AbdulHakim wrote: Mon Mar 04, 2024 2:58
iya, sayang sekali, untuk produk sendiri yg membawa nama Pertamina promosinya kurang gencar.
yang menikmati justru yang ikut jalan-jalan ke Italy dan luar negrinya![]()


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
AbdulHakim wrote: Mon Mar 04, 2024 2:58
iya, sayang sekali, untuk produk sendiri yg membawa nama Pertamina promosinya kurang gencar.
yang menikmati justru yang ikut jalan-jalan ke Italy dan luar negrinya![]()
Sama Persis kayak Altis 2006 bapak ane, oli Toyota 10w40 selama 10 tahun, selalu 10rb KM atau lebih. Murni rawatan beres. Abis cerai sama beres rawat d bengkel luar, serpis cuma 1x setahun, oli selalu Fastron 10w40, itu mesin setelah 15 tahun ,Masi halus super irit, kagak ada sludge2 , di pake 90%dallkot mostly short distance, sekali sebulan pake naik turun gunung lintas Sumatra.DOHC wrote: Mon Mar 04, 2024 1:23 [
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Transfer panasnya bagus itu Altis nya.RezPrat wrote: Mon Mar 04, 2024 6:04Sama Persis kayak Altis 2006 bapak ane, oli Toyota 10w40 selama 10 tahun, selalu 10rb KM atau lebih. Murni rawatan beres. Abis cerai sama beres rawat d bengkel luar, serpis cuma 1x setahun, oli selalu Fastron 10w40, itu mesin setelah 15 tahun ,Masi halus super irit, kagak ada sludge2 , di pake 90%dallkot mostly short distance, sekali sebulan pake naik turun gunung lintas Sumatra.DOHC wrote: Mon Mar 04, 2024 1:23 [
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Mesin dulu badak2 kali ya hahaha....mesin skrg manja mungkin.
ini mesin kayanya memang gampang bgt varnish ya apalagi kalau ganti olinya long drain.. selama saya pegang juga max ganti di 7 ribu Km, tapi sekarang max di 5rb Km aja deh daripada varnishnya nambah lagiDOHC wrote: Mon Mar 04, 2024 1:23
numpang coret2 ya
kita orang blom lama jg baru ngangkat 1NZ-fe, odo masi 80 rebu, pas beli record gantol beres pake TMO 10-40 per 10 rebu km, inipun gantol per, entahlah, kadang setaon, perna mala ampir 2 taon skali gantol
pas buka tutup pengisian oli pasti ud ga karuan , tp pas buka tutup deksel, ternjata cuman varnish, ga ad sludge samsek
nahh cuman pas awal2 make emg rada vampir oli, cek ricek, ternjata ad rembes oli di cover timing, sil tutup deksel yg ud keras, dan PCV valve yg ud ga maen. ntuh PCV valve ta ganti, cover tutup deksel jg ta ganti, dan vampir nya lgs ilang minggat entah kmana
skrg pake nya oli fastron ijo eko grin murmer 5-30 aj , masi running strong buat ngasepin lcgc2 bahlul d jalanan
Varnish.. Gpp klo selama:Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 7:29 Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
Tergantung seberapa parah, kalo varnish ringan gitu gitu aja. Tapi kalo terus terusan pake oli yang tidak mumpuni ya makin lama makin tebel dan akhirnya lengket jadi sludge.Haiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 7:29 Bukannya kalau varnish itu gak dibersihin lama lama bukannya jadi sludge ya ?
salam 1NZ, kuning ke emasan tanda udah matengHaiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 9:58 Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
Wah, punya saya kalau dicek Dari tutup Oli lebih parah dari ini om. Sempat was2 juga dulu pas habis Beli tp ternyata Pas Lepas tutup atas Pas ganti packing cover, dalamnya alhamdulillah Aman.t105erd wrote: Mon Mar 04, 2024 11:45IMG_20240304_180122.jpgHaiqalesha wrote: Mon Mar 04, 2024 9:58 Ane mau ngirim gambar lubang pengisian oli nih, kelihatan gak ya ?
salam 1NZ, kuning ke emasan tanda udah mateng![]()
Ok gass
wah boleh nih dicoba untuk ganti oli 1NZ-FE saya selanjutnya, harganya juga masih tergolong terjangkau nih mana viskonya pas di 5W-30Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes![]()
Cooling system gmn mbah?azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:24
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE. Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
yup 5w30azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:25wah boleh nih dicoba untuk ganti oli 1NZ-FE saya selanjutnya, harganya juga masih tergolong terjangkau nih mana viskonya pas di 5W-30Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes![]()
![]()
Untuk 3ZR-FAEnya aman itu sih, masih bersih. Kalo saya pribadi lanjutin aja, 8-10rb km. Ada rembes aja cuma dikit kurangnya. Untuk masalah top up, kalo mau tenang top up aja, kalo gak jg seharusnya gpp masih 3/4, cuma perlu di pantau secara berkala aja.azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:24 Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah![]()
IMG_20240304_202410.jpg
Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih![]()
Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan![]()
Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran
sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa
Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.
