Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by hitutbaw »

Resale Value wrote:http://www1.kompas.com/suratpembaca/readtanggapan/22513


Auto 2000 Cirebon yang Mengecewakan


SABTU, 23 APRIL 2011 | 07:46 WIB


Saya sangat kecewa dengan service di Auto2000 Cirebon. Pada tanggal 12 April 2011 saya melakukan service berkala 90000 km untuk kendaaan jenis Kijang Kapsul tahun 2004. Saya menyampaikan keluhan tentang adanya bunyi mengganggu waktu starting kendaraan tapi jika kendaraan sdh panas bunyi itu akan hilang dengan sendirinya dan Customer Service (CS) menyampaikan bahwa bunyi itu timbul dari water pump (WP). CS juga mensuggest untuk mengganti WP, bearing untuk Compressor AC (mmng sedikit bersuara), ganti busi, oil fiter, filter bensin.



Semua itu saya setujui . Saya customer yg tdk pernah rewel krn saya percaya dengan kredibilitas Auto2000). Akhirnya service selesai pada sore harinya tapi anehnya kendaraan saya memiliki "suara baru & keras" yg tdk ada sebelumnya. CS berdalih bahwa bunyi bising tersebut timbul dari water pump yang memang belum diganti krn spare partnya tdk ada (harus order), bunyi “baru” itu timbul pada saat service dan makanya WP harus diganti secepatnya tapi secara safety aman katanya, demikian yang CS utarakan sewaktu saya menyampaikan komplain lagi pada tanggal 13 April 2011.



Karena merasa sangat terganggu dengan suara bising tersebut, tanggal 16 April 2011 saya mencoba mencari second opinion, saya memanggil mekanik kenalan (kebetulan jg mekanik Toyota), dengan proses yg sangat masuk akal untuk membuktikan suara itu dari WP atau bukan. Beltnya dicopot dr WP (WP tdk ikut berputar) tapi bunyi itu masih ada dan akhirnya diketahui bahwa bunyi itu datang dari BEARING AC COMPRESSOR yang baru diganti seharga Rp 418.275,- di Auto2000 Cirebon.



Akhirnya saya mengganti sendiri bearing tersebut dengan merk yang sama dgn aslinya (Merk NACHI, dari Toyota Merk NSK) dengan harga yg jauh lebih murah pula. Dengan kasus ini saya sebagai customer Auto2000 Cirebon merasa sangat dibodohi, seharusnya bengkel sekaliber Auto2000 tdk melakukan hal ini kepada customernya.



Sudah sejak lama, saya selalu mempercayakan service kendaraan saya pada Auto2000 dengan harapan terpercaya, kredibel & QCnya yang baik tapi kenyataanya adalah seperti ini. Saya sudah sampaikan komplain ini pada tanggal 18 April 2011 dengan menelpon CS yang melayani saya, keinginan saya untuk datang langsung sebenarnya ada tapi saya msh menghargai Auto2000 supaya hal ini tdk mengganggu layanan/pelanggan Auto2000 lain.



Tadinya berharap, saya disuruh datang ke Auto2000 untuk mengklarifikasi masalah atau Auto2000 yang datang kediaman saya, tapi hal itu tidak dilakukannya. Saya sudah sampaikan ke CS bahwa saya menginginkan pengembalian uang untuk perbaikan/pembelian bearing (bearing junk !) Compressor AC tersebut tetapi menurut CS, hal itu tdk bisa dilakukan dalam bentuk cash karena "laporan" sdh ke Jakarta dan atas kebijakan atasannya, pengembalian akan diperhitungkan diservice berkala berikutnya ?



Terus jaminannya apa ? Yang mengherankan lagi, kenapa Auto2000 tidak berusaha mengklarifikasi/membuktikan keluhan ini ? Auto2000 yang sangat mengecewakan.



