Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ipo3nk wrote: Sun Jan 03, 2021 12:55
Tq9000 harga 110rb saya berharap 2x lifetimenya pfg yang cuma 50an ribu. Wkwkw..
oli pfg cuma seharga isi pertalite fulltank.
Yaudah ga mikir buang2 oli.
btw kalau spek oli kayak gini apakah berarti bisa minum oli 0w40?
Mesin nya pake HLA ga ? Kl HLA, wajip pake oli encer, drpd bela2in oli kentel, alus sejenak tp abis itu malah lebi brizik gara2 panjul noken as jd aus
Kl non HLA yah silahken deh, tp yah itu jg buat mobil2 lama.. kl non HLA tp ud ber vitek, fifitiai, dobel single cvtc yah tetep wajip oli encer
Om. Tanya dong, tentang perolian dan HLA.
Kalau GNKI diesel AT 2012 itu gak pakai HLA yah? oli masih bisa TMO 10w40? atau bisa juga PTT 10w30? atau yang baik apa yah? selama ini SELALU pakai TMO 10W40 tiap 5 rb KM atau 6 bulan ganti. mau dipakai sampai 8 bulan max 5 rb KM kok takut...
Covid gini seringnya dirumah bahkan 8 bulan cuma 3 rb KM
kalau ANKI diesel AT 2017 saya kasih PTT 10W30 tiap 5rb km atau 8 bulan ganti, OK yah?
Mobilio/HRV kasih PTT 5w30 SN/CF acea A5B5 ATAU 0W30 SN ILSAC GF-5 ATAU 0W20 SP ILSAC GF6a tergantung promo. Semuanya saya dapat dibawah 100 rb per liter.
Yang 5W30 katanya lebih kuat terkena kontaminasi premium/pertalite karena bisa juga dipakai light diesel. ini Datasheet nya https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... 2-2018.pdf
Sy pk mobilio jg,
pernah pakai PTT 5w30 SN/CF A5/B5, biasa aja, agak berat jg mesin krn buntut 30 yg kentel itu.
suara mesin mirip2 wkt pakai TQ 9000 5w30.
Pk RON 92 pertamax, gejala gelitik terasa ketika suhu siang terik dan dipush.
sama2 pakai cmn 5rb Km dibuang.
sekarang pakai Q8 formula 0w20, josss markotop, minim gelitik,
mesin tetep nyaman biar bejek di RPM tinggi
vtec kickin yoo
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Tue Jan 05, 2021 3:06
oli murah ini klo dah dibuka dan masuk ke mesin, lbh mudah oksidasi.
om suhu turbo aja pk PTT eco, 7 bulan dah ganti, padahal br 2rb Km.
itu PTT eco kastanya dah di atas DGO
jadi bukan dihitung berdasarkan KM ajah, namun durasi pemakaian juga dipertimbangkan.
Hehe ... sangat sangat setuju dan pernah ngalamin sendiri..
Pake oli murmer .... oli ganti bulan ke-10, 4000km ... sludge pun nongol
ini maksud stelan klep renggang rapet gmana yah ? yg saya tau stelan klep itu cuman satu dr fabrikan.. kelebihan atau kekurangan barang 1 mili aj dr standard fabrik ud berasa banget brizik nya, ini ud perna saya coba sendiri di enjin 4G92 mitsu, beda 1 mili aja not forgiving banget tek tek tek nya
stelan klewat rapet mmg suara mesin bisa lebi alus (dikit), tp efek nya dudukan klep cepet aus, kelewat renggang jg ga bagus, ntuh rentan carbon build up di ruang bakar, atau kl suwe yah malah tenaga jd ngempos
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya
Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya
Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
nubie demen oli keraton mau share aja waktu pengalaman miara brio,
Untuk stel klep ini harus dalam range celah klepnya,
Klo celah klep terlalu rapat, mesin cenderung cepat panas dan tarikan lemot.
Klo celah klep terlalu renggang, bensin lbh boros dan nongol suara mie tek tek.
Soal SAE oli ikutin rekomendasi manual book aja. honda tuh sukanya oli encer.
contoh di brio, range celah klep (aman) sbb:
- Intake: 0,15 - 0,19 mm
- Exhaust: 0,26 - 0,30 mm
"Lebih baik" salah stel klep terlalu renggang, daripada klep rapat. Lebih banyak mudarat kalau klep di stel terlalu rapat, apalagi klep exhaust dimana setelannya secara default lebih rengggang. Setelan Klep exhaust secara default lebih renggang dibanding klep intake untuk antisipasi pemuaian katup karena gas sisa pembakaran yang suhunya tinggi.