IMG_20240304_203119.jpg
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE. Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
Wkwkwk soalnya penasaran apakah 1nz itu pada senasib sama saya wkwkwk. Ternyata sama saja.azu wrote: Mon Mar 04, 2024 14:24 Wah pada pamer lubang pengisian 1NZ, ikutan ah![]()
IMG_20240304_202410.jpg
Ini mah keliatannya udah parah jadi sludge sih![]()
Ada saran penanganannya selain bongkar mesin ga ya? Ada yg menyarankan bisa pakai oli diesel, tapi dulu pernah pakai oli diesel PTT 10W-30 untuk 2 kali OCI di 3000Km masing2, tapi kalau liat dari pengisian oli waktu itu tidak ada perubahan![]()
Sebetulnya saya agak tertarik dengan produk BG untuk menangani sludge, yaitu BG Dynamic Engine Cleaner yg klaimnya bisa membersihkan sludge tanpa pembongkaran
sayangnya di Bandung tidak ada bengkel dealer BG, dan saya juga belum tahu estimasi biayanya berapa
Tambahan:
Lubang pengisian 3ZR-FAE di Nav1 2013, saat ini sudah Km 100.000 dan sampai saya beli di Km 94.000 dari catatan pemilik sebelumnya selalu pakai oli 10W-40.
IMG_20240304_203119.jpg
Terakhir penggantian oli di Km 95.000 menggunakan Q8 D1 FE 0W-20 API SP. Cek di dipstick setelah 5000Km dalam 5 bulan hanya berkurang menjadi 3/4 menuju F, warnanya bening kehitaman gitu tapi menurut saya sih belum kotor-kotor bgt ya karena yg menempel saat mengelap dipstick masih coklat gitu bukan hitam gosong. Kayanya masih bisa dilanjut ke 10.000 Km/10 bulan masih aman ya olinya? Masih ada 1 botol tersegel juga untuk top up, baiknya top up di posisi dipstick setengah atau sekarang2 saya top up aja ke posisi F lagi ya?
Agak takjub juga sih dengan penguapan 3ZR-FAE ini yg terhitung minim, apalagi dibandingkan dengan 1NZ-FE. Padahal kondisi di cover klep ada yg rembes basah oli dan belum saya ganti itu gasket covernya, dalam 5000Km cuma turun 1/4 aja di dipsticknya atau estimasi saya di sekitar 300-400ml.
sama ptt 5w30 a5/b5 lebih oke mana?Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes![]()
Bardahl HVP C7 5w30,t105erd wrote: Mon Mar 04, 2024 21:53sama ptt 5w30 a5/b5 lebih oke mana?Suryaputra wrote: Mon Mar 04, 2024 14:23Ok gass
https://tokopedia.link/0aLJKZj3GHb
Pakai 2x rutin,
OCI 4-5rb Km
Let see how's the result goes![]()
Joss mantep om kinclong tanpa varnishiwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
sekilasiwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
ini saya masih cari2 info mengenai toko yang jual valvoline yang bisa dipercaya karena saya dulu biasa beli di ssavalvoline (official), sayangnya udah tutup.AbdulHakim wrote: Tue Mar 05, 2024 2:33Joss mantep om kinclong tanpa varnishiwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)btw saya juga sempat jadi user valvoline syn power 0W-20
![]()
skrg udah susah dapetinnya, apalagi yg sudah API SP kyknya belum (gak) masuk ke Indo.
mesin masih perawan om. gak pernah dibuka. km saat ini 93 ribuan. kurang paham soal klepSuryaputra wrote: Tue Mar 05, 2024 2:38sekilasiwing wrote: Tue Mar 05, 2024 2:29 ikutan poto. M15A. oli valvoline synpower 5w-30. ganti setiap bulan puasa sblm mudik lebaran (bentar lagi ganti) barengan dengan ganti coolant (prestone kemasan merah)
ada varnish tipis
coba OCI dipendekin diskon 40-50% dr saat ini
bole dibuka top cover nya, sekaligus cek klep.
klep M15A itu manual atau otomatis ?