China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Dec 15, 2024 1:38
Suryaputra wrote: Fri Dec 13, 2024 3:25
ChZ wrote: Fri Dec 13, 2024 3:19

klo narasi-narasi yang beredar (termasuk yutuber saham yang tiba tiba bahas mobil)

kemandirian energi, gak impor minyak lagi. gak memperkaya jepang, gak memperkaya arab.

masalahnya mau mandiri gimana, hilirisasi gimana, wong industrialisasinya aja gak jalan. emang pabrik batre sini bisa bikin berapa. yang ada hilirisasi produk china. uangnya ya lari ke china lah. alias bodong 0 gede. proyek2 ambisius rejim mulyono itu uangnya lari ke china.

klo kata ekonom senior yang RIP belom lama, nickel kita aja dibeli di bawah pasaran, lah wong yang kontrol pasar sono. alias rugi bandar. ujungnya ditipu aseng.

makanya dari dulu sy bilang EV push itu agendanya politician, nothing to do with environmentalist. yang paling getol soal EV akhirnya mundur kan, lha mulai mengancam industri lokalnya.
preferensinya memang lbh ke keputusan "politis dan bisnis"

bukan pertimbangan teknis dan masukan dari orang2 ahli.

makanya knp yg jadi menteri politisi partai, instead of teknokratnya sendiri.
org2 teknokrat malah jadi staff nya, yang pilihannya:
- siap bos!
- dicopot

:big_weee:
idem , emang akhirnya jadi agenda politis. toh cina tetep jadi carbon emitter walaupun push EV lawong malah buka coal-powered gede2an supaya harga murah.
Yeah
It's all about business 💸
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kayukayuthe5th »

akhirnya hando memperbarui HEV system mereka :
- skrg pake model kaia toyota ada split powerunit di highspeed engine doang.
- honda hybrid semua pake 2 MGU, ditambah AWD bakal semua pake eaxle *nice ikut toyota juga wkwkwkwk
- akhirnya pake platform, dibagi 2 small and medium, medium akhirnya pake architecture skeletal ala2 global platform kompetitor
- ada s+ shift , debut diprelude ; ini maenin transmisi ama response engine lebih agresif di high rpm (gak kaia current EHEV gen 1 terlalu ngandelin motordan engine cenderung jadi generator)
- medium bikin cost berkurang *yah ga daridulu aja wkwkwkw (accord, cr-v, vezel aka hrv, ama civic)
- small details masih belum jelas
https://car.watch.impress.co.jp/docs/ne ... #015_l.jpg
BREAKING : honda nissan dirumorkan merger *good , now rid of jj4tc0 cvt........wait using honda CVT w :P
https://www.reuters.com/markets/deals/j ... 024-12-17/
theone77
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Tue Oct 04, 2022 7:50
Location: jakarta

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by theone77 »

1.china cost production nya rendah, mungkin dikasih insentif oleh pemerintahnya
2. beli bahan baku dari dunia ke3, konoha dan mungkin afrika
3. negara timteng dan lain2 yang masih banyak cadangan minyaknya bakal gerah
negara yang transaksi (dapat benefit) dari minyak juga gerah
4. isu kerusakan lingkungan dari menggali alam = impactnya sptnya lebih besar
dibanding bor minyak
5. sptnya tesla hanya lompatan elon, buat teknologi-dan mars
bisa jadi tesla nantinya side business dia, karena dia tahu kedepannya bakal merusak lingkungan

6. negara yang pembangkit listrik nuklir, lebih ramah lingkungan, karena butuh sedikit bahan, untuk bangkitin listrik
dibanding coal, minyak, dll--> kebanyakan, merusak lingkungan dan ekosistem
7. kedepannya, akan ada 3
-bensin hybrid
-ev
-diesel euro 10 kali hehe

