Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Fertille
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 183
Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Fertille »

a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34
benzz89 wrote:
a2agarage wrote:newbie ijin tanya suhu.... kalo mo ganti merk oli CVT posisi skrng pake oemnya mitsu, trus mo ganti amsoil cvt... harus ganti full total 7,3L atau bisa skedar ganti yg di crter 4L aja ya? TKP mitsu OS 2015.

trims before
Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
Pertanyaan nya om. Memang dengan oli ATPM kenapa? Kalau mau sekedar "coba-coba" hati2 bisa mikirin oli terus ga bisa tidur. :big_biglaugh: :big_peace:
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by a2agarage »

Fertille wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34
benzz89 wrote: Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
Pertanyaan nya om. Memang dengan oli ATPM kenapa? Kalau mau sekedar "coba-coba" hati2 bisa mikirin oli terus ga bisa tidur. :big_biglaugh: :big_peace:
biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by indeskey »

a2agarage wrote:
Fertille wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34 ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
Pertanyaan nya om. Memang dengan oli ATPM kenapa? Kalau mau sekedar "coba-coba" hati2 bisa mikirin oli terus ga bisa tidur. :big_biglaugh: :big_peace:
biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
Kalau mau sedikit up dari oem saya pake aisin cfex sih puas banget... Awal ganti ke aisin 2x drain.
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by a2agarage »

indeskey wrote:
a2agarage wrote:
Fertille wrote: Pertanyaan nya om. Memang dengan oli ATPM kenapa? Kalau mau sekedar "coba-coba" hati2 bisa mikirin oli terus ga bisa tidur. :big_biglaugh: :big_peace:
biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
Kalau mau sedikit up dari oem saya pake aisin cfex sih puas banget... Awal ganti ke aisin 2x drain.
pertama ganti ke aisin butuh brp L nih om saya?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by indeskey »

a2agarage wrote:
indeskey wrote:
a2agarage wrote:biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
Kalau mau sedikit up dari oem saya pake aisin cfex sih puas banget... Awal ganti ke aisin 2x drain.
pertama ganti ke aisin butuh brp L nih om saya?
Kalau mau ikutin saya 2x drain ya berapa yg di pan itu kali 2 om. Mobil saya di pan 3.5 L, jadi ya habis 7-8 liter buat 2 kali drain. Mau lebih tenang ya 3x drain hehe...

Saya sudah pake hampir 2 thn, 16k km (psbb 8 bulan nggak jalan) sih masih smooth nggak kayak bawaan beres. Ini siap2 mau drain and fill lagi. Patokan 2 thn/20k drain & fill.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11865
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Jan 05, 2021 23:39
kl saya mbah, utk adjustable rocker arm kok kepingin punya tangan 1 lagi jadi punya 3 tangan. nganu mbah .... buat ngencengin jam nut nya, tangan yg ada udah kepake buat megang feeler gauge n puter2 screw. :big_weee:
nut kalo sudah gejala jam dan bikin ulah mending ganti mbah..... saya sudah kenyang berurusan sama mur gila begitu.

:big_biglaugh:
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Or4cle »

marmut wrote: Tue Jan 05, 2021 15:54
Or4cle wrote: Tue Jan 05, 2021 9:07
"Lebih baik" salah stel klep terlalu renggang, daripada klep rapat. Lebih banyak mudarat kalau klep di stel terlalu rapat, apalagi klep exhaust dimana setelannya secara default lebih rengggang. Setelan Klep exhaust secara default lebih renggang dibanding klep intake untuk antisipasi pemuaian katup karena gas sisa pembakaran yang suhunya tinggi.

