Livina at first drive + BBM rata2/ltr
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Thu Apr 26, 2007 1:28
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Soal mesin LIvina MR15DE (1.5L) bolot seblum 3000rpm, dari milist tetangga sudah ada yg nanya sama bung Ron-Ron CS NMI dan katanya akan disampaikan ke pihak terkait yg kompeten untuk menjawab, tp sudah seminggu blm ada jawabannya tuh!!
Ada apa yah???
Beneran gw masih penasaran smp skrg, krn di majalah mobilmotor test GL 1.5XV M/T bilang 0-100kph cuma 9.67 detik!!! yg jelas2 lebih cepat dari 1.8L yg katanya hasil test 0-100kph 10.2 detik (ato 10.4 gw lupa!)
Ini hasil test beneran ato ada ape neh?... ato sudah diapain tuh GL 1.5XV M/T jadi bisa kuenceng gitu???
Juga ditulis pd saat test GL 1.5XV M/T respon mesin galak mulai 3000rpm (alias boyo untuk 3000rpm kebawah)
Bro, yg udah terima unit GL 1.5L, coba test and share apa sama kondisinya spt itu?
Ada apa yah???
Beneran gw masih penasaran smp skrg, krn di majalah mobilmotor test GL 1.5XV M/T bilang 0-100kph cuma 9.67 detik!!! yg jelas2 lebih cepat dari 1.8L yg katanya hasil test 0-100kph 10.2 detik (ato 10.4 gw lupa!)
Ini hasil test beneran ato ada ape neh?... ato sudah diapain tuh GL 1.5XV M/T jadi bisa kuenceng gitu???
Juga ditulis pd saat test GL 1.5XV M/T respon mesin galak mulai 3000rpm (alias boyo untuk 3000rpm kebawah)
Bro, yg udah terima unit GL 1.5L, coba test and share apa sama kondisinya spt itu?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Beneran Bro, kalo kekurangan GL 1.5L cuma 0-3000rpm lemot krn diset spt itu untuk efisiensi BB, tp beneran bisa jauh lebih irit dan lebih kenceng dari yg GL 1.8XV M/T, gw mo ganti indent-nya ke GL 1.5XV M/T.
Gw jadi bimbang neh sama indent GL 1.8 M/T gara2 hasil test majalah mobil motor yg bilang GL 1.5L M/T 0-100 cuma 9.67 detik!!!
Pls input Bro...
Gw jadi bimbang neh sama indent GL 1.8 M/T gara2 hasil test majalah mobil motor yg bilang GL 1.5L M/T 0-100 cuma 9.67 detik!!!
Pls input Bro...
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 188
- Joined: Tue Apr 10, 2007 6:59
Bung Maxx, bukannya saya antipati sama media tertentumaxx wrote:Beneran Bro, kalo kekurangan GL 1.5L cuma 0-3000rpm lemot krn diset spt itu untuk efisiensi BB, tp beneran bisa jauh lebih irit dan lebih kenceng dari yg GL 1.8XV M/T, gw mo ganti indent-nya ke GL 1.5XV M/T.
Gw jadi bimbang neh sama indent GL 1.8 M/T gara2 hasil test majalah mobil motor yg bilang GL 1.5L M/T 0-100 cuma 9.67 detik!!!
Pls input Bro...
Tapi kalau dilihat dari kualitas analisanya Autobild mungkin bisa jadi acuan
Jangan pakai mobilmotor sebagai acuan
Saya rasa kalau komparasi produk hanya Autobild yang menurut saya OK
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Mon Mar 12, 2007 6:14
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
aku dapet 3.5 juta tapi gak mau karena masih kemahalan.
sempet ditawarin asuransii sama salesperson juga aku tolak karena diskonnya dikit.
mo tau cara pasangnya? yang pasang juga sama saja kok dengan toko diluaran.
sempet ditawarin asuransii sama salesperson juga aku tolak karena diskonnya dikit.
mo tau cara pasangnya? yang pasang juga sama saja kok dengan toko diluaran.
love-hina wrote:v kool 3.8jt, paint protection diamond glaze 1.2jt (kalau yang warna mobilnya bukan hitam cuma 800k), rust protection 1.85jt, karpet dasar 400k.