8. indo rasanya belom siap, karena belum ada trouble
yang penting dalam produk--misal rusak, cara benerinnya gimana
dan ini agak lama, karena takut
- spt mobil manual ke matic
-motor karbu ke injeksi

berjalan akan di kota besar, listrik daerah mungkin byar pett, dan juga mungkin gk stabil
tiang listrik megapolitan jakarta pun, masih menjuntai kesana kesini, spt cumi cumi
kebutuhan listrik lebih besar= infrastruktur besar jg
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by b0ku »

theone77 wrote: Wed Jan 01, 2025 2:32 1.china cost production nya rendah, mungkin dikasih insentif oleh pemerintahnya
2. beli bahan baku dari dunia ke3, konoha dan mungkin afrika
3. negara timteng dan lain2 yang masih banyak cadangan minyaknya bakal gerah
negara yang transaksi (dapat benefit) dari minyak juga gerah
4. isu kerusakan lingkungan dari menggali alam = impactnya sptnya lebih besar
dibanding bor minyak
5. sptnya tesla hanya lompatan elon, buat teknologi-dan mars
bisa jadi tesla nantinya side business dia, karena dia tahu kedepannya bakal merusak lingkungan

6. negara yang pembangkit listrik nuklir, lebih ramah lingkungan, karena butuh sedikit bahan, untuk bangkitin listrik
dibanding coal, minyak, dll--> kebanyakan, merusak lingkungan dan ekosistem
7. kedepannya, akan ada 3
-bensin hybrid
-ev
-diesel euro 10 kali hehe

8. indo rasanya belom siap, karena belum ada trouble
yang penting dalam produk--misal rusak, cara benerinnya gimana
dan ini agak lama, karena takut
- spt mobil manual ke matic
-motor karbu ke injeksi

berjalan akan di kota besar, listrik daerah mungkin byar pett, dan juga mungkin gk stabil
tiang listrik megapolitan jakarta pun, masih menjuntai kesana kesini, spt cumi cumi
kebutuhan listrik lebih besar= infrastruktur besar jg
sama yang laen pake pembangkit bersih bakcup kotor kalo gak mampu , china hajar terus batubara sama nuklir....... yang laen pembangkit kotornya di mati2xin china malah nambahin terus sama di pindah ke daerah terpencil jd bagus banget buat propaganda kotanya makin bersih gara2x ev padahal mah gara2x industrinya di pindahin semua kalo cek global emission ya babak belur............. :big_bored:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by ctopher7 »

theone77 wrote: Wed Jan 01, 2025 2:32
8. indo rasanya belom siap, karena belum ada trouble
yang penting dalam produk--misal rusak, cara benerinnya gimana
dan ini agak lama, karena takut
- spt mobil manual ke matic
-motor karbu ke injeksi
menurut saya lebih dari sekedar shifting manual ke matic dan karbu ke injeksi. ice ke ev itu a whole new concept, dimana yang 2 om sebut itu masih sama sama bakar bbm, yang satu lagi digerakin baterai dan motor aja.

skrg yang jadi masalah, mobil misalnya 200-400 jt (range yang paling mungkin orang banyak beli) kalo manual vs matic, trus maticnya rusak benerinnya berapa mahal? paling banyak juga 10% dari harga mobilnya. kita pake analogi yang sama, bbm ganti nih ke batre, mungkin kah batere rusak harga ganti cmn 10% dr mobil?

kalo pada bilang harga batere mungkin 10 tahun kedepan dah lebih murah, itu batere hybrid camry dkk dari 10 tahun lalu harganya juga masih puluhan juta belom jadi 10 jt aja gantinya

saya ga anti sama ev. tapi skrg kita hidup di negara yang consumer protectionnya practically gaada, masih perlu liat 5-7 tahun kedepan ini mocin ev pada kuat ga batere dan motornya, kaki kakinya, dll karna kalo uda beli pasti uda siap benerin juga dari kantong sndiri. tau sndiri di indo kalo dah panas terik banget, kadang suka banjir, dan jalanan banyak potholenya. itu tesla model x yang dipake silver bird aja pada jebol karna overheat (saya tanya ke supirnya lgsg pas naik)
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Wed Jan 01, 2025 5:22
theone77 wrote: Wed Jan 01, 2025 2:32
8. indo rasanya belom siap, karena belum ada trouble
yang penting dalam produk--misal rusak, cara benerinnya gimana
dan ini agak lama, karena takut
- spt mobil manual ke matic
-motor karbu ke injeksi
menurut saya lebih dari sekedar shifting manual ke matic dan karbu ke injeksi. ice ke ev itu a whole new concept, dimana yang 2 om sebut itu masih sama sama bakar bbm, yang satu lagi digerakin baterai dan motor aja.

