Sebenarnya spesialist ada, tapi gak sebanyak mobil Jepang yang dimana-mana ada. Mekanik bengkel dah merem kalau trouble di mobil Jepang. Kalau mobil europe seperti yang Chist bilang itu, mechanical & electrical ala europerumit jadi working hours buat beresin lebih panjang.ChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 2:32merek jerman kalo di kota besar enak apalagi dki specialist bejibun... sampe VW audi aja ada specialistnya.Or4cle wrote: Thu Jul 09, 2020 16:33 Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak
Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.
Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine![]()
sbenernya merk jerman kalo mau niat DIY dan nyari service manual sendiri itu will save a lot of time and money... gw diceritain seorang pengguna E46 disini.
ini bedanya pendekatan jerman dan jepang... mechanical design ala jerman itu cenderung rumit, kadang buat replace part sebiji aja bisa bongkar satu unit utuh. ini yang bikin maintenance dan repair nya mahal...
jepang mechanical designnya mikirin gimana mobilnya bisa dibenerin tanpa harus ngeluarin effort terlalu banyak...
Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1312
- Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Mon Jul 06, 2015 4:47
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
kebetulan saya juga pengguna E46 nihChZ wrote: Fri Jul 10, 2020 2:32merek jerman kalo di kota besar enak apalagi dki specialist bejibun... sampe VW audi aja ada specialistnya.Or4cle wrote: Thu Jul 09, 2020 16:33 Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak
Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.
Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine![]()
sbenernya merk jerman kalo mau niat DIY dan nyari service manual sendiri itu will save a lot of time and money... gw diceritain seorang pengguna E46 disini.
ini bedanya pendekatan jerman dan jepang... mechanical design ala jerman itu cenderung rumit, kadang buat replace part sebiji aja bisa bongkar satu unit utuh. ini yang bikin maintenance dan repair nya mahal...
jepang mechanical designnya mikirin gimana mobilnya bisa dibenerin tanpa harus ngeluarin effort terlalu banyak...
statement yg dibold bener banget saya udah 3 tahun terakhir ini untuk urusan mesin selalu DIY, berbekal informasi dari youtube dan forum E46
entah untuk mobil eropa lain, tapi kalo E46 tuh tutorial di youtube banyak banget mulai dari yang ringan sampai berat kayak engine rebuild dan convert auto to manual transmission
untuk sparepartnya bisa beli di tokped, atau kalo mau lebih murah bisa cari yg aftermarket china di aliexpress
tips buat yang mau DIY eropa, menurut saya paling penting wajib punya scanner dulu
kalo untuk bmw bisa pakai software INPA / ISTA download gratis di forum2 bmw, utk kabel obdnya tinggal beli dari aliexpress
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
jd specialist mobil jepang krn pop banyak dan parts relative mudah tinggal pelajari svc manual saja buat yg khusus seperti honda atau mitsubishi... less effort. krn masih generik satu sama lain.Or4cle wrote: Fri Jul 10, 2020 2:56
Sebenarnya spesialist ada, tapi gak sebanyak mobil Jepang yang dimana-mana ada. Mekanik bengkel dah merem kalau trouble di mobil Jepang. Kalau mobil europe seperti yang Chist bilang itu, mechanical & electrical ala europerumit jadi working hours buat beresin lebih panjang.
smentara eropa desainnya antara VW BMW dan Mercy aja beda-beda semua... effort dan modalnya lbh gede

nahh miara mobil jerman emang bikin usernya bisa tiba-tiba jago DIY... bener-bener mobil yang ngelatih skill dan kesabaran usernyanuelgs wrote: Fri Jul 10, 2020 3:58
kebetulan saya juga pengguna E46 nih
statement yg dibold bener banget saya udah 3 tahun terakhir ini untuk urusan mesin selalu DIY, berbekal informasi dari youtube dan forum E46
entah untuk mobil eropa lain, tapi kalo E46 tuh tutorial di youtube banyak banget mulai dari yang ringan sampai berat kayak engine rebuild dan convert auto to manual transmission
untuk sparepartnya bisa beli di tokped, atau kalo mau lebih murah bisa cari yg aftermarket china di aliexpress
tips buat yang mau DIY eropa, menurut saya paling penting wajib punya scanner dulu
kalo untuk bmw bisa pakai software INPA / ISTA download gratis di forum2 bmw, utk kabel obdnya tinggal beli dari aliexpress

