ok.....m4rio wrote:udah om. silahkan langsung meluncur....
Forum spare parts part II
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Forum spare parts part II
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Forum spare parts part II
Newbie mo kasi sedikit masukan.m4rio wrote:@ sjamsul : om, dulu ane juga mikirnya begitu, tapi setelah ane tanya lagi katanya kalo gedein aki tanpa ngerubah altenator percuma, aki gk bakal bisa full.
kalo ane mikirnya gini tentang rubah aki : ember 1 liter ( aki lama ) dan ember 2 liter ( aki baru ) nah biarpun di isi dengan air yang keluar misalnya 1 liter/ menit. nah aki ember yang kapasitasnya udah 2 liter kgk bakalan penuh, karena selama mobil jalan beban kelistrikan juga pasti digunakan, ya buat ac, lampu2, tape, dll. jadi dengan kapasaitas keran 1 liter/menit gk kekejar buat penuhinnya. jadi kalo mau katanya selain aki di gedein alternator juga harus di rubah ke yang lebih besar juga...
semoga bener.. hehehehe
Perumpamaannya kurang tepat, mar. Lebih tepat diibaratkan kita lg charge HP, kita pake untuk telp, sms, browsing, apakah berarti batt tidak akan terisi penuh? Tetap bisa terisi penuh, cuman waktunya lebih lama. Kalo masalah pemakaian ac ato lampu2, aku rasa itu tidak akan menguras daya smp tekor, asal kondisi mesin menyala. Karena pemakaian daya terbesar adalah pada saat starter, bukan lampu2 atau ac. Kecuali pemakaian audio yg extreme. Sama jg kyk aki, misal kapasitas std 35A, trs digedein jd 70A berarti waktu pengisian akan 2x lebih lama dr std nya. Dlm hal ini berarti altenator yg akan bekerja keras.
Kenapa dgn digedein kapasitas maka aki bisa lebih awet? Bisa dilihat pd mobil niaga untuk pengiriman barang yg sering berhenti & melakukan starter. Pada saat daya aki tersedot banyak untuk starter, maka altenator akan melakukan pengisian daya pd aki. Tapi karena waktu yg relatif pendek (mobil udah berhenti lg), maka daya cadangan pd aki lama2 akan terkuras sebelum sempat terisi penuh. Disinilah peningkatan kapasitas aki akan berperan besar thd umur aki.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
@ badak.. emank bakal terisi penuh walaupun lama, nah masalahnya takutnya gk seimbang antara arus pengisian yg masuk dan beban yang keluar. nah takutnya juga aki yang dah di gedein itu gk terisi arus maksimal, bisa ja hanya setengahnya atau lebih, tapi gk ampe full.
nah mksd ane umpamain yg tadi itu mksdnya aki baru yang dinaikan misalnya jadi 70 ampere itu mungkin gk bisa ampe full 70 ampere...
menurut ane sih gitu...
nah mksd ane umpamain yg tadi itu mksdnya aki baru yang dinaikan misalnya jadi 70 ampere itu mungkin gk bisa ampe full 70 ampere...
menurut ane sih gitu...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Forum spare parts part II
Nah justru itu mar fungsi gedein daya pada aki.m4rio wrote:@ badak.. emank bakal terisi penuh walaupun lama, nah masalahnya takutnya gk seimbang antara arus pengisian yg masuk dan beban yang keluar. nah takutnya juga aki yang dah di gedein itu gk terisi arus maksimal, bisa ja hanya setengahnya atau lebih, tapi gk ampe full.
nah mksd ane umpamain yg tadi itu mksdnya aki baru yang dinaikan misalnya jadi 70 ampere itu mungkin gk bisa ampe full 70 ampere...
menurut ane sih gitu...
Karena kita berjaga-jaga apabila aki belum sempat terisi penuh. Jadi misal aki 32A belum sempat terisi penuh, udah diambil untuk starter. Maka bisa dipastikan aki tidak akan berumur panjang karena daya cadangan tidak mencukupi. Berbeda kalo kita gedein kapasitas aki, maka daya cadangan masih cukup untuk 2x starter walopun tidak terisi penuh.
Perumpamaan gampangnya: Aki 50A, untuk melakukan starter membutuhkan daya 30A. Maka cadangan aki 20A. Pada waktu mobil berjalan dan aki baru terisi 25A, aki udah dipake starter lagi. Berarti aki tidak cukup memenuhi kemampuan starter, karena daya yg dibutuhkan adl 30A pdhl aki baru terisi 25A. Nah kliatan khan misalnya aki digedein jd 70A, dipake starter sekali berarti msh ada cadangan 40A. Mobil berjalan maka walopun belum terisi penuh, setidak2nya aki msh ada cadangan yg cukup untuk melakukan starter. Tolong dikoreksi prof kl ada yg salah

