Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Spies »

Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 18:56
Spies wrote: Fri May 28, 2021 18:20
Waah di lipindut saya sering kejadian kaya gitu mbah kalo nanjak, bukan detonasi/knocking kah?


IMG_20210529_011416.jpg


Turun gigi bukannya itu buat yg saya garisin merah mbah? :mky_01:
Maap referensinya cuma dari wikipedia :ungg:
mesin nya sampe mau mati ngga? rpm makin rendah meskipun gas makin diinjek? nah yg ini beda lagi. ini krn torsinya ga kuat ngangkat beban jd jeroan mesin merinding disko. :big_biglaugh:

sudah jangan dengerin ane yg hanya nubie cuma numpang lewat.
Oow berarti sumber bunyinya juga beda ya mbah?
Bisa mirip gitu suaranya :mky_01:

Case di lipindut saya ngelitiknya kalo nanjak gitu mbah, sama kalo injek gas agak dalem di gigi rendah pasti ada beberapa detik trelek2..
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Peter10 wrote: Sat May 29, 2021 0:00 Pagi om,
Numpang tany utk oli botol buatan 2017 dgn oli curah buatan 2019 bagusan yg mana? Merk, type dan visco sama.
Utk usia pakai apakah masih bisa setara?
Makasih
sikat yg botol aja om.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

Spies wrote: Sat May 29, 2021 0:47
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 18:56
Spies wrote: Fri May 28, 2021 18:20
Waah di lipindut saya sering kejadian kaya gitu mbah kalo nanjak, bukan detonasi/knocking kah?


IMG_20210529_011416.jpg


Turun gigi bukannya itu buat yg saya garisin merah mbah? :mky_01:
Maap referensinya cuma dari wikipedia :ungg:
mesin nya sampe mau mati ngga? rpm makin rendah meskipun gas makin diinjek? nah yg ini beda lagi. ini krn torsinya ga kuat ngangkat beban jd jeroan mesin merinding disko. :big_biglaugh:

sudah jangan dengerin ane yg hanya nubie cuma numpang lewat.
Oow berarti sumber bunyinya juga beda ya mbah?
Bisa mirip gitu suaranya :mky_01:

Case di lipindut saya ngelitiknya kalo nanjak gitu mbah, sama kalo injek gas agak dalem di gigi rendah pasti ada beberapa detik trelek2..
Kl nanjak krn torsi ngga dpt jd mesti turun gigi rendah.
Biasanya kl maksa nanjak gigi 3 atau gigi 2 tp terpaksa berhenti di tengah agak lama dan langsung jalan.
nubie in all things - still need to learn
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Spies »

blloewy wrote: Sat May 29, 2021 1:46
Spies wrote: Sat May 29, 2021 0:47
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 18:56

mesin nya sampe mau mati ngga? rpm makin rendah meskipun gas makin diinjek? nah yg ini beda lagi. ini krn torsinya ga kuat ngangkat beban jd jeroan mesin merinding disko. :big_biglaugh:

sudah jangan dengerin ane yg hanya nubie cuma numpang lewat.
Oow berarti sumber bunyinya juga beda ya mbah?
Bisa mirip gitu suaranya :mky_01:

Case di lipindut saya ngelitiknya kalo nanjak gitu mbah, sama kalo injek gas agak dalem di gigi rendah pasti ada beberapa detik trelek2..
Kl nanjak krn torsi ngga dpt jd mesti turun gigi rendah.
Biasanya kl maksa nanjak gigi 3 atau gigi 2 tp terpaksa berhenti di tengah agak lama dan langsung jalan.
Bener om, maklum belum setahun pegang lipindut jadi masih sering salah perhitungan kalo pas nanjak :mky_01:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

klo mobil manual, patokan pindah gigi nya (minimal) di atas 2500 rpm klo dalkot.

klo di tol enaknya di atas 3000 rpm

Klo nanjak gunung atau bukit, seriously jgn di bawah 4000 rpm

jadi rulenya 2,5 - 3 & 4 inget2nya gampang.

kecuali.. klo pakai tesla, yah gak pusing deh, tinggal injek gas sesuka hati, torsi dan powah dah maximal dr 0 rpm :big_biglaugh:

jangna kaya supir taksi.
mau ngirit tapi 2k rpm dah pindah gigi, pake premium pula
ambyarr
:big_slap:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Spies »

Suryaputra wrote: Sat May 29, 2021 2:18 klo mobil manual, patokan pindah gigi nya (minimal) di atas 2500 rpm klo dalkot.

