2012 Honda CR-V - PART 03

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
soraksorai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by soraksorai »

sekedar sharing saja, masih mengenai EPS. :big_peace:
Setelah merasakan EPS CRV Gen4, selama sebulan lebih, mendadak sontak nyetir X-Trail T30 yg masih hidrolik, jadi kerasa berat. Padahal jaman dulu setir X-Trail kerasa ringan banget. Bedanya kalo di T30 di kecepatan tinggi, setirnya tetap enteng, jadi kalo buat ngebut agak kerasa kurang mantep.
Hebatnya lagi pas mau parkir, setir CRV Gen4 malah kerasa lebih enteng ketimbang All New Avanza yg EPS juga. Padahal EPS ANA juga kerasa enteng banget. Gak tahu apakah rekan2 merasakan hal yg sama?
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

Haryanto_S wrote:Menurut saya semua perdebatan diatas itu adalah pendapat pribadi. Sama seperti ada yg suka CRV dan ada yg lebih suka CX-5 ataupun mobil2 lainnya spt x-trail, pajero sport, fortuner, atau outlander. Semua pabrik pembuat mobil sdh tahu kok teknologi apa yang terbaik bagi mobil mrk masing2. Apalagi mobil2 diatas adalah salah satu andalan perusahaan masing2 merk. Jadi semuanya tergantung selera aja. Kalau EPS ya pasti bagus donk untuk CRV. Kalau ada yg merasa kurang suka ya itu kembali masalah selera aja.
Yup,, MAkanya saya udah disclaimer dari kemarin:
AD74YA wrote: Hal kayak gini memang agak susah untuk di diskusikan karena sangat tergantung preferensi mengemudi masing-masing orang.. Makanya satu-satunya tempat saya bisa menuangkan semuanya hanya di review.. Saya ga bisa maksain pengertian hal ini di dalam diskusi..
Hal beginian sangat tergantung pengalaman dan preferensi. Lagipula saya gak bertujuan untuk membandingkan dengan CX5 kok... Ok? :upss:
diveblues wrote:
AD74YA wrote:Cuman sekedar ngingetin, in case nggak ada yang merhatiin, saya dari kemarin cuman bahas mengenai feel steering yang di tawarkan CRV gen 4 dibanding rival nya bagaimana..

Malah melebar ke supercar, terus top speed, sekarang malah bahas EPS vs Hidrolik...

Inget loh.. Semua rival CRV juga menggunakan EPS. Gak ada yang hidrolik..

Ya pokoknya sippppp lahhh... Wkwkwk
subaru xv yg masuk sini masih hidrolik om
Oiya bener juga ya.. Sekelas XV ya.. Kadang suka bingung nempatin XV.. Crossover banget sih.. :thanks:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
toonafish
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed Oct 10, 2012 18:31

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by toonafish »

Kalo masalah setir kerasa pas switch dari crv ke ford escape 2007. Setir ford jadi kerasa berat. Sampe check ban and tanya colleagues yang biasa bawa mobil itu juga, apakah merasa normal? Mereka bilang normal aja.
User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

val wrote: Setuju bro Salimans. Adanya EPS menambah kenyamanan berkendara. Udh 3 bulan pake new CRV, nyaman banget.
Sama bro...saya bukan expert dalam bidang otomotif juga dan tidak hebat dalam hal mengeriview mobil 100jt sampai 1milliar :mky_03:
Saya hanya penguna mobil baru 400juta saja, yang berdasarkan pengunaan 1 bulan trus merasakan EPS ini sebagai hal yang positif yang menambah kenyamanan dalam hal berkendaraan...lebih nyaman pastinya lebih aman berkendaraan :big_peace:
soraksorai wrote:
DOHC wrote:lg bahas EPS Vs hidrolik yahh master2 diatas ?? hidrolik ga melulu berat atau enak lohh... silahkan cobain nyetir panther (dari generasi C223, 4JA1 ampe yg kapsul) sama smua feeling nya.... hidrolik, super enteng, super limbung... :upss: :upss:
EPS pasti lebih unggul lah, mesin tidak terbebani, tangan juga tak terbebani, lagipula EPS-nya CRV Gen4, sudah bagus, ringan saat mau parkir, tapi terasa lebih berat saat kecepatan tinggi. Apa istilahnya ya?

EPS juga cost efektif dan cost efisien dari sisi produsen, so hari gini masih nyari hidrolik? Ane sih buat mobil harian jelas pilih yg EPS lah.
Sebenarnya EPS atau hidrolik atau tidak, dulu saya pakai sedan tanpa hidrolik juga ok ok aja dalam hal berkendaraan...cuman tanpa hidrolik yah tambah berat aja...Nah skr pakai EPS lebih enteng aja hehehe :frm_tumbright:
AD74YA wrote:Cuman sekedar ngingetin, in case nggak ada yang merhatiin, saya dari kemarin cuman bahas mengenai feel steering yang di tawarkan CRV gen 4 dibanding rival nya bagaimana..

Malah melebar ke supercar, terus top speed, sekarang malah bahas EPS vs Hidrolik...