Kesalahan dlm setel klep bisa dilihat dari kondisi busi, selain dari suara mesin.
Kalau setelan klep in & ex dua-duanya dibikin rapat ya cilaka dua belas ...

sudah masuk tahun 2021 pak, menurut opini saya sebagai pemula yang nggak tau apa-apa, keterlaluan kalau masih salah setel klep.

di manual book biasanya tertera "angka pertengahan" untuk valve clearance. kalau mau lebih spesifik boleh cari FSM di google. bohong kalau nggak ketemu.

stel klep yang model shim tappet/solid tappet saja bisa sekali jadi kok asal ukurnya bener dan teliti, apalagi yang masih adjustable rocker arm, amat sangat enak kerjanya.
Anu mbah, setel klep nya sambil melamun bayangin janda semok tetangga :big_slap:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39
Fertille wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34 ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
Pertanyaan nya om. Memang dengan oli ATPM kenapa? Kalau mau sekedar "coba-coba" hati2 bisa mikirin oli terus ga bisa tidur. :big_biglaugh: :big_peace:
biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
widihh dah ganti jg pk Q8.

sekalian aja om, https://www.q8oils.com/product/q8-auto-cvt-evo/
https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... vo-1-liter

klo spec ngirboks CVT-nya masuk di web tsb, ya udah sikatt..

lbh murah 50rb seliter dibanding amsoil,
klo dibuang sampai belasan liter, setidaknya lbh gak meringis :big_biglaugh:

Alternatif lbh murah bisa Aisin CFEx.
minimal 2x drain & fill.
selanjutnya ganti aja tiap 1-2 tahun, krn harganya mirip2 Genuine kan
Last edited by Suryaputra on Wed Jan 06, 2021 2:27, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by a2agarage »

indeskey wrote:
a2agarage wrote:
indeskey wrote:Kalau mau sedikit up dari oem saya pake aisin cfex sih puas banget... Awal ganti ke aisin 2x drain.
pertama ganti ke aisin butuh brp L nih om saya?
Kalau mau ikutin saya 2x drain ya berapa yg di pan itu kali 2 om. Mobil saya di pan 3.5 L, jadi ya habis 7-8 liter buat 2 kali drain. Mau lebih tenang ya 3x drain hehe...

Saya sudah pake hampir 2 thn, 16k km (psbb 8 bulan nggak jalan) sih masih smooth nggak kayak bawaan beres. Ini siap2 mau drain and fill lagi. Patokan 2 thn/20k drain & fill.
kalo 1x drain efeknya apa om? [emoji16][emoji16]
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11781
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Wed Jan 06, 2021 0:13
a2agarage wrote:newbie ijin tanya suhu.... kalo mo ganti merk oli CVT posisi skrng pake oemnya mitsu, trus mo ganti amsoil cvt... harus ganti full total 7,3L atau bisa skedar ganti yg di crter 4L aja ya? TKP mitsu OS 2015.

trims before
Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
halu harga amsoil cvt semurah super pel .... ganti terus biar tetap harum semerbak .... :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11781
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34
benzz89 wrote:
a2agarage wrote:newbie ijin tanya suhu.... kalo mo ganti merk oli CVT posisi skrng pake oemnya mitsu, trus mo ganti amsoil cvt... harus ganti full total 7,3L atau bisa skedar ganti yg di crter 4L aja ya? TKP mitsu OS 2015.

trims before
Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
kl memang ga perfeksionis bgt mending drain n fill 2x. drain yg pertama kan sdh dapat 4L dari 7.3L berarti sdh 55% terganti. pakai mobilnya sebentar (bbrp ratus km) trus drain sekali lagi. jadi total 8L perlunya. rasanya sdh diatas 75% oli barunya (more than enough). setelah itu bisa ikut regular change interval.
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by a2agarage »

Omnibus wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34
benzz89 wrote: Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
kl memang ga perfeksionis bgt mending drain n fill 2x. drain yg pertama kan sdh dapat 4L dari 7.3L berarti sdh 55% terganti. pakai mobilnya sebentar (bbrp ratus km) trus drain sekali lagi. jadi total 8L perlunya. rasanya sdh diatas 75% oli barunya (more than enough). setelah itu bisa ikut regular change interval.
siaaapp trimakasih sarannya suhu juru kunci amsoil [emoji23][emoji23]
User avatar
a2agarage
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Mon Feb 03, 2020 3:20
Location: Semarang
Daily Vehicle: Outlander Sport 2015