Kesalahan dlm setel klep bisa dilihat dari kondisi busi, selain dari suara mesin.
Kalau setelan klep in & ex dua-duanya dibikin rapat ya cilaka dua belas ...
Iy gan
Mksd ane kan klo dri pabrik ada rentang nya tuh
Misal di njezz L15a pnya ane itu rentangnya 16-20mm (cmiiw)
Nah misal di stel di 20mm otomatis kan agak renggang, apakah butuh oli kental spya mngurangi brisik nya
Atau misal di pepetin 16mm apakah butuh oli encer buat dapat fuel eficiency nya
Btw mksh utk pencerahaannya y gan
Ane sdkit tercerahkan ini
Brarrti lbh baik di stel di pertengahan aja y antara 16mm-20mm
nubie demen oli keraton mau share aja waktu pengalaman miara brio,
Untuk stel klep ini harus dalam range celah klepnya,
Klo celah klep terlalu rapat, mesin cenderung cepat panas dan tarikan lemot.
Klo celah klep terlalu renggang, bensin lbh boros dan nongol suara mie tek tek.
Soal SAE oli ikutin rekomendasi manual book aja. honda tuh sukanya oli encer.
contoh di brio, range celah klep (aman) sbb:
- Intake: 0,15 - 0,19 mm
- Exhaust: 0,26 - 0,30 mm
"Lebih baik" salah stel klep terlalu renggang, daripada klep rapat. Lebih banyak mudarat kalau klep di stel terlalu rapat, apalagi klep exhaust dimana setelannya secara default lebih rengggang. Setelan Klep exhaust secara default lebih renggang dibanding klep intake untuk antisipasi pemuaian katup karena gas sisa pembakaran yang suhunya tinggi.
Kesalahan dlm setel klep bisa dilihat dari kondisi busi, selain dari suara mesin.
Kalau setelan klep in & ex dua-duanya dibikin rapat ya cilaka dua belas ...
yup make sense suhu.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Mesin nya pake HLA ga ? Kl HLA, wajip pake oli encer, drpd bela2in oli kentel, alus sejenak tp abis itu malah lebi brizik gara2 panjul noken as jd aus
Kl non HLA yah silahken deh, tp yah itu jg buat mobil2 lama.. kl non HLA tp ud ber vitek, fifitiai, dobel single cvtc yah tetep wajip oli encer
Om. Tanya dong, tentang perolian dan HLA.
Kalau GNKI diesel AT 2012 itu gak pakai HLA yah? oli masih bisa TMO 10w40? atau bisa juga PTT 10w30? atau yang baik apa yah? selama ini SELALU pakai TMO 10W40 tiap 5 rb KM atau 6 bulan ganti. mau dipakai sampai 8 bulan max 5 rb KM kok takut...
Covid gini seringnya dirumah bahkan 8 bulan cuma 3 rb KM
kalau ANKI diesel AT 2017 saya kasih PTT 10W30 tiap 5rb km atau 8 bulan ganti, OK yah?
Mobilio/HRV kasih PTT 5w30 SN/CF acea A5B5 ATAU 0W30 SN ILSAC GF-5 ATAU 0W20 SP ILSAC GF6a tergantung promo. Semuanya saya dapat dibawah 100 rb per liter.
Yang 5W30 katanya lebih kuat terkena kontaminasi premium/pertalite karena bisa juga dipakai light diesel. ini Datasheet nya https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... 2-2018.pdf
Sy pk mobilio jg,
pernah pakai PTT 5w30 SN/CF A5/B5, biasa aja, agak berat jg mesin krn buntut 30 yg kentel itu.
suara mesin mirip2 wkt pakai TQ 9000 5w30.
Pk RON 92 pertamax, gejala gelitik terasa ketika suhu siang terik dan dipush.
sama2 pakai cmn 5rb Km dibuang.
sekarang pakai Q8 formula 0w20, josss markotop, minim gelitik,
mesin tetep nyaman biar bejek di RPM tinggi
vtec kickin yoo
Olie BeRes terakhir sebelum ganti PTT, saya buat 8 bulan (April 2020 - Dec 2020) tidak ada sludge hehhe
Pas awal ganti PTT 5W30 SB/CF A5/B5 suara tek tek mesin hilang, hampir tidak ada.