ane pernah diceritain kalo yg urusan lampu transmisi error itu sebnernya partnya murah aja... tp di spesialis atau beres jd mahal krn ongkos bongkarnya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
- Location: CID +6221
- Daily Vehicle: Kawa EX650E
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
ane dapet pengalaman ga enak lagi dengan bengkel resmi, kali ini k-car.
alkisah adek ipar ane beli hatch diesel M/T dengan kondisi 1/2 bahan dibawah 40 juta. ABS-Airbag tewas, pedal gas ga berfungsi, per roda ga terpasang (ceper alay) n ada bekas2 kebanjiran minor. tapi masih bisa lari 50+ kph dengan langsam doang. alhasil disetir dari Bekasi ke Tangerang.
ane besoknya berencana masukin bengkel kaki2, benerin body, lalu kemudian coba telusur kabel sambil cari parts sendiri... eeeh pas bininya liat barangnya, auto kzl n ribut, langsung calling towing bengkel resmi tanpa kabar2in ane.
singkat cerita, di beres mobilnya cuma discan benar dan auto vonis: ECU + Wiring kudu ganti dengan mahar 37 juta. yakali! 2 minggu kemudian ga diapa2in, per pun kaga dipasang. berhubung kzl, ane kompor adek buat ambil mobilnya buat dibenerin sendiri.
pas mau ambil mobilnya, EPS-nya mati dong
padahal sebelumnya bae2 aja. adik panggil montirnya, montir bawa alat scan, utak-atik, kagak kelar dan keburu ada konsumen lain... dan begitu aja bilang "susah ni Pak".
set dah
ya udah ane coba cek sekering, cek konektor yang berdebu, sembur ala dukun, pasang... dan voila! sembuh
dan ane lewatin tu montir sambil nyengir kuda setengah ngenyek
alkisah adek ipar ane beli hatch diesel M/T dengan kondisi 1/2 bahan dibawah 40 juta. ABS-Airbag tewas, pedal gas ga berfungsi, per roda ga terpasang (ceper alay) n ada bekas2 kebanjiran minor. tapi masih bisa lari 50+ kph dengan langsam doang. alhasil disetir dari Bekasi ke Tangerang.
ane besoknya berencana masukin bengkel kaki2, benerin body, lalu kemudian coba telusur kabel sambil cari parts sendiri... eeeh pas bininya liat barangnya, auto kzl n ribut, langsung calling towing bengkel resmi tanpa kabar2in ane.

singkat cerita, di beres mobilnya cuma discan benar dan auto vonis: ECU + Wiring kudu ganti dengan mahar 37 juta. yakali! 2 minggu kemudian ga diapa2in, per pun kaga dipasang. berhubung kzl, ane kompor adek buat ambil mobilnya buat dibenerin sendiri.
pas mau ambil mobilnya, EPS-nya mati dong

set dah

ya udah ane coba cek sekering, cek konektor yang berdebu, sembur ala dukun, pasang... dan voila! sembuh

dan ane lewatin tu montir sambil nyengir kuda setengah ngenyek

The Government wants Power! They rob it from our engines.
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
i20 diesel kah om?racho wrote: Fri Jul 10, 2020 8:30 ane dapet pengalaman ga enak lagi dengan bengkel resmi, kali ini k-car.
alkisah adek ipar ane beli hatch diesel M/T dengan kondisi 1/2 bahan dibawah 40 juta. ABS-Airbag tewas, pedal gas ga berfungsi, per roda ga terpasang (ceper alay) n ada bekas2 kebanjiran minor. tapi masih bisa lari 50+ kph dengan langsam doang. alhasil disetir dari Bekasi ke Tangerang.
ane besoknya berencana masukin bengkel kaki2, benerin body, lalu kemudian coba telusur kabel sambil cari parts sendiri... eeeh pas bininya liat barangnya, auto kzl n ribut, langsung calling towing bengkel resmi tanpa kabar2in ane.![]()
singkat cerita, di beres mobilnya cuma discan benar dan auto vonis: ECU + Wiring kudu ganti dengan mahar 37 juta. yakali! 2 minggu kemudian ga diapa2in, per pun kaga dipasang. berhubung kzl, ane kompor adek buat ambil mobilnya buat dibenerin sendiri.
pas mau ambil mobilnya, EPS-nya mati dongpadahal sebelumnya bae2 aja. adik panggil montirnya, montir bawa alat scan, utak-atik, kagak kelar dan keburu ada konsumen lain... dan begitu aja bilang "susah ni Pak".
set dah![]()
ya udah ane coba cek sekering, cek konektor yang berdebu, sembur ala dukun, pasang... dan voila! sembuh![]()
dan ane lewatin tu montir sambil nyengir kuda setengah ngenyek![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
masa iya beres hari gini masih ada oper kerjaan? hari gini masa kalah canggih dari spesialisOr4cle wrote: Thu Jul 09, 2020 16:33 Setuju sekali om .. kalau untuk kaki-kaki, AC, radiator, spooring balancing lebih baik oper ke bengkel spesialis.
Kemungkinan salah diagnosis lebih kecil karena pengalaman mereka lebih banyak
Kalau urusan mesin & steering pun selama masih merk Jepang bengkel spesialis masih bisa handle. Saya pernah service rack steer di BTK S*ng, montir sana bilang sering terima operan service dari Beres.