klo di tol enaknya di atas 3000 rpm

Klo nanjak gunung atau bukit, seriously jgn di bawah 4000 rpm

jadi rulenya 2,5 - 3 & 4 inget2nya gampang.

kecuali.. klo pakai tesla, yah gak pusing deh, tinggal injek gas sesuka hati, torsi dan powah dah maximal dr 0 rpm :big_biglaugh:
Kalo di lipindut saya nanjak masih dapet di 3000-3500 rpm om.. Tapi ya kadang salah perkiraan, dikira gigi 2 kuat sampai ujung tanjakan eh ternyata rpm udh turun tanjakan masih ada :mky_01:
Maklum sebelumnya biasa pake motuba RWD yang nanjak2 cukup di 2000-2500 rpm aja :mky_01:
Peter10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Sat Apr 07, 2018 3:06
Location: Tangerang
Daily Vehicle: L15Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Peter10 »

Suryaputra wrote: Sat May 29, 2021 1:40
Peter10 wrote: Sat May 29, 2021 0:00 Pagi om,
Numpang tany utk oli botol buatan 2017 dgn oli curah buatan 2019 bagusan yg mana? Merk, type dan visco sama.
Utk usia pakai apakah masih bisa setara?
Makasih
sikat yg botol aja om.
Siap om, walau lebih lama tp botol lebih terjamin mutunya...
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Peter10 wrote: Sat May 29, 2021 4:00
Suryaputra wrote: Sat May 29, 2021 1:40
Peter10 wrote: Sat May 29, 2021 0:00 Pagi om,
Numpang tany utk oli botol buatan 2017 dgn oli curah buatan 2019 bagusan yg mana? Merk, type dan visco sama.
Utk usia pakai apakah masih bisa setara?
Makasih
sikat yg botol aja om.
Siap om, walau lebih lama tp botol lebih terjamin mutunya...
yup krn kemasan tertutup..
better klo segel yaa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

ini kaga pindah2 rumah baru yak.... udh ga sabar mau post 1 produk oli yg dari SN ke SP malah turun visconya wkwkwkwk
gaspol resing tim
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote: Sat May 29, 2021 2:18 klo mobil manual, patokan pindah gigi nya (minimal) di atas 2500 rpm klo dalkot.

klo di tol enaknya di atas 3000 rpm

Klo nanjak gunung atau bukit, seriously jgn di bawah 4000 rpm

jadi rulenya 2,5 - 3 & 4 inget2nya gampang.

kecuali.. klo pakai tesla, yah gak pusing deh, tinggal injek gas sesuka hati, torsi dan powah dah maximal dr 0 rpm :big_biglaugh:

jangna kaya supir taksi.
mau ngirit tapi 2k rpm dah pindah gigi, pake premium pula
ambyarr
:big_slap:
wah boros main rpm diatas 3000...mau kemana sih...kencang juga enggak kan.... :big_weee:

enak juga diesel....paling gak pusing...


gas sedikit rpm dibawah 2000 juga udah nyeruduk....tanjakan beuhhhhh.....alon alon aja injak pedal gas....jadi slowly rpm naik tapi yahhh tau sendiri diesel gimana...

wong klo lagi balapan ma bensin ky crv turbo...pas rem apalg tanjakan....beuhhhhh ...owner sambil dangdutan...sudah lemah lurusnya tambah tanjakan....yaaahhh gitu dah.... :ungg: ....

gile lu ndro...mesin unyu bodi kecil mo lawan diesel kekinian...

mabuk halu sorga itu...mirip...



jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by kompresorz »

2 motor gw blm ganti oli...sudah 3 dan 2 tahun...

ada stok oli PTT sn plus...pake itu ajalah...kalo gak malas keluarin...