Saya karena Working From Home. 8 bulan bisa cuma 3rb KM atau bahkan tidak sampai.
Kuat gak yah?
Kalau GNKI diesel AT 2012 itu gak pakai HLA yah? oli masih bisa TMO 10w40? atau bisa juga PTT 10w30? atau yang baik apa yah? selama ini SELALU pakai TMO 10W40 tiap 5 rb KM atau 6 bulan ganti. mau dipakai sampai 8 bulan max 5 rb KM kok takut...
Covid gini seringnya dirumah bahkan 8 bulan cuma 3 rb KM
kalau ANKI diesel AT 2017 saya kasih PTT 10W30 tiap 5rb km atau 8 bulan ganti, OK yah?
Mobilio/HRV kasih PTT 5w30 SN/CF acea A5B5 ATAU 0W30 SN ILSAC GF-5 ATAU 0W20 SP ILSAC GF6a tergantung promo. Semuanya saya dapat dibawah 100 rb per liter.
Yang 5W30 katanya lebih kuat terkena kontaminasi premium/pertalite karena bisa juga dipakai light diesel. ini Datasheet nya https://pttlubricants.pttor.com/assets/ ... 2-2018.pdf
Sy pk mobilio jg,
pernah pakai PTT 5w30 SN/CF A5/B5, biasa aja, agak berat jg mesin krn buntut 30 yg kentel itu.
suara mesin mirip2 wkt pakai TQ 9000 5w30.
Pk RON 92 pertamax, gejala gelitik terasa ketika suhu siang terik dan dipush.
sama2 pakai cmn 5rb Km dibuang.
sekarang pakai Q8 formula 0w20, josss markotop, minim gelitik,
mesin tetep nyaman biar bejek di RPM tinggi
vtec kickin yoo
Olie BeRes terakhir sebelum ganti PTT, saya buat 8 bulan (April 2020 - Dec 2020) tidak ada sludge hehhe
Pas awal ganti PTT 5W30 SB/CF A5/B5 suara tek tek mesin hilang, hampir tidak ada.
Saya karena Working From Home. 8 bulan bisa cuma 3rb KM atau bahkan tidak sampai.
Kuat gak yah?
Mobilnya manual atau matic?
mobil sy matic om.
klo mesin L15Z family, 0w20 nya bs jg nyoba kelas entry amsoil oe 0w20.
TBN 8 dgn comply Dexos 1 Gen2,
harusnya aman sampai 8-9 bulan usage.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lawyerone wrote:Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt
Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.
Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?
Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
apa sering manasin mesin posisi diam atau setiap manasin mesin dibawa muter ?
wah terima kasih respon dan saran nya kawan2 ,
tapi jadi bingung lagi nih, pakai 5w30 atau 0w30 apa sekalian coba 0w20 saja ya
tapi kalo di buku manual sih adanya 5w20 mungkin karna 20th yg lalu belum ada oli 0w20 kali ya
sepertinya sya pakai oli yg eco2 saja ya, dan ganti oli di 6bulanan saja biar aman karna kondisi mesin skrg udah banyak warna emas nya
nah tanda nya mesin tidak cocok pakai pakai oli encer 0w20 dilihat dari apa ya ?
terima kasih
Sy pk mobilio jg,
pernah pakai PTT 5w30 SN/CF A5/B5, biasa aja, agak berat jg mesin krn buntut 30 yg kentel itu.
suara mesin mirip2 wkt pakai TQ 9000 5w30.
Pk RON 92 pertamax, gejala gelitik terasa ketika suhu siang terik dan dipush.
sama2 pakai cmn 5rb Km dibuang.
sekarang pakai Q8 formula 0w20, josss markotop, minim gelitik,
mesin tetep nyaman biar bejek di RPM tinggi
vtec kickin yoo
Olie BeRes terakhir sebelum ganti PTT, saya buat 8 bulan (April 2020 - Dec 2020) tidak ada sludge hehhe
Pas awal ganti PTT 5W30 SB/CF A5/B5 suara tek tek mesin hilang, hampir tidak ada.
Saya karena Working From Home. 8 bulan bisa cuma 3rb KM atau bahkan tidak sampai.
Kuat gak yah?
Mobilnya manual atau matic?
mobil sy matic om.
klo mesin L15Z family, 0w20 nya bs jg nyoba kelas entry amsoil oe 0w20.