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by a2agarage »

Suryaputra wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39
Fertille wrote: Pertanyaan nya om. Memang dengan oli ATPM kenapa? Kalau mau sekedar "coba-coba" hati2 bisa mikirin oli terus ga bisa tidur. :big_biglaugh: :big_peace:
biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
widihh dah ganti jg pk Q8.

sekalian aja om, https://www.q8oils.com/product/q8-auto-cvt-evo/
https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... vo-1-liter

klo spec ngirboks CVT-nya masuk di web tsb, ya udah sikatt..

lbh murah 50rb seliter dibanding amsoil,
klo dibuang sampai belasan liter, setidaknya lbh gak meringis :big_biglaugh:

Alternatif lbh murah bisa Aisin CFEx.
minimal 2x drain & fill.
selanjutnya ganti aja tiap 1-2 tahun, krn harganya mirip2 Genuine kan
om ane kan iseng tanya ke salah satu seller trnama yg sring dbahas dimari.... Q8 special dex1 gen2 0w20 vs amsoil ss 0w20 bagusan mana?

dijawabnya bagusan amsoil ss 0w20 dan Q8 katanya udh discontinue brang2nya bakal gk masuk indo lagi... apa bener om?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by well »

a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 7:30
Suryaputra wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39 biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
widihh dah ganti jg pk Q8.

sekalian aja om, https://www.q8oils.com/product/q8-auto-cvt-evo/
https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... vo-1-liter

klo spec ngirboks CVT-nya masuk di web tsb, ya udah sikatt..

lbh murah 50rb seliter dibanding amsoil,
klo dibuang sampai belasan liter, setidaknya lbh gak meringis :big_biglaugh:

Alternatif lbh murah bisa Aisin CFEx.
minimal 2x drain & fill.
selanjutnya ganti aja tiap 1-2 tahun, krn harganya mirip2 Genuine kan
om ane kan iseng tanya ke salah satu seller trnama yg sring dbahas dimari.... Q8 special dex1 gen2 0w20 vs amsoil ss 0w20 bagusan mana?

dijawabnya bagusan amsoil ss 0w20 dan Q8 katanya udh discontinue brang2nya bakal gk masuk indo lagi... apa bener om?
Menurut saya pribadi Amsoil dan Q8 sama sama bagus dan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Sama seperti Pajero dan fortuner bagus mana, pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing2. Di satu sektor bagus Amsoil, di sektor lain lebih unggul Q8.
sehingga tidak ada yg 1 brand yg unggul di semua sektor (asal perbandingannya apple to apple atau setara).
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 392
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by slapnuts »

a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

Sama om, saya jadi kecanduan oli keraton gara-gara mantengin trit ini di SM. Sebelumnya rutin pakai MGMO 0w-20 di OS juga, trus keracunan coba oli non-beres, mulai dari PTT dan Q8. Overall ternyata rasanya jauh berbeda ya. Harga memang ga bohong. Sekarang lagi pakai Q8 Formula 0w-20, tarikan enteng, rpm tinggi alus, lebih hemat bbm dibanding oli beres.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by McLaren »

Turboman wrote: Tue Jan 05, 2021 0:24
McLaren wrote:
Turboman wrote: Mon Jan 04, 2021 0:06 budget nya yg harga brp ?
Sekarang si pake Amsoil SS 5-30 maxduty, cuman kok ada yg bilang ngga bisa 10 rb klo biosolar?
Mohon masukan
Buh

itu bisa 10 - 15 rb km / 13 bulan Max

dia TBN 10 & SAPS 1%

API CK-4 is backward compatible sampe CI-4 yg bisa utk mid sulphur fuel

yg bilang gak bisa 10 rb km siapa ?
Yg bilang orang bengkel lokalan sini om.. katanya pake biosolar, oli tetep harus ganti per 5000, maks 7000.