2 mobil diesel gw jg lupa kilometer brpa harus ganti....sibuk gak sempat kertas oli terkahir ganti...

pdhl gaspol trs...kmrn aja nyengser 185...oli TMO beli tokped....

yang 1 kynya ampir 90 ribu km....tar klo 100 ribu KM mau dyno ke rev ah...

liat brapa tenaganya...sejak 1000km sudah pigibak...gas....polllll....cuittttt....fly....
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

kompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06
Suryaputra wrote: Sat May 29, 2021 2:18 klo mobil manual, patokan pindah gigi nya (minimal) di atas 2500 rpm klo dalkot.

klo di tol enaknya di atas 3000 rpm

Klo nanjak gunung atau bukit, seriously jgn di bawah 4000 rpm

jadi rulenya 2,5 - 3 & 4 inget2nya gampang.

kecuali.. klo pakai tesla, yah gak pusing deh, tinggal injek gas sesuka hati, torsi dan powah dah maximal dr 0 rpm :big_biglaugh:

jangna kaya supir taksi.
mau ngirit tapi 2k rpm dah pindah gigi, pake premium pula
ambyarr
:big_slap:
wah boros main rpm diatas 3000...mau kemana sih...kencang juga enggak kan.... :big_weee:

enak juga diesel....paling gak pusing...


gas sedikit rpm dibawah 2000 juga udah nyeruduk....tanjakan beuhhhhh.....alon alon aja injak pedal gas....jadi slowly rpm naik tapi yahhh tau sendiri diesel gimana...

wong klo lagi balapan ma bensin ky crv turbo...pas rem apalg tanjakan....beuhhhhh ...owner sambil dangdutan...sudah lemah lurusnya tambah tanjakan....yaaahhh gitu dah.... :ungg: ....

gile lu ndro...mesin unyu bodi kecil mo lawan diesel kekinian...

mabuk halu sorga itu...mirip...



jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
itu pan diesel mbah, turbo diesel pulaa :big_cry:

emg mesin bensin manual non-turbo gtu mbah,
torsi optimalnya mulai muncul di rpm 3rb-an.
jd beban mesin jg gak berat ketika gearshift ke upper gear.

analoginya spt kita pk sepeda aja, lbh ringan ngayuhnya klo posisi gear low gear, dibanding hi gear.
klo dah cruising dan gak nambah speed, baru pakai gear tinggi.

mesin motor lbh tinggi lagi rpm nya :upss:

pakai mobil yg ada dgn cara bawa yg benar :big_biglaugh:

beda sm mbah kompre, rusak, lgs beli baru.
yg rusak, dibetulin & dihibahkan ke tetangga atau pembantu.
jadi gak pusing diperbudak mobil :ungg:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

kompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:15 2 motor gw blm ganti oli...sudah 3 dan 2 tahun...

ada stok oli PTT sn plus...pake itu ajalah...kalo gak malas keluarin...

2 mobil diesel gw jg lupa kilometer brpa harus ganti....sibuk gak sempat kertas oli terkahir ganti...

pdhl gaspol trs...kmrn aja nyengser 185...oli TMO beli tokped....

yang 1 kynya ampir 90 ribu km....tar klo 100 ribu KM mau dyno ke rev ah...

liat brapa tenaganya...sejak 1000km sudah pigibak...gas....polllll....cuittttt....fly....
Ini motornya setara Alphard ya Om?
Dieselnya pasang piggyback dan tutup EGR ya Om?
nubie in all things - still need to learn
Dodi778
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Mon May 31, 2021 0:44
Location: TANGERANG - RAJEG
Daily Vehicle: Toyota Yaris

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Dodi778 »

Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? 🙏
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 1:04

analoginya spt kita pk sepeda aja, lbh ringan ngayuhnya klo posisi gear low gear, dibanding hi gear.

di sepeda gaada low gear, adanya gigi bego.















:ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Mon May 31, 2021 3:01
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 1:04

analoginya spt kita pk sepeda aja, lbh ringan ngayuhnya klo posisi gear low gear, dibanding hi gear.

di sepeda gaada low gear, adanya gigi bego.















:ngacir:
wkwkwkwkwkwk
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Dodi778 wrote: Mon May 31, 2021 2:40 Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? 🙏
TMO oli yg sangat bagus :upss:

ganti aja pk amsoil OE 5w30,
pendekin OCI nya jadi <5rb Km / <6 bulan
2x spt itu, lihat hasilnya nanti gmn.

smoga jadi lbh bersih.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
cuculacak
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Dec 30, 2020 10:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by cuculacak »

Dodi778 wrote: Mon May 31, 2021 2:40 Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? 🙏
TMO sama oli panutan seraya DGO itu sekelas kah?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

Dodi778 wrote: Mon May 31, 2021 2:40 Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? 🙏
haduh.... korban TMO lagi.... pasti dihajar 10rb km ini....

udah2, pake ptt performa syn 5w30 botol emas aja... amsoil oe juga msh lebih murah dari harga oli TMO di beres...

ini bersihin dulu kerak2nya om...
gaspol resing tim
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 614
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by fajarrian »

