Suryaputra wrote: Wed Jan 01, 2025 6:07
Tesla overheat?
Kondensor Ac buat pendingin batre dan motornya gak maksimal dong.. Bs sampai overheat
Harusnya yg. pada pake EV, kayak oom Kendi, invest OBD2 ama CarScanner Pro, buat data algoritma cooling mobcin kayak apa. Kalo I5 lumayan konservatif : kickoff cooling pake AC di 35C, ketauan, soalnya suhu coolant jd. 15-20C, akan dibawa sampe 30C baru mati, balik ke coolant loop biasa. Nah, pas fast charging cooling akan kick off max di 40anC, coolant bisa single digit, kalo naik ke 45C dethrottling, makanya saya lebih seneng UFC max 100kW, selisih ndak ada 5 menit batere lebih adem.
BTW, itu cooling AC bukan angin AC ditiup ke batere kayak hibrid2 jepang atau batumakam daun ya, tapi jalur freon sblm. masuk evap diliwatin ke heat exchanger coolant batere, jadi nguber single digit C bisa.
b0ku wrote: Wed Jan 01, 2025 3:31
sama yang laen pake pembangkit bersih bakcup kotor kalo gak mampu , china hajar terus batubara sama nuklir....... yang laen pembangkit kotornya di mati2xin china malah nambahin terus sama di pindah ke daerah terpencil jd bagus banget buat propaganda kotanya makin bersih gara2x ev padahal mah gara2x industrinya di pindahin semua kalo cek global emission ya babak belur.............
Kalo dimari kan memang bukan alasan lingkungan oom, tapi fulus. Minyak harus impor, butuh dolar lagi. Batubara tinggal keruk, harga dipeg pake Domestic Market Obligation, belun lagi sodagar2 batubara sekarang lebih royal kalo deket2 coblosan. Kalo kita ra'jat djelata mah cari yg. paling untung aja
theone77 wrote: Wed Jan 01, 2025 2:32
1.china cost production nya rendah, mungkin dikasih insentif oleh pemerintahnya
Ndak cuma subsidi, kasus EV ini adalah kasus klasik Innovator Dillema.
EV kunci no. 1 di batere murah. RRC pinter, bikin batere bener jauh lebih mudah drpd. integrasi komponen2 ICE, sekali dapet mixing bener di katoda+elektrolit sisanya tinggal quality control, kagak butuh itu kaizen2an.
Padahal ya batere itu pemainnya aslinya Nippon, Tesla pake Panasonic, CATL itu aslinya teknologi TDK. Naah kayaknya di MITI geng Toyota kuat banget, jadi kagak ada dorongan buat develop batere buat EV, Nippon masih kejebak bikin batere buat HP
Kunci no.2 inverter, bukan motor. Kalo motor cuma spuling-an kawat, yg. kritis itu di inverternya, nah ini butuh power chip (yg. terkini chip IGBT buat handle volt > 400V), pemain gedenya masih di Jerman-Jepang-US,
https://www.alliedmarketresearch.com/di ... ket-A09766. Nomer satunya Infineon, abis gitu pabrikan2 Nippon kayak Hitachi. Ini yg RRC belun bisa pegang, jd. semua EV China power chipnya kalo ndak Jerman ya Jepang kecuali BYD yg. sebagian bikin ndiri :
https://www.power-and-beyond.com/chinas ... 9d3213fbb/. Tapi kalo geng Toyota masih kuat di MITI, tetep kagak kepake keahlian bikin chip IGBT
Biar tetep di topik, si Jerman kuat disini, udah gitu niat ke EV jg. gede. Buat drivetrain dah jago, ada Infineon ada Siemens, yg. bikin mereka puyeng itu batere-nya, Mercedes mbledug di Kroya kemaren itu kan pake batere Farasis :
https://www.google.com/amp/s/amp.scmp.c ... er-ev-fire, udah gitu yg. digadang2 jd. pabrikan lokal bubar :
https://kr-asia.com/northvolts-fall-how ... -ambitions