Serba Serbi Busi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Umur busi iridium
Kalau hitam tapi tipis biasanya gak apa2. Merahnya karena aditif?
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Umur busi iridium
merah karna pewarna dalam aditif, bukan karna pembakaran yg sempurna..asudarsono wrote:Kalau hitam tapi tipis biasanya gak apa2. Merahnya karena aditif?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Umur busi iridium
kemungkinan kena catalyst poisoning,v4ldi5 wrote:Saya punya freed tahun 2010 akhir,baru jalan 24rb km. Sekitar bulan maret tiba2 akselerasi jadi lambat dan nyendal2 di 4rb rpm keatas. Awalnya saya menduga filter udara yang kotor karena udah 6 bulan belum service berkala. Kemudian saya bawa ke beres Honda semarang center. Setelah ngobrol ama SA nya, dia bilang akhir2 ini sudah ada beberapa honda freed yang ngalamin kejadian seperti saya. Dari hasil pengecekan freed yang sebelumnya mulai dari filter bensin, pompa, injector, filter udara, koil, engine scan semua normal. Pihak bengkel tidak menduga bahwa yang bermasalah businya karena busi yang dipakai freed tipe iridium yang umur pemakaiannya mencapai 100rb km(buku manual)
Berdasar pengalaman tsb beres langsung mengganti busi mobil saya dan memang benar akselerasi jadi normal dan tarikan jadi enteng. Selama ini saya memakai premium dan pernah sekali memakai octane booster yang di campur ke dalam tangki. Yang menjadi pertanyaan saya apakah umur busi yang pendek disebabkan pemakaian premium atau karena kesalahan desain mesin.
Rugi donk beli busi yang harganya mahal kalo umur pemakaiannya ga beda jauh ama busi biasa.
jika businya positif kena itu, ada baiknya juga cek catalytic converter dan sensor oxygen, karena selain busi, bagian inilah yg rawan kena duluan
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Umur busi iridium
Ditanggung sendiri, termasuk jasa gantinya 1,150jt. Saya coba kirim email ke NGK tanya kira2 apa penyebab matinya busi iridium nih jawabannyaak4ng wrote:bagusnya si emg diganti semua... biar apinya seragam... ga pincang... btw ditanggung atpm atw tanggung sendiri??
--- Pada Sel, 15/5/12, Ahmad Fauzi <[email protected]> menulis:
Dari: Ahmad Fauzi <[email protected]>
Judul: RE: Umur busi iridium IZFR6K
Kepada: "'Suryo Wibowo'" <[email protected]>
Tanggal: Selasa, 15 Mei, 2012, 8:34 AM
· Untuk membersihkan busi Irridium cukup memakai cleaner dan disemprotkan dengan angin bertekanan sedang,tunggu sampai kering lalu dipasang kembali.
· Busi mengalami umur pendek/carbon fouling karena sering mengalami stationer lama(berhenti mesin dalam keaadaan hidup) ini penyebab Utama karbon fouling.
Busi Irridium paling cepat mengalami karbon fouling dibandingkan nickel/standart bila terjadi kemacetan atau stationer.
Busi Irridium digunakan untuk kendaraan yang biasa di pacu dengan kecepatan tinggi dan tidak mengalami hambatan/macet
Bila hal ini sering terjadi usahakan kendaraan dipacu di jalan tol dengan kecepatan minimal 80KM/jam selama 10 menit (minimal 1 minggu sekali),ini cara cepat untuk membersihkan kerak di mesin dan di busi (Self Cleaning).
· Untuk Honda Freed,busi OEM (bawaannya) memang sudah iridium dan tidak ada type standartnya.
Demikian penjelasan kami.
Regards,
FAUZI
PT.NGK Busi Indonesia
From: Suryo Wibowo [mailto:[email protected]]
Sent: Monday, May 14, 2012 9:52 PM
To: [email protected]
Subject: FW: Umur busi iridium IZFR6K
Terima kasih atas responnya Pak Fauzi,
Apakah kerak atau karbon yang menempel di busi iridium bisa di bersihkan? Kalau iya di bagian yang mana? Setahu saya elektroda di busi iridium tidak boleh dibersihkan karena akan mengikis lapisan iridiumnya. Ya saya memang memakai premium, tetapi dari sesama pengguna Freed yang lain, mereka bilang bahwa sampai sampai 40rb km pun tidak ada masalah dengan busi walau memakai premium. Busi saya ganti karena akselerasi mobil saya tersendat-sendat. Kemudian pihak bengkel langsung mengganti businya karena sudah beberapa kali menangani Freed yang bermasalah seperti mobil saya.
Saat ini saya masih penasaran apa yang menjadi penyebab utama pendeknya umur busi iridium di mobil saya. Semoga hal ini bisa menjadi masukan NGK untuk untuk peningkatan kualitas produk-produk yang dihasilkan.
Mohon info tipe busi NGK biasa (bukan iridium) yang cocok dengan Honda Freed. Terima kasih
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Umur busi iridium
Waduh separah itukah penyakit freed saya. Kaloo gak garansi mending jual aja yah.imsus2c wrote:kemungkinan kena catalyst poisoning,v4ldi5 wrote:Saya punya freed tahun 2010 akhir,baru jalan 24rb km. Sekitar bulan maret tiba2 akselerasi jadi lambat dan nyendal2 di 4rb rpm keatas. Awalnya saya menduga filter udara yang kotor karena udah 6 bulan belum service berkala. Kemudian saya bawa ke beres Honda semarang center. Setelah ngobrol ama SA nya, dia bilang akhir2 ini sudah ada beberapa honda freed yang ngalamin kejadian seperti saya. Dari hasil pengecekan freed yang sebelumnya mulai dari filter bensin, pompa, injector, filter udara, koil, engine scan semua normal. Pihak bengkel tidak menduga bahwa yang bermasalah businya karena busi yang dipakai freed tipe iridium yang umur pemakaiannya mencapai 100rb km(buku manual)
Berdasar pengalaman tsb beres langsung mengganti busi mobil saya dan memang benar akselerasi jadi normal dan tarikan jadi enteng. Selama ini saya memakai premium dan pernah sekali memakai octane booster yang di campur ke dalam tangki. Yang menjadi pertanyaan saya apakah umur busi yang pendek disebabkan pemakaian premium atau karena kesalahan desain mesin.
Rugi donk beli busi yang harganya mahal kalo umur pemakaiannya ga beda jauh ama busi biasa.
jika businya positif kena itu, ada baiknya juga cek catalytic converter dan sensor oxygen, karena selain busi, bagian inilah yg rawan kena duluan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Umur busi iridium
biasanya sih gitu awal mula rentetan kejadiannya... tp ane malah ngalamin langsung fuel pump jebol, ga berapa minggu O2sensor rusak.. tp ini mobilnya yaris.. kl g salah waktu odo 90rban... inti masalah nya kualitas bbm. ..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Umur busi iridium
Kalau mobil pakai carbu sih, wajar ada carbon fouling. Carbon fouling disebabkan kebanyakan bensin, harusnya ECU bisa menakar. Campuran bensin - udara. Tapi aku gak blame Honda, mungkin mereka punya pertimbangan lain.
Mumet juga ya ganti busi cuma sepuluh menit ditagih sejeti. Mumet mumet mumet.
Mumet juga ya ganti busi cuma sepuluh menit ditagih sejeti. Mumet mumet mumet.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Umur busi iridium
Busi apa harga sejuta? Busi iridium harganya sekitar 300-400ribuan kan ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Umur busi iridium
om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Umur busi iridium
kayaknya TS ganti businya di beres bro, biasanya ya segituan harganya.ilhami wrote:Busi apa harga sejuta? Busi iridium harganya sekitar 300-400ribuan kan ?
contoh new x-trail 2.5 yg std juga pake iridium harga businya 246rb per biji di beres.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Umur busi iridium
Kalo rutin sih nggak paling kalo keluar kota aja lari 120-140 paling cuma 3-5 menit.ak4ng wrote:om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Umur busi iridium
satu 237rbX4+jasa masih di tambah ppn 10%. Ane aja sampe kaget huaaaaaaHansen wrote:kayaknya TS ganti businya di beres bro, biasanya ya segituan harganya.ilhami wrote:Busi apa harga sejuta? Busi iridium harganya sekitar 300-400ribuan kan ?
contoh new x-trail 2.5 yg std juga pake iridium harga businya 246rb per biji di beres.