Dodi778 wrote: Mon May 31, 2021 2:40 Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? 🙏
Itu yang di cover head coba colek pake tangan masih ke angkat ga? Kalo masih ke angkat belum parah2 amat sih. Harusnya kalo belum parah di engine flush sama pakein oli bagus ocinya bikin 3000 2x sih sembuh
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by triport13 »

Dodi778 wrote:Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? [emoji120]
Sama kayak saya nih kasusnya, pake TMO dan servis diberes tapi krn emg mobil saya jalannya ga jauh jd ya servis setaun sekali ke beres. Di km 80 ribuan ganti packing tutup klep baru ketauan kondisinya begitu, setelah itu baru tobat ganti oli yg bagusan dan OCI di max 5rb/6bln, sekarang udh 2 kali ganti oli pake AMS SS, gatau deh keadaannya gimana skrg dalemannya.
silverserpent9
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri May 28, 2021 9:05
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by silverserpent9 »

Pagi om, mohon pencerahannya om. sekarang lagi make Ertiga 2014 pre facelift 70rb KM, mau nyoba ganti oli selain ecstar/sgo, baca baca di forum ini katanya mesin flat-tappet harus cari oli yg antiwearnya tinggi ya? Ada rekomendasi oli yg bagus ga om? Thanks semuanya :thanks:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12542
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

triport13 wrote: Mon May 31, 2021 4:51
Dodi778 wrote:Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? [emoji120]
Sama kayak saya nih kasusnya, pake TMO dan servis diberes tapi krn emg mobil saya jalannya ga jauh jd ya servis setaun sekali ke beres. Di km 80 ribuan ganti packing tutup klep baru ketauan kondisinya begitu, setelah itu baru tobat ganti oli yg bagusan dan OCI di max 5rb/6bln, sekarang udh 2 kali ganti oli pake AMS SS, gatau deh keadaannya gimana skrg dalemannya.
mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1837
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MSU »

Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 4:56
triport13 wrote: Mon May 31, 2021 4:51
Dodi778 wrote:Pagi om, kenalin sy member baru nih.
Mau tanya om, kondisi kaya gini masih termasuk bagus atau gak ya?
3 tahun terakhir sy pake TMO, mobil sy yaris 2012 btw. Ambil 2018, dr yg punya sebelumnya emang pake TMO.
Kmaren iseng² liat tutup oli kok item, pas servis sekalian sy suruh bongkar ternyata dalemnya ky gitu.
Bengkel nyaranin ganti oli united, & next servis suruh engine flush.
Barangkali ada yg pake oli united om? Bagus atau gak? Kalo misal gak bagus, ada rekomend gak oli yg kiranya lebih bagus om? [emoji120]
Sama kayak saya nih kasusnya, pake TMO dan servis diberes tapi krn emg mobil saya jalannya ga jauh jd ya servis setaun sekali ke beres. Di km 80 ribuan ganti packing tutup klep baru ketauan kondisinya begitu, setelah itu baru tobat ganti oli yg bagusan dan OCI di max 5rb/6bln, sekarang udh 2 kali ganti oli pake AMS SS, gatau deh keadaannya gimana skrg dalemannya.
mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »


MSU wrote:
Suryaputra wrote: Mon May 31, 2021 4:56
triport13 wrote: Mon May 31, 2021 4:51 Sama kayak saya nih kasusnya, pake TMO dan servis diberes tapi krn emg mobil saya jalannya ga jauh jd ya servis setaun sekali ke beres. Di km 80 ribuan ganti packing tutup klep baru ketauan kondisinya begitu, setelah itu baru tobat ganti oli yg bagusan dan OCI di max 5rb/6bln, sekarang udh 2 kali ganti oli pake AMS SS, gatau deh keadaannya gimana skrg dalemannya.
mantap.. coba dibuka aja om.
sharing dgn warga sini.
apa banyak kasus begini makanya tiap ganti oli di beres selalu disuruh engine flush jg ya..
* pengalaman jaman kijang kapsul masih servis di beres
Dikasih oli sapu jagat, disuruh ganti per 10 ribu km, setelah bikin sludge lalu dikasih engine flush. Oli matic ganti 100 ribu, oli gardan ganti 80 ribu... sekalian 1 set assy seglondongan kalo bisa.

Sama kaya perusahaan farmasi yg bikin racun tapi juga bikin penawarnya serta vitamin2nya sekalian. Kiri-kanan menghasilkan wang... gak ada matinya.