Inget loh.. Semua rival CRV juga menggunakan EPS. Gak ada yang hidrolik..

Ya pokoknya sippppp lahhh... Wkwkwk
Bro AD74YA, sepertinya anda yang memberikan contoh pakai youtube yang membandingkan supercar MP4-12c dengan ferrari :mky_03:

Intinya saya berdasarkan pengalamam bawa mobil EPS selama 1 bulan...dan merasa teknology ini positif banget...tapi anda ngak setuju dan bla bla dengan teori kamu untuk meyakinkan saya EPS ngak bagus :big_slap:
Buktinya saya fun fun aja kok bagi saya :frm_bang_head:
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by M-90 »

Ane juga driver yg biasa2 aja.
Udah memasuki bulan ke 5 pake CRV Gen 4, juga sangat menikmati teknologi EPS.
Lagi pula Honda udah menerapkan teknologo Motion Adaptive EPS pada CRV 4, jadi EPS yg sdh terintegrasi dgn VSA tsb bisa mengoreksi ane sbg driver "biasa" kalo melakukan understeer atau oversteer.

Barangkali teknologi Motion Adaptive EPS tidak cocok utk experienced driver spt Bro AD74YA :big_peace:
Mecloude
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Sat Sep 08, 2012 4:19
Location: Khuntien

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Mecloude »

Pagi2 siapkan roti manis + teh tawar...duduk manis and menyimak aja deh ^_^
val
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Feb 20, 2013 5:20

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by val »

Ia, saya jg pengemudi biasa dan merasa aneh aja ada yang bilang teknology EPS membuat handling 0. :e-doh:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

Salimans wrote: Bro AD74YA, sepertinya anda yang memberikan contoh pakai youtube yang membandingkan supercar MP4-12c dengan ferrari :mky_03:

Intinya saya berdasarkan pengalamam bawa mobil EPS selama 1 bulan...dan merasa teknology ini positif banget...tapi anda ngak setuju dan bla bla dengan teori kamu untuk meyakinkan saya EPS ngak bagus :big_slap:
Buktinya saya fun fun aja kok bagi saya :frm_bang_head:
Wakakakakakakakakakakakakaka...
Habis 99 berapa? Cepek deh.....
:off_bored: :off_bored: :off_bored:

Sesuai yang saya duga.. Saya ngomong kemanaaaaa... Anda ngomong kemana...

Kita recall lagi deh ya:
AD74YA wrote:
Kalau bagi saya yang sering coba-coba mobil, justru EPS nya itu bener2 ngurangin feel berkendara (bukan cuma CRV, Focus yang baru juga in terms of handling kalah dibanding Focus lama, BMW F30 juga dibanding seri 3 sebelumnya - semua ada di review saya).. Kurang dinamis, kurang evoking..Tapi plus nya adalah lebih safety bagi semua orang karena lebih mudah dikendarai.. Jadi wanita juga dengan mudah bisa memakainya.
-> Saya kick-off dengan mulai ngebahas feel dan feedback berkendara.. Saya setuju bahwa untuk wanita bisa lebih mudah karena ringan = comfort and safety
Salimans wrote: Dan kendaraan ini adalah alat buat transportasi saja bukan mobil balap...jadi keamanan dan kenyamanan ada prioritas :big_peace:
-> Jaka sembung naik ojek nomer 1.
AD74YA wrote:Wkwkwk kagak ada hubungannya feedback setir sama mobil balap...

Oh well.. ya gitulah dari saya..
-> saya gak lihat anda punya potensi untuk diajak diskusi open minded, jadi agar tret tetep kondusif, saya awalnya memilih untuk tidak melanjutkan wejangan yang tadinya akan saya berikan.
Salimans wrote: Serius bro mobil balap nga butuh feedback setir dan ban :mky_05:
-> Mild sarcasm saya gak nyampai ke anda.. Sedikit tergelitik, saya terpancing melanjutkan biar gak salah paham.
AD74YA wrote:Ya tapi gak ada hubungannya sama yang kita bahas.. emangnya feedback nggak lazim ada di mobil harian? Wkwkwk..

Then again, semua tergantung preferensi masing2.. dan saya sebagai orang yang sangat senang menyetir dan coba mobil sana sini mulai dari kepala 100 sampai diatas 1M lebih mengapresiasi ciri2 mobil tertentu yang bagi saya enak untuk di setir . Susah bagi saya untuk menyatakan pendapat karena sangat berdasar pengalaman dan feeling..
-> Pertanyaan pertama saya mencoba memancing ke alur mana saya ingin diskusi ini mengarah. Paragraf kedua saya tulis untuk menjadikan indikator bahwa saya open minded untuk diajak diskusi.

AD74YA wrote:Bagi saya settingan setir ringan dan tidak akurat justru pada suatu saat akan berbahaya.. kenapa? Karena driver cenderung terbiasa mendapatkan support dari mobil, semua kesalahan di koreksi mobil terlebih dahulu sebelum sampai ke driver.. sehingga "mematikan" insting driver.. ketika datang saatnya diperlukan reflek tertentu untuk keselamatan, yang terbiasa nyetir tanpa diberikan support akan lebih menguasai medan dibandingkan orang yang terbiasa diberikan support nyetir..