Makasih yaa om infonya 😬
Khan sy skrg tenang pake per 10 rb km
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11781
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

McLaren wrote: Wed Jan 06, 2021 9:05
Yg bilang orang bengkel lokalan sini om.. katanya pake biosolar, oli tetep harus ganti per 5000, maks 7000.

Makasih yaa om infonya 😬
Khan sy skrg tenang pake per 10 rb km
sy pake amsoil max duty 5w30 di 2gd anf, full dex + kadang2 tambah racun kl ga ptt atau psdk, pemakaian oli di 8000 km sdh hitam. memang oli hitam bukan selalu artinya kehilangan kemampuan lubrikasi ataupun wear rate menjadi tinggi tetapi oli sdh dlm kondisi soot loading nya tinggi (konsentrasi soot tinggi yg ditangkap oli). jadi olinya sdh saturated. padahal kondisi filter solar setelah 12.500 km msh relatif bersih, sy baru buka utk check bisa lihat di tret koleksi handtool. maksudnya, even dex nya bersih tp oli sdh hitam di 8k km. soot loading tinggi antara lain berasal dr egr system yg tidak saya block (keep standard).

jd kl kondisi mobil om sama spt diatas, egr standard tp pakai biosol kemungkinan emisinya lebih kotor. jd pantas kl bengkel bilang 7000 km ganti krn sdh hitam. oli hitam kemampuan detergency nya berkurang yg bisa berakibat selain lama2 terbentuk sludge jg jalur intake bisa kotor krn blow by (pcv) yg lbh kotor. in the end, krn soot keputer pcv krn tdk tertangkap oli yg sdh saturated egr valve jg jd lebih cepet buntu oleh carbon deposit. belum lagi bearing turbo yg pastinya lebih awet kl olinya clean n new.

anyway, disuruh bengkel ganti di 7000 km ya dua2nya diuntungkan, om mobilnya lebih awet dan dia olinya laku. cuma dompet agak kempes aja jadinya. :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Wed Jan 06, 2021 2:51
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34
benzz89 wrote:
Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
kl memang ga perfeksionis bgt mending drain n fill 2x. drain yg pertama kan sdh dapat 4L dari 7.3L berarti sdh 55% terganti. pakai mobilnya sebentar (bbrp ratus km) trus drain sekali lagi. jadi total 8L perlunya. rasanya sdh diatas 75% oli barunya (more than enough). setelah itu bisa ikut regular change interval.
ntar next nya sy coba deh, beli 7 liter pk Q8 cvt evo (sambil ngelus2 dompet dulu) :upss:
karena kapasitas carter kan 3.4 liter buat girboks mobilio cvt.

a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 7:30
Suryaputra wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39 biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
widihh dah ganti jg pk Q8.

sekalian aja om, https://www.q8oils.com/product/q8-auto-cvt-evo/
https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... vo-1-liter

klo spec ngirboks CVT-nya masuk di web tsb, ya udah sikatt..

lbh murah 50rb seliter dibanding amsoil,
klo dibuang sampai belasan liter, setidaknya lbh gak meringis :big_biglaugh:

Alternatif lbh murah bisa Aisin CFEx.
minimal 2x drain & fill.
selanjutnya ganti aja tiap 1-2 tahun, krn harganya mirip2 Genuine kan
om ane kan iseng tanya ke salah satu seller trnama yg sring dbahas dimari.... Q8 special dex1 gen2 0w20 vs amsoil ss 0w20 bagusan mana?

dijawabnya bagusan amsoil ss 0w20 dan Q8 katanya udh discontinue brang2nya bakal gk masuk indo lagi... apa bener om?
well wrote: Wed Jan 06, 2021 7:40
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 7:30
Suryaputra wrote: widihh dah ganti jg pk Q8.

sekalian aja om, https://www.q8oils.com/product/q8-auto-cvt-evo/
https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... vo-1-liter

klo spec ngirboks CVT-nya masuk di web tsb, ya udah sikatt..

