Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

Kalau BS sih gila awetnya, apa mungkin karena komponnya keras jadi awet tapi emang naikannya kayak batu.

Liat2 di pej2 beklakang ada ane share foto Turanja ER33 sudah 5,5 tahun jalan 65rb masih jauh dari TWI.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

sintoni wrote: Mon Oct 19, 2020 6:23 Kalau BS sih gila awetnya, apa mungkin karena komponnya keras jadi awet tapi emang naikannya kayak batu.

Liat2 di pej2 beklakang ada ane share foto Turanja ER33 sudah 5,5 tahun jalan 65rb masih jauh dari TWI.
Sodara saya ada crv RE pake bs dueler 470 aja jalan 90an rb km br ganti, itupun depan sebiji om. Yg 687 sy pake ga seawet 470 tp lbh nyaman dan wear outnya wajar (41rb km), masih hajar smg-surabaya pp th lalu. Ganti januari th ini depan sepasang
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by doko86 »

erwinign wrote: Sun Oct 18, 2020 2:28
Harus balancing = kalibrasi titik pusat roda lagi biar ngga dengung pas jalan sama stir enggak geter.
Harus spooring (ban depan) = Krn tebel tapak ban lama sama baru beda, jadi kecenderungannya stir bakal miring kanan/kiri

Yg diganti depan doang ya om?
om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

sintoni wrote: Mon Oct 19, 2020 6:23 Kalau BS sih gila awetnya, apa mungkin karena komponnya keras jadi awet tapi emang naikannya kayak batu.

Liat2 di pej2 beklakang ada ane share foto Turanja ER33 sudah 5,5 tahun jalan 65rb masih jauh dari TWI.
BS mah selaen seri ekopeyang, pasti awet om.. dl aj jaman ipah dikasi b390 aj, tembus 80 rebu enteng itu.. bahkan embrio ekopeyang, si b250 aj lmayan loh.. d apanja enteng tembus 70an rebu

Btw, kl d luarnegeri, malah beberapa ban malah brani kasi guarantee loh up to certain milleage.. bahkan gt radial aj di mamarika aj brani ngasi garansi 60 rebu miles loh ( itu kira2 tembus 100 rebu km) berarti mustinya, kl cuman 50 rebu baru geli2 doank kl
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

doko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 6:42
erwinign wrote: Sun Oct 18, 2020 2:28
Harus balancing = kalibrasi titik pusat roda lagi biar ngga dengung pas jalan sama stir enggak geter.
Harus spooring (ban depan) = Krn tebel tapak ban lama sama baru beda, jadi kecenderungannya stir bakal miring kanan/kiri

Yg diganti depan doang ya om?
om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.
Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwk
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by doko86 »

erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 6:47
doko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 6:42
erwinign wrote: Sun Oct 18, 2020 2:28
Harus balancing = kalibrasi titik pusat roda lagi biar ngga dengung pas jalan sama stir enggak geter.
Harus spooring (ban depan) = Krn tebel tapak ban lama sama baru beda, jadi kecenderungannya stir bakal miring kanan/kiri

Yg diganti depan doang ya om?
om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.
Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwk
hahahaha..... Bener juga y om..... Biar 1 bahasa y om, stir lurus = jalan y harus lurus.
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

doko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 7:07
erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 6:47
doko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 6:42

om erwinign mau tanya, mobil ane habis d rotasi stir jadi miring kekanan, tp klu buat jalan 120 km/h masih stabil.... Apakah masih tetap harus d spooring om.
Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwk
hahahaha..... Bener juga y om..... Biar 1 bahasa y om, stir lurus = jalan y harus lurus.
Hahahaha, mestinya ada garansi om dr toko ban cb aja diadjust lg spooringnya
User avatar
doko86
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 410
Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
Location: Tajurhalang - Bogor
Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by doko86 »

erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 7:27
doko86 wrote: Mon Oct 19, 2020 7:07
erwinign wrote: Mon Oct 19, 2020 6:47

