Serba Serbi Ban Part 3
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5952
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kalau BS sih gila awetnya, apa mungkin karena komponnya keras jadi awet tapi emang naikannya kayak batu.
Liat2 di pej2 beklakang ada ane share foto Turanja ER33 sudah 5,5 tahun jalan 65rb masih jauh dari TWI.
Liat2 di pej2 beklakang ada ane share foto Turanja ER33 sudah 5,5 tahun jalan 65rb masih jauh dari TWI.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Sodara saya ada crv RE pake bs dueler 470 aja jalan 90an rb km br ganti, itupun depan sebiji om. Yg 687 sy pake ga seawet 470 tp lbh nyaman dan wear outnya wajar (41rb km), masih hajar smg-surabaya pp th lalu. Ganti januari th ini depan sepasangsintoni wrote: Mon Oct 19, 2020 6:23 Kalau BS sih gila awetnya, apa mungkin karena komponnya keras jadi awet tapi emang naikannya kayak batu.
Liat2 di pej2 beklakang ada ane share foto Turanja ER33 sudah 5,5 tahun jalan 65rb masih jauh dari TWI.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Serba Serbi Ban Part 3
om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.erwinign wrote: Sun Oct 18, 2020 2:28
Harus balancing = kalibrasi titik pusat roda lagi biar ngga dengung pas jalan sama stir enggak geter.
Harus spooring (ban depan) = Krn tebel tapak ban lama sama baru beda, jadi kecenderungannya stir bakal miring kanan/kiri
Yg diganti depan doang ya om?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Serba Serbi Ban Part 3
BS mah selaen seri ekopeyang, pasti awet om.. dl aj jaman ipah dikasi b390 aj, tembus 80 rebu enteng itu.. bahkan embrio ekopeyang, si b250 aj lmayan loh.. d apanja enteng tembus 70an rebusintoni wrote: Mon Oct 19, 2020 6:23 Kalau BS sih gila awetnya, apa mungkin karena komponnya keras jadi awet tapi emang naikannya kayak batu.
Liat2 di pej2 beklakang ada ane share foto Turanja ER33 sudah 5,5 tahun jalan 65rb masih jauh dari TWI.
Btw, kl d luarnegeri, malah beberapa ban malah brani kasi guarantee loh up to certain milleage.. bahkan gt radial aj di mamarika aj brani ngasi garansi 60 rebu miles loh ( itu kira2 tembus 100 rebu km) berarti mustinya, kl cuman 50 rebu baru geli2 doank kl
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwkdoko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 6:42om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.erwinign wrote: Sun Oct 18, 2020 2:28
Harus balancing = kalibrasi titik pusat roda lagi biar ngga dengung pas jalan sama stir enggak geter.
Harus spooring (ban depan) = Krn tebel tapak ban lama sama baru beda, jadi kecenderungannya stir bakal miring kanan/kiri
Yg diganti depan doang ya om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Serba Serbi Ban Part 3
hahahaha..... Bener juga y om..... Biar 1 bahasa y om, stir lurus = jalan y harus lurus.erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 6:47Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwkdoko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 6:42om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.erwinign wrote: Sun Oct 18, 2020 2:28
Harus balancing = kalibrasi titik pusat roda lagi biar ngga dengung pas jalan sama stir enggak geter.
Harus spooring (ban depan) = Krn tebel tapak ban lama sama baru beda, jadi kecenderungannya stir bakal miring kanan/kiri
Yg diganti depan doang ya om?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Hahahaha, mestinya ada garansi om dr toko ban cb aja diadjust lg spooringnyadoko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 7:07hahahaha..... Bener juga y om..... Biar 1 bahasa y om, stir lurus = jalan y harus lurus.erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 6:47Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwkdoko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 6:42
om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 410
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Serba Serbi Ban Part 3
siap om, dan makasih y om buat masukannya.erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 7:27Hahahaha, mestinya ada garansi om dr toko ban cb aja diadjust lg spooringnyadoko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 7:07hahahaha..... Bener juga y om..... Biar 1 bahasa y om, stir lurus = jalan y harus lurus.erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 6:47
Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwk

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1107
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Om udah beli? kalo belum, angkut T005A aja. Ane user di SX4 lama dgn rute 70% jalan mulus, sisanya gelombang, paving blok ompong, atau aspal ancur sekalipun. Pake 2 taun masih gak beda rasanya ama baru.yhabibie wrote: Fri Oct 16, 2020 16:45
Ok sekarang pilihan udah mengerucut jadi 2 nih untk innova reborn velg 7.5 R17. Kalau untuk touring kalimantan lebih prefer BS T005a atau Conti MC6 ya? Soalnya rentang harga untuk ukuran 225/55R17 mirip. Jadi bingung milihnya. Please comment nya
Kalo mich ane gak tau. review2nya sih pada bilang empuk & silent tapi katanya yg kayak gitu gampang bocel2 juga, so I stick to the Stone
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Oct 21, 2020 17:02
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Jazz
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Selamat dini hari. Mobil saya Honda City 2015, hendak mengganti ban. Ban standar sulit untuk dicari (turanza e370). Ukuran 185/55r16, ban yang mudah ditemukan adalah turanza t005a atau hankook prime 3 k125.