Facts loh.. pengalaman pribadi beberapa kali nyaris hilang nyawa
-> Literally inti dari apa yang mau saya diskusikan saya paparkan di postingan diatas, saya akhiri dengan penekanan bahwa saya pengalaman di safety system error. Mencoba mengarahkan diskusi ke arah general = balik ke fungsi utama feedback steering.
Salimans wrote:Bagi saya selama pakai crv dengan EPS, fun aja saya mengendarai cenderung lebih nyaman tangan tidak lelah yg sesuai priority saya mengendarain mobil adalah kenyamanan
Dengan ada EPS atau tanpa bagi saya nga masalah, saya juga masih ada civic 2006, ok ok aja sih saya mengendarainya tapi sesudah saya hampir 1 bulan mengunakan crv dgn EPS ini...civic cenderung terasa lebih berat dan agak lelah aja
Berdasarkan pengalaman ini menurut saya EPS ada nilai plus dan bukan nilai minus yang di maksudkan bro AD74YA :mky_01:
-> Eittt.. Sedikit kecewa pancingan saya gak nyampai ke anda... Ya sudah, merasa gak ada guna diterusin, saya balas:
AD74YA wrote:Baiklah oom salimans..
Bodohnya saya, setelah anda balas:
Salimans wrote: Sori ya bro apabila saya nga sependapat...pendapat saya hanya berdasarkan 1 bulan mengendarai dengan EPS...tapi menurut saya sih teknology ini adalah positif aja yg bagi saya yg priority kenyamanan dan keamanan :frm_salut:
Saya kepancing untuk melanjutkan diskusi... My bad... :frm_bang_head:
AD74YA wrote: No.. no no... No problem at all oom Salimans..

Hal kayak gini memang agak susah untuk di diskusikan karena sangat tergantung preferensi mengemudi masing-masing orang.. Makanya satu-satunya tempat saya bisa menuangkan semuanya hanya di review.. Saya ga bisa maksain pengertian hal ini di dalam diskusi..
-> Saya awali dengan mengakui keterbatasan saya dalam diskusi ini lalu lanjut:
AD74YA wrote:Kalau bagi saya pribadi, beberapa fitur bantuan seperti EPS dan TC (yang mana tergolong tersier) justru sedikit menakutkan.. Dalam artian saya merasa tidak sepenuhnya menguasai mobil.. Dan saya pengalaman, di keadaan darurat, behave mobil akan sangat berbeda, menjadi unpredictable, kadang malah driver yang kesulitan mengoreksi..
-> Mencoba mulai memberi wejangan yaitu sisi lain dari koin safety feature tersier pada umumnya, mencoba mengarahkan ke super EPS pada khususnya.

Saya beri penegasan dengan contoh:
AD74YA wrote:Contoh kasus kalau mobil "kepinteran" malah berbahaya ada di klip ini:
http://www.youtube.com/watch?v=ahsIOVx93zs
Mulai dari menit 4:40 dimana mobil tiba-tiba "mengoreksi" "kesalahan" driver sendiri.. Itulah contoh behave yang tidak terduga. Saya pernah mengalami hal semacam ini, dan bukan di trek balap melainkan lagi cruising biasa (pemakaian sehari-hari)..

Anyway, "super" EPS pada dasarnya memang semakin memberi kemudahan maneuverability terutama untuk wanita.. JAdi lebih ke kenyamanan daripada keamanan -> kalau menurut saya.. Jadi, IMHO ya..
-> Tujuan utama saya BUKAN membahas Supercar, tapi menunjukkan contoh berapa besar catastrophic yang terjadi jika sistem keamanan mobil take over driving experience. Masih mencoba mengajak melihat dari sisi koin yang berbeda mengenai nilai plus banyaknya safety feature... Mencoba mengarahkan ke diskusi sehat dan open minded..
Salimans wrote:Waduh bro...nga bisa dong membandingkan supercar dengan suv
Apa kah bro yakin di ferrari tidak mengunakan aids? Kalu saya cenderung melihat drivernya cenderung membawa mp4 12c behave seperti ferrari dan mp4 12c cenderung tidak mau ngedrift...coba di aduh buat fast time...saya yakin mp4 12c tidak kalah banget....super car nih bro :big_smoking:

Ok back to eps...sepertinya saya hanya bilang teknology eps hanya membuat driver lebih nyaman saja dan tangan tidak begitu lelah saja :big_weee:

Saya juga masih merasakan feedback dari aspal ke ban juga bro :big_peace: ...yg saya liat perbedaan antara eps dan tidak sepertinya cuman ringan aja sih nyetirnya :mky_03:

-> Jaka Sembung naik ojek nomer 2. Plus, tidak ada indikasi saya bisa meloanjutkan diskusi secara open minded.. Anda gak ngerti arah saya kemana.. Anda mengira saya menjelek-jelekkan sistem super EPS CRV.
Salimans wrote:
val wrote: Setuju bro Salimans. Adanya EPS menambah kenyamanan berkendara. Udh 3 bulan pake new CRV, nyaman banget.
Sama bro...saya bukan expert dalam bidang otomotif juga dan tidak hebat dalam hal mengeriview mobil 100jt sampai 1milliar :mky_03:
Saya hanya penguna mobil baru 400juta saja, yang berdasarkan pengunaan 1 bulan trus merasakan EPS ini sebagai hal yang positif yang menambah kenyamanan dalam hal berkendaraan...lebih nyaman pastinya lebih aman berkendaraan :big_peace:
Beneran hilang niatan saya diskusi dengan anda..
Salimans wrote:
AD74YA wrote:Cuman sekedar ngingetin, in case nggak ada yang merhatiin, saya dari kemarin cuman bahas mengenai feel steering yang di tawarkan CRV gen 4 dibanding rival nya bagaimana..

Ya pokoknya sippppp lahhh... Wkwkwk
Bro AD74YA, sepertinya anda yang memberikan contoh pakai youtube yang membandingkan supercar MP4-12c dengan ferrari :mky_03:

Intinya saya berdasarkan pengalamam bawa mobil EPS selama 1 bulan...dan merasa teknology ini positif banget...tapi anda ngak setuju dan bla bla dengan teori kamu untuk meyakinkan saya EPS ngak bagus :big_slap:
Buktinya saya fun fun aja kok bagi saya :frm_bang_head:
-> Jaka sembung naik ojek nomer 3. Ditambah akhiran yang menunjukkan masih nggak ngerti dan karena itu nggak open minded.
AD74YA wrote:
Salimans wrote:
Saya juga masih merasakan feedback dari aspal ke ban juga bro :big_peace: ...yg saya liat perbedaan antara eps dan tidak sepertinya cuman ringan aja sih nyetirnya :mky_03:
Eniwei... Yang dibahas kan mengenai feel berkendara.. Bukan akselerasi atau top speed.. Keduanya nggak nyambung.. Mobil kenceng, safe, grip tinggi, belum tentu lebih menyenangkan dikendarai daripada mobil yang lebih pelan, oversteer, dan minim teknologi.... Jadi saya gak akan memperpanjang diskusi di bagian ini ya oom.
-> Udah mulai males saya ngomongnya, belum selesai jabarin pengalaman saya dan teori feedback steering, tapi saya rasa malah bakal kemana-mana ntar... Dikira sales mobil lain lagi ntar saya.. malah ndak sehat.. :upss:

Sebenernya inti yang mau saya omongin singkat kok... Sudah di rangkum oleh oom Pos Vett di tret sebelah:
POS VETT wrote:
Menurut gw - "idiot-proof systems create idiots".
Saya cuman mau sedikit memberikan wejangan saja.. Sekedar melihat dari sisi yang lain. Saya setuju sisi Anda, saya hanya menawarkan opsi saja untuk sekedar edukasi, diskusi.. Ini bahan asik loh.. Menurut saya sih.. Tadinya.

Malah nyambung ke mobil balap, supercar, top speed, banding-bandingan mobil, sampai hidrolik vs EPS padahal kagak ada disinggung sama sekali... Cepek cepek cepek...

Bukan mau banding-bandingin, bukan mau sombong-sombongan, bukan mau jelek-jelekin.. Tapi ya... Sutra...

Sippppp lahhhh.... :frm_tumbleft:

______

Mari dilanjut, maaf saya OOT.

NB: Menyedihkan saya harus buat resume kayak gini biar pada gak salah sangka.. I don't expect to continue this discussion, if you don't mind. :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

val wrote:Ia, saya jg pengemudi biasa dan merasa aneh aja ada yang bilang teknology EPS membuat handling 0. :e-doh:
Siapa yang bilang?
M-90 wrote:A

Barangkali teknologi Motion Adaptive EPS tidak cocok utk experienced driver spt Bro AD74YA :big_peace:
Kata siapa? Di E300 dan F30 saya cocok-cocok saja kok.. :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by diveblues »

bro helm, maaf mau nanya. Kalo menurut bro, steering vw golf mk6 gimana feel-nya?
maaf kalo oot yak, soalnya blm pernah nyetir crv :e-think:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

diveblues wrote:bro helm, maaf mau nanya. Kalo menurut bro, steering vw golf mk6 gimana feel-nya?
maaf kalo oot yak, soalnya blm pernah nyetir crv :e-think:
Mk6 yang mana? TSI atau GTI? Soalnya sedikit berbeda feelnya..

TSI merupakan mobil yang ringan dengan mesin yang kencang. Sistem insulasi suara yang superb memberikan nilai fun menjadi berkurang karena mobil ini terlalu tenang/senyap, tapi di sisi lain terasa engineering nya oke.