Kalo saya yang penting itu mobil jalan lurus = stir juga harus lurus om walaupun ttp stabil ya kl kenceng. Kalo mobil jalan lurus = stir miring ke kanan ato kiri ya auto spooring saya, krn saya sensitip buat hal beginian. Aneh gitu rasanya om, masa kaya nyetir carry lama yg stirnya speleng wkwkwkwk
hahahaha..... Bener juga y om..... Biar 1 bahasa y om, stir lurus = jalan y harus lurus.
Hahahaha, mestinya ada garansi om dr toko ban cb aja diadjust lg spooringnya
siap om, dan makasih y om buat masukannya. :big_exellent:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1107
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by qushay20019 »

yhabibie wrote: Fri Oct 16, 2020 16:45
Ok sekarang pilihan udah mengerucut jadi 2 nih untk innova reborn velg 7.5 R17. Kalau untuk touring kalimantan lebih prefer BS T005a atau Conti MC6 ya? Soalnya rentang harga untuk ukuran 225/55R17 mirip. Jadi bingung milihnya. Please comment nya
Om udah beli? kalo belum, angkut T005A aja. Ane user di SX4 lama dgn rute 70% jalan mulus, sisanya gelombang, paving blok ompong, atau aspal ancur sekalipun. Pake 2 taun masih gak beda rasanya ama baru.
Kalo mich ane gak tau. review2nya sih pada bilang empuk & silent tapi katanya yg kayak gitu gampang bocel2 juga, so I stick to the Stone
wakdoyok
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Wed Oct 21, 2020 17:02
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda Jazz

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by wakdoyok »

Selamat dini hari. Mobil saya Honda City 2015, hendak mengganti ban. Ban standar sulit untuk dicari (turanza e370). Ukuran 185/55r16, ban yang mudah ditemukan adalah turanza t005a atau hankook prime 3 k125.

Ban apakah yang anda sarankan untuk Honda City? Apakah ada pilihan selain yang saya telah sebutkan?

Terima kasih
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23
DOHC wrote: Fri Sep 25, 2020 10:07 pantesan ini ngawur bener ban saya

ternyata ad beberapa hal yg saya miss
- proses bedding in 300km pertama yg ga bener, blom di burn out, atau di amplas
- abis ganti ban kaga di spooring
- angin masi rata 35

dah lama ga consult ke buku principia le mechanica van asemreges..
kaga dapet spooring gratisan?

skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Nah ini dia ketemu topiknya.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya? :big_childish:
nubie in all things - still need to learn
afihashfi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Tue Oct 06, 2020 10:44

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by afihashfi »

Rekomen falken ziex ze914. Harga dibawah BS spek di atas. Soalnya lihat er370 indexnya 83H. Ziex dah 83V mestinya lebih bagus toh [emoji16]. Saya pakai di jazz
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by well »

blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01
Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23
DOHC wrote: Fri Sep 25, 2020 10:07 pantesan ini ngawur bener ban saya

ternyata ad beberapa hal yg saya miss
- proses bedding in 300km pertama yg ga bener, blom di burn out, atau di amplas
- abis ganti ban kaga di spooring
- angin masi rata 35

dah lama ga consult ke buku principia le mechanica van asemreges..
kaga dapet spooring gratisan?

skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Nah ini dia ketemu topiknya.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya? :big_childish:
Kalau spooring saya agak fanatic tempat2 tertentu, krn menurut sy beda tangan dan pengalaman bs beda hasilnya meskipun mesinnya sama..
Mesin jg berpengaruh sih
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01
Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23
DOHC wrote: Fri Sep 25, 2020 10:07 pantesan ini ngawur bener ban saya

ternyata ad beberapa hal yg saya miss
- proses bedding in 300km pertama yg ga bener, blom di burn out, atau di amplas
- abis ganti ban kaga di spooring
- angin masi rata 35

dah lama ga consult ke buku principia le mechanica van asemreges..
kaga dapet spooring gratisan?

skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Nah ini dia ketemu topiknya.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya? :big_childish:
Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705

Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by blloewy »

josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 3:23
blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01
Omnibus wrote: Fri Sep 25, 2020 10:23

kaga dapet spooring gratisan?

skrg paling bener spooringnya om. jangan pas baru dipasang belum juga jalan udah di spooring. jamin ngawur dah pas ban nantinya sdh seated.
Nah ini dia ketemu topiknya.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya? :big_childish:
Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705

Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"
Shifu Josomba juga pake LM705?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 3:28
josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 3:23
blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 0:01
Nah ini dia ketemu topiknya.
Hbs ganti 4 ban ke LM705.
So far sich enak2 aja krn sebelumnya pake SP300.
Cm di tol pas jalan 120 kpj kaya sedikit narik ke kanan atau kiri gt kl setir dilepas sebentar..
Apakah itu wajib spooring?
Selama ini sich spooring di Beres pake apa itu type 1 kl ngga salah...
Emang spooring ada brp macem ya? :big_childish:
Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705

Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"
Shifu Josomba juga pake LM705?
iya 2 doang tapinya....