lbh murah 50rb seliter dibanding amsoil,
klo dibuang sampai belasan liter, setidaknya lbh gak meringis :big_biglaugh:

Alternatif lbh murah bisa Aisin CFEx.
minimal 2x drain & fill.
selanjutnya ganti aja tiap 1-2 tahun, krn harganya mirip2 Genuine kan
om ane kan iseng tanya ke salah satu seller trnama yg sring dbahas dimari.... Q8 special dex1 gen2 0w20 vs amsoil ss 0w20 bagusan mana?

dijawabnya bagusan amsoil ss 0w20 dan Q8 katanya udh discontinue brang2nya bakal gk masuk indo lagi... apa bener om?
Menurut saya pribadi Amsoil dan Q8 sama sama bagus dan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Sama seperti Pajero dan fortuner bagus mana, pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing2. Di satu sektor bagus Amsoil, di sektor lain lebih unggul Q8.
sehingga tidak ada yg 1 brand yg unggul di semua sektor (asal perbandingannya apple to apple atau setara).
sependapat sama suhu om well :big_peace:

slapnuts wrote: Wed Jan 06, 2021 7:42
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

Sama om, saya jadi kecanduan oli keraton gara-gara mantengin trit ini di SM. Sebelumnya rutin pakai MGMO 0w-20 di OS juga, trus keracunan coba oli non-beres, mulai dari PTT dan Q8. Overall ternyata rasanya jauh berbeda ya. Harga memang ga bohong. Sekarang lagi pakai Q8 Formula 0w-20, tarikan enteng, rpm tinggi alus, lebih hemat bbm dibanding oli beres.
emang enak tenan om... bener kata suhu om turbo, crude oil negri arab emang "sweet" padahal klo lihat UOA nya gak pk aditif macam2.

next cobain produk barunya.
Q8 formula special D1 FE 0w20,
dah comply ke GM dexos 1 gen2 dan API SP (di pds).
di sentra pelumas harganya seh 180rb.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Jan 06, 2021 2:51
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34
benzz89 wrote:
Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
kl memang ga perfeksionis bgt mending drain n fill 2x. drain yg pertama kan sdh dapat 4L dari 7.3L berarti sdh 55% terganti. pakai mobilnya sebentar (bbrp ratus km) trus drain sekali lagi. jadi total 8L perlunya. rasanya sdh diatas 75% oli barunya (more than enough). setelah itu bisa ikut regular change interval.
ngajarin blg 2 x drain n fill ckup.. padahal sendiri nya berbelas2 botol amsoil buat kuras vrz nya , mana odo masi belom 10 rebu pula

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ehh nabrak :glodak:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27641
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 17:03
DOHC wrote: Tue Jan 05, 2021 16:47
marmut wrote: Tue Jan 05, 2021 15:54


sudah masuk tahun 2021 pak, menurut opini saya sebagai pemula yang nggak tau apa-apa, keterlaluan kalau masih salah setel klep.

Sekelas beres aj bsa salah koq mbah

Saya aj perna kejadian dl d ge8 saya.. ampe ngadu urat leher baru akhirnya mau di stel ulang, ehh lgs ilang suara tek2 nya.. nyengir kuda deh montir nya.. untung waktu itu ga lg bawa 1 kompi temen2 depan parkiran musatek
kadang info dr forum lbh afdhol untuk dpt "nilai tengah" dari valve clearance :big_biglaugh:
justru biasa setau nubie kenek depan musatek macam saya ini, tau nya kl yg suka ada range gt biasa yg musti stel klep nya pas mesin ud panas, seperti mitsu misal nya

nahh kl ahond, seinget saya justru pas cold, makanya biasa mreka bsa kasi angka spesifik brapa celah nya, yahhh plus minus paling range nya kecil skali

beda kl yg nyetel nya pas mesin masi panas, nahh ini range toleransi nya bsa gede.. tp ini pun jg kadang balik lg ke feeling yg nyetel nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11781
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Jan 06, 2021 10:38
ntar next nya sy coba deh, beli 7 liter pk Q8 cvt evo (sambil ngelus2 dompet dulu) :upss:
karena kapasitas carter kan 3.4 liter buat girboks mobilio cvt.
sakit gigi nya pertama doank mbah yg beli 2x drain n fill nya. habis itu kan reguler oci aja. kecuali ketularan sy wkwkwkwk.