ya european mikirnya lain si dari merek jepang: form follow function. latch kap mesin aja antik2, pernah iseng liat X1 2017 saya perhatiin sampe mikir: ini over engineered atau over designed...Kalau mobil Europe no comment dehh, banyak electrical dan sensor-sensor. Itu lebih afdol di Beres soalnya bengkel spesialis juga terbatas. Mknya kalau rusak siap-siap aja ... sheer repairing pleasure, kata om KielConstantine![]()


itu baru hal "sederhana" belum hal lain, dari segi konsumen yg biasa pake jepang pasti pusing

ya, asal ga kena tipu spesialis abal2 atau lagi apeslemonadelovers wrote: Thu Jul 09, 2020 23:17 Yes bengkel spesialis emang paling bener karena menguasai satu skill untuk satu case saja sedangkan beres harus mengikuti FSM, lbh oke klo dpt FSM dan kasih parameternya ke bengkel spesialis.
Soal part kebanyakan memang saling silang aja dan bengkel spesialis tau itu jd bisa dipilihin yg paling murah atau grade kualitasnya


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Ane pernah nih om, kejadiannya di beres market leader.kunaskun wrote: Fri Jul 10, 2020 13:56
masa iya beres hari gini masih ada oper kerjaan? hari gini masa kalah canggih dari spesialis
Agak lupa perbaikan apa waktu itu soalnya sudah agak lama.
Pertama2 disarankan ganti spare part, kena 1,7jt, tp krn sudah kenal sama SA nya ane tanya apa ada alternatif lain. Nah disarankan oleh SA nya bisa diperbaiki di "bengkel rekanan" kena 700rb aja termasuk jasa.
Ya udah akhirnya diperbaiki di "bengkel rekanan", tp bayarnya tetep di kasir beresnya, ada nota resminya jg.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
i still belive in beres...
so far selama ini ane repair dan service berkala di beres nissan depok & wr buncit, alhamdulillah cukup puas
enaknya di beres, bisa ane tinggalin mobil, kadang 2-3 hari dari hari selese pekerjaan wkwkwkwkwkwk
so far selama ini ane repair dan service berkala di beres nissan depok & wr buncit, alhamdulillah cukup puas
enaknya di beres, bisa ane tinggalin mobil, kadang 2-3 hari dari hari selese pekerjaan wkwkwkwkwkwk
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Ini kejadian sebenar2nya di kantor ane. Beli avanza matic tapi ada dengung maticnya, bolak balik beberapa kali ke beres, sudah pakai stetoscop segala masih gak ketemu masalahnya.
Karena gak bisa main langsung klaim seglondongan, maka "pinjam" dulu matic avanza sejenis yang lagi service di sana. Bisa pindah2 begitu itu matic seglondongan, memang kenal baik sih ama SA nya.
Jadi buat yang sering2 taro mobilnya berlama2 di bengkel yah ingat2 aja cerita ane ini. Sejak kejadian itu ane sendiri sebisa mungkin gak mau lama2 tinggalin mobil di bengkel, takut dijadiin kelinci percobaan [emoji1787]
Mungkin ini "benefit" service di beres juga kali yah, dia bisa dengan mudah pindah2in part untuk trial & error, bengkel umum agak sulit menemukan mobil sejenis, di beres bertebaran dimana2, apalagi yang sejuta umat punya... believe it or not
Karena gak bisa main langsung klaim seglondongan, maka "pinjam" dulu matic avanza sejenis yang lagi service di sana. Bisa pindah2 begitu itu matic seglondongan, memang kenal baik sih ama SA nya.
Jadi buat yang sering2 taro mobilnya berlama2 di bengkel yah ingat2 aja cerita ane ini. Sejak kejadian itu ane sendiri sebisa mungkin gak mau lama2 tinggalin mobil di bengkel, takut dijadiin kelinci percobaan [emoji1787]
Mungkin ini "benefit" service di beres juga kali yah, dia bisa dengan mudah pindah2in part untuk trial & error, bengkel umum agak sulit menemukan mobil sejenis, di beres bertebaran dimana2, apalagi yang sejuta umat punya... believe it or not
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Untuk orang awam macam saya, beberapa case lebih percaya ke beres. Part ori terjamin, ada garansi resmi