@maxx: thanks atas tipsnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 112
- Joined: Sun May 06, 2007 9:00
kalo aku se tetep milih yang 1.8, karena berdasarkan ulasan Auto Bild klo mesin 1.8 tenaga uda berasa di rpm bwh,jadi bawa di dalem kota tinggal gas sdikt dah ok tenaganya. Soalnya kalo di dalem kota gini klo rpm bawahnya ga ada tenaganya, bawa mobilnya bisa bikin gregetan, mesti digenjot smpe rpm tinggi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 393
- Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31
oke deh. selamat menempuh hidup baru.he3x
3xuo wrote:kalo aku se tetep milih yang 1.8, karena berdasarkan ulasan Auto Bild klo mesin 1.8 tenaga uda berasa di rpm bwh,jadi bawa di dalem kota tinggal gas sdikt dah ok tenaganya. Soalnya kalo di dalem kota gini klo rpm bawahnya ga ada tenaganya, bawa mobilnya bisa bikin gregetan, mesti digenjot smpe rpm tinggi
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
bung wardana, saya tunggu long-term report untuk konsumsi bbm livina 1.8-nya ya... apakah benar bisa lebih irit ketimbang Jazz?
wah, jazz di garasi bakal dijual nih kalo beneran GL bisa lebih irit, soalnya jazz kurang nyaman sih...
btw: bung wardana ambil 1.8 M/T atau A/T?
wah, jazz di garasi bakal dijual nih kalo beneran GL bisa lebih irit, soalnya jazz kurang nyaman sih...
btw: bung wardana ambil 1.8 M/T atau A/T?
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Waduhhh... gw tambah pusing nehh!!
Batalin indent 1.8XV M/T trus indent 1.5XV M/T ??? ato tetap dg 1.8XV M/T ???
Awal gw pilih indent 1.8XV M/T gara2 merasakan tarikan dibawah 3000rpm lemot dan ada ngempos, Lah.. sekarang di Majalah hasil uji cobanya berbicara berbeda, 1.5XV M/T lebih cepat dan lebih irit dari 1.8XV M/T??!!! Sehebat itukan mesin MR15DE (1.5L) !!!
Hasil uji AutoBild dan MobilMotor yg bilang 1.5XV M/T untuk 0-100kph lebih cepat dari pada 1.8XV M/T bisa dijadikan patokan ga sih? .. alias bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan ga hasil uji cobanya itu?? ato ada permainan KOTOR neh!!!?? untuk nutupin borok mesin 1.5L yg lemot di <3000rpm???!!!
PLSS HELLP!!! NEED YOUR INPUT BRO!!! Mumpung masih keburu nih untuk ganti unit indent-nya.
Batalin indent 1.8XV M/T trus indent 1.5XV M/T ??? ato tetap dg 1.8XV M/T ???
Awal gw pilih indent 1.8XV M/T gara2 merasakan tarikan dibawah 3000rpm lemot dan ada ngempos, Lah.. sekarang di Majalah hasil uji cobanya berbicara berbeda, 1.5XV M/T lebih cepat dan lebih irit dari 1.8XV M/T??!!! Sehebat itukan mesin MR15DE (1.5L) !!!
Hasil uji AutoBild dan MobilMotor yg bilang 1.5XV M/T untuk 0-100kph lebih cepat dari pada 1.8XV M/T bisa dijadikan patokan ga sih? .. alias bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan ga hasil uji cobanya itu?? ato ada permainan KOTOR neh!!!?? untuk nutupin borok mesin 1.5L yg lemot di <3000rpm???!!!
PLSS HELLP!!! NEED YOUR INPUT BRO!!! Mumpung masih keburu nih untuk ganti unit indent-nya.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Saya blm pernah coba yg 1.8, (jadi ini asumsi saya aja.)maxx wrote: ............