Kalo beli di toko umum mungkin lebih murahhh
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Umur busi iridium
kalo nissan sehh harga busi iridium nya ga begitu jauh beda nya antara beres dan di luaran.... rata2 yg ane temuin cuman beda 10 rebu malah... cuman lebi aman beli di beres karena itu barang asli... di atrium (tokonya nama nya karya 3) ane perna nyaris ketipu malah waktu mo beli busi.. dibilang busi buat livina, harga cuman 85 rebu, bungkus nya persis kaya OEM nissan punya, ternyata bgitu dibuka, malah busi biasa merek champion... masi ngotot lagi dibilang itu bisa buat livina, padahal jelas2 kode nya aja beda ama bawaan nissan...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Umur busi iridium
saya hanya menulis "kemungkinan" pakv4ldi5 wrote:Waduh separah itukah penyakit freed saya. Kaloo gak garansi mending jual aja yah.imsus2c wrote:kemungkinan kena catalyst poisoning,v4ldi5 wrote:Saya punya freed tahun 2010 akhir,baru jalan 24rb km. Sekitar bulan maret tiba2 akselerasi jadi lambat dan nyendal2 di 4rb rpm keatas. Awalnya saya menduga filter udara yang kotor karena udah 6 bulan belum service berkala. Kemudian saya bawa ke beres Honda semarang center. Setelah ngobrol ama SA nya, dia bilang akhir2 ini sudah ada beberapa honda freed yang ngalamin kejadian seperti saya. Dari hasil pengecekan freed yang sebelumnya mulai dari filter bensin, pompa, injector, filter udara, koil, engine scan semua normal. Pihak bengkel tidak menduga bahwa yang bermasalah businya karena busi yang dipakai freed tipe iridium yang umur pemakaiannya mencapai 100rb km(buku manual)
Berdasar pengalaman tsb beres langsung mengganti busi mobil saya dan memang benar akselerasi jadi normal dan tarikan jadi enteng. Selama ini saya memakai premium dan pernah sekali memakai octane booster yang di campur ke dalam tangki. Yang menjadi pertanyaan saya apakah umur busi yang pendek disebabkan pemakaian premium atau karena kesalahan desain mesin.
Rugi donk beli busi yang harganya mahal kalo umur pemakaiannya ga beda jauh ama busi biasa.
jika businya positif kena itu, ada baiknya juga cek catalytic converter dan sensor oxygen, karena selain busi, bagian inilah yg rawan kena duluan