Setirnya ringan dan tajam. Untuk yang TSI, harus diakui tidak setajam Ford Focus generasi kemarin, yang sedikit flick, mobil langsung berubah arah (kalau dibanding focus sekarang lebih asik TSI menurut saya). TSI rada soft, terutama di bagian depan, tapi asiknya, meskipun terasa lebih lembek dari mk5, akurasi setir tetep tajam. Hal lain yang pada akhirnya dipengaruhi suspensi depan TSI yang softer ini adalah ride quality nya lebih baik dibanding mk5. Plus berat keseluruhan yang jauh lebih ringan dari mk5 membuat mk6 terasa lebih balanced dan forgiving..

Mobil all rounder lah Golf ini.. Lapang, nyaman, aman, fun.. Hanya perawatannya rada ribet yee.. :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

Oya pertama kali nyoba TSI driving experience terganggu dengan minor giltch di DSG nya... Yang rada lag kalau kita start dari 0 atau kondisi stop and go.. Tapi menurut kabar oom evo dan yang lain usdah ada software update untuk DSG TSI, jadi glitch ini hilang.. Saya belum coba lagi setelah update..
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
val
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Feb 20, 2013 5:20

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by val »

AD74YA wrote:
val wrote:Ia, saya jg pengemudi biasa dan merasa aneh aja ada yang bilang teknology EPS membuat handling 0. :e-doh:
Siapa yang bilang?
M-90 wrote:A

Barangkali teknologi Motion Adaptive EPS tidak cocok utk experienced driver spt Bro AD74YA :big_peace:
Kata siapa? Di E300 dan F30 saya cocok-cocok saja kok.. :mrgreen:
Nga ngerasa ya bro? Silahkan dibaca review New CRV 2013 Prestige-nya.
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by diveblues »

AD74YA wrote: Mk6 yang mana? TSI atau GTI? Soalnya sedikit berbeda feelnya..

TSI merupakan mobil yang ringan dengan mesin yang kencang. Sistem insulasi suara yang superb memberikan nilai fun menjadi berkurang karena mobil ini terlalu tenang/senyap, tapi di sisi lain terasa engineering nya oke.

Setirnya ringan dan tajam. Untuk yang TSI, harus diakui tidak setajam Ford Focus generasi kemarin, yang sedikit flick, mobil langsung berubah arah (kalau dibanding focus sekarang lebih asik TSI menurut saya). TSI rada soft, terutama di bagian depan, tapi asiknya, meskipun terasa lebih lembek dari mk5, akurasi setir tetep tajam. Hal lain yang pada akhirnya dipengaruhi suspensi depan TSI yang softer ini adalah ride quality nya lebih baik dibanding mk5. Plus berat keseluruhan yang jauh lebih ringan dari mk5 membuat mk6 terasa lebih balanced dan forgiving..

Mobil all rounder lah Golf ini.. Lapang, nyaman, aman, fun.. Hanya perawatannya rada ribet yee.. :mrgreen:
iya maksudnya yg TSI. TSI emang rada soft dan cenderung mengayun shockbreakernya dibanding GTI. Maklum, TSI semi sport, GTI full sport.

i see, saya jadi ngerti driving style om helm. Emang sih kalo udah biasa pake mobil dengan steering yg handlingnya sharp terus pake mobil dengan steering yg handlingnya soft, jadi agak kurang nyaman.

Begitu maksudnya kali ya bro helm?
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by diveblues »

AD74YA wrote:Oya pertama kali nyoba TSI driving experience terganggu dengan minor giltch di DSG nya... Yang rada lag kalau kita start dari 0 atau kondisi stop and go.. Tapi menurut kabar oom evo dan yang lain usdah ada software update untuk DSG TSI, jadi glitch ini hilang.. Saya belum coba lagi setelah update..
CMIIW
mungkin karena TSI gak punya fitur launch control kali om, makanya jadi rada lag.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

val wrote:
Nga ngerasa ya bro? Silahkan dibaca review New CRV 2013 Prestige-nya.
Saya nggak bilang
val wrote:Ia, saya jg pengemudi biasa dan merasa aneh aja ada yang bilang teknology EPS membuat handling 0. :e-doh:
Saya bilang yang di CRV memang Dull.. Gen 3 saya dull Gen 4 lebih dull lagi.

Di review tersebut, berikut quote saya:
AD74YA wrote: Handling
Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Gen 4 ini, saya berekspektasi lebih dengan handling mobil ini. Lebih rendah, lebih lebar, disertai dengan ban dengan dimeter besar, dan lambang Honda, rasanya resep yang menjanjikan untuk menjadi mobil dengan handling yang baik.
Nope. Handling mobil ini 0. Permasalahannya adalah di EPS yang diterapkan di mobil ini. Feedback setir berkurang drastis, sudut putarannya seakan tidak akurat, dan mobil terasa melayang karena suspensi yang soft. Nyetir mobil ini seperti nyetir pakai setir Logitech untuk main game balap di komputer.. Eh, nggak ding.. Logitech feedback nya lebih bagus. :e-think:
Khusus kasus CRV.. Sorry bro.. Itu menurut saya ya.. Oya.. Kalau quote tulisan orang lebih diperhatiin lagi donk. Artinya bisa beda kalau anda salah ngerti, ok?