Awal mulanya 2 depan doang yg diganti ... setir miring kiri (mobil lari ke kanan) abis spooring ... tuker kiri kanan masih miring kiri ...

Kedua lm705 ini pindah belakang, miring kanan malahan... tuker kiri kanan masih juga miring kanan ntuh setir (mobil lari ke kiri)...

ampun deh, baru pertama lagi kek gini setelah dulu pernah ngalamin hal yg sama juga pake achilles platinum ... taun2 berapa ntuh, 2010 keknya ...
Image
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by blloewy »

josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 4:14
blloewy wrote: Thu Oct 22, 2020 3:28
josomba wrote: Thu Oct 22, 2020 3:23

Another user with wheel alignment issue ... Khususnya setelah ganti lm705

Saya juga bingung nih, kudu spooring 3x (yg terakhir akhirnya manual aja tweak-n-drive, udah ga ngikutin sudut2 komputer) supaya setir "dead-center"
Shifu Josomba juga pake LM705?
iya 2 doang tapinya....

Awal mulanya 2 depan doang yg diganti ... setir miring kiri (mobil lari ke kanan) abis spooring ... tuker kiri kanan masih miring kiri ...

Kedua lm705 ini pindah belakang, miring kanan malahan... tuker kiri kanan masih juga miring kanan ntuh setir (mobil lari ke kiri)...

ampun deh, baru pertama lagi kek gini setelah dulu pernah ngalamin hal yg sama juga pake achilles platinum ... taun2 berapa ntuh, 2010 keknya ...
lah ngga dibilang pas balik lagi?
Pak ini mobilnya bermasalah kaki2nya perlu operhaul ganti kaki2 atau sekalian ganti merk mobil :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn
kentangmcd
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Jan 20, 2020 4:14

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by kentangmcd »

Permisi suhu,
Nubie mau minta masukan untuk ganti ban. Boil nubie fortuner tahun 2010/2011.
lagi nyari ban ukuran 265/65 R17.
Untuk budget under 2rb aja suhu.
Habis kemaren browsing, ane nemu beberapa merek, yaitu:
GT Radial Savero SUV
Accelera Iota st68
Goodyear Efficientgrip suv
Goodyear Wrangler triplemax
Conti CCLX2

Suhu ada yang pernah pakai ban2 di atas kah? bagaimana penilaiannya suhu?
apakah accelera dan gt radial yg harganya 1,1-1,2 kasih performa yg lebih dari harganya?
Atau justru yg lainnya harganya lebih mahal tapi tidak worth?
Atau ada masukan merek lain kah?

thanks suhu
Ryzendria
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Thu Aug 15, 2019 13:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Mobilio

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Ryzendria »

Permisi agan...

Izin bantuan untuk memantapkan pilihan ban untuk mobil perang ane.

Mobil Honda Mobilio
Velg pakai OEM Jazz ring 16
Selama ini pakai Hankook ventus prime 3 uk. 195/55/16 utk depan
Dan BS Ecopia 205/55/16 utk Belakang

Ceritanya karena profile nya ketinggian ane mau turun size depan 195/50/16 belakang 205/50/16

Nah utk depan ane ada pilihan di :
Continental UC6 195/50/16
Toyo DRB 195/50/16

Kalau belakang sepertinya saya sudah fix dk Hankook Ventus prime 3 205/50/16 (karena sudah nyaman pakai ini)

Jadi utk pilihan ban depan sebaiknya pakai apa yak om?
Yg ane cari sik silent, grip, dan badaknya (opsional sih) karena tau sendiri Mobilio bisingnya kayak apa tau kalau jalan :big_childish:


Sekian dulu gan, terimakasih utk bantu kegalauan ane.
User avatar
aldittodi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Wed Jun 24, 2020 5:44
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Honda Jazz GE8

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by aldittodi »

Permisi, numpang konsul tentang ban. Adakah yang pernah pakai Yokohama Advan Fleva? Impresinya gimana ya? Dibandingkan dengan michellin PS4, untuk jalan basah lebih ngegrip mana?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm

Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

erwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm

Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
saran nubie om,

ukur dulu dr bibir velg yg tempat bead ban nempel (bukan dr sidewall ban) sampai ujung fender brp jaraknya.

nanti om gambar aja tampak depannya di kertas. dgn menghitung penambahan selisih lebar velg yg baru dibagi 2 (luar dalam thd center line) dlm inch jgn lupa ubah ke mm spy gampang (1 inch = 25.4 mm). selanjutnya offset nya kan beda 13 mm ke arah dalam (lebih +ve artinya makin masuk). nanti ketauan itu jatuhnya di sebelah mana fender. fender depan belakang juga beda, hrs diukur.