skrg yang jadi masalah, mobil misalnya 200-400 jt (range yang paling mungkin orang banyak beli) kalo manual vs matic, trus maticnya rusak benerinnya berapa mahal? paling banyak juga 10% dari harga mobilnya. kita pake analogi yang sama, bbm ganti nih ke batre, mungkin kah batere rusak harga ganti cmn 10% dr mobil?

kalo pada bilang harga batere mungkin 10 tahun kedepan dah lebih murah, itu batere hybrid camry dkk dari 10 tahun lalu harganya juga masih puluhan juta belom jadi 10 jt aja gantinya

saya ga anti sama ev. tapi skrg kita hidup di negara yang consumer protectionnya practically gaada, masih perlu liat 5-7 tahun kedepan ini mocin ev pada kuat ga batere dan motornya, kaki kakinya, dll karna kalo uda beli pasti uda siap benerin juga dari kantong sndiri. tau sndiri di indo kalo dah panas terik banget, kadang suka banjir, dan jalanan banyak potholenya. itu tesla model x yang dipake silver bird aja pada jebol karna overheat (saya tanya ke supirnya lgsg pas naik)
Tesla overheat?
Kondensor Ac buat pendingin batre dan motornya gak maksimal dong.. Bs sampai overheat :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by ctopher7 »

Suryaputra wrote: Wed Jan 01, 2025 6:07
Tesla overheat?
Kondensor Ac buat pendingin batre dan motornya gak maksimal dong.. Bs sampai overheat :big_biglaugh:
di negara 4 musim spertinya sih bisa ya. mungkin cooling systemnya ga sesuai buat iklim tropis, apalagi indo panas banget. tesla kan stau saya yang masukin IU kan ya.

yah tinggal wait and see aja mocin ev 5 tahun kedepan, kalo aman ikutan beli juga walau uda ketinggalan :big_weee:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

ctopher7 wrote: Wed Jan 01, 2025 13:04
Suryaputra wrote: Wed Jan 01, 2025 6:07
Tesla overheat?
Kondensor Ac buat pendingin batre dan motornya gak maksimal dong.. Bs sampai overheat :big_biglaugh:
di negara 4 musim spertinya sih bisa ya. mungkin cooling systemnya ga sesuai buat iklim tropis, apalagi indo panas banget. tesla kan stau saya yang masukin IU kan ya.

yah tinggal wait and see aja mocin ev 5 tahun kedepan, kalo aman ikutan beli juga walau uda ketinggalan :big_weee:
Let see,
Tergantung subsidinya mbah

Semua akan organik pada waktunya :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Wed Jan 01, 2025 6:07 Tesla overheat?
Kondensor Ac buat pendingin batre dan motornya gak maksimal dong.. Bs sampai overheat :big_biglaugh:
Harusnya yg. pada pake EV, kayak oom Kendi, invest OBD2 ama CarScanner Pro, buat data algoritma cooling mobcin kayak apa. Kalo I5 lumayan konservatif : kickoff cooling pake AC di 35C, ketauan, soalnya suhu coolant jd. 15-20C, akan dibawa sampe 30C baru mati, balik ke coolant loop biasa. Nah, pas fast charging cooling akan kick off max di 40anC, coolant bisa single digit, kalo naik ke 45C dethrottling, makanya saya lebih seneng UFC max 100kW, selisih ndak ada 5 menit batere lebih adem.