TBN 8 dgn comply Dexos 1 Gen2,
harusnya aman sampai 8-9 bulan usage.
Mobil ada Mobilio matic 2015 dan HRV matic 2018
Terlanjur beli PTT pas diskon, masih ada :
5W30 SN/CF ACEA A5/B5 4 liter 100rb per liter
0W30 SN ILSAC gf-5 4 liter 65rb per liter
OW20 SP ILSAC gf-6a 4 liter 70rb per liter
Sekarang di Mobilio baru ganti bulan ini 5W30 SN/CF ACEA A5/B5
Baiknya 3 x 4 liter itu pakai berapa bulan dan di mobilio/HRV? semuanya 8 bulan tidak sampai 3 rb KM
Olie BeRes terakhir sebelum ganti PTT, saya buat 8 bulan (April 2020 - Dec 2020) tidak ada sludge hehhe
Pas awal ganti PTT 5W30 SB/CF A5/B5 suara tek tek mesin hilang, hampir tidak ada.
Saya karena Working From Home. 8 bulan bisa cuma 3rb KM atau bahkan tidak sampai.
Kuat gak yah?
Mobilnya manual atau matic?
mobil sy matic om.
klo mesin L15Z family, 0w20 nya bs jg nyoba kelas entry amsoil oe 0w20.
TBN 8 dgn comply Dexos 1 Gen2,
harusnya aman sampai 8-9 bulan usage.
Mobil ada Mobilio matic 2015 dan HRV matic 2018
Terlanjur beli PTT pas diskon, masih ada :
5W30 SN/CF ACEA A5/B5 4 liter 100rb per liter
0W30 SN ILSAC gf-5 4 liter 65rb per liter
OW20 SP ILSAC gf-6a 4 liter 70rb per liter
Sekarang di Mobilio baru ganti bulan ini 5W30 SN/CF ACEA A5/B5
Baiknya 3 x 4 liter itu pakai berapa bulan dan di mobilio/HRV? semuanya 8 bulan tidak sampai 3 rb KM
8 bln pakai jg gpp klo <5rb KM.
sambil dicek tiap minggu / scr berkala,
penguapan di dipstick gmn.
salah satu tanda oli oksidasi sudah tinggi, nguap lbh cepat dr biasanya.
sy kmrn nyoba pakai Shell Helix ultra scooter di lexi (kelas keraton shell improt thailand)
baru pakai 1500Km tapi durasi 9 bulan pakai, pas dicek penguapan tinggi, lgs buang dan ganti baru.
pdhl sblm psbb, pakai sampai 2500 Km dalam waktu 6 bln gakada masalah dan gak prnh nguap.
berarti emg umur tu oli motor periodenya 6 bln optimalnya (klo oli beres 2-3 bulan)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
klo mesin L15Z family, 0w20 nya bs jg nyoba kelas entry amsoil oe 0w20.
TBN 8 dgn comply Dexos 1 Gen2,
harusnya aman sampai 8-9 bulan usage.
Mobil ada Mobilio matic 2015 dan HRV matic 2018
Terlanjur beli PTT pas diskon, masih ada :
5W30 SN/CF ACEA A5/B5 4 liter 100rb per liter
0W30 SN ILSAC gf-5 4 liter 65rb per liter
OW20 SP ILSAC gf-6a 4 liter 70rb per liter
Sekarang di Mobilio baru ganti bulan ini 5W30 SN/CF ACEA A5/B5
Baiknya 3 x 4 liter itu pakai berapa bulan dan di mobilio/HRV? semuanya 8 bulan tidak sampai 3 rb KM
8 bln pakai jg gpp klo <5rb KM.
sambil dicek tiap minggu / scr berkala,
penguapan di dipstick gmn.
salah satu tanda oli oksidasi sudah tinggi, nguap lbh cepat dr biasanya.
sy kmrn nyoba pakai Shell Helix ultra scooter di lexi (kelas keraton shell improt thailand)
baru pakai 1500Km tapi durasi 9 bulan pakai, pas dicek penguapan tinggi, lgs buang dan ganti baru.
pdhl sblm psbb, pakai sampai 2500 Km dalam waktu 6 bln gakada masalah dan gak prnh nguap.
berarti emg umur tu oli motor periodenya 6 bln optimalnya (klo oli beres 2-3 bulan)
ntah knp ane pake shell advance ultra buatan thai dimotor jg ga enak, malah enakan enduro racing.
btw setelah cari2 info, mesin 1NZ tuir sm M15A 2012 ternyata oli terencer yg di izinkan 5w30 max. dlu 1NZ prnh ane isi 0w20 pulak, 2x ganti oli. M15A nya ane isi 0w30 skrg..
