Aki mobil yang dipakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Aki mobil yang dipakai
Tapi kalau pakai aki basah untuk grand livina berpotensi menetes trus kena kopling. Jadi gimana tuh Om DOHC?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Aki mobil yang dipakai
itu lah om... serba salah kalo mobil lipina...
make aki basah, pasti air nya bakal sering kurang, seminggu bisa sperempat botol nambahin air aki... dan tentu nya ngisi nya musti bener2 pas, kalo ga kena resiko netes...
make aki MF... kayanya ruang mesin yg kelewat panas atau charge listrik yg kelewat gede, jadi nya ntuh gel2 di dalem aki MF tsb jadi menguap melalui cover aki tsb...
tapi saran ane sehh, mungkin tetep lebi baik stick wit aki MF aj kali yahh... at least resiko kena netes air aki kaga ada, dan harga aki MF jg ga mahal2 amat dibanding yg basah...
cmiiw
make aki basah, pasti air nya bakal sering kurang, seminggu bisa sperempat botol nambahin air aki... dan tentu nya ngisi nya musti bener2 pas, kalo ga kena resiko netes...
make aki MF... kayanya ruang mesin yg kelewat panas atau charge listrik yg kelewat gede, jadi nya ntuh gel2 di dalem aki MF tsb jadi menguap melalui cover aki tsb...
tapi saran ane sehh, mungkin tetep lebi baik stick wit aki MF aj kali yahh... at least resiko kena netes air aki kaga ada, dan harga aki MF jg ga mahal2 amat dibanding yg basah...
cmiiw
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
Aki MF yg masih pakai material calcium mungkin beda harganya ga begitu jauh dibanding yg basah (merk umum disini)DOHC wrote:itu lah om... serba salah kalo mobil lipina...
make aki basah, pasti air nya bakal sering kurang, seminggu bisa sperempat botol nambahin air aki... dan tentu nya ngisi nya musti bener2 pas, kalo ga kena resiko netes...
make aki MF... kayanya ruang mesin yg kelewat panas atau charge listrik yg kelewat gede, jadi nya ntuh gel2 di dalem aki MF tsb jadi menguap melalui cover aki tsb...
tapi saran ane sehh, mungkin tetep lebi baik stick wit aki MF aj kali yahh... at least resiko kena netes air aki kaga ada, dan harga aki MF jg ga mahal2 amat dibanding yg basah...
cmiiw
tapi kalau sudah silver (perak) atau merk "branded", lumayan juga loh bedanya...
minggu kemarin coba bandingin di surabaya, aki MF merk GS paling 800ribuan (standard santi, NS70), habis itu nanya merk amaron, dengan kapasitas/ukuran yg sama, pricelistnya 1.2 juta, alias beda 50%

yg jual sih, bilangnya beda di material plat-nya, kalau GS masih calcium based-, yg amaron sudah silver-based
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
kira-kira gambarnya seperti dibawah ini waktu tempohari bandingin GS yg "calcium" dan amaron yg katanya "silver"imsus2c wrote:Aki MF yg masih pakai material calcium mungkin beda harganya ga begitu jauh dibanding yg basah (merk umum disini)DOHC wrote:itu lah om... serba salah kalo mobil lipina...
make aki basah, pasti air nya bakal sering kurang, seminggu bisa sperempat botol nambahin air aki... dan tentu nya ngisi nya musti bener2 pas, kalo ga kena resiko netes...
make aki MF... kayanya ruang mesin yg kelewat panas atau charge listrik yg kelewat gede, jadi nya ntuh gel2 di dalem aki MF tsb jadi menguap melalui cover aki tsb...
tapi saran ane sehh, mungkin tetep lebi baik stick wit aki MF aj kali yahh... at least resiko kena netes air aki kaga ada, dan harga aki MF jg ga mahal2 amat dibanding yg basah...
cmiiw
tapi kalau sudah silver (perak) atau merk "branded", lumayan juga loh bedanya...
minggu kemarin coba bandingin di surabaya, aki MF merk GS paling 800ribuan (standard santi, NS70), habis itu nanya merk amaron, dengan kapasitas/ukuran yg sama, pricelistnya 1.2 juta, alias beda 50%
yg jual sih, bilangnya beda di material plat-nya, kalau GS masih calcium based-, yg amaron sudah silver-based
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
ane coba bantu jawab yah bro.....ilhami wrote:Tapi kalau pakai aki basah untuk grand livina berpotensi menetes trus kena kopling. Jadi gimana tuh Om DOHC?
Ane ga tau di mbl lipina, apakah ada tatakan aki yg terbuat dr plastik. Nah, klo ada cairan aki yg meluap, akan tertampung di tatakan aki tsb. Jadi ga akan merusak bagian lainnya. Trus ada baiknya di bagian bawah aki, diberikan pelindung spt plinkut.... yg berguna melindungi bagian bawah aki.....
smoga bermanfaat.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Aki mobil yang dipakai
plinkut itu apa ya? yg buat anti karat itu ya? 

Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
penyederhanaan dan penyamarataan dari pengucapan merk dagang produk anti karat dari SHELL; FLINTKOTEy_anjasrana wrote:plinkut itu apa ya? yg buat anti karat itu ya?
ya saking populer-nya, semua anti karat dibilang Flintkote (plinkut)
sama seperti di air minum kemasan, semua dibilang "AQUA"

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
nahhhh...... betul sekaleeee.... hehehe......imsus2c wrote:penyederhanaan dan penyamarataan dari pengucapan merk dagang produk anti karat dari SHELL; FLINTKOTEy_anjasrana wrote:plinkut itu apa ya? yg buat anti karat itu ya?
ya saking populer-nya, semua anti karat dibilang Flintkote (plinkut)
sama seperti di air minum kemasan, semua dibilang "AQUA"

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Aki mobil yang dipakai
tatakan aki ada mbah.... cuman bahannya super duper tipis... biasa, kaya ga tau nissan aj, pelit nya minta ampun... mendingan beli lagi yg bahan nya agak tebelan... ane beli di toko aki di glodok sana murah koq...
mengenai selang hidrolik kopling lipina... ada baik nya dilapisin lagi aluminium foil atau di wrap dgn plester yg buat pipa tembaga ac...atau pembungkus apapun dehh...
mengenai selang hidrolik kopling lipina... ada baik nya dilapisin lagi aluminium foil atau di wrap dgn plester yg buat pipa tembaga ac...atau pembungkus apapun dehh...
sjamsul wrote:ane coba bantu jawab yah bro.....ilhami wrote:Tapi kalau pakai aki basah untuk grand livina berpotensi menetes trus kena kopling. Jadi gimana tuh Om DOHC?
Ane ga tau di mbl lipina, apakah ada tatakan aki yg terbuat dr plastik. Nah, klo ada cairan aki yg meluap, akan tertampung di tatakan aki tsb. Jadi ga akan merusak bagian lainnya. Trus ada baiknya di bagian bawah aki, diberikan pelindung spt plinkut.... yg berguna melindungi bagian bawah aki.....
smoga bermanfaat.....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
jd klo mobil dlm posisi ACC selama 4 hari tu pasti bakalan koit ya? gak ada ampun sedikit2pun? mobil klo standar pabrik/belum diutakatik listriknya tu klo di ACC umumnya akan brp Ampere sih arus yg melintas?
btw selama 4 hari itu mobil dipanasinnya tiap hari atau pas mau pergi ke bali aja?
klo dipanasin tiap hari, berarti sebenarnya tiap hari ngecharge dong ya? kok jd koit knp ya?
btw selama 4 hari itu mobil dipanasinnya tiap hari atau pas mau pergi ke bali aja?
klo dipanasin tiap hari, berarti sebenarnya tiap hari ngecharge dong ya? kok jd koit knp ya?
AD74YA wrote:Hallo,
Mencoba share aki yang saya gunakan di mobil saya New CRV 2009. Yaitu Amaron tipe 55B24LS dan Rocket NX100-S6LS, keduanya adalah aki MF (maintenance Free) karena saya malas isi air aki...![]()
Latar belakang: Pertama kali mobil datang menggunakan aki Yuasa, yang mana menurut saya juga termasuk aki bagus.. Berhubung beberapa bulan setelah mobil datang saya memasukkan perangkat audio tambahan, saya juga keracunan installer untuk "membenahi" sistem kelistrikan dengan penggantian aki dengan "Spek Audio" yang mana memiliki CCA lebih tinggi. Dengan CCA lebih tinggi, maka kelistrikan mobil yang dipenuhi oleh banyak perangkat tambahan seperti Audio, dan HID bisa lebih stabil dan semakin kuat tenaganya dibanding memakai aki standar. CCA sendiri singkatan dari Cold Cranking Amps.. Saya yakin master-master disini sudah tau...![]()
Nyaris 2 tahun yang lalu saya kepincut dengan Amaron, jujur saja karena advertising performanya yang menggiurkan. Akhirnya saya pesan satu ke poeticmind. Berikut bentukannya:
Review saya mengenai Aki ini adalah :
