VanzMatic wrote:Nightster Guy wrote:VanzMatic wrote:Yap, buat ane yang habanja user, tetep anggep ANA dan ANX hanya sebagai Major facelift.
Menurut ane, Major karena memang rombak total struktur body dan chassisnya yang unibody.
Kalo master Habanja bilang Habanja baru udah rombak total STRUKTUR BODI, IMO, berarti uda beda generasi. REVOLUSI, bukan EVOLUSI a.k.a facelift.
----------
VanzMatic wrote:Tapi kalo basically masih sama, IMHO aja siiiih, tetep aja facelift, tapi besar besaran..
lain hal kalo chassis dan body berubah walaupun itungan 10mm, dan enjin ganti total kode mesinnya, itu baru ane sebut All New.
- CUT -
Untuk layak disebut generasi baru, 'all new', IMO gak harus ganti mesin kok om. Contoh dari dulu uda ada kan? Yang penting platform/struktur berubah.
Contoh premiumnya di BMW E30 M40 ke BMW E36 yang tetep pake M40 di salah satu variannya. Jelas beda total dua generasi itu.
Contoh jelatanya Kijang KF70 alias kapsul yang masih pake enjin 7K karbu warisan Kijang KF50 generasi 'Super/Grand'. Juga beda total walau enjin sama.
CMIIW......................................

.. save our ass dude....

Hehe... makanya, ane untuk kasus Kijang KF70, ane engga menganggap sebagai ganti generasi.... Karena hanya ganti baju dan sasis.
Sotoy banget deh ya ane...

Nightster Guy wrote:Waksssssssss........
Berarti gak bakal ketemu neh kita om. Kijang kapsul jelas beda segala2nya ama generasi sebelumnya (beda chassis, bodi, interior) regardless enjin yang dipake masih sama bahkan hingga generasi EFI 1.8 yang masih pake si 7K cuman ganti kode jadi 7K-E.
Ane bilang sih ganti generasi.......

===============================================================================================
yoyoyo wrote:
CMIIW......................................

.. save our ass dude....

oy oy..knalpotnya ketinggalan tuh

hahahaa...
========================================================================================
mmg ada yg paradigmanya adlh mobil dan mesin tu adlh satu kesatuan yg utuh, bulat, dan tidak bisa dipisah2kan. itu bisa dimaklumi.
sdgkan cara pikir ane sndiri, scara umum, memisahkan mesin (dan transmisi) dari mobilnya.
mesin, adlh "sekedar" power plant/power train dr sebuah mobil. dan transmisi adlh sekedar drivetrain dr sebuah mobil.
jd mesin adlh option. bisa anda pilih yg mana saja diantara yg disediakan oleh dealer. tp yg utama anda hrs pilih dulu mobilnya.
sebuah 747, anda bisa saja milih/dikasih mesin apa aja, misalnya bisa Pratt & Whitney, General Electric, Rolls Royce, Mitsibhisi, ataupun bahkan Huawei....but still, it's a 747 anyway.
di negara2 maju, hampir selalu disediakan tools utk Build Your Car di websitenya klo anda mau beli sebuah mobil.
yg pertama anda pilih adlh mobilnya dulu kan? bukan mesinnya dulu kan?
pilih mobil, trus pilih warna, trus pilih engine.... dst dst ....kira2 begitu lah.
jd dlm urusan pergantian Generasi/Model mobil, dlm cara pikir ane, mesin gak ada hubungannya secara direct.
yg scara mendasar biasanya tepat sbg dasar ttg perbedaan Gen tu mmg si kode mobil. mskipun ada jg bbrp pengecualian krn ada jg yg satu generasi tp dia keluarin dua model, jdnya bisa dua kode.
kode mobil: E34, E39, E60, F10....atau merc dg W sekian sekian sekian... atau keluarga corolla dari generasi ke generasi, yg dah puanjang silsilahnya E10. E20. E30. E70. E80. E90. E100. E110. E120. E140/E150 si Corolla Altis yg skrg ini.
si Xenia Avanza ndiri kodenya apa sih? S80 ya? atau M80? atau S100 sih?..
=======================================================================================
sdgkan ttg mesin kita ntar bisa ngebahasnya secara terpisah. krn sebenarnya mesin pun ada Generasi dan "Facelift" nya. Keluarga dan Varian nya. gitu bukan?
misalnya sebuah 1498 cc L4 engine HR15DE, mau dikasih single CVTC/VVTi maupun dual CVTC, tp tetep aja itu adlh sebuah HR15DE. andaikata ada varian turbonya maka dia bisa saja menjdi HR15DET. mesin K10A — mau anda kasih VVT, dual VVT, maupun gak ada VVT nya, itu tetaplah K10A.
sebuah V8 4.461 cc DOHC 32 Valve VGT Intercooler 1VD-FTV. itu anda mau kasih single turbo ataupun double/dual/twin turbo, tetaplah anda menyebutnya 1VD-FTV
.