BTW, itu cooling AC bukan angin AC ditiup ke batere kayak hibrid2 jepang atau batumakam daun ya, tapi jalur freon sblm. masuk evap diliwatin ke heat exchanger coolant batere, jadi nguber single digit C bisa.
b0ku wrote: Wed Jan 01, 2025 3:31 sama yang laen pake pembangkit bersih bakcup kotor kalo gak mampu , china hajar terus batubara sama nuklir....... yang laen pembangkit kotornya di mati2xin china malah nambahin terus sama di pindah ke daerah terpencil jd bagus banget buat propaganda kotanya makin bersih gara2x ev padahal mah gara2x industrinya di pindahin semua kalo cek global emission ya babak belur............. :big_bored:
Kalo dimari kan memang bukan alasan lingkungan oom, tapi fulus. Minyak harus impor, butuh dolar lagi. Batubara tinggal keruk, harga dipeg pake Domestic Market Obligation, belun lagi sodagar2 batubara sekarang lebih royal kalo deket2 coblosan. Kalo kita ra'jat djelata mah cari yg. paling untung aja :big_peace: :big_peace: :big_peace:
theone77 wrote: Wed Jan 01, 2025 2:32 1.china cost production nya rendah, mungkin dikasih insentif oleh pemerintahnya
Ndak cuma subsidi, kasus EV ini adalah kasus klasik Innovator Dillema.
EV kunci no. 1 di batere murah. RRC pinter, bikin batere bener jauh lebih mudah drpd. integrasi komponen2 ICE, sekali dapet mixing bener di katoda+elektrolit sisanya tinggal quality control, kagak butuh itu kaizen2an.
Padahal ya batere itu pemainnya aslinya Nippon, Tesla pake Panasonic, CATL itu aslinya teknologi TDK. Naah kayaknya di MITI geng Toyota kuat banget, jadi kagak ada dorongan buat develop batere buat EV, Nippon masih kejebak bikin batere buat HP :big_peace:
Kunci no.2 inverter, bukan motor. Kalo motor cuma spuling-an kawat, yg. kritis itu di inverternya, nah ini butuh power chip (yg. terkini chip IGBT buat handle volt > 400V), pemain gedenya masih di Jerman-Jepang-US, https://www.alliedmarketresearch.com/di ... ket-A09766. Nomer satunya Infineon, abis gitu pabrikan2 Nippon kayak Hitachi. Ini yg RRC belun bisa pegang, jd. semua EV China power chipnya kalo ndak Jerman ya Jepang kecuali BYD yg. sebagian bikin ndiri : https://www.power-and-beyond.com/chinas ... 9d3213fbb/. Tapi kalo geng Toyota masih kuat di MITI, tetep kagak kepake keahlian bikin chip IGBT :big_biglaugh:

Biar tetep di topik, si Jerman kuat disini, udah gitu niat ke EV jg. gede. Buat drivetrain dah jago, ada Infineon ada Siemens, yg. bikin mereka puyeng itu batere-nya, Mercedes mbledug di Kroya kemaren itu kan pake batere Farasis : https://www.google.com/amp/s/amp.scmp.c ... er-ev-fire, udah gitu yg. digadang2 jd. pabrikan lokal bubar : https://kr-asia.com/northvolts-fall-how ... -ambitions
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by ChZ »

ctopher7 wrote: Wed Jan 01, 2025 5:22

menurut saya lebih dari sekedar shifting manual ke matic dan karbu ke injeksi. ice ke ev itu a whole new concept, dimana yang 2 om sebut itu masih sama sama bakar bbm, yang satu lagi digerakin baterai dan motor aja.
betul

battery-motor dan heat engine itu benda yang sama sekali beda. kurva efisiensinya berbeda, behavior konsumennya jelas beda dari isi minyak 5 menit ke charging paling cepet 15-30 menit dan harus plan buat long trip. EV bentuknya ya masih sama-sama mobil jalan di darat, bukan mobil terbang.