Kelebihan:
1. Made in India (masih asli sana hehehe)
2. Bentuk, design yang unik dan warna yang eye-catching
3. Tenaganya besar, CCA 360, RC 75. (compare yuasa basah CCA 300)
4. Silver based, saya gak gitu ngerti, tapi......
5. ....Awet dan cepat re-charge nya....
Kekurangan :
1. Berat, mungkin karena terlalu banyak tambahan di casingnya
2. Warnanya...... Hijau.........
3. Harganya tinggi, mungkin karena advertising yang gencar
4. Nggak ada keterangan spesifikasi apapun di casing akinya
Juli 2011 umur aki Amaron saya berumur 2 tahun, sayangnya karena ke bloonan yang jaga rumah, ketika saya tinggal ke Bali selama 4 hari, kunci kontak tiap dia selesai memanaskan mobil saya berada di ACC, bukan OFF. (sistem kunci sudah saya ganti juga, sehingga kunci selalu menempel di lubang starter.. err agak susah menjelaskan). Walhasil, setelah 3 hari berada di ACC, Amaron saya jadi soak (D*MN IT!!), padahal terakhir service saya cek CCA nya masih 330... Bahkan Amaron saya kali ini nggak mau di charger,,, berarti udah bener-bener soak dalemannya... (sebelumnya sudah pernah kejadian seperti ini juga beberapa kali)
Akhirnya saya berniat untuk ganti Aki... berhubung Batcap stock sedang kosong... Saya coba cari yang lain... Jaman dulu aki MF dan kering yang terkenal bagus untuk audio adalah Optima... Lagi-lagi Optima sudah nggak tau siapa yang pegang merk (harganya kemahalan, nggak ada yang mau beli). Lalu saya adakan pencarian manual keliling bandung.
Yang saya dapati sebagai berikut (aki untuk new CRV):
1. Delkor NS70MF, MF, 330 CCA (-18 'C)
2. Quantum, MF, CCA 350
3. Global, MF, CCA 330
4. Yuasa, MF, CCA 310
5. Rocket NX100, CCA 430.
Yang lain: Amaron, Stinger, dll lagi kosong stok dari distributornya di bandung.... Sial bener.. Udah mobil ga bisa jalan, cari sendiri keliling toko, malah lagi pada kosong...
Jadi mau gak mau pilihan jelas ke Rocket, sebuah aki performance dari Global group. Sebenernya di advertisingnya Rocket dipake di mobil balap...![]()
Coba Rocket... Dengan CCA 430... Bongkar-pasang aki sendiri.. cukup repot karena banyak kabel audio dan VS yang seliweran... Begitu di starter: Buset!!! Starter mobil jadi jauh lebih instan.... Saya coba setel audio, suara jadi lebih open dibanding menggunakan Amaron.
Berikut gambar Rocket:
Review singkat tentang aki Rocket ini:
Kelebihan:
1. Bentuknya OEM, I like it that way...
2. Posisi pembaca kondisi aki mudah dibaca dibanding amaron
3. CCA dan RC besar, 430 + 75
4. Murah
5. Made in Korea
Kekurangan:
1. Built quality terlihat kurang baik.. casing terasa kasar, bahkan Yuasa keliatan lebih baik perlindungan akinya dari luar
Kesimpulan:
Overall saya cukup kaget dengan performa Rocket, yang lebih baik dari Amaron sebagai penyedia daya. Tetapi bagaimana ketahanannya belum terbukti...Amaron di sisi lain memiliki daya tahan yang sangat baik, tetapi harga yang tinggi.
Harga Amaron saat saya beli dari poetic adalah 800 ribuan, saat ini sudah saya cek ulang untuk tipe saya di jakarta berada di 1 jutaan.
Rocket di harga 600 ribu flat...
NB:
1. Alternator (dinamo ampere) mobil dalam kondisi standar.
2. Ini hanya berupa sharing, saya tidak menjual, atau mempromosikan barang-barang yang saya tulis disini
Mohon maaf jika ada kesalahan2, maaf saya newbie... Mohon koreksinya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
udah setengah taun....
tetep blm lama siih ya...tp mengingat ini merk yg tidak umum...jd reviewnya perlu dipersering
tetep blm lama siih ya...tp mengingat ini merk yg tidak umum...jd reviewnya perlu dipersering