nah kl urusan belok mentok ngga, agak kira2 itu mah. tp kl bagian dalam keadaan roda lurus apakah mentok shock atau daleman rumah roda lainnya bisa ketauan, sama kaya ngukur yg tadi fender cuma ke arah dalam.
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by outlaw »

erwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm

Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
sharing saja ini om, di Allnew ertelu ganti velg abal" R17 lebar 7.5 rata, offset sama dg oem 45, dipasang, yg belakang perlu spacer krn bibir velg gesrot arm belakang utk depan aman...soal gesrot spakbor jg aman dg ban toyo drb rata mengkotak dg velg 215/45, mungkin krn total diameter beda tipis dg ban oem yg R15, bacaan odo jg speedo jd engga bgt nyimpang jauh. Pernah fitting pakai lm705 profil 215/50 ban ngedonat, shg belakang aga nongol keluar jg sisi dalam ban nya gesrot arm belakang walau ada spacer 5mm....demikian om

Untuk ertelu gen awal krg th jg, khususnya space soal arm belakang nya, kalau ternyata sama dg ANE, bkn perlu spacer lg kayanya, tapi adaptor om...imho
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by maastricht889 »

outlaw wrote: Mon Oct 26, 2020 23:34
erwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm

Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
sharing saja ini om, di Allnew ertelu ganti velg abal" R17 lebar 7.5 rata, offset sama dg oem 45, dipasang, yg belakang perlu spacer krn bibir velg gesrot arm belakang utk depan aman...soal gesrot spakbor jg aman dg ban toyo drb rata mengkotak dg velg 215/45, mungkin krn total diameter beda tipis dg ban oem yg R15, bacaan odo jg speedo jd engga bgt nyimpang jauh. Pernah fitting pakai lm705 profil 215/50 ban ngedonat, shg belakang aga nongol keluar jg sisi dalam ban nya gesrot arm belakang walau ada spacer 5mm....demikian om

Untuk ertelu gen awal krg th jg, khususnya space soal arm belakang nya, kalau ternyata sama dg ANE, bkn perlu spacer lg kayanya, tapi adaptor om...imho
ET OEM bukannya 40 ya om kl saya liat di web?
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by outlaw »

erwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 23:52
outlaw wrote: Mon Oct 26, 2020 23:34
erwinign wrote: Mon Oct 26, 2020 10:50 Om2 mau nanya, kalo ertiga lama saya velg ori speknya 15 x 5,5; PCD 5 x 114,3; ET 40 saya gantiin ke velg subaru STI spek PCD sama, ET 53, 17 x 8 bisa rata bodi ngga ya? Sama mentok spakbor dalem ngga ya? CB-nya ertiga 60.1mm, STI 56.1mm

Mohon pencerahan dan inspirasinya, udah seneng banget sama model velgnya tp belum kebayang aja fitmentnya gimana
sharing saja ini om, di Allnew ertelu ganti velg abal" R17 lebar 7.5 rata, offset sama dg oem 45, dipasang, yg belakang perlu spacer krn bibir velg gesrot arm belakang utk depan aman...soal gesrot spakbor jg aman dg ban toyo drb rata mengkotak dg velg 215/45, mungkin krn total diameter beda tipis dg ban oem yg R15, bacaan odo jg speedo jd engga bgt nyimpang jauh. Pernah fitting pakai lm705 profil 215/50 ban ngedonat, shg belakang aga nongol keluar jg sisi dalam ban nya gesrot arm belakang walau ada spacer 5mm....demikian om

Untuk ertelu gen awal krg th jg, khususnya space soal arm belakang nya, kalau ternyata sama dg ANE, bkn perlu spacer lg kayanya, tapi adaptor om...imho
ET OEM bukannya 40 ya om kl saya liat di web?
OEM ET 45 om, mungkin idealnya velg semakin lebar ini ET semakin kecil jd kemungkinan gesrot sisi dalam semakin kecil shg tidak perlu spacer dan semacamnya. Pernah jg fitting velg r17 dg ET 40 dan ban LM705 215/50, sisi dlm belakang aman dg spacer 5mm, hanya sisi luar agak nongol krn ban ngedonat tadi, kelihatan krg elegan, tapi mmg banyakan/rata" yg R17 pake ban 205/50 sih, masih nyaman katanya...imho