DOHC wrote: Wed Jan 06, 2021 11:01
ngajarin blg 2 x drain n fill ckup.. padahal sendiri nya berbelas2 botol amsoil buat kuras vrz nya , mana odo masi belom 10 rebu pula

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: ehh nabrak :glodak:

beda case mbah. yg vrz kan ada belalai nya namanya jg gajah, belalai selang ke oil cooler :big_weee:

total 9.5L tiap ngetap cuma 2.5L pake my way cuma 3.5L ya hrs berkali2. :big_cry:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by indeskey »

Suryaputra wrote:
Omnibus wrote: Wed Jan 06, 2021 2:51
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:34 ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]

soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]

rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?
kl memang ga perfeksionis bgt mending drain n fill 2x. drain yg pertama kan sdh dapat 4L dari 7.3L berarti sdh 55% terganti. pakai mobilnya sebentar (bbrp ratus km) trus drain sekali lagi. jadi total 8L perlunya. rasanya sdh diatas 75% oli barunya (more than enough). setelah itu bisa ikut regular change interval.
Suryaputra wrote:
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39 biar ketagihan om.... wkwk [emoji23][emoji23]

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

nah ini oli cvt nya om [emoji23][emoji23] peaceeee
widihh dah ganti jg pk Q8.

sekalian aja om, https://www.q8oils.com/product/q8-auto-cvt-evo/
https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... vo-1-liter

klo spec ngirboks CVT-nya masuk di web tsb, ya udah sikatt..

lbh murah 50rb seliter dibanding amsoil,
klo dibuang sampai belasan liter, setidaknya lbh gak meringis :big_biglaugh:

Alternatif lbh murah bisa Aisin CFEx.
minimal 2x drain & fill.
selanjutnya ganti aja tiap 1-2 tahun, krn harganya mirip2 Genuine kan
om ane kan iseng tanya ke salah satu seller trnama yg sring dbahas dimari.... Q8 special dex1 gen2 0w20 vs amsoil ss 0w20 bagusan mana?

dijawabnya bagusan amsoil ss 0w20 dan Q8 katanya udh discontinue brang2nya bakal gk masuk indo lagi... apa bener om?
Suryaputra wrote: widihh dah ganti jg pk Q8.

sekalian aja om, https://www.q8oils.com/product/q8-auto-cvt-evo/
https://www.tokopedia.com/sentrapelumas ... vo-1-liter

klo spec ngirboks CVT-nya masuk di web tsb, ya udah sikatt..

lbh murah 50rb seliter dibanding amsoil,
klo dibuang sampai belasan liter, setidaknya lbh gak meringis :big_biglaugh:

Alternatif lbh murah bisa Aisin CFEx.
minimal 2x drain & fill.
selanjutnya ganti aja tiap 1-2 tahun, krn harganya mirip2 Genuine kan
om ane kan iseng tanya ke salah satu seller trnama yg sring dbahas dimari.... Q8 special dex1 gen2 0w20 vs amsoil ss 0w20 bagusan mana?

dijawabnya bagusan amsoil ss 0w20 dan Q8 katanya udh discontinue brang2nya bakal gk masuk indo lagi... apa bener om?
[/quote]

Menurut saya pribadi Amsoil dan Q8 sama sama bagus dan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Sama seperti Pajero dan fortuner bagus mana, pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing2. Di satu sektor bagus Amsoil, di sektor lain lebih unggul Q8.
sehingga tidak ada yg 1 brand yg unggul di semua sektor (asal perbandingannya apple to apple atau setara).
[/quote]
sependapat sama suhu om well :big_peace:

slapnuts wrote: Wed Jan 06, 2021 7:42
a2agarage wrote: Wed Jan 06, 2021 0:39

sblmnya oli msin disaranin Q8 0w20 dex1 gen2 ketagihan....

