Gak cuma MMI yg strategy marketingnya error, Mazda Motor pusat jg error.. Di jepang target 12000 per tahun, kenyataannya tercapai dlm 45 hari, buset, empot2an tuh bagian produksinya.. Prediksinya 50:50 diesel sama bensin, kenyataannya 80% diesel...pixy wrote:mmi suffers akibat kesalahan marketing strategy, berikut ini kronologi-nya - dapet info dari salesperson juga seeh:lee_iw wrote:iyes,, gitu katanya,, karna katanya.. ini katanya lg loh.. banyak yg mau ambil touring tp velg tuker k 17ak4ng wrote:yg touring jadi ada yg 19'' and 17'' gitu bukan??? waduh... ga laku emg ampe bikin varian baru??
- awal mula price setting adalah touring 385jt dan sport 345jt karena memang maunya head-to-head dengan crv, dan acuannya adalah harga cx 7 yang antar type-nya dibedakan 60jt maka untuk cx 5 perbedaannya menjadi lebih kecil yaitu 40jt
- ternyata pajak cbu japan tidak sama besarannya dengan ckd thailand - so price setting berubah menjadi touring 410jt dan sport 375jt, perbedaan harga antar tipe menjadi hanya 35jt
- tidak dinyana - ternyata setelah launching fakta-nya adalah 85% indent type touring sedangkan prediksi marketing mmi adalah 50:50 untuk touring:sport, ini imbas dari perbedaan harga yang tidak terlalu lebar
- alhasil - isu dihembuskan bahwa velg ring 19" di type touring berdampak pada suspensi menjadi kurang lembut dan less smooth handling, front sales staffs di-encouraged untuk menjual tipe sport dengan velg ring 17" yang promosinya adalah suspensi lembut dan smooth handling (tapi tidak didukung dengan unit uji coba dari masing-masing tipe lho)
- konsumen menjadi bias dan secara logika masuk akal juga - lumayan banyak yang tetap indent type touring tapi down-grade ke velg ring 17" deh
entah apa lagi selanjutnya blunder marketing strategy yang akan ditempuh mmi
Di malaysia baru launching jg tuh, mereka cuma dapet 1 type trim spec, tp bisa pilih antara fwd ato awd.. Aneh..
Kalo soal ban, saya dah baca review2 article di luar dan review2 forum pengguna cx5, mereka semua bilang gak jauh beda.. Sedikit sekali perbedaannya.. Suspensi kurang lembut emang designnya begitu, supaya handlingnya mantap.. Bisa dibikin suspensinya lembut, yah tapi handlingnya jd gak mantap.. Pilih2 salah satu deh..
Yg paling penting soal ban sih tekanan bannya.. Di forum luar jg sudah di wanti2, hrs check pas terima mobilnya. Soalnya di set tinggi sekali tire pressure nya waktu baru dr factory.. Saya jg dah bilang sama salesnya kmrn, tolong tire pressurenya di check.. Alhasil, begitu terima mobil, saya check sendiri, 45 psi utk semua ban!! Tinggi sekali..
Di manual disebut: 36 psi utk semua ban klo penumbang sekitar 3 org.
38 psi depan dan 42 psi belakang klo full penumpang dan bagasi.
Yah saya kempesin sendiri deh.. Sampe 36 psi..
Hasilnya beda lah.. Ban kenceng sama ban pas pressurenya..
Yg ambil cx5, inget2 tuh check tire pressurenya waktu ambil..