Ban apakah yang anda sarankan untuk Honda City? Apakah ada pilihan selain yang saya telah sebutkan?
Terima kasih
Ban apakah yang anda sarankan untuk Honda City? Apakah ada pilihan selain yang saya telah sebutkan?
Terima kasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Nah ini dia ketemu topiknya.Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23kaga dapet spooring gratisan?DOHC wrote: Fri Sep 25, 2020 10:07 pantesan ini ngawur bener ban saya
ternyata ad beberapa hal yg saya miss
- proses bedding in 300km pertama yg ga bener, blom di burn out, atau di amplas
- abis ganti ban kaga di spooring
- angin masi rata 35
dah lama ga consult ke buku principia le mechanica van asemreges..
skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya?

nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 41
- Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Rekomen falken ziex ze914. Harga dibawah BS spek di atas. Soalnya lihat er370 indexnya 83H. Ziex dah 83V mestinya lebih bagus toh [emoji16]. Saya pakai di jazz
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 972
- Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
- Location: Sub
- Daily Vehicle: Sepeda Ontel
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Kalau spooring saya agak fanatic tempat2 tertentu, krn menurut sy beda tangan dan pengalaman bs beda hasilnya meskipun mesinnya sama..blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01Nah ini dia ketemu topiknya.Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23kaga dapet spooring gratisan?DOHC wrote: Fri Sep 25, 2020 10:07 pantesan ini ngawur bener ban saya
ternyata ad beberapa hal yg saya miss
- proses bedding in 300km pertama yg ga bener, blom di burn out, atau di amplas
- abis ganti ban kaga di spooring
- angin masi rata 35
dah lama ga consult ke buku principia le mechanica van asemreges..
skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya?![]()
Mesin jg berpengaruh sih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01Nah ini dia ketemu topiknya.Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23kaga dapet spooring gratisan?DOHC wrote: Fri Sep 25, 2020 10:07 pantesan ini ngawur bener ban saya
ternyata ad beberapa hal yg saya miss
- proses bedding in 300km pertama yg ga bener, blom di burn out, atau di amplas
- abis ganti ban kaga di spooring
- angin masi rata 35
dah lama ga consult ke buku principia le mechanica van asemreges..
skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya?![]()
Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Shifu Josomba juga pake LM705?josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 3:23Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01Nah ini dia ketemu topiknya.Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23
kaga dapet spooring gratisan?
skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya?![]()
Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Serba Serbi Ban Part 3
iya 2 doang tapinya....blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 3:28Shifu Josomba juga pake LM705?josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 3:23Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01
Nah ini dia ketemu topiknya.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya?![]()
Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"
Awal mulanya 2 depan doang yg diganti ... setir miring kiri (mobil lari ke kanan) abis spooring ... tuker kiri kanan masih miring kiri ...
Kedua lm705 ini pindah belakang, miring kanan malahan... tuker kiri kanan masih juga miring kanan ntuh setir (mobil lari ke kiri)...
ampun deh, baru pertama lagi kek gini setelah dulu pernah ngalamin hal yg sama juga pake achilles platinum ... taun2 berapa ntuh, 2010 keknya ...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1930
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007
Re: Serba Serbi Ban Part 3
lah ngga dibilang pas balik lagi?josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 4:14iya 2 doang tapinya....blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 3:28Shifu Josomba juga pake LM705?josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 3:23
Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705
Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"
Awal mulanya 2 depan doang yg diganti ... setir miring kiri (mobil lari ke kanan) abis spooring ... tuker kiri kanan masih miring kiri ...
