Ripiu donk mbl yg pernah ente kendarai / tumpangi

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Ripiu donk mbl yg pernah ente kendarai / tumpangi

Post by anrico17 »

Singkat aja deh....
Dodge avenger 2011 2.4 auto (lupa trim)
Sayang sekarang discontinue

Pro:
- suspension agak lembut, tp enak
- power nya lumayan kerasa, tapi agak ketahan ama transmisi (170hp) ktnya mesinnya juga dipake dan dibikin sma Hyundai dan mitsu
- transmison 6 speed auto yang mulus, tapi kurang ngegigit
- dalemnya luas, legroom belakang guede banget, headroom biasa aja
- sound insulation bagus
- safety standar amrik (yng lbh bagus dri indo)

Cons:
- stereo nya kurang, bassnya kurang nendang, midnya biasa, treble nya mending, head unit hampir mirip ertiga bentuk layarnya, not bad
- kursinya kurang suportif trus rada keras
- dashboard too plain... Soo grey
- stir lifeless

Kebanyakan disetirin sih, gw Make cuma 30 menit...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
spartacus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Wed Jan 13, 2016 3:26

Re: Ripiu donk mbl yg pernah ente kendarai / tumpangi

Post by spartacus »

Toyota Wish 2011 1.8 AT

Pro:
- Untuk ukuran 1800cc, gak boros. Sebulan paling habis 500-600rb (premium). Sehari2 rute 24-25 km
- Posisi duduk nyaman, kursi dan steering wheel bisa diatur
- Legroom lega buat barisan kedua.
- Kalau eco mode dimatikan, powernya lebih berasa, cukup responsif
- CVTnya halus


Con:
- Kurang kedap
- Waktu pake eco mode, tarikan jadi kurang. Agak menyebalkan buat stop n go
- Bodinya panjang, ga recommend kalau tinggal di wilayah yang lebar jalannya pas2an, muternya ribet.
- Kalau nikung, body rollnya lumayan juga (tapi gak parah)
- Mobil ini ada mode manual juga (sequential shiftmatic), tapi rasio pindah gigi dari 2 ke 3 itu jauh (2500 rpm), jadi pas mau pindah ke gigi 3 agak meraung gitu. Pas lagi macet agak nyebelin juga ini.

Sisanya Kijang, sama Panther tahun 97. Paling suka sama Panther karena entah kenapa settingan koplingnya pas. Jadi mau tanjakan kaya apa juga tenang, ga pernah sampe ilang tenaga dan ngegelosor ke belakang. Mitsubishi Kuda juga sama pasnya. Sesuatu yang susah didapat dari transmisi manual mobil lain yang pernah saya pakai...ato sayanya aja yang payah :big_dunno:
frlbond
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sun Nov 29, 2015 12:45

Re: Ripiu donk mbl yg pernah ente kendarai / tumpangi

Post by frlbond »

salken om ane mau berbagi pengalaman nyupir dan disupiri :mky_03:
langsung aja deh

Avanza E '05 punya temen (nyupir & disupiri di row-2)
+enak buat sradak sruduk, ga sayang maksudnya :mky_01:
+u turn lumayan gampang, patah nikungnya
-tarikan boyo (jarang dirawat kayanya)
-row ke-2 sangat amat menyiksa, pernah libur natal tahun kemarin ke bandung dari depok berangkat jam setengah 5 subuh sampe buah batu jam 3 sore. turun dari mobil serasa jadi zombie padahal isi mobil cuma bertiga
-rattling dan gludak gluduk di bagian belakang
-sering kehilangan tenaga cipularang terutama di jalanan lurus dan agak nanjak, jadi harus rajin2 turunin gigi

Agya G A/T '13 punya temen, masih orang yang sama (disupri di row2)
+legroom luaaas ga nyangka mobil sekecil ini punya legroom yang lumayan
+ada headrest dibelakang ga pegel2 amatlah leher
-dashboard ketinggian menurut saya, jadi berasa sesek
-jok tipis banget