NB: Takut pada salah ngerti lagi saya malas jelasin. Saya statement: EPS tidak membuat semua mobil yang memilikinya jadi 0/dull/kurang/jelek/ whatever you call it handlingnya, hanya beberapa saja. Itu maksud bold saya diatas
Last edited by AD74YA on Fri Mar 01, 2013 4:40, edited 1 time in total.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

diveblues wrote:
AD74YA wrote: Mk6 yang mana? TSI atau GTI? Soalnya sedikit berbeda feelnya..

TSI merupakan mobil yang ringan dengan mesin yang kencang. Sistem insulasi suara yang superb memberikan nilai fun menjadi berkurang karena mobil ini terlalu tenang/senyap, tapi di sisi lain terasa engineering nya oke.

Setirnya ringan dan tajam. Untuk yang TSI, harus diakui tidak setajam Ford Focus generasi kemarin, yang sedikit flick, mobil langsung berubah arah (kalau dibanding focus sekarang lebih asik TSI menurut saya). TSI rada soft, terutama di bagian depan, tapi asiknya, meskipun terasa lebih lembek dari mk5, akurasi setir tetep tajam. Hal lain yang pada akhirnya dipengaruhi suspensi depan TSI yang softer ini adalah ride quality nya lebih baik dibanding mk5. Plus berat keseluruhan yang jauh lebih ringan dari mk5 membuat mk6 terasa lebih balanced dan forgiving..

Mobil all rounder lah Golf ini.. Lapang, nyaman, aman, fun.. Hanya perawatannya rada ribet yee.. :mrgreen:
iya maksudnya yg TSI. TSI emang rada soft dan cenderung mengayun shockbreakernya dibanding GTI. Maklum, TSI semi sport, GTI full sport.

i see, saya jadi ngerti driving style om helm. Emang sih kalo udah biasa pake mobil dengan steering yg handlingnya sharp terus pake mobil dengan steering yg handlingnya soft, jadi agak kurang nyaman.

Begitu maksudnya kali ya bro helm?
Yah... Saya bukan mau jelek2an tapi maksudnya ya oom... Saya cuma mau share pengalaman... Dan di tret ini intinya saya cuma mau share edukasi doang kok.. jangan terlalu terbuai fitur bantuan... intinya itu doank sebenernya.. Malah kemana-mana...

Eniwei.. Nampaknya oom diveblues cukup pengalaman terhadap beberapa mobil.. Salut :frm_salut: Saya mohon bimbingan dan koreksinya oom..
diveblues wrote:
AD74YA wrote:Oya pertama kali nyoba TSI driving experience terganggu dengan minor giltch di DSG nya... Yang rada lag kalau kita start dari 0 atau kondisi stop and go.. Tapi menurut kabar oom evo dan yang lain usdah ada software update untuk DSG TSI, jadi glitch ini hilang.. Saya belum coba lagi setelah update..
CMIIW
mungkin karena TSI gak punya fitur launch control kali om, makanya jadi rada lag.
Emm... Kayaknya bukan karena launch control melainkan mesin charger TSI dan gearbox nya belum memiliki software yang bisa secara baik mengkoneksikan keduanya.. sehingga sering ada lambat bacaan,, mungkin ini sistem fail-safe yang sengaja di terapkan VW di awal produk rilisnya untuk sekalian dikembangkan lagi lewat survey user.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
val
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Wed Feb 20, 2013 5:20

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by val »

AD74YA wrote:
val wrote:
Nga ngerasa ya bro? Silahkan dibaca review New CRV 2013 Prestige-nya.
Saya nggak bilang
val wrote:Ia, saya jg pengemudi biasa dan merasa aneh aja ada yang bilang teknology EPS membuat handling 0. :e-doh:
Saya bilang yang di CRV memang Dull.. Gen 3 saya dull Gen 4 lebih dull lagi.

Di review tersebut, berikut quote saya:
AD74YA wrote: Handling
Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Gen 4 ini, saya berekspektasi lebih dengan handling mobil ini. Lebih rendah, lebih lebar, disertai dengan ban dengan dimeter besar, dan lambang Honda, rasanya resep yang menjanjikan untuk menjadi mobil dengan handling yang baik.
Nope. Handling mobil ini 0. Permasalahannya adalah di EPS yang diterapkan di mobil ini. Feedback setir berkurang drastis, sudut putarannya seakan tidak akurat, dan mobil terasa melayang karena suspensi yang soft. Nyetir mobil ini seperti nyetir pakai setir Logitech untuk main game balap di komputer.. Eh, nggak ding.. Logitech feedback nya lebih bagus. :e-think:
Khusus kasus CRV.. Sorry bro.. Itu menurut saya ya.. Oya.. Kalau quote tulisan orang lebih diperhatiin lagi donk. Artinya bisa beda kalau anda salah ngerti, ok?
Bro yang saya hormati, kita ngomongnya di thread CRV ya pasti dunk tentang CRV. Kalo ada ngomong A ya akui ngomong A. Takut jilat ludah sendiri ya bro? Jangan-jangan kamu itu salah satu org BSH "Barisan Sakit Hati" yang nga bisa terima keunggulan new CRV gen IV? Takut CRV gen III kamu keliatin dull? :wkkk:
Jman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Fri Sep 14, 2012 9:37