Mobil ada Mobilio matic 2015 dan HRV matic 2018
Terlanjur beli PTT pas diskon, masih ada :
5W30 SN/CF ACEA A5/B5 4 liter 100rb per liter
0W30 SN ILSAC gf-5 4 liter 65rb per liter
OW20 SP ILSAC gf-6a 4 liter 70rb per liter
Sekarang di Mobilio baru ganti bulan ini 5W30 SN/CF ACEA A5/B5
Baiknya 3 x 4 liter itu pakai berapa bulan dan di mobilio/HRV? semuanya 8 bulan tidak sampai 3 rb KM
8 bln pakai jg gpp klo <5rb KM.
sambil dicek tiap minggu / scr berkala,
penguapan di dipstick gmn.
salah satu tanda oli oksidasi sudah tinggi, nguap lbh cepat dr biasanya.
sy kmrn nyoba pakai Shell Helix ultra scooter di lexi (kelas keraton shell improt thailand)
baru pakai 1500Km tapi durasi 9 bulan pakai, pas dicek penguapan tinggi, lgs buang dan ganti baru.
pdhl sblm psbb, pakai sampai 2500 Km dalam waktu 6 bln gakada masalah dan gak prnh nguap.
berarti emg umur tu oli motor periodenya 6 bln optimalnya (klo oli beres 2-3 bulan)
ntah knp ane pake shell advance ultra buatan thai dimotor jg ga enak, malah enakan enduro racing.
btw setelah cari2 info, mesin 1NZ tuir sm M15A 2012 ternyata oli terencer yg di izinkan 5w30 max. dlu 1NZ prnh ane isi 0w20 pulak, 2x ganti oli. M15A nya ane isi 0w30 skrg..
shell advance ultra scooter 5w40 om?
setelah generasi yaris lele baru rekomen pakai 0w20.
klo bakpao masih 5w30.
tp selama 0w20 bagus (bukan aspal dan sekelas DGO) dan kondisi radiator aman, masih gpp lahh dituang ke 1NZ lama.
sy jg yaris bakpao punya ortu diempanin 5w30 ptt api sp evotec, ganti tiap 6 bln.. harga jg 300rb an..
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
8 bln pakai jg gpp klo <5rb KM.
sambil dicek tiap minggu / scr berkala,
penguapan di dipstick gmn.
salah satu tanda oli oksidasi sudah tinggi, nguap lbh cepat dr biasanya.
sy kmrn nyoba pakai Shell Helix ultra scooter di lexi (kelas keraton shell improt thailand)
baru pakai 1500Km tapi durasi 9 bulan pakai, pas dicek penguapan tinggi, lgs buang dan ganti baru.
pdhl sblm psbb, pakai sampai 2500 Km dalam waktu 6 bln gakada masalah dan gak prnh nguap.
berarti emg umur tu oli motor periodenya 6 bln optimalnya (klo oli beres 2-3 bulan)
ntah knp ane pake shell advance ultra buatan thai dimotor jg ga enak, malah enakan enduro racing.
btw setelah cari2 info, mesin 1NZ tuir sm M15A 2012 ternyata oli terencer yg di izinkan 5w30 max. dlu 1NZ prnh ane isi 0w20 pulak, 2x ganti oli. M15A nya ane isi 0w30 skrg..
shell advance ultra scooter 5w40 om?
setelah generasi yaris lele baru rekomen pakai 0w20.
klo bakpao masih 5w30.
tp selama 0w20 bagus (bukan aspal dan sekelas DGO) dan kondisi radiator aman, masih gpp lahh dituang ke 1NZ lama.
sy jg yaris bakpao punya ortu diempanin 5w30 ptt api sp evotec, ganti tiap 6 bln.. harga jg 300rb an..