Kedua lm705 ini pindah belakang, miring kanan malahan... tuker kiri kanan masih juga miring kanan ntuh setir (mobil lari ke kiri)...
ampun deh, baru pertama lagi kek gini setelah dulu pernah ngalamin hal yg sama juga pake achilles platinum ... taun2 berapa ntuh, 2010 keknya ...
Pak ini mobilnya bermasalah kaki2nya perlu operhaul ganti kaki2 atau sekalian ganti merk mobil

nubie in all things - still need to learn
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Jan 20, 2020 4:14
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Permisi suhu,
Nubie mau minta masukan untuk ganti ban. Boil nubie fortuner tahun 2010/2011.
lagi nyari ban ukuran 265/65 R17.
Untuk budget under 2rb aja suhu.
Habis kemaren browsing, ane nemu beberapa merek, yaitu:
GT Radial Savero SUV
Accelera Iota st68
Goodyear Efficientgrip suv
Goodyear Wrangler triplemax
Conti CCLX2
Suhu ada yang pernah pakai ban2 di atas kah? bagaimana penilaiannya suhu?
apakah accelera dan gt radial yg harganya 1,1-1,2 kasih performa yg lebih dari harganya?
Atau justru yg lainnya harganya lebih mahal tapi tidak worth?
Atau ada masukan merek lain kah?
thanks suhu
Nubie mau minta masukan untuk ganti ban. Boil nubie fortuner tahun 2010/2011.
lagi nyari ban ukuran 265/65 R17.
Untuk budget under 2rb aja suhu.
Habis kemaren browsing, ane nemu beberapa merek, yaitu:
GT Radial Savero SUV
Accelera Iota st68
Goodyear Efficientgrip suv
Goodyear Wrangler triplemax
Conti CCLX2
Suhu ada yang pernah pakai ban2 di atas kah? bagaimana penilaiannya suhu?
apakah accelera dan gt radial yg harganya 1,1-1,2 kasih performa yg lebih dari harganya?
Atau justru yg lainnya harganya lebih mahal tapi tidak worth?
Atau ada masukan merek lain kah?
thanks suhu
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Thu Aug 15, 2019 13:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Honda Mobilio
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Permisi agan...
Izin bantuan untuk memantapkan pilihan ban untuk mobil perang ane.
Mobil Honda Mobilio
Velg pakai OEM Jazz ring 16
Selama ini pakai Hankook ventus prime 3 uk. 195/55/16 utk depan
Dan BS Ecopia 205/55/16 utk Belakang
Ceritanya karena profile nya ketinggian ane mau turun size depan 195/50/16 belakang 205/50/16
Nah utk depan ane ada pilihan di :
Continental UC6 195/50/16
Toyo DRB 195/50/16
Kalau belakang sepertinya saya sudah fix dk Hankook Ventus prime 3 205/50/16 (karena sudah nyaman pakai ini)
Jadi utk pilihan ban depan sebaiknya pakai apa yak om?
Yg ane cari sik silent, grip, dan badaknya (opsional sih) karena tau sendiri Mobilio bisingnya kayak apa tau kalau jalan
Sekian dulu gan, terimakasih utk bantu kegalauan ane.
Izin bantuan untuk memantapkan pilihan ban untuk mobil perang ane.
Mobil Honda Mobilio
Velg pakai OEM Jazz ring 16
Selama ini pakai Hankook ventus prime 3 uk. 195/55/16 utk depan
Dan BS Ecopia 205/55/16 utk Belakang
Ceritanya karena profile nya ketinggian ane mau turun size depan 195/50/16 belakang 205/50/16
Nah utk depan ane ada pilihan di :
Continental UC6 195/50/16
Toyo DRB 195/50/16
Kalau belakang sepertinya saya sudah fix dk Hankook Ventus prime 3 205/50/16 (karena sudah nyaman pakai ini)
Jadi utk pilihan ban depan sebaiknya pakai apa yak om?