"kemungkinan" juga ngga separah itu

catalyst poisoning, umumnya disebabkan pemakaian BBM yang kurang baik, bisa dari BBM-nya itu sendiri, atau BBM sebenarnya sudah baik tapi terkontaminasi zat2 yg bikin cemaran logam, misalnya dari additive, OB, dll...
coba search dan baca2 topik lama macam "octane booster" atau "warna busi", mungkin bisa dapat masukkan dari situ

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Umur busi iridium
italian tune up, yg penting bukan kecepatannya pak, tapi putaran mesinnyav4ldi5 wrote:Kalo rutin sih nggak paling kalo keluar kota aja lari 120-140 paling cuma 3-5 menit.ak4ng wrote:om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
usahakan masuk atau hampir ke redline selama beberapa detik (10/15/20an detik)
kalo mobil manual, cukup gigi 2 atau 3 saja, jadi redline masuk tapi kecepatan mobil masih relatif aman (sekitar 100-120 kpj)
kalo matik, mungkin harus kickdown atau gigi rendah
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Umur busi iridium
kl freed bisa ditahan di 2.... yg penting nyampe redlineimsus2c wrote:italian tune up, yg penting bukan kecepatannya pak, tapi putaran mesinnyav4ldi5 wrote:Kalo rutin sih nggak paling kalo keluar kota aja lari 120-140 paling cuma 3-5 menit.ak4ng wrote:om TS uda pernah nyoba italian tune up??? ya seminggu sekali gitu???
usahakan masuk atau hampir ke redline selama beberapa detik (10/15/20an detik)
kalo mobil manual, cukup gigi 2 atau 3 saja, jadi redline masuk tapi kecepatan mobil masih relatif aman (sekitar 100-120 kpj)
kalo matik, mungkin harus kickdown atau gigi rendah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Umur busi iridium
Kalau dimungkinkan diposisikan di 2 aja, paling main gigi 1 dan 2.
Masalahnya kalau cuma ada D ama S, gak ada tiptronik?
Masalahnya kalau cuma ada D ama S, gak ada tiptronik?
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Umur busi iridium
ga ada jalan lain selain sering kickdown pakasudarsono wrote:Kalau dimungkinkan diposisikan di 2 aja, paling main gigi 1 dan 2.
Masalahnya kalau cuma ada D ama S, gak ada tiptronik?