sementara karbu ke injeksi cuma penyempurnaan sistem aja dari analog ke computerized. karbu-injeksi itu dari stupidphone jadul ke smartphone, gak terlalu butuh penyesuaian banyak.

di sisi konsumen nggak ada yang berubah dari sisi user behavior. ya sama-sama di pom bensin cuma 5 menit. paling bensinnya aja ganti. servisnya tetep ganti oli rutin. cuma ketambahan scanner karna sensornya makin presisi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by lemonadelovers »

ChZ wrote: Thu Jan 02, 2025 3:16
ctopher7 wrote: Wed Jan 01, 2025 5:22

menurut saya lebih dari sekedar shifting manual ke matic dan karbu ke injeksi. ice ke ev itu a whole new concept, dimana yang 2 om sebut itu masih sama sama bakar bbm, yang satu lagi digerakin baterai dan motor aja.
betul

battery-motor dan heat engine itu benda yang sama sekali beda. kurva efisiensinya berbeda, behavior konsumennya jelas beda dari isi minyak 5 menit ke charging paling cepet 15-30 menit dan harus plan buat long trip. EV bentuknya ya masih sama-sama mobil jalan di darat, bukan mobil terbang.

sementara karbu ke injeksi cuma penyempurnaan sistem aja dari analog ke computerized. karbu-injeksi itu dari stupidphone jadul ke smartphone, gak terlalu butuh penyesuaian banyak.

di sisi konsumen nggak ada yang berubah dari sisi user behavior. ya sama-sama di pom bensin cuma 5 menit. paling bensinnya aja ganti. servisnya tetep ganti oli rutin. cuma ketambahan scanner karna sensornya makin presisi.
hmm mirip steam engine ke ICE? :big_think:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by ChZ »

lemonadelovers wrote: Thu Jan 02, 2025 7:18
hmm mirip steam engine ke ICE? :big_think:
kurang lebih

except steam engine terbukti kalah dari segala sisi : performa, efisiensi, kemudahan penggunaan.

sementara ICE ke EV masih jadi perdebatan. krn di banyak kasus masih unggul ICE dari sisi penggunaan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1835
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by MSU »

Btw....dulu kan di claim cadangan nikel kita terbesar & seolah2 bisa makmur krn itu...akhirnya kejadian ga sih? Jangan2 teknologi batere udh ga pake nikel lg?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by darrelund »

MSU wrote: Thu Jan 02, 2025 11:12 Btw....dulu kan di claim cadangan nikel kita terbesar & seolah2 bisa makmur krn itu...akhirnya kejadian ga sih? Jangan2 teknologi batere udh ga pake nikel lg?
ya kejadian buat yg diatas aja :big_biglaugh:

tapi ya NMC masih menang energy density dibanding LFP, makanya rata" mocin EV ngebut yg baterai besar pun masih pake NMC

tapi di china sendiri LFP lagi booming bgt developmentnya, CATL ama zeekr golden battery ud ngejer kemampuannya NMC, bisa dicas 400-500kW :big_biglaugh:

sadis

golden battery : https://www.batterydesign.net/zeekr-007-lfp/ colek mbah @bibieight
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »



I couldn't agree more
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Jan 02, 2025 13:22

I couldn't agree more
pikiran negara yang harusnya di jajah VOC 1000 tahun lagi............. :ngacir:

makin curiga kita sejarah belanda itu cuma propaganda jgn2x yang mau merdeka itu cuma cukong2x yang males bayar upeti ke belande biar bisa korupsi makin merajalela.......... :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by b0ku »

https://oto.detik.com/mobil/d-7714725/e ... njang-2024
BYD menjual 2,48 juta kendaraan PHEV (plug-in hybrid) penumpang pada 2024 atau naik 72,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kendaraan tersebut menyumbang 58,5 persen dari total penjualan BYD pada tahun 2024.
disini masih ribut2x EV disana ud kapok dan mulai balik ke hybrid :mky_07:

presentasenya pun naek ngalahin EV :mky_07:

ud saya bilang dari taon kemaren mereka bisa gede gara2x DM-I :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by ChZ »