Yaris E '12 M/T masih punya temen yang sama dan disupiri di row-2 :big_grin:
+tarikan enak
+body roll menurut saya ga begitu terasa padahal temen bawanya seruntulan, ga sampe bikin mabok
-sempit bok! ideal cuma untuk 4 orang, 5 orang udah ga nyaman sama sekali, kalah sama adeknya si lcgc

Ertiga GX '13 M/T
+interior warnanya saya suka, dibanding kalo pake warna hitam
+materialnya dashboard lumayan
+fit & finish lumayan rapih
+ga kerasa kaya bawa mpv, feelnya lebih kaya sedan yang tinggi
-unit yang saya coba koplingnya amit2, gantung setengah kopling sebentar dengkul gemeteran, beraaaaat :off_no:

Jazz RS '12 M/T
+bentuknya keren, overall saya suka :big_exellent:
+fun to drive, hingga detik ini hanya mobil ini yang bener-bener enak dipake untuk daily cruising buat saya :big_comfort:
+dalemnya lumayan lega
+mobil anak muda lah :big_smoking:
-brand honda bikin sparepart mahal
-build quality kurang menurut saya kalo dibandingkan honda-honda lawas

Wagon R GL '14 M/T (daily driven)
+bentuknya biasa aja, tapi enak buat dimodif, maksudnya di modif dikit aja udah keren
+uiriiiiit rek, dalkot 1 minggu depok-jkt penumpang 3 orang ac on terus fc sampe 1:15, premium
+sparepart muraah
+bikin u turn sangat2 gampang, radius putarnya kecil
+gampang parkir, ga usah pake parking sensor atau rearcam lah buat mobil ini, buang2 duit :big_peace:
+kalo ganti gigi hampir pasti selalu nyenggol dengkul penumpang depan, enak buat pacaran :big_comfort:
-bodyroll parah banget
-bannya 145/880 r13 champiro eco ga enak diliat, berisik di jalan beton
-mesin ndut2an di kecepatan rendah terutama kalo lagi merayap dan ac on
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1645
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Ripiu donk mbl yg pernah ente kendarai / tumpangi

Post by pengendiesel »

Ijinkan newbie sharing mobil2 yg pernah newbie coba :big_childish:

Katana 1000cc '91
+ jarang rewel
+ masih bisa dpt 120km/h (asal slipstream sama kendaraan di depan)
- suspensi super keras
- boros utk ukuran mesinnya, 1:8 dalkot...mungkin mesin sdh gak sehat

Honda estillo M/T (thn lupa)
+ model super keren.....sapa seh generasi 90s yang gak pengen mobil ini :big_exellent:
+ handling ok
+ akselerasi lumayan
- speedo spanyol (separuh nyolong), speedo 40km/h...realnya paling cuma 20km/h, mungkin gara2 sdh modifan
- top speed agak susah naiknya, dpt 180 on speedo lamaaaaa

Panther 2300cc '95
+ irit
+ bandel, gak pernah servis
+ ac dingin
+ kabin lapang
- suara mesin ngalah2in konser metal
- tarikan super lemot, top speed cuma 135km/h

Panther turbo 2500cc MT '07
+ torsi gede dan nonjok
+ top speed 155km/h...dan gampang dapetnya
+ irit
+ bandel
+ kabin lapang
- fitur hampir nihil

Innova 2500cc M/T '10
+ kabin senyap
+ mesin lebih halus dprd panther
+ bandel
+ build quality
- torsi tidak senonjok panther turbo
- top speed 140km/h....entah kenapa gak bisa naik lg

Altis 1800cc M/T '02
+ tarikan enak dan sudah ngisi sejak rpm rendah (+/- 1500 rpm)
+ kabin lapang
+ fitur banyak
+ empuk...tapi melayang
+ top speed mestinya ok, tp karena keterbatasan jalan baru dpt 170km/h....baru ngoper dari 4 ke 5
+ BBM hemattttt.....lukot 1:20 normal mode
- nggak ada, paling cuma melayang kalo >120km/h