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Jman »

Istirahat makan siang :D yang muslim yuk shalat jumat :)
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by AD74YA »

val wrote:
AD74YA wrote:
val wrote:
Nga ngerasa ya bro? Silahkan dibaca review New CRV 2013 Prestige-nya.
Saya nggak bilang
val wrote:Ia, saya jg pengemudi biasa dan merasa aneh aja ada yang bilang teknology EPS membuat handling 0. :e-doh:
Saya bilang yang di CRV memang Dull.. Gen 3 saya dull Gen 4 lebih dull lagi.

Di review tersebut, berikut quote saya:
AD74YA wrote: Handling
Dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh Gen 4 ini, saya berekspektasi lebih dengan handling mobil ini. Lebih rendah, lebih lebar, disertai dengan ban dengan dimeter besar, dan lambang Honda, rasanya resep yang menjanjikan untuk menjadi mobil dengan handling yang baik.
Nope. Handling mobil ini 0. Permasalahannya adalah di EPS yang diterapkan di mobil ini. Feedback setir berkurang drastis, sudut putarannya seakan tidak akurat, dan mobil terasa melayang karena suspensi yang soft. Nyetir mobil ini seperti nyetir pakai setir Logitech untuk main game balap di komputer.. Eh, nggak ding.. Logitech feedback nya lebih bagus. :e-think:
Khusus kasus CRV.. Sorry bro.. Itu menurut saya ya.. Oya.. Kalau quote tulisan orang lebih diperhatiin lagi donk. Artinya bisa beda kalau anda salah ngerti, ok?
Bro yang saya hormati, kita ngomongnya di thread CRV ya pasti dunk tentang CRV. Kalo ada ngomong A ya akui ngomong A. Takut jilat ludah sendiri ya bro? Jangan-jangan kamu itu salah satu org BSH "Barisan Sakit Hati" yang nga bisa terima keunggulan new CRV gen IV? Takut CRV gen III kamu keliatin dull? :wkkk:
Eeeeerrrrrrrrr................... Naon sih ini... Wkwkwk

Ya saya statement bahwa CRV gen 4 dull, handling 0. Yes it is.... Very.

Tapi bukan:
val wrote:Ia, saya jg pengemudi biasa dan merasa aneh aja ada yang bilang teknology EPS membuat handling 0. :e-doh:

Karena kalau dari statement pernyataan anda seakan saya bilang SEMUA mobil dengan EPS dull..

Nope.

Saya gak sakit hati dengan gen 4.. Buat apa? :mrgreen:

Mungkin saya nggak semampu anda, tapi bisa kok saya dapat Prestige tutup mata.. :mrgreen:

BTW, anda udah menjurus ke personal attack loh.. Momod, tolong di pantau ya... Gak sehat nih diskusi sama oom Val.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Mecloude
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Sat Sep 08, 2012 4:19
Location: Khuntien

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Mecloude »

Nah nah nah...pour some sugar on meee umm in the name of love ^_^
Huehuehue gak perlu mod2 sgala ah. Biasa aja lagi, slama gak omong kasar, maki2 terang2 nah itu baru sikat.
Gue suka bgt baca ginian, seru bgt. Pada pertahankan pendapat masing2.
efendyou
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Sep 21, 2012 4:40

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by efendyou »

Wah seru nih... Bbrp ari nga liat thread crv rupanya dah heboh.... Btw gw jg bingung sih pada heboh apaan sih? Gw jg pgn komen ttg eps ah.... Mnrt gw setiap teknologi ada plus minus nya... Nga mungkin nga ada minus nya sebaik apapun teknologinya. Btw kembali ke eps MNRT GW ya(kl nga sependapat jg gpp) eps itu kl dalam kota membantu jd nilai plus. Gw supir anak gw slalu reseh pengen ddk di bangku supir. Jd posisi gw nyupir sering sambil pangku anak. Nah eps ini emank buat setir ringan(dibanding crv gen2 yg gw punya) jd kl misal parkir 1tgn jg sedikit memudahkan. Kl misal luar kota kl lg kenceng terus terang gw yg awam ini nga tau bedanya mobil eps ama nga. Krn kl kenceng gw biasa lurus aja nga di tekongan jd hampir nga putar setir. Jd nga tau deh. Lgan gw jg nga balap2 ampe lari200 jd ya ada atau nga ada eps gw nga tau bedanya.