MSU wrote: Thu Jan 02, 2025 11:12 Btw....dulu kan di claim cadangan nikel kita terbesar & seolah2 bisa makmur krn itu...akhirnya kejadian ga sih? Jangan2 teknologi batere udh ga pake nikel lg?
itu pan kayak propaganda

nippon cahaya asia
nippon pelindung asia
nippon pemimpin asia

same sh#t different country.

dijanjiin sama negri naga kita makmur krn nikel mau dibeli mereka, hilirisasi omon-omon wong smelter punya siapa nikel dibeli murah di bawah pasar mau. illegal lagi klo kata alm ekonom senior yang baru aja berpulang.

lucunya yang percaya malah para influencer saham :mky_07: ya ga salah sih kan emiten paling seksi pertambangan.
Last edited by ChZ on Fri Jan 03, 2025 3:26, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Jan 03, 2025 0:41 https://oto.detik.com/mobil/d-7714725/e ... njang-2024
BYD menjual 2,48 juta kendaraan PHEV (plug-in hybrid) penumpang pada 2024 atau naik 72,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kendaraan tersebut menyumbang 58,5 persen dari total penjualan BYD pada tahun 2024.
disini masih ribut2x EV disana ud kapok dan mulai balik ke hybrid :mky_07:

presentasenya pun naek ngalahin EV :mky_07:

ud saya bilang dari taon kemaren mereka bisa gede gara2x DM-I :mky_03:
Yah itu tanda negara maju.

Trendnya memang lbh mature hybrid, ev itu cuma peralihan, dan buat cashcow develop true future product :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Jan 03, 2025 3:22
Yah itu tanda negara maju.

Trendnya memang lbh mature hybrid, ev itu cuma peralihan, dan buat cashcow develop true future product :big_biglaugh:
nah ajibnya di luar cungkwo BYD cuma jualan EV hybridnya dikit banget kebayang gak tuh presentasenya di cungkwo bisa gede DMInya :big_biglaugh:

emang bener keknya kita di buangin stock gak laku keknya makannya ev dulu di genjot dmi aja belom jelas kapan masuk karena tau gitu dmi masuk berantakan itu jualan EV termasuk hybrid jepang :big_bored:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Fri Jan 03, 2025 3:29
Suryaputra wrote: Fri Jan 03, 2025 3:22
Yah itu tanda negara maju.

Trendnya memang lbh mature hybrid, ev itu cuma peralihan, dan buat cashcow develop true future product :big_biglaugh:
nah ajibnya di luar cungkwo BYD cuma jualan EV hybridnya dikit banget kebayang gak tuh presentasenya di cungkwo bisa gede DMInya :big_biglaugh:

emang bener keknya kita di buangin stock gak laku keknya makannya ev dulu di genjot dmi aja belom jelas kapan masuk karena tau gitu dmi masuk berantakan itu jualan EV termasuk hybrid jepang :big_bored:
insentif ternyata 3% kalkulasinya yah cman turun 10-12 juta :big_bored:
mestinya keringanan pajak aja sih bayar 50% nah itu baru ajib hehe.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 658
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by kayukayuthe5th »

yes pastinya , cman ini juga mulai timbul maslaah soal insentif karena ternyata di mainland pun ekonomi mulai ajeg, pada perusahaan yang printing money juga pada kena "seleksi alam" , di mainland pun juga skrg udah mulai "care" pake patents dan rights....tinggal kita tunggu aja sih "what next" rezim xi ini seperti apa?