10w40 om, MA2 buat motor kopling basah
dijamin ori tp ngga enak ternyata.
pake 0w20 oli murah dlu, lupa merk apaan
pdhl yaris bakpao sama lele gen awal sama2 pake 1NZ
skrg stuck di 5w30 aja 1nz ane. penguapan jg mkin banyak ini
ntah knp ane pake shell advance ultra buatan thai dimotor jg ga enak, malah enakan enduro racing.
btw setelah cari2 info, mesin 1NZ tuir sm M15A 2012 ternyata oli terencer yg di izinkan 5w30 max. dlu 1NZ prnh ane isi 0w20 pulak, 2x ganti oli. M15A nya ane isi 0w30 skrg..
shell advance ultra scooter 5w40 om?
setelah generasi yaris lele baru rekomen pakai 0w20.
klo bakpao masih 5w30.
tp selama 0w20 bagus (bukan aspal dan sekelas DGO) dan kondisi radiator aman, masih gpp lahh dituang ke 1NZ lama.
sy jg yaris bakpao punya ortu diempanin 5w30 ptt api sp evotec, ganti tiap 6 bln.. harga jg 300rb an..
10w40 om, MA2 buat motor kopling basah
dijamin ori tp ngga enak ternyata.
pake 0w20 oli murah dlu, lupa merk apaan
pdhl yaris bakpao sama lele gen awal sama2 pake 1NZ
skrg stuck di 5w30 aja 1nz ane. penguapan jg mkin banyak ini
Ahir2 sebelum jual yaris bakpao sy setaon lalu, 2-3x saya cekokin oli bagus. Pertama kendall 5W30, 2-3 ptt 5w30 SN. Tiap ganti oli saya liat dipstick mesti volum yg awalnya di full jadi di 90an persen om. Kayanya mesin toyota angkatan 2006 banyak yg gini ya om, apalg 2AZFE
lawyerone wrote:Misi misi, nanya nanya dong soal oli ptt
Jadi 8 bulan terakhir (pemakaian sudah 4000km) pakai PTT Fullsynth 0w20 yang super synthetic. Harapannya bisa dipake lama. Ternyata skrg jg tarikan ud berasa berat, meski oli masi belom kotor. Cuma mulai mikir mau ganti oli.
Mending tetep pake itu (harga skrg normal no diskon 140rb seliter) apa turun aja ya pake yang eco 90rb seliter 0w20 juga? Ada pengalaman dan masukan?
Trs ptt kalo jumat masih diskon ga sih?
apa sering manasin mesin posisi diam atau setiap manasin mesin dibawa muter ?
Ngaruh kah om? Lebih sering diam sih selama rev rpm masih agak tinggi, kadang sampai indikator birunya mati tapi ya terkadang dibawa jalan juga meski indikator biru masih ada.
Tapi yang jelas ga sampe mesin benar2 hangat baru dibawa jalan.
rednhers wrote: Tue Jan 05, 2021 10:43
wah terima kasih respon dan saran nya kawan2 ,
tapi jadi bingung lagi nih, pakai 5w30 atau 0w30 apa sekalian coba 0w20 saja ya
tapi kalo di buku manual sih adanya 5w20 mungkin karna 20th yg lalu belum ada oli 0w20 kali ya
sepertinya sya pakai oli yg eco2 saja ya, dan ganti oli di 6bulanan saja biar aman karna kondisi mesin skrg udah banyak warna emas nya
nah tanda nya mesin tidak cocok pakai pakai oli encer 0w20 dilihat dari apa ya ?
terima kasih
Or4cle wrote: Tue Jan 05, 2021 9:07 "Lebih baik" salah stel klep terlalu renggang, daripada klep rapat. Lebih banyak mudarat kalau klep di stel terlalu rapat, apalagi klep exhaust dimana setelannya secara default lebih rengggang. Setelan Klep exhaust secara default lebih renggang dibanding klep intake untuk antisipasi pemuaian katup karena gas sisa pembakaran yang suhunya tinggi.
Kesalahan dlm setel klep bisa dilihat dari kondisi busi, selain dari suara mesin.
Kalau setelan klep in & ex dua-duanya dibikin rapat ya cilaka dua belas ...
sudah masuk tahun 2021 pak, menurut opini saya sebagai pemula yang nggak tau apa-apa, keterlaluan kalau masih salah setel klep.
di manual book biasanya tertera "angka pertengahan" untuk valve clearance. kalau mau lebih spesifik boleh cari FSM di google. bohong kalau nggak ketemu.
stel klep yang model shim tappet/solid tappet saja bisa sekali jadi kok asal ukurnya bener dan teliti, apalagi yang masih adjustable rocker arm, amat sangat enak kerjanya.
sudah masuk tahun 2021 pak, menurut opini saya sebagai pemula yang nggak tau apa-apa, keterlaluan kalau masih salah setel klep.