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
termasuk yang beli mobil baru... jgn2 yang suka defect2 itu mobil bekas bongkar pasang... wkwkwkwkw...benzz89 wrote: Sat Jul 11, 2020 1:23 Ini kejadian sebenar2nya di kantor ane. Beli avanza matic tapi ada dengung maticnya, bolak balik beberapa kali ke beres, sudah pakai stetoscop segala masih gak ketemu masalahnya.
Karena gak bisa main langsung klaim seglondongan, maka "pinjam" dulu matic avanza sejenis yang lagi service di sana. Bisa pindah2 begitu itu matic seglondongan, memang kenal baik sih ama SA nya.
Jadi buat yang sering2 taro mobilnya berlama2 di bengkel yah ingat2 aja cerita ane ini. Sejak kejadian itu ane sendiri sebisa mungkin gak mau lama2 tinggalin mobil di bengkel, takut dijadiin kelinci percobaan [emoji1787]
Mungkin ini "benefit" service di beres juga kali yah, dia bisa dengan mudah pindah2in part untuk trial & error, bengkel umum agak sulit menemukan mobil sejenis, di beres bertebaran dimana2, apalagi yang sejuta umat punya... believe it or not
gw pernah liat sendiri CRV lagi servis tensioner beltnya diambil dari mobil stok dong... keren skali... ai lop beres

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
di salah satu beres triple elips kota malang, saya sendiri ngalamin hal ini. Radiator saya buntu ggra diisi air ledeng sama beres lain, nah si beres alternatif awalnya sarankan untuk cleaning radiator saja dgn jasa 500rb excld PPN. Berhubung mobil sdh dibongkar akhirnya saya iyain, eh 3 hari blm juga dikerjain dan ternyata itu beres nunggu subcon cleaning radiator ke bengkel entah dmna. Heran jg masa sekelas beres cari subcon buat urusan gini. Akhirnya saya cari tau harga radiator Assy yg ternyata harga 600rb. Ya jelas tau kan akhirnya pilihannya apa[emoji1]Omnibus wrote:lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas.pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar
Karna itu radiator dijanjikan indent 3 hari eh ternyata 7 hari blm datang, mereka ttp kerjakan juga cleaning seadanya pakai metode mereka dan di charge 300. Gak tau tuh 300 masuk labour charge ke mekanik yg ngerjain ato masuk kas mereka hahaha.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Saya juga ngalamin hal ini. Pernah Claim Shroud radiator estimasi sebulan, akhirnya dirubbing dari unit ex accident body repair mereka, itung2 tebus kesalahan mereka ggra indent radiator Assy janji 3 hari sampai yg ternyata baru datang 14 hari kemudian setelah gebrak meja SA dan tatap muka sama kabengbenzz89 wrote:Ini kejadian sebenar2nya di kantor ane. Beli avanza matic tapi ada dengung maticnya, bolak balik beberapa kali ke beres, sudah pakai stetoscop segala masih gak ketemu masalahnya.
Karena gak bisa main langsung klaim seglondongan, maka "pinjam" dulu matic avanza sejenis yang lagi service di sana. Bisa pindah2 begitu itu matic seglondongan, memang kenal baik sih ama SA nya.
Jadi buat yang sering2 taro mobilnya berlama2 di bengkel yah ingat2 aja cerita ane ini. Sejak kejadian itu ane sendiri sebisa mungkin gak mau lama2 tinggalin mobil di bengkel, takut dijadiin kelinci percobaan [emoji1787]
Mungkin ini "benefit" service di beres juga kali yah, dia bisa dengan mudah pindah2in part untuk trial & error, bengkel umum agak sulit menemukan mobil sejenis, di beres bertebaran dimana2, apalagi yang sejuta umat punya... believe it or not
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Kalau korok radiator sih emg biasanya disubkon ke spesialis...
Sy pernah ditawarin korok radiator 450rb di beres 3 elips, tp akhirnya sy bawa ke montir spesialis radiator yg suka dpt kerjaan dr beres 3 elips jg (walau beda grup), cuma 250rb
Sy pernah ditawarin korok radiator 450rb di beres 3 elips, tp akhirnya sy bawa ke montir spesialis radiator yg suka dpt kerjaan dr beres 3 elips jg (walau beda grup), cuma 250rb

