Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 285
Joined: Mon Mar 27, 2017 1:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by severmaya »

koboiy wrote: Fri May 28, 2021 5:46
Spies wrote: Fri May 28, 2021 4:39
marmut wrote: Fri May 28, 2021 4:18


boleh minta tolong difotokan om buku manualnya?
Haa iya mbah marmut, saya juga penasaran dengan teks aslinya seperti apa :mky_04:
Ditunggu penampakan bukman nya om @koboiy :emo-photo:
kliatan ga oum gambarnya
gmn cara upload paling gampang yak..

Canggih.. ngelitik dianggep normal :mky_07:


Eh tapi itu sesekali om, kalau keseringan complain aja :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri May 28, 2021 6:14 knocking = normal dan tidak perlu dirisaukan? dengkulmu amblas.... kenthir.
Mbah

D inofa jg ad

Ntar malem ta post so ngana liat jo
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

severmaya wrote: Fri May 28, 2021 6:17
koboiy wrote: Fri May 28, 2021 5:46
Spies wrote: Fri May 28, 2021 4:39

Haa iya mbah marmut, saya juga penasaran dengan teks aslinya seperti apa :mky_04:
Ditunggu penampakan bukman nya om @koboiy :emo-photo:
kliatan ga oum gambarnya
gmn cara upload paling gampang yak..

Canggih.. ngelitik dianggep normal :mky_07:


Eh tapi itu sesekali om, kalau keseringan complain aja :mky_03:
Saya pernah dapet taxol calya AT di jkt om, cruising di JORR sktr 100 kmh aja ngelitiknya lumayan sering. Pdhl dr fisik mobilnya mulus, drivernya keliatan baik, dr gantungan olinya juga rutin ke toyota. Apa gara2 10W40 ya di samping ga pernah carbon clean? :mky_03:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Fri May 28, 2021 6:35
severmaya wrote: Fri May 28, 2021 6:17
koboiy wrote: Fri May 28, 2021 5:46
kliatan ga oum gambarnya
gmn cara upload paling gampang yak..

Canggih.. ngelitik dianggep normal :mky_07:


Eh tapi itu sesekali om, kalau keseringan complain aja :mky_03:
Saya pernah dapet taxol calya AT di jkt om, cruising di JORR sktr 100 kmh aja ngelitiknya lumayan sering. Pdhl dr fisik mobilnya mulus, drivernya keliatan baik, dr gantungan olinya juga rutin ke toyota. Apa gara2 10W40 ya di samping ga pernah carbon clean? :mky_03:
urusan ngelitik belakangan, yg ptg kejar target produksi.
wasting time buat R&D fine tuning soal ngelitik.

kan ada garansi ini, ring piston crack atau head piston pecah ya tinggal claim aja

bengkel tersebar luas sejagat indonesia raya, no worries :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1839
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MSU »

knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

MSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
Izinkan nubie numapng coret2 mbah

Knocking itu bukan suara piston geter

Piston kl ud ampe geter itu bunyi nya ud ad dr sejak mesin idup, dan brizik banget kedengeran bahkan saat idle.. dan pastinya ud ngebul.tu mobil
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Poporing »

DOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00
MSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
Izinkan nubie numapng coret2 mbah

Knocking itu bukan suara piston geter

Piston kl ud ampe geter itu bunyi nya ud ad dr sejak mesin idup, dan brizik banget kedengeran bahkan saat idle.. dan pastinya ud ngebul.tu mobil
kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyi
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

Poporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19 kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyi
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
kalau ane perhatikeun di L15 itu suara injectornya yg berisik deh om ... tp kalau suatu saat denger ada bunyi makin kasar, berarti bukan injector tp klep-nya mulai renggang CMIIW.
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

DOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00
Izinkan nubie numapng coret2 mbah

ini lagi.... :big_bored:

ngaku nubi.

