nahh stuju itu divisi bengkel bener2 divisi sapi perah sehh. jualan mobil marginnya tipis, jualan parts juga marginnya tipis, dan overhead cost yang berlipat. mesin duitnya beres itu bkn jualan mobil, tp bengkel, kata seseorang senior di SM yang pernah jadi kacab...pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:53Belom gaji management yang berlapis-lapis. Tiap tahun gaji naik. Bisa dibayangin kebeban overhead berapa kalo dibandingin bengkel luaran.evanbngdor wrote: Wed Jul 08, 2020 8:57
Ya namanya jg bengkel resmi, bisa hidup drmn mereka kalo bukan dr biaya jasa para konsumennya. Biaya operasional mereka kan gede banget soalnya, udah gitu SDM dan fasilitas segitu banyak, maintain nya juga costly banget.
![]()
Ada temen yang kerja sebagai salah satu manager bengkel resmi brand H, itu menurut dia aja seringkali nett-off antara pengeluaran dan pemasukan, malah kadang-kadang pengeluaran lebih gede, dan biaya terbesar itu emang biaya SDM nya, karena secara rate gaji juga pasti lebih tinggi drpd staff bengkel non resmi/bengkel kelas kios
![]()
Dan customer harus bayar itu semua....gaji orang yang bahkan belum pernah ditemui sama sekali![]()
d bengkel umum kadang mahh owner bisa merangkap montir dan spv... birokrasinya lebih ringkas, orang yang digaji lebih dikit, kadang jg dibayar itungan harian. d beres ada manager, SA, spv, mekanik, blom buruh cuci, driver, dll.
blom kalo bengkel kecil ownernya kerjain ndiri mahh klo kenal modal ditraktir makan siang jg mau-mau aja

gw ama sodara gw masang cover mesin di civic dibilang suruh bawa aja... ampe ga enak gw beli filter udara freeflow akhirnya.
yg enak kalo kenal deket ama salah 1 montir yang jago, biasa diajak jalur belakang. svc dikerjain di rumah sendiri.
ahhh ini mah praktek umum bgt. gw pernah liat ndiri sih bubut disbrek di salah 1 diler ujungnya panggil tukang bubut luar...pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 12:38jangan2 emang gitu omOmnibus wrote: Wed Jul 08, 2020 12:22lebih asem lagi kl bengkel resmi ga punya spring compressor, diam2 dia subcon ke spesialis 300 rb. sisa 700 nya: snack customer 50 rb, ac di ruang tunggu 50 rb, sisanya masuk kas.pengendiesel wrote: Wed Jul 08, 2020 11:56
terakhir ganti minyak rem sienta. minyak remnya 100rebu, ongkos jasanya 350rebu kalo gak salah inget
terus pernah tanya ongkos bongkar pasang shockbreakernya vnt. di beres, depan belakang kena 1jtan, di spesialis kaki2 300rebu, entah apa yang bikin beda 700rebu itu....bisa dapet ongkos 2x lagi ganti shockbreaker depan belakang di bengkel luar![]()
![]()
hihihi kalo di kalangan pengusaha smg udah ga kaget sih icm tutup... intinya masalah internalnya cukup rumit.erwinign wrote: Wed Jul 08, 2020 13:26
Jasa kadang dah mahal ko, tp pas nunggu kadang yg dikerjake aja ndak jelas+luamaa ya stgh ati ngeluarin duit sebanyak itu. Pdhl jasa tinggi, bengkel juga masih cukup rame. Tapi mbuh kenapa dealer honda ICM tau2 april kemarin kukut jg lho, pdhl biasa rame terus yg serpis+kasih jasa mayan tinggi juga buat seukuran crv.
lagian sejak svc manager lamanya resign rasanya makin berkurang custnya... skrg bengkelnya itu malah lbh ngetop rame terus yg serpis rata-rata mobil CBU pulak...
ya iya isinya dua jagoan lama icm... bkn kaleng kaleng soal mobil ilmu dan relasinya dimana-mana...