pastikan jalannya sepi dan aman dulu

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Umur busi iridium
saya ga tau businya buat freed,DOHC wrote:kalo nissan sehh harga busi iridium nya ga begitu jauh beda nya antara beres dan di luaran.... rata2 yg ane temuin cuman beda 10 rebu malah... cuman lebi aman beli di beres karena itu barang asli... di atrium (tokonya nama nya karya 3) ane perna nyaris ketipu malah waktu mo beli busi.. dibilang busi buat livina, harga cuman 85 rebu, bungkus nya persis kaya OEM nissan punya, ternyata bgitu dibuka, malah busi biasa merek champion... masi ngotot lagi dibilang itu bisa buat livina, padahal jelas2 kode nya aja beda ama bawaan nissan...
tapi saya pakai denso iridium buat ody RA, tipenya IK16L, harganya kalo ga salah ingat 80-85ribu/biji
belinya langsung di agen/distributor Denso di surabaya, jadi dijamin asli

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: please anlisa warna businya
singachu wrote:nimbrung dikit saya rasa juga (CMIIW) busi dengan electroda kecil maka api semakin fokus dan bagus.... tapi dengan permukaan yang semakin kecil maka membuat "erosi" semakin tinggi maka diberikan lapisan supaya lebih tahan "erosi". Nah lapisan ini ada yang pake platinum ada yang pake iridiumimsus2c wrote:saya rasa (yg mungkin banyak salahnya), material iridium lebih kearah "optimized" aja dibanding material dibawahnya (misalnya platinum atau copper), jadi lebih efektif, efisien, awet, dsb...DOHC wrote:sbenernya busi iridium gt diperuntukan utk constant high speed atau utk cruising doank sehh meneer ???
mengenai peruntukannya (misalnya buat ngebut, nyantai, sinkronisasi spek mesin, dsb...) saya lebih melihatnya dari spek businya itu sendiri
misalnya dilihat dari nilai tahanan, heat range, gap elektroda, dsb...
silakan dikoreksi loh...
regards,
singachu
imsus2c wrote: nah iya..itu tuh
sering ditulis di brosur-nya busi iridium (segala merk), keunggulannya dengan ukuran elektroda kecil (kalo ngga salah 0.4 mm), pantikan api jadi lebih fokus
udah adakah yg merasakan, iridium Denso dan NGK tu feel nya sama aja atau beda ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: please anlisa warna businya
kalau busi busi ini, masih ada kah yg berani menganalisanya ?

merk: NGK R
type: LFR 5 A

merk: NGK R
type: LFR 5 A
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
^^^
serem banget businya?
itu beneran baru nyopot dari mesin? atau nyomot dari "entah-darimana-asalnya"...?
serem banget businya?
itu beneran baru nyopot dari mesin? atau nyomot dari "entah-darimana-asalnya"...?

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: please anlisa warna businya
udah ngerasain 2-2nya tapi di mobil yg berbeda....jad susah buat bandinginandy1800 wrote: udah adakah yg merasakan, iridium Denso dan NGK tu feel nya sama aja atau beda ya?

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: please anlisa warna businya
gpp laah.... bukan dibandingkan, tp smacam review aja....jd feelnya msg2 gmana? di yg satu gimana, di yg satunya lg gimana meneer?imsus2c wrote:udah ngerasain 2-2nya tapi di mobil yg berbeda....jad susah buat bandinginandy1800 wrote: udah adakah yg merasakan, iridium Denso dan NGK tu feel nya sama aja atau beda ya?
beneran baru nyopot dr mesin.imsus2c wrote:^^^
serem banget businya?
itu beneran baru nyopot dari mesin? atau nyomot dari "entah-darimana-asalnya"...?
dan hbs itu dipasang lagi.