Grand livina 1500cc A/T '11
+ bodi kecil tp muat banyak, ketambahan lantai rata row 2 dan 3
+ 4A/Tnya cukup pintar membaca maksud pengemudi
+ irit, dalkot 1:12, lukot 1:18. normal mode....matic ya ini
+ SUSPENSInya AGAK SUSAH DIJELASKAN :big_childish: empuk tapi stabil :big_okay: ngelibas poldur nyaman, buat ngebut aman, buat nikung hi speed tajam, pokoknya confident banget bawanya
+ top speed mantap. pernah coba sampe 180km/h, baru pindah ke gigi 4 (matic), napas masih panjang. perkiraan mentok di 200-210km/h
- mesin gampang nglitik
- kalo nggak ngerti cara bawanya, pasti bilang mesin livina boyo

Tokisul 1800cc EFI SSX M/T (lupa taonnya)
+ mesin gesit dan bertenaga
+ tanjakan curam cukup gigi 2, gak perlu turun ke 1....BENSIN lho ini, bukan diesel
+ top speed 160km/h, isi 8-9 orang
- boros, 1:7 dalkot

Innova 2000cc G A/T '09
+ mobil lima ratus ribu umat (masih kalah sama avanza yg sejuta umat)
- tarikan boyo
- bensin boros. 1:6-7 dalkot, 1:9 lukot
- transmisi maticnya bodohhhhhh nggak ketolongan :big_slap: :big_cry: di posisi D, kalo mau kickdown harus pedal mentok ke lantai dulu baru mau turun gigi. kalo cuma setengah2 kickdownnya, gak bakal turun tuh giginya. akibatnya, setelah gigi turun, mesin jadi meraung2 tapi kecepatan lama naiknya. jadi mending mainkan tuas ke D3 baru diurut pelan2, drpd kickdown

Mazda Cronos 2500cc M/T '96
+ model keren (subyektif)
+ tenaga luar biasa......menjurus ke brutal. info browsing2, spek standar 200hp
+ 0-100 in 8 sec
+ top speed baru dpt 160km/h, masih sisa banyakkkkk sekaleeeeeee. Entah kenapa, newbie merasa mobil kencang lebih susah utk explore top speednya....bukan karena gak bisa naek. Tp dgn jarak kosong yang sama, mobil kencang cepet banget ngabisin jarak tsb dan sudah harus rem
- spare part mahal...itupun kalo ada barangnya :big_slap:
- boros, dalkot 1:6. Tp ini sangat sesuai dengan tenaganya

C200 W202 M/T '97
+ nyaman
+ suspensi luar biasa. empuk saat pelan dan stabil saat ngebut
+ bawaan mantap khas eropa
- spare part mahal untuk ukuran newbie
- sensor sudah cukup banyak dan rentan rusak (air mass sensor di kisaran 4jt dan rusak secara berkala :big_cry: )

Avanza 1300cc M/T '10
+ tarikan enteng
- napas pendek, 100km/h gigi 5 [email protected] utk bikin tarikan enteng, maka mesin kasih overstroke + gear ratio rapat. maklum, 1300cc harus kuat diisi 7 orang
- build quality
- mesin nyendal2 di rpm bawah

GNKI 2400cc G M/T '15
+ torsi
+ torsi
+ torsi....enak banget torsinya!! Nyalip 2-3 kendaraan sekaligus ttp PD tanpa perlu downshift
- suspensi ngayun kyk kapal
- warna interior :big_dunno:
- tampang exterior belakang gak perlu dijelaskan lg kan? :big_weee:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4903
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Ripiu donk mbl yg pernah ente kendarai / tumpangi

Post by Pboyz97 »