Salam,


Aspe Amirudin Faozi
Pilangsari Endah C-30
Cirebon
Apa mungkin sparepart yg baru (bearing kompresor AC) dari bengkel resmi pula Auto2000 - itu kondisinya rusak sejak awal ya?...Kalau BMW kyk gitu kan ada sparepart warranty, nah kalau di toyota apa gak ada? (blm pernah punya toyota..)..Asa Araraneh..
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Penikmat_Kopi »

ricz wrote:Bisajadi, segera konsultasikan ke psikiater terdekat :ngacir:
Bisa digampar sama psikiaternya, gara-gara laptopnya dipinjem buat posting terus :wkkk:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Penikmat_Kopi wrote:
ricz wrote:Bisajadi, segera konsultasikan ke psikiater terdekat :ngacir:
Bisa digampar sama psikiaternya, gara-gara laptopnya dipinjem buat posting terus :wkkk:
Kalo begitu, kita konsultasikan ke psikiater SM yaitu mod DOHC dan mod NG, mrk biasanya paling tau penyakit sakau si RV.. :wkkk:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Nightster Guy »

+1. :mrgreen:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Turboman »

ricz wrote:
Penikmat_Kopi wrote:
ricz wrote:Bisajadi, segera konsultasikan ke psikiater terdekat :ngacir:
Bisa digampar sama psikiaternya, gara-gara laptopnya dipinjem buat posting terus :wkkk:
Kalo begitu, kita konsultasikan ke psikiater SM yaitu mod DOHC dan mod NG, mrk biasanya paling tau penyakit sakau si RV.. :wkkk:
zaman susah cari duit gini mmg banyak orang jadi "error" brow.........

Ane kalo di jalan aja sering nemuin orang nyebrang / jalan agak ke tengah jalanan, diklaksonin gak ngeh, pandangan matanya kosong........
* Bukan ajakan Beli *
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Org sakau ngelem, si RV sakau nge-SM... :wkkk:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by madcat015 »

Om RV bisa bikib trend di google search...

Trending now by RV:
- toyota sucks
- after sales toyota sucks
- mobil toyota sucks
- mekanik toyota sucks
- resale value toyota sucks
- spg toyota sucks

....

Bentar2 yg spg toyota mah bohai bener. Bro OOT, cariin identitas spg toyota reiz china dong... :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Kalo bagi si RV mah, bro...
Spg batu makam still the best.. :big_slap:
*btw, ditunggu foto spg toyota reiz ya, bro OOTtree.. :mrgreen:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by OakTree25 »

pokoknya itu wuhan girl aja, mad..

masih ane kilik2 dari kemaren blom nemu..ntar deh kalo nemu dipost dimarih..

pasang gan lulu dulu daaah..

disebelah yeee..
Image
Resale Value

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Resale Value »

http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/23593


AUTO 2000 TOYOTA

Segala Urusan Menjadi Lebih Susah



SENIN, 30 MEI 2011 | 09:23 WIB



Saya pemilik mobil Toyota, ingin menyampaikan sedikit keluh resah perihal pelaksanaan servis di auto 2000, pasal nya kegiatan servis rutin berkala (10 rb) menjadi momok menakutkan buat pengendara mobil toyota itu sendiri. Berikut Kisah Brake Cleaner Gratisan dari TAM :



- Pada servis berkala KM 10000, di lakukan penyemprotan brake cleaner (Pembersih Rem) Setelah mobil berjalan KM 15000, masalah mulai muncul. Ketika akan di rem, terdengar suara mirip hentakan logam di deket roda depan, selidik punya selidik. Ternyata bunyi berasal dr piringan dan piston rem yang bila suhu panas bunyi logam tersebut akan muncul. Dan bila suhu dingin bunyi tersebut blm nampak.



- Saya sempat mencari informasi dan bergabung di forum otomotif di internet, ternyata kasus brake cleaner ini tak di alamai oleh saya sendiri. Banyak pemilik Toyota yang mengeluhkan kejadian serupa. Dan aneh nya pihak Auto 2000 sendiri tutup mata akan hal ini



- Yang menjadi menjadi persoalan, knp pihak service ato Technikal departement TAM (Toyota Astra Motor). Tidak melakukan uji coba dulu terhadap produk GRATISAN ini? Sadarkah anda bahwa tindakan pemberian brake cleaner tsb hanya menyusahkan pengendara nya saja ?