Sekelas beres aj bsa salah koq mbah
Saya aj perna kejadian dl d ge8 saya.. ampe ngadu urat leher baru akhirnya mau di stel ulang, ehh lgs ilang suara tek2 nya.. nyengir kuda deh montir nya.. untung waktu itu ga lg bawa 1 kompi temen2 depan parkiran musatek
sudah masuk tahun 2021 pak, menurut opini saya sebagai pemula yang nggak tau apa-apa, keterlaluan kalau masih salah setel klep.
Sekelas beres aj bsa salah koq mbah
Saya aj perna kejadian dl d ge8 saya.. ampe ngadu urat leher baru akhirnya mau di stel ulang, ehh lgs ilang suara tek2 nya.. nyengir kuda deh montir nya.. untung waktu itu ga lg bawa 1 kompi temen2 depan parkiran musatek
kadang info dr forum lbh afdhol untuk dpt "nilai tengah" dari valve clearance
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle wrote: Tue Jan 05, 2021 9:07 "Lebih baik" salah stel klep terlalu renggang, daripada klep rapat. Lebih banyak mudarat kalau klep di stel terlalu rapat, apalagi klep exhaust dimana setelannya secara default lebih rengggang. Setelan Klep exhaust secara default lebih renggang dibanding klep intake untuk antisipasi pemuaian katup karena gas sisa pembakaran yang suhunya tinggi.
Kesalahan dlm setel klep bisa dilihat dari kondisi busi, selain dari suara mesin.
Kalau setelan klep in & ex dua-duanya dibikin rapat ya cilaka dua belas ...
sudah masuk tahun 2021 pak, menurut opini saya sebagai pemula yang nggak tau apa-apa, keterlaluan kalau masih salah setel klep.
di manual book biasanya tertera "angka pertengahan" untuk valve clearance. kalau mau lebih spesifik boleh cari FSM di google. bohong kalau nggak ketemu.
stel klep yang model shim tappet/solid tappet saja bisa sekali jadi kok asal ukurnya bener dan teliti, apalagi yang masih adjustable rocker arm, amat sangat enak kerjanya.
kl saya mbah, utk adjustable rocker arm kok kepingin punya tangan 1 lagi jadi punya 3 tangan. nganu mbah .... buat ngencengin jam nut nya, tangan yg ada udah kepake buat megang feeler gauge n puter2 screw.
newbie ijin tanya suhu.... kalo mo ganti merk oli CVT posisi skrng pake oemnya mitsu, trus mo ganti amsoil cvt... harus ganti full total 7,3L atau bisa skedar ganti yg di crter 4L aja ya? TKP mitsu OS 2015.
a2agarage wrote:newbie ijin tanya suhu.... kalo mo ganti merk oli CVT posisi skrng pake oemnya mitsu, trus mo ganti amsoil cvt... harus ganti full total 7,3L atau bisa skedar ganti yg di crter 4L aja ya? TKP mitsu OS 2015.
trims before
Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
a2agarage wrote:newbie ijin tanya suhu.... kalo mo ganti merk oli CVT posisi skrng pake oemnya mitsu, trus mo ganti amsoil cvt... harus ganti full total 7,3L atau bisa skedar ganti yg di crter 4L aja ya? TKP mitsu OS 2015.
trims before
Kalau merek amsoil coba tanya ama mbah suhu Omni deh, secara beliau ahlinya, tapi jangan kaget kalau jawabannya bisa habis 13-14L oli CVT kalau mau benar2 olinya diatas 90% amsoil semua (gak kecampur ama oli lama). Terus tiap 5 ribu km ganti yang di carter aja biar oli tetap wangi & fresh terus, gak ada bau2 sangit gitu... kaburrr ahhh sebelum ditimpuk amsoil CVT [emoji1787]
ampun suhu kalo amsoil cvt 15L [emoji23][emoji23]
soalnya tnya sama olshop oli... jawabannya dgn mantap "ganti 4L aja bos" [emoji28]
rekomen slain amsoil apa yah yg aman buat OS 2015 pemakaian kota2 aja brgkat pulang kerja palingan... apakah prefer nglanjutin pake oem nya mitsu? atau ada merk lain yg lebih pas buat nih mbil?