Gw jadi bimbang neh sama indent GL 1.8 M/T gara2 hasil test majalah mobil motor yg bilang GL 1.5L M/T 0-100 cuma 9.67 detik!!!
Pls input Bro...
Kalo dikira2, kecepatan 100 km/h akan diraih pada 2nd gear dgn RPM red-line (around 6000-6500),
diliat perbandingan transmisi, 2nd gear versi 1.5 lebih kecil, so dgn RPM yg sama, yg versi 1.5 sudah meraih speed yg lebih tinggi.
Memang tenaga yg 1.8 lebih besar, tapi kalo harus oper ke 3rd gear khan tetap ada waktu yg terbuang.
So mungkin ini yg membuat akselerasi versi 1.5 lebih baik. CMIIW
M/T....................5-speed M/T...........6-speed M/T
Gear Ratios 1st.......3.727....................3.727
Gear Ratios 2nd......2.048....................2.105
Gear Ratios 3rd......1.393.....................1.452
Gear Ratios 4th......1.029.....................1.171
Gear Ratios 5th......0.821.....................0.971
Gear Ratios 6th...................................0.811

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
mobil2 yg dijual di eropa dan Jepang uda pasang nih VS+GW dari standarnya, pasar Asia Tenggara n India yg gak ada VS+GW, padahal biayanya gak lebih dari 1 juta aja.NissanLovers wrote:semua pabrikan menerapkan pengiritan boss. kalau dipasangin dari pabriknya.sdm mesti disiapkan berapa banyak lagi?. biaya produksi akann meningkat.belum masalah logistik.masalah R&D.dkk.banyak deh alias ribet.
lagian bagi-bagi rejeki sama aftermarket
yg di atas itu VTEC ato i-DSI? anggep aja VTEC ya...maxx wrote:Guys.. ini hasil test komparasi Terios, Jazz , Grand Livina, SX4, New Vios & Innova versi otomotif-online.com
Lengkapnya di http://www.otomotif-online.com/art_ceta ... artid=7696
Gw sebagai pemakai Jazz VTEC tau dengan jelas seberapa cepat mobil gw sendiri... Jazz yg A/T aja bisa 9,6 detik. sejak kapan manual lebih lambat sampai 4 detik dari versi A/T nya? referensi gw adalah "0-100kph Jazz VTEC A/T" di halaman Daftar Harga Mobil Baru Autobild.
Ada seorang jurnalis Malaysia yg TD Jazz VTEC A/T bisa dapet 0-60mph dalam waktu kurang sedikit dari 9 detik! patut diakui kondisi jalan dan kualitas BBM memang berbeda, namun jelas, selisih 4 detik adalah suatu kesalahan pengukuran. Sitenya dia:
http://asia.vtec.net/Reviews/JazzVtec/index.html
satu lagi yg bisa jadi acuan, VIOS bisa 10detik, Jazz yg notabene memiliki power dan berat yg seimbang tidak mungkin bisa kalah dari VIOS sebegitu jauhnya.
Salah satu faktor yg dibilang Mike tentang transmisi 6speed bisa jadi acuan. tapi menurut gw, mereka adalah driver biasa, bukan pembalap, sehingga tes yg mereka lakukan sebaiknya tidak dijadikan acuan dasar apabila menyangkut hal2 teknis seperti ini.maxx wrote:guys.. ada yg baca autobild edisi 105?
Ada review test drive khusus untuk 1.8XV MT dan 1.5XV
Untuk 1.8L 0-100 kph = 10.4 detik
Yg bikin bingung 1.5L 0-100 kph = 9.67 detik, alias lebih cepat dari pada yg 1.8L, ape bener neh?? . . kalo bener isi bensinya apa tuh? dan pasti mampus2an deh ngebejek nya ,.. kecian ngejerit2 deh
Tapi jangan salah.. pada review 1.5L ditulis dengan jelas.. respon mesin baru terasa di 3000rpm keatas, so TD experience gw ga salah tuh!!