Sama om, saya jadi kecanduan oli keraton gara-gara mantengin trit ini di SM. Sebelumnya rutin pakai MGMO 0w-20 di OS juga, trus keracunan coba oli non-beres, mulai dari PTT dan Q8. Overall ternyata rasanya jauh berbeda ya. Harga memang ga bohong. Sekarang lagi pakai Q8 Formula 0w-20, tarikan enteng, rpm tinggi alus, lebih hemat bbm dibanding oli beres.
emang enak tenan om... bener kata suhu om turbo, crude oil negri arab emang "sweet" padahal klo lihat UOA nya gak pk aditif macam2.

next cobain produk barunya.
Q8 formula special D1 FE 0w20,
dah comply ke GM dexos 1 gen2 dan API SP (di pds).
di sentra pelumas harganya seh 180rb.[/quote]Ditunggu review Q8 CVT nya mbah, memang harusnya sekelas antara oli mesin dan transmisi...
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11865
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Jan 06, 2021 11:05
beda kl yg nyetel nya pas mesin masi panas, nahh ini range toleransi nya bsa gede.. tp ini pun jg kadang balik lg ke feeling yg nyetel nya

mbah, punten.... mohon maaf ni sebelumnya. bukan mau sok tau, punten sekali lagi, yang bisa nyetel klep kondisi mesin panas itu pasti ilmunya tinggi banget nggak main-main.

saya salut acung jempol dan yakin beliau pasti lama di banten nguasain ilmu debus.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Wed Jan 06, 2021 15:32
DOHC wrote: Wed Jan 06, 2021 11:05
beda kl yg nyetel nya pas mesin masi panas, nahh ini range toleransi nya bsa gede.. tp ini pun jg kadang balik lg ke feeling yg nyetel nya

mbah, punten.... mohon maaf ni sebelumnya. bukan mau sok tau, punten sekali lagi, yang bisa nyetel klep kondisi mesin panas itu pasti ilmunya tinggi banget nggak main-main.

saya salut acung jempol dan yakin beliau pasti lama di banten nguasain ilmu debus.
:big_biglaugh:

jd inget pas monitor nyetel valve clearance brio, sampai dikasih kipas angin selama 1 jam an, biar suhu mesin bisa di bawah 40C :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
yuga164
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sun Oct 18, 2020 0:26

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by yuga164 »

Suryaputra wrote:
marmut wrote: Wed Jan 06, 2021 15:32
DOHC wrote: Wed Jan 06, 2021 11:05
beda kl yg nyetel nya pas mesin masi panas, nahh ini range toleransi nya bsa gede.. tp ini pun jg kadang balik lg ke feeling yg nyetel nya

mbah, punten.... mohon maaf ni sebelumnya. bukan mau sok tau, punten sekali lagi, yang bisa nyetel klep kondisi mesin panas itu pasti ilmunya tinggi banget nggak main-main.

saya salut acung jempol dan yakin beliau pasti lama di banten nguasain ilmu debus.
:big_biglaugh:

jd inget pas monitor nyetel valve clearance brio, sampai dikasih kipas angin selama 1 jam an, biar suhu mesin bisa di bawah 40C :big_peace:
Maap suhu berbagi info tentang klep.
Pengalaman di sijuki ninis saya, yg om pernah jwab pertanyaan saya tentang suara mesin bunyi tek tek dan nyaranin pake oli 0w20 dr awal dipakein oli beres 5w30.
Suara tek tek sudah berkurang, nah saat saya ganti oli transmisi di beres (trpksa ke beres krn oli transmisi sae 75w80 gl4 merk lain susah) sekalian rencana cek dan stel klep. Kata montir beres klo sijuki ninis katanya klep di mesinnya itu sifatnya otomatis menyesuaikan kondisi mesin.
Saya langsung aja bilang "wah keren". Apa bener om?