- Parahnya lagi kualitas cakram TAM Sangat jelek.



Karena tidak di lengkapi ventilasi disc Motor bebek sekali pun yang seharga Rp 14 juta saja. Dilengkapi ventilasi disc, masa mobil yg harga nya 150 jt tidak di lengkapi hal. Tahukah anda, bahwa panas rem yg berlebih mengurangi daya cengkram cakram itu ? Katanya yg kerja di div teknis TAM pandai", masa hal kecil ini aja tidak di perhatikan ?



Besar harapan saya agar Toyota Jepang dapat melihat hal ini, karena dampak nya bs membuat pengendara toyota resah, dan cape untuk datang ke bengkel. Dimana seharusnya motto : Di AUTO 2000 segala urusan menjadi mudah, kini menjadi susah. Adapun kritik ini di buat demi peningkatan pelayanan auto 2000 kepada cust nya. Dan bukan untuk menyudutkan atau menjatuhkan pihak tertentu. Terima kasih.



Sukarna Lukita
CIKARANG KOTA
BEKASI
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by y_anjasrana »

Resale Value wrote:http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/23593

AUTO 2000 TOYOTA

Segala Urusan Menjadi Lebih Susah

SENIN, 30 MEI 2011 | 09:23 WIB

Saya pemilik mobil Toyota, ingin menyampaikan sedikit keluh resah perihal pelaksanaan servis di auto 2000, pasal nya kegiatan servis rutin berkala (10 rb) menjadi momok menakutkan buat pengendara mobil toyota itu sendiri. Berikut Kisah Brake Cleaner Gratisan dari TAM :

- Pada servis berkala KM 10000, di lakukan penyemprotan brake cleaner (Pembersih Rem) Setelah mobil berjalan KM 15000, masalah mulai muncul. Ketika akan di rem, terdengar suara mirip hentakan logam di deket roda depan, selidik punya selidik. Ternyata bunyi berasal dr piringan dan piston rem yang bila suhu panas bunyi logam tersebut akan muncul. Dan bila suhu dingin bunyi tersebut blm nampak.



- Saya sempat mencari informasi dan bergabung di forum otomotif di internet, ternyata kasus brake cleaner ini tak di alamai oleh saya sendiri. Banyak pemilik Toyota yang mengeluhkan kejadian serupa. Dan aneh nya pihak Auto 2000 sendiri tutup mata akan hal ini



- Yang menjadi menjadi persoalan, knp pihak service ato Technikal departement TAM (Toyota Astra Motor). Tidak melakukan uji coba dulu terhadap produk GRATISAN ini? Sadarkah anda bahwa tindakan pemberian brake cleaner tsb hanya menyusahkan pengendara nya saja ?

- Parahnya lagi kualitas cakram TAM Sangat jelek.

Karena tidak di lengkapi ventilasi disc Motor bebek sekali pun yang seharga Rp 14 juta saja. Dilengkapi ventilasi disc, masa mobil yg harga nya 150 jt tidak di lengkapi hal. Tahukah anda, bahwa panas rem yg berlebih mengurangi daya cengkram cakram itu ? Katanya yg kerja di div teknis TAM pandai", masa hal kecil ini aja tidak di perhatikan ?

Besar harapan saya agar Toyota Jepang dapat melihat hal ini, karena dampak nya bs membuat pengendara toyota resah, dan cape untuk datang ke bengkel. Dimana seharusnya motto : Di AUTO 2000 segala urusan menjadi mudah, kini menjadi susah. Adapun kritik ini di buat demi peningkatan pelayanan auto 2000 kepada cust nya. Dan bukan untuk menyudutkan atau menjatuhkan pihak tertentu. Terima kasih.

Sukarna Lukita
CIKARANG KOTA
BEKASI

Agak aneh klu brake cleaner menyebabkan bunyi2. apalagi muncul setelah jalan 5000km setelah serpis. klu memang brake cleaner bermasalah, tentu muncul sesaat setelah serpis atau beberapa hari setelahnya, bukan setelah 5000km. Klu memang bunyi2, tentunya ada masalah lain.