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Salah satu bengkel bubut di deket rumah saya itu subkon nya bengkel resmi 3 elips jugacoklatMetalik wrote: Sat Jul 11, 2020 11:24 Kalau korok radiator sih emg biasanya disubkon ke spesialis...
Sy pernah ditawarin korok radiator 450rb di beres 3 elips, tp akhirnya sy bawa ke montir spesialis radiator yg suka dpt kerjaan dr beres 3 elips jg (walau beda grup), cuma 250rb![]()

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Sy malah kenal bengkel bubut yg produksi karet dudukan shock depan ANPS, dgn kualitas di atas genuine part.evanbngdor wrote: Sat Jul 11, 2020 12:24
Salah satu bengkel bubut di deket rumah saya itu subkon nya bengkel resmi 3 elips juga
![]()
Konon yg genuine umurnya pendek. Mekanik beres tiga berlian sering mlipir beli karet shock ke bengkel itu kalo ada customer yg klaim. Entah urusan invoice dll ke customernya gimana
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Invoice nya sih resmi kop tiga berlian, tp barangnya dia pake dr subkon itu. Bengkel 3 elips aja juga suka gitu kok, wajar lah namanya juga usahacoklatMetalik wrote: Sat Jul 11, 2020 12:48Sy malah kenal bengkel bubut yg produksi karet dudukan shock depan ANPS, dgn kualitas di atas genuine part.evanbngdor wrote: Sat Jul 11, 2020 12:24
Salah satu bengkel bubut di deket rumah saya itu subkon nya bengkel resmi 3 elips juga
![]()
Konon yg genuine umurnya pendek. Mekanik beres tiga berlian sering mlipir beli karet shock ke bengkel itu kalo ada customer yg klaim. Entah urusan invoice dll ke customernya gimana