sepakat emang cina itu bisa ampe skrg kebanyakan paten terutama dari jepun , salahnya jaman shinzo yang notabene fokus ke sospol, jual2in murah ke negeri tetangga niatnya dapet rewards eh malah gak kompetitif jadian skrg.
IGBT masalahnya jepun keluar dari semicon races, itu juga dosa besar abenomics kemarin akhrinya lagi2 gak bisa kejar di post 40nanometer era sehingga harus gimanapun ya outsources. untungnya di supply sih jepun selain hitachi, beberapa supplier mau ganti ke inverter CMIIW (denso kaianya ikutan akhirnya kan mereka ngejual combustionn parts ke NGK n jadi monopoli Nittera group) pun Nittera juga ikut bikin inverter skrg.
belum lagi silicate carbides yang punya no.1 skrg jepun (mau overtakes di Galium nitride proyeksi waktu solid state)
soal geng MITI, susah sih karena ini kan jepun MITI membawahi banyak banget kelembagaan (&political issue) tapi akhirnya skrg toyota bikin sendiri kan toyota battery kemaren diresmikan.
untuk soal semicon juga jepang akhirnya bikin bareng TSMC JASM yang bikin TSMC juga agak "ketakutan" karena udah ekspansi ke EU ma US canada n terkendala beberap hal. ini jepun tiba2 dah bisa bikin 28/22/16/12 nm diwaktu kurang dari 5 tahun udah mulai produksi akanya mereka hold dulu bangun 2nd factory takutnya malah JASM duluan bisa bikin 2nm kan malu :mky_07: . belum lagi mereka juga inhouse semicon ama AMAT & IBM plus ASML bikin rapidus n langsung jump di 2nm nanti 2026-2027. intinya sebenernya jepun ini punya potensi, the government at that time was sh8t to maintanance the business

balek ke jerman sih, jangan lupakan juga shcneider ama bosch yah hehe duo dedengkot itu
northvolt itu juga mismanagements ma concepts berubah2 rumor mau dibeli CATL cman ma govt EU so far ga dibolehin (sama kaia nippon steel yang akhirnya ga jadi beli US steel karena intervensi pemerintah soal geopolitik) pake farasis energy aja udah aneh tuh merc wkwkwkwk :big_biglaugh:
salah jerman too lenient on china supply itu aja sih kalo dari gwa padahal mereka punya tech. ama mungkin masalah EU skrg too much heavy on taxation
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2553
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by darrelund »

rowen udah mulai lirik mocin

li auto & denza

bukan ga mungkin tuner jepun lain ikutan, sepertinya ikutan tren, tapi ya daripada ketinggalan

https://www.rowen.co.jp/bodykit/details.php?id=215
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by fabreguz »



gem oper mobil ais di cungkwo :big_cry: :big_cry:



kmungkinnan segera terjadi "pembantaian" pada merk2 boil non cungkwo di cungkwo land dalam 5 taon ke depan :big_chicken: :big_slap:

https://nukilan.id/byd-merajalela-di-as ... -malaysia/
BYD Merajalela di ASEAN, Rebut Takhta di Indonesia, Thailand, dan Malaysia
Jakarta – Produsen mobil listrik asal China, BYD, semakin memperkuat dominasinya di Asia Tenggara. Perusahaan ini berhasil merebut posisi sebagai merek mobil listrik terlaris di tiga negara otomotif utama, yakni Indonesia, Thailand, dan Malaysia.
smentara ekspansi ke pasar2 di luar cungkwo terutama kawasan asea tenggarong semakin menggila juga :big_grin: :big_grin:
langsung nih perang ke 8 penjuru mata angin :big_exellent: :big_exellent:
Last edited by fabreguz on Mon Feb 24, 2025 8:25, edited 1 time in total.
Don't Imageate
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: China start overtakes Japan and Germany as World`s Top Car Exporter

Post by the-mantal »

Harga jual baterai ini kayanya masih gelap banget yak, Hybrid pada pasang harga ganti baterai 30-50 jt per kwh, yg murni EV gelap harga ganti baterainya.
Padahal kata riset2 harga baterai lithium skrg usd 115 per kwh, harusya ya plus ini itu jual 5 jt per kwh dah untung dnk.

Kunci hybrid vehicle bs take off itu salah satunya soal battery jg, kl harga ganti battery murah, pasti bs jauh lbh laku drpd BEV.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours