Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Mon Mar 04, 2024 2:58
iya, sayang sekali, untuk produk sendiri yg membawa nama Pertamina promosinya kurang gencar.
yang menikmati justru yang ikut jalan-jalan ke Italy dan luar negrinya :upss:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 517
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

DOHC wrote: Mon Mar 04, 2024 1:23 [

numpang coret2 ya

kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol

pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek

nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana

skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Sama Persis kayak Altis 2006 bapak ane, oli Toyota 10w40 selama 10 tahun, selalu 10rb KM atau lebih. Murni rawatan beres. Abis cerai sama beres rawat d bengkel luar, serpis cuma 1x setahun, oli selalu Fastron 10w40, itu mesin setelah 15 tahun ,Masi halus super irit, kagak ada sludge2 , di pake 90%dallkot mostly short distance, sekali sebulan pake naik turun gunung lintas Sumatra.
Mesin dulu badak2 kali ya hahaha....mesin skrg manja mungkin.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

RezPrat wrote: Mon Mar 04, 2024 6:04
DOHC wrote: Mon Mar 04, 2024 1:23 [

numpang coret2 ya

kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol

pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek

nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana

skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Sama Persis kayak Altis 2006 bapak ane, oli Toyota 10w40 selama 10 tahun, selalu 10rb KM atau lebih. Murni rawatan beres. Abis cerai sama beres rawat d bengkel luar, serpis cuma 1x setahun, oli selalu Fastron 10w40, itu mesin setelah 15 tahun ,Masi halus super irit, kagak ada sludge2 , di pake 90%dallkot mostly short distance, sekali sebulan pake naik turun gunung lintas Sumatra.
Mesin dulu badak2 kali ya hahaha....mesin skrg manja mungkin.
Transfer panasnya bagus itu Altis nya.
Cooling system management nya Keren punya, pk oli TMO 10w40 gak varnish loh.

1NZ-FE itu seangkatan koq sm mesin Altis 2006 :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

DOHC wrote: Mon Mar 04, 2024 1:23

numpang coret2 ya

kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol

pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek

nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana

skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
ini mesin kayanya memang gampang bgt varnish ya apalagi kalau ganti olinya long drain.. selama saya pegang juga max ganti di 7 ribu Km, tapi sekarang max di 5rb Km aja deh daripada varnishnya nambah lagi :ungg:

betul, mesin ini aga lumayan sering sih cover klepnya rembes, saya selama 60rb Km ini rawat udah dua kali ganti itu gasketnya. kondisi sekarang sih cover klep ga rembes, cuma ya dari cover timing chain mulai muncul rembes.. agak bimbang juga apakah cukup bongkar kemudian aplikasi ulang aja liquid gasket untuk cover timing chain itu, atau ya sekalian ganti aja itu cover timing chainnya karena covernya itu isinya oil pump assembly :mky_01:

mungkin sekalian ganti juga water pump karena barengan dibongkarnya dengan cover timing chain tersebut :ungg:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 7:29 Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
Varnish.. Gpp klo selama:
- Next dan rutin pk oli sintetis 5wXX, atau 0wXX better
- interval ganti max 4-5rb km (krn ini udah ada plak kolesterol nempel di internal mesin)
- pk bbm berkualitas ron 92 ke atas (makin bagus, sulfur makin rendah, makin panjang kualitas umur oli)

Sy prnh miara bakpao 2 thn kondisi varnish, gegara tmo 10w40 servis di beres :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 7:29 Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
Tergantung seberapa parah, kalo varnish ringan gitu gitu aja. Tapi kalo terus terusan pake oli yang tidak mumpuni ya makin lama makin tebel dan akhirnya lengket jadi sludge.

Sebenernya kyk kita masak di kuali/wok aja. Kalo ada lapisan minyak tipis trus kepanasan, minyaknya kebakar dan melekat ke besinya (varnish), kalo dipegang gak lengket. tapi kalo terulang terus lama makin tebel lapisan minyak gosong ini dan dipegang lengket.
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 9:58 Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
IMG_20240304_180122.jpg
salam 1NZ, kuning ke emasan tanda udah mateng :ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

Parahan punya ane hahahahaha.
Red1nzer
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Thu Feb 29, 2024 13:24
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Yaris

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Red1nzer »

t105erd wrote: Mon Mar 04, 2024 11:45
Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 9:58 Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
IMG_20240304_180122.jpg

salam 1NZ, kuning ke emasan tanda udah mateng :ungg:
Wah, punya saya kalau dicek Dari tutup Oli lebih parah dari ini om. Sempat was2 juga dulu pas habis Beli tp ternyata Pas Lepas tutup atas Pas ganti packing cover, dalamnya alhamdulillah Aman.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 11:54 Parahan punya ane hahahahaha.
Ok gass

https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb

Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah :big_smoking:
IMG_20240304_202410.jpg
Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih :big_slap:

Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan :big_slap:

Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran





sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa :big_slap:


Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.
IMG_20240304_203119.jpg

Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?

Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE :big_slap: . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23
Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 11:54 Parahan punya ane hahahahaha.
Ok gass

https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb

Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes :big_exellent:
wah boleh nih dicoba untuk ganti oli 1NZ-FE saya selanjutnya, harganya juga masih tergolong terjangkau nih mana viskonya pas di 5W-30 :mky_02:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:24
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?

Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE :big_slap: . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
Cooling system gmn mbah?
- Fresh Coolant
- Radiator
- Motor Fan
- Selang Reservoir
- Radiator Cap
- Thermostat
- dan sekitarnya

*Include PCV valve perlu dicek, untuk stabilize tekanan uap oli diputer ke intake valve.

Oli better ganti aja baru.
karena klo dah sentuh 100rb KM, better OCI diperpendek dari rekomendasi yg ada.
apalagi dah ada penguapan, actually kondisinya gak rekomen buat long drain.
Last edited by Suryaputra on Mon Mar 04, 2024 15:52, edited 4 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:25
Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23
Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 11:54 Parahan punya ane hahahahaha.
Ok gass

https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb

Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes :big_exellent:
wah boleh nih dicoba untuk ganti oli 1NZ-FE saya selanjutnya, harganya juga masih tergolong terjangkau nih mana viskonya pas di 5W-30 :mky_02:
yup 5w30
atau 0w30
pas buat bakpao atau 1NZ family
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1925
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:24 Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah :big_smoking:

IMG_20240304_202410.jpg

Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih :big_slap:

Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan :big_slap:

Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran





sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa :big_slap:


Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.

IMG_20240304_203119.jpg


Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?

Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE :big_slap: . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
Untuk 3ZR-FAEnya aman itu sih, masih bersih. Kalo saya pribadi lanjutin aja, 8-10rb km. Ada rembes aja cuma dikit kurangnya. Untuk masalah top up, kalo mau tenang top up aja, kalo gak jg seharusnya gpp masih 3/4, cuma perlu di pantau secara berkala aja.
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Haiqalesha »

azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:24 Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah :big_smoking:

IMG_20240304_202410.jpg

Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih :big_slap:

Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan :big_slap:

Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran





sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa :big_slap:


Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.

IMG_20240304_203119.jpg


Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?

Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE :big_slap: . Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
Wkwkwk soalnya penasaran apakah 1nz itu pada senasib sama saya wkwkwk. Ternyata sama saja.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23
Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 11:54 Parahan punya ane hahahahaha.
Ok gass

https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb

Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes :big_exellent:
sama ptt 5w30 a5/b5 lebih oke mana?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: Mon Mar 04, 2024 21:53
Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23
Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 11:54 Parahan punya ane hahahahaha.
Ok gass

https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb

Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes :big_exellent:
sama ptt 5w30 a5/b5 lebih oke mana?
Bardahl HVP C7 5w30,

Comply ke:
API CI-4/SL
ACEA E7-16
MB 228.3
Caterpillar ECF 2
Volvo RLD2
Cummins 20076/77/78
Mack EO-M Plus/EO-M/EO-N
MAN 3275
Renault Oil Category 2
Detroit DFS 93K215

Spec Condong ke Disel,
buat mesin bensin, cocok bersih2 sisa sludge atau varnish.

Klo A5/B5 itu lower visco, buat mesin bensin bisa, setelah bersih2 pk itu.
hahaha.

PDS Bardahl: https://drive.google.com/file/d/1zM6abF ... 9NyZ9/view

PTT SN & ACEA a5/b5/c2: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... en/260.pdf

PTT Commonrail ACEA A5/B5: https://pttlubricants.pttor.com/admin/p ... /en/71.pdf
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1484
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AbdulHakim »

iwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
Joss mantep om kinclong tanpa varnish :big_exellent: btw saya juga sempat jadi user valvoline syn power 0W-20 :big_okay:
skrg udah susah dapetinnya, apalagi yg sudah API SP kyknya belum (gak) masuk ke Indo.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9947
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
sekilas
ada varnish tipis
coba OCI dipendekin diskon 40-50% dr saat ini :big_peace:

bole dibuka top cover nya, sekaligus cek klep.

klep M15A itu manual atau otomatis ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

AbdulHakim wrote: Tue Mar 05, 2024 2:33
iwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
Joss mantep om kinclong tanpa varnish :big_exellent: btw saya juga sempat jadi user valvoline syn power 0W-20 :big_okay:
skrg udah susah dapetinnya, apalagi yg sudah API SP kyknya belum (gak) masuk ke Indo.
ini saya masih cari2 info mengenai toko yang jual valvoline yang bisa dipercaya karena saya dulu biasa beli di ssavalvoline (official), sayangnya udah tutup.

dulu beli di ssavalvoline juga kemasan/produksi agak lama. jika ada yang jual valvoline, kuatirnya usia nya lbh lama lagi. masih nimbang2 cari pengganti atau tetap valvoline yang usia cukup lama. merasa udah cocok soalnya
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

Suryaputra wrote: Tue Mar 05, 2024 2:38
iwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
sekilas
ada varnish tipis
coba OCI dipendekin diskon 40-50% dr saat ini :big_peace:

bole dibuka top cover nya, sekaligus cek klep.

klep M15A itu manual atau otomatis ?
mesin masih perawan om. gak pernah dibuka. km saat ini 93 ribuan. kurang paham soal klep :ungg:


soal varnish, biarlah apa adanya. dari dulu2 juga seperti itu seinget saya. oci kayaknya tetep om setiap bulan puasa :mky_01: