (sentak sentak) karena dia pakai rantai/belt baja.
Bukan pakai gear. beltnya rentan hancur. Pernah lihat yang hancur/terlepas/protol kecil kecil.
CVT cocoknya ditarik pelan pelan, sampai kecepatan tinggi pun tak apa jangan dikagetin.
Sering dikagetin rusak juga seal drive shaft dll.
Pastikan 2 thn atau max 20rb KM ganti olinya

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4630
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Nah ini Kalau HRV, gearnya sesuai dengan display angka yang kita naikkan dari 1 sd 6 atau berapa max nya, belum pernah coba.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 18:08
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.
beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
Jadi seakan akan gearnya mirip manual sesuai dengan yang kita inginkan.
Tapi kalau Innova D4 atau S4 dia bukan masuk gigi 4, melainkan batas max 4. Jadi dia akan main gigi 1 sd 4
Om sebenarnya suka karakter yang model Honda atau Toyota?
Saya pernah coba toyota dari D3 misal kecepatan 50, kemudian naikkan ke D4 masih butuh waktu sekitar 1 detik lebih, baru naik dia.
Kalau Honda begitu kita pindahkan paling 0.2 detik langsung pindah.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 107
- Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
- Daily Vehicle: Supra Fit
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
Wah saya baru tahu ada sistem transmisi dobel spt ini, bagus juga ya untuk minimize damage ke cvt nyaadityabp wrote: Mon Jun 07, 2021 1:48 CVT+Lowgear. Low gear buat start jalan. Begitu mobil dah gerak, low gear disengage CVT engage.
Contoh mobilnya apa ya?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12525
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
klo mesinnya masih std pabrik, insya Allah aman.Duvebriliant0 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:10okeh om aman yah kalo sering dipake begitu, thx oomOmnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 11:26sy ngerti maksud om. kl sampai nanya itu namanya om punya perasaan "mechanical sympathy" hahahaDuvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 10:56
betul oom itu kalo cvtnya honda, yg saya di altis itu jadi sampingnya D ada M buat mode manual tp di D pun kalo paddleshiftnya di teken ntar jd "manual" bentar terus balik ke auto lagi... nah itu gimana om aman ga yaa kalo keseringan dipake? soalnya kan dia mestinya bebas gerak rasionya tapi malah seolah olah di "lock"... sorry kalo belepotan![]()
aman kok om, malah sy mikirnya kl full auto tp di mode sport itu yg lbh bikin banyak gesekan antara belt n pulley krn selalu changing ratio. yg perlu diperhatikan oli cvt harus rutin ganti, semakin baru olinya semakin sering ganti semakin bagus.
thx oom, mulai tobat nih abis kuras di 100k bakal rutin per 20k kalo gtProfith83 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:32hahaha ... is ok OM. Santai aja.Duvebriliant0 wrote: Thu Jul 15, 2021 11:07
iyah oom mobilnya altis 2012, saya kira mode manual di CVT ya prinsipnya sama semua hehee maaf yah oom atas kesalahan sy![]()
Kebetulan om tidak pernah lihat dan saya pernah lihat.
pernah baca kalau CVT tidak cocok untuk ditarik tarik (sentak sentak) karena dia pakai rantai/belt baja.
Bukan pakai gear. beltnya rentan hancur. Pernah lihat yang hancur/terlepas/protol kecil kecil.
CVT cocoknya ditarik pelan pelan, sampai kecepatan tinggi pun tak apa jangan dikagetin.
Sering dikagetin rusak juga seal drive shaft dll.
Pastikan 2 thn atau max 20rb KM ganti olinya![]()
krn transmisi cvtnya dirancang untuk bisa handle power dan torsi maximal sesuai setting pabrik.
sy pernah angkat jazz gd3, km 100rb an
masih mantap cvt nya, tiptronic 7 speednya jg gak ada gejala aneh2. dan masih responsif.
yg ptg ganti lendir rutin aja.
beda cerita klo mesin dah remap plus plus modif mesin, dsb.
itu hati2

klo liat cerita di youtube dsb, itu yg jebol2 kita gaktau gmn the other side of story nya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11776
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Penyebab transmisi CVT jebol
kl yg model honda musti kitanya perhatian terus sebab tiap mobil berhenti dia otomatis balik ke gigi 1. jd kl kita lupa shift up mesin meraung minta ganti ke 2 dst. tiap kali mobil stop n go begitu jd betul2 full manual.Profith83 wrote: Fri Jul 16, 2021 2:41Nah ini Kalau HRV, gearnya sesuai dengan display angka yang kita naikkan dari 1 sd 6 atau berapa max nya, belum pernah coba.Omnibus wrote: Thu Jul 15, 2021 18:08
di mobil sy yg jazz rs GK5 jg spt itu. ga mau upshift kl rpm jatuhnya terlalu low (bukan krn torque nya sih). jadi misalnya jalan 60-70 kph tp kl pakai gigi 7 rpmnya msh diatas 1000 rpm dia mau aja masuk ke 7 itu. sementara kl jalannya 40 kph misalnya dia ga mau masuk ke 7 krn rpm akan terlalu rendah.
beda sm vrz sy om. vrz sama spt camry xv50 juga, kita shift ke S4, S5, atau S6 pun kapanpun ga masalah. dia akan display itu tp bukan berarti ada di gigi tsb. dia akan menyesuaikan gigi yg optimum utk cruising speed tp maksimal di S-brp yg kita pasang. misalnya kl kita taruh di S4 akan bermain di 1,2,3,4 aja (tidak masuk gigi 5 dan 6), tapi kl kita deselerasi sampai berhenti di TL dia akan downshift dr 4 ke 3,2,1 dan start jalan dr 1,2,3,4 lagi dengan tetap display di dashboard S4 aja terus. demikian jg kl kita pilih S1 (berarti cuma gigi 1), S2 (gigi 1, 2), S3 (gigi 1,2,3) dst dst.
Jadi seakan akan gearnya mirip manual sesuai dengan yang kita inginkan.
Tapi kalau Innova D4 atau S4 dia bukan masuk gigi 4, melainkan batas max 4. Jadi dia akan main gigi 1 sd 4
Om sebenarnya suka karakter yang model Honda atau Toyota?
Saya pernah coba toyota dari D3 misal kecepatan 50, kemudian naikkan ke D4 masih butuh waktu sekitar 1 detik lebih, baru naik dia.
Kalau Honda begitu kita pindahkan paling 0.2 detik langsung pindah.
kl model toyota kan engga. hmm ..... kayanya lbh suka model toyota lah om, lbh relax utk drivernya.
yg vrz sy ga lama shift up nya. ga sampe 1 detik gitu. ganti oli atf nya pakai merk nganu om.