Canggih.. ngelitik dianggep normal

Eh tapi itu sesekali om, kalau keseringan complain aja

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Canggih.. ngelitik dianggep normal
Mbahmarmut wrote: Fri May 28, 2021 6:14 knocking = normal dan tidak perlu dirisaukan? dengkulmu amblas.... kenthir.
Saya pernah dapet taxol calya AT di jkt om, cruising di JORR sktr 100 kmh aja ngelitiknya lumayan sering. Pdhl dr fisik mobilnya mulus, drivernya keliatan baik, dr gantungan olinya juga rutin ke toyota. Apa gara2 10W40 ya di samping ga pernah carbon clean?severmaya wrote: Fri May 28, 2021 6:17Canggih.. ngelitik dianggep normal![]()
Eh tapi itu sesekali om, kalau keseringan complain aja![]()
urusan ngelitik belakangan, yg ptg kejar target produksi.erwinign wrote: Fri May 28, 2021 6:35Saya pernah dapet taxol calya AT di jkt om, cruising di JORR sktr 100 kmh aja ngelitiknya lumayan sering. Pdhl dr fisik mobilnya mulus, drivernya keliatan baik, dr gantungan olinya juga rutin ke toyota. Apa gara2 10W40 ya di samping ga pernah carbon clean?![]()
Izinkan nubie numapng coret2 mbahMSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyiDOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00Izinkan nubie numapng coret2 mbahMSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
Knocking itu bukan suara piston geter
Piston kl ud ampe geter itu bunyi nya ud ad dr sejak mesin idup, dan brizik banget kedengeran bahkan saat idle.. dan pastinya ud ngebul.tu mobil
kalau ane perhatikeun di L15 itu suara injectornya yg berisik deh om ... tp kalau suatu saat denger ada bunyi makin kasar, berarti bukan injector tp klep-nya mulai renggang CMIIW.Poporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19 kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyi
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
nah itu mgkn om...josomba wrote: Fri May 28, 2021 7:28kalau ane perhatikeun di L15 itu suara injectornya yg berisik deh om ... tp kalau suatu saat denger ada bunyi makin kasar, berarti bukan injector tp klep-nya mulai renggang CMIIW.Poporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19 kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyi
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
MSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
wah terima kasih koreksinya suhu marmut & DOHC...marmut wrote: Fri May 28, 2021 7:51MSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Engine_ ... nocking%20(also%20knock%2C%20detonation%2C,of%20air%2Ffuel%20mixture%20explode
Ampun mbah
Bunyi injector ituPoporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyiDOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00Izinkan nubie numapng coret2 mbahMSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
Knocking itu bukan suara piston geter
Piston kl ud ampe geter itu bunyi nya ud ad dr sejak mesin idup, dan brizik banget kedengeran bahkan saat idle.. dan pastinya ud ngebul.tu mobil
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
yoi bunyi tik tik tik halus.DOHC wrote: Fri May 28, 2021 8:09Bunyi injector ituPoporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyiDOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00
Izinkan nubie numapng coret2 mbah
Knocking itu bukan suara piston geter
Piston kl ud ampe geter itu bunyi nya ud ad dr sejak mesin idup, dan brizik banget kedengeran bahkan saat idle.. dan pastinya ud ngebul.tu mobil
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
Coba aj pake linggis, tempelin ke injector rail trus ke kuping jg.. kedengeran jelas banget
plus bang ipul jam*l
Kl di lipindut yg mana mbah?Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
sama aja prinsipnya om. baca aja dulu, diresapi dan dipraktekin.blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07Kl di lipindut yg mana mbah?Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran![]()
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali![]()
menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07Kl di lipindut yg mana mbah?Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran![]()
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali![]()
Gara2 baca ini, nubie jadi googling bedanya knocking sama pre ignition..Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Kalo membaca uraian mbah Omni di atas, di lipindut rawan dengan knocking..blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07Kl di lipindut yg mana mbah?Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran![]()
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali![]()