imsus2c wrote:sundul trid lama....sekalian nanya...
apa sudah ada yg pernah pake aki merk "hankook"?
tempohari ganti buat odyssey (2002), yg tanpa disangka-sangka aki-nya soak mendadak...
tubruk sana-sini, akhirnya disalah satu bengkel (di semarang), nawarin barang promo, aki merk Hankook jenis aki MF
harga promo, plus masih dikurangi lagi aki lama/bekas dihargai rp. 200.000,-
penawaran yang sangat menarik, karena jatuhnya hanya keluar duit sekitar 400ribu saja, akhirnya diputuskan untuk ambil
kalau lihat kardus dan body-nya, ada tulisan "made in korea"
lihat-lihat referensi di internet, pabrikannya ternyata bernama atlasbx http://www.atlasbx.co.kr/eng/main/mainAction/Init.do
merk hankook battery sendiri ada dihalaman catalogue: http://www.atlasbx.co.kr/eng/customer/c ... og_List.do
padahal saya kira juga bikinan pabrik ban dengan merk yang sama![]()
posisi sekarang masih dipakai kurang lebih 3 bulan, jadi belum bisa kasih reviewsejauh ini sih kalau performa start mesinnya masih instant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Aki mobil yang dipakai
rumus ini msh berlaku smapai skrg kah?doq wrote:kaget jg ternyata umur aki d mobil udah 4 taon...............ini aki kering lhoooo.
..........umumnya aki kering berumur rata2 lbh pendek dr aki konvensional, at least begitu yg sy dengar
so boleh donk seneng punya aki kering yg awet melebihi ekspektasi? hehehehehehehe![]()
jujur aja, ekspektasi sy terhadap umur aki ini paling hanya sekitar 3 taunan.....................
=========================
laporan lah lg, udah 1.5 taun skrg ya?...masih maknyus?Hansen wrote:akhirnya aki bawaan x-trail T31 ane yg berjenis GS astra Hybrid 55D23L udah ane pensiunkan karena udah mulai kurang tokcer starternya alias kalo starter pagi2 puanjang banget kayak uda hampir ga bisa starter... umur aki tsb 2 tahun 5 bulan![]()
dan penggantinya ane pake GS astra MF 55D23L yg warna akinya hitam.....
sekian laporannya...
=========================
klo GS Calcium MF ini kok mlh blm ada yg review ya?
imsus2c wrote:
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
pengalaman dengan ody dengan aki hankook ini, kejadian baru 3 minggu laluandy1800 wrote:udah setengah taun....
tetep blm lama siih ya...tp mengingat ini merk yg tidak umum...jd reviewnya perlu dipersering![]()
mobil ditinggal di stasiun ps turi, hari sabtu siang hari sekitar pk1300
diambil senin malam sekitar pk2030
remote ditombol (unlock), gawat...ngga ada reaksi