Yg ane cari sik silent, grip, dan badaknya (opsional sih) karena tau sendiri Mobilio bisingnya kayak apa tau kalau jalan

Sekian dulu gan, terimakasih utk bantu kegalauan ane.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Honda Jazz GE8
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Permisi, numpang konsul tentang ban. Adakah yang pernah pakai Yokohama Advan Fleva? Impresinya gimana ya? Dibandingkan dengan michellin PS4, untuk jalan basah lebih ngegrip mana?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm
Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Serba Serbi Ban Part 3
saran nubie om,erwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm
Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
ukur dulu dr bibir velg yg tempat bead ban nempel (bukan dr sidewall ban) sampai ujung fender brp jaraknya.
nanti om gambar aja tampak depannya di kertas. dgn menghitung penambahan selisih lebar velg yg baru dibagi 2 (luar dalam thd center line) dlm inch jgn lupa ubah ke mm spy gampang (1 inch = 25.4 mm). selanjutnya offset nya kan beda 13 mm ke arah dalam (lebih +ve artinya makin masuk). nanti ketauan itu jatuhnya di sebelah mana fender. fender depan belakang juga beda, hrs diukur.
nah kl urusan belok mentok ngga, agak kira2 itu mah. tp kl bagian dalam keadaan roda lurus apakah mentok shock atau daleman rumah roda lainnya bisa ketauan, sama kaya ngukur yg tadi fender cuma ke arah dalam.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: Serba Serbi Ban Part 3
sharing saja ini om, di Allnew ertelu ganti velg abal" R17 lebar 7.5 rata, offset sama dg oem 45, dipasang, yg belakang perlu spacer krn bibir velg gesrot arm belakang utk depan aman...soal gesrot spakbor jg aman dg ban toyo drb rata mengkotak dg velg 215/45, mungkin krn total diameter beda tipis dg ban oem yg R15, bacaan odo jg speedo jd engga bgt nyimpang jauh. Pernah fitting pakai lm705 profil 215/50 ban ngedonat, shg belakang aga nongol keluar jg sisi dalam ban nya gesrot arm belakang walau ada spacer 5mm....demikian omerwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm
Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
Untuk ertelu gen awal krg th jg, khususnya space soal arm belakang nya, kalau ternyata sama dg ANE, bkn perlu spacer lg kayanya, tapi adaptor om...imho
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Serba Serbi Ban Part 3
ET OEM bukannya 40 ya om kl saya liat di web?outlaw wrote: Mon Oct 26, 2020 23:34sharing saja ini om, di Allnew ertelu ganti velg abal" R17 lebar 7.5 rata, offset sama dg oem 45, dipasang, yg belakang perlu spacer krn bibir velg gesrot arm belakang utk depan aman...soal gesrot spakbor jg aman dg ban toyo drb rata mengkotak dg velg 215/45, mungkin krn total diameter beda tipis dg ban oem yg R15, bacaan odo jg speedo jd engga bgt nyimpang jauh. Pernah fitting pakai lm705 profil 215/50 ban ngedonat, shg belakang aga nongol keluar jg sisi dalam ban nya gesrot arm belakang walau ada spacer 5mm....demikian omerwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm
Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
Untuk ertelu gen awal krg th jg, khususnya space soal arm belakang nya, kalau ternyata sama dg ANE, bkn perlu spacer lg kayanya, tapi adaptor om...imho
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46
Re: Serba Serbi Ban Part 3
OEM ET 45 om, mungkin idealnya velg semakin lebar ini ET semakin kecil jd kemungkinan gesrot sisi dalam semakin kecil shg tidak perlu spacer dan semacamnya. Pernah jg fitting velg r17 dg ET 40 dan ban LM705 215/50, sisi dlm belakang aman dg spacer 5mm, hanya sisi luar agak nongol krn ban ngedonat tadi, kelihatan krg elegan, tapi mmg banyakan/rata" yg R17 pake ban 205/50 sih, masih nyaman katanya...imhoerwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 23:52ET OEM bukannya 40 ya om kl saya liat di web?outlaw wrote: Mon Oct 26, 2020 23:34sharing saja ini om, di Allnew ertelu ganti velg abal" R17 lebar 7.5 rata, offset sama dg oem 45, dipasang, yg belakang perlu spacer krn bibir velg gesrot arm belakang utk depan aman...soal gesrot spakbor jg aman dg ban toyo drb rata mengkotak dg velg 215/45, mungkin krn total diameter beda tipis dg ban oem yg R15, bacaan odo jg speedo jd engga bgt nyimpang jauh. Pernah fitting pakai lm705 profil 215/50 ban ngedonat, shg belakang aga nongol keluar jg sisi dalam ban nya gesrot arm belakang walau ada spacer 5mm....demikian omerwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm
Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
Untuk ertelu gen awal krg th jg, khususnya space soal arm belakang nya, kalau ternyata sama dg ANE, bkn perlu spacer lg kayanya, tapi adaptor om...imho