mau dikunciin dikamar yang ada poster suzzanna melotot sekeliling dinding barengan ama igun?
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 643
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Poporing »

josomba wrote: Fri May 28, 2021 7:28
Poporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19 kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyi
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
kalau ane perhatikeun di L15 itu suara injectornya yg berisik deh om ... tp kalau suatu saat denger ada bunyi makin kasar, berarti bukan injector tp klep-nya mulai renggang CMIIW.
nah itu mgkn om...
suaranya berisik tp sistematis.. #halah
maksudnya dari odo sy 10k, trus mobil sodara odo 70k, ama pernah cek hrv odo 40k di dealer mobkas jg bgitu suaranya....
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

MSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Engine_ ... nocking%20(also%20knock%2C%20detonation%2C,of%20air%2Ffuel%20mixture%20explode
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1839
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by MSU »

marmut wrote: Fri May 28, 2021 7:51
MSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Engine_ ... nocking%20(also%20knock%2C%20detonation%2C,of%20air%2Ffuel%20mixture%20explode
wah terima kasih koreksinya suhu marmut & DOHC...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

marmut wrote: Fri May 28, 2021 7:43
DOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00
Izinkan nubie numapng coret2 mbah

ini lagi.... :big_bored:

ngaku nubi.

mau dikunciin dikamar yang ada poster suzzanna melotot sekeliling dinding barengan ama igun?
Ampun mbah

Waktu kecil dl perna ntn beranak / bernapas dalam kubur, serem beut euy
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Poporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19
DOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00
MSU wrote: Fri May 28, 2021 6:50 knocking tu bukannya aslinya suara dari piston yg bergetar abnormal ya?
bukannya kl terus2an dibiarin bisa rusak prematur mesinnya
kl di mobil lcgc gitu koq sy takutnya antara faktor pendinginan kurang, atau mesin dipaksa kerja terlalu ngirit..
dulu sempat ngalami juga di Peugeot Xu-9..ngelitik mulu dasar saya ga mampu beli pertamax...timing jg ga bisa dirubah...akhirnya sembuh akal2an dengan injeksi air
Izinkan nubie numapng coret2 mbah

Knocking itu bukan suara piston geter

Piston kl ud ampe geter itu bunyi nya ud ad dr sejak mesin idup, dan brizik banget kedengeran bahkan saat idle.. dan pastinya ud ngebul.tu mobil
kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyi
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
Bunyi injector itu

Coba aj pake linggis, tempelin ke injector rail trus ke kuping jg.. kedengeran jelas banget
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Fri May 28, 2021 8:09
Poporing wrote: Fri May 28, 2021 7:19
DOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00

Izinkan nubie numapng coret2 mbah

Knocking itu bukan suara piston geter

Piston kl ud ampe geter itu bunyi nya ud ad dr sejak mesin idup, dan brizik banget kedengeran bahkan saat idle.. dan pastinya ud ngebul.tu mobil
kalo di L15 suara apa mbah? kalo kap dtutup, nyaris ga ada bunyi
tp pas kap dbuka, ada bunyi berisik... sy cek di 3 hrv 1.5, ada bunyi mirip nglitik. tp bukan...
Bunyi injector itu

Coba aj pake linggis, tempelin ke injector rail trus ke kuping jg.. kedengeran jelas banget
yoi bunyi tik tik tik halus.
beda sm bunyi klep yaa.

klo mau senyap, ya gak usah nyalain mesin :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12545
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Fri May 28, 2021 7:43
DOHC wrote: Fri May 28, 2021 7:00
Izinkan nubie numapng coret2 mbah

ini lagi.... :big_bored:

ngaku nubi.

mau dikunciin dikamar yang ada poster suzzanna melotot sekeliling dinding barengan ama igun?
plus bang ipul jam*l
extra pk gigi :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
sama aja prinsipnya om. baca aja dulu, diresapi dan dipraktekin. :big_peace:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.

oli? juke tmn ane pake prima xp
L10 ane sering pake fastron 10w30, secara harga dan spek sih lbh oke oli ane. tp ngelitiknya jauhh, L10 gila. juke jarang. tenaga jg malah enakan juke

ane modal sotoy saja
lewati jika ngawur
:mky_01:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Spies »

Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Gara2 baca ini, nubie jadi googling bedanya knocking sama pre ignition..
Mantepp mbah Omni :big_love:
blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
Kalo membaca uraian mbah Omni di atas, di lipindut rawan dengan knocking..
Kalo pre ignition, masa sih dalam 3 bulan carbon build up udah segitu parah :big_think:
Tapi tergantung pemakaian juga sih,
Kalo salah heat range busi kayaknya jarang ya.. Spek busi buat lipindut kan terbatas, susah kalo mau milih heat range..
ViPerRed wrote: Fri May 28, 2021 15:54
blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.

oli? juke tmn ane pake prima xp
L10 ane sering pake fastron 10w30, secara harga dan spek sih lbh oke oli ane. tp ngelitiknya jauhh, L10 gila. juke jarang. tenaga jg malah enakan juke

ane modal sotoy saja
lewati jika ngawur
:mky_01:
Mungkin sama2 seri HR15DE ya om
Tapi settingan dasar mesin bisa jadi jauh berbeda dengan lipindut.. :big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Spies wrote: Fri May 28, 2021 16:17
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Gara2 baca ini, nubie jadi googling bedanya knocking sama pre ignition..
Mantepp mbah Omni :big_love:
blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
Kalo membaca uraian mbah Omni di atas, di lipindut rawan dengan knocking..
Kalo pre ignition, masa sih dalam 3 bulan carbon build up udah segitu parah :big_think:
Tapi tergantung pemakaian juga sih,
Kalo salah heat range busi kayaknya jarang ya.. Spek busi buat lipindut kan terbatas, susah kalo mau milih heat range..
ViPerRed wrote: Fri May 28, 2021 15:54
blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.

oli? juke tmn ane pake prima xp
L10 ane sering pake fastron 10w30, secara harga dan spek sih lbh oke oli ane. tp ngelitiknya jauhh, L10 gila. juke jarang. tenaga jg malah enakan juke

ane modal sotoy saja
lewati jika ngawur
:mky_01:
Mungkin sama2 seri HR15DE ya om
Tapi settingan dasar mesin bisa jadi jauh berbeda dengan lipindut.. :big_think:
nah ada lagi bunyi yg kl lagi nanjak curam pake gigi tinggi (gigi 3 atau 2 misalnya) dan ga kuat trus bunyi krek krek krek, abis itu turun gigi hilang bunyinya. terutama di transmisi manual nih kaya di kijang2 atau carry jaman dulu ..... ini beda lagi. cuma orang kita kan sebutnya semua ngelitik. pdhl tiap jenis beda2 penyebabnya (akar masalahnya.) :big_grin:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 464
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Spies »

Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 17:06
Spies wrote: Fri May 28, 2021 16:17
Omnibus wrote: Fri May 28, 2021 14:06 ikutan corat coret juga ahhhhh .....

konon yg namanya knocking (detonation/pinging) itu berbeda dgn pre-ignition

knocking terjadi krn suhu silinder terlalu panas (heat transfer ga bagus (coolant low grade, oil low grade, cooling system desain ga bagus). diperparah dgn oktan terlalu rendah.

pre-ignition terjadi krn hot spots dlm silinder, carbon build up yg membara, atau busi yg terlalu panas.

itu ayla 1200 AT memangnya dr barunya sdh ngelitik gitu? kl barunya ngga ngelitik tp skrg ngelitik berarti ada faktor carbon build up. kl iya hrs bebersih dulu.