Bisa jadi memang untuk HR15DE (1.5L) 0-3000rpm untuk efsiensi pemakaian bahan bakar.
bro maxx, anjuran gw pribadi adalah livina 1.8, di atas kertas mobil itu bisa lebih cepat daripada versi 1.5nya. sekian
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Setuju bro Mike, memang kalo gigi lebih kecil speed lebih tinggi pada rpm yg sama. gigi makin kecil maka pencapaian top speed makin tinggi.
Tp bukankah kalo gigi lebih besar akselerasi lebih cepat? dg kata lain dg gigi yg lebih besar pada rpm yg sama akselerasi lebih cepat???
Trus untuk 0-100kph perlu akselerasi ato top speed? . .setau saya akselerasi menentukan yg berapa lama tercapainya 100kph, sedangkan gigi kecil menentukan berapa tinggi Top speed dapat dicapai.
Setau saya akselerasi dan top speed dua hal yg berbeda loh! .. saya jadi makin bingung neh sama penjelasan bro Mike.
Tp bukankah kalo gigi lebih besar akselerasi lebih cepat? dg kata lain dg gigi yg lebih besar pada rpm yg sama akselerasi lebih cepat???
Trus untuk 0-100kph perlu akselerasi ato top speed? . .setau saya akselerasi menentukan yg berapa lama tercapainya 100kph, sedangkan gigi kecil menentukan berapa tinggi Top speed dapat dicapai.
Setau saya akselerasi dan top speed dua hal yg berbeda loh! .. saya jadi makin bingung neh sama penjelasan bro Mike.
Mike wrote:
diliat perbandingan transmisi, 2nd gear versi 1.5 lebih kecil, so dgn RPM yg sama, yg versi 1.5 sudah meraih speed yg lebih tinggi.
Memang tenaga yg 1.8 lebih besar, tapi kalo harus oper ke 3rd gear khan tetap ada waktu yg terbuang.
So mungkin ini yg membuat akselerasi versi 1.5 lebih baik. CMIIW
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Jadi menurut Bro Strade_Jazz penguji coba GL dari majalah bukan orang yg kompeten untuk dijadikan acuan hasil test drive-nya gitu?
Bl mereka driver biasa.. seharusnya untuk 0-100kph dg GL 1.5L gw juga bisa dapat hasil 9.67 detik juga dong, kalo yg uji coba pembalap mungkin gw ga bisa dapat hasil yg sama krn pembalap punya teknik yg beda dengan driver biasa spt gw.
Majalah berani tulis 9.67 detik berarti ada buktinya yg bisa mereka pertanggung jawabkan, bukan cuma isapan jempol dan asal tulis doang kan? Apakah mereka berani terima ini itu jadi asal tulis? Pastinya meski ada "imbalan" tetap hasil test real positif yg dipercantik oleh mereka dan hasil negatif diperhalus kata2nya. Masa sih majalah berani merekayasa hasil test untuk publik?
Jujur gw masih binun...
Bl mereka driver biasa.. seharusnya untuk 0-100kph dg GL 1.5L gw juga bisa dapat hasil 9.67 detik juga dong, kalo yg uji coba pembalap mungkin gw ga bisa dapat hasil yg sama krn pembalap punya teknik yg beda dengan driver biasa spt gw.
Majalah berani tulis 9.67 detik berarti ada buktinya yg bisa mereka pertanggung jawabkan, bukan cuma isapan jempol dan asal tulis doang kan? Apakah mereka berani terima ini itu jadi asal tulis? Pastinya meski ada "imbalan" tetap hasil test real positif yg dipercantik oleh mereka dan hasil negatif diperhalus kata2nya. Masa sih majalah berani merekayasa hasil test untuk publik?
Jujur gw masih binun...
