Hehehe secara teori memang tidak buka kap mesin tidak masalah karena ventilasi dari Grill depan dianggap cukup, tapi saya termasuk penganut buka kap mesin saat berhenti kalau dalam perjalanan jauh asal ga hujan.ginting wrote: Wed Jan 02, 2019 6:12secara teory, saat buka kap mesin maka panas ruang mesin akan cepat hilang, itu bagus untuk pendinginan ruang mesin.ders wrote: Wed Jan 02, 2019 5:58 selamat siang TS dan para suhu SMers.. nubi numpang kepo
saat kendaraan konstan jalan minimal 3 jam .. saat istirahat.. apakah perlu buka kap mesin utk tujuan percepatan pendinginan suhu mesin dan lainnya ?
soalnya banyak liat yg parkir di rest area suka buka kap mesin.. pdhl mobilnya masih baru (umur 1-5 tahun)
tapi kadang kita aja malas, apalagi tangan jadi jorok buka clip kap mesin, pasang cagak, dll
dan harus ditunggui krn rawan juga kita buka kap mesin lalu ditinggal pergi
btw, saat kita nyetir maka itu suhu mesin panas, bikin kabel, karet deteriorated karena panas...tp tertolong krn aliran udara dari depan.
saat mesin stop, suhu masih relative sama, tapi angin udah berhenti...
kalo oom mau buka kap mesin, itu akan faktor positive supaya awet komponen di ruang mesin.
Seperti yang Om bilang itu tepat, justru isu penting ada dikabel dan komponen plastik, kemampuan isolasi PVC kabel itu 85-100°C, kabel yang terpapar panas, juga kemampuan hantar arusnya menurun, komponen Elektronik Max Working temperatur kebanyakan di 85°C,