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Forum spare parts part II
@BADAK:
ane akan koreksi di thread aki, biar bisa terpake klo ada yg kesulitan mengenai aki.......jadi silahkan tulis lagi di thread tsb, nanti akan ane kasih komennya.... ok.....
ane akan koreksi di thread aki, biar bisa terpake klo ada yg kesulitan mengenai aki.......jadi silahkan tulis lagi di thread tsb, nanti akan ane kasih komennya.... ok.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
@ badak : nah itu kalo kondisi aki baru di ganti dan masih full 70 ampere. nah kalo udah berkurang atau udah di pake misalnya 1 minggu gmn tuh? kan otomatis balik lagi ke daya sama seperti aki semula ???????
kalo diliat dari perumpamaannya kan diliat bearti semakin lama kapasitas semakin menurun.
kalo umpamanya ane nih ya..
aki full 70 ampere, daya starter 30 ampere ( yang tadi broo tulis )ada sisa 40 ampere, mobil jalan dan keisi jadi misalnya 50 ampere, starter lgi sisa 20 ampere. nah berkurang lgi donk tuh....
kalo diliat dari perumpamaannya kan diliat bearti semakin lama kapasitas semakin menurun.
kalo umpamanya ane nih ya..
aki full 70 ampere, daya starter 30 ampere ( yang tadi broo tulis )ada sisa 40 ampere, mobil jalan dan keisi jadi misalnya 50 ampere, starter lgi sisa 20 ampere. nah berkurang lgi donk tuh....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Forum spare parts part II
Memang begitulah cara kerja nya. Jangankan dipake starter, aki didiemin aja pst berkurang sendiri koq. Istilahnya self discharge.m4rio wrote:@ badak : nah itu kalo kondisi aki baru di ganti dan masih full 70 ampere. nah kalo udah berkurang atau udah di pake misalnya 1 minggu gmn tuh? kan otomatis balik lagi ke daya sama seperti aki semula ???????
kalo diliat dari perumpamaannya kan diliat bearti semakin lama kapasitas semakin menurun.
kalo umpamanya ane nih ya..
aki full 70 ampere, daya starter 30 ampere ( yang tadi broo tulis )ada sisa 40 ampere, mobil jalan dan keisi jadi misalnya 50 ampere, starter lgi sisa 20 ampere. nah berkurang lgi donk tuh....
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
@ badak : yo i broo...
jadi kalo menurut ane kalo mau naikin kapasitas aki gk bisa lgsg sembarangan. harus liat kapasitas alternator juga..
jadi kalo menurut ane kalo mau naikin kapasitas aki gk bisa lgsg sembarangan. harus liat kapasitas alternator juga..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Forum spare parts part II
aku kasi perumpamaan daya 50A berkurang 30A bukan keadaan sebenernya, mar.
tapi hny buat contoh biar mudah dimengerti. dalam hal ini kapasitas aki tetap 50A, cmn stroomnya yg berkurang.
tapi hny buat contoh biar mudah dimengerti. dalam hal ini kapasitas aki tetap 50A, cmn stroomnya yg berkurang.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Forum spare parts part II
nah iya iya... begitu...sjamsul wrote:ane kasih perumpamaan ya..... aki digedein ampernye, sama juga dg nt merubah tengki bensin (misalnya) dari yg kapasitas 55 liter menjadi 80 liter. Hasilnye adalah jarak tempuh mobil jadi lbh jauh khannn...... Nah, begitu juga aki, klo ampernya digedein, mk tenaga di akinya akan menjadi lbh besar. Jadi seandainya, mesin ga mau hidup saat distarter krn satu n lain sebab, mk jumlah starter yg dapat dilakukan akan lbh banyak dibandingkan dg aki yg lbh kecil ampernye...................DOHC wrote:jadi aki gede amper jg ga ngaruh yah om buat lampu, radio, ac, dll... kalo gt knapa orang2 kadang gedein amper aki yah padahal kaga pasang aksesoris tambahan..![]()
![]()
emang ada benefit apa gt...
smoga bermanfaat..........