Nubie ngikut nimbrung ya soal mobil2 yang udah pernah nubie coba
Avanza 1.3 G M/T 2012 Non-airbag
+ Desain exterior
+ irit bbm
+ durability & ass terbaik di kelasnya
+ rasio gear pendek
+ cukup enak disetir
+ desain interior cukup baik
- minim fitur
- gejala limbung masih terasa di kecepatan tinggi
- mesin & transmisi ga berubah sama sekali dari gen1
- Plat bodi tipis kek kaleng kepupuk

Avanza Veloz 1.5 AT 2013 (airbag)
+ desain exterior & interior
+ Durability & ASS yang terbaik di kelasnya
+ baris ke2 & 3 cukup lega
+ Improve di sisi fitur
+ Bagasi cukup luas
+ cukup practical
- transmisi otomatisnya agak underpower
- overprice
- masih terasa limbung di kecepatan tinggi
- kunci belum immobilizer

Innova 2.0 G A/T 2011 (pra GNKI)
+ Desain exeterior
+ baris ke 2 & 3 paling lega di kelasnya
+ bagasi cukup luas
+ cukup practical
+ cukup durable (bisa diandalkan untuk melewati jalan rusak & bergelombang)
- Boyoo
- Boros BBM
- Minim fitur
- RV cukup hancur jika dibandingkan dengan versi dieselnya

All new Mazda 2 GT A/T 2014
+ Desain exterior
+ Fitur paling lengkap di kelasnya
+ Irit BBM
+ Fun to drive
+ Peforma terbaik di kelasnya
+ Value for money
+ BQ terbaik di kelasnya
- Baris ke2 sangat sempit
- Ruang penyimpanan kurang
- Bagasi ga seluas kompetitornya
- ASS Mazda yang belom sebaik T&H

Honda Jazz GK5 RS CVT 2014
+Desain exterior & Interior
+ Kabin paling lega dikelasnya
+ bagasi terluas dikelasnya
+ Posisi mengemudi terbaik di kelasnya
+ Fitur cukup lengkap
+ Lebih irit BBM daripada yang lama (GE8)
- Overprice
- Kualitas material yang ga jauh beda sama brio & mobilio
- Attention to detail yang buruk untuk mobil seharga 250jt (engine bay ga dicat sama sekali & pengerjaannya asal2an)
- Sunatannya keterlaluan untuk versi Indonya (Mesin lama , AC kenop kompor, rem tromol )

Ford Ecosport Titanium A/T 2015
+ Desain paling keren dikelasnya
+ Fitur paling lengkap dikelasnya
+ Peforma terbaik di kelasnya
+ BQ Terbaik di kelasnya
+ Cukup value for money
- ATPMnya udah minggat
- Baris ke2 ga lega2 amat
- Bagasi ga seluas Rushter (CMIW)

Sekian kalo menurut nubie, sorry kalo kepanjangan
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
keukeuh
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Nov 19, 2016 0:56

Re: Ripiu donk mbl yg pernah ente kendarai / tumpangi

Post by keukeuh »

Nubie ijin sharing

Toyota Kijang Rover 1990
+ Mesin sangat bandel
+ Perawatan murah, mudah
- Tanpa PS, setir beerat saat parkir
- Tenaga mesin boyo
- Interior ala kadarnya
- Bantingan Keras

Suzuki Aerio Manual 2003
+ Mesin bandel
+ Cukup stabil di kecepatan tinggi
+ Suspensi nyaman
- Kaki2 agak lemah
- Gc kelihatan tinggi tp ternyata rendah sering gesrot poldur

Daihatsu Terios R A/T 2015
+ GC tinggi
+ Bantingan cukup nyaman ternyata
- Tenaga mesin boyo, kepayahan waktu nanjak di Ketep pass (posisi L, full penumpang)
- Transmisi maticnya kayaknya disetel irit ya? Ga nyampe rpm 3000 berasa udah ganti gigi, jadi tenaga agak ngeden
-




Sent from my Lenovo P1ma40 using Seraya Motor mobile app