Kalau masalah disc brake itu sudah pilihan saat orang tsb beli. Kalau mau mobil dgn ventilated disc ya beli mobil lain. TAM jual mobil 150jtan dgn kondisi tersebut. Kalau ga mw ya jangan beli donk. Kalau tetep mau beli dan hrs ventilated disc harusnya ganti sendiri. Kalau ga salah ada yg jual koq.

Itulah gunanya SM, sebelom beli baca2 review n tanya master2 di SM dulu......

:big_peace:
Last edited by y_anjasrana on Mon Apr 22, 2013 9:50, edited 1 time in total.
Accurate V5 Accounting System Consultant
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Yah begitulah oom, ada aja orang yang mau murah semurah apanja tapi kualitas land cruiser.. Menurut gua ya ada harga ada rupa, kalo mau nyaman ya beli land cruiser lhar... Apa yang bisa diharapkan dari sebuah apanja?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by y_anjasrana »

mungkin krn faktor kelas low end, byk yg pindahan dari pakai mobil seken yg sebetulnya kelas menengah. ane dulu ngalamin, dari pakai twincam, trus beli apanja. dengan harga cuma sepertiganya tp kenyamanannya lebih baik dari apanja. apalagi klu sebelumnya pakai bmw seken. begitu ganti apanja pasti shock......

:mky_01:

dimana2 ada harga yg hrs dibayar. utk apanja, kenyamanan dibayar dgn harga maintenance yg murah. bila dibanding dgn atoz ane dulu (yg lebih kecil), biaya maintenance apanja jelas lebih murah (kecuali saat beli ban :frm_bang_head: ). sampai dulu pernah kepikiran beli apanja lagi. tp ditentang istri ane, krn takut dikira rental mobil.... :upss:
Accurate V5 Accounting System Consultant
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

y_anjasrana wrote:mungkin krn faktor kelas low end, byk yg pindahan dari pakai mobil seken yg sebetulnya kelas menengah. ane dulu ngalamin, dari pakai twincam, trus beli apanja. dengan harga cuma sepertiganya tp kenyamanannya lebih baik dari apanja. apalagi klu sebelumnya pakai bmw seken. begitu ganti apanja pasti shock......

:mky_01:

dimana2 ada harga yg hrs dibayar. utk apanja, kenyamanan dibayar dgn harga maintenance yg murah. bila dibanding dgn atoz ane dulu (yg lebih kecil), biaya maintenance apanja jelas lebih murah (kecuali saat beli ban :frm_bang_head: ). sampai dulu pernah kepikiran beli apanja lagi. tp ditentang istri ane, krn takut dikira rental mobil.... :upss:
Yah, begitulah, kalo mau gampang dirawat ya beli avanza, kalo mau nyaman, ya beli mobil eropa seken.. Setiap mobil itu ada plus-minusnya lharrr...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by madcat015 »

ricz wrote:
y_anjasrana wrote:mungkin krn faktor kelas low end, byk yg pindahan dari pakai mobil seken yg sebetulnya kelas menengah. ane dulu ngalamin, dari pakai twincam, trus beli apanja. dengan harga cuma sepertiganya tp kenyamanannya lebih baik dari apanja. apalagi klu sebelumnya pakai bmw seken. begitu ganti apanja pasti shock......

:mky_01:

dimana2 ada harga yg hrs dibayar. utk apanja, kenyamanan dibayar dgn harga maintenance yg murah. bila dibanding dgn atoz ane dulu (yg lebih kecil), biaya maintenance apanja jelas lebih murah (kecuali saat beli ban :frm_bang_head: ). sampai dulu pernah kepikiran beli apanja lagi. tp ditentang istri ane, krn takut dikira rental mobil.... :upss:
Yah, begitulah, kalo mau gampang dirawat ya beli avanza, kalo mau nyaman, ya beli mobil eropa seken.. Setiap mobil itu ada plus-minusnya lharrr...
Menurut nubi...

Kalo bisa, plus nya agak banyak, jadi plus plus...

Minus nya ditahan seminimal mungkin...

:mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Waduh? Koq trit ini jadi trit 21++ neh?? :frm_bang_head:

Dilanjut aja gpp... :big_slap:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by madcat015 »

ricz wrote:Waduh? Koq trit ini jadi trit 21++ neh?? :frm_bang_head:

Dilanjut aja gpp... :big_slap:
Nahhhh... tafsir yang berbeda...

Maksud ane, adalah fitur plus plus dengan harga minim...

Seperti adakah air bag yang proporsional, cup errrr kap mesin yang baik untuk melindungi mesin dan mendisipasi panas, trus SDSB errr SDIB, juga kekuatan kaki2 yang enak dilihat... maksud ane, bantingannya empuk... tapi ga ngayun waktu tempur di jalan...

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by OakTree25 »

....bantingan empuk..tp ngga ngayun?

ATOYOT REIZ!!

:big_weee:
Image
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by ricz »

Apalagi ditemenin ama SPGnya, beuuuhh... Lebih empuk lagi... :big_slap:

*eh ini gua koq jd ketularan OOT yah?? :frm_bang_head:*

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by madcat015 »

OakTree25 wrote:....bantingan empuk..tp ngga ngayun?

ATOYOT REIZ!!

:big_weee:
Itu perfect car bro....... Segala2nya sempurna.... :big_smoking:
ricz wrote:Apalagi ditemenin ama SPGnya, beuuuhh... Lebih empuk lagi... :big_slap:

*eh ini gua koq jd ketularan OOT yah?? :frm_bang_head:*
Virus planted...

*kok ane jadi ingat Residen Epil ya...* :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by hitutbaw »

Kalau suspensi veloz dgn avanza 1.3 itu sama gak ya? Kok sy rasain lebih enak yg veloz.. Kebetulan ada mobil operasional ikut jd penumpang di veloz (row 2) jalan ke jkt rasanya lebih gak ngayun ngayun dan gak ajrut2an dibanding yg 1.3... Atau cm perasaan aja ya he
Dubs
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Mon Apr 08, 2013 19:43

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Dubs »

ricz wrote:Apalagi ditemenin ama SPGnya, beuuuhh... Lebih empuk lagi... :big_slap:
Justru bagus yg ngayun dikit :glodak:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by VanzMatic »

Resale Value wrote:http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/23593


AUTO 2000 TOYOTA

Segala Urusan Menjadi Lebih Susah



SENIN, 30 MEI 2011 | 09:23 WIB



Saya pemilik mobil Toyota, ingin menyampaikan sedikit keluh resah perihal pelaksanaan servis di auto 2000, pasal nya kegiatan servis rutin berkala (10 rb) menjadi momok menakutkan buat pengendara mobil toyota itu sendiri. Berikut Kisah Brake Cleaner Gratisan dari TAM :



- Pada servis berkala KM 10000, di lakukan penyemprotan brake cleaner (Pembersih Rem) Setelah mobil berjalan KM 15000, masalah mulai muncul. Ketika akan di rem, terdengar suara mirip hentakan logam di deket roda depan, selidik punya selidik. Ternyata bunyi berasal dr piringan dan piston rem yang bila suhu panas bunyi logam tersebut akan muncul. Dan bila suhu dingin bunyi tersebut blm nampak.



- Saya sempat mencari informasi dan bergabung di forum otomotif di internet, ternyata kasus brake cleaner ini tak di alamai oleh saya sendiri. Banyak pemilik Toyota yang mengeluhkan kejadian serupa. Dan aneh nya pihak Auto 2000 sendiri tutup mata akan hal ini



- Yang menjadi menjadi persoalan, knp pihak service ato Technikal departement TAM (Toyota Astra Motor). Tidak melakukan uji coba dulu terhadap produk GRATISAN ini? Sadarkah anda bahwa tindakan pemberian brake cleaner tsb hanya menyusahkan pengendara nya saja ?



- Parahnya lagi kualitas cakram TAM Sangat jelek.