(pura2nya sok tau...)

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
broo.. engine mounting panther berapaan ya???
apakah ada merek yang dipake ama OEM kyk bearing gitu?
apakah ada merek yang dipake ama OEM kyk bearing gitu?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Forum spare parts part II
lupa ngejawab..sjamsul wrote:setelah itu mblnya udah di spooring lagi ato belum nes......nescafe wrote:sundul lagi ahh..
belum lama ini ganti tie rod end 2004 honda accord, kena 375rb per pieces.. saya gantinya di pasar mobil kemayoran....

udah saya spooring lg pak..

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Forum spare parts part II
udah di balancing belom..nescafe wrote:lupa ngejawab..sjamsul wrote:setelah itu mblnya udah di spooring lagi ato belum nes......nescafe wrote:sundul lagi ahh..
belum lama ini ganti tie rod end 2004 honda accord, kena 375rb per pieces.. saya gantinya di pasar mobil kemayoran....
![]()
udah saya spooring lg pak..


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Forum spare parts part II
seinget gw belum di balancing lagi,, nanti deh sekalian servis di balancing + spooring, udah mau servis berkala inipoeticmind wrote:udah di balancing belom..

Permisii
............................. 


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Forum spare parts part II
terus... udah Finish Balance belom...?nescafe wrote:seinget gw belum di balancing lagi,, nanti deh sekalian servis di balancing + spooring, udah mau servis berkala inipoeticmind wrote:udah di balancing belom..


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Forum spare parts part II
ya sekalian pakpoeticmind wrote:terus... udah Finish Balance belom...?nescafe wrote:seinget gw belum di balancing lagi,, nanti deh sekalian servis di balancing + spooring, udah mau servis berkala inipoeticmind wrote:udah di balancing belom..

Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
poeticmind wrote:terus... udah Finish Balance belom...?nescafe wrote:seinget gw belum di balancing lagi,, nanti deh sekalian servis di balancing + spooring, udah mau servis berkala inipoeticmind wrote:udah di balancing belom..
buset pake finish balance segala??? setau ane jarang ada bengkel yang ada alat finish balance.....
tapi kyknya balance biasa aja cukup deh..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
m4rio wrote:broo.. engine mounting panther berapaan ya???
apakah ada merek yang dipake ama OEM kyk bearing gitu?
halo halo, partz ane gimana nih..

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
wuahduu.. kacau dah kalo gini nih...DOHC wrote:cuekin si mario tissue basah ahh...![]()
![]()
![]()

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Forum spare parts part II
tanya bang turboman aja lah mar... beliau perna ganti enjin mounting panther nya tuh....
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Forum spare parts part II
Engine mounting ada mcm2 merk nya, mar.
Yg ori lokal gak mahal, kalo yg ori import mayan mahal.
Kalo yg aftermarket lokal murah aja koq, plg kisaran puluhan ribu doang.
Emang udah terasa goncang ya? Pny ku udah hmpr 10th aja blm prnh ganti engine mounting
Yg ori lokal gak mahal, kalo yg ori import mayan mahal.
Kalo yg aftermarket lokal murah aja koq, plg kisaran puluhan ribu doang.
Emang udah terasa goncang ya? Pny ku udah hmpr 10th aja blm prnh ganti engine mounting
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Forum spare parts part II
kalo yang aftermarket tapi ori broo??? kyk bearing kan bisa tuh beli merek yang sama kyk ori tapi beli di luar..BADAK wrote:Engine mounting ada mcm2 merk nya, mar.
Yg ori lokal gak mahal, kalo yg ori import mayan mahal.
Kalo yg aftermarket lokal murah aja koq, plg kisaran puluhan ribu doang.
Emang udah terasa goncang ya? Pny ku udah hmpr 10th aja blm prnh ganti engine mounting
punya ente jangan2 mesinnya ngambang?? hehehehehehe

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Forum spare parts part II
ya kalau ada alatnya, knapa tidak?m4rio wrote:buset pake finish balance segala??? setau ane jarang ada bengkel yang ada alat finish balance.....
tapi kyknya balance biasa aja cukup deh..

Permisii
............................. 