StRaDe_Jazz wrote: Salah satu faktor yg dibilang Mike tentang transmisi 6speed bisa jadi acuan. tapi menurut gw, mereka adalah driver biasa, bukan pembalap, sehingga tes yg mereka lakukan sebaiknya tidak dijadikan acuan dasar apabila menyangkut hal2 teknis seperti ini.
bro maxx, anjuran gw pribadi adalah livina 1.8, di atas kertas mobil itu bisa lebih cepat daripada versi 1.5nya. sekian
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
ada beberapa faktor yg menentukan hasil pengukuran kecepatan mobil manual, yg utama ada pada driver. berbeda dengan mobil matic yg akselerasi nya relatif konstan, karena pada rpm tertentu ECU secara otomatis akan mengganti gigi. sehingga yg berpengaruh paling besar pada matic adalah dash awal.
sedangkan pada mobil manual, driver memegang penuh kendali mobil... antara lain, bagaimana kita menginjak pedal gas, seberapa tepat kita memperoleh posisi RPM yg optimal, seberapa cepat kita menginjak, mengganti gigi, kemudian melepas kopling, dan kemudian bagaimana kita kembali menginjak gas. pada link yg gw kasih di atas, berhubung jurnalis itu mengganti gigi menggunakan CVT pada Jazz dapat kita andaikan bahwa dia memakai mobil manual, maka hasil yg diperoleh pun jadi bervariasi. percaya tidak percaya, hasil test drive dia hampir menyamai Civic 1700cc dengan selisih sepersekian detik. kalo di drag, paling gede mungkin selisih 2 badan mobil.
bro sendiri mungkin bisa melebihi angka 9.67 detik itu. bahkan mungkin bisa dapet jauh lebih lambat lagi, kalo nginjeknya ogah2an, huehehehe. lagi-lagi dalam pengetesan mobil manual, driver sangat berpengaruh.
dan selama data test mereka gak jelas, apakah cuma 1run aja, ato ada 10run, sehingga nilai yg diperoleh merupakan rata-rata nya, kemudian bagaimana kondisi pengetesannya, dsb, bagi gw referensi nya jadi gak valid. apakah diberi tahu dimana pengetesannya? kondisi jalanan apakah rata, ato menurun ato agak menanjak?
lagipula fungsinya sebagai referensi saja, sehingga seperti gw bilang, jangan terlalu percaya sebelum dibuktikan sendiri.
sebab gw menyanggah data adalah komparasi Jazz, Livina, dan Vios... itu yg paling lucu n penyebab utama ketidak percayaan gw. sekaligus juga menjadi alasan utama, bagaimana kondisi berbeda memungkinkan hasil yg berbeda.
maaf kalo perkataan gw ada yg agak membingungkan, karena mata gw uda 5W, hehehe
btw link yg bro kasih gak bisa dibuka kenapa ya? problem loading page katanya?
sedangkan pada mobil manual, driver memegang penuh kendali mobil... antara lain, bagaimana kita menginjak pedal gas, seberapa tepat kita memperoleh posisi RPM yg optimal, seberapa cepat kita menginjak, mengganti gigi, kemudian melepas kopling, dan kemudian bagaimana kita kembali menginjak gas. pada link yg gw kasih di atas, berhubung jurnalis itu mengganti gigi menggunakan CVT pada Jazz dapat kita andaikan bahwa dia memakai mobil manual, maka hasil yg diperoleh pun jadi bervariasi. percaya tidak percaya, hasil test drive dia hampir menyamai Civic 1700cc dengan selisih sepersekian detik. kalo di drag, paling gede mungkin selisih 2 badan mobil.
bro sendiri mungkin bisa melebihi angka 9.67 detik itu. bahkan mungkin bisa dapet jauh lebih lambat lagi, kalo nginjeknya ogah2an, huehehehe. lagi-lagi dalam pengetesan mobil manual, driver sangat berpengaruh.
dan selama data test mereka gak jelas, apakah cuma 1run aja, ato ada 10run, sehingga nilai yg diperoleh merupakan rata-rata nya, kemudian bagaimana kondisi pengetesannya, dsb, bagi gw referensi nya jadi gak valid. apakah diberi tahu dimana pengetesannya? kondisi jalanan apakah rata, ato menurun ato agak menanjak?