Mungkin sama2 seri HR15DE ya omViPerRed wrote: Fri May 28, 2021 15:54menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07Kl di lipindut yg mana mbah?Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran![]()
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali![]()
oli? juke tmn ane pake prima xp
L10 ane sering pake fastron 10w30, secara harga dan spek sih lbh oke oli ane. tp ngelitiknya jauhh, L10 gila. juke jarang. tenaga jg malah enakan juke
ane modal sotoy saja
lewati jika ngawur
![]()
nah ada lagi bunyi yg kl lagi nanjak curam pake gigi tinggi (gigi 3 atau 2 misalnya) dan ga kuat trus bunyi krek krek krek, abis itu turun gigi hilang bunyinya. terutama di transmisi manual nih kaya di kijang2 atau carry jaman dulu ..... ini beda lagi. cuma orang kita kan sebutnya semua ngelitik. pdhl tiap jenis beda2 penyebabnya (akar masalahnya.)Spies wrote: Fri May 28, 2021 16:17Gara2 baca ini, nubie jadi googling bedanya knocking sama pre ignition..Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Mantepp mbah Omni![]()
Kalo membaca uraian mbah Omni di atas, di lipindut rawan dengan knocking..blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07Kl di lipindut yg mana mbah?Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran![]()
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali![]()
Kalo pre ignition, masa sih dalam 3 bulan carbon build up udah segitu parah
Tapi tergantung pemakaian juga sih,
Kalo salah heat range busi kayaknya jarang ya.. Spek busi buat lipindut kan terbatas, susah kalo mau milih heat range..
Mungkin sama2 seri HR15DE ya omViPerRed wrote: Fri May 28, 2021 15:54menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran![]()
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali![]()
oli? juke tmn ane pake prima xp
L10 ane sering pake fastron 10w30, secara harga dan spek sih lbh oke oli ane. tp ngelitiknya jauhh, L10 gila. juke jarang. tenaga jg malah enakan juke
ane modal sotoy saja
lewati jika ngawur
![]()
Tapi settingan dasar mesin bisa jadi jauh berbeda dengan lipindut..![]()
Waah di lipindut saya sering kejadian kaya gitu mbah kalo nanjak, bukan detonasi/knocking kah?Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 17:06nah ada lagi bunyi yg kl lagi nanjak curam pake gigi tinggi (gigi 3 atau 2 misalnya) dan ga kuat trus bunyi krek krek krek, abis itu turun gigi hilang bunyinya. terutama di transmisi manual nih kaya di kijang2 atau carry jaman dulu ..... ini beda lagi. cuma orang kita kan sebutnya semua ngelitik. pdhl tiap jenis beda2 penyebabnya (akar masalahnya.)Spies wrote: Fri May 28, 2021 16:17Gara2 baca ini, nubie jadi googling bedanya knocking sama pre ignition..Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....
konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition
knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.
pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.
itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.
check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin
oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial
coolant ganti yg bagusan
kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun.![]()
Mantepp mbah Omni![]()
Kalo membaca uraian mbah Omni di atas, di lipindut rawan dengan knocking..blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran![]()
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali![]()
Kalo pre ignition, masa sih dalam 3 bulan carbon build up udah segitu parah
Tapi tergantung pemakaian juga sih,
Kalo salah heat range busi kayaknya jarang ya.. Spek busi buat lipindut kan terbatas, susah kalo mau milih heat range..
Mungkin sama2 seri HR15DE ya omViPerRed wrote: Fri May 28, 2021 15:54
menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.
oli? juke tmn ane pake prima xp
L10 ane sering pake fastron 10w30, secara harga dan spek sih lbh oke oli ane. tp ngelitiknya jauhh, L10 gila. juke jarang. tenaga jg malah enakan juke
ane modal sotoy saja
lewati jika ngawur
![]()
Tapi settingan dasar mesin bisa jadi jauh berbeda dengan lipindut..![]()
![]()
mesin nya sampe mau mati ngga? rpm makin rendah meskipun gas makin diinjek? nah yg ini beda lagi. ini krn torsinya ga kuat ngangkat beban jd jeroan mesin merinding disko.Spies wrote: Fri May 28, 2021 18:20
Waah di lipindut saya sering kejadian kaya gitu mbah kalo nanjak, bukan detonasi/knocking kah?
IMG_20210529_011416.jpg
Turun gigi bukannya itu buat yg saya garisin merah mbah?
Maap referensinya cuma dari wikipedia![]()