check busi siapa tau terlalu panas heat range nya, bisa coba ganti ke 1 heat range lbh dingin

oli ganti yg bagusan, cobain pake full syn yg proven dr saran temen2 disini. pake buntut 30 aja utk trial

coolant ganti yg bagusan

kl udah semua masih juga begitu, berarti emang dr sononya. dah terima aja, pabriknya jg udah kulo nuwun. :mky_03:
Gara2 baca ini, nubie jadi googling bedanya knocking sama pre ignition..
Mantepp mbah Omni :big_love:
blloewy wrote: Fri May 28, 2021 15:07
Kl di lipindut yg mana mbah?
Kompresi 10,5
Busi denso 25 rebu
BbM Premium
Oli yang biasa
Coolant Air Keran :big_grin:
Solusinya selalu timing dimundurin dan selalu berulang carbon clean tp ya setelahnya 3 bln pada komplain kok balik lagi ngelitiknya.
Saya kok nebaknya keduanya terjadi di umumnya Lipindut ya mbah shifu.
Sblm saya gabung SM jg begitu tp setelah gabung disini jd faham pakai oli bagus, bbm bagus, busi bagus dan coolant bagus.
Ngga perlu aliran carbon clean tiap 6 bln sekali :big_think:
Kalo membaca uraian mbah Omni di atas, di lipindut rawan dengan knocking..
Kalo pre ignition, masa sih dalam 3 bulan carbon build up udah segitu parah :big_think:
Tapi tergantung pemakaian juga sih,
Kalo salah heat range busi kayaknya jarang ya.. Spek busi buat lipindut kan terbatas, susah kalo mau milih heat range..
ViPerRed wrote: Fri May 28, 2021 15:54

menurut nubi sotoy, kyknya lipindud itu ada salah di sistem nya, ntah ECU nya, pengapian, pendinginan atau bbm nya. nissan juke pakai mesin yg sama dgn lipindud, tp ngelitiknya jauh sekali padahal ritual carbon clean tiap 5k KM itu ga pernah. tp bbm juke boros, lbh boros dr lipindud L11. dan L10 nya itu sangat2 irit.

oli? juke tmn ane pake prima xp
L10 ane sering pake fastron 10w30, secara harga dan spek sih lbh oke oli ane. tp ngelitiknya jauhh, L10 gila. juke jarang. tenaga jg malah enakan juke

ane modal sotoy saja
lewati jika ngawur
:mky_01:
Mungkin sama2 seri HR15DE ya om
Tapi settingan dasar mesin bisa jadi jauh berbeda dengan lipindut.. :big_think:
nah ada lagi bunyi yg kl lagi nanjak curam pake gigi tinggi (gigi 3 atau 2 misalnya) dan ga kuat trus bunyi krek krek krek, abis itu turun gigi hilang bunyinya. terutama di transmisi manual nih kaya di kijang2 atau carry jaman dulu ..... ini beda lagi. cuma orang kita kan sebutnya semua ngelitik. pdhl tiap jenis beda2 penyebabnya (akar masalahnya.) :big_grin:
Waah di lipindut saya sering kejadian kaya gitu mbah kalo nanjak, bukan detonasi/knocking kah?

IMG_20210529_011416.jpg

Turun gigi bukannya itu buat yg saya garisin merah mbah? :mky_01:
Maap referensinya cuma dari wikipedia :ungg:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Spies wrote: Fri May 28, 2021 18:20
Waah di lipindut saya sering kejadian kaya gitu mbah kalo nanjak, bukan detonasi/knocking kah?


IMG_20210529_011416.jpg


Turun gigi bukannya itu buat yg saya garisin merah mbah? :mky_01:
Maap referensinya cuma dari wikipedia :ungg:
mesin nya sampe mau mati ngga? rpm makin rendah meskipun gas makin diinjek? nah yg ini beda lagi. ini krn torsinya ga kuat ngangkat beban jd jeroan mesin merinding disko. :big_biglaugh:

sudah jangan dengerin ane yg hanya nubie cuma numpang lewat.
Peter10
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Sat Apr 07, 2018 3:06
Location: Tangerang
Daily Vehicle: L15Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Peter10 »

Pagi om,
Numpang tany utk oli botol buatan 2017 dgn oli curah buatan 2019 bagusan yg mana? Merk, type dan visco sama.
Utk usia pakai apakah masih bisa setara?
Makasih