dibuka manual, kontak dimasukkin, putar acc...lebih gawat lagi, ngga ada reaksi bahkan lampu indikator ga nyala sama sekali

betul...ternyata aki soak

akhirnya, di jumper pakai mobil carteran/taksi gelap (plat hitam), mobilnya panther... nyala juga..., keluar duit rp. 50.000,- buat yg bawa mobil
dilihat-lihat, ternyata....switch lampu rem konslet
berarti saat ditinggal hari sabtu tersebut sampai entah kapan...posisi lampu rem selalu menyala...tekorlah si aki
bawa ke mojokerto (kira2 50an km/1.5 jam)
sampai di tujuan...matikan mesin, tunggu dingin (30an menit), starter lagi...langsung jreng... jendela indikator aki juga sudah kelihatan hijau lagi

moga-moga aki-nya belum rusak gara2 tekor kemaren
sampai sekarang sih masih jreng...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Aki mobil yang dipakai
udah ane bilangin amaron butut... aneh kalo orang2 audio nyaranin pake amaron... dijual nya mahal pula, wong aki murah... semprul...
cape de...
ane pake rocket dari taun 2005, cuma bertahan sampe tahun 2010... full audio..
dari 2010, ane sekarang pake delkor 80amps NX100... konyol nih aki belum soak2... bosen...
cape de...

ane pake rocket dari taun 2005, cuma bertahan sampe tahun 2010... full audio..

dari 2010, ane sekarang pake delkor 80amps NX100... konyol nih aki belum soak2... bosen...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Aki mobil yang dipakai
weh 5 taon full audio....... bagi dong tip triknya.... ntuh mobil tiap hari dipake ato banyak nganggunya ?poeticmind wrote:udah ane bilangin amaron butut... aneh kalo orang2 audio nyaranin pake amaron... dijual nya mahal pula, wong aki murah... semprul...
cape de...![]()
ane pake rocket dari taun 2005, cuma bertahan sampe tahun 2010... full audio..![]()
dari 2010, ane sekarang pake delkor 80amps NX100... konyol nih aki belum soak2... bosen...
regards,
singachu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10471
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Aki mobil yang dipakai
aki delkor??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Aki mobil yang dipakai
Pake Rocket MF, casing putih, bertahan tepat 4 taun (36 bulan) tapi 2-3 bulan terakir tinggal dipaksa aja, mesti panasin mobil tiap pagi-sore.
Karena puas ama performa Rocket, beli lagi, kali ini udah bodi item, tipe sama persis. Sejak Januari 2010, gak da penurunan performa.
Catatan: Mobil full estede gak da utakatik apapun sektor kelistrikan/audio/tanpa alarm.


Karena puas ama performa Rocket, beli lagi, kali ini udah bodi item, tipe sama persis. Sejak Januari 2010, gak da penurunan performa.
Catatan: Mobil full estede gak da utakatik apapun sektor kelistrikan/audio/tanpa alarm.

Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Aki mobil yang dipakai
4 tahun = 48 bulan kan ? kalo 36 bulan ntuh 3 taonNightster Guy wrote:Pake Rocket MF, casing putih, bertahan tepat 4 taun (36 bulan) tapi 2-3 bulan terakir tinggal dipaksa aja, mesti panasin mobil tiap pagi-sore.
![]()
Karena puas ama performa Rocket, beli lagi, kali ini udah bodi item, tipe sama persis. Sejak Januari 2010, gak da penurunan performa.
Catatan: Mobil full estede gak da utakatik apapun sektor kelistrikan/audio/tanpa alarm.