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Saya biasanya kalo mobil2 masih masa garansi ttp dipercayain ke BeRes...
begitu lewat masa garansi, kalo servis2 ringan ttp ke BeRes, tapi pengerjaan yg rada mengoyak kantong kaya perbaiki kaki2 gitu dipercayakan ke bengkel umum...
Kalo ke beres pas masa garansi habis buat ngerjain yg rada berat, nubie ga tahan di ongkos kerjanya sih ... Blom lg kalo merk2 yg agak non mainstream misalnya batu makam, di kota kecil nubie agak malak kalo urusan biaya jasa...
begitu lewat masa garansi, kalo servis2 ringan ttp ke BeRes, tapi pengerjaan yg rada mengoyak kantong kaya perbaiki kaki2 gitu dipercayakan ke bengkel umum...
Kalo ke beres pas masa garansi habis buat ngerjain yg rada berat, nubie ga tahan di ongkos kerjanya sih ... Blom lg kalo merk2 yg agak non mainstream misalnya batu makam, di kota kecil nubie agak malak kalo urusan biaya jasa...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Baik2in SA, klo ud akrab kadang dibantu biaya servis dgn cara ubah angka koefisien pekerjaan.. misal ganti sokbreker atau swing arm mestinya ditulis 1x bsa cm 0.75x jd mestinya misal bayar 1jt utk jasa jd cm 750rb
Hal ini dimungkinkan kok krna contohbya jasa ganti oli doang tanpa servis biasanya ditulis service ringan 0.5x
Hal ini dimungkinkan kok krna contohbya jasa ganti oli doang tanpa servis biasanya ditulis service ringan 0.5x
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11778
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
penasaran ama kelanjutannya ..... udah beres belom, happy ending nggaracho wrote: Fri Jul 10, 2020 8:30 ane dapet pengalaman ga enak lagi dengan bengkel resmi, kali ini k-car.
alkisah adek ipar ane beli hatch diesel M/T dengan kondisi 1/2 bahan dibawah 40 juta. ABS-Airbag tewas, pedal gas ga berfungsi, per roda ga terpasang (ceper alay) n ada bekas2 kebanjiran minor. tapi masih bisa lari 50+ kph dengan langsam doang. alhasil disetir dari Bekasi ke Tangerang.
ane besoknya berencana masukin bengkel kaki2, benerin body, lalu kemudian coba telusur kabel sambil cari parts sendiri... eeeh pas bininya liat barangnya, auto kzl n ribut, langsung calling towing bengkel resmi tanpa kabar2in ane.![]()
singkat cerita, di beres mobilnya cuma discan benar dan auto vonis: ECU + Wiring kudu ganti dengan mahar 37 juta. yakali! 2 minggu kemudian ga diapa2in, per pun kaga dipasang. berhubung kzl, ane kompor adek buat ambil mobilnya buat dibenerin sendiri.
pas mau ambil mobilnya, EPS-nya mati dongpadahal sebelumnya bae2 aja. adik panggil montirnya, montir bawa alat scan, utak-atik, kagak kelar dan keburu ada konsumen lain... dan begitu aja bilang "susah ni Pak".
set dah![]()
ya udah ane coba cek sekering, cek konektor yang berdebu, sembur ala dukun, pasang... dan voila! sembuh![]()
dan ane lewatin tu montir sambil nyengir kuda setengah ngenyek![]()

urusan beli boil langsung sikat ga pake bilang bini n terakhirnya say sorry tumben ga mempan ......
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
lahmr_mytplx wrote: Fri Jul 10, 2020 23:49 Ane pernah nih om, kejadiannya di beres market leader.
Agak lupa perbaikan apa waktu itu soalnya sudah agak lama.
Pertama2 disarankan ganti spare part, kena 1,7jt, tp krn sudah kenal sama SA nya ane tanya apa ada alternatif lain. Nah disarankan oleh SA nya bisa diperbaiki di "bengkel rekanan" kena 700rb aja termasuk jasa.
Ya udah akhirnya diperbaiki di "bengkel rekanan", tp bayarnya tetep di kasir beresnya, ada nota resminya jg.

pengerjaan apa tu bisa di out source lebih murah tapi payment tetap ke kasir beres

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4358
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
makin ajaib ajaevanbngdor wrote: Sat Jul 11, 2020 13:39 Invoice nya sih resmi kop tiga berlian, tp barangnya dia pake dr subkon itu. Bengkel 3 elips aja juga suka gitu kok, wajar lah namanya juga usaha
![]()


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Untuk beberapa item, beres ngasih subkon. Mungkin karena gak imbang mungkin invest sama incame
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Kl ga salah inget alternator om. Kl di lewat beres harus ganti alternator ga bisa repair. Nah kl bengkel rekanan ga usah ganti cukup repair saja. Mobilnya tetap di beres, cm alternatornya aja yg dibawa ke bengkel rekanan.kunaskun wrote: Sun Jul 12, 2020 14:57
lah![]()
pengerjaan apa tu bisa di out source lebih murah tapi payment tetap ke kasir beres![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: Service di Bengkel Resmi, Masih Layak Dipercaya?
Jangankan alternator, fly wheel aja jelas2 saya liat itu dibawa keluar bengkel sama salah satu staff nya itu buat dibubut. Saya tp ngga nanya sih itu status pembayarannya gimana, soalnya ngga tau juga punya siapa itu mobilmr_mytplx wrote: Sun Jul 12, 2020 23:34Kl ga salah inget alternator om. Kl di lewat beres harus ganti alternator ga bisa repair. Nah kl bengkel rekanan ga usah ganti cukup repair saja. Mobilnya tetap di beres, cm alternatornya aja yg dibawa ke bengkel rekanan.kunaskun wrote: Sun Jul 12, 2020 14:57
lah![]()
pengerjaan apa tu bisa di out source lebih murah tapi payment tetap ke kasir beres![]()

1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T