Btw lg ini ngapain ribut ya? Itu bro helm review crv gen4 nah itu kan pendapat dia. Mau dia bilang crv kek taik kek, bentuknya jelek kek bagus kek ya itu terserah dia. Kl yg lain mau review jg ya post aja di tret review crv dibawah tret bro helm n buatlah review crv menrt anda. Beres kan? Biarlah org lain yg menilai mana yg lebih bs diterima reviewnya. Kita nga mungkin memaksakan pendapat kita pasti benar. Contoh aja gt86. Banyak bgt yg bilang mobil itu jelek nga ada tenaga n sgalamacam kekurangannya.tp kl gw coba punya temen sih fun bgt... Kl malem lampu merah simpang 4 yg lebar bs didrift n mnrt gw asik bgt... Jd ya smua kembali kepada selera sendiri. Kl anda blg eps bgs ya itu hak anda. Kl anda bilang eps jelek ya jg hak anda. Jd masalahnya dimana? Btw lg pernah liat debat fanboy hp nga? Nah itu dibawa sampe ujung duniapun nga akan sependapat jd ya biarlah keberagaman itu di buat indah n hargailah pendapat org lain
User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

val wrote: Bro yang saya hormati, kita ngomongnya di thread CRV ya pasti dunk tentang CRV. Kalo ada ngomong A ya akui ngomong A. Takut jilat ludah sendiri ya bro? Jangan-jangan kamu itu salah satu org BSH "Barisan Sakit Hati" yang nga bisa terima keunggulan new CRV gen IV? Takut CRV gen III kamu keliatin dull? :wkkk:
Baru tau rupanya pakai CRV gen III :mky_01: , kirain mobil 1 M :mky_03:

Saya coba deh flash back lagi :mky_04:
AD74YA wrote:Nb: maksud postingan ane diatas diarahkan untuk orang2 yang bukan anggota forum/ komunitas otomotif ya...
AD74YA wrote:Bro M90 kembali lagi pendapat saya diatas ditujukan bukan untuk orang yang main forum..
Apakah comment di atas yang di tujuhkan ke saya atau tidak hanya bro ad74ya yang tau...tapi meliat ini saya sudah menilai ad74ya cenderung meremehkan seseorang hanya dengan melihat banyak posting saja :mky_03:
Dan mengagap sendiri yang paling expert dalam hal mereview :mky_01:
Last edited by Salimans on Fri Mar 01, 2013 6:10, edited 1 time in total.
User avatar
Salimans
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Thu Jan 31, 2013 14:03

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Salimans »

efendyou wrote:Wah seru nih... Bbrp ari nga liat thread crv rupanya dah heboh.... Btw gw jg bingung sih pada heboh apaan sih? Gw jg pgn komen ttg eps ah.... Mnrt gw setiap teknologi ada plus minus nya... Nga mungkin nga ada minus nya sebaik apapun teknologinya. Btw kembali ke eps MNRT GW ya(kl nga sependapat jg gpp) eps itu kl dalam kota membantu jd nilai plus. Gw supir anak gw slalu reseh pengen ddk di bangku supir. Jd posisi gw nyupir sering sambil pangku anak. Nah eps ini emank buat setir ringan(dibanding crv gen2 yg gw punya) jd kl misal parkir 1tgn jg sedikit memudahkan. Kl misal luar kota kl lg kenceng terus terang gw yg awam ini nga tau bedanya mobil eps ama nga. Krn kl kenceng gw biasa lurus aja nga di tekongan jd hampir nga putar setir. Jd nga tau deh. Lgan gw jg nga balap2 ampe lari200 jd ya ada atau nga ada eps gw nga tau bedanya.

Btw lg ini ngapain ribut ya? Itu bro helm review crv gen4 nah itu kan pendapat dia. Mau dia bilang crv kek taik kek, bentuknya jelek kek bagus kek ya itu terserah dia. Kl yg lain mau review jg ya post aja di tret review crv dibawah tret bro helm n buatlah review crv menrt anda. Beres kan? Biarlah org lain yg menilai mana yg lebih bs diterima reviewnya. Kita nga mungkin memaksakan pendapat kita pasti benar. Contoh aja gt86. Banyak bgt yg bilang mobil itu jelek nga ada tenaga n sgalamacam kekurangannya.tp kl gw coba punya temen sih fun bgt... Kl malem lampu merah simpang 4 yg lebar bs didrift n mnrt gw asik bgt... Jd ya smua kembali kepada selera sendiri. Kl anda blg eps bgs ya itu hak anda. Kl anda bilang eps jelek ya jg hak anda. Jd masalahnya dimana? Btw lg pernah liat debat fanboy hp nga? Nah itu dibawa sampe ujung duniapun nga akan sependapat jd ya biarlah keberagaman itu di buat indah n hargailah pendapat org lain
Saya juga fun fun aja bawa mobil tanpa eps bro...saya juga masih punya mobil civic 2006...cuman setelah pakai crv baru ini selama 1 bulan saya merasakan bahwa EPS ada nilai plus tapi yang binggungnya ada seseorang nga setuju WKWKWKWK :mky_01:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: 2012 Honda CR-V - PART 03

Post by Abu2 »

jika ada ketidak setujuan dalam berpendapat, ya ulas aja dalem mendalam, dari sisi teknis , ilmiah,
yg penting, jgn PA,
biar asik diskusi nya...