Karena tidak di lengkapi ventilasi disc Motor bebek sekali pun yang seharga Rp 14 juta saja. Dilengkapi ventilasi disc, masa mobil yg harga nya 150 jt tidak di lengkapi hal. Tahukah anda, bahwa panas rem yg berlebih mengurangi daya cengkram cakram itu ? Katanya yg kerja di div teknis TAM pandai", masa hal kecil ini aja tidak di perhatikan ?



Besar harapan saya agar Toyota Jepang dapat melihat hal ini, karena dampak nya bs membuat pengendara toyota resah, dan cape untuk datang ke bengkel. Dimana seharusnya motto : Di AUTO 2000 segala urusan menjadi mudah, kini menjadi susah. Adapun kritik ini di buat demi peningkatan pelayanan auto 2000 kepada cust nya. Dan bukan untuk menyudutkan atau menjatuhkan pihak tertentu. Terima kasih.



Sukarna Lukita
CIKARANG KOTA
BEKASI
Yang underlined...

1. Saya selalu servis ke Bengkel Resmi. Bahkan biasanya saya servis pada saat sebelum melakukan perjalanan jauh. Sepulang dari jawa tengah, saya ngga pernah servis ulang tuh. Langsung aja betot untuk aktivitas sehari2, lewat Kalimalang, Cakung, Priok. Lewat Yos Sudarso juga. Yang sering lewat seputaran situ, pasti tau bagaimana hancurnya jalan2 disitu, bagaimana berdebu dan becek nya jalan2 disitu, bagaimana sebuah mobil harus deg degan berebut jalan dengan truk2 trailer kontainer raksasa. Ya ngga pernah ada masalah tersebut tuh...! Saya servis tiap 10rb km. Saya ganti oli juga tiap 10rb km. Di bengkel resmi, mobill saya juga selalu dibersihkan dengan brake cleaner. NGGA ADA tuh bunyi tersebut..! Sini, coba mobil saya sendiri.. Saya tantang Anda.

2. Ini komplen kok setelah jalan 5rb km? Siapa yang tau dan mau tau, lewat jalan mana aja? Lewat banjir yang kotor tapi ngga ngaku? Kendaraan sudah dipakai balapan di tol tapi ngga ngaku? Bisa aja kan? Everything is possible. Yang diaku2 adalah yang jadi masalah buat dia. Sementara apa yang dia lakukan, dia akuin ngga? Karena ngga penting kan? Iya, yang penting buat dia adalah mengadu. Titik. That's it.

Selain underlined.

Dipikirnya, cuman habanja Siniah yang cakram depannya solid (tidak ventilated)?? :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Yang ada diketawain ayam aja.


Ada tauuuu, mobil baru jaman sekarang selain habanja siniah yang masih pakai solid disc... :mrgreen: :mrgreen:

Cari sendiri, bukan kewajiban saya ngasih tau TS yang udah pinter copy paste....and memang hanya sebatas itulah kapabilitas Resale value: Copy paste. Tidak lebih.
:mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Nightster Guy »

Mantebbb.. Postingan copastnya dicounter dengan elegan dan analitis berbasis logika teknis sederhana oleh om Anjas, mbah VM, dll ...

Include genk oot trio BOMbers yg tumben2an nggak (terlalu) jumpalitan oot dimarih ...

Monggo om RV, balik counter dulu post om Anjas dan VM, kira2 apa analisa anda utk 'membela' si owner yg teriak2 di media tsb?

Nggak usah berbelit teknis apalah yg berat2. Ringan santai ajalah tanpa emosi lebay dan bengak-bengok yg tdk perlu.

Kita discuss aja coba, apa opini/argumen om RV selaku 'pengacara konsumen Toyota yg tidak puas'.

Ditunggu.. :)
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kualitas after sales toyota emang buruk banget ya ?

Post by Turboman »

yg ada di kepalanya si RV sih simple aja

"Yg bilang Toyota / BeRes Toyota bagus itu pasti antek TAM / TMC / sales Toyota"

"Pokoknya yg namanya Toyota mesti jelek en gak boleh ada bagus2-nya, kudu itu"

:wkkk:
* Bukan ajakan Beli *