kompresorz wrote: Mon May 31, 2021 0:06
Suryaputra wrote: Sat May 29, 2021 2:18
klo mobil manual, patokan pindah gigi nya (minimal) di atas 2500 rpm klo dalkot.
klo di tol enaknya di atas 3000 rpm
Klo nanjak gunung atau bukit, seriously jgn di bawah 4000 rpm
jadi
rulenya 2,5 - 3 & 4 inget2nya gampang.
kecuali.. klo pakai tesla, yah gak pusing deh, tinggal injek gas sesuka hati, torsi dan powah dah maximal dr 0 rpm
jangna kaya supir taksi.
mau ngirit tapi 2k rpm dah pindah gigi, pake premium pula
ambyarr
wah boros main rpm diatas 3000...mau kemana sih...kencang juga enggak kan....
enak juga diesel....paling gak pusing...
gas sedikit rpm dibawah 2000 juga udah nyeruduk....tanjakan beuhhhhh.....alon alon aja injak pedal gas....jadi slowly rpm naik tapi yahhh tau sendiri diesel gimana...
wong klo lagi balapan ma bensin ky crv turbo...pas rem apalg tanjakan....beuhhhhh ...owner sambil dangdutan...sudah lemah lurusnya tambah tanjakan....yaaahhh gitu dah....

....
gile lu ndro...mesin unyu bodi kecil mo lawan diesel kekinian...
mabuk halu sorga itu...mirip...
jadi gak perlu pantau rpm....serius nih....itu siksa diri...kekerasan pada diri sendiri...
itu pan diesel mbah, turbo diesel pulaa
emg mesin bensin manual non-turbo gtu mbah,
torsi optimalnya mulai muncul di rpm 3rb-an.
jd beban mesin jg gak berat ketika gearshift ke upper gear.
analoginya spt kita pk sepeda aja, lbh ringan ngayuhnya klo posisi gear low gear, dibanding hi gear.
klo dah cruising dan gak nambah speed, baru pakai gear tinggi.
mesin motor lbh tinggi lagi rpm nya
pakai mobil yg ada dgn cara bawa yg benar
beda sm mbah kompre, rusak, lgs beli baru.
yg rusak, dibetulin & dihibahkan ke tetangga atau pembantu.
jadi gak pusing diperbudak mobil