lagipula fungsinya sebagai referensi saja, sehingga seperti gw bilang, jangan terlalu percaya sebelum dibuktikan sendiri.
sebab gw menyanggah data adalah komparasi Jazz, Livina, dan Vios... itu yg paling lucu n penyebab utama ketidak percayaan gw. sekaligus juga menjadi alasan utama, bagaimana kondisi berbeda memungkinkan hasil yg berbeda.
maaf kalo perkataan gw ada yg agak membingungkan, karena mata gw uda 5W, hehehe
btw link yg bro kasih gak bisa dibuka kenapa ya? problem loading page katanya?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 67
- Joined: Fri Apr 27, 2007 7:36
- Location: Yogyakarta
Satu faktor lagi yang harus dilihat adalah berat, saya aku ubek2 situs di nissan gak ada data tentang berat kendaraan. Apalagi pada test tersebut gak ada data jumlah penumpangnnya. Untuk beban yang kecil, power gedhe dan gear ratio gedhe gak menguntungkan, mending pakai gear ratio kecil dengan power secukupnya.
maxx wrote:Setuju bro Mike, memang kalo gigi lebih kecil speed lebih tinggi pada rpm yg sama. gigi makin kecil maka pencapaian top speed makin tinggi.
Tp bukankah kalo gigi lebih besar akselerasi lebih cepat? dg kata lain dg gigi yg lebih besar pada rpm yg sama akselerasi lebih cepat???
Trus untuk 0-100kph perlu akselerasi ato top speed? . .setau saya akselerasi menentukan yg berapa lama tercapainya 100kph, sedangkan gigi kecil menentukan berapa tinggi Top speed dapat dicapai.
Setau saya akselerasi dan top speed dua hal yg berbeda loh! .. saya jadi makin bingung neh sama penjelasan bro Mike.
Mike wrote:
diliat perbandingan transmisi, 2nd gear versi 1.5 lebih kecil, so dgn RPM yg sama, yg versi 1.5 sudah meraih speed yg lebih tinggi.
Memang tenaga yg 1.8 lebih besar, tapi kalo harus oper ke 3rd gear khan tetap ada waktu yg terbuang.
So mungkin ini yg membuat akselerasi versi 1.5 lebih baik. CMIIW
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Bro Strade_Jazz,
Good explanation... masuk diakal.
Jadi dari penjelasan itu 1.5L belum tentu lebih cepat dari 1.8L, begitu pula sebaliknya.. krn tergantung driver, betul begitukan?
Bagian yg bikin gw jadi yakin 0-100kph 1.5L M/T lebih cepat dibanding 1.8L karena bukan cuma 1 majalah yg bilang, driver dari majalah itu orangnya kan ga sama, tapi memberikan hasil yg sama dimana 0-100kph 1.5L M/T lebih cepet!
Ga mungkin kan kalo majalah udah kong kali kong (buat kesepakatan) untuk maparin hasil test.
Nah-kan puyeng gw jadinya!!??
Laaahh??! Kalo sampe harus gw buktiin sendiri alias boil sdh smp garasi, udah telat dong bro! ga bisa tuker indent lagi.
Data komparasi diatas didapat dari http://www.otomotif-online.com , gw buka kemarin juga ga bisa.. mungkin lagi diupdate dg isi tabloit yg baru, bro tau sendiri otomotif tabloid 2 mingguan.
Well.. gw masih bimbang neh
yg 1.5L ato tetap yg 1.8L yah..?????????? I need good inspiring thought for decision, plsssss
(
Good explanation... masuk diakal.
Jadi dari penjelasan itu 1.5L belum tentu lebih cepat dari 1.8L, begitu pula sebaliknya.. krn tergantung driver, betul begitukan?