jadi umurnya 3 taon apa 4 taon ?
regards,
singachu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 34
- Joined: Fri Jan 14, 2011 1:39
Re: Aki mobil yang dipakai
kebetulan mobil lg mau jajan nih...skr pakai GS MF NS60LS +/- 2th, tadi abis di jump start trs buat jalan di tol 30 mnt, di cek masih putih indikatornya. Kliatannya sdh ga ngisi/lemah.
mobil jarang pakai,2 minggu sekali blm tentu kluar garasi...
mending ganti pakai GS MF atau merk lain kyk Rocket/Delkor/Motolite ? ada rekomen toko aki dg hrg miring tp bisa dipercaya di Bandung ?
Mohon petunjuk suhu2...
Tq
mobil jarang pakai,2 minggu sekali blm tentu kluar garasi...
mending ganti pakai GS MF atau merk lain kyk Rocket/Delkor/Motolite ? ada rekomen toko aki dg hrg miring tp bisa dipercaya di Bandung ?
Mohon petunjuk suhu2...
Tq
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Aki mobil yang dipakai
nah iya...untung ga jadi ambil amaron tempohari, jadinya pakai rocket buat si santipoeticmind wrote:udah ane bilangin amaron butut... aneh kalo orang2 audio nyaranin pake amaron... dijual nya mahal pula, wong aki murah... semprul...
cape de...![]()
ane pake rocket dari taun 2005, cuma bertahan sampe tahun 2010... full audio..![]()
dari 2010, ane sekarang pake delkor 80amps NX100... konyol nih aki belum soak2... bosen...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Sat Jul 14, 2012 12:35
Re: Aki mobil yang dipakai
menrutu saya sih aki tergntung pemakaian and jenis transmisi nya,,apalgi mobil yg punya rutinitas full dalam kota, mempengaruhi juga, mati hidup mesin, ac, audio,lampu2 lED,dll... + modil weekend, wa ini biasa gampang suk karena jarang dipakai,hahah
kebetulan jazz idsi saya a/t menggunakan GS MF ns 40zl, bertahan sktr 13-18bulan, model standart, indikator mudah di lihat, mgkin agar lebih awet perlu ditambahin stablizer, misalnya seperti xcs3... mgkin untuk mobil matick bisa bertahan 20-24bulan bahkan lebih, serta kelistrikan moobil stabil,dll... matci mgkin lebih cepet pengantian aki nya dripada manual..haha.. maybe yes maybe no..
kebetulan jazz idsi saya a/t menggunakan GS MF ns 40zl, bertahan sktr 13-18bulan, model standart, indikator mudah di lihat, mgkin agar lebih awet perlu ditambahin stablizer, misalnya seperti xcs3... mgkin untuk mobil matick bisa bertahan 20-24bulan bahkan lebih, serta kelistrikan moobil stabil,dll... matci mgkin lebih cepet pengantian aki nya dripada manual..haha.. maybe yes maybe no..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Aki mobil yang dipakai
sama2 Rocket, tp kok beda desain ya?

dengan ini :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Aki mobil yang dipakai
masihandy1800 wrote:laporan lah lg, udah 1.5 taun skrg ya?...masih maknyus?Hansen wrote:akhirnya aki bawaan x-trail T31 ane yg berjenis GS astra Hybrid 55D23L udah ane pensiunkan karena udah mulai kurang tokcer starternya alias kalo starter pagi2 puanjang banget kayak uda hampir ga bisa starter... umur aki tsb 2 tahun 5 bulan![]()
dan penggantinya ane pake GS astra MF 55D23L yg warna akinya hitam.....
sekian laporannya...

lha itu bukannya udah saya review di atasandy1800 wrote:klo GS Calcium MF ini kok mlh blm ada yg review ya?imsus2c wrote:


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Aki mobil yang dipakai
lipina ane... pake GS MF yg kemasan ijo... baru dipake 11 bulan.. performa uda drop.. starter pagi agak panjang.. entah ini lipina kayanya pemakan aki banget yahh... padahal mobil kondisi standard... tp tiap setaon skali ganti aki..




numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Aki mobil yang dipakai
ukuran aki lipina brp chiong? asumsi ane kalo GS nya yg casing hijau ga mungkin stok lama ya? aki MF berumur pendek bisa jadi disebabkan ruang mesin lipina yg terlalu sesak/panas atau letak akinya dekat dgn sumber panas