Bagian yg bikin gw jadi yakin 0-100kph 1.5L M/T lebih cepat dibanding 1.8L karena bukan cuma 1 majalah yg bilang, driver dari majalah itu orangnya kan ga sama, tapi memberikan hasil yg sama dimana 0-100kph 1.5L M/T lebih cepet!
Ga mungkin kan kalo majalah udah kong kali kong (buat kesepakatan) untuk maparin hasil test.
Nah-kan puyeng gw jadinya!!??
Laaahh??! Kalo sampe harus gw buktiin sendiri alias boil sdh smp garasi, udah telat dong bro! ga bisa tuker indent lagi.
Data komparasi diatas didapat dari http://www.otomotif-online.com , gw buka kemarin juga ga bisa.. mungkin lagi diupdate dg isi tabloit yg baru, bro tau sendiri otomotif tabloid 2 mingguan.
Well.. gw masih bimbang neh


StRaDe_Jazz wrote:ada beberapa faktor yg menentukan hasil pengukuran kecepatan mobil manual, yg utama ada pada driver. berbeda dengan mobil matic yg akselerasi nya relatif konstan, karena pada rpm tertentu ECU secara otomatis akan mengganti gigi. sehingga yg berpengaruh paling besar pada matic adalah dash awal.
sedangkan pada mobil manual, driver memegang penuh kendali mobil... antara lain, bagaimana kita menginjak pedal gas, seberapa tepat kita memperoleh posisi RPM yg optimal, seberapa cepat kita menginjak, mengganti gigi, kemudian melepas kopling, dan kemudian bagaimana kita kembali menginjak gas. pada link yg gw kasih di atas, berhubung jurnalis itu mengganti gigi menggunakan CVT pada Jazz dapat kita andaikan bahwa dia memakai mobil manual, maka hasil yg diperoleh pun jadi bervariasi. percaya tidak percaya, hasil test drive dia hampir menyamai Civic 1700cc dengan selisih sepersekian detik. kalo di drag, paling gede mungkin selisih 2 badan mobil.
bro sendiri mungkin bisa melebihi angka 9.67 detik itu. bahkan mungkin bisa dapet jauh lebih lambat lagi, kalo nginjeknya ogah2an, huehehehe. lagi-lagi dalam pengetesan mobil manual, driver sangat berpengaruh.
dan selama data test mereka gak jelas, apakah cuma 1run aja, ato ada 10run, sehingga nilai yg diperoleh merupakan rata-rata nya, kemudian bagaimana kondisi pengetesannya, dsb, bagi gw referensi nya jadi gak valid. apakah diberi tahu dimana pengetesannya? kondisi jalanan apakah rata, ato menurun ato agak menanjak?
lagipula fungsinya sebagai referensi saja, sehingga seperti gw bilang, jangan terlalu percaya sebelum dibuktikan sendiri.
sebab gw menyanggah data adalah komparasi Jazz, Livina, dan Vios... itu yg paling lucu n penyebab utama ketidak percayaan gw. sekaligus juga menjadi alasan utama, bagaimana kondisi berbeda memungkinkan hasil yg berbeda.
maaf kalo perkataan gw ada yg agak membingungkan, karena mata gw uda 5W, hehehe
btw link yg bro kasih gak bisa dibuka kenapa ya? problem loading page katanya?
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Jadi Menurut lo, mustinya yg lebh kenceng 1.8L M/T ato 1.5L M/T??
Trus yg dibanyak majalah hasil test 1.5L M/T 0-100kph lebih cepat dari 1.8L M/T itu gimana?
Trus yg dibanyak majalah hasil test 1.5L M/T 0-100kph lebih cepat dari 1.8L M/T itu gimana?
yol127 wrote:Satu faktor lagi yang harus dilihat adalah berat, saya aku ubek2 situs di nissan gak ada data tentang berat kendaraan. Apalagi pada test tersebut gak ada data jumlah penumpangnnya. Untuk beban yang kecil, power gedhe dan gear ratio gedhe gak menguntungkan, mending pakai gear ratio kecil dengan power secukupnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 889